P. 1
Jenis-jenis rumput

Jenis-jenis rumput

|Views: 56|Likes:
Published by asyifarevani
jenis-jenis rumput bserta ciri-cirinya yang ditemukan dikebun biologi.
jenis-jenis rumput bserta ciri-cirinya yang ditemukan dikebun biologi.

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: asyifarevani on Apr 29, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $0.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

11/23/2013

$0.99

USD

pdf

text

original

Tugas Paper Mata Kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup Kepercayaan Lokal Masyarakat yang Kuat terhadap Kekuatan Supranatural

Menciptakan Kearifan Lokal dalam Menjaga Kelestarian Alam Gunung Slamet

Disusun oleh : Witri Anah sari 4401411128 Pendidikan Biologi

Universitas Negeri Semarang 2012

Semoga paper ini bermanfaat bagi kita semua. amin. Semarang. penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pihak. 22 September 2012 Penulis . Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup. Oleh karena itu. Penulis menyadari bahwa tugas paper ini masih jauh dari kategori sempurna. Shalawat dan salam tidak lupa selalu tercurahkan kepada Nabi besar Muhammad SAW yang telah membawa umat manusia dari alam kesesatan dan kebodohan menuju alam yang penuh ilmu dan kemajuan teknologi sekarang ini. Penulis mengucapkan banyak terimaksih terhadap referensireferensi yang telah membantu dalam penulisan tugas paper ini.Kata Pengantar Puji syukur atas kehadirat Allah SWT karena dengan limpahan rahmat dan taufik hidayahnya penulis dapat menyelesaikan tugas paper mata kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup ini yang berjudul „Kepercayaan Lokal Masyarakat yang Kuat terhadap Kekuatan Supranatural Menciptakan Kearifan Lokal dalam Menjaga Kelestarian Alam Gunung Slamet‟.

Kabupaten Bojong juga terletak di kawasn Obyek Wisata Pemandian Air Panas Guci. Di kabupaten ini masih terlihat hamparan sawah yang ditanami sayur-sayuran. buah-buahan seperti budi daya buah Strawberry yang dapat dijadikan objek wisata perkebunan juga. sehingga tidak berdampak negatif pada mereka. 2002). Gunung Slamet mempunyai tinggi 3. hukum adat. masyarakat yang tinggal sangat menjunjung tinggi tradisi sakral yang berkaitan dengan keselamatan dan terjaganya keseimbangan alam yang ada. Latar Belakang Kearifan lokal atau sering disebut local wisdom adalah semua bentuk pengetahuan. Untuk menjaga kearifan lokal alam di sekitar lereng Gunung Slamet tersebut seperti misalnya di kabupaten Bojong. peternakan. 3) pelestarian dan perlindungan terhadap kawasan sensitif. Hampir semua sungai di Brebes dan Tegal bersumber di gunung tersebut. keyakinan. perikanan darat. Gobyah (2003) menyatakan bahwa kearifan lokal didefinisikan sebagai kebenaran yang telah mentradisi atau ajeg dalam suatu daerah. serta 4) bentuk adaptasi dan mitigasi tempat tinggal terhadap iklim. hingga pariwisata. Berkaitan dengan hal tersebut Ernawi (2009) menjelaskan bahwa secara substansi kearifan lokal dapat berupa aturan mengenai: 1) kelembagaan dan sanksi sosial. dari gunung tersebut bermula ribuan sumber air yang bermanfaat bagi kehidupan di bawahnya. Dari sumber-sumber air itu beraneka kehidupan dan penghidupan manusia di lereng Slamet hingga ke muara bergantung seperti irigasi persawahan.432 meter di atas permukaan laut. norma. Bentuk-bentuk kearifan lokal dalam masyarakat dapat berupa: nilai. Pendahuluan A. serta aliran sungai yang berasal dari mata air pegunungan. Sumber air itu mengalir ke berbagai sungai untuk selanjutnya bermuara ke laut selatan dan utara Jawa. dan aturan-aturan khusus. Dengan demikian kearifan lokal (local wisdom) pada suatu masyarakat dapat dipahami sebagai nilai yang dianggap baik dan benar yang berlangsung secara turun-temurun dan dilaksanakan oleh masyarakat yang bersangkutan sebagai akibat dari adanya interaksi antara manusia dengan lingkungannya. bencana atau ancaman lainnya. pemahaman. yang merupakan daerah yang masih mempunyai kekayaan alam yang terjaga.Bab I. adat-istiadat. kepercayaan. atau wawasan serta adat kebiasaan atau etika yang menuntun perilaku manusia dalam kehidupan di dalam komunitas ekologis (Keraf. Kabupaten Bojong merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di kota Tegal yang terletak di kawasan kaki Gunung Slamet. air bersih. serta hamparan hutan cemara yang masih terlihat hijau di sepanjang jalan menuju Obyek Wisata Pemandian Air Panas Guci. Serta kepercayaan masyarakat yang kuat terhadap kekuatan supranatural yang terdapat di Gunung slamet tersebut yang sangat mempengaruhi masyarakat . etika. 2) ketentuan tentang pemanfaatan ruang dan perkiraan musim untuk bercocok tanam.

Tujuan Penulisan  Menjelaskan kearifan lokal  Menjelaskan cara menjaga kearifan lokal di daerah Gunung Slamet .agar selalu menjaga kearifan lokal alam yang ada. misalnya kelestarian hutan yang masih terjaga hingga saat ini. Rumusan Masalah  Apa yang dimaksud dengan kearifan lokal?  Bagaimana menjaga kearifan lokal di daerah Gunung Slamet C. B.

yang tertanam dan diikuti oleh anggota masyarakatnya. 3. Local berarti setempat dan wisdom sama dengan kebijaksanaan. Setelah 20 tahun tertidur. Gunung Slamet . Para antropolog membahas secara panjang lebar pengertian local genius ini (Ayatrohaedi. banyak kehidupan bermula. Kearifan lokal merupakan sesuatu yang berkaitan secara spesifik dengan budaya tertentu (budaya lokal) dan mencerminkan cara hidup suatu masyarakat tertentu (masyarakat lokal). kearifan lokal bersemayam pada budaya lokal (local culture). Bersifat empirik karena hasil olahan masyarakat secara lokal berangkat dari fakta-fakta yang terjadi di sekeliling kehidupan mereka.432 meter di atas permukaan laut. Sementara Moendardjito (dalam Ayatrohaedi. Isi ( Pembahasan ) Pengertian Kearifan Lokal dilihat dari kamus Inggris Indonesia. terdiri dari 2 kata yaitu kearifan (wisdom) dan lokal (local). mampu bertahan terhadap budaya luar.Bab II. 5. 1986:40-41) mengatakan bahwa unsur budaya daerah potensial sebagai local genius karena telah teruji kemampuannya untuk bertahan sampai sekarang. 2. Dengan kata lain. memiliki kemampuan mengakomodasi unsur-unsur budaya luar. mampu memberi arah pada perkembangan budaya. kearifan lokal dapat diartikan sebagai sistem pengetahuan masyarakat lokal/pribumi (indigenous knowledge systems) yang bersifat empirik dan pragmatis. 1986:18-19). penuh kearifan. Dalam disiplin antropologi dikenal istilah local genius. Daerah gunung identik dengan kekayaan alamnya yang masih asri. Antara lain Haryati Soebadio mengatakan bahwa local genius adalah juga cultural identity. Dengan kata lain maka local wisdom dapat dipahami sebagai gagasan-gagasan. nilai-nilai-nilai. Secara filosofis. 4. Di situ. pandangan-pandangan setempat (local) yang bersifat bijaksana. identitas/kepribadian budaya bangsa yang menyebabkan bangsa tersebut mampu menyerap dan mengolah kebudayaan asing sesuai watak dan kemampuan sendiri (Ayatrohaedi. memunyai kemampuan mengintegrasikan unsur budaya luar ke dalam budaya asli. Begitu juga yang terdapat di Gunung slamet yang mempunyai ketinggian mencapai 3. Local genius ini merupakan istilah yang mula pertama dikenalkan oleh Quaritch Wales. Ciri-cirinya adalah: 1. 1986). serta sunggai-sungai yang mengalir. Gunung Slamet kembali aktif. Bertujuan pragmatis karena seluruh konsep yang terbangun sebagai hasil olah pikir dalam sistem pengetahuan itu bertujuan untuk pemecahan masalah sehari-hari (daily problem solving). memunyai kemampuan mengendalikan. Bentangan bukit-bukit yang dipenuhi dengan hamparan hutan dan area persawahan. bernilai baik. Aktivitas gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa itu mengingatkan semua akan pentingnya menjaga keseimbangan alam.

gunung itu memiliki daya magis besar. Tujuannya. . yakni Banyumas. Mata pencaharian masyrakatnya yang mayoritas menjadi petani. sistem kepercayaan masyarakat sekitar Gunung Slamet ini menciptakan kearifan lokal untuk menjaga kelestarian alam Gunung Slamet. dan Dieng. Daya magis itu menyebabkan pasukan Kerajaan Majapahit selalu enggan melalui wilayah kaki Gunung Slamet untuk mencapai Kerajaan Pajajaran pada masa silam. Banyumas dan Purbalingga menjadi negeri yang tidak tersentuh Majapahit dan Pajajaran. Dari kentalnya atau kuatnya kepercayaan lokal tersebut. membawa dampak positif dalam upaya menjaga kearifan lokal dan kelestarian alam yang sangat kaya di daerah pegunungan tersebut. Jadi. Pemalang. Hutan-hutan di lereng Slamet relatif terpelihara dibanding kawasan gunung lain di Jawa seperti Gunung Merapi. dan dewa. Dengan adanya kepercayaan bahwa gunung itu tempat sakral dan didiami makhluk halus. Purbalingga. Posisinya sangat penting secara kosmologis. Lingkungan demikian dapat pula sangat membahayakan. Semeru.memiliki bentang terluas di Jawa. budaya. jika ingin mendaki di gunung tersebut harus dengan jiwa dan hati yang bersih supaya selamat. Mereka yakin. juru kunci Gunung Slamet mengatakan. namun mereka percaya akan akan kekuatan makhluk lain selain manusia yang terdapat di gunung slamet. Tidak boleh menebang pohon dan memakai mata air tanpa izin. menjadi salah satu bukti bahwa kabupaten Bojong dipenuhi hamparan sawah dan hampran hutan. agar penunggu gunung tidak marah hingga memuntahkan material vulkaniknya. karakter masyarakatnya yang terbuka atau blakasuta." ujar Djatmiko. geografis. Masyarakat di Gunung Slamet tersebut sangat menjunjung tinggi nasihatnasihat sesepuh yang berkaitan dengan terjaganya kelestarian alam dan keseimbangan alam yang ada sehingga tidak mengakibatkan dampak negatif. Dari kepercayaan itulah muncul budaya khas masyarakat Jawa di lereng Gunung Slamet yang berbeda dengan Jawa arus utama seperti dialek ngapak. Berdiri di empat wilayah kabupaten di Jawa Tengah bagian barat. hingga kesenian tradisional yang tak ditemukan di Jawa bagian timur. Walaupun nasihat-nasihat sesepuh tersebut berbau mitos. "Lingkungan alami itu sangat menantang untuk pendakian dan wisata petualangan. Kepercayaan itu menyebabkan Gunung Slamet sangat penting dalam penciptaan keseimbangan alam. dan Tegal. ekonomi. hingga historis bagi wilayah di sekitarnya. sosial. Ketua Paguyuban Masyarakat Pariwisata Baturraden Deskart Setyo Djatmiko mengatakan. Samsuri (81). roh-roh leluhur. Untuk menjaga kekayaan alam yang tersedia agar tetap lestari tidak mudah. kuatnya kepercayaan lokal terhadap kekuatan supranatural Gunung Slamet menyebabkan kelestarian hutan di gunung itu hingga kini relatif terjaga. Mereka lebih suka melewati Caruban Larang (kini Cirebon dan Brebes) di utara atau Kabumian (Kebumen) di selatan. Dalam perkembangannya. Kabupaten Bojong yang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di kawasn kaki gunung tersebut menjadi daerah yang masih tersimpan dan terjaga kekayaan alamnya.

Pada masyarakat tertentu. Ada tujuan di dalam proses pembentukannya. tegasnya sebut saja sebagai hasil dari imajinasi konstruktif suatu masyarakat yang terkait erat dengan hubungan antara manusia dan lingkungan alam sekitarnya. mitos menjadi bagian dari sistem pengetahuan dan sekaligus sistem kepercayaan masyarakat. Tujuan yang juga tidak terlepas dari hubungan erat antara masyarakat dengan lingkungan alam sekitarnya itu. Namun. Sistem pengetahuan yang dimiliki suatu masyarakat tentu akan berpengaruh pula pada cara-cara pengelolaan lingkungan alamnya dan sistem-sistem lainnya dalam sistem budaya yang dimiliki.Sebagai hasil dari imajinasi konstruktif.Tidak seperti masyarakat pada umumnya yang terkadang mengabaikan hal-hal yang berkaitan dengan mitos. mitos juga terlahir dari buah pikir. . kini sistem pengetahuan itu dikenal sebagai “kearifan lokal” oleh masyarakat modern karena perannya yang selaras dengan kepentingan pelestarian lingkungan.

com female. Daftar Pustaka - http://www. Untuk itu masayarakat di daerah Gunung Slamet dengan bekal kepercayaan lokal yang kuat terhadap adanya kekuatan supranatural yang terdapat di Gunung Slamet menjadi dasar untuk selalu menjaga kearifan lokal alam yang ada.com .org naninorhandayani. sehingga tercipta keseimbangan alam dan tidak mengakibatkan hal-hal yang buruk terhadap kelangsungan hidup mereka.scribd. kesejukan dan kerindangan. Penutup Kesimpulan Kearifan lokal ( local wisdom ) dipahami sebagai nilai yang dianggap baik dan benar yang berlangsung secara turun-temurun dan dilaksanakan oleh masyarakat yang bersangkutan sebagai akibat dari adanya interaksi antara manusia dengan lingkungannya. Begitu juga kekayaan alam yang ada di Gunung Slamet yang dipenuhi dengan hamparan sawah dan hamparan hutan yang identik berwarna hijau yang menyimbolkan keasrian.Bab III.arthagrahapeduli. Kearifan lokal yang ada ataupun tersimpan dalam suatu daerah hendaklah di jaga dan di lestarikan.com http://www. Dari potensi kekayaan alam yang ada tidaklah mudah untuk menjaganya agar tetap lestari.kompas.blogspot.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->