TUGAS INDIVIDU ADMINISTRASI SISTEM OPERASI ”PERKEMBANGAN OPEN SOURCE”

Disusun Oleh: Yahan Febriyanto (8020100014)

STIKOM DINAMIKA BANGSA JAMBI 2013
BAB I

PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG Mendengar perkataan komputer, kita langsung berpikir tentang sebuah perangkat yang biasa kita gunakan baik di rumah atau di kantor, baik untuk bekerja atau bermain game. Komputer memang sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sebagian besar manusia karena memiliki begitu banyak kegunaan. Teknologi komputer, dengan sejarah yang begitu panjang, dapat dikatakan sebagai teknologi yang sangat bermanfaat dalam pelaksanaan pekerjaan apapun saat ini. Selain itu, bidang komputer juga telah menjadi sebuah bisnis terdepan yang mampu meraup milyaran dollar AS setiap tahunnya, juga menciptakan jutaan lapangan kerja, memudahkan semua jenis pelayanan dan lain-lain. Teknologi Komputer memiliki dua jenis teknologi yang terkait satu dengan yang lain, seperti sebuah koin mata uang yang memiliki dua sisi yang terkait. Teknologi yang mendukung kemajuan komputer adalah teknologi hardware (piranti keras) dan teknologi software (piranti lunak). Komputer sebagai hardware tidak akan mampu berfungsi bila tidak disertai aplikasi yang menjalankannya (software), demikian pula software sebagai aplikasi tidak akan bermanfaat bila tidak ada perangkat komputer (hardware) itu sendiri. Teknologi hardware saat ini didukung oleh perkembangan teknologi semi konduktor yang semakin meningkat pesat. Dimulai dari pemanfaatan teknologi mekanik (dengan roda-roda pin) yang lalu berkembang menjadi teknologi elektronik (mulai dari tabung vakum hingga micro proccessor), komputer saat ini sudah mampu melakukan komputasi sedemikian rumitnya yang tak pernah dapat dilaksanakan oleh manusia secara manual. Apalagi bila mengingat bahwa saat ini sedang dilakukan upaya menciptakan teknologi hardware terbaru yang memanfaatkan teknologi kuantum, sebuah teknologi yang masih dipertanyakan tingkat reliabilitas-nya; karena akan mengubah kemampuan hardware komputer menjadi demikian tak terbayangkan. Sementara itu di bidang teknologi piranti lunak, ilmu yang mendukung perkembangan software secara penuh adalah ilmu matematika. Dimulai dari kalkulasi sederhana pada abad pertengahan sampai menjadi logika yang sedemikian rumit. Perkembangan bidang piranti lunak pun tidak hanya sebatas peningkatan kegunaan aplikasi yang diciptakan, namun juga merambah ke dunia lain di luar teknologi komputer sendiri. Perbedaan cara pandang mengenai penggunaan dan kepemilikian software menjadi berkait erat dengan hukum mengenai kepemilikan (Hak atas Kekayaan Intelektual atau Copyright). Dari sisi inilah muncul beberapa paham yang bertolak belakang, dan menciptakan istilah-istilah yang cukup unik seperti: proprietary software, open source software, free software dan pembajakan software.

Masih banyak di antara kita yang berkecimpung di bidang komputer yang masih belum memahami secara jelas mengenai hal-hal di atas. Mungkin kebanyakan memiliki pemahaman yang sederhana bahwa proprietary software itu mahal dan open source software itu gratis. Meskipun kenyataan umumnya adalah demikian, namun tidak semuanya seperti itu. Untuk itu, mari kita coba menelusuri lebih dalam dan mencoba mengenal lebih jauh mengenai hal tersebut.

SEJARAH KOMPUTER Komputer dan aksesorisnya merupakan komponen penting pemroses perhitungan dan penyimpanan data sejak mula dicipta. Komputer telah berkembang dari satu peralatan mekanikal berubah menggunakan tube vakum, lalu menjadi alat elektronik dalam masa yang singkat.

Manusia telah lama menggunakan alat untuk membantu aktivitas harian mereka contohnya dalam penghitungan. Contoh alat hitung terawal ialah dacing, yang membolehkan berat sesuatu benda dibandingkan. Selain itu sempoa ataupun dekak- dekak merupakan alat pertama yang digunakan untuk menghitung. Sejarah per-komputer-an memiliki arti yang sangat penting bagi kita. Selama dua dekade terakhir telah banyak terjadi sesuatu yang menggemparkan tetapi tidak sebesar sejarah komputer elektronik. Penemuan komputer oleh John V. Atanasoff (1942) bisa digolongkan pada salah satu dari peristiwa-peristiwa yang penting dalam sejarah. Namun, semua tidak terjadi begitu saja. Ada beberapa penemuan dan peristiwa- peristiwa pada masa sebelumnya yang mendasari itu semua. Perkembangan teknologi komputer dapat kita bagi menjadi 2 (dua) era yaitu Era sebelum tahun 1940 dan Era setelah tahun 1940.

Era Sebelum tahun 1940 Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuanpenemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik. Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kasa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan Internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia. Bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar.

3. Kalkulator Mekanik. Peralatan manual. terutama di Eropa. Kalkulator roda numerik Setelah hampir 12 abad. arithometer. Kalkulator mekanik Colmar.1. yang pada waktu itu berumur 18 tahun. Sama seperti pendahulunya. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh. Peralatan pengolahan data yang sangat sederhana. Peralatan Elektronik.000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. pengurangan. menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak. Kotak persegi kuningan yang disebut Pascaline. Blaise Pascal (1623-1662). 4.kan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan. muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada tahun 1642. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuah rak. Peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual. dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Dengan kemampuannya. Leibniz dapat menyempurnakan alatnya. seorang matematikawan dan filsuf Jerman. Abacus Muncul sekitar 5. 4. Kalkulator roda numerik 2 Tahun 1694. perkalian. 2. Abacus kehilangan popularitasnya. dan pembagian. 3. Perangkat komputasi yang memegang peran cukup penting dalam perkembangan perangkat komputer di era ini adalah sebagai berikut: 1. Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi. mengguna. Peralatan Mekanik. 2. Peralatan Mekanik Elektronik. arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang . mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan. Peralatan mekanik yang digerakkan secara otomatis oleh motor elektronik.

Asisten Babbage. Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-terputus. Vannevar Bush (1890-1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931. Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama. Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan. Dengan menggunakan tenaga uap. John V. Pada 1889. Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Pada masa berikutnya. Masalah tersebut kemudian berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan komputasi. Tahun 1812. Pada tahun 1903. Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940. Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. beberapa insinyur membuat penemuan baru lainnya. Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar. yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah. Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini. Pada tahun 1980. yang disebut Analytical Engine. Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensil.Dunia I. Ia membantu merevisi rencana. Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun. Biro tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus. Dengan berkembangnya populasi. Charles Babbage (1791-1871). . Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang professor matematika Inggris. Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika: mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan. dan mengkomunikasikan spesifikasi Anlytical Engine kepada publik. Selain itu. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz. mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertentu. pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dalam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan. mencari pendanaan dari pemerintah Inggris. Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan.

komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perniagaan. lebih cepat. Komputer ENIAC ini diciptakan oleh Dr. dan Sprery.komputer ini. Penggunaan tabung vakum telah dikurangi di dalam EDVAC. Untuk itu perkembangan teknologi komputer ini dapat dibagi menjadi 5 periode. IBM membuat super komputer bernama Stretch. Komputer Generasi Pertama (1940 – 1959) Komputer generasi pertama ini menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data. generasi komputer tersebut adalah: 1. lebih dapat diandalkan. Komputer generasi pertama ini sudah 100% menyelesaikan masalah perhitungan dengan komputer generasi pertama: • • elektronik dan membantu para ahli cepat dan tepat. Beberapa ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator).Era Setelah tahun 1940 Perkembangan komputer di jaman setelah tahun 1940-an mengalami kemajuan yang luar biasa pesatnya. EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator). Ia juga memerlukan banyak tenaga listrik yang menyebabkan gangguan elektrik di kawasan sekitarnya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. Ia menjadi cepat panas dan mudah terbakar. yang dikembangkan untuk . oleh karena itu beribu-ribu tabung vakum diperlukan untuk menjalankan operasi keseluruhan komputer. Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVAC I. John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946. dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Transistor menggantikan tabung vakum di televisi. penemuan transistor mempengaruhi perkembangan komputer. Pada tahun 1951 Dr. UNIVAC I (Universal Automatic Calculator). • • 2. Komputer.Rand membuat komputer bernama LARC. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil. EDSAC telah memperkenalkan penggunaan air raksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan memori. dan komputer. di mana proses perhitungan telah menjadi lebih cepat dibandingkan ENIAC. ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Komputer Generasi Ke Dua ( 1959 – 1964 ) Pada tahun 1948. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Akibatnya. radio. EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer).

Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer. hampir seluruh bisnisbisnis besar menggunakan komputer generasi kedua ini untuk memproses informasi keuangan. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan.C. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata. mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis. komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Jack Kilby. dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi . dan di pemerintahan. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis. Bahasa assembly adalah bahasa yg menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner. dan program. Hasilnya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore. mengembangkan sirkuit terintegrasi (integrated circuit. memory. Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini. kalimat. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.laboratorium energi atom. namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar. California. sehingga membatasi kepopulerannya. seorang insinyur di Texas Instrument. Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. dapat menangani data dalam jumlah yang besar. Dengan konsep ini. Komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Komputer Generasi Ke Tiga ( 1964 – 1980-an ) Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tabung vakum. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semi konduktor. komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Pada tahun 1965. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer. dan ahli sistem komputer). analyst. yang memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Pada awal 1960-an. dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. IC) di tahun 1958. 3. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. di universitas. penyimpanan dalam disket. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. sistem operasi. Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri.

efisiensi dan kehandalan sebuah komputer. dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam.(operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer. Sepuluh tahun kemudian. memori. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada tahun 1980-an. Pascal dan PL/1. dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5. Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Pada awal 1980-an. sebuah mikro prosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Sekarang. yang disebut mini komputer. televisi. perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer Generasi Ke Empat ( 1980-an – ??? ) Setelah IC. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaanperusahaan besar atau lembaga pemerintah. . Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven. video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram. Kebanyakan mikro komputer dilengkapi dengan ROM untuk menggunakan bahasa BASIC. 65 juta PC digunakan. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja. dan mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikro prosesor. kantor. IBM PC dan Sinclair. Pada pertengahan tahun 1970-an. Komputer-komputer ini. Sebelumnya.5 juta unit di tahun 1982. Tidak lama kemudian. IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah. Pada tahun 1981. Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Banyak bahasa pemrograman muncul seperti BASIC. IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Jenis komputer kecil ─mikro komputer─ telah muncul dan paling cepat menjadi popular seperti Apple II. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukuran setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. 4.

Pentium II. Komputer Generasi Ke Lima ( masa depan ) Generasi kelima dalam sejarah evolusi komputer merupakan komputer impian masa depan. atau kabel telepon. informasi. merespon keadaan sekeliling melalui . kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486. Komputer ini mempunyai ingatan yang amat besar sehingga memungkinkan penyelesaian lebih dari satu tugas dalam waktu bersamaan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil. Komputer ini mempunyai kepandaian tersendiri. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya. Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse. dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop). Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. dsb. yang akan menggantikan model non Neumann. Pentium. Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat. Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Juga kita kenal AMD k6. Pada masa sekarang. yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi. sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Kemajuan yang lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik bebas hambatan. namun beberapa informasi lain menyatakan bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Ia diperkirakan mempunyai lebih banyak unit pemrosesan yang berfungsi bersamaan untuk menyelesaikan lebih daripada satu tugas dalam satu waktu. dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. 5. komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori. Pentium III. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel. atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop). Unit pemrosesan pusat dapat berfungsi sebagai otak manusia. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network / LAN). Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal.Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil. cara-cara baru untuk menggali potensi sebuah komputer terus dikembangkan. piranti lunak. jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar. Athlon.

Untuk mengatasi hal ini. yang dikembangkan oleh peneliti seluruh dunia karena bersifat open source yaitu bahan baku pembuatnya dapat dibaca. Kesulitan akan semakin bertambah karena peralatan yang berbeda mempunyai karakteristik dan cara operasi yang berbeda pula sehingga memerlukan perangkat lunak yang juga berbeda. Sistem operasi dari IBM saat ini secara umum terbagi 2 (dua) aliran yaitu komersial yang dibuat oleh Microsoft dan bersifat freeware. Intruksi-instruksi tersebut disebut dengan perangkat lunak (software). PC Macintosh perangkat lunaknya dikembangkan oleh perusahaan yang sama sehingga perkembangannya tidak sepesat IBM PC. Teknologi yang canggih dari perangkat keras akan berfungsi bila instruksi-instruksi tertentu telah di berikan kepadanya. akan sangat sulit karena harus diketahui secara persis cara kerja perangkat keras yang bersangkutan. Sistem operasi akan mengatur semua operasi dari perangkat keras komputer.penglihatan yang bijak dalam mengambil sesuatu keputusan bebas yang disebut sebagai artificial intelligence. Sistem operasi sangat berkaitan dengan prosesor yang digunakan. Jenis prosesor pada PC yang umumnya kompatibel dengan produk awal IBM dan Macintosh. Kalau seseorang harus menyusun perangkat lunak yang langsung berhubungan dengan perangkat keras terlebih dulu. maka dibuatlah suatu perangkat lunak yang disebut dengan sistem operasi (operating system). SEJARAH PERKEMBANGAN SOFTWARE Perangkat keras komputer tidak dapat berbuat apa-apa tanpa adanya perangkat lunak. OPERATING SYSTEM (SISTEM OPERASI) Operating System (atau Sistem Operasi) merupakan sistem perangkat lunak yang sudah ditulis oleh pabrik yang berfungsi sebagai antar muka (interface) antara perangkat keras dan instruksi yang ditulis oleh pemakai (user). Sebagai contoh pemakai komputer hanya menuliskan perintah DIR untuk menampilkan isi direktori ke layar tanpa harus mengetahui bagaimana perangkat keras tersebut melakukan.nya. Perangkat keras komputer mempunyai beberapa kegunaan yang sudah dibentuk dan dipasang di dalamnya untuk dapat menanggapi instruksi-instruksi yang diberikan. Intruksi-instruksi perangkat lunak ditulis oleh manusia untuk mengaktifkan fungsi dari perangkat keras komputer. . karena tugas tersebut dilakukan oleh sistem operasi. sehingga hasilnya dapat ditambah atau dimodifikasi setiap orang.

misalnya Basic. Assembler. tetapi dengan suatu kode simbolik tertentu yang disebut dengan mnemonic. Proses pembuatan program obyek dari program sumber juga akan menampilkan daftar kesalahan-kesalahan sintaks (jika ada) yang dibuat oleh pemrogram. Penerjemah ini dapat berupa compiler atau interpreter. tetapi tetap masih dirasakan kesulitan karena penulis program harus: • • • Mengetahui susunan serta fungsi dari masing-masing register di dalam CPU. persis cara alokasi memori komputer Mengetahui fungsi-fungsi yang disediakan oleh OS. Fortran. masing-masing kode operasi mesin tidak ditulis dengan bentuk bilangan biner.Sementara interaksi antara pengguna dan komputer dikenal melalui 2 (dua) cara. cara yang pertama adalah pemberian instruksi melalui penulisan perintah atau dengan cara tunjuk (pointer) dengan tampilan grafis. menterjemahkan setiap instruksi di dalam suatu program sekaligus sama dengan assembler. Program ini berfungsi sebagai penterjemah program yang ditulis dengan bahasa pemrograman komputer menjadi bahasa mesin yang dapat dimengerti oleh komputer. Kesalahan ini harus dibetulkan terlebih dahulu sebelum diproses lebih lanjut. Bila perangkat lunak bahasa ini tidak tersedia. Mengetahui dengan yang digunakan. BAHASA PEMROGRAMAN Perangkat lunak bahasa merupakan program khusus yang sudah dibuat oleh pabrik komputer atau perusahaan perangkat lunak yang digunakan untuk mengembangkan program aplikasi. Untuk mengatasi hal ini telah dikembangkan suatu bahasa yang lebih dekat dengan pemakai komputer yang disebut bahasa tingkat tinggi (high level language). 2. merupakan program yang digunakan untuk menterjemahkan program aplikasi yang ditulis dengan bahasa rakitan (assembly language) atau bahasa pemrogaman simbolik menjadi bahasa mesin. Pascal. Program yang ditulis dengan bahasa simbolik disebut dengan program sumber (source program) dan hasil terjemahannya dalam bentuk bahasa mesin disebut dengan program objek (object program = OBJ). maka pembuat program harus menuliskan programnya langsung dalam bahasa mesin yang berbentuk bilangan biner. dan menghasilkan program obyek yang . C. dan hal ini sangat sulit dan rumit. Dengan bahasa simbolik. Perangkat lunak bahasa dapat dikategorikan menjadi: 1. Compiler. Program yang ditulis dengan bahasa tingkat tinggi ini harus diterjemahkan ke dalam bahasa mesin agar dapat dimengerti oleh komputer. Walau penulisan program dengan bahasa simbolik lebih mudah dibanding dengan bahasa mesin. dsb.

Program paket ini digunakan untuk menyelesaikan masalah umum seperti membuat dokumen (Word Star. Ada dua cara untuk bisa mendapatkan program aplikasi yang dibutuhkan yaitu dengan mengembangkan sendiri (sangat sulit dan perlu keahlian khusus) atau membelinya (mudah). Program ini dapat diandalkan.selanjutnya di link sehingga menghasilkan file exe. C. Saat ini banyak sekali program aplikasi yang tersedia di pasaran. Sebagai gambaran. dapat memenuhi kebutuhan pemakai. dan masih banyak lagi. misalnya program Sistem Informasi Manajemen tentang Kepegawaian (SIMPEG). Program yang ditujukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan dalam aplikasi tertentu disebut program aplikasi atau program paket. mengelola gambar (Adobe Photoshop) dsb. membuat slide presentasi (MS Power Point). beberapa peristiwa penting yang terjadi dalam perkembangan dunia software dapat dilihat seperti di bawah ini: Tahun 1956 Tahun 1960 Tahun 1963 Tahun 1965 Tahun 1976 Tahun 1977 . Dbase. dirancang dengan baik. sehingga tidak dihasilkan program obyek maupun file exe. mudah digunakan (user friendly). Contoh untuk ini adalah: Basic versi baku. Interpreter. maka dengan terpaksa harus dikembangkan program aplikasi sendiri. menterjemahkan instruksi satu persatu dan langsung di proses sebelum komputer membaca instruksi selanjutnya. APPLICATION SOFTWARE Sistem operasi dengan perangkat lunak bahasa tidak ditujukan untuk menyelesaikan permasalahan dalam aplikasi tertentu yang dihadapi oleh pemakai komputer. program sistem keuangan (SIMKEU) dan lain-lain. relatif bebas dari kesalahan. 3. Akan tetapi bila kita mempunyai permasalahan yang sifatnya khusus dan unik sehingga tidak ada paket program yang sesuai untuk digunakan. dan sebagainya. mempunyai dokumen yang memadai serta didukung oleh purna jual yang baik. MS Word). penerbitan (Adobe Page Maker). Contoh perangkat lunak bahasa seperti ini adalah Pascal.

0. MS DOS 1. : Microsoft prosesor mengumumkan MICROSOFT BASIC untuk 8086 16 bit micro : IBM memperkenalkan personal computer yang memakai Microsoft 19 bit operating system. . : Untuk pertamakalinya Microsoft dikembangkan. PASCAL dan produk Microsoft lainnya.S. plus Microsoft BASIC. menciptakan Fortran sebagain bahasa : LISP meluncurkan model bahasa komputer untuk menulis program tiruan. : UNIX mulai dikembangkan oleh sebuah group yang dipimpin Ken Thompson dari AT&T Laboratories. untuk membuka kode kunci pesan & untuk melindungi rahasia agensi mereka. : Bahasa berorientasi objek ditulis oleh Kristen Nygaard dan John Dahl. : Pemerintahan USA mengadopsi data standar IBM. COBOL. MICROSOFT COBOL-80 dijual seharga 1 juta dolar U. : Microsoft mengumumkan produk ketiganya. mereka menyebutnya dengan ”The Legend of Micro-kid”.Tahun 1978 Tahun 1979 Tahun 1981 Tahun 1983 Tahun 1989 Tahun 1990 Tahun 1991 Tahun 1992 Tahun 1993 Tahun 1995 Tahun 1997 : Jhon Bachus dan tim IBM-nya pemprograman tingkat tinggi.

. : Microsoft meluncurkan Windows NT untuk lingkungan bisnis.0. : Program Deep Blue mengalahkan juara dunia catur. : Maxis memproduksi video game jenis baru untuk pendidikan dan hiburan. Microsoft word for MS DOS 1. : Muncullah sistem operasi Windows '95 yang berhasil terjual sampai 7 juta kopi di seluruh dunia hanya dalam waktu dua bulan.1. : Microsoft mengembangkan kreasi software-nya dan meluncurkan Windows 3.: Microsoft memperkenalkan word processing program. : Linux Torvalds mengumumkan operating system Linux yang merupakan turunan dari MINIX. Windows 97 dirilis oleh Microsoft.00. : Microsoft pertama kalinya merilis Windows 3.

walaupun user dituntut pula untuk belajar lebih giat dibandingkan GUI (Graphic User Interface) yang ditawarkan Windows. walau sistem operasi dibuat menjadi lebih mudah dioperasikan oleh user karena teknologi GUI (Graphic User Interface) yang ditawarkan. Masalah realibilitas dan kestabilan pada sistem operasi Windows sampai saat ini masih menjadi kritikan para kritikus komputer. . Kelemahan ini membuat para user melirik sistem "open source code" yang lebih memiliki realibilitas karena user dituntut untuk mengembangkan sendiri sistem operasinya. pada Februari 2009 Microsoft kembali mengeluarkan Windows 7 yang masih berupa beta release. Windows 7 ini merupakan penyempurnaan dari Windows Vista. Microsoft berturut-turut mengeluarkan Windows XP pada tahun 2003 yang dilanjutkan oleh Windows Vista pada tahun 2008. Mengingat Windows Vista tergolong kurang sukses karena memiliki banyak “bug”.Pada fase berikutnya.

ada beberapa istilah yang muncul dan seringkali ditafsirkan orang menjadi sesuatu hal yang sama. Sedangkan source code-nya.BAB II OPEN SOURCE SOFTWARE FILOSOFI OPEN SOURCE SOFTWARE Selama perkembangan Open Source Software yang dimulai dengan munculnya Linux dan gerakan Free Software. sepenuhnya milik dari pe. secara hukum merupakan milik (hak paten) dari salah Penggunaan perangkat lunak oleh pihak lain harus ditetapkan melalui kontrak atau perjanjian lisensi. Dewasa ini industri perangkat lunak sudah menjadi salah satu industri raksasa dunia dengan pangsa pasar senilai milyaran Dollar AS per tahunnya. Contoh terkenal perangkat lunak berpemilik ini antara lain Microsoft Windows. seperti Open Source Software dengan Free Software. Sebagai pengetahuan dasar bagi kita. Adobe Photoshop. Mac OS X. PROPRIETARY SOFTWARE Proprietary Software atau Perangkat Lunak Berpemilik adalah sebuah istilah yang digulirkan oleh advokasi dari gerakan perangkat lunak bebas (Free Software Movement) untuk menjelaskan perangkat lunak komputer yang satu pihak.fying) dari perangkat lunak ini dilarang.ing). dibatasi atau Anda memerlukan izin. Untuk penggunaan (us. di bawah ini akan sedikit diulas mengenai istilah-istilah umum yang sering berkaitan dengan Dunia Open Source. OPEN SOURCE SOFTWARE Open Source Software atau Perangkat Lunak Sumber . WinZip dan beberapa versi Unix. Real Player. pendistribusian (redistributing) maupun perubahan (modi. Lisensi dari perangkat lunak jenis ini adalah lisensi dimana kita sebagai user hanya memiliki hak untuk menggunakan perangkat lunak ini. iTunes. karena biasanya dikembangkan oleh sebuah usaha yang bertujuan untuk meng.nya. Umumnya perangkat lunak jenis ini bersifat komersil.rusahaan yang me-rilis perangkat lunak tersebut.hasilkan uang dari penggunaan perangkat lunak yang dibuat.

free software lebih menekankan pada hal hakiki yaitu kebebasan mengembangkan perangkat lunak.antaranya adalah: . dengan tujuan memberdayakan kembali para pengguna (users) dengan kebebasan (freedom) menggunakan dan mengembangkan sebuah perangkat lunak. Menurut Richard Stallman. namun prinsip tersebut digunakan untuk menjamin kebebasan berkreasi. Menyamakan hak cipta perangkat lunak dengan barang cetakan merupakan perampasan kemerdekaan berkreasi. Richard Stallman beranggapan bahwa perangkat lunak merupakan sesuatu yang seharusnya selalu boleh dimodifikasi. Semenjak pertengahan tahun 1980-an. Raymond. telah ada sejak komputer pertama kali dikembangkan. Isinya merupakan paket-paket kondisi yang harus dipenuhi untuk dikatakan bahwa software tersebut adalah open source. Konsep dari proyek GNU ini lebih dikenal dengan istilah "free software". Proyek ini memperkenalkan konsep copyleft yang pada dasarnya mengadopsi prinsip copyright. kecanggihan. dan bahkan para raksasa perangkat lunak. Bahkan Esther Dyson memperkirakan. budaya gotong royong pengembangan perangkat lunak itu. di. Jaminan tersebut berbentuk pelampiran source code. konsep Open Source Software diharapkan lebih menarik perhatian pelaku bisnis. seperti halnya mereka memanfaatkan internet. yang bersangkutan merintis proyek GNU (GNU is Not Unix). investor. Open Source Software lebih menekankan aspek komersial seperti kualitas tinggi. Sedangkan menurut Eric S. pihak industri perangkat lunak mulai memaksakan konsep mereka perihal kepemilikan perangkat lunak. Namun ketika dinilai memiliki nilai komersial. bahwa raksasa seperti Microsoft pun akan memperhitungkan serta memanfaatkan Open Source Software. Dengan demikian. Namun menurut Richard Stallman. dan kehandalan. Definisi open source yang asli adalah seperti tertuang dalam OSD (Open Source Definition) beserta penjelasannya. menurut Esther Dyson. menggunakan kode program (source code) yang tersedia secara bebas. didefinisikan sebagai perangkat lunak yang dikembangkan secara gotong royong tanpa koordinasi resmi. Tidak semua pihak menerima konsep kepemilikan tersebut. serta pernyataan bahwa perangkat lunak tersebut boleh dimodifikasi asalkan tetap mengikuti prinsip copyleft. serta didistribusikan melalui internet. Dengan dukungan finansial yang kuat ─secara sepihak─ mereka membentuk opini masyarakat bahwa penggunaan perangkat lunak tanpa izin / lisensi merupakan tindakan kriminal.Terbuka. Prinsip-prinsip free software tersebut memiliki banyak kesamaan dengan Open Source Software.

atau pemanfaatan dalam bidang riset. Agar lisensi tersebut menyandang nama atau versi yang berbeda dari software asal diperlukan hasil ker. License Must Not Be Specific to a Product.gunakan program itu dalam bidang pemberdaya-an ter. Hak-hak yang dicantumkan pada program tersebut harus dapat diterapkan pada se. 6.bali.si tersebut tidak boleh menciptakan diskriminasi ter. Hasil modifikasi dari software berlisensi source code. 10. harus diijinkan untuk didistribusikan dengan lisensi yang sama seperti software asalnya. Integrity of the Authors Source Code.jinkan pendistribusian dengan file-file atau modul patch (potongan atau paket file untuk memodifikasi dengan cara meng-update source code sebelum proses kompilasi). Demi menjaga integritas source code milik penulis asal. semua pihak yang menerima harus memiliki hak yang sama seperti yang diberikan pada pendistribusian software asal. lisensi itu tidak boleh memaksakan bahwa program lain yang didistribusikan pada media yang sama harus bersifat open source atau sebuah software compiler yang bersifat open source tidak boleh melarang produk software yang di.mua yang menerima tanpa perlu dikeluarkannya lisensi tambahan oleh pihak-pihak tersebut. 2. 3.hadap orang secara individu atau kelompok. Tapi dengan syarat.ap pihak untuk memberikan atau menjual software seba. 5.1. Free Redistribution. Distribution of License. Lisen. License Must Not Contaminate Other Software. lisensi software tersebut dapat melarang pendistribusian source code yang termodifikasi. Lisen. Hak-hak yang tercantum pada suatu program tidak boleh tergantung pada apakah program tersebut merupakan bagian dari satu distribusi software tertentu atau tidak. lisensi itu mengi. Contoh.ja modifikasi source code tersebut. No Discrimination Against Persons or Groups. No Discrimination Against Fields of Endeavor.cara cuma-cuma.atu produk.gan li-sensi program itu.gai sebuah bagian dari kumpulan software yang berasal dari beberapa sumber. Pendistribusian ulang dilakukan se. 7. Tidak boleh ada ketentuan dalam lisensi yang dapat dikaitkan pada teknologi atau model antarmuka tertentu. Lisensi tidak boleh membatasi seti. Sebagai con.hasilkan dengan compiler tersebut untuk didistribusikan kem. 8. tidak ada pembatasan untuk penggunaan dalam hal bisnis.License Must Be Technology-Neutral. Source Code dari software tersebut harus disertakan dalam program atau diletakkan di tempat yang dapat di. . 4. Lisensi tersebut tidak diperbolehkan bersifat spesifik terhadap su.tentu.si tersebut tidak boleh membatasi seseorang dari meng. Lisen.si tersebut tidak boleh membatasi software lain.akses dengan biaya yang rasional. Derived Works. Sekalipun program diambil dari distribusi tersebut dan digunakan atau didistribusikan selaras den. 9.toh.

Tepatnya. setiap orang bebas untuk menjual perangkat lunak bebas. integrasi atau sertifikasi. Perangkat Lunak Bebas mengacu pada kebebasan para penggunanya untuk menjalankan. Perangkat lunak gratis dapat berupa perangkat lunak bebas atau perangkat lunak tak bebas. mengacu pada empat jenis kebebasan bagi para pengguna perangkat lunak: . atau berada dalam domain publik dan menyediakan akses ke kode sumbernya bagi setiap orang. menggandakan. bukan harga. mempelajari. "FLOSS". dan bukannya “makan gratis”. “Perangkat Lunak Bebas” ialah perihal kebebasan. silahkan bayangkan tentang “kebebasan berbicara”. Bebas di sini juga berarti dalam menggunakan. seseorang tidak perlu meminta ijin dari siapa pun. Untuk menjadikan sebuah perangkat lunak sebagai perangkat lunak bebas. Dewasa ini umumnya perangkat lunak bebas tersedia secara gratis dan dibangun / dikembangkan oleh suatu paguyuban terbuka.FREE SOFTWARE Perangkat lunak bebas (Inggris: free software) adalah istilah yang diciptakan oleh Richard Stallman dan Free Software Foundation yang mengacu kepada perangkat lunak yang bebas untuk digunakan. mengubah. pelatihan. Walaupun demikian setiap orang yang memiliki salinan dari sebuah perangkat lunak bebas dapat pula menyebarluaskan perangkat lunak bebas tersebut secara gratis. "software libre". Anggota paguyuban tersebut umumnya bersifat sukarela tetapi dapat juga merupakan karyawan suatu perusahaan yang memang dibayar untuk membantu pengembangan perangkat lunak tersebut. dan "FOSS". kustomisasi. bertujuan untuk memberikan kebebasan ini dapat dinikmati oleh setiap pengguna komputer. Sejak akhir tahun 1990-an. Model bisnis dari perangkat lunak bebas biasanya terletak pada nilai tambah seperti dukungan. dipelajari dan diubah serta dapat disalin dengan atau tanpa modifikasi atau dengan beberapa keharusan untuk memastikan bahwa kebebasan yang sama tetap dapat dinikmati oleh pengguna-pengguna berikutnya. menyebarluaskan. Dengan konsep kebebasan ini. perangkat lunak tersebut harus memiliki sebuah lisensi. mempelajari. beberapa alternatif istilah untuk perangkat lunak bebas digulirkan seperti "perangkat lunak sumber terbuka" (open-source software). menggunakannya secara komersial dan mengambil untung dari distribusi dan modifikasi kode sumbernya. Untuk memahami konsep ini. mengubah dan meningkatkan kinerja perangkat lunak. menyalin atau menjual sebuah perangkat lunak. Perangkat lunak bebas (free software) jangan disalahartikan dengan perangkat lunak gratis (freeware) yaitu perangkat lunak yang digunakan secara gratis. Gerakan perangkat lunak bebas (free software movement) yang merintis perangkat lunak bebas berawal pada tahun 1983.

Tidak Halaman| 40 apa-apa. Dengan demikian. kepada siapapun dimanapun. pengguna seharusnya tidak perlu memberitahu siapapun dengan cara apapun. Akses pada kode program merupakan suatu prasyarat. Kebebasan menggunakan sebuah program berarti kebebasan bagi siapapun ─baik perorangan ataupun organisasi─ untuk menggunakan pada komputer jenis apapun. anda harus memiliki akses pada kode program tersebut. jika setiap pengguna memiliki semua dari kebebasan tersebut. dengan atau tanpa modifikasi (perubahan). Kebebasan untuk melakukan semua hal di atas berarti pengguna tidak harus meminta atau pun membayar untuk ijin tersebut. o o o Suatu program merupakan perangkat lunak bebas. untuk kegiatan apapun. jika tidak disertakan cara memproduksi bentuk biner tersebut. Jika mengedarkan perubahan tersebut. dan dapat menyebarkannya ke khalayak umum sehingga semua menikmati keuntungannya (kebebasan 3).publikasikan versi yang lebih baik] memiliki arti. Kebebasan untuk meningkatkan kinerja program.o Kebebasan untuk menjalankan programnya untuk tujuan apa saja (kebebasan 0). Pengguna juga harusnya memiliki kebebasan untuk memodifikasi (mengubah). Jika pengembang perangkat lunak tersebut mempunyai hak untuk mencabut lisensi. Agar terdapat kebebasan melakukan perubahan [serta mem. memiliki akses tersebut merupakan syarat mutlak untuk perangkat lunak bebas. tanpa anda melakukan apa- . pengguna seharusnya bebas untuk menyebarluaskan salinan program itu. Kebebasan untuk menyebarluaskan kembali hasil salinan perangkat lunak tersebut sehingga dapat membantu sesama (kebebasan 2). harus termasuk bentuk biner (eksekusi). atau untuk main-main. atau kode program. kebebasan ini tidak boleh dibatalkan selama anda tidak melakukan suatu kesalahan. tanpa perlu memberitahu para pengembang ataupun pihak-pihak lainnya secara khusus. namun perlu ada kebebasan penyebar-luasannya. Kebebasan menyebarluaskan hasil penggandaan. serta menggunakan untuk keperluan pribadi dalam pekerjaannya. Agar dapat menjadi kenyataan. yang termodifikasi maupun yang belum. secara gratis atau dengan memungut biaya penyebarluasan. Jadi. jika kemudian hari ditemukan cara untuk memproduksinya. tanpa perlu menyatakan kerberadaan program tersebut. Akses pada kode program merupakan suatu prasyarat juga. Kebebasan untuk mempelajari bagaimana program itu bekerja serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda (kebebasan 1).

justru aturan ini melindunginya. Jika membicarakan perihal perangkat lunak bebas. juga dapat diterima dengan ketentuan yang sama (Perhatikan bahwa aturan tersebut masih memberikan kita pilihan untuk menentukan apakah program itu akan dipublikasikan atau tidak).apa yang menyebabkan seperti itu. Umpamanya. Proyek GNU memiliki alasan kuat mengapa lebih baik menggunakan copyleft. kebebasan tersebut dijamin oleh hukum. Aturan perihal cara mengemas perangkat lunak bebas hasil modifikasi dapat diterima. Terlepas dari cara mendapatkan perangkat lunak tersebut. dan produknya ialah perangkat lunak bebas yang komersial. Perangkat lunak bebas bukan berarti “tidak komersial”. Program bebas harus boleh digunakan untuk keperluan komersial. Para pengembang perangkat lunak memang tidak memiliki kekuatan untuk meniadakan atau melanggar / mengganti aturan tersebut. sebaiknya jangan menggunakan istilah seperti “cuma-cuma”. Dengan cara ini. kita mungkin harus membayar untuk mendapatkan perangkat lunak GNU. "copyleft" (pada garis besarnya). atau mungkin juga anda mendapatkannya secara cuma-cuma. Halaman| 41 Terkadang ada pemerintah mengeluarkan aturan pembatasan ekspor perdagangan yang dapat membatasi kebebasan kita untuk menyebarkan salinan program secara internasional. baik terhadap sebuah kegiatan maupun terhadap pihak-pihak di luar wilayah hukum pemerintah tersebut. Demikian pula aturan. namun akan tetap memanfaatkan juga program yang tidak copyleft. maka sebagai perangkat lunak bebas. Proyek GNU menggunakan ”copyleft” untuk melindungi semuanya. ataupun untuk menjualnya. “Jika anda membuat program tersedia dalam cara tertentu. selama tidak bertentangan dengan hakikat inti dari kebebasan itu sendiri. Namun yang dapat ─dan harus dilakukan─ ialah menolak untuk menetapkan program tersebut sebagai prasyarat dari apapun. peraturan pembatasan ekspor tersebut tidak akan memiliki pengaruh apapun. terdapat juga perangkat lunak bebas yang tidak copyleft. program tersebut tidak dapat disebut Walaupun demikian. Diharap . dan bukannya kebebasan. anda akan selalu bebas untuk menyalin dan mengubah perangkat lunak tersebut. Pengembangan perangkat lunak bebas secara komersial pun tidak merupakan hal yang aneh. karena istilah tersebut mengacu pada harga. Namun. aturan tertentu mengenai tata cara pendistribusian perangkat lunak bebas dapat diterima. tidak mengizinkan penambahan aturan pelarangan atau pembatasan hak orang lain yang tidak sesuai dengan hakikat inti dari kebebasan. maka anda juga harus membuatnya tersedia dalam cara tertentu lainnya”. jika tidak secara efektif menghalangi kebebasan kita untuk mempublikasikan ulang modifikasinya. Jadi. “gratisan” dan sejenisnya. Hal ini tidak bertentangan dengan hakikat inti dari kebebasan itu sendiri.

jika: • • Anda punya kebebasan untuk menjalankan program. • Karena "bebas" merujuk pada kebebasan. "terbuka". Jika sebuah lisensi tersebut menetapkan pembatasan yang tidak wajar. Karena kebingungan terhadap kata "bebas" ini. utama untuk menghimpun dana pengembangan perangkat Jika tidak termasuk dalam himpunan tersebut. banyak yang mencari kata alternatif. dan berjualan tersebut menjadi cara Halaman| 42 lunak bebas. Belum ada kata sederhana yang mencerminkan arti "bebas". sebab mengubah program tanpa kode program sangat menyulitkan). Ini mengenai kebebasan. "kemerdekaan". “FREE” AS IN “FREEDOM” Istilah "perangkat lunak bebas" sering kali disalah-artikan serta tidak berkaitan dengan harga. namun hingga kini belum ditemukan kata yang lebih cocok. Bahkan. walau kita tidak memperhitungkan / mengantisipasi kriteria tersebut sebelumnya. Perlu diperhatikan bahwa kriteria perangkat lunak bebas membutuhkan kehatihatian dalam interpretasinya. kebebasan berjualan salinan menjadi penentu: kumpulan perangkat lunak bebas yang dijual di CDROM menjadi penting untuk masyarakat. terkadang perlu mengubah kriteria perangkat lunak bebas ini untuk memudah-kan penilaian kelayakan lisensi serupa berikutnya. berikut ini merupakan definisi dari perangkat lunak bebas. Ketika mencapai mufakat. anda musti punya akses ke kode program. Untuk menetapkan apakah sebuah program memiliki lisensi perangkat lunak bebas. Jadi. Kata seperti "merdeka". untuk anda sebagai pengguna. Terkadang sebuah lisensi mensyaratkan sesuatu yang memerlukan pemikiran yang dalam. untuk apapun. Anda punya kebebasan untuk mengubah program agar sesuai dengan kebutuhan (agar kebebasan ini efektif. termasuk diskusi dengan para pengacara. kita tetap akan menolaknya. maka tidaklah dapat dikatakan sebagai perangkat lunak bebas. Sehingga masyarakat mendapatkan kesempatan untuk turut menikmati perubahan tersebut.bahwa kita juga menghindari istilah seperti “pembajakan” agar tidak terjebak dalam salah persepsi. tidaklah terdapat kontradiksi antara berjualan salinan dan perangkat lunak bebas. Sebuah program dikatakan perangkat lunak bebas. SEJARAH OPEN SOURCE SOFTWARE . secara gratis ataupun dengan biaya. kita menggunakan kriteria tersebut untuk menilai semangat secara umum ─lalu menelaah secara hati-hati─ kata demi kata dari lisensi tersebut. Anda punya kebebasan untuk mendistribusikan salinannya. dapat berarti lain ataupun mengandung kelemahan lainnya.

Adapun generasi baru Multics ini memiliki lebih banyak keuggulan dibandingkan saudara tuanya. Free Software dengan proyek GNU-nya dan Proprietary Software (dalam hal ini diwakili oleh Raksasa Microsoft). Nah. Sejarah kemunculan UNIX dimulai pada tahun 1965 ketika para ahli dari Bell Labs. Pada waktu itu source code UNIX masih ditulis dalam bahasa mesin . MS 9x sampai Vista). Dengan kata lain. Memiliki user interface yang sederhana. Beberapa programmer Bell Labs yang terlibat dalam pembuatan dan pengembangan Multics. yakni Linux. Multilevel Filesystem. BeOS. 2. bekerja sama dengan MIT dan General Electric membuat sistem operasi bernama Multics. sebuah laboratorium milik AT&T. multiprosesor. seperti multiuser. tidak ada salahnya perlu kita ketahui sejarah dari beberapa kata kunci tentang Open Source Software. Setahun setelahnya. UNIX dapat dijalankan pada komputer PDP-11 yang memiliki memory 16 KB dan sebuah disk berukuran 512 KB. dan multilevel filesystem. Namun pada tahun 1969. Nama UNIX diberikan oleh Brian Kernighan untuk memberi penegasan bahwa UNIX bukanlah Multics (tidak sama). OS/2. Novell. Dennis Ritchie.Cocok untuk lingkungan pemrograman. yaitu: Halaman| 43 1.Memiliki utilitas yang dapat saling digabungkan. Rudd Canaday. Dan akhirnya sampailah pada sebuah sistem operasi generasi penerus dari Multics bulan Januari 1970 yang diberi nama UNIX. 3. UNIX akhirnya memiliki keunggulan seperti yang diharapkan pada awal penciptaannya. Multiuser dan Multiprosesor. sistem operasi Multics ini awalnya didesain dengan harapan akan menciptakan beberapa keunggulan.breakdown. SEJARAH LINUX UNIX merupakan salah satu sistem operasi yang mengawali lahirnya Linux ke dunia ini. Berbagai device dapat dianggap sebagai file khusus. AT&T akhirnya menghentikan proyek pembuatan Multics karena sistem operasi Multics ini sudah tidak memenuhi tujuan semula. yaitu Ken Thompson. Ada 3 (tiga) buah kata kunci yang dapat di. proyek ini mengalami hambatan karena dalam kenyataannya Multics banyak terdapat bugs dan sulit sekali dioperasikan. 4. Adapun UNIX merupakan salah satu sistem operasi populer selain keluarga raksasa Microsoft (mulai dari DOS. 5. secara tidak resmi tetap meneruskan proyek pengembangan Multics. dan Doug Mcllroy. Desain arsitektur yang independen terhadap suatu hardware. 6. UNIX merupakan salah satu sistem operasi yang ada saat ini.Setelah mengenal beberapa istilah mendasar yang sering digunakan dalam bidang Open Source. 7. MacOS dan lainnya.

Sejak saat itu dibuatlah berbagai macam varian UNIX yang sengaja didesain untuk jenis komputer tertentu. Dan UNIX lah yang menjadi sistem operasi favorit di lingkungan perguruan tinggi. dan dia tidak puas dengan sistem operasi pada komputernya. karena kehandalannya menangani bidang jaringan (networking). yang kelak 8 tahun kemudian dikembangkan menjadi apa yang dikatakan oleh banyak pengamat sebagai . hal ini disebabkan karena kestabilan. Dalam usianya yang ke 10. BSD 4. dan lainnya. pada tanggal 28 Desember 1969. UNIX dan varian-variannya yang dikomersialkan menjadi suatu sistem operasi yang cukup mahal pada saat itu (namun ada beberapa yang gratis karena dikembangkan dengan semangat Open Source). Ternyata UNIX mendapat sambutan yang sangat luar biasa dari lingkungan perguruan tinggi. Dengan diubahnya source code ke dalam bahasa C. Pada tahun 1988 Linus diterima menjadi mahasiswa of Halaman| di 44 University Helsinki. Setahun kemudian. Komputing-pun menjadi hobinya. Finlandia. seperti yang digunakan pada komputer milik universitasnya.1 (1980). SysV (1983). Pada tahun 1991. Kemudian pada tahun 1973. Dalam perkembangan selanjutnya. Kerja keras selama berbulan. Linus membeli PC pertamanya. Pada tahun 1990. UnixWare dan Solaris 2 (1988). SunOS. Minix. Awalnya. Linus memulai kelas pemrograman C pertamanya. Dia dilahirkan di Helsinki. OpenBSD. Linus Torvalds Commodore VIC-20.bulan menghasilkan cikal bakal dari sistem operasi yang dikenal sebagai Linux. UNIX akhirnya diperdagangkan dan dipatenkan. dengan menggunakan komputer milik kakeknya. maka Thompson dan Ritchie mempublikasikan sebuah paper tentang UNIX. maka UNIX dapat dikembangkan dan dikompilasi ulang ke berbagai jenis komputer. Saat itu. Tujuan Ritchie mengubah source code UNIX ke dalam bahasa C tak lain karena bahasa C didesain multiplatform dan bersifat fleksibel. mampu mengerjakan program multitasking dan dapat digunakan oleh beberapa user secara bersamaan. Finlandia. Dan yang dikembangkan dengan semangat Open Source atau free diantaranya: FreeBSD. dia memutuskan untuk menciptakan versi yang bisa digunakan untuk PC dari UNIX. sistem operasi UNIX ini didistribusikan secara gratis di dunia pendidikan. source code UNIX ditulis ulang dalam bahasa C yang dibuat oleh Dennis Ritchie. tapi Linus lebih cenderung untuk menggunakan sistem operasi UNIX. Linus mulai berkecimpung di dalam pemrograman komputer. Adapun varian UNIX yang dikomersialkan dan populer karena kehandalannya seperti BSD 4. Hurd.2.(assembler). NetBSD. Akhirnya. komputernya menggunakan MS-DOS (sistem operasi buatan Microsoft). karena merasa UNIX sudah cukup matang. namun setelah banyak digunakan oleh korporasi industri dan bisnis. Sejarah Linux tidak terlepas dari penciptanya yang pertama kali yaitu Linus Torvalds.

support Linux sebagai alternatif yang tidak mahal selain Windows. salah satu pendiri dan pimpinan Microsoft. Linus mengatakan dia tidak iri dengan kesuksesan keuangan dari Bill Gates. dan banyak perusahaan software besar mengumumkan berencana akan mendukungnya. raksasa Microsoft yang sangat dikenal dengan sistem operasi Begitu Linus berhasil menciptakan versi kasar dari Linux. Intel dan perusahaan-perusahaan lain mengumumkan bahwa mereka berencana untuk men. atau OS/2 milik IBM. atau Microsoft. yang dimiliki oleh salah satu pendiri Microsoft. bekerja dalam sebuah proyek sangat rahasia. dan dapat menolong Linus untuk memperbaiki dan menyempurnakan software tersebut. Linux menjadi cukup dikenal dengan keunggulan sebagai sistem yang efisien dan jarang sekali terjadi crash.. Bill Gates. Saat skenario ini mulai terbentuk. Corel. Oracle. Dalam waktu yang sama. seperti Windows. yang berarti bahwa semua orang yang memiliki pengetahuan tentang pemrograman komputer dapat memodifikasi Linux untuk disesuaikan dengan tujuan mereka masing-masing. Linus membuat software-nya dapat didownload secara percuma.ancaman bagi Windows-nya. penggemar Linux dan media massa menggambarkan Linus sebagai David yang maju melawan Raksasa. Linus mengambil posisi di Transmeta Corp. yang diasumsikan oleh banyak komunitas high-tech akan berkembang menjadi Halaman| beberapa 45 serangan di masa depan bagi kerajaan Microsoft. Linux segera memiliki banyak pendukung yang antusias. Mac milik Apple Computer. FSF menerima sumbangan dana dari kalangan perusahaan atau organisasi . SEJARAH FREE SOFTWARE Sejarah Free Software tidak terlepas dari pembentukan organisasinya yaitu Free Software Foundation (FSF) yang merupakan organisasi nirlaba dan menjadi sponsor utama dari proyek GNU. masih bisa didapatkan secara percuma. dan sebagaimana biasa dilakukan oleh sesama software developer pada saat itu. diperkirakan tujuh juta komputer beroperasi dengan menggunakan Linux. Paul Allen. Pada tahun 1999. karena para volunteer developer bersama-sama bekerja keras. Mengoperasikan Linux membutuhkan kecerdasan teknik yang cukup. karena mereka dapat memiliki akses ke source code-nya. terutama proyek-proyek GNU. FSF didirikan pada bulan Oktober 1985 oleh Richard Stallman untuk mendukung gerakan perangkat lunak bebas. Namun. Linux mendapatkan kejayaannya pada akhir dasa warsa 1990-an ketika para kompetitor dari Microsoft mulai mengembangkan sistem operasi tersebut secara serius. dia merilis source code-nya. sebab mengoperasikannya tidak semudah menggunakan sistem operasi yang lebih populer. Perusahan Netscape Communication. dia mem-posting pesan dalam internet untuk mengenalkan sistem barunya kepada pengguna PC yang lain.

namun dapat dikatakan bahwa. Diperkirakan pemakai "GNU/Linux systems" (lebih dikenal dengan "Linux" saja) sudah mencapai 20 juta orang lebih. mulai banyak perusahaan dan individu yang menulis perangkat lunak bebas. Linux tidak dapat bermanfaat tanpa GNU buatan Stallman. Sebagai anak "broken home". Pada tahun 1980-an. sehingga pekerjaan pegawai dan relawan FSF terfokus pada masalah hukum dan struktur komunitas pengembang perangkat lunak bebas. GNU (singkatan rekursif dari "GNU's Not Unix" ─GNU. Stallman memiliki hubungan yang tidak baik dengan kedua orang tuanya. Stallman berjuang menggagalkan usaha monopoli para programmer Symbolics. yang mencoba untuk mengganti "free software" yang digunakan di Laboratorium. Semasa SMA. Selama dua tahun. Stallman bekerja sebagai staf di Laboratorium Artificial Intelligence milik MIT. Stallman memiliki kepribadian yang menarik (baca: kontoversial). Selama masa kuliahnya. Stallman mulai berhadapan dengan "musuhnya" hingga kini. Sebelum akhirnya ia dipaksa untuk menghentikan kegiatannya dan menandatangani perjanjian tertutup. Richard Matthew Stallman lahir 16 Maret 1953. Kelangsungan FSF sangat tergantung dari bantuan perorangan atau instansi untuk menjamin kelangsungan riset dan pengembangan perangkat lunak buatan mereka. di Manhattan. yang terdengar serupa dengan "Matthew"). dikarenakan ke-"keras kepalaannya" menolak untuk menulis essay dalam bentuk apapun. dana FSF terutama digunakan untuk mempekerjakan para pengembang perangkat lunak untuk menulis perangkat lunak bebas. Halaman| 46 Pada Januari 1984 Stallman mengundurkan diri dari MIT dan memulai “GNU project”. Sejak pertengahan sampai akhir 1990-an. Stallman adalah penulis "GNU Compiller Collection". sebuah kompiler portable . ia selalu mendapat A untuk Matematika dan Fisika (bahkan kemudian ia memanggil dirinya sendiri "math you". New York. varian dari Sistem GNU berbasis Linux mulai popular digunakan. Bahkan "para jenius" disekolahnya tidak dapat mengerti kepribadiannya yang sangat sulit bersosialisasi. Di saat inilah Stallman belajar mengenai pengembangan Sistem Operasi. dari 1983 hingga 1985. bukan Unix─) adalah Sistem Operasi cuma-cuma yang merupakan alternatif dari Unix. Free Software Foundation tidak terlepas dari satu sosok manusia yang mendirikannya. Namun gagal dalam pelajaran Bahasa Inggris. dengan software buatan mereka. Akhir-akhir ini. Ini berawal dari usaha beberapa "hackers" untuk mendirikan suatu perusahaan bernama "Symbolics".donatur lainnya yang sifatnya umum dan terbuka bagi siapa saja. Seperti juga sejarah Linux. Richard Stallman mungkin tidak seterkenal Linus Torvalds (pengembang kernel linux). Stallman lulus jurusan Fisika Harvard University pada tahun 1974. Sejak pendiriannya sampai pertengahan 1990-an. yaitu "komersialisasi industri software".

. Kehadiran Stallman di dunia komputer sudah diakui di tingkat dunia. bersama dengan Linus Torvalds (pengembang linux) dan Ken Sakamura (pengembang TRON). dan Universitas Glasgow (2001). Waktu yang akan menjawab. "GNU Emacs" dan berbagai program GNU lainnya. dan penghargaan lainnya. Aku hanya mengatakan. Halaman| 47 . karena seperti apa yang dikatakannya dalam biografinya “I've never been able to work out detailed plans of what the future was going to be like. aku akan sampai dimana?"). pengembangan konsep "Copyleft" (lawan dari "Copyright") yang kemudian dimasukkannya dalam "GNU General Public Lisence" (GPL) ditahun 1989. atau hanya sebagai seorang kontroversial yang nekat melawan arus. Selain itu Stallman juga mendapat gelar Doktor Kehormatan dari Institut Teknologi Swedia (1996). aku akan berjuang. akankah nama Stallman tercatat dalam sejarah sebagai seorang pionir "free software".. I just said `I'm going to fight. Siapa yang tahu. Selain GNU. Selain itu ia juga menulis "GNU Symbollic debugger (gdb)". Who knows where I'll get?" ("Aku tak pernah dapat memikirkan rencana mendetil tentang apa yang akan terjadi dimasa depan. Hingga kini Stallman masih memperjuangkan eksistensi "Free Software".. Diantaranya. "Grace Hopper Award" tahun 1991 atas kerjanya dalam membuat editor "Emacs".yang dapat ditujukan untuk berbagai variasi arsitektur dan bahasa pemrograman. "Takeda Award" yang diterimanya tahun 2001.. Namun itu semua tidak penting. ia juga melakukan usaha-usaha lainnya dengan mendirikan Free Software Foundation (FSF). "GNU Project" sebenarnya adalah salah satu wujud usaha Stallman untuk memperjuangkan "free software". ini ditandai dari berbagai penghargaan yang diterimanya.

dan mendatang Linux dan begitu seterusnya.gram-program yang menjalankan Internet. Pada era terse. maka Internet dapat dipastikan tidak akan bekerja.gunakan program untuk beragam kebutuhan.vasi dan perubahan attitude para pelaku Open Source.ka berpendapat bahwa hal itu adalah sekedar pergantian trend saja. Pro. bahwa GNU / Linux memakai prinsip “Open Source” yang memiliki implikasi yang sangat berbeda dalam tatanan hak cipta.berikan suatu jaminan yang lebih baik untuk memenuhi kebu. bahwa GNU/Linux ini tak berbeda dengan trend komputer lainnya.source”.but perkembangan komputer dan sains oleh para ilmuwan melalui penggunaan bersama source code secara bebas. tanpa gaji.ran yang lebih baik. Masih sedikit pihak di Indonesia yang menyadari bahwa adanya perbedaan yang sangat krusial. Sebagai akibat dari fenomena bahwa setiap tool yang digunakan akan merubah tata cara pandang si pengguna tersebut terhadap suatu permasalahan. dan dorongan sosial.ki nilai ekonomi.tuhan khusus pengguna.kan ini.bang dengan pola Open Source. saat ini yang populer Microsoft.apa dampak pendorong yang dapat membawa ke perubahan cara pandang pada masyarakat luas. Komputer yang dijual (pada saat itu sebagian besar adalah IBM) selalu disertai dengan source code. bila Linux dihilangkan dari muka dunia. Open Source membawa “attitude” seperti “peer review”. tanpa iklan dan tanpa pemasukan. hal ini memberikan ilusi bagaikan suatu perusahaan besar tanpa dind. adalah fenomena GNU/Linux. dengan kata lain mere. Pada tahun 1960an semua perangkat lunak dapat dikatakan “open. dan hal ini akan men. akan menimbulkan peluang untuk “mendorong” terciptanya pemiki. software berubah menjadi bersifat proprietary.tungan bisnis yang diakibatkan oleh monopoli source code yang dilakukan dengan cara membatasi orang untuk memiliki source code dengan kata lain penguasaan source code menjadi memili. . aturan-aturan yang dikembangkan via Internet Engineer Task Force juga menerap. Tetapi keberadaanya tak dapat diabaikan pada saat ini.ing. ternyata Open Source menimbulkan beber.PERKEMBANGAN OPEN SOURCE SOFTWARE Salah satu contoh keberhasilan dan yang menjadikan Open Source menjadi perhatian dunia pada saat ini. tanpa pemegang saham. Bahkan masih banyak pihak yang berpendapat atau memperoleh kesan bahwa GNU/Linux ini adalah suatu produk Amerika dari suatu perusahaan seperti Lin. Pada saat itu mulai disadari keun. Perkembangan Linux sendiri berciri “self organizing”. suatu sistem operasi yang dapat dikatakan berkem. pengakuan karya cipta.dorong si pengguna memiliki attitude yang Halaman| 48 baik. Sebetulnya pola Open Source ini bukanlah hal yang baru. Adanya perbedaan moti. Banyak pihak yang mengkhawatirkan. Sehingga tidak ada hal perbedaan essensial yang dibawa oleh Open Source.ux Inc. Internet pun dapat dikatakan berkembang dalam kerangka kerja ala Open Source pula. Pada tahun 1970-an ketika para individu dan perusahaan mulai meng. Kemampuan evolusi dan adaptibilitas dan bantuan yang tersedia untuk pengguna mem.

pola Open Source ini mulai diperhitungkan orang kembali. Sebagian besar pekerjaan dilakukan melalui mailing list.Richard Stallman berusaha mempopulerkan lagi kebersamaan antar pengembang perangkat lunak dengan Free Software Fun.jakan lisensi. Rata-rata para saat itu para program.view ini. infor.mukannya.derung tidak menyertakan daftar bugs yang ada.cara biasa pengakuan sumbangan kerja selalu dilakukan kepada mereka yang telah memberikan idea. Walau begitu hingga saat ini FSF tetap memainkan peranan penting pada perkembangan Open Source.masi yang terkait dan juga melakukan diskusi. Banyak .gan Linux. tertulis dalam bentuk yang konsisten. Tidak seperti pada closed source model yang cen. yang ada hanyalah konsensus dan sistem yang dapat beroperasi dengan baik. Tetapi hal itu tidak membawa perubahan lisensi. bukannya membiarkan pengguna mene. Setiap orang dapat bergabung dalam mailing list tersebut dan memberikan kontribusi. tetapi usaha ini belum begitu berhasil. Keterbukaan ini baru terulang kembali dengan lahirnya Linux dan Free BSD. Terbukti kebijakan ini membawa perkembangan dunia komputer menjadi Halaman| 49 terhambat dan terjadi “reinvented the wheel”. Dokumentasi Unix sendiri merupakan sumber informasi yang baik.dorong untuk menjadi terbuka dengan keterbatasan mereka (misal tertulis pada bagian Bugs pada manual). Dengan mekanisme yang serba terbuka ini. hingga Netscape pun melepas source code dari browsernya. Perkembangan Unix sendiripun memanfaatkan proses peer re. Keterbukaan Unix dihentikan oleh AT&T yang menerapkan kebi. Dan se.erasinya Internet. Barulah dengan perkemban. Penulisan bagian BUGS ini menunjukkan agar pengguna mengetahui keterbatasan program mereka. Walaupun telah ada proposal untuk menjadikan Unix sebagai “sourceware” yaitu tersedia source code untuk masyarakat luas yang diajukan oleh McCoy pada tahun 1984. Keinginan mereka berbagi source code tersebut adalah untuk menyesuaikan program tersebut sesuai dengan kebutuhan mereka. Bahkan Usenet pun dibuat dengan tujuan untuk mem. Sebuah buku yang dikeluarkan oleh Lion pada tahun 1976 yang berisi source code Unix dan komentarnya menjadikan sumber acuan informasi bagi para pengembang komputer pada saat itu. para developer di. Internet Engineering Task Force (IETF) mendefinisikan suatu standard terbuka yang memungkinkan terciptanya dan berop.dationnya (FSF).mer menulis program dan juga menulis dokumentasi.veloper bebas yang membangun perangkat bantu mereka agar dapat bekerja sama lebih baik dan lebih efektif. Tak ada yang memimpin untuk memberikan keputusan. akurat dan langsung ke pokok permasalahan. Dapat dikatakan Internet pun dibangun oleh suatu komunitas yang terdiri dari de. bahkan voting relatif jarang di.lakukan.permudah mereka saling mendistribusikan source code. saran dan dukungan pada suatu proyek.

mer berbakat di berbagai belahan dunia.nunjukka bahwa Open Source ini sudah cukup teruji keefektifan dan keefisienannya sebagai suatu metode pengembangan sis. Konsep kerja sama pada Open Source makin menarik minat para programmer se-dunia. dan sekarang dapat dikatakan se. Standardisasi yang di. Python.ulis dengan bahasa ini). 3.tem.BIND (Domain name server) GNU/Linux sendiri kini telah menjadi kesayangan para program. Halaman| 50 Tahun 1991 Pada bulan September. Sistem Operasi: Linux dan FreeBSD Perangkat bantu pemrograman. Awalnya Linus berencana untuk menamakan proyeknya sebagai freax. yang menandakan sistem unix-like. dimana pada tahun ini. 6. Apache merupakan web server terbanyak di Internet.sistem yang dibangun berdasarkan Open Source ini. gdb debugger. Web Server. Teknologi ini tersedia secara bebas. dan semangat untuk saling berbagi. freak dan x.bagai tulang punggung Internet. Berikut disampaikan perkembangan Open Source Software dari tahun ke tahun.fi. Kesuksesan pengembangan Internet menunjukkan bahwa pola Open Source yang membuat suatu bentukan “gift economy” telah mendorong inovasi secara cepat.Mail server: sendmail3 7. Sukses keduanya tidak terlepas dari “kerelaan” orang yang membuatnya. emacs edi. seperti yang ditunjukkan pada inisiatif Global Electronic Vilage. Jadi dari sudut pandang pengembangan sistem (system development) sejarah telah me. Linus mempublikasikan karyanya lewat FTP server ftp. 5. dan kini mulai diambil alih sebagian oleh perusahaan besar. antara lain: 1. Bahasa pemrogaman: Perl (sebagian besar program CGI dit.Samba. Ari Lemmke.anut Internet memungkinan beragam komputer melakukan penggunaan sumber daya secara bersama. Perkembangan masyarakat virtual pun tak terlepas dari semangat kolaborasi secara sukarela seperti dalam Open Source ini. tidak senang dengan nama tersebut dan kemudian memberikan nama Linux di FTP server. Momen lahirnya Linux turut disemangati oleh Richard Stallman (pendiri proyek GNU dan Free Software Foundation/FSF).tor. administrator yang menyarankan Linus untuk meng-upload karyanya ke jaringan. gcc C compiler. yang merupakan kombinasi free. CVS (Concurrent Versioning System) yang mempermudah developer bekerja sama.funet. Ditambah dengan makin menggejalanya konsep masyarakat virtual. the Whole Electronic Link. Internet dan World Wide Web (WWW) juga berkembang dengan pesat sebagai suatu perkembangan dari jaringan untuk riset yang terbuka. artinya Internet sangat bergantung dengan program-program tersebut. beliau . 2. Tcl/Tk 4.

Ian mengembangkan Debian. Distribusi ini berbasiskan pada SLS. Perlu kita catat bahwa kedua distribusi ini merupakan distribusi tertua yang masih aktif dikembangkan. Di tahun ini. sebuah perusahaan dengan nama Software und System Entwicklung GmbH (SuSE) didirikan di Nuremberg. Qt hari ini merupakan salah satu GUI toolkit dominan di dunia Linux. akan FSF mendistribusikan sistem GNU Di tahun ini pula.0 sampai Debian 0. Zenwalk. J. Bulan Agustus. Distribusi ini kemudian menjadi begitu popular dan mendominasi pasar. Bahkan. Para pengguna awal SLS yang nantinya menjadi para tokoh kunci di dunia distribusi Linux di antaranya termasuk Patrick Volkerding dan Ian Murdock. Inggris. perusahaan ini mendistribusikan versi Jerman dari SLS. Nantinya.0 dari distribusi Linux Slackware. Sebelum rilis dilakukan. Pada Juli. SLS merupakan distribusi pertama yang menawarkan Linux karya fitur. Lu.mengekspresikan ketertarikannya dengan kernel Linux. Salah satunya yang populer adalah Ubuntu. proyek yang bisa dianggap sebagai distribusi Linux adalah kumpulan floppy bootroot milik H. Seperti kita ketahui bersama. beberapa distribusi lain mulai dikembangkan. Ian Murdock secara resmi mendirikan proyek Debian. Tahun 1993 Halaman| 51 Tahun ini sungguh bersejarah. Awalnya.12. Haavard Nord dan Eirik Chambe-Eng mulai mengembangkan GUI toolkit Qt.out ke ELF. dimana digunakan oleh KDE dan proyek lainnya. yang rupanya tidak diterima dengan baik oleh pengguna saat itu. Debian 1. Jerman. SUSE yang dibeli Novell adalah salah satu pemain utama di dunia Linux. dan SLAX. Sementara. yang datang bersama dukungan TCP/IP dan X Windows System. Tahun 1992 Pada Februari. turunan Debian sendiri sangatlah banyak. seperti kita ketahui bersama. Nama Debian adalah singkatan dari Debra (Istri Ian) dan Ian. sampai akhirnya developernya memutuskan untuk mengganti format executable dari a. Patrick Volkerding merilis versi 1. Proyek ini kemudian dikenal sebagai distribusi Linux pertama yang mampu diinstal secara independen di komputer. sebuah proyek dengan nama MCC Interim Linux dirilis oleh Owen Le Blanc dari Manchester Computing Centre (MCC) University of Manchester. Setelah proyek ini dirilis.90 dirilis antara Agustus dan Desember 1993. Pat kemudian melakukan tweaking dan cleanup dan kemudian melahirkan Slackware. Turunan Slackware termasuk Vector Linux. Kernel yang digunakan adalah Linux versi 0. mereka telah menjadi nenek moyang distribusi-distribusi populer. Salah satunya adalah Softlanding Linux System (SLS) yang dirilis oleh Peter MacDonald pada September. . selain kernel dan utiliti dasar.

Satu hal yang menarik adalah. Ukuran source kernel saat itu mencapai 1. Awalnya. Kemudian pada Mei 1995. versi 1. Marc Ewing kali pertama mem.718. Halaman| 52 . yang pada saat itu. kita bisa cermati bahwa package management yang digunakan sangatlah berbeda. Pada April. merupakan salah satu pemain terbesar dunia Linux. saat ini GTK+ adalah salah satu GUI toolkit yang paling banyak digunakan di dunia Linux dan Unix. dua proyek sangat penting lahir. Pertengahan tahun. Berbagai proyek popular termasuk GNOME dibangun dengan toolkit ini. belum menggunakan lisensi yang kompatibel dengan software. pendapatan perusahaan ini tercatat lebih dari US$ 400 juta. namun pada akhirnya. Tahun 1995 Tahun 1995 adalah tahun Red Hat.270 bytes dirilis. Kernel yang digunakan adalah Linux 1. Yang pertama adalah proyek desktop environment KDE yang diumumkan pada Oktober. Di tahun ini juga. pada Juli. dengan jumlah karyawan sebanyak lebih kurang 2. sementara Slackware berbasis TGZ dan sangat sederhana.0 dengan source berukuran 4. Bob Young mendirikan ACC Corporation. KDE dibangun oleh Matthias Ettrich. Seperti kita ketahui bersama.0 pada Maret. Dewasa ini. Kemudian yang tak kalah penting adalah dimulainya proyek GTK+. Di tahun ini juga.preview Red Hat Linux Versi 0.8. sebagai toolkit untuk GIMP.200 orang. Kernel ini dirilis setelah melalui 14 tahapan pre-release (2. seperti disebutkan sebelumnya. Walau demikian. Bob Young kemudian membeli bisnis Marc Ewing pada tahun 1995 dan keduanya merger menjadi Red Hat Software. Inc. Pada tahun 2007. Tahun 1994 Awal tahun ini diawali dengan rilis Linux 1. Distribusi tersebut berbasis SLS. Pada tahun 1994. hanya K saja.0-pre14). Ini merupakan rilis pertama setelah pembelian oleh Bob Young. dimana Debian menggunakan sistem DPKG dan APT yang rumit.Kedua distributor tersebut sampai hari ini tampil sangat kokoh dan stabil. Tahun 1996 Tahun ini adalah tahun di mana Linux dan software-software pendukungnya mulai semakin berkembang. Hal ini sekaligus menandai momentum pengembangan Linux yang lebih serius. Red Hat Linux 1. Matthias Ettrich memutuskan untuk menggunakan GUI toolkit Qt.2. Pada tahun 1993. Kernel 2.016. perusahaan Red Hat. Marc Ewing membangun distribusi Red Hat Linux. huruf K pada KDE disarankan sebagai Kool.0-pre1 sampai 2. yang menjual aksesoris software Linux dan Unix.0 dari SuSE Linux dirilis.9 dari Red Hat Linux yang dirilis pada 31 Oktober.601 bytes. di Juni.0 diluncurkan. di mana toolkit nonfree digunakan untuk membangun desktop environment free.

549 byte setelah melalui 9 prerelease.0. hacker terkenal Miguel de Icaza memulai proyek GNOME. yang bebas di-download untuk penggunaan personal. sangat terkenal sebagai distribusi Linux yang sangat mudah digunakan. software dikembangkan secara terbatas oleh kelompok tertentu. Raymond memberikan presentasi di Linux Congress tentang makalah berjudul “The Cathedral and The Bazaar”. Gnumeric (spreadsheet). Netscape merilis sebagian besar source code Netscape Communicator di bawah lisensi Netscape Communicator Public License. Pesta di dunia free/open source belum berakhir. Di model cathedral. Miguel mengerjakan diantaranya proyek Midnight Commander (file manager).NET untuk sistem Unix). di waktu itu. Eric S. GNOME desktop saat ini menjadi desktop default pada berbagai distribusi Linux populer. Pada tahun ini. Lahirnya KDE setidaknya telah menjadikan dunia desktop Linux jauh lebih baik.0 juga dirilis. Rilis ini segera diikuti oleh rilis GIMP 1. Tahun 1998 Di Januari. Hal ini juga turut memicu Gael Duvel untuk membangun Mandrake Linux. Apa yang telah dilakukan oleh Netscape ini membuahkan hasil yang bagus sampai hari ini. Eric Raymond mempublikasikan dua memo internal Microsoft (yang dibocorkan kepadanya). dimana di bulan Juli. software dikembangkan lewat internet secara publik.0 di bulan Juni. sebagai alternatif dari pengolah gambar proprietary Photoshop. Di model Bazaar. Netscape memulai proyek open source Mozilla. Hal ini setidaknya ditandai dengan dirilisnya StarOffice 5 Linux. Kabar gembira juga datang di April. yang boleh dikatakan sebagai versi KDE dari Red Hat Linux.Tahun 1997 Pada Mei. Kernel ini datang dengan cukup untuk tahun Linux. Tahun 1999 Awal tahun dimulai dengan kabar gembira. Selain GNOME. Kernel Linux 2.2 akhirnya dirilis dengan 10. Dokumen Halaman| 53 tersebut kemudian dikenal sebagai Halloween Document. di antaranya Ubuntu. dan Mono (versi open source dari Microsoft. GIMP adalah pengolah gambar yang sangat populer di dunia Linux bahkan Windows. Garis besar makalah ini secara umum turut melahirkan metode open source. Perkembangan Linux yang mulai pesat rupanya sangat mengganggu Microsoft. Menjelang akhir tahun. Mandrake Linux.592. KDE 1. . di mana GTK+ telah mencapai versi stabil 1. Akhir yang cukup sibuk ini ditutup dengan pengumuman proyek Yellow Dog yang dikhususkan untuk PowerPC. Tahun ini Sun Microsystems tampaknya memandang free/open source serius. dimana berisikan diantaranya strategi untuk menghadapi free/open source software dan Linux. Dua bulan berselang.

000 developer terdaftar. Halaman| 54 memberi sebuah hadiah liburan . Ini adalah kabar gembira untuk banyak developer. Di Januari.0 di bulan Maret. agaknya tidak mau ketinggalan dengan gerakan open source. sourceforge sebenarnya telah up dan berjalan. Di bulan ini. apabila Minix dirilis seperti ini dari awal. ekstensi X. Linux 2. Inprise (Borland) mengumumkan akan meng-open source-kan Interbase. Namun.0. Di antaranya Monta Vista yang merilis Hard Hat Linux 1. Tahun 2000 Sejak November 1999. Diantaranya adalah OS-independent loadable module untuk driver video. Di rilis ini juga. renderer font. dan lain sebagainya. Beberapa analis berpendapat.buffer console. dengan lebih dari 92. yang sangat dikenal sebagai perusahaan yang mengembangkan berbagai tool untuk software development.peningkatan dukungan arsitektur. rilis stabil pertama untuk port Linux dari openSSH (1. Ini adalah rilis versi mayor yang datang dengan banyak perubahan dan fitur baru. dengan merilis Minix di bawah lisensi BSD. DemoLinux stabil pertama diluncurkan. Andy Tanenbaum turut memberikan hadiah untuk komunitas open source. DemoLinux adalah salah satu distributor Linux Live CD pertama. beberapa versi embedded Linux diluncurkan. Lynx Real-Time yang merilis BlackCat Linux 1. Sampai Akhir tahun. Inprise/Borland mengumumkan rencana untuk merilis Delphi for Linux. datang sebuah fitur menarik. yaitu frame. yang merupakan salah satu database powerful. Dunia desktop Linux kembali dimeriahkan dengan dirilisnya Xfree86 4. Linux mungkin tidak pernah ada. Dukungan datang juga dari IBM.2.2) diumumkan.2 juga merupakan versi pertama yang mendukung x86 vendor selection untuk fine-tuning yang lebih baik. yang merilis Journaled File System (JFS) dibawah GPL ke komunitas Linux di Februari. driver input device. Masih di bulan yang sama. id Software untuk kita semua: source code Quake 1.0 pada yang disambut gembira di press conference Linux World. Borland. Di bulan September. Di April. Dunia desktop Linux turut diperkaya oleh lahirnya GNOME 1. SourceForge telah meng-host lebih dari 12. Sebelum memasuki tahun 2000. VA Linux Systems mengumumkannya secara resmi. Di bulan Februari ini juga. Corel tampaknya juga tertarik dengan dunia Linux dan turut meluncurkan distribusi Linuxnya pada Linux Business Expo di November.0 dan EMJ Embedded System yang mengumumkan White Dwarf Linux.000 proyek. baru pada Januari 2000. Maret.

Knoppix.1. Ini adalah kabar gembira untuk semua pengguna Linux. termasuk maraknya perkembangan distribusi Linux.4 pada 30 September. dirilis pada versi 1.com Michael Robertson memulai pengembangan Lindows dan memperkaya dunia distribusi Linux. di mana Ximian meluncurkan proyek Mono. Di Bulan Agustus. Source code-nya terdiri dari 35. Di bulan Juni. Tahun ini ditutup dengan kabar gembira bahwa IBM akan menginvestasikan dana US$ 1 miliar untuk pengembangan Linux. Kabar yang tak kalah serunya adalah SAP merilis databasenya sebagai open source. telah memiliki sangat banyak turunan. PHP 4. di bulan Juli. dimana Sony mengumumkan Linux kit untuk Playstation 2 akan dipasarkan di Jerman Halaman| 55 pada bulan Mei. terutama dilihat dari betapa suksesnya Delphi di Windows.0. Bulan Juli adalah bulan gembira bagi software developer. dimana SGI merilis XFS 1. Proyek ini sesungguhnya sangat prospektif. Hadirnya kernel 2. Trolltech memberikan hadiah untuk komunitas free/open source dengan menambahan opsi GPL pada Qt.4 menandai sejumlah perkembangan yang mengikuti. Bulan April juga membawa kabar gembira tersendiri. yang menyediakan fungsionalitas live linux di CD/DVD. Ini adalah perubahan besar di dunia web application development. Seperti dijanjikan sebelumnya. Situs wikipedia mencatat bahwa Knoppix. Borland merilis Borland Kylix for Linux.2 dirilis. pendiri mp3. IBM tidak mau kalah dengan merilis JFS 1. Tanpa OpenOffice. Sayang berjuta sayang. Di September. Tahun 2001 Di awal tahun. setelah beberapa dirilis. kabar gembira seakan tidak pernah usai.100 direktori. yang merupakan salah satu fenomena besar di dunia Linux.0 di bawah varian Mozilla Public License (MPL) v1. Ini tentu saja membuktikan semakin luasnya penggunaan Linux.4 dirilis.org barangkali perkembangan Linux di dunia perkantoran tidak akan secepat saat ini.0 dirilis.Di Mei.org. Borland/ Inprise merilis source code InterBase 6. Di bulan ini juga. Banyak sekali developer yang menaruh harapan pada Kylix.0. Di bulan Oktober Red Hat 7. Dimulai dari Mei.000 file dalam 2. Di Oktober. PHP sendiri adalah salah satu bahasa pemrograman web terpopuler saat ini. Versi ini adalah basis untuk Red Hat . compiler FreePascal 1. Source code StarOffice dirilis pada situs OpenOffice. Di bulan-bulan berikutnya.0 dirilis. satu peristiwa penting telah terjadi. Linux kernel 2. Di Maret. Komunitas pun bersuka ria. Kylix harus masuk ke museum Borland.

1 AS (Red Hat Advanced Server 2. Di bulan ini jugalah Gentoo Linux 1.0 yang datang merilis CrossOver Office dan aplikasi desktop juga semakin dimanjakan dengan lahirnya GTK+ dengan banyak perubahan dan perbaikan. Pada momen inilah. Pada bulan Agustus. Di Indonesia. Tahun 2003 Xandros juga menjawab kebutuhan akan dunia desktop Linux dengan merilis Xandros Desktop 1. Oracle pun tergoda dan memulai kampanye Unbreakable Linux pada bulan Juni. tepatnya di bulan November. Walaupun masih terdapat banyak kelemahan. Tujuannya adalah distribusi Linux yang dibangun dari source code. .0 pada Januari 2003. Melihat semakin mantapnya Linux. Ini berarti. Red Hat mengumumkan bahwa era Red Hat telah berakhir dan sebagai gantinya. Red Hat Linux Project berubah nama menjadi Fedora Project. Pada April. CodeWeavers juga Office. Gentoo dikembangkan oleh Daniel Robbins sebagai Enoch Linux Distribution. Red Hat Linux 9 diluncurkan. Dunia kantoran yang mungkin skeptis dengan Linux setidaknya akan sedikit membuka diri dengan dirilisnya OpenOffice. Melengkapi kabar gembira tahun ini. di-tuning sesuai hardware dan hanya berisikan program yang dibutuhkan. Perubahan ini terjadi begitu cepat dan cukup menghebohkan.0 dirilis. yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan Windows lain di atas Linux. Beberapa bulan ke depan. Tahun 2002 Sebuah kabar gembira datang dari dunia kernel di Februari. Awalnya. Oracle tidak main-main dengan kampanyenya. gema inipun terasa di mana Oracle Indonesia bekerja sama dengan KPLI (Jakarta) menghadirkan beberapa event.0 pada bulan Juli.5.0 dirilis. yang nantinya menjadi sangat populer. Tak lama kemudian. Desktop Linux semakin dekat. Preptible kernel patch dan Advanced Linux Sound Architecture di merge ke kernel 2.Enterprise Linux 2. termasuk di Indonesia. Pengguna Linux semakin termanjakan. Fedora Core 1 dirilis. Di Maret dunia 2. Begitu pun dengan Blitstream yang Halaman| 56 merilis font Vera ke proyek GNOME di bawah lisensi yang tebuka. ini adalah perkembangan besar.1). atau setidaknya di dunia Red Hat. era Red Hat Linux Project akan dimulai. Sayangnya. Sharp meluncurkan PDA Zaurus berbasis Linux. Di tahun ini. dunia industri TI di dunia mulai lebih serius akan bisnis di dunia open source. tepatnya di September. di bulan Juli.org pada bulan Mei. Oracle merilis File system cluster-nya di bawah GPL. Di bulan Juni juga Mozilla 1. dunia desktop akan semakin menyenangkan di Linux. Apalagi dengan dirilisnya Ogg Vorbis 1. ada perubahan besar di dunia Linux.

6 di bulan Desember.6.Bulan Oktober. Di bulan Juni. Rilis yang datang dengan fungsionalitas baru yang signifikan barangkali adalah R6. bulan ini juga. di depan penjualnya. Semester kedua adalah semester yang penuh suka cita: . OpenDocument disetujui sebagai OASIS standard. yang menjalankan Linux. Pada bulan Februari. Oleh karena itu. satu peristiwa besar terjadi dalam sejarah dunia Linux. Agustus 2006.Pada Agustus. Setahun kemudian. Yang kedua adalah Sun Microsystems merilis Project Looking Glass dan Java 3D sebagai proyek open source. . kalangan developer distribusi Linux sedikit terganggu dengan perubahan lisensi proyek Xfree86. Setelah lahirnya kernel 2. satu-satunya yang perlu dilakukan adalah negosiasi harga.0 dirilis.7 pada bulan April. Firefox 1. versi .2 yang merupakan rilis ‘resmi’ pertama untuk aplikasi kalender. Dunia Linux kembali dihebohkan dengan lahirnya kernel 2. Tahun 2004 Di bulan Januari.0 dirilis. Novell membeli perusahaan Ximian. Thunderbird 1. diluncurkan pada bulan Agustus. dua kabar gembira hadir untuk kita. X. yang menjadikan pengembangan distro lebih terbuka. perkembangan Linux semakin mantap dan satu persatu bidang mulai semakin diperkuat.8 yang diluncurkan pada bulan September. Bulan Mei. . PHP 5. maka perlu diuji apakah USB tersebut dikenal atau tidak oleh sistem Linux.Bulan Juli. Nokia mengumumkan 770 tablet. Tahun 2005 Halaman| 57 Di tahun ini.0 dirilis dan datang dengan sangat banyak perbaikan. Di Proyek Open SUSE. . Lisensi baru secara luas dipertimbangkan sebagai non-free.0.Bulan Desember.org foundation kemudian merilis X11R6. Mozilla melengkapi deretan produknya dengan meluncurkan Sunbird 0. Sebelum lahirnya kernel 2. Ini adalah hadiah terbesar tahun ini dan sekaligus menjadi tonggak masuknya Linux ke dunia enterprise. bila mau membeli USB flash disk. tak lain lahirnya Ubuntu Linux.6. Kiprah Novell dalam membeli kemudian berlanjut pada akuisisi SUSE pada bulan November sebesar US$ 210 juta.Bulan November. Yang pertama adalah dirilisnya Mono 1. Tentunya setelah negosiasi harga selesai.

Dengan adanya Wine. bulan Mei format OpenDocument menjadi standar ISO.0 akhirnya dirilis pada versi 0.org 3. Ini adalah perkembangan besar. Linux dan dunia free/open source telah semakin dikenal dan digunakan berbagai pihak. Tahun 2008 Tahun 2008. Selama bertahun-tahun ke depan. dimana idenya datang langsung dari pendiri Google. selama bertahun-tahun ke depan sampai saat ini. Linux kini bukan barang aneh lagi yang harus diperkenalkan dengan susah payah. pengguna Linux bisa menjalankan aplikasi Windows. Akhir tahun 2007. Sebagai catatan. OpenOffice. Google Summer of Code. di bulan Februari. mendanai lebih kurang 400 proyek. gantian Red Hat yang merilis AIGLX. Tahun 2006 Di tahun ini desktop Linux makin banyak mendapat perhatian. Kedua perusahaan itu akan berjanji lebih dekat lagi. Sangat memudahkan proses migrasi tahap awal.komunitas dari Linux SUSE diganti namanya menjadi openSUSE. GPLv1 dirilis pada Januari 1989 dan GPLv2 dirilis pada Juni 1991. Membuka tahun. Tahun 2007 Pada 29 Juni. openSUSE adalah salah satu distribusi Linux terpopuler. Qmail merupakan mail transfer agent popular di dunia Linux. source code qmail ditempatkan pada public domain. Kerja sama ini menuai protes dari komunitas. Menjelang akhir tahun. Selanjutnya. tim Samba mendapatkan akses ke dokumen protokol Microsoft (perintah pengadilan untuk antitrust). Novell merilis kode Xgl. Ini artinya. Samba Halaman| 58 diharapkan akan bekerja lebih baik dan lebih kompatibel lagi. . OpenOffice. Desktop Linux pun siap untuk menari-nari. Sebulan setelahnya. Sergey Brin dan Larry Page. GPLv3 akhirnya dirilis setelah melewati beberapa tahapan draft. Menjelang pertengahan tahun. event ini semakin popular dan turut memperkaya dunia open source. Bulan Oktober adalah bulan bahagia.9 dan menyatakan siap untuk testing secara komersial. Menjelang akhir tahun. Novell dan Microsoft mengumumkan joint patent agreement.0 kembali diluncurkan.org 2.

pada open source. kelemahan dari model sekuriti Microsoft Windows terbuka setelah adanya virus Melissa. dalam arti kompetisi untuk memberikan kualitas. Waktu yang dibutuhkan untuk mendeteksi dan memberbaiki kerusakan juga berkurang. Hal ini sejalan dengan terjadi pergeseran masyarakat pengguna saat ini yang bergeser dari “consumer society” ke “user Halaman| 59 society”. Begitu juga perusahaan yang terlibat pada bisnis Open Source Software akan memiliki relasi yang berbeda dengan para pengguna. Tidak seperti produk closed source yang cenderung menutupi masalah sekuriti sistem hingga ada orang yang membongkarnya.BAB IV PEMANFAATAN OPEN SOURCE SOFTWARE SEPUTAR OPEN SOURCE SOFTWARE Open Source Software memberikan posisi yang unik kepada para developer dan penggunanya. programmer di luar kelompok diperkenankan untuk melihat source code sebelum terjadi “crash”. dan melakukan perbaikan segera terhadap perangkat lunak tersebut. Kasus perjanjian OEM antara vendor perangkat keras dan perangkat lunak menjadi contoh nyata dari ketakberdayaan konsumen. Mereka tidak pernah memberikan peringatan akan kemungkinan hal ini dapat terjadi. Sehinggga timbul peletakkan posisi ulang. yang tadinya berada di tangan “penjual perangkat lunak” sekarang condong ke tangan para pengguna. Dengan open source software biaya untuk perbaikan dapat dikatakan mendekati nol. Pengguna memperoleh posisi yang berbeda pada pendektan Open Source ini. tapi tanggapan dari perusahaan relatif lama setelah adanya kasus. Open Source Software juga secara otomatis menyediakan suatu lingkungan . Sebagai contoh pada kasus pengungkapan suatu bug atau kesalahan. Dengan demikian user pada pola Open Source Software memiliki posisi yang penting dan dapat menentukan arah perkembangan perangkat lunak. Sebagai contoh. batasan lisensi dan perjanjian dengan penyedia perangkat keras. utilitas dan juga mencegah memperoleh keuntungan dari manipulasi yang diperoleh melalui perangkat distribusi. Pola Open Source Software ini menimbulkan pergeseran struktur kekuatan. Juga sebagai co-developer. pola pemasaran. Solusi tidak saja berasal dari para vendor tetapi dapat juga dari user.

misalnya dari segi sosial masyarakat yaitu user dapat saling berbagi penggunaan dengan pengguna lainnya atau komunitas secara luas. Jelas ini membuat terbukanya kesempatan bagi tenaga kerja lokal (TKL) yang ingin memanfaatkannya. Pada bisnis model Open Source. dapat berkembangnya dukungan lokal dan user akan terpacu untuk memenuhi kebutuhan sendiri untuk dukungan teknis. Tenaga kerja luar negeri akan . serta kesempatan bagi tenaga kerja lokal. yaitu menyediakan source code yang memungkinkan pengguna melakukan modifikasi sesuai dengan kebutuhannya. dan masih bertumpu pada pola penjualan lisensi. atau Halaman| 60 proses interview yang memakan waktu. Open Source Software memberikan pengguna kendali sesungguhnya terhadap sistem operasi dari teknologi yang mereka gunakan. Pola Open Source Software memungkinkan para pengguna komputer dan para developer di Indonesia menggunakan perangkat lunak secara murah dan legal. tukar menukar pikiran. penyedia jasa menjadi lebih fokus pada layanan daripada sekedar berjualan lisensi. memodifikasi perangkat lunak untuk kepentingan lokal sangat dimungkinkan. Mereka yang terlibat dalam proyek Open Source Software akan mendapat “bayaran tambahan” berupa apresiasi publik. Hal ini disebabkan sistem lisensi yang diterapkan Open Source Software memperbolehkan proses duplikasi tersebut. misal reference. akan banyak lapangan pekerjaan yang terbuka bagi tenaga kerja lokal. Secara umum model Open Source Software memberikan keuntungan utama bagi para pelaku bisnis TI lokal yaitu lebih dekat dengan costumer. Bagi perusahaan yang ingin mengontrak para pengembang tersebut. paradigma Open Source Software menyebabkan mereka tidak perlu repotrepot membuktikan kualifikasi dengan pola konvensional. Dengan dimanfaatkannya Open Source Software secara luas akan memberikan berbagai keuntungan. daripada dengan pemberi jasa dari luar negeri. Dengan diterapkannya Open Source Software secara luas. Lokasi yang dekat ke customer memberikan kemungkinan persaingan harga dan pelayanan yang lebih baik.pendidikan yang lebih baik. Citra sebagai bangsa pembajak dapat dihilangkan dengan menggunakan Open Source Software. Cukup dari hasil kerja dan reputasi dari programmer atau kelompok developer tersebut. Tidak seperti lisensi proprietary yang membuat suatu pembatas (barrier) untuk menggunakan solusi karena kebutuhan akan negosiasi dan persetujuan. pengaruh baik pada metoda disain mendatang. Dengan berpartisipasi dalam proyek Open Source Software berarti programmer telah menimba pengalaman dengan berpartisipasi dalam proyek yang berukuran besar. maka akan terjadi hal sebaliknya. Artinya yang menerima keuntungan bukan saja programmer tetapi juga pihak yang ingin mempekerjakan programmer. Akan tetapi bila tenaga kerja lokal tidak mempersiapkan diri untuk memberikan service yang baik.

Tidak tertimbun secara tertutup dalam dokumentasi perusahaan pembuat perangkat lunak. sebab customer telah memperoleh perangkat lunak dengan gratis. Disamping terbukanya partisipasi yang dapat dilakukan oleh tenaga kerja lokal pada penyediaan jasa. Pola pengembangan perangkat lunak Open Source Software seperti pada GNU/Linux memberikan harapan cerah untuk memperkenalkan kemampuan para tenaga kerja TI Indonesia di pasar dunia. dll. baik melalui perbaikan. Secara ekonomis perusahan menjadi rugi kalau harus memanfaatkan SDM non lokal. Penemuan bug mendapat tempat dalam komunitas Open Source Software. Beberapa daerah di Indonesia pada saat ini memiliki kemungkinan menerapkan solusi dengan Open Source Software akan tetapi ketersediaan SDM lokal menjadi suatu halangan untuk menerapkannya. terbuka juga kesempatan untuk berpartisipasi dalam hal lainnya. Disinilah kualitas SDM menjadi lebih penting daripada kepemilikan lisensi penjualan. Pada dasarnya suatu perusahaan akan lebih suka dengan dukungan teknis dari SDM lokal.kembali merebut kesempatan tersebut. Di sisi pemberian dukungan teknis inilah SDM lokal dapat memberikan jasanya dengan harga yang lebih bersaing. Pada pola Open Source Software ini. Pengakuan keterlibatan dukungan teknis lebih dirasakan pada produk Open Source Software. karena harus mengeluarkan “overhead cost”. ataupun dokumentasi. pelaporan bug. reputasi lebih dipentingkan daripada kepemilikan sertifikasi dan pembayaran menjadi jaringan pengembang ala pengembang perangkat lunak proprietary. dan lain sebagainya. sebab semua akan diumumkan secara terbuka. membuat dokumentasi dari program tersebut. mencoba program dan memberikan laporan bug. mendefinisikan requirement dari suatu program. sedangkan lapangan kerja lokal juga rugi karena tidak bisa memanfaatkan tenaga kerja. tidak ditutupi seperti halnya dalam pola Closed Source. tinggal bergantung pada kemauan dan kemampuan mereka. Sehingga nilai keberadaan dukungan teknis akan jauh lebih terasa. . mendorong perbaikan SDM. Penghargaan dan kenaikan reputasi terhadap mereka yang menyumbangkan patch (perbaikan) atau laporan bug akan lebih diterima. karena pola ini memberikan kemungkinan keterlibatan seorang programmer pada Open Source Software yang akan meningkatkan reputasi tenaga kerja TI Indonesia. tetapi juga bagi mereka yang mengerjakan dokumentasi. Hambatan-hambatan di atas dapat diatasi dengan memanfaatkan pola pendekatan Open Source Software. membuat program. karena bisa sewaktu-waktu dipanggil ketika terjadi kerusakan. misalnya: menerbitkan tulisan dan buku. Dikenalnya para pengembang perangkat lunak Indonesia ini jauh lebih mudah melalui jalur Open Source Software. Halaman| 61 Keterlibatan tenaga kerja pengembang di dalam pengembangan Open Source Software ini tidak saja bagi mereka yang bekerja sebagai programmer.

Sehingga dapat dikatakan. telah terdapat alternatifnya di Open Source Software. dsb. Komputerkomputer yang lama ini tidak perlu dibuang dan masih dapat digunakan untuk keperluan tertentu dengan menggunakan Open Source Software. Selain itu. Open Source Software merupakan sistem operasi bebas dan terbuka. Dapat dikatakan. pangsa pasar server dunia yang Halaman| menggunakan Open Source 62 Software pada tahun 2008 mencapai 25. yang mana bila virus menjangkiti user tertentu. Kita dapat mengakses situs web Open Source as Alternative untuk memperoleh informasi yang cukup berguna dan cukup lengkap tentang alternatif aplikasi Windows di Linux. hampir tidak terjadi pada Linux. Di mana. Namun. adware. akan sangat sangat sangat sulit menjangkiti dan menyebar ke user yang lain. 4. juga mewarisi kestabilan ini.7 %. kita seakan dituntut untuk terus mengikuti perkembangan . Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows. Open Source Software sejak awal didesain multi-user. masih sangat berguna dan dapat dijalankan dengan baik di atas Open Source Software. komputer yang tiba-tiba hang dan harus menekan tombol Ctrl-Alt-Del atau Restart untuk mengakhiri kejadian tersebut. 6. Open Source Software dikatakan merupakan sistem operasi yang sulit dan hanya dikhususkan untuk para hacker. Sehingga bila dilihat dari sisi maintenance data maupun perangkat keraspun akan lebih efisien. spyware. Dari hasil riset IDC. 2. kini. Komputer yang dijalankan di atas sistem operasi UNIX sangat dikenal stabil berjalan tanpa henti. Jarang ditemui. Open Source Software mudah digunakan dan dapat dikatakan hampir semudah menggunakan Windows. Pada Windows. Dulu. Open Source Software sudah mudah digunakan. Sehingga. 3. hal ini tidaklah terjadi. tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Open Source Software. tidak pernah ditemui dokumen-dokumen yang lebih baru tidak dapat dibaca pada Open Source Software versi yang lebih lama. Open Source Software. yang merupakan varian dari UNIX. 5. trojan.KEUNGGULAN OPEN SOURCE SOFTWARE Beberapa keunggulan yang dimiliki Open Source Software dalam bidang sistem operasi (Operating System) dapat dilihat antara lain : 1. pandangan ini salah besar. Hal ini. Perangkat keras (hardware) yang telah berusia lama. tidaklah mengherankan bila Open Source Software mempunyai pangsa pasar server dunia yang cukup besar.compatibilty). Pada Windows. Keamanan yang lebih unggul daripada Windows. hampir semua pengguna Windows pasti pernah terkena virus. Open Source Software relatif lebih stabil. Open Source Software mempunyai kompatibilitas ke belakang yang lebih baik (better backward.

Anda bisa menggunakan banyak pilihan sistem operasi.org. bisa jadi ada aplikasi-aplikasi yang dibuat beberapa tahun yang lalu tidak dapat dibuka lagi di Windows Vista. setelah Windows Vista dirilis. Open Source Software telah memiliki aplikasi unggulan bernama OpenOffice.org tersedia dan bisa dimanfaatkan dengan sangat fleksibel (sesuai lisensi GNU LGPL). OpenOffice. kalau Anda sekarang menggunakan Windows dan Microsoft Office dan suatu saat ingin berpindah ke Linux. kita tidak bergantung pada satu perusahaan tertentu. Pengguna mungkin perlu mengeluarkan sedikit uang untuk membeli buku panduan atau media instalasi OpenOffice.org.org juga bisa sempurna.perangkat keras. maka Anda kehilangan Microsoft Office. Sehingga. Kompatibel dengan Microsoft Office dan format office lainnya. Macintosh. tapi pastinya membuka dan menyimpan . Dari sisi lisensi. beberapa dokumen yang dibuat dalam Windows Vista tidak dapat dibuka dalam Windows XP. Artinya. mau tidak mau. Sampai sejauh mana keunggulan aplikasi ini dibandingkan aplikasi sejenisnya yang bersifat proprietary (Ms Office). Ketersediaan source code juga memiliki nilai tambah. selama menuruti lisensi yang digunakan.org dan tetap bisa produktif. bisa mengembangkan sendiri paket Office berbasis OpenOffice. karena sudah tidak didukung lagi oleh Microsoft. perusahaan.org. pemerintah) yang bisa mengembangkan secara legal. BSD. Atau.org. source code OpenOffice. Katakanlah suatu hari pengembang OpenOffice. kita tetap bisa membuka dan menyimpan dokumen-dokumen yang dihasilkan dari Microsoft Office.org berjalan pada Windows.org. UNIX. Kompatibilitas dengan MS Office memang tidak sudah sangat baik dan semakin dikembangkan. dapat kita lihat sebagaimana di bawah ini: 1. 3. Dengan menggunakan OpenOffice. Tidak hanya itu. tapi kita bisa melakukannya. pengguna tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk membeli lisensi penggunaan. yayasan. OpenOffice. Ketersediaan source code. Artinya. 2. kita harus beralih ke Windows Vista. Diantaranya.org adalah free / open source software. Siapa saja. Sebagai contoh. OpenOffice. Dengan menggunakan OpenOffice. Microsoft Office hanya berjalan secara natif pada Windows dan Macintosh. Berjalan pada banyak platform.org sudah tidak berminat mengembangkan lagi. Sementara itu di bidang aplikasi perkantoran. Bukan pekerjaan yang sederhana. Tidak masalah. akan muncul kelompok-kelompok lain (mahasiswa / akademisi. Anda berpindah dari Windows ke Linux? Linux ke Solaris? Halaman| 63 Anda akan tetap menjumpai OpenOffice. Linux. Sementara. dan itu berarti meng-upgrade atau membeli perangkat keras (hardware) baru yang lebih bagus.

tanpa membutuhkan program atau pustaka tambahan. Microsoft download) memang menyediakan plugin untuk Office 2007.org. Lotus dan AutoCAD.org. Format OpenDocument yang terbuka dan fleksibel. Pihak yang memiliki kepentingan tertentu bisa pula mengimplementasikan paket Office yang mampu membaca dan menyimpan ke format OpenDocument. Pemerintah juga sebaiknya medistribusikan dokumen / template dalam format terbukam dan memastikan agar masyarakat baik yang bisa membeli ataupun tidak bisa membeli paket office yang digunakan─ tetap bisa membaca/ menggunakan dokumen/ template yang didistribusikan. 5. yang sangat terbuka. Dengan menggunakan OpenOffice. 4. Sebut saja WordPerfect.org menggunakan format dokumen OpenDocument. seperti PDF atau Flash dengan mudah. Sudah cukup banyak program yang bisa membuka dan menyimpan format OpenOffice. Anda bisa bekerja dengan banyak format dokumen. Dengan menggunakan OpenOffice. Ekspor ke PDF dan format lain dengan mudah. OpenOffice.org. kita bahkan mungkin mengamati isi dokumen tanpa memiliki program OpenOffice. 6. dokumen yang kita buat bisa langsung diekspor ke format lain.org terinstall. walaupun akan cukup kerepotan untuk membaca.dokumen dari banyak paket office lain. Siapa saja bisa membaca spesifikasi format dokumen tersebut. namun Save as PDF (bebas Halaman| 64 . Dari sisi teknis.

melainkan masih banyak format lain. 10.org. User interface yang konsisten antar komponen. Halaman| 65 . macro dapat dibangun dengan berbagai bahasa pemrograman seperti Python dan Javascript.org? Mudah. Punya satu folder (dengan struktur yang rumit) berisikan banyak dokumen MS Office baik Word. OpenOffice. Dukungan bahasa ini akan terus bertambah. Ingin mengubah sebagian besar user interface OpenOffice. 8. Sangat customizeable. Cukup akses saja menu File -> Wizards -> Document Converter. Anda akan dipandu sehingga proses konversi bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.org sejak versi 2. OpenOffice. 7. Akses database yang luas dan transparan.org datang dengan dukungan database yang luas.org dengan hampir semua sistem database populer yang ada di dunia ini.org sudah datang dengan fungsionalitas ini sejak dulu. Macro dalam berbagai bahasa pemrograman.OpenOffice.org? Bosan dengan menu bar default? Hanya ingin menampilkan satu atau dua menu saja? Ingin mengganti icon default? Gunakan menu yang ada dan dalam sekejap. Wizard untuk konversi dokumen MS Office. Anda bisa menghubungkan OpenOffice. 9. 11. di samping OpenOffice. Macro dapat digunakan untuk mengembangkan fungsionalitas Office.x bahkan datang dengan database FrontEnd base yang sangat mirip dengan Microsoft Access. Excel atau PowerPoint? Ingin mengkonversikan ke format OpenOffice.org Basic. tampilan OpenOffice. ODBC dan JDBC.org Anda dijamin berbeda dengan pengguna lain! Ingin lebih cepat? Kita dapat melakukan editing pada file konfigurasi XML-nya. terintegrasi dan tidak hanya untuk format PDF. Dengan dukungan berbagai driver natif. Dengan OpenOffice.

org. Untuk mencari daftar perangkat keras yang didukung pada Open Source Software. kendala tersebut antara lain: 1.org bukanlah proyek main-main. OpenOffice. user interface Writer. Bagi OPEN SOURCE SOFTWARE DAN VIRUS Beredarnya virus di Open Source Software (Linux) bukanlah sesuatu yang baru. administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix-like (seperti Linux). akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Open Source Software dan masih “Windows minded”. Openoffice. Calc. dengan pelatihanmulai terbiasa dengan 2. Bisa kita lihat. Kita bahkan bisa membangun macro untuk memanggil komponen tertentu dari OpenOffice. kita dapat melihatnya di Linux. Instalasi software di Open Source Software. Salah satu akibatnya. maka mau tidak mau harus mempelajari hal ini. Wikipedia mencatat virus pertama di Linux adalah Staog yang beredar . Dukungan perangkat keras dari vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Open Source Software. 4. KEKURANGAN OPEN SOURCE SOFTWARE Selain keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh Open Source Software. Pada umumnya.org sangatlah layak untuk digunakan dan diandalkan untuk membantu Anda tetap produktif.org. terdapat juga beberapa kekurangan teknis yang masih menjadi kendala orang-orang untuk menggunakan software ini. Sehingga syarat untuk menjadi administrator adalah manusia yang suka belajar hal-hal baru dan terus-menerus belajar. Hal ini dapat diatasi pelatihan atau edukasi kepada pengguna agar Open Source Software. Bila tidak. 3.Arsitektur program OpenOffice.Drivers. Impress dan komponen lain sangatlah konsisten.org dan sistem komponennya dikembangkan dengan sangat baik. Proses instalasi software/aplikasi yang tidak semudah di Windows. maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.

secara singkat pada tahun 1996. Walaupun demikian. Virus yang dimaksud pada artikel tersebut adalah virus jenis Virus. Sedangkan Virus Library mencatat ada 7 virus. Walaupun demikian. 2. McAfee mencatat ada 100 virus Linux.berkas yang dimiliki oleh seorang pengguna. Menurut Symantec.Linux. crack-ware. Virus bisa saja menginfeksi berkas. juga pada tahun yang sama. DoS dan backdoor.Bi. Ia dan program yang ia jalankan (termasuk virus) hanya dapat memodifikasi berkas-berkas yang ia miliki. tetapi dalam daftar tersebut juga ada beberapa exploit. Dan ketika ada virus baru yang bekerja di Linux. Selain itu virus ini bersifat proof of concept.Peelf.Bi. dan hal-hal lain yang bukan virus. terlepas dari apakah virus ini berbahaya atau tidak. Yang menjadi masalah adalah bahwa perusahaan anti virus dan media massa cenderung membesar-besarkan masalah virus di Linux ini. Berikut adalah alasan-alasan kenapa Linux mampu berfungsi sebagai medium penagkal penyebaran virus: 1.berkas yang dimiliki oleh pengguna lain.Win32. virus pertama yang dapat menginfeksi Windows dan Linux sekaligus adalah W32. tidak berbahaya dan dibuat sematamata untuk menunjukkan bahwa sebuah virus dapat menginfeksi Windows dan Linux sekaligus. Symantec mencatat ada 3.a. Situs detikInet (2008) mengabarkan bahwa ada virus baru yang menjangkiti Windows dan Linux sekaligus dan menganjurkan pengguna untuk waspada. Wikipedia mencatat ada sekitar 14 virus Linux. Keistimewaan virus ini adalah kemampuannya menginfeksi program di Linux dan Windows sekaligus. Namun sebaliknya. Tidak seperti pada sistem operasi Windows. The Wild List Organization dalam publikasi edisi bulan Februari 2006 tidak mencatat adanya peredaran virus yang menjangkiti Linux.a / Virus. virus di Linux sulit berkembang. para vendor perangkat anti virus selalu berlomba-lomba untuk membesarbesarkan isu ini.334 hasil pencarian terhadap kata kunci ‘Linux’. tetapi angka tersebut sudah termasuk rootkit.A) yang ditemukan enam tahun yang lalu (2003). . tetapi jika dikelola dengan benar akan sulit untuk menjalar ke berkas. ada kemungkinan virus-virus ganas di masa yang akan datang akan menggunakan teknik tersebut. Seorang pengguna tidak dapat memodifikasi berkas-berkas sistem. Virus di Linux memang sudah ada sejak dahulu kala. Linux adalah sistem operasi yang didesain sejak awal untuk lingkungan multiuser. celah keamanan.2132. virus ini bukanlah virus pertama yang dapat melakukan hal tersebut. tetapi tidak pernah menciptakan masalah yang besar. Tetapi ada sumber lain yang mengatakan bahwa virus pertama di Linux adalah Bliss.2132 (atau yang lebih dikenal dengan Win32/Linux Lindose. trojan.

3. Seorang pengguna dapat saja menginstal sebuah aplikasi pada home directory miliknya, tetapi jarang aplikasi tersebut digunakan oleh pengguna lainnya. 4. Satu hal yang dapat menyebabkan virus tersebar adalah celah keamanan pada sistem. Sebagian besar virus Linuxmenyebarkan dirinya dengan memanfaatkan celah-celah keamanan tersebut. Solusinya bukan dengan menginstal aplikasi anti virus, tetapi dengan menutup celah-celah keamanan tersebut. 5. Pada Linux, sulit untuk mengeksekusi program secara tidak sengaja. Virusvirus masa kini seringkali menyamarkan dirinya sebagai aplikasi, folder atau dokumen. Tetapi pada Linux, hal tersebut sulit dilakukan. 6. Sebagian besar pengguna Linux tidak perlu lagi mengunduh (download) aplikasi secara manual. Kebanyakan distribusi sudah siap pakai untuk keperluan umum. Jika perlu menginstal aplikasi baru, hal tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan repository milik distro yang dipakai dan instalasi baru dilakukan setelah proses verifikasi yang berlangsung secara otomatis.

Seperti kata-kata Scott Granneman: “To mess up a Linux box, you need to work at it; to mess up your Windows box, you just need to work on it.” Jika ada sesuatu hal yang memungkinkan virus berkembang di Linux, maka hal tersebut adalah tanggung jawab vendor distribusi, dan bukan tanggung jawab vendor anti virus. Walaupun faktanya sudah jelas, sepertinya pendapatan para vendor anti virus sangat tergantung pada ketakutan publik terhadap bahaya virus sehingga merasa perlu untuk mengeluarkan penyataan-pernyataan yang ‘menakutkan’. Sebagai contoh, Vnunet pernah memuat artikel “Linux lined up as virus target" yang berisi komentar dari seorang petinggi Trend Micro: “The onslaught of the Windows Goner worm warns us to watch for Christmas Grinches, but next year the warning may extend to Linux users as the operating system (OS) becomes more of a target. Of course we will see more and more attacks on Windows, but Linux will be a target because its use is

becoming more widespread,” … “It is a stable OS, but it’s not a secure OS.” … “Of course it’s possible to write a virus for Linux,” … “But there is some prejudice amongst the virus writing community. If you write a virus for Windows, your peers clap their hands; write one for Linux and they’ll stone you.” Petinggi McAfee: “In fact it’s probably easier to write a virus for Linux because it’s open source and the code is available. So we will be seeing more Linux viruses as the OS becomes more common and popular.” … “It’s not a target at the moment because the market isn’t there, but Li0n and Ramen have already proved that it’s on the menu”. Vendor anti virus lokal sepertinya juga tidak mau kalah dalam urusan ‘menakut-nakuti’ publik. Tahun lalu sebuah vendor antivirus lokal Vaksincom pernah membuat pernyataan Linux Jadi Target Virus Tiga Tahun Lagi. “Virus bukan hanya untuk Microsoft saja, Linux paling cepat tiga tahun lagi bakal jadi target serangan virus, Itu sudah seperti hukum alam di pasar,” … “Nanti kalau Linux sudah mulai banyak digunakan, pembuat virus akan beralih ke Linux,” … “70 persen web server di dunia pakai Apache. Hal itu sempat membuat kebat-kebit admin web server,” ujar Alfons (Pendiri Vaksincom). Dengan contoh kasus seperti itu, Alfons mengambil kesimpulan, Linux akan jadi ‘the next target’ virus apabila penggunaan Linux mulai setara dengan Windows. Sampai saat ini, aplikasi anti virus di Linux hanya berfungsi untuk membersihkan email yang masuk sebelum email tersebut sampai ke pengguna akhir yang menggunakan Windows. Atau untuk membersihkan file server dari virus-virus karena sering diakses oleh komputer berbasis Windows. Virus memang perlu diwaspadai, tetapi tidak perlu ditakuti jika menggunakan Linux.

MODEL BISNIS PADA OPEN SOURCE SOFTWARE Ada banyak proyek dan produk open source yang sukses saat ini. Dibidang web ada Apache, Tomcat, Java, PHP dll. Di bidang sistem operasi beredar berbagai distro Linux dari berbagai ven- dor seperti RedHat, Caldera, Suse, Debian dsb. Dari teknologi database kita cukup mengenal MySQL dan PostgreSQL dsb. Kemudian dari sisi personal sudah beredar aplikasi-aplikasi pengganti Office-nya Microsoft, pengolah grafis, email dan tool jaringan lain yang tentunya bisa dimiliki dengan harga relatif murah atau rasional. Sebenarnya bagaimana perusahan peng- hasil open source dapat memperoleh keuntungan ? Perusahaan-perusahaan itu tidak menjual produknya yang di- copyright secara

biasa. Mereka menggunakan source code yang dapat diperoleh secara bebas dan kemudian menjual versi yang lebih mudah di-install atau digunakan (tentu saja versi ini bisa juga diperoleh secara gratis), sambil memberikan layanan sup- port terhadap pembeli. Karena menggunakan source code gratis, otomatis tidak memer- lukan biaya besar untuk pembuatannya. Mereka fokus untuk menjual jasa support. Mulai dari support terhadap instalasi, manual penggunaan, kustomisasi, hingga paket-paket layanan agar pelanggan dapat memperoleh support sesuai dengan kebu- tuhan setiap saat. Mereka juga mengadakan pelatihan, ujian dan sertifikasi sebagai bukti kemampuan secara standar untuk menggunakan teknologi open source. Bagaimana tentang garansi ? Dengan lisensi open source bukan berarti perusahaan tersebut terlepas dari ikatan apapun ter- hadap konsumen, tetapi tetap memberikan layanan support sesuai rule yang telah ditetapkan.

pengguna software inilah yang kemudian men. bahwa sebuah open source software membentuk sendiri development environment dan marketnya.Sehingga secara hukum perdata tetap terjadi suatu kontrak per. BISNIS INTEGRASI Seiring dengan meningkatnya skill pengguna open source soft. pro. adapula paket yang memang bersifat komersial.lukan oleh pengguna. Ketika kita melisensikan program kita dengan lisensi open source. BISNIS DISTRIBUSI Maksud bisnis distribusi disini adalah dari beberapa software open source yang ada. . dapat dikatakan kita memperoleh engineer-engineer yang berkualitas untuk membangun software kita ini secara gratis. Bagaimana sebuah perusahan berbasis open source memper. Paket kemasan software inilah yang ke. selain mendistribusikan paket software yang gratis. Slackware. Tetapi begitu hal ini terwujud maka kita akan dapat melihat perkembangan yang kilat dari software kita. misalnya: Apache. maka bisnis model distribusi berkembang ke arah integrasi open dan closed source (komersial) software dalam satu produk.gramer-programer dari penjuru dunia dapat berpartisipasi dalam pembuatan software kita. Memang tidak mudah untuk menarik perhatian programer-pro.ware dan semakin tingginya kebutuhan akan solusi bisnis yang lebih terintegrasi. dipilih software yang benar-benar diper. Baik perkembangan dari segi teknikal (versi) software itu sendiri maupun dari segi jumlah pengguna. Dari titik pandang lain.jadi target dari bisnis open source. lalu dipaket sedemikian rupa supaya mudah di-install dan digunakan.oleh keuntungannya? Kita bisa membagi bisnis model open source ke dalam tiga hal berikut.gramer untuk ikut berpartisipasi membangun software kita. Tidak dapat dipungkiri bahwa software-software yang berlisensi open source ini sukses merajai dunia aplikasi web. Ada banyak proyek-proyek open source yang sukses saat ini.mudian dijual ke pengguna. JBoss. Redhat. Para pelanggan diharapkan akan membeli paket software komersial ini dan diharapkan akan datang kembali untuk mem. dll. Tomcat. Zope.janjian antara perusahaan dengan konsumen. yang berkualitas dan telah dilakukan test untuk kestabilan. dsb adalah distribusi kemasan paket software open source yang berbasis ke Linux. Dari segi bisnis. Secara singkat dapat dikatakan.peroleh upgrade dan featurefeature terbaru. Mulai tahun 1993 bisnis distribusi ini mulai marak. Jadi.

secara harfiah dapat dilihat bahwa pedapatan yang dapat diperoleh dalam bisnis Open Source Software ini secara lebih spesifik dapat terbagi menjadi: . Ini dilakukan cukup sukses oleh Redhat dengan RHCE (Red Hat Certified Engineer) dan juga Sun Microsystem. Ada pula vendor yang menawarkan package customization dalam pelayanannya. perusahaan-perusahaan juga melengkapi dengan technical support dan maintenance untuk pengguna.lanjutkan dengan mendidik dan melatih engineer-engineer yang dilengkapi dengan sertifikasi. usaha juga di. Ketika saat ini bisnis distribusi lesu. Tidak hanya sampai disitu.gan ini ditopang penuh dengan bisnis technical support dan maintenance yang lebih banyak menarik pelanggan. manual penggunaan. Dari beberapa penjelasan di atas. package updating dan paket-paket layanan dukun. Jasa tersebut umumnya berupa dukungan terhadap instalasi.gan 24 jam terhadap pelanggan individu maupun perusahaan.BISNIS TECHNICAL SUPPORT DAN MAINTENANCE Selain menjual paket distribusi open source software yang lebih mudah diinstal dan digunakan. maka kekuran.

tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas . 4.duksinya sebagai suatu produk komersial dan lalu men. Dari ratusan software tersebut. perusahaan menjual buku. suatu perusahaan memulai siklus pro. yang berarti "rasa perikemanusian terhadap sesama manusia". gratis digunakan untuk 3. Suatu perusahaan mendapatkan dengan penggunaan nama dagangnya. perangkat keras. Accecorizing. jasa konsultasi. perangkat lunak Open Source dibuat dan didistribusikan untuk mendukung ke arah penjualan service lainnya yang menghasilkan uang. Free it. pengembangan custom. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux. Service Enabler. misal penerbitan buku O Reilly. Widget Frosting. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. 6. Brand Licensing. 2. Distro sendiri merupakan istilah bagi tempat / web pendistribusian Open Source Software. ini brand licensing dan support/seller. Loss leader. 5. peng. pendapatan diperoleh dari penjualan media distribusi. Ubuntu juga bisa berarti "aku adalah aku karena keberadaan kita semua". pelatihan. branding. perusahaan pada dasarnya menjual perangkat keras yang menggunakan program open source untuk menjalankan perangkat keras seperti sebagai driver atau lainnya. Support/seller. dan dukungan setelah penjualan. Sell it.1. suatu produk Open Source menggantikan perangkat lunak komersial.gubahnya menjadi produk open Source. beberapa diantaranya yang cukup populer di kalangan pengguna open source dapat dilihat di bawah ini: UBUNTU "Ubuntu" berasal dari bahasa kuno Afrika. 8. atau barang fisik lainnya yang berkaitan dengan produk Open Source. Software Franchising . merupakan model kombinasi antara DISTRO OPEN SOURCE SOFTWARE DISTRO adalah istilah yang muncul sesuai dengan keberadaan open source.hasilan 7.

000 buah perangkat lunak. Komunitas Ubuntu dibentuk berdasarkan gagasan yang terdapat di dalam filosofi Ubuntu: bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya. Perihal kebebasan inilah yang membuat Ubuntu berbeda dari perangkat lunak berpemilik (proprietary). Ubuntu akan menyertakan terjemahan dan prasarana aksesibilitas terbaik yang dimiliki oleh komunitas Perangkat Lunak Bebas. PC 64bita (AMD64). bukan hanya peralatan yang Anda butuhkan tersedia secara bebas biaya. Ubuntu dirilis secara tetap dan dapat Anda prediksikan. peralatan untuk bahasa pemrograman dan tentu saja beragam permainan. perangkat lunak untuk server web. Berikut ini adalah komitmen publik tim Ubuntu untuk para penggunanya: o Ubuntu akan selalu bebas dari biaya. dan untuk instalasi desktop dapat dilakukan dengan menggunakan satu CD saja. Ubuntu saat ini mendukung berbagai arsitektur komputer seperti PC (Intel x86). hal ini berguna untuk membuat Ubuntu dapat dipergunakan oleh banyak orang. PowerPC (Apple iBook dan Powerbook. bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik. Setiap rilis akan didukung oleh Ubuntu dengan perbaikan pada keamanan dan perbaikan lainnya secara bebas selama sekurangnya 18 bulan. Sun UltraSPARC dan T1 (Sun Fire T1000 dan T2000). Ubuntu juga menyediakan dukungan komersial dari ratusan perusahaan di seluruh dunia. o o o Ubuntu cocok digunakan baik untuk desktop maupun server. Ubuntu sendiri dikembangkan oleh komunitas sukarelawan Ubuntu. aplikasi lembar sebar (spreadsheet) hingga aplikasi untuk mengakses internet. semua pekerjaan terbaik Ubuntu tersedia untuk semua orang dengan istilah bebas yang sama. Ubuntu juga bekerja sama dengan seluruh komunitas Perangkat Lunak Bebas dalam hal perbaikan bug dan saling membagi kode. lalu memperbaikinya dan kemudian menyebarkannya kembali. Ubuntu menyertakan lebih dari 16. maka dari itu tidak akan ada biaya tambahan untuk "edisi enterprise".maupun tenaga ahli profesional. dan bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mengubah perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. tetapi Anda juga mempunyai hak untuk memodifikasi perangkat lunak Anda sampai perangkat lunak tersebut bekerja sesuai dengan yang diinginkan. . untuk ini Ubuntu mendorong masyarakat untuk menggunakan perangkat lunak bebas dan open source. Ubuntu menyertakan semua aplikasi standar untuk desktop mulai dari pengolah kata. rilis Ubuntu terbaru tersedia setiap enam bulan. Ubuntu berkomitmen secara penuh terhadap prinsip-prinsip dari pengembangan perangkat lunak bebas. G4 dan G5).

Untuk keperluan instalasi Anda cukup membutuhkan satu CD saja. sebab semua . tetapi Ubuntu dapat diinstal dengan CEPAT dan MUDAH. Dirilis Dengan Teratur dan Dapat Diprediksi Proyek Ubuntu meluncurkan rilis Ubuntu setiap enam bulan. KDE dan aplikasi penting lainnya. dan tersedia bagi Anda dengan bebas biaya. proyek Ubuntu mempercayai bahwa Perangkat Lunak Bebas haruslah bebas dari biaya lisensi. yang kemungkinan sudah Anda ketahui! Tidak seperti distribusi komersial lainnya yang ada dalam dunia perangkat lunak bebas dan sumber terbuka (Libranet. Arti Bebas disini juga berarti memberikan Anda hak akan Kebebasan pada Perangkat Lunak. Ubuntu menyertakan lingkungan desktop Gnome / KDE / XFCE terbaru di setiap rilis dan juga menyertakan beragam pilihan perangkat lunak untuk server dan desktop yang semuanya dikemas ke dalam satu CD. X. Red Hat). masih ada beberapa bagian yang harus Anda ketahui terlebih dahulu untuk melakukan instalasi. Cepat dan Mudah Instalasinya Ubuntu memang tidak menggunakan penginstal berbasis grafik yang cantik. tetapi metode instalasi baku Ubuntu akan mudah digunakan dan bekerja dengan baik untuk semua orang. Oke. Xandros. Gnome.Ubuntu adalah suatu sistem operasi bebas dan open source yang menggunakan Debian sebagai fondasinya dan dirilis secara berkala (setiap enam bulan). Sama Sekali Bebas Biaya Ubuntu adalah Perangkat Lunak Bebas. fokus utama sistem operasi Ubuntu adalah para pengguna dan kemudahan penggunaan (sesuai dengan "Just Work") dan pada setiap rilis Ubuntu akan memberikan perbaikan keamanan selama 18 bulan. dan untuk setiap rilis Ubuntu memberikan dukungan untuk perbaikan keamanan selama 18 bulan. Di setiap rilis akan terdapat aplikasi terbaru seperti kernel. Lindows.

dan juga dengan banyak aplikasi yang berguna untuk keperluan bisnis. karena setelah ini untuk upgrade dari satu versi ke versi berikutnya dapat dilakukan melalui jaringan tanpa memerlukan CD penginstal lagi. Penginstal Ubuntu mungkin tidak memakai basis GUI. Anda juga tidak harus menginstal ulang sistem operasi. aplikasi untuk menggambar dan grafik. DEBIAN Debian adalah sistem operasi berbasis kernel Linux. Debian termasuk salah satu sistem operasi Linux yang bebas untuk dipergunakan dengan menggunakan lisensi GNU. yaitu sistem operasi Debian dikembangkan secara murni tanpa mendasarkan pada sistem operasi yang telah ada. tetapi Anda hanya akan menggunakannya sekali saja.aplikasi yang dibutuhkan untuk instalasi telah disertakan dalam dalam satu CD. . Debian adalah 'kernel independen'. Selain ini ada ribuan perangkat lunak tambahan yang dapat Anda instal hanya dengan meng-klik satu tombol. instalasi Ubuntu akan selesai kurang dari 25 menit. cukup meng-upgrade versi Ubuntu yang dimiliki ke versi berikutnya jika Anda menginginkannya. aplikasi untuk internet. Anda dapat langsung menggunakan Ubuntu. Hanya dengan satu CD Anda sudah memiliki lingkungan desktop yang sangat bagus. dan juga beragam permainan. Langsung Dapat Digunakan Sesaat Anda selesai menginstal Ubuntu. Pada komputer umum. Di dalam sistem Anda terdapat banyak aplikasi untuk kegiatan bisnis. sedangkan untuk aplikasi tambahan lainnya tersedia secara online jika Anda membutuhkannya. kegiatan di rumah dan untuk pengguna komputer pribadi dan semuanya sudah terinstal dalam Ubuntu.

Dia juga membentuk organisasi "Software in Public Interest" untuk menaungi Debian secara legal dan hukum.00. Slackware pada awalnya merupakan turunan dari Softlanding Linux System. yang dia beri nama Slackware. Pada 8 April.0 diberi nama kode “Lenny” dan telah dirilis pada kuartal akhir 2009. yang kemudian tetap bertahan bahkan setelah Slackware menjadi proyek serius. SLS mendominasi pasar sampai para pengembang membuat keputusan untuk mengganti format executablenya dari a. Debian GNU/Linux 4.out ke ELF. Nama "Slackware" berasal dari fakta bahwa distribusi ini dimulai sebagai sebuah proyek pihak swasta tanpa komitmen apa-apa. Pengalihan arsitektur ke selain i386 dimulai ditahun 1995. Ini bukan keputusan yang populer di kalangan basis pengguna SLS pada saat itu. Bruce Perens menggantikan Ian Murdoch sebagai Pemimpin Proyek. Slackware merupakan salah satu distro Linux awal. Di akhir tahun 2000. pada tanggal 16 Agustus 1993. Serta di tahun yang sama para pengembang memulai konferensi dan workshop tahunan "debconf". Amerika Serikat. SLACKWARE Slackware merupakan sistem operasi berbasis kernel linux yang dibuat Patrick Volkerding dari Slackware Linux. Dalam tahun yang sama pengembang debian Ean Schuessler. Proyek Debian tumbuh lambat pada awalnya dan merilis versi 0. berinisiatif untuk membentuk Debian Social Contract dan Debian Free Software Guidelines. Versi 1. diluncurkan pada tanggal 16 Juli 1993. dan merupakan yang tertua yang masih dikelola. Untuk mencegah proyek ini menjadi terlalu serius pada awalnya. proyek Debian melakukan perubahan dalam archive dan managemen rilis.0 di rilis dengan nama kode "Etch". memberikan standar dasar komitmen untuk pengembangan distribusi Debian. Slackware berkali-kali dirilis. Ditahun 1996. Volkerding memberi nama yang lucu itu. mulai dari rilis nomor 4 sampai . yang paling populer dari distribusi Linux asli. Patrick Volkerding meluncurkan versi modifikasi dari SLS. seorang mahasiswa dari Universitas Purdue. Tujuan utama Slackware adalah stabilitas dan kemudahan desain. Rilis pertama Slackware. Kata "Slack" (kendor) di Slackware merujuk pada istilah "Slack" seperti yang digunakan oleh Gereja para SubGenius. Rilis terbaru yang dikeluarkan oleh Debian merupakan Debian GNU/Linux 5. serta menjadi distribusi Linux yang paling mirip Unix. 2007. Berupa sebuah citra 3½" floppy disk yang tersedia melalui FTP.x dimulai tahun 1996. 1.Debian pertama kali diperkenalkan oleh Ian Murdoch. Pada tahun 1999.9x di tahun 1994 dan 1995.

7. beberapa proyek berbasis komunitas mulai menawarkan distribusi GNOME lengkap untuk Slackware. Pada tahun 2005. Nyalakan komputer anda dengan CD Knoppix terpasang dan dalam hitungan menit anda sudah dapat menikmati sebuah komputer Linux tanpa perlu khawatir akan data harddisk yang hilang. lingkungan desktop GNOME telah dihapus dari rilis yang akan diluncurkan. keduanya dikembangkan bersamaan. dan diserahkan kepada dukungan komunitasnya. Knoppix diedarkan dalam edisi DVD "maxi" (sekitar 9GB perangkat lunak). dan edisi CD "light".1.1. Sebagai balasan. Distro KNOPPIX setiap peluncurannya selalu menyertakan kernel.1 ke 3. Knoppix tidak memerlukan instalasi. tetapi hal ini tidak dihitung sebagai rilis resmi.0 bukan 3. Sejak April 2008. KNOPPIX cocok sekali bagi anda yang benar-benar hanya ingin tahu bagaimana Linux itu dan tidak ingin konfigurasi komputernya berubah sama sekali.distro lainnya.1 ke 5. Slackware memang memiliki beberapa rilis Beta dalam rentang 6. Rilis Slackware x86 stabil terbaru adalah 13. Kelemahan dari Knoppix adalah diperlukannya memori yang besar untuk menggunakan modus grafisnya yaitu 96 MB walaupun bisa juga dijalankan pada memori 64 MB dengan swap pada hard disk. KNOPPIX merupakan distribusi yang tergolong unik. Knoppix juga dapat dipergunakan sebagai CD rescue. yang kala itu banyak yang telah melepas nomor 6 (seperti Red Hat yang merilis setiap revisi dari distribusinya dengan kenaikan dari 4. setelah versi 5. aplikasi dan dukungan hardware yang baru dan sangat baik. Hal ini dijelaskan oleh Patrick Volkerding sebagai upaya pemasaran untuk menunjukkan bahwa Slackware adalah sebuah distro Linux yang up-to-date sebagaimana distro.1.x. Serta mudah untuk dikembangkan baik untuk pendidikan maupun industri. KNOPPIX Knoppix adalah distro Linux live-cd yang dapat dijalankan melalui CD-ROM tanpa instalasi di hard disk. Penyingkiran GNOME dianggap oleh sebagian komunitas Linux sebagai tindakan yang menggemparkan karena lingkungan desktop tersebut banyak digunakan di distro-distro Linux. Jika distribusi yang lain memerlukan instalasi untuk penggunanya.2 sebagaimana Slackware). Distro berbasis Debian Linux ini diciptakan oleh Klaus Knopper. mulai versi 4 sampai 5. MANDRIVA LINUX .0 sejak Agustus 2009. Knoppix memiliki ragam aplikasi yang cukup lengkap dan dapat dipergunakan sebagai demo atau sarana belajar Linux bagi yang belum mempunyai ruang pada hard disknya.1 hanya edisi DVD yang tersedia.

Pada bulan Februari 2004. PCLinuxOS PCLinux diturunkan dari distro PCLinuxOS (vari. tetapi keluar dari perusahaan tersebut di tahun 2006. PCLinux muncul pertama kali di bulan Maret 2006 pada saat acara Roadshow Easy Linux.1) dan KDE (versi 1. PCLinux pada awalnya dibuat untuk memperlihatkan kepada peserta Road. Mandrakesoft mengumumkan nama perusahaannya menjadi Mandriva. Duval yang juga seorang co-pendiri Mandrakesoft. Pertama kali dirilis berbasis Linux Redhat (versi 5. Pada bulan April 2005 Mandrakesoft mengakuisisi Conectiva. driver dll) dan 12 bulan untuk update desktop (jendela manajer. Dari awal hingga versi 8. Sedang versi 8. Mandrake menamai produk utamanya dengan Linux Mandrake. pemilik King Features Syndicate.an Mandriva) yang dari hari ke hari semakin meningkat popularitasnya.009. Sebagai tindakan pencegahan. dll. . Hearst menuduh MandrakeSoft melanggar hak cipta karakter King Features bernama 'Mandrake the Magician'. Dia menggunakan RPM Package Manager.show bagaimana mudahnya membuat distro Linux. rilis terakhir dari distro ini dinamakan Mandriva 2009 (2. Masa rilis produk Mandriva Linux adalah 18 bulan untuk update basis (kernel. Mandrakesoft mengganti nama produknya dengan menghilangkan spasi antara merek dan nama produk serta mengubah huruf pertama dari nama produk menjadi huruf kecil. Mandrake Linux dikenal sebagai Mandrakelinux.1 sampai 9.2 dinamai Mandrake Linux. dan lebih difokuskan untuk kemudahan penggunaan bagi pengguna baru. demikian pula logonya. sehingga menjadi satu kata.0.0) yang dirilis pada 9 Oktober 2008. Mandriva Linux awal mulanya merupakan buatan Gael Duval.Mandriva Linux (sebelumnya Mandrakelinux atau Mandrake Linux) adalah sistem operasi yang dibuat oleh Mandriva (sebelumnya Mandrakesoft). Server produk menerima update penuh setidaknya 24 bulan setelah mereka rilis. Pada saat ini. web browser. lingkungan desktop.0. dan bahwa Mandriva Linux akan menjadi nama baru bagi produk-produknya. Mulai dari versi 10. sebuah perusahaan Brasil yang menghasilkan distribusi linux berbahasa Portugis (Brasil) di Spanyol dan Amerika Latin.). Akibat akuisisi ini dan sengketa hukum dengan Hearst Corporation.0) pada Juli 2008. Mandrakesoft kalah dalam suatu kasus di pengadilan terhadap Hearst Corporation.

distro ini terus diperbarui dan ditambah fiturfiturnya sehingga menjadi software alternatif yang disukai oleh banyak pengguna di Indonesia. PCLinuxOS pertama kali dirilis pada bulan Maret 2006. 2009. PCLinuxOS Perfect Desktop. games dan multimedia yang yang dapat digunakan secara langsung baik secara installasi maupun secara liveCD.2009. .0 telah dirilis dalam versi final yang memiliki dasar dari PCLinuxOS.1 (KDE Version) serta mampu mengimplementasikan be.berapa aplikasi personal/private. dan pada tanggal 13 Maret 2009.Seiring dengan berjalannya waktu.

10 Gutsy Gibbon ini dikembangkan YPLI bersama komunitas Ubuntu Indonesia. Blangkon dan lain-lainnya.1) berbasis distro Fedora. Distro ini merupakan salah satu upaya dalam kerangka perwujudan IGOS yang dideklarasikan oleh 5 Menteri pada tanggal 30 Juni 2004 lalu. Pengembangan BlankOn ini disponsori oleh badan dunia PBB di bidang pendidikan. Saat ini IGOS Nusantara 3 merupakan rilis teranyar dari distro tersebut. khususnya untuk dunia pendidikan. Tujuan pengembangan BlankOn yaitu menghasilkan distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia. dan dvd. Rilis terakhir dari BlanKon yang sudah memasuki versi 5. ilmu pengetahuan. BlankOn 2. Dilengkapi dengan semua paket aplikasi sebagaimana sebuah desktop yang lengkap seperti suit office.0 yang disebut sebagai BlankOn Nanggar. BLANKON BlankOn merupakan distro Linux yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) secara terbuka dan gotong-royong bersama komunitas Linux lainnya di Indonesia. dan kebudayaan UNDP. Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan rilis BlankOn satu hingga dua kali setahun. yang merupakan turunan dari Ubuntu 8.0 mendukung multimedia seperti mp3.0 dan 1. serta memiliki thema atau tampilan grafis yang khas Indonesia.10 ini dirilis ke publik pada tanggal 7 Mei 2009. dan pemerintahan.IGOS IGOS merupakan distro Linux yang dikembangkan oleh pemerintah Indonesia cq Kementerian Ristek bekerjasama dengan beberapa komunitas dan organisasi pencinta Linux di Indonesia. UNESCO dan beberapa lembaga di Indonesia. seperti Monumen Nasional. Batik.0 Konde yang berbasis distro Linux Ubuntu 7. klien chat. BlankOn versi sebelumnya (1. BlankOn 2. . perkantoran. klien email. Pengembangan BlankOn akan terus dilakukan secara terbuka dalam forum publik. PINUX (POINTER LINUX) Pinux atau Pointer Linux dengan tampilan sangat mirip Windows XP adalah sebuah desktop Linux bikinan dalam negeri. vcd.

Japan. Thailand. Dapat menampilkan aksara Asia seperti: Chinese. langsung mendukung windows samba disk share dan printer share disamping mampu menjadi remote desktop dan memroses berita popup. User friendly desktop. maka semua komputer Pinux akan dapat menggunakan Windows XP tersebut pada waktu bersamaan dan dapat menggunakan semua aplikasi-aplikasi yang terinstall dalam Windows XP tersebut. terdapat 10 komputer Pinux dan 1 Komputer Windows XP (SP2). Mengemas semua aplikasi Linux popular dan dapat menjalankan aplikasi Windows baik remote maupun menggunakan emulator (wine). Dengan demikian bila PINUX tersambung dalam sebuah jaringan yang mengandung sebuah WindowsXP SP2. Korea. • • .messanger dan multimedia yang 100% GPL (General Public License). India dan lainnya. Aman: Semua aplikasi yang disertakan open source yang bebas Pungli (Pungutan Lisensi) Bisa bergabung dengan lingkungan jaringan MS Windows. Cocok untuk Warnet. desktop pada layar Pinux akan berganti menjadi desktop Windows XP. Fitur yang dikedepankan adalah fungsi sebagai klien Windows XP. sehingga pemakainya akan serasa menggunakan Windows XP. Administrasi dan konfigurasi Pinux bebasis Web. bahkan dengan tampilan yang sama. Fitur yang saat ini dimiliki oleh PINUX: • • • • • • Simple installations: tidak perlu jadi pakar untuk mampu menginstalasi Pinux. oleh karena itu banyaknya user yang sanggup dilayani oleh komputer Windows XP tentunya akan sangat tergantung pada kekuatan memori dan prosesor pada komputer Windows XP. pusat pelatihan (student training) atau perkantoran dengan lingkungan yang masih memiliki aplikasi berbasis Windowse. Juga disertakan beragam perkakas untuk administrator sistem. Proses komputasi tetap dilakukan pada komputer Windows XP. Sebagai contoh tipikal sebagaimana disebutkan pengembangnya adalah aplikasi untuk WarNet : website Dalam satu internet café. sedangkan komputer Pinux hanya akan berfungsi sebagai desktop interface (tampilan). maka ia dapat memanfaatkan aplikasi yang terpasang di Windows dari jarak jauh. Pada mode full screen.

investasi rendah (bandwidth Speedy 900MB) atau pinjam CD teman. karena Anda dapat dengan mudah meng-akses informasi tentang distro tersebut. Cukup banyak distro-distro yang terkenal seperti Red Hat. . Gentoo. Fedora Core dll. Open Susse.• • Telah diuji lebih dari 9 bulan di ratusan jenis merek PC dan ribuan users sebelum dirilis. tentu masih banyak lagi distro-distro baru bermunculan dari tahun ke tahun. yang sengaja tidak dimuat dalam buku ini. Selain beberapa distro yang telah disebutkan di atas. Pinux bebas di download.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful