P. 1
Kerajaan Islam Di Sumatera

Kerajaan Islam Di Sumatera

|Views: 572|Likes:

More info:

Published by: Dimas Tri Ardiansyah on Apr 29, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/09/2015

pdf

text

original

SEJARAH

Kerajaan Islam Di Sumatera

Choirun Nasichah 5. Rizki Senja Z. 3. Wahyuningsih 4.1. Nanik Zuhriyah (01) (02) (03) (04) (05) . Erham Verdian 2.

Samudera Pasai kerajaan Samudera Pasai. Pasai. kemudian dilanjutkan pemerintahannya oleh Sultan Malik at-Thahir. . pada sekitar tahun 1267 dan berakhir dengan dikuasainya Pasai oleh Portugis pada tahun 1521. Kerajaan ini didirikan oleh Marah Silu. yang bergelar Malik al-Saleh. atau Samudera Darussalam. juga dikenal dengan Samudera. adalah kerajaan Islam yang terletak di pesisir pantai utara Sumatera. Raja pertama bernama Sultan Malik as-Saleh yang wafat pada tahun 696 H atau 1297 M.

Parameswara merupakan turunan ketiga dari Sri Maharaja Sang Utama Parameswara Batara Sri Tri Buana seorang penerus raja Sriwijaya. seorang putra Melayu berketurunan Sriwijaya. Paduka Seri Rana Wira Kerma.1511) sebuah kerajaan yang didirikan oleh Parameswara.Kekuasaannya dilanjutkan oleh putranya Paduka Sri Pekerma Wira Diraja yang kemudian diteruskan oleh cucunya. mengungsi dari an dari Majapahit. . Parameswara putra dari Seri Rana Wira Kerma.Kerajaan Malaka Kerajaan Melaka (1402 . Pada tahun 1401.

Kejayaan yang dicapai oleh Kerajaan Melaka di sebabkan oleh beberapa faktor penting.Ibu kota kerajaan ini terdapat di Melaka.Malaka mendapat perlindungan dari Cina yang merupakan pemegang kekuasaan terbesar di dunia pada masa itu untuk menghindari serangan Siam. . kerajaan ini berkembang pesat menjadi sebuah pelabuhan terpenting di Asia Tenggara pada abad ke-15 dan awal 16. Malaka runtuh setelah ibukotanya direbut oleh Portugis pada tahun 1511.Parameswara telah mengambil kesempatan untuk menjalinkan hubungan baik dengan negara Cina.Salah seorang dari sultan Malaka telah menikahi seorang putri dari negara Cina yang bernama Putri Hang Li Po. . . yaitu: . yang terletak pada Selat Malaka.

mewujudkan pusat-pusat pengkajian ilmu pengetahuan. sistem pemerintahan yang teratur dan sistematik. Kerajaan aceh terletak di utara pulau Sumatera dengan ibu kota Kutaraja (Banda Aceh) dengan sultan pertamanya adalah Sultan Ali Mughayat Syah. Dalam sejarahnya yang panjang itu. hingga kemampuannya dalam menjalin hubungan diplomatik dengan negara lain . komitmennya dalam menentang imperialisme bangsa eropa.Kerajaan Aceh Kerajaan aceh berdiri menjelang keruntuhan dari Samudera Pasai yang pada tahun 1360 ditaklukkan oleh Majapahit hingga kemundurannya di abad ke-14. terutama karena kemampuannya dalam mengembangkan pola dan sistem pendidikan militer. aceh telah mengukir masa lampaunya dengan begitu megah dan menakjubkan.

Sedangkan dalam Suma Oriental menyebutkan bahwa kerajaan ini merupakan kerajaan yang kuat Penguasa Terbesar di Sumatera yang memiliki wilayah kekuasaan yang luas dan memiliki pelabuhan yang ramai dikunjungi oleh kapalkapal asing. .Kerajaan Aru Kerajaan Aru merupakan sebuah kerajaan yang pernah berdiri di wilayah pantai timur Sumatera Utara sekarang. Nama kerajaan ini disebutkan dalam Kakawin Nagarakretagama sebagai salah satu kerajaan yang pernah menjadi taklukan Majapahit.

. Secara resmi kerajaan ini pernah menjadi bawahan Kerajaan Pagaruyung. Pada prakteknya Inderapura berdiri sendiri serta bebas mengatur urusan dalam dan luar negerinya. Produk terpenting Inderapura adalah lada. Kerajaan ini pada masa jayanya meliputi wilayah pantai barat Sumatera mulai dari Padang di utara sampai Sungai Hurai di selatan. Dari segi usia sebenarnya kerajaan ini lebih duluan muncul daripada kerajaan Pagaruyung tapi di kemudian hari kerajaan Pagaruyung melakukan ekspansi ke wilayah Pesisir Bandar Sepuluh melalui Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu. di dekat perbatasan dengan provinsi Bengkulu dan Jambi. raja-raja kerajaan ini masih bertali darah dengan raja-raja Minangkabau di Luhak Tanah Datar yang sudah memerintah sebelum kerajaan Pagaruyung didirikan di Pagaruyung. Dan dari segi historis geneologis.KERAJAAN INDRAPURA Kerajaan Inderapura merupakan kerajaan yang berada di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan sekarang. dan juga emas.

Sri Sultan Maharaja Diraja kawin dengan Puti Jamilan dan melahirkan beberapa orang anak. pergi ke Gunung Marapi. Tidak lama di Air Pura.Berdirinya kerajaan Inderapura (1100 1911 M) kerajaan Indrapura berdiri di atas keruntuhan Kerajaan Lama Indrapura yakni periode Kerajaan Teluk Air Pura abad IX SM . . Basis perekonomian rakyat tani (ladang) dan nelayan serta mencari hasil hutan. Air Puding dan Air Pura dekat Muara Air Sirah dan Sungai Bantaian Nagari Inderapura sekarang. Wilayahnya adalah Muara Campa. Zatullahsyah datang ke Air Pura dan mendirikan Kerajaan Air Puradi Teluk Air Pura pada awal abad ke-12. Masa pemerintahan Zatullahsyah datang 3 orang anak saudara kandungnya (Hidayatullahsyah).XII M (80 SM .1100 M). didampingi seorang temannya bergelar Cati Bilang Pandai dan dibantu putra sepupunya Sultan Muhammadsyah (putra dari perkawinanan Zatullahsyah dengan Dewi Gando Layu). Sri Sultan Maharaja Diraja mendapat perintah Zatullahsyah. Di sana ia mendirikan kerajaan di Parhyangan (Pariangan) yang disebut sebagai nagari asal sebagaimana halnya Air Pura.

XVI (1100 .Era Regen). Berawal dari datangnya Indrayana disebut putra mahkota Kerajaan Sriwijaya yang terusir karena masuk Islam.1500). . -Dua episode I Kerajaan Air Pura dilanjutkan oleh kepemimpinan Kerajaan Indrajati (Indra di Laut) abad XII .Indrajati) dan dua episode II (kerajaan Indrapura . Dalam perjalanannya kerajaan ini pernah diincar ekspedisi Pamalayu I (1247) di samping Kerajaan Darmasraya. -Dua episode I (Kerajaan Air Pura . menetap di Pasir Ganting dan mendirikan Kerajaan Indrajati. (Kerajaan Siguntur]] yang kemudian menjelma menjadi Kerajaan Pagaruyung (1343).Periode Air Pura & Inderajati (1100 – 1500 M) Kerajaan Inderapura disebut pula sebagai Kerajaan Air Pura yang mengalami 4 episode sejarah. Ia mengangkat dirinya sebagai raja pertama kemudian putranya bernama Indrasyah Sultan Galomatsyah melanjutkan sebagai raja kedua.

1824) dilanjutkan era kepemimpinan Regen abad XIX .XIX (1500 . Wilayah semakin menyusut diawali berberapa daerah kerajaan Indrapura pro Inggris yakni Mukomuko. .1911). Pasaman sekarang .XX (1824 . Selatan berbatas Taratak Air Hitam Muara Ketaun (Bengkulu). Penggalan sejarah berikutnya masa Sultan Usmansyah gelar Sultan Firmansyah. Utara berbatas Air Bangis. Banta. dipimpin Sultan Gelomatsyah.Batang Toru (Batak). Timur berbatas Durian Ditakuak Rajo.Periode Inderapura & Regen (1500 – 1824 M) Dua episode kerajaan Indrapura berikutnya abad XVI . Nibuang balantak mudik lingkaran Tanjung Simeledu (sepadan Jambi) dan Barat berbatas laut leba ombak badabua (Samudra Indonesia). tahun 1550 dikukuhkan batas wilayah. Episode sejarah sampai naik tahtanya raja ke-11 Kerajaan Indrajati Cumatang Sultan Sakelab Dunia gelar Sultan Iskandar Johan Berdaulatsyah. kerajaan berubah menjadi kerajaan Indrapura dengan raja pertamanya adalah Cumatang sendiri. Seblat dan Ketaun memisahkan diri tahun 1695 jadi Kerajaan Anak Sungai dengan ibu negeri Mukomuko.

kerajaan Perlak 840-1292 kerajaan Peureulak adalah kerajaan Islam di Indonesia yang berkuasa di sekitar wilayah Peureulak. terutama sebagai akibat perkawinan campur antara saudagar muslim dengan perempuan setempat. dan karenanya daerah ini dikenal dengan nama Negeri Perlak. Aceh Timur. . jenis kayu yang sangat bagus untuk pembuatan kapal. Perlak atau Peureulak terkenal sebagai suatu daerah penghasil kayu perlak. Hasil alam dan posisinya yang strategis membuat Perlak berkembang sebagai pelabuhan niaga yang maju pada abad ke-8. Aceh sekarang antara tahun 840 sampai dengan tahun 1292. disinggahi oleh kapal-kapal yang antara lain berasal dari Arab dan Persia. Hal ini membuat berkembangnya masyarakat Islam di daerah ini.

yang mendirikan kerajaan Perlak pada 1 Muharram 225 H (840 M). Putri Meurah Mahdum Khudawi. Sultan Alaiddin Syed Maulana Abbas Shah. Ia mengubah nama ibukota kerajaan dari Bandar Perlak menjadi Bandar Khalifah. Pada masa pemerintahan sultan ketiga. Setelah wafatnya sultan pada tahun 363 H (913 M). terjadi perang saudara antara kaum Syiah dan Sunni sehingga selama dua tahun berikutnya tak ada sultan. yang beraliran Syiah dan merupakan keturunan Arab dengan perempuan setempat. . aliran Sunni mulai masuk ke Perlak. Sultan ini bersama istrinya. kemudian dimakamkan di Paya Meuligo. Peureulak. Aceh Timur.Sultan pertama Perlak adalah Sultan Alaiddin Syed Maulana Abdul Aziz Shah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->