Perdagangan Internasional

(Teori keunggulan komparatif - David Richardo)
Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Perdagangan Internasional

Disusun oleh : Kelompok 2 Medina Juniar Djauhari Mentari Hartyas Karina Diandra Olga Maria JS Ninda Saraswati 150610100086 150610100087 150610100088 150610100089 150610100090

PROGRAM STUDI AGRIBISNIS FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS PADJADJARAN 2013
1

Teori Smith (1776) yang pertama kali mengungkapkan tentang free trade dan mendukung invisible hand yang mengatur mekanisme pasar. teori Adam Smith yang disebut dengan Teori Keunggulan Absolut (Absolute Advantage). Berikutnya. atau untuk memproduksi dan menjual ke negara lain. yaitu Eli Heckser dan Bertil Ohlin. Merkantilisme menyebutkan bahwa untuk meningkatkan kemakmuran negara yaitu dengan meningkatkan ekspor dan mengurangi impor. Perdagangan bebas (free trade) hanya dapat terlaksana jika pemerintah tidak memberi batasan atau quota untuk membeli dari negara lain. Ricardo. tepatnya pada tahun 1817. Keuntungan muncul sebab perdagangan internasional mengijinkan suatu negara untuk mengkhususkan pembuatan dan ekspor produk yang dapat diproduksi lebih efisien di dalam negeri dan mengimpor produk yang dapat diproduksi lebih efisien di negara-negara lain. Keuntungan dan Manfaat Perdagangan Kekuatan besar Teori Smith. Akal sehat menyatakan bahwa beberapa negara diuntungkan dengan adanya perdagangan internasional. dan Heckscher-Ohlin menunjukkan bahwa suatu ekonomi negeri boleh memperoleh jika warganegaranya membeli produk tertentu dari negara-negara yang lainnya bisa jadi produk tersebut adalah produksi dari dalam negari sendiri. Perasaan kebangsaan yang sama dapat diamati di banyak negara-negara lain. Ricardo dan Heckscher-Ohlin menunjukkan kenapa suatu negeri diuntungkan untuk terlibat dalam perdagangan internasional. Karenanya.BAB I PENDAHULUAN Merkantilisme mulai muncul sekitar abad 16-17. Sekitar abad 19. Teori Smith. Suatu negara yang memiliki kelemahan absolut dalam memproduksi dua barang dibanding negara lain namun memiliki suatu keunggulan komparatif atau relatif dalam memproduksi barang. dimana kelemahan absolutnya berkurang. yang biasa disebut H-O Theory. untuk bisa menghasilkan produk untuk diri/ negeri sendiri. 2 . munculah teori dari ekonom Swedia. campur tangan pemerintah dalam pembatasan import dengan pemberlakuan tarif dan quota diperlukan. Teori Smith. David Ricardo (salah satu pendukung Smith) mengungkapkan tentang keunggulan komparatif antar negara. Ini adalah suatu konsep sulit untuk diserap orang-orang. A. Abad 20. Bagaimanapun. masih dapat berdagang dengan negara lain. Ricardo dan Heckscher-Ohlin adalah bahwa mereka sama-sama berpendapat bahwa melakukan perdagangan internasional adalah menguntungkan.

Teori Heckscher-Ohlin menekankan saling mempengaruhi antara proporsi di mana faktor-faktor produksi ada di negara-negara berbeda dan proporsi dimana mereka diperlukan untuk memproduksi barangbarang tertentu. Teori Ricardo menawarkan suatu penjelasan dalam kaitannya dengan perdagangan internasional karena perbedaan produktivitas. sesudah itu sukar untuk menghadapi tantangan. setelah produk baru diterima secara luas atau secara internasional. pola perdagangan tiba pada kemampuan perusahaan di suatu Negara yang ditentukan oleh bagaimana untuk menangkap first-mover advantage. Memperluas pasar dan menambah keuntungan 4. dan Heckscher-Ohlin membantu ke arah menjelaskan pola perdagangan internasional yang kita amati di dunia ekonomi. produk akhirnya bisa diekspor kembali ke negeri dimana inovasi produk tersebut berasal. Satu tanggapan awal terhadap kegagalan Teori Heckscher-Ohlin untuk menjelaskan pola perdagangan internasional yang diamati adalah Teori Product Life-Cycle. beberapa aspek pola mudah untuk dipahami. 3 . Memperoleh keuntungan dari spesialisasi 3. Ricardo. Teori ini menekankan bahwa dalam beberapa hal negara-negara tidak mengkhususkan produksi dan ekspor dari produk tertentu karena mendasari perbedaan dalam faktor endowment. menyatakan bahwa lebih sedikit penjelasan kuat dunia nyata tentang pola berdagang dibanding pemikiranpemikiran yang muncul. maka produksi mulai ke negaranegara lain. Sekitar tahun 1980 ahli ekonomi Paul Krugman dari Massachusetts Institute of Technology mengembangkan apa yang nantinya dikenal sebagai teori perdagangan baru (New Trade Theory). Transfer teknologi modern B. Dalam industri yang demikian. Pola Perdagangan Internasional Teori Smith. penjelasan ini percaya pada asumsi bahwa negara-negara mempunyai bermacam-macam endowment berupa faktor-faktor produksi. sebagai hasilnya. kebanyakan produk baru diproduksi dan diekspor dari negeri di mana mereka telah dikembangkan. teori menyarankan. manfaat perdagangan internasional adalah: 1. Memperoleh barang yang tidak dapat diproduksi di negeri sendiri 2. Dari teori ini.Menurut Sadono Sukirno. perusahaan yang pertama masuk pasar dan membangun suatu keunggulan kompetitif. tetapi karena pasar dunia industri tertentu hanya mendukung suatu jumlah terbatas perusahaan. Teori yang diusulkan oleh Raymon Vernon ini menyatakan bahwa awal daur hidup produk.

Perbedaan iklim dan sumber daya (resource) tiap negara Perbedaan produktivitas Adanya faktor-faktor produksi Perbedaan skill Adanya pionir (first mover) – berasal dari inovasi Keinginan memperoleh keuntungan dan meningkatkan pendapatan negara Keinginan membuka kerjasama.Dalam teori perdagangan baru. C. 7. 8. 4. Porter menunjukkan pentingnya faktor negeri seperti permintaan domestik dan persaingan domestik dalam menjelaskan suatu kekuatan bangsa dalam produksi dan ekspor produk tertentu. sebagai tambahan terhadap faktor endowment. dengan mencoba untuk menjelaskan mengapa negara-negara tertentu mencapai sukses internasional dalam industri tertentu. 6. hubungan politik dan dukungan dari negara lain Terjadinya era globalisasi 4 . 2. 5. Michael Porter dari Harvard Business School mengembangkan suatu teori yang dikenal sebagai teori National Competitive Advantage. 3. Faktor Pendorong Perdagangan Internasional Banyak faktor menjadi pendorong suatu negara melakukan perdagangan internasional. diantaranya: 1.

tetapi tidak mampu memproduksi timah secara efisien dan murah. yang mengumpulkan kekayaan pribadi yang cukup.perdagangan internasional terjadi bila ada perbedaan keunggulan komparatif antarnegara. Dengan demikian. Sebaliknya. Mungkin kontribusi yang paling penting adalah hukum keunggulan komparatif.11 September 1823) adalah seorang ekonom politik Inggris.BAB II PEMBAHASAN A. dimana hanya ada satu negara yang memiliki keunggulan absolut untuk kedua jenis produk. Sebagai contoh. Indonesia mampu memproduksi kopi secara efisien dan dengan biaya yang murah. B. Menurutnya. Karena dalam perdagangan internasional akan terjadi keunggulan absolut yang berbeda. Indonesia memiliki keunggulan komparatif dalam memproduksi kopi dan Malaysia memiliki keunggulan komparatif dalam memproduksi timah. tetapi tidak mampu memproduksi kopi secara efisien dan murah. Indonesia dan Malaysia sama-sama memproduksi kopi dan timah. Ia berpendapat bahwa keunggulan komparatif akan tercapai jika suatu negara mampu memproduksi barang dan jasa lebih banyak dengan biaya yang lebih murah daripada negara lainnya. negara suatu bangsa dapat tersebut melakukan meningkatkan spesialisasi standar kehidupan dan pendapatannya jika produksi barang atau jasa yang memiliki produktivitas dan efisiensi tinggi. Adam Smith. pemodal dan spekulan. sebuah argumen mendasar dalam mendukung perdagangan bebas antara negara-negara dan spesialisasi antar individu. bersama dengan Thomas Malthus. Perdagangan akan saling menguntungkan jika kedua negara bersedia bertukar kopi dan timah. Malaysia mampu dalam memproduksi timah secara efisien dan dengan biaya yang murah. David Ricardo (19 April 1772 . Dalam teori keunggulan komparatif. sering dikreditkan dengan sistematis. dan John Stuart Mill. maka tidak akan terjadi perdagangan 5 . pengusaha. KEUNGGULAN KOMPARATIF (COMPARATIVE ADVANTAGE) Teori Adam Smith mempunyai kelemahan. Dia juga anggota DPR. dan merupakan salah satu yang paling berpengaruh dari ekonom klasik. Teori Keunggulan Komparatif Teori keunggulan komparatif (theory of comparative advantage) merupakan teori yang dikemukakan oleh David Ricardo. ekonomi.

4. 3. Ricardo menyebutkan bahwa suatu negara akan memperoleh manfaat dari perdagangan internasional jika melakukan spesialisasi produksi dan mengekspor barang dimana negara tersebut dapat berproduksi relatif lebih efisien serta mengimpor barang dimana negara tersebut berproduksi relatif kurang atau tidak efektif. Teori ini kemudian diperbaiki dan dikembangkan lagi oleh David Ricardo dengan teori Comparative Advantagenya. Faktor produksi sama sekali tidak mobile antar negara. Dalam bukunya Pricipless of Political Economy (1817). Ini terjadi bahkan di 6 . Menurut teori absolute advantage maka perdagangan tidak mungkin terjadi tetapi secara comparative advantage perdagangan tersebut dapat terjadi. Tidak diperhitungkannya biaya dari pengangkutan dan lain-lain dalam hal pemasaran Produksi dijalankan dengan biaya tetap. Teori ini berlandaskan pada asumsi: 1. Oleh karena itu. Teori Ricardo menyatakan bahwa konsumen dalam semua negara dapat mengkonsumsi lebih jika tidak ada pembatasan pada perdagangan. Menurut Ricardo. hal ini berarti skala produksi tidak berpengaruh. Karena yang dilihat disini adalah keuntungan komparatif yang diperoleh oleh suatu negara dibandingkan dengan negara lainnya. yaitu bahwa nilai suatu barang ditentukan oleh jumlah tenaga kerja yang dipergunakan untuk menghasilkan barang tersebut. suatu negara akan melakukan spesialisasi dalam produksi barang-barang dan mengekspornya bilamana negara tersebut mempunyai keuntungan dan akan mengimpor barang-barang yang dibutuhkan jika mempunyai kerugian dalam memproduksi. Keuntungan Dari Perdagangan Pesan dasar dari teori keunggulan komparatif adalah produksi dunia potensi itu adalah lebih besar dengan perdagangan bebas tak terbatas dibandingkan dengan perdagangan terbatas.internasional yang menguntungkan. dimana nilai barang yang ditukar 2. C. seimbang dengan jumlah tenaga kerja yang dipergunakan untuk memproduksinya. 5. Ada kalanya suatu negara dapat menghasilkan dua jenis produk dan mempunyai keuntungan mutlak untuk kedua produk tersebut. Labor Theory of Value. jika negara tidak memiliki keunggulan mutlak maka hendaknya melihat perbandingan efisiensi antara dua produk dan menghasilkan produk yang lebih efisien. Perdagangan internasional dilihat sebagai pertukaran barang dengan barang.

Kita tidak mengatakan tentang tingkat kurs. Dengan asumsi-asumsi ini dapat disimpulkan bahwa perdagangan bebas menguntungkan satu sama lain yang diperluas ke dunia nyata dari banyak negara-negara. 7 . 6. Kita beranggapan dunia yang sederhana yang mana hanya ada dua negara dan dua harta benda. itulah. banyak barang-barang. biaya-biaya transportasi positif. 5. D. keduaduanya mengurangi dan meningkatkan keuntungan untuk spesialisasi yang ada. Teori ini menyediakan suatu dasar pemikiran kuat untuk memberi harapan kepada mereka yang berharap pada perdagangan bebas. Kita beranggapan banyak biaya transportasi antar negara. dengan derajat tingkat lebih besar dibanding teori kenggulan absolut. Kita beranggapan bahwa setiap negara mempunyai persediaan sumber daya tetap dan perdagangan bebas tidak mengubah efisiensi penggunaan sumber daya sebuah negara. kita sudah mengasumsikan akibat-akibat dari pedagangan distribusi pendapatan di dalam suatu negeri. nilai tukar yang mudah berubah. 2. Pada kenyataannya. Pada kenyataannya. ini adalah tidak selalu kasus. perumpamaan sederhana bahwa coklat dan beras tidak dapat ditukar satu per satu. Dengan kata lain. teori komparatip keuntungan menyatakan bahwa perdagangan adalah suatu positive-sum game di mana semua negara dapat mengambil bagian keuntungan ekonomi. spesialisasi itu dari Ghana atau Korea Selatan tidak mempunyai pengaruh pada jumlah sumber daya yang diperlukan untuk menghasilkan satu ton cocoa atau beras. Teori Ricardo ini merupakan suatu senjata intelektual utama yang sangat kuat yang dapat digunakan bagi mereka yang membantah untuk perdagangan bebas. Kita telah mengasumsikan return konstan dengan skala. 7. 4. ada banyak nagara dan banyak harta benda.negara-negara yang kekurangan suatu keunggulan absolut dalam produksi. Berbagai Batasan Dan Anggapan Kesimpulan bahwa perdagangan bebas bermanfaat secara universal merupakan sebuah gambaran yang lebih berani dari model yang sederhana. Kita beranggapan bahwa sumber daya dapat pindah secara bebas pada produksi satu barang ke yang lain di dalam suatu negara. Di dunia nyata. Jumlah sumber daya memerlukan untuk menghasilkan pengurangan atau peningkatkan tenaga sebagai bangsa yang mengkhususkan produksi barang-barang itu. 3. model sederhana kita banyak memasukkan anggapan-anggapan yang tidak nyata: 1. Kita beranggapan banyak perbedaan pada harga dari sumber daya alam di negara yang berbeda.

ini merupakan kenyamanan yang memikul biaya. Meskipun teori memprediksikan bahwa keuntungan dari perdagangan bebas mempertimbangkan biaya-biaya dengan kesempatan penting. 11 unit sumber daya dibutuhkan untuk menngkatkan output dari 13 sampaii 14 ton. E. Jadi. dan vice versa. Setiap 10 unit sumber daya cukup untuk meningkatkan output coklat Ghana dari dari 12 ton sampai 13 ton. G cocoa G' 0 Rice Ghana’s PPF under Diminishing Returns 8 . pengembalian tidak tetap pada spesialisasi. 12 unit sumber daya untuk meningkatkan 14 sampai 15 ton. Sebuah proses menimbulkan perselisihan dan juga penderitaan bagi manusia. perlawanan politik untuk mengadopsi perdagangan bebas kalangan khusus datang dari pekerjaan-pekerjaan yang berisiko. Sumber daya tidak selalu berpindah dengan dari kegiatan ekonomi satu ke kegiatan ekonomi yang lain. PERLUASAN MODEL RICARDIAN 1. 2. Bergerak Sumber Daya Tak Pada model komparatif sederhana kita dari Ghana dan Korea Selatan kita mengasumsikan bahwa para penghasil (para petani) dapat merubah lahan dengan mudah dari produksi coklat sampai beras. sumber daya tidak selalu cepat berubah dengan mudah dari memproduksi satu barang ke barang yang lain.sumber daya domestik tak bergerak. dan perubahan dinamis. Walaupun asumsi ini bisa menjga beberapa hasil pertanian. Diminishing returns Diminishing returns untuk spesilisasi terjadi ketika banyak unit sumber daya dibutuhkan untuk memproduksi setiap unit tambahan/ekstra. Diminishing returns menyatakan PPF cembung untuk Ghana. dst.

tidak semua sumber daya berkualitas sama. Asumsi statis ini tidak membuat kelonggaran untuk perubahan dinamis yang menghasilkan kekuatan dari perdagangan. kekuatan perdagangan bebas juga meningkatkan efisiensi bila sebuah negara menggunakan sumber dayanya. Jika kita mengendurkan asumsi ini. meskipun karena diminishing return. Untuk daerah. atau kota. (Lincolin Arsyad. F. Kedua. Kesimpulan dasar dari perdagangan bebas tertutup adalah keuntungan yang tetap dijaga.Figure diatas lebih realistis untuk mengasumsikan diminishing return karena dua alasan. Teori Keunggulan Komparatif di Indonesia Secara tradisional pembangunan memiliki arti peningkatan yang terus menerus pada Gross Domestic Product atau Produk Domestik Bruto suatu negara. Diminishing return untuk spesialisasi mempengaruhi keuntungan dari spesialisasi yang kemungkinan menjadi habis sebelum spesialisasi lengkap. Pengaruh Dinamis Dan Pertumbuhan Ekonomi Model keuntungan komparatif sederhana mengasumsikan bahwa perdagangan tidak merubah persediaan negara atau sebuah efisiensi dengan menggunakan sumber daya tersebut. jelas terlihat bahwa sebuah ekonomi terbuka untuk perdagangan kemungkinan menyebabkan dua jens dari keuntungan dinamis. Alasan kedua karena diminishing return yang barangnya berbeda menggunakan sumber daya dengan proporsi yang berbeda. kabupaten. makna pembangunan yang tradisional difokuskan pada peningkatan Produk Domestik Regional Bruto suatu provinsi. 1999). Pertama. harus pula menghapus atau mengurangi tingkat 9 . keuntungan tidak bisa sama besar dengan yang diusulkan dalam kasus return konstan. Tujuan utama dari usaha-usaha pembangunan ekonomi selain menciptakan pertumbuhan yang setinggi-tingginya. Pertama. Pembangunan ekonomi daerah adalah suatu proses dimana pemerintah daerah dan masyarakat mengelola sumberdaya yang ada dan membentuk suatu pola kemitraan antara pemerintah daerah dengan sektor swasta untuk menciptakan suatu lapangan kerja baru dan merangsang perkembangan kegiatan ekonomi (pertumbuhan ekonomi) dalam wilayah tersebut. kekuatan perdagangan bebas menngkatkan persediaan sumber daya milik negara seperti meningkatnya penawaran modal dan tenaga kerja dari luar negri menjadi tersedia untuk digunakan dalam sebuah negara. 3.

kelembagaan. alih ilmu pengetahuan. perbaikan kapasitas tenaga kerja yang ada untuk menghasilkan produk dan jasa yang lebih baik. Pembangunan ekonomi daerah adalah suatu proses. 2000). Setiap upaya pembangunan ekonomi daerah mempunyai tujuan utama untuk meningkatkan jumlah dan jenis peluang kerja untuk masyarakat daerah. Masalah pokok dalam pembangunan daerah adalah terletak pada penekanan terhadap kebijakan-kebijakan pembangunan yang didasarkan pada kekhasan daerah yang bersangkutan dengan menggunakan potensi sumber daya manusia. Orientasi ini mengarahkan kita kepada pengambilan inisiatif-inisiatif yang berasal dari daerah tersebut dalam proses pembangunan untuk mencipatakan kesempatan kerja baru dan merangsang peningkatan kegiatan ekonomi. baik dalam bentuk personal income. yaitu proses yang mencakup pembentukan institusi . distribution. pembangunan indistri . identifikasi pasar-pasar baru.000 pada pertengahan dekade 1990-an. Pembangunan ekonomi nasional sejak PELITA I memang telah memberi hasil positif bila dilihat pada tingkat makro. ketimpangan pendapatan dan tingkat pengangguran. maupun dalam bentuk kesenjangan ekonomi atau pendapatan antar daerah atau provinsi. dan sumberdaya fisik secara lokal (daerah). Namun dilihat pada tingkat meso dan mikro. Dalam upaya untuk mencapai tujuan tersebut. pemerintah daerah dan masyarakatnya harus secara bersama-sama mengambil inisiatif pembangunan daerah. dan pengembangan perusahaanperusahaan baru. Oleh karena itu pemerintah daerah berserta pertisipasi masyarakatnya dan dengan menggunakan sumber daya-sumber daya yang ada harus mampu menaksir potensi sumber daya yang diperlukan untuk merancang dan membangun perekonomian daerah.industri alternatif. pembangunan selama masa pemerintahan orde baru telah menciptakan suatu kesenjangan yang besar. Kesempatan kerja bagi penduduk atau masyarakat akan memberikan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya (Todaro.kemiskinan.institusi baru. Tingkat pendapatan riil masyarakat rata-rata per kapita mengalami peningkatan dari hanya sekitar US$50 pada pertengahan dekade 1960-an menjadi lebih dari US$1. 10 .

Indonesia tetap merupakan Negara sahabat yang penting dan strategis bagi Bremen umumnya dan Jerman khususnya. Sebaliknya komoditi Jerman yang diimpor Indonesia melalui Bremen antara lain mobil dan komponen otomotif lainnya. Perdagangan Internasional Indonesia dengan Malaysia memproduksi kopi dan timah. tetapi tidak mampu memproduksi kopi secara efisien dan murah. produk farmasi. negara suatu bangsa dapat tersebut melakukan meningkatkan spesialisasi standar kehidupan dan pendapatannya jika produksi barang atau jasa yang memiliki produktivitas dan efisiensi tinggi. tetapi tidak mampu memproduksi timah secara efisien dan murah. dan lain sebagainya. mebel. Menurut lembaga statistik Jerman.G. tekstil dan produk tekstil. regional maupun internasional. Sebaliknya. 2 juta Euro. ikan dan produk perikanan. minyak kelapa sawit. Perdagangan akan saling menguntungkan jika kedua negara bersedia bertukar kopi dan timah. Banyak komoditi Indonesia yang diimpor oleh Jerman seperti kopi. Dalam teori keunggulan komparatif. Indonesia memiliki keunggulan komparatif dalam memproduksi kopi dan Malaysia memiliki keunggulan komparatif dalam memproduksi timah. buah kaleng dan berbagai komoditi lainnya masuk melalui pelabuhan Bremen. Indonesia mampu Indonesia dan Malaysia sama-sama memproduksi kopi secara efisien dan dengan biaya yang murah. Dengan demikian. tembakau. CONTOH KASUS Perdagangan Internasional Indonesia dengan Jerman Dengan sejumlah potensi serta perkembangan yang signifikan di berbagai bidang baik domestik. besi. bahan baku kimia. 11 . nilai perdagangan Indonesia dengan Bremen pada tahun 2009 mencapai 125. Malaysia mampu dalam memproduksi timah secara efisien dan dengan biaya yang murah.

dimana kelemahan absolutnya berkurang. Contoh kasus : Indonesia dan Malaysia sama-sama memproduksi kopi dan timah. Menurut David Ricardo. suatu bangsa dapat dan efisiensi tinggi. mengungkapkan tentang keunggulan komparatif antar negara. Suatu negara akan memperoleh manfaat dari perdagangan internasional jika melakukan spesialisasi produksi dan mengekspor barang dimana negara tersebut dapat berproduksi relatif lebih efisien serta mengimpor barang dimana negara tersebut berproduksi relatif kurang atau tidak efektif.BAB III PENUTUP A. tetapi tidak mampu memproduksi timah secara efisien dan murah. Indonesia mampu memproduksi kopi secara efisien dan dengan biaya yang murah. Dalam teori keunggulan komparatif. Suatu negara yang memiliki kelemahan absolut dalam memproduksi dua barang dibanding negara lain namun memiliki suatu keunggulan komparatif atau relatif dalam memproduksi barang. KESIMPULAN Perdagangan internasional terjadi bila ada perbedaan keunggulan komparatif antarnegara. Perdagangan akan saling menguntungkan jika kedua negara bersedia bertukar kopi dan timah. Sebaliknya. masih dapat berdagang dengan negara lain. Malaysia mampu dalam memproduksi timah secara efisien dan dengan biaya yang murah. meningkatkan standar kehidupan dan pendapatannya jika negara tersebut melakukan spesialisasi produksi barang atau jasa yang memiliki produktivitas 12 . Dengan demikian. Indonesia memiliki keunggulan komparatif dalam memproduksi kopi dan Malaysia memiliki keunggulan komparatif dalam memproduksi timah. tetapi tidak mampu memproduksi kopi secara efisien dan murah.

com/2012/04/tugas-ei.html dinacutezz.blogspot.com/index.files.html http://www.com/2012/02/pembangunan-ekonomi-daerah.com/2011/03/david-ricardo-1772-1823.com/2011/10/teori-keunggulan-komparatif.wikipedia.wordpress.ilerning.com/2010/12/makalah-teori-ekonomi.DAFTAR PUSTAKA • • • • • http://id.doc http://tugas-akuntansi.blogspot.org/wiki/Teori_keunggulan_komparatif http://taufiqrachmanug25.blogspot.html 13 .php? option=com_content&view=article&id=1546:analisis-perdagangan-internasionalindonesia-dengan-jepang-amerika-dan-jerman-berdasarkan-teori-ke&catid=40:mnc-akurs&Itemid=72 • • http://rizalfantasy.blogspot.html http://pratama-ramdhani024.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful