ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS 12

OLEH: YUYUN YUNINGSIH

Kemakmuran : terpenuhinya seluruh kebutuhan manusia Kebutuhan : segala sesuatu yang naluriah dan sangat diperlukan oleh manusia untuk mempertahankan hidupnya.

Prioritas 1. dll. pangan. Kebutuhan Primer : Kebutuhan yang paling utama untuk dipenuhi/kebutuhan alamiah (sandang. Kebutuhan Sekunder : Kebutuhan setelah kebutuhan primer terpenuhi. meja. komputer. alat tulis. radio.timbul setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi . TV layar datar 54 inci.mobil sedan yang mewah. buku. wisata ke Alaska.bertujuan untuk meningkatkan pristise dalam masyarakat. Kebutuhan Tersier : . untuk menjaga kenyamanan hidup dan jati dirinya (tempat tidur. kursi.Klasifikasi kebutuhan menurut karakteristiknya : A. . papan) 2. dll) 3. tertuju kepada barang-barang mewah .

pemuasan dan perhatian. hiking bersama temanteman. Kebutuhan Rohani . pendidikan. dll . manusia masih membutuhkan ketentraman.ibadah. Kebutuhan Jasmani : segala sesuatu yang diperlukan manusia untuk memelihara raganya. rekreasi. 2. Sifat 1. . kenyamanan. membaca buku. berkumpul dengan orang tua.Selain makan dan minum.B.

Kebutuhan yang akan datang . menabung dalam rangka penyediaan dana untuk melanjutkan pendidikan.Kebutuhan yang pemenuhannya harus sekarang juga atau tidak dapat ditunda minum obat bagi orang sakit. jika ditunda maka nyawa si sakit akan terancam 2.Kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan di kemudian hari .Penyediaan perlengkapan bayi bagi ibu yang sedang mengandung.C. Kebutuhan sekarang . tabungan hari tua. Waktu 1. dll .

Subjek yang dibutuhkan 1. dll. telepon umum. tempat rekreasi.Kebutuhan yang mencakup hal-hal yang diperuntukan bagi perseorangan (individu) . jalan raya.berbeda-beda untuk tiap orang 2. Kebutuhan individual . rumah sakit.Jembatan. pasar. . . angkutan umum.Kebutuhan yang dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat secara bersama-sama. Kebutuhan kolektif .D.

1. Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia Keadaan alam Bandingkan kebutuhan orang yang tinggal di daerah pegunungan dengan kebutuhan orang yang tinggal di daerah pesisir ! Peradaban Makin tinggi peradaban suatu masyarakat. 4. makin banyak kebutuhan dan makin tinggi pula kualitas atau mutu barang yang dibutuhkan Agama Adat istiadat . 2. 3.

Benda ekonomi : barang yang membutuhkan pengorbanan sumber daya untuk memperolehnya karena jumlahnya terbatas 2. Benda bebas : benda pemuas kebutuhan yang diberikan oleh alam dlam jumlah yang sangat banyak sehingga untuk memperolehnya tidak diperlukan pengorbanan .BENDA SEBAGAI PEMUAS KEBUTUHAN Macam-macam benda pemuas kebutuhan didasarkan pada : A.Cara memperoleh 1.

benda yang digunakan dalam proses produksi . Kegunaan 1. sepatu.buah-buahan. Benda Produksi .benda yang dapat langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan . dll 2. Benda konsumsi . roti.B. baju.

nikel) . tambang (minyak. palawijaya). hasil pertanian (padi. tembakau). hasil perkebunan (kopi. batu bara. timah.barang yang belum diolah atau belum mengalami proses produksi . bahan mentah .hasil hutan (rotan. teh. damar).C.Proses Pembuatan 1. kayu.

2.berasal dari bahan mentah yang diproses sampai ke tingkat tertentu .barang olahan produksi yang siap dipakai untuk memenuhi kebutuhan . Barang setengah jadi .contoh : benang untuk industri tekstil. kopra untuk industri minyak goreng. kulit untuk untuk industri seaptu dan tas 3. semen untuk produksi tegel. Barang jadi .barang yang sudah diproses tetapi belum merupakan barang siap pakai .

Hubungan dengan benda lain 1. . 2. Benda Komplementer Merupakan benda pemuas kebutuhan yang berdaya guna atau dirasakan manfaatnya jika dipakai bersama dengan benda pemuas kebutuhan yang lain. Benda Substitusi Merupakan benda pemuas kebutuhan yang dapat menggantikan peran benda pemuas kebutuhan lainnya.

turunan dari bahasa inggris “utility”. .Kegunaan benda pemuas kebutuhan Suatu barang ataupun jasa jika terpakai mengisyaratkan bahwa barang atau jasa tersebut memang berguna sebagai benda pemuas kebutuhan. yang berarti kegunaan. Istilah kegunaan benda pemuas kebutuhan dalam lingkup pelajaran kita disebut dengan utilitas.

Kegunaan bentuk (Form Utility) Kegunaan Tempat (Place Utility) Kegunaan Waktu (Time Utility) Kegunaan Pemilikan (Ownership Utility) . 4.Kegunaan benda ini dapat dibedakan menjadi : 1. 2. 3.

ILMU EKONOMI . KELANGKAAN. DAN PILIHAN Ilmu ekonomi adalah : Ilmu yang mempelajari cara-cara yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan yang tidak terbatas menggunakan sumber daya yang terbatas. .

angkatan kerja : mereka yang mau dan sanggup bekerja . laut. Tenaga kerja .semua bahan baku di bawah tanah. dan sungai. dan yang tumbuh dari tanah 2.kerja keras manusia yang diupayakan oleh angkatan kerja . segala sesuatu yang ada pada permukaan tanah. Tanah (land) .Sumber daya yang terbatas (Faktor-faktor produksi) : 1.

pabrik. Modal .mesin-mesin.faktor keorganisasian yang dimiliki oleh para wirausahawan yang berani mengambil risiko untuk menjalankan usaha Semua faktor produksi terbatas jumlahnya : Scarcity (kelangkaan) . sumber daya keuangan. Kewirausahaan . dan gedung-gedung yang digunakan untuk menghasilkan output.3. 4.

Apa yang menyebabkan benda pemuas kebutuhan langka ? • Keterbatasan persediaan sumber daya alam • Keterbatasan kemampuan manusia untuk mengolah alam • Keserakahan manusia : Penebangan hutan liar • Meningkatnya kebutuhan manusia yang lebih cepat • Belum ditemukannya sumbersumber baru .

yaitu jagung dan kacang tanah.Biaya Kesempatan (Opportunity Cost) • Biaya kesempatan atau peluang • Sumber daya yang sudah digunakan untuk tujuan tertentu. Petani dapat menanami seluruh sawahnya dengan jagung atau kacang tanah atau kombinasi keduanya. Ia memiliki pilihan untuk menanam dua macam jenis tumbuhan pangan. tidak dapat sekaligus digunakan untuk tujuan yang lain • Contoh : Seorang petani memiliki sawah seluas 1 hektar. Kombinasi jumlah produksi jagung dan kacang tanah yang dapat dihasilkan oleh satu hektar tanah adalah : .

1 KEMUNGKINAN RODUKSI Kombinasi Jagung (kg) 1000 A Kacang Kedelai (kg) 0 B C D 700 500 0 350 600 1000 .Tabel 1.

.Ekonomi Mikro VS Ekonomi Makro • Ekonomi mikro : ilmu ekonomi yang mempelajari pasar dan perilaku antar individu dalam menentukan keputusan. inflasi dll. mencakup tingkat pengangguran. mencakup perilaku ekonomi perusahaan bisnis dan rumah tangga • Ekonomi makro : ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku ekonomi dalam konteks agregat (luas). pertumbuhan ekonomi nasional.