MASYARAKAT MADANI DAN DEMOKRASI DI INDONESIA

XI IPA 1
1. 2. 3. 4. 5.
KELOMPOK 5 FADHLAN AL-AQMAR M. AZHAR PRATAMA M. BAGAS PRAKOSO RICHIE BACHTIAR TITO ARI PERDANA

3. Proses yang tidak pernah selesai. CIRI-CIRI DEMOKRATISASI 1. keterbukaan. dan hukum yang ditopang oleh penguasaan teknologi yang beradab. Berlangsung secara Evolusioner. Demokratisasi berlangsung melalui beberapa tahapan. DEFINISI MASYARAKAT MADANI 1. sebagai masyarakat kota atau masyarakat berperadaban dengan ciri antara lain : egaliteran (kesederajatan). bukan koersif. masyarakat madani adalah suatu lingkup interaksi sosial yang berada di luar pengaaruh negara dan model yang tersusun dari lingkungan masyarakat paling akrab seperti keluarga. 2. iman dan ilmu. konsolidasi demokrasi. Nilai-nilai disini maksudnya adalah nilai-nilai demokrasi yang dianggap baik dan positif bagi setiap warga. masyarakat madani adalah masyarakat yang menjunjung tinggi norma. Proses perubahan secara persuasif. dan praktik demokrasi sebagai budaya politik bernegara. gerakan kemasyarakatan dan berbagai bentuk lingkungan komunikasi antar warga masyarakat. Masyarakat Madani adalah sebuah tatanan masyarakat sipil (civil society) yang mandiri dan demokratis. PENGERTIAN MASYARAKAT MADANI Masyarakat Madani berarti masyarakat yang beradab. masyarakat madani lahir dari proses penyemaian demokrasi. 3. asosiasi sukarela. Menurut Nurcholis Madjid. yaitu pergantian dari penguasa nondemokratis ke penguasa demokrasi. menghargai prestasi. masyarakat madani adalah masyarakat yang merujuk pada masyarakat Islam yang pernah dibangun Nabi Muhammad SAW di Madinah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia.PENGERTIAN DEMOKRATISASI Demokratisasi adalah proses penerapan nilai-nilai demokrasi pada setiap kegiatan politik kenegaraan. nilai-nilai. pembentukan lembaga-lembaga dan tertib politik demokrasi. 2. Menurut Syamsudin Haris. Tujuannya adalah terbentuknya kehidupan politik yang bercirikan demokratis. . toleransi dan musyawarah.

CS atau MM adalah wilayah-wilayah kehidupan sosial yang terorganisasi dan bercirikan antara lain kesukarelaan (voluntary). keswasembadaan (self-generating). 5. Menurut Ernest Gellner. 2) Mempunyai peradaban yang tinggi (beradab). PENGERTIAN DEMOKRASI Demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan politik yang kekuasaan pemerintahannya berasal dari rakyat. keswadayaan (self-supporing). Menurut M. dan hukum yang ditopang oleh iman dan teknologi. CS atau MM adalah suatu gagasan masyarakat yang mandiri yang dikonsepsikan sebagai jaringan-jaringan yang produktif dari kelompokkelompok sosial yang mandiri. Masyarakat Madani adalah suatu konsep sosial kemasyarakatan yang mandiri dan independen dimana elemen-elemen pendukungnya memiliki kemampuan untuk merumuskan dan berperan aktif dalam menjalankan suatu tujuan bersama diluar konteks pemerintahan dan kenegaraan yang baku. baik secara langsung (demokrasi langsung) atau melalui perwakilan (demokrasi perwakilan). Ryaas Rasyid. menggalang solidaritas kemanusiaan. CS atau MM adalah suatu wilayah interaksi sosial diantara wilayah ekonomi. perkumpulan-perkumpulan. politik dan Negara yang didalamnya mencakup semua kelompokkelompok sosial yang bekerjasama membangun ikatan-ikatan sosial diluar lembaga resmi. . CIRI-CIRI MASYARAKAT MADANI 1) Menjunjung tinggi nilai. Menurut Cohen dan Arato. 6. norma. 8. Menurut kelompok kami. dan mengejar kebaikan bersama ( public good). 7. dan kemandirian yang tinggi berhadapan dengan negara. 4) Free public sphere (ruang publik yang bebas). serta lembaga-lembaga yang saling berhadapan dengan negara.4. 3) Mengedepankan kesederajatan dan transparasi (keterbukaan). Civil Society (CS) atau Masyarakat Madani (MM) merujuk pada mayarakat yang terdiri atas berbagai institusi non pemerintah yang otonom dan cukup kuat untuk dapat mengimbangi Negara. Menurut Muhammad AS Hikam. dan keterikatan dengan norma-norma dan nilai-nilai hukum yang diikuti oleh warganya.

dan negara ataupun orang lain Menjunjung tinggi tujuan dan cita-cita nasional • • • .DEMOKRASI DI INDONESIA Demokrasi Pancasila adalah demokrasi yang mengutamakan musyawarah mufakat tanpa oposisi CIRI-CIRI DEMOKRASI PANCASILA • • • • • Pemerintah dijalankan berdasarkan konstitusi Adanya pemilu secara berkesinambungan Adanya peran-peran kelompok kepentingan Adanya penghargaan atas HAM serta perlindungan hak minoritas. bukan berdasarkan suara terbanyak. DPR atau lainnya Adanya partai politik dan organisasi sosial politik karena berfungsi untuk menyalurkan aspirasi rakyat • BENTUK DEMOKRASI DI INDONESIA • • Pelaksanaan Pemilihan Umum Kedaulatan adalah ditangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar (pasal 1 ayat 2 UUD 1945) Keseimbangan antara hak dan kewajiban Pelaksanaan kebebasan yang bertanggung jawab secara moral kepada Tuhan YME. artinya terlepas dari pengaruh kekuasaan pemerintah dan kekuasaan lain contoh Presiden. diri sendiri.BPK. • PRINSIP POKOK DEMOKRASI PANCASILA • • • Perlindungan terhadap hak asasi manusia Pengambilan keputusan atas dasar musyawarah Peradilan yang merdeka berarti badan peradilan (kehakiman) merupakan badan yang merdeka. masyarakat. Demokrasi Pancasila merupakan kompetisi berbagai ide dan cara untuk menyelesaikan masalah. Ide-ide yang paling baik akan diterima.

Demokrasi tidak hanya terbatas pada komitmen akan tetapi juga merupakan sesuatu yang perlu diwujudkan. presiden yang secara kontitusional menentukan ia menjadi seorang diktator kemudian dibatasi kekuasannya ketika KNIP dibentuk untuk menggantikan parlement c. Demokrasi pemerintahan masa Revolusi kemerdekaan. . Partai politik tumbuh dan berkembang dengan cepat dan fungsi yang paling utama adalah ikut serta memenangkan revolusi kemerdekaan dengan menanamkan kesadaran untuk bernegara serta semangat anti imperialisme dan kolonialisme.• Pemerintahan berdasarkan hukum. political Franchise yang menyeluruh b. dalam penjelasan UUD 1945 dikatakan DEMOKRASI DI INDONESIA SEJAK ORDE LAMA – REFORMASI 1. a. akan tetapi lebih pada peletakan dasar bagi demokrasi indonesia pada masa selanjutnya. Tidak terlalu banyak membicarakan demokrasi pada masa ini. maklumat wakil presisen maka dimungkinkan terbentuknya sejumlah parpol yang kemudian menjadi peletak dasar bagi sistem kepartaian indonesia.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful