P. 1
RANGKAIAN KONVERTER DC TO DC

RANGKAIAN KONVERTER DC TO DC

|Views: 26|Likes:
Published by Kharis Maulana
DC TO DC
DC TO DC

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Kharis Maulana on Apr 29, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/07/2013

pdf

text

original

Pengkonversi DC-DC (Pemotong

)

Definisi : Mengubah masukan DC tidak teratur ke keluaran DC terkendali dengan level tegangan yang diinginkan.

Diagram blok yang umum :

Aplikasi : Mode saklar penyuplai daya, pengontrol motor DC, chargers baterai

Regulator Linier

Regulator Linier Tegangan keluaran Transistor akan bekerja seperti variabel resistor. Rangkaian ekuivalen Kerugian dayanya tinggi pada arus yang tinggi juga : atau Regulator Pensaklaran . seperti berikut .- Transistor dioperasikan pada mode aktif linier.

tidak ada rugi-rugi yang terjadi pada saklar. tidak ada tegangan yang melewatinya Ketika P = V. Daya terkirim 100% dari sumber ke beban.I. tidak ada arus yang melewatinya Jika saklar tertutup. Regulator pensaklaran adalah dasar dari semua pengkorversi DC-DC Konverter Buck (step down) . Rugi-rugi dayanya nol (untuk saklar ideal).Regulator pensaklaran Rangkaian ekuivalen Tegangan keluaran Transistor dioperasikan pada mode pensaklaran : Saklar tertutup : On penuh (saturasi) Saklar terbuka : Off penuh (cut-off) Jika saklar terbuka.

Rangkaian dari konverter buck Rangkaian jika saklar tertutup Rangkaian jika saklar terbuka Saklar ON (tertutup) .

Hasilnya di tegangan induktor positif : Itu karena penambahan arus konduktor secara linier : Saklar mati (terbuka) .- Dioda di bias mundur. Saklar menghantar arus induktor.

- Karena penyimpanan energi secara induktif. Tegangan induktor akan menjadi : Analisa Jika saklar tertutup (on) : . Arus mengalir tanpa hambatan melewati dioda. Dioda di bias maju. iL dapat mengalir.

Oleh karena itu iL akan meningkat secara linier. Dari gambar : Untuk saklar terbuka .Sehingga iL tetap positif. .

Maksimum dan Minimum . Arus Induktor Rata-rata. Perubahan iL lebih dari satu periode adalah nol .Operasi Penetapan Arus tidak stabil Arus rusak Arus tetap Operasi penetapan diperlukan ketika iL pada akhir dari saklar edaran sama pada awal dari edaran berikutnya.

Arus induktor rata-rata = Arus rata-rata pada RL Arus maksimum : Riak arus konduktor : Mode Arus Berkelanjutan Dari analisa sebelumnya : .

I min ≥ 0. Secara normal L dipilih untuk >> L min. Riak Tegangan Keluaran .Untuk operasi berkelanjutan . Ini adalah arus induktor minimum untuk memastikan mode berkelanjutan dari operasi.

faktor riaknya: Catatan: Riak akan dikurangi oleh : 1) Peningkatan frekuensi pensaklaran 2) Peningkatan ukuran induktor 3) Peningkatan ukuran kapasitor . arus kapasitor : Bebannya akan menjadi : Penggunaan rumus pada area segitiga : Tegangan riak (Peak-to peak) Jadi.KCL.

dimana Ip adalah arus kapasitor puncak yang diberikan oleh ΔiL/2. Perangkat yang tepat : MOSFET. Catatan arus RMS untuk segitiga w/f adalah Ip/3. Nilai kapasitor :  Harus menahan tegangan keluaran puncak  Harus melewatkan arus yang dibutuhkan. Tetapi iL diketahui puncaknya.Prosedur desain dasar Menghitung D untuk memperoleh tegangan keluaran yang diinginkan Pilih peralatan dan frekuensi pensaklaran yang teliti terutama f > 20 KHz untuk penyerap nois diabaikan akibat frekuensi lebih tinggi di L dan C yang kecil. Menghitung L min. Nilai RMS untuk iL diberikan juga : . MOSFET daya rendah akan mencapai jarak MHz. dan BJT. Pilih L >> 10 L min Menghitung C untuk keperluan faktor riak. Mengurangi efisiensi. Pertimbangan ukuran kawat : Nilai normal di RMS. menambah pemanasan.  ECAP akan digunakan. IGBT. Tetapi berakibat di rugi-rugi yang lebih tinggi.

Konverter penaik (step-up) Rangkaian Konverter Penaik Rangkaian jika saklar tertutup Rangkaian jika saklar terbuka Analisa Penaik : saklar tertutup .

Saklar terbuka .

Operasi penetapan .

Tegangan keluaran adalah tetap oleh sifat dari C yang besar. Input menyuplai energi ke induktor. dioda dibias mundur. Kerena itu keluarannya besar. Jadi keluarannya terisolasi.Konverter penaik menghasilkan tegangan keluaran lebih besar atau sama dengan tegangan masukan. Arus Induktor Rata-rata. keluaran menerima energi dari masukan juga dari induktor. dan Minimum Daya masukan = Daya keluaran Arus induktor rata-rata : Arus induktor maksimum : Arus induktor minimum : Nilai L dan C . Ketika saklar terbuka. Keterangan alternatif : Ketika saklar tertutup. Maksimum.

Konferter Buck .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->