Mata Pelajaran : IPA Kelas : V/Semester 2

Penulis: Rohaeti,S.Pd

PENGARUH GAYA TERHADAP BENTUK DAN GERAK SUATU BENDA

I. Standar Kompetensi Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya

Sumber : http://www.elsmandagiri.com

II. Kompetensi Dasar Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak, dan energi melalui percobaan (Gaya Gravitasi, Gaya Gesek, Gaya Magnet)

III. Uraian Materi dan Langkah-Langkah Pembelajaran
III. 1GAYA

Dalam kehidupan sehari – hari, kita banyak sekali melihat kesibukan yang dilakukan oleh manusia atau makhluk hidup lain. Pernahkah kamu melihat suatu benda bergerak ? Apa yang menyebabkan benda itu bergerak ? Pernahkah kamu mendorong atau menarik sesuatu ? Banyak pekerjaan yang kita lakukan dengan menarik atau mendorong.Kita menarik tali timba untuk mengambil air, kita mendorong meja untuk memindahkannya, kuda menarik kereta, lokomotif menarik gerbong, mesin jet menarik atau mendorong pesawat terbang.Masih banyak contoh lainnya.

1

Dalam Ilmu Pengetahuan Alam tarikan atau dorongan dinamakan Gaya.Gaya dapat menyebabkan bentuk dan gerak suatu benda berubah.Gaya dapat ditimbulkan oleh magnet gravitasi dan gesekan. Bagaimana cara membuktikan bahwa gaya dapat mengubah bentuk dan gerak suatu benda yang di timbulkan oleh magnet, gravitasi dan gesekan ? Marilah kita pelajari dan melakukan beberapa percobaan !

2

Kemudian dikenalah magnet hingga saat ini.com Konsep Gaya didefinisikan sebagai suatu tarikan atau suatu dorongan yang dikerahkann sebuah benda terhadap benda lain. Setelah manusia makin menguasai teknologi. batu itu tergolong magnet alam.elsmandagiri.Ketika ia akan mengambilnya kembali. Dahulu di tempat itulah orang pertama kali menemukan batu yang mampu menarik besi.Diletakkannya tongkat itu di atas sebongkah batu.Kini.III. dibuatlah magnet buatan. ujung tongkatnya melekat kuat pada batu tersebut.Sewaktu menggembalakan Domba-dombanya. Menurut cerita.Berbagai benda mampu ditarik oleh magnet tersebut.Apakah sebenarnya magnet itu?Istilah magnet berasal dari kata "Magnesia". 3 .1 GAYA MAGNET Gaya magnet berasal dari magnet.Gembala tersebut memiliki tongkat yang terbuat dari besi. Sumber : http://www. ia beristirahat.1. dan magnet pun sudah mulai ditemukan di Negara lain. pada zaman dahulu ada seorang anak gembala. Gaya magnet dan gaya gravitasi dapat mempengaruhi bentuk dan gerak suatu benda.Batu itu kemudian dinamakan magnet. Magnesia itu adalah nama sebuah daerah kecil di Asia.

Sedangkan benda Nonmagnetis. Benda Magnetis dan Benda Nonmagnetis Benda Magnetis adalah benda yang mempunyai sifat seperti magnet.A. sehingga tidak dapat menarik benda yang terbuat bahan logam. Dengan kata lain benda Magnetis dapat menarik benda yang terbuat dari bahan logam tertentu seperti besi. Sifat-sifat Magnet Apakah magnet dapat menarik semua benda ? Untuk mengetahuinya. Apa kesimpulan dari hasil pengamatanmu ? 4 . merupakan benda yang tidak memiliki sifat kemagnetan. Buat kelompok beranggotakan 5 orang 2. Apakah semua benda bersifat Magnetis ? Untuk mengetahuinya kamu harus melakukan percobaan mengenai benda magnetis dan non magnetis. B. Diskusikan hasil pengamatanmu untuk melengkapi tabel di bawah! 5. Kumpulkan benda – benda disekitarmu kemudian dekatkan dengan magnet 3. Amati dan catatlah hasil pengamatanmu ! 4. lakukan percobaan berikut! Menyelidiki Benda yang Tertarik dan yang Tidak Tertarik Magnet 1.

9. 8. 6. 4. 3. 11. 10. 16. 7. 14. 2.No. Peniti Dapat ditarik Magnet  Tidak dapat ditarik Magnet Kesimpulan ………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………… : 5 . Nama Benda Bahan dari Logam  Bahan Bukan dari Logam - 1. 13. 12. 15. 5.

Magnet batang 2. Sumbergambar : fajariw. Langkah – langkah percobaan 1. dan ujungnya yang menunjuk ke arah selatan disebut kutub selatan. Setiap magnet. Gabus 4. Alat dan Bahan 1. Silet 3.Sebagai contoh sebuah magnet jarum yang berputar pada porosnya. Mangkok berisi air b. Kesimpulan apa yang kamu peroleh dari percobaan di atas? 6 . lakukanlah percobaan di bawah ini a.com Untuk mengetahui posisi kutub suatu magnet. selalu mempunyai kutub utara dan kutub selatan. Letakkanlah gabus pada permukaan air dalam mangkok kemudian taruhlah silet di atas gabus tadi. yakni kutub utara dan kutub selatan. Gosokanlah salah satu ujung silet dengan salah satu kutub magnet batang 2. apapun bentuknya. Dalam keadaan diam. Arah manakah yang ditunjuk oleh ujung-ujung silet ? 3. Walaupun magnet dipotong-potong hingga bagian terkecil. misalnya kompas. salah satu ujung magnet akan menunjuk ke arah utara. Kutub Magnet Magnet selalu memiliki dua kutub yaitu kutub utara (U/N) dan kutub selatan (S).blogspot. Ujung kompas yang menunjuk ke arah utara disebut kutub utara. sedangkan ujung yang lain menunjuk ke arah selatan.C. potongan magnet tersebut akan tetap memiliki dua kutub.

mereka saling mengerahkan gaya. Namun. 7 . Aturan untuk kutub-kutub magnet tersebut berbunyi: Kutub-kutub senama akan tolak-menolak dan kutub-kutub tidak senama akan tarikmenarik. Demikian juga halnya jika dua kutub selatan saling didekatkan. B. Alat dan Bahan Magnet batang 2 buah Benang Statif Cara Kerja Gantungkanlah sebuah magnet batang dengan benang. Gaya magnetterdiri dari tarik-menarik dan tolak-menolak. yaitu gaya magnet. kedua kutub tersebut akan tolak-menolak. Sumber gambar : vandha.wordpress. 1. jika kutub utara utara salah satu magnet didekatkan ke kutub selatan magnet lain. 2. Jika dua kutub utara saling didekatkan.com Apakah yang terjadi jika dua magnet didekatkan ? Apakah kedua magnet tersebut tolak-menolak atau tarik-menarik ? Untuk mengetahuinya marilah kita melakukan percobaan! A. berilah nama kutub-kutub magnet itu. Ulangi untuk magnet yang satunya lagi. 3. 1. kutub-kutub tersebut akan tarik menarik.Berikut gambaran bagaiman proses tolak menolak dan tarik menarik gaya magnet. Setelah diam.Jika dua magnet saling didekatkan.

Peganglah salah satu magnet batang tadi kemudian dekatkan kutub selatannya dengan kutub selatan (S) dari magnet yang digantungkan tadi. Kesimpulan apakah yang diperoleh dari hasil percobaan di atas ? 8 . Apa yang terjadi ? 3. kutub selatan (S) dan kutub utara (U). Lakukan percobaan seperti pada no.2. Ulangi percobaan seperti di atas untuk kutub utara (U).2 dengan mendekatkan kedua kutub magnet yang tidak senama. Lakukanlah secara berulang-ulang. Apakah yang terjadi ? 4.

Mata Pelajaran : IPA Kelas : V/Semester 2 Penulis: Rohaeti.Pd D. lalu letakkan lah 9 . Medan magnet digambarkan sebagai garis-garis lengkung yang disebut garis gaya magnet. Medan Magnet Medan magnet tidak bisa dilihat kasat mata. Gaya tarik magnet Magnet dapat menarik suatu benda (logam) dalam keadaan terhalang suatu medium tertentu. Makin besar kekuatan suatu magnet. kaca tipis. juga plastik yang tipis dapat ditembus oleh gaya tarik magnet. Sumber gambar : vandha. Daerah sekitar yang ditembus oleh garis gaya magnet disebut gaya medan magnetik atau medan magnetik. Garis gaya magnet bermula dari kutub utara dan berakhir di kutub selatan magnet. Medan magnet adalah ruang dimana sebuah benda yang berada di dalam ruang itu mendapat gaya magnet. namun buktinya dapat diamati dengan kompas atau serbuk halus besi.com E. makin besar pula medanmagnetnya. Benda-benda seperti kertas. Kita dapat membuktikannya dengan cara menaruh benda di atas permukaan kaca yang tidak terlalu tebal.wordpress.S. kain.

Masukanlah paku kecil pada gelas yang berisi air 2. Apa yang terjadi ? 3. Paku kecil 3. Sentuhkanlah magnet pada dinding gelas dekat paku . Magnet batang 2. Alat dan bahan 1. Induksi Besi dan baja dapat dijadikan magnet dengan cara induksi magnet. Magnet elementer yang terdapat pada besi dan baja akan terpengaruh atau terinduksi magnet tetap yang menyebabkan 10 . Bagaimana caranya jika kamu disuruh mengambil paku yang berada di dalam gelas tanpa memasukkan tangan ke dalam gelas? Untuk menjawabnya lakukan percobaan di bawah a. Besi dan baja diletakkan di dekat magnet tetap. Langkah – langkah percobaan 1. Kesimpulan apa yang kamu peroleh dari percobaan di atas ? F. Cara Membuat Magnet 1. geser-geserkanlah magnet itu. Hal ini membuktikan bahwa magnet memiliki sifat menembus suatu medium. lalu apa yang akan terjadi ? Logam yang berada di atas akan ikut menempel pada magnet yang berada di bawah permukaan kaca tersebut. Gelas berisi air b .sebuah magnet di bawah permukaan kaca tersebut.

akan terbentuk kutub yang selalu berlawanan dengan kutub magnet penginduksi.letaknya teratur dan mengarah ke satu arah. Ujung besi yang berdekatan dengan kutub magnet batang. Menggosok Pembuatan magnet ini dilakukan dengan cara menggosokkan magnet secara berulang-ulang terhadap besi atau baja dengan arah yang sama . semakin kuat pula gaya magnet yang terjadi. maka ujung A besi menjadi kutub selatan dan ujung B besi menjadi kutub utara atau sebaliknya. Apabila kutub utara magnet batang berdekatan dengan ujung A besi.elsmandagiri. 2. Membuat magnet dengan cara menggosok Sumber : http://www.Magnet yang dibuat dengan cara menggosok ini kekutannya dipengaruhi oleh jumlah gosokan.com 11 . Tangkas SAINS ROSDA Sifat kemagnetan hasil induksi ini brsifat sementara artinya jika magnet dilepaskan sifat kemagnetan benda tersebut akan hialng. Besi atau baja akan menjadi magnet sehingga dapat menarik serbuk besi yang berada di dekatnya. Semakin banyak gosokan.

elsmandagiri. Mengalirkan Lisrtik Aliran listrik dapat pula digunakan untuk membuat magnet. Arus yang besar dapat membuat magnet sangat kuat sedangkan arus yang kecil hanya membuat magnet yang lemah. Mengenai kekuatan .com 12 . Agar lebih jelas lakukan percobaan di bawah ini ! Membuat magnet dengan aliran listrik Sumber : http://www.Cara pembuatannya adalah dengan memberi arus listrik pada besi atau baja.Artinya magnet dibuat dan dihilangkan secara mendadak pada saat diperlukan.Magnet yang digosokkan ke suatu batang besi atau baja dapat menyebabkan batang besi atau baja mempunyai sifat kemagnetan 3. Sifat kemagnetan pada magnet yang dibuat dengan aliran listrik ini adalah sementara.

Benda yang dilemparkan ke atasakan kembali jatuh ke tanah. Daun – daun yang berguguran tentunya akan jatuh ke tanah.Ia hanya melayang layang – layang karena kehilangan bobotnya. Mengapa benda .1.benda jatuh ke bawah ? Hal ini menunjukkan bahwa benda mendapat gaya tarik bumi yang disebut gaya Gravitasi. Akibatnya astronot yang berada diangkasa luar tidak tertarik ke bumi .blogspot.III.bp.com Apa yang akan terjadi jika tidak ada gaya gravitasi? Pernahkah kamu melihat astronot melayang di permukaan bulan atau di luar angkasa ? Jarak luar angkasa sangat jauh dari bumi sehingga asrtonot tidak mendapat gaya gravitasi bumi .2 GAYA GRAVITASI Benda dikatakan bergerak jika benda itu berubah kedudukannya terhadap benda lain. Kelapa yang jatuh dari pohonnya dikatakan bergerak. Bagaimana pengaruh gaya gravitasi terhadap gerak suatu benda ? 13 . Gaya gravitasi bumi merupakan gaya yang menyebabkan terjatuhnya benda – benda ke permukaan bumi http://3.

14 . kecepatan jatuh uang logam lebih besar dari pada kertas. Benda mana yang sampai terlebih dahulu ke tanah ? Uang logam dan kertas ukuran dan bentuk nya sama tapi beratnya berbeda. Benda yang permukaannyaluas akan lebih lambat dari pada yang sempit atau ramping.Bila kamu menjatuhkan dua buah benda yang berbeda jenisnya yaitu kertas dan uang logam. keduanya dijatuhkan pada waktu dan ketinggian yang sama . Benda yang lebih berat lebih cepat sampai ke bumi.Bentuk benda juga mempengaruhi kecepatannya jika jatuh.Benda yang ringan lebih lambat sampai ke bumi. Waktu yang diperlukan benda untuk jatuh ke bumi pada ketinggian yang sama berbeda.

S.Pd III. Ban yang diberi motif agar gaya gesek besar sehingga saat ban dipakai tidak licin.id joginola.co.com 15 .I.Mata Pelajaran : IPA Kelas : V/Semester 2 Penulis: Rohaeti. Gaya tersebut ditimbulkan oleh gesekan antara bola dan permukaan lantai. edojayamotor. makin kecil gaya geseknya. Mengapa bola akhirnya berhenti ?Bola menggelinding dapat berhenti karena ada gaya yang berlawanan dengan arah gerak bola.blogspot. Permukaan yang kasar akan memperbesar gaya gesekan. Gesekan dapat diperbesar atau diperkecil.indonetwork. Gaya yang ditimbulkan oleh gesekan dua permukaan dua benda disebut gaya gesekan Banyak alat – alat yang dibuat dengan memanfaatkan gaya gesekan. lilin dan vaselin ). Gaya gesekan dapat diperkecil dengan cara menghaluskan permukaan kedua benda atau melicinkan permukaan benda dengan pelumas (oli.Makin halus dan makin licin suatu suatu permukaan . Misalnya Bagian bawah sepatu dibuat bergaris – garis bertujuan agar gaya gesek besar sehingga sepatu tidak licin. Sepeda dapat berhenti karena terjadi gesekan antara roda dan kampas rem.3 GAYA GESEKAN Gelindingkanlah sebuah bola Volly di atas lantai !.

Contoh lain keuntungan akibat gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari adalah rem pada kendaraan. Hal ini dimaksudkan agar pejalan kaki tidak tergelincir.Gaya gesekan yang timbul antara kampas rem dan roda sangat penting terutama bagi keselamatan dalam berkendaraan. menginjak pedal rem. sehingga pejalan kaki itu akan mudah jatuh.Bila seorang pengendara mobil misalnya. Keuntungan gaya gesek dalam kehidupan sehari hari Pada pejalan kaki. Demikan halnya pada kendaraan bermotor roda dua. Sedangkan di jalan yang kering (tidak licin) Anda akan merasa aman berjalan sebab Anda tidak takut terjatuh. Coba kita amati gesekan yang terjadi pada mesin kendaraan bermotor.Tetapi jika gesekan antara ban dan jalan nilainya kecil. gesekan antara ban dan jalan amat dibutuhkan bahkan gaya gesekan yang sebesar-besarnya antara ban dan jalan. gesekan antara alas sepatu atau sandal dengan lantai sangat diperlukan. gesekan antara kaki dan jalan biasanya kecil. 16 .Sehingga kendaraan dapat mengurangi lajunya bahkan berhenti pada tempat yang diinginkan. Prinsip kerja dari rem yaitu menahan atau menghentikan laju kendaraan. B. Di jalan yang licin. umumnya disebabkan ban yang gundul (aus). maka hal ini dapat membahayakan pengemudi dan penumpangnya. Maka pada saat yang bersamaan kampas rem bergesekan dengan roda untuk menahan atau menghentikan gerak rotasi (putaran) roda. Hal ini dimaksudkan agar ban tidak mengalami slip. bahkan dibutuhkan gaya gesekan yang sebesar-besarnya antara alas sepatu dengan lantai. Mengapa kendaraan bermotor membutuhkan minyak pelumas?Kendaraan bermotor membutuhkan minyak pelumas karena gesekan yang terjadi di bagian mesin kendaraan bermotor sangat merugikan.A. Kerugian gaya gesek Gaya gesekan selain menguntungkan juga dapat merugikan.

pesawat terbang.Bahkan pada mesin tertentu seringkali digunakan minyak pelumas khusus yang memiliki kekentalan tinggi. Selain itu kerugian akibat gaya gesek dapat dicontohkan sebagai berikut : – Gaya gesekan antara ban mobil dan jalan menyebabkan ban mobil cepat aus. – Gaya gesekan antara udara dan mobil. atau kereta api mengakibatkan kendaraan-kendaraan itu tidak dapat melaju dengan kecepatan penuh.Oleh karena itu. minyak pelumas diperlukan untuk mengurangi gesekan bagian-bagian mesin tersebut. 17 .Jika gesekan tersebut tidak dikurangi maka dapat merusak bagian-bagian mesin.

1 Penugasan Terstruktur Pernahkan kalian berpikir mengapa benda bisa jatuh atau seorang astronaut bisa melayang di ruang angkasa ? Lalu adakah hubungannya antara massa sebuah benda dengan gravitasi? Apakah ada hubungan antara massa sebuah benda dengan kecepatan saat benda jatuh ke bumi ? Coba buat percobaan sederhana untuk mengetahui hubungan massa sebuah benda dengan gravitasi secara berkelompok dan buat kesimpulannya. Latihan / Tugas Terstruktur IV.IV. 18 .

Gaya gravitasi merupakan gaya yang mengakibatkan benda – benda …. batang B. Kompas pada umumnya menggunakan magnet buatan yang berbentuk…. sepeda akan bergerak melaju tanpa kita kayuh karena ada gaya…. jarum D. tapal kuda C. A. A. Ketika naik sepeda di jalan menurun. gravitasi D. menjadi setengah magnet C. Mesin C. Magnet buatan dibuat berbagi bentuk sesuai dengan kebutuhan. menjadi magnet dengan dua kutub D. memantul dari permukaan bumi C. Bila sebuah magnet dipotong menjadi dua . Otot B. Pilihlah jawaban yang paling benar ! 1. silinder 3. menjadi magnet yang mempunyai satu kutub 2. tertarik oleh benda – benda B.2Tugas mengerjakan soal – soal latihan I.IV. bergesekkan dengan benda magnet D. gesekan 4. A. A. tertarik ke permukaan bumi 19 . maka setiap potongan magnet akan…. hilang kemagnetannya B.

5. II. 3. Gambar di disamping menunjukkan pembuatan magnet secara…. Peristiwa pada gambar di samping. 20 . di luar angkasa tidak ada udar B. D. benda itu selalu jatuh lagi karena gaya…. Jika kamu melempar batu ke atas . Gaya tarik magnet yang terkuat terdapat pada…. di luar angkasa gaya gravitasi besar. Benda yang jatuh dari udarasemakin ke bawah kecepatannya bertambah. 4. Isilah titik di bawah ini ! 1. Pertambahan laju kecepatan disebut…. 2.di luar angkasa gaya gravitasi sangat keci. di luar angkasa tidak ada gaya gravitasi C.5. Gaya gesek pada benda dapat diperbesar dengan cara…. A. terjadi karena….

gaya gravitasi bumi di ruang angkasa sangat kecil D.IV. tidak ada gaya gesekan B. magnet batang B. lebih sedikit oksigen dan karbondioksida 3.SOAL UNTUK ULANGAN HARIAN (SUMATIF) I. magnet jarum 21 . Logam berikut yang dapat dengan mudah ditarik magnet adalah….C atau D di depan jawaban yang paling benar ! 1. aluminium C. magnet pada gambar di samping disebut magnet…. A.B. gaya gravitasi bumi di ruang angkasa besar C.3 Evaluasi SOAL . Berdasarkan bentuknya . A. A. Berilah tanda silan ( X ) pada huruf A. besi B. kuningan 2. magnet ladam D. magnet U C. Seorang astronot melayang – layang di ruang angkasa karena…. tembaga D.

Paku dalam gelas yang berisi air selalu mengikuti gerakan magnet yang digeser-geserkan pada dinding gelas. Percobaan pada gambar berikut membuktikan bahwa…. paku menjadi magnet karena baterai B.Haltrsebut membuktikan bahwa…. air mempunyai gaya tarik B. dinding gelas menjadi magnet D. gaya tarik magnet dapat menembus dinding gelas dan air C. paku mempunyai sifat kemagnetan 6. baterai dan kabel membuat paku menjadi magnet 22 . paku menjadi magnet karena kabel C. Cara yang benar membuat magnet dengan menggosok besi ditunjukkan dengan gambar… 5. A. A. paku menjadi magnet selama arus listrik mengaliri paku D.4.

kertas yang diremas lebih dahulu mencapai tanah dari pada kertas berbentuk lembaran . Hal ini berarti gaya gravtasi dipengaruhi oleh…. air sungai mengalir D. 8. A. matahari terbit dan terbenam B. bentuk benda D. permukaan benda – benda yang bergesekan diperbesar D. gaya magnet. buah kelapa jatuh 23 . diberi bantalan peluru 9. bumi berputar mengelilingi matahari C. Jika dijatuhkan dari ketinggian yang sama. Contoh peristiwa yang terjadi akibat gaya gravitasi bumi adalah…. gaya gesek C. permukaan benda – benda yang bergesekan diperlicin C. Di bawah ini yang merupakan usaha untuk memperbesar gaya gesek adalah…. diberi minyak pelumas B.7. berat benda B. A. A.

tarik . menempel II. Sebutkan tiga macam kegunaan magnet dalam kehidupan sehari – hari ! 12. tolak .menolak C. Bagaimana pengaruh berat benda terhadap gravitasi bumi jika kita lempar ke atas ? 14. Jelaskan manfaat dan kerugian gaya gesekan ! 24 .10.menarik B. Jawablah pertanyaan – pertanyaan berikut dengan jelas ! 11. diam D. A. Sebutkan tiga cara memperkecil gaya gesekan ! 15. Jelaskan bagaimana caramembuat magnet dengan cara menggosok! 13. Apabila dua kutub magnet yang sama saling didekatkan akan….

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful