Microsoft Excel

Definisi Microsoft Excel
Microsoft excel adalah program aplikasi yang banyak digunakan untuk membantu menghitung, memproyeksikan, menganalisa, dan mempresentasikan data. Disini kita akan banyak bersinggungan dengan metode-metode pembuatan tabel dan grafik yang sangat dibutuhkan sekali dalam penyusunan data-data sekolah, hasil-hasil penelitian, maupun dalam pembuatan makalah pribadi.

Fungsi Microsoft Excel 1. Kalkulasi, dengan program ini kita bisa melakukan kalkulasi atau penghitungan dengan mudah, baik penghitungan yang sederhana maupun dengan rumus – rumus yang sangat kompleks. 2. Grafik, dengan program ini kita bisa mempresentasikan data kita dalam bentuk grafik yang komunikatif. 3. Komunikasi, dengan program ini kita juga bisa berkomunikasi dengan pengguna (user) lain.Program ini sudah dirancang untuk bisa saling bertukar informasi dalam bentuk jaringan dimana orang lain bisa membuka lembar kerja kita dari terminal (komputer) yang berlainan,bahkan ia juga bisa melakukan perubahan pada lembar kerja yang sama pada saat yang bersamaan pula. 4. Internet,suatu saat mungkin kita akan mengirim data dalam bentuk tabel atau grafik pada orang lain di tempat di seluruh dunia,Microsoft Excel bisa melakukanya dengan baik sekali. 5. Otomatis, dengan Excel kita bisa menggunakan otomatisasi penghitungan data yang kita ketikkan.Dengan perumusan yang benar,maka Excel akan langsung melakukan perubahan secara otomatis terhadap data kita setiap kali mengalami perubahan. 6. Aplikasi, Microsoft Excel dapat membantu kita merancang aplikasi siap pakai,yaitu dengan fasilitas macro.

7. Bisa juga dari Ms. Thank’s sekian dulu untuk selanjutnya. data numerik dapat dijumlahkan. Data Numerik (Numeric) Adalah jenis data pada microsoft excel yang dapat dioperasikan dengan operator matematika di Excel.Microsoft excel Post Jenis Data pada Microsoft Excel [Memasukkan Data ke Lembar Kerja]. Di ambil dari lembar kerja lain atau file lain. dikali. Terdapat beberapa jenis Data pada Microsoft Excel dan cara untuk memasukkan data ke dalam suatu sel excel. dan selalu rata kiri. Harus diawalai oleh 0. tidak bisa ditambah. 1. Jadi. Oke selesai posting Data pada Microsoft Excel [Memasukkan Data ke Lembar Kerja]ini. Seperti teks. Berbagai jenis data dapat dimasukkan. Diambil dari sel lain pada lembar kerja yang sama 3. 4. dibagi dan dipangkatkan. bisa di pelajari lagi tetap di blog ini. tidak boleh huruf atau tanda-tanda baca. 8. 5. Antara lain bisa jadi fungsi / function dan rumus / formula dapat membantu kita dalam menghitung. dikurang. Udah lengkap dan serba punya. apa gunanya ? Nah untuk itu kita akan belajar tentang data yang dimasukkan ke Lembar Kerja / worksheet. Jadi. 3. Diketik lewat keyboard 2. 9 tanda plus (+) dan min (-). Punya Ms. yaitu : 1. 2. Excel tapi gak diapa-apain dan tidak diisi data untuk digunakan sebagai pekerjaan. 6. Word Data Label (Text/Character/String) Adalah jenis data pada microsoft excel yang tidak dapat dioperasikan oleh operator matematika dalam excel. Sifat : Data angka hanya berisi angka saja. dikurangkan. Dapat diakhiri oleh % Data angka dapat dikalkulasikan Penulisan data angka selalu rata kanan Dua jenis data pada microsoft excel tersebut dapat dikombinasikan dengan langkah tertentu. Keep read and enjo .Jenis-jenis. tidak mungkinkan dijumlah ? Sifat : Dapat berisi angka dengan format teks huruf atau tanda baca. dikali atau dibagi.

Toolbar Standard Secara umum toolbar ini berfungsi untuk mengoperasikan dokumen atau file pada Ms. Menu Data adalah menu yang memiliki fungsi pokok memanipulasi dan perubahan data yang telah dibuat seperti. Excel. Menu Insert adalah menu yang berfungsi untuk teknik penyisipan 5. Menu Edit adalah menu yang berfungsi untuk pengeditan dokumen dan perbaikan 3. Menu icon pada Ms. Excel antara lain sebagai berikut : 1. Menu File merupakan menu yang berkaitan dengan operasional dokumen atau file 2. Berikut ini adalah macam -macam toolbar standard yang sering digunakan dalam Ms. Excel antara lain sebagai berikut : 1. Menubar pada Ms. Menu Window merupakan menu yang berkaitan dengan penampilan lembar kerja di monitor 9. Excel : New Blank Document : mebuka dokumen kosong yang baru Open : membuka dokumen yang pernah atau sudah dibuat Save : menyimpan dokumen Search : mencari teks Print : mencetak dokumen ke printer Print Preview : melihat hasil pekerjaan di layar Cut : memotong obyek gambar atau tulisan Copy : menyalin obyek gambar atau tulisan . mengunci dokumen d an sebagainya 7. dan mengimport data dari tempat lain 8.Jenis – Jenis Menu pada Microsoft Excel A. pengecekan ejaan. Menu Tools merupakan menu untuk melakukan perbaikan. mengurutkan. Menu Help merupakan menu bantuan untuk mendapatkan petunjuk dalam operasional atau perintah B . menyortir. Menu bar Menubar adalah menu pilihan berupa teks. Menu Format adalah menu yang digunakan untuk pemformatan kolom atau baris 6. Menu View merupakan menu yang berkaitan dengan penampilan dokumen dan penampilan monitor lembar kerja atau workbook 4. Menu Icon Menu icon adalah menu pilihan berupa tombol -tombol yang diberi simbol untuk mewakili sebuah perintah tertentu.

angka 2. kriteria_1. range_kriteria_2. Semoga Anda paham maksud rumus-rumus tersebut. range_kriteria_1. lebih banyak dari yang pernah Anda bayangkan (meski tak menyentuh angka ribuan).  =SUMIFS(sum_range. =SUM(angka 1.Paste : menggandakan obyek gambar atau tulisan Undo : kembali ke perintah sebelumya Redo : kembali ke perintah sesudahnya AutoSum : menjumlahkan Ascending : mengurutkan data dari yang terkecil Descending : mengurutkan data dari yang terbesar Chart W izard : menyisipkan chart atau grafik Zoom : memformat tampilan di monitor Microsoft Excel Help : meminta bantuan Microsoft Excel 2. Berikut ini adalah macam -macam toolbar formatting yang sering digunakan dalam Ms. Toolbar Formatting Secara umum toolbar ini berfungsi untuk memformat isi lembar ker ja pada Ms Excel. Karena itu. Mempelajari semua rumusnya hanya akan membuat Anda botak! Padahal rumus yang dipakai palingan 5-20 rumus saja. …)  . Excel : Font : mengubah jenis huruf Font size : mengubah ukuran huruf Bold : menebalkan huruf Italic : memiringkan huruf Underline : menggarisbawahi huruf Align left : meratakan paragraf di sebelah kiri Center : meratakan paragraf di tengah Align right : meratakan paragraf di sebelah kanan Merge and center : menggabungkan beberapa sel Border : membuat bingkai Fill color : memberi warna background pada sel Font color : memberi warna pada huruf Contoh Rumus-Rumus pada Microsoft Excel Rumus-rumus di MS-Excel sebenarnya banyak. sehingga saya agak kesulitan (bahkan keterangannya juga tidak cukup menjelaskan maksud beberapa rumus ini). Rumus-rumus ini aslinya ditulis dalam Bahasa Inggris dan beberapa dengan singkatan. kriteria _2… dst) Untuk penjumlahan dengan multi kriteria. saya menuliskan sedikit rumus yang tersedia dan yang sering dipakai. Saya berusaha menuliskannya dengan baik dan mudah dimengerti.

=MAX(angka 1. karakter yang akan diambil) Untuk mengambil karakter dari posisi tengah. jumlah periode pembayaran. jumlah bulan sebelum atau sesudah tanggal awal) Untuk mengetahui tanggal terakhir dari suatu bulan.  =LEFT(teks. karakter yang akan diambil) Untuk mengambil karakter dari kiri.  =EOMONTH(tanggal awal. …) Untuk menghitung nilai rata-rata. =MIN(angka 1. nilai jika benar. range tabel. nilai penanaman modal saat ini) Untuk menghitung nilai kemudian dari suatu investasi dengan besar pembayaran yang sama serta bunga yang tetap dalam periode tertentu.  =MID(teks. …) Untuk menghitung banyak data dari sederetan data angka dalam suatu range.  =FV(suku bunga. nilai sekarang.  =AVERAGE(angka 1. angka2. pembayaran tiap periode. nilai kemudian. nilai jika salah) Untuk menguji kebenaran dari suatu kondisi. nilai jika benar. jumlah periode. jumlah periode. tipe pembayaran) Untuk menghitung nilai pokok pembayaran untuk membayar kembali suatu nilai pinjamandalam jangka waktu yang ditentukan. …) Untuk mencari nilai terbesar.  =IF(tes logika. angka2.  =RIGHT(teks. value 2.  =HLOOKUP(kunci. …) Untuk mencari nilai terkecil.Untuk menjumlahkan sederetan angka. karakter yang akan diambil) Untuk mengambil karakter dari kanan.  =VLOOKUP(kunci. =COUNT(value 1.  =PPMT(suku bunga. . tipe pembayaran) Untuk menghitung nilai angsuran secara periodik untuk melunasi nilai pijaman berdasarkan periode. nomor kolom) Untuk mengambil data dari tabel lain secara vertikal. dengan pembayaran dan bunga yang konstan.  =IF(string. nilai kemudian. nilai sekarang.  =PMT(suku bunga. range tabel. nomor kolom) Untuk mengambil data dari table lain secara horizontal.     =SQRT(angka) Untuk mencari akar kuadrat. start dari. nilai jika salah) Untuk menguji kebenaran dari suatu kondisi. angka 2.

 =MONTH(tanggal) Untuk mengambil nilai bulan dari suatu tanggal. jumlah pembulatan) Untuk membulatkan bilangan. hari libur selain tanggal awal. =WORKDAY(tanggal awal.  =ROUND(angka yang akan dibulatkan. pilihan dari satu atau beberapa tanggal diluar kalender kerja) Untuk menghitung jumlah hari kerja. syarat) Menghitung jumlah sel yang memenuhi syarat tertentu.  =COUNTIF(range yang akan dihitung.  =DATE(tahun.  =YEAR(tanggal) Untuk mengambil nilai tahun dari suatu tanggal.  =DAY(tanggal) Untuk mengambil nilai hari dari suatu data tanggal. . bulan. tanggal) Untuk menuliskan tanggal.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful