Cara Mencari Jurnal Ilmiah

JAN 12 Posted by Hasan

3 Votes

Setelah lama tidak memposting artikel, kali ini saya ingin berbagi tips. Meskipun termasuk hal yang sederhana, namun ternyata masih banyak mahasiswa yang belum tau cara agar pencarian lebih terarah. Telah lazim penggunaan google sebagai search engine. Namun Google akan mengeluarkan hasil secara umum, tidak khusus jurnal ilmiah. Sebanarnya banyak teknik untuk mencari artikel dalam jurnal ilmiah. Sejawat saya biasanya menggunakan PUBMED. Memang PUBMED dengan cepat akan mencarikan artikel yang kita inginkan dengan menggunakan fasilitas search nya. Anda dapat membandingkan hasil pencarianPUBMED dengan teknik yang akan saya contohkan di bawah ini. Misalnya kita akan mencari artikel berkaitan dengan KANKER OVARIUM = „ ovarian cancer‘ Gunakan dengan keyword ovarian cancer Bandingkan hasilnya dengan teknik di bawah ini:1. Silahkan meluncur ke PUBMED atau klik gambar di samping 2. Masukkan keyword ovarian cancer pada kotak pencari –> klik Search 3. Akan tampak hasil resume seperti digambar:

Dalam hal ini . anda akan diberikan link menuju submer jurnal yang gratis. kemudian klik Search Ada yang menarik perhatian anda? Anda akan menjumpai 3 kolom hasil. Bandingkan dengan cara di bawah ini: 1. Pada artikel tertentu akan tampak keterangan harus membayar sejumlah uang untuk full access. isilah pada kolom title dengan ovarian cancer dan klik pada kolom disampingnya padaphrase 5. klik “or search across multiple journals“ 4. Namun dengan cara ini. Bila anda beruntung. Di dekat kotak Search. Contohnya klik : atau 2. anda dapat memanfaatkan teknik pencarian yang tersedia. Buka jurnal internasional yang anda kenal. Bila anda ingin tahu lebih lengkap isi artikel. Pada bagian tengah form. standarnya ditampilkan 10 hasil tiap halaman. Pada Form terakhir ini. anda dapat meng-klik judul yang dituju. sejak awal hasil pencarian tidak akan menampilkan status “free download“. klik Advanced search 3.4. sehingga bila anda beruntung. akan disediakan link untuk membuka artikel itu secara lengkap. maka anda akan disajikan abstrak judul yang dimaksud. Atur bentuk sajian. anda diminta untuk “membayar” agar bisa mengakses isi lengkap artikel dimaksud. Anda pula akan menemukan artikel: . bila tidak.

.pdf. Anda pun dapat langsung mendownload artikel dalam bentuk . Semoga tips ini pun dapat bermanfaat untuk anda. Tips ini sangat membantu saya pribadi dalam pencarian literatur dalam jurnal internasional.Artikel yang saya tandai dengan lingkaran kuning di atas dapat anda akses gratis secara lengkap.

Namun jika anda mencari jurnal kedokteran. Jika ingin mencari jurnal berbahasa Inggris. Kedokteran hewan berbeda lagi. Tugas jurnal dari dosen padahal kita tidak tahu apa jurnal itu dan darimana mencarinya. Airlangga. Mahasiswa lama juga sama saja.Humas Kelompok Studi IlmiahSenin.teman. Jurnal fisiologi hewan dalam bahasa Inggris juga mudah anda dapatkan di JCI. saran saya masukkan keyword "jurnal" atau "Journal" bila anda menginginkan jurnal bahasa . jurnal kedokteran Canada dan New England ditawarkan gratis. maka website favorit saya untuk mencari jurnal gratis adalah Oxford Journal dan Brazillian Journal Plant Physiology Journal adalah pilihan jika anda mencari jurnal yang berhubungan dengan fisiologi tumbuhan.. bingung mencari jurnal dalam jumlah banyak saat akan menyusun proposal skripsi karena 75% dari daftar pustaka diambil dari jurnal. dan IPB. Jurnal gratis juga ditawarkan oleh LIPI. tapi jika anda hanya menginginkan abstrak saja. bolehlah anda masuk ke dua situs itu.Cara Gampang Cari Jurnal Penelitian dan Paper MedInfo . Jurnal dari Springerlink dan Blackwell-Synergy memang lengkap tidak saya sarankan karena anda harus berlangganan dulu. Anda bisa memanfaatkan jurnal online yang ditawarkan beberapa universitas di Indonesia seperti UGM. coba saja jurnal veteriner Udayana.. Bila anda mencari jurnal bioteknologi berbahasa Indonesia. Sebenarnya cukup mudah untuk mencari jurnal. 27 Agustus 20125 komentar Saya pernah mengalami kesulitan seperti teman . Bila anda ingin mencari jurnal di search engine seperti google atau yahoo. jurnal AgroBiogen mungkin bisa membantu.

Essays and research paper yang diterbitkan di Oppapers berbahasa Inggris. maka kita harus mengunggah (Seperti barter). Berikut website yang menawarkan kemudahan untuk mencari jurnal penelitian atau paper : Scribd Scribd adalah website yang menyediakan tempat bagi pengunggah dan pengunduh paper dan jurnal penelitian secara gratis. log in dan Anda bisa membaca 650. Buatlah akun di Scribd untuk bisa mengunduh dan mengunggah dokumen yang ada disana. lalu masukkan sespesifik mungkin jurnal yang anda cari seperti nama penulis dan tahun penulisan. Google Scholar / Google Cendekia . atau paling tidak nama spesies. judul jurnal. Buat akun. Selain paper dan jurnal penelitian. paling tidak apa temanya. jadi anda harus tahu dulu jurnal yang anda inginkan. ada yang mengunggah artikel. Atau dengan mesin pencari selain google yang biasa atau yahoo. skripsi dan lain sebagainya.Inggris. Sistem dari Scribd adalah jika kita ingin mengunduh. Oppapers Oppapers adalah website free essays and research paper .000 lebih essays and research paper secara gratis tapi tidak bisa diunduh.

Tapi tentu komputer anda harus memiliki Adobe Acrobat untuk membukanya. semisal anda ingin mencari jurnal tentang vitamin C. . paper dalam berbagai format baik .edu sederhana dan mudah digunakan. essay . Ada yang bisa diunduh dan ada yang tidak. Buatlah akun dan masuk ke halaman home untuk mencari tema yang Anda cari. tak usah repot-repot. User Interface Academia. Academia.Google Scholar / Google Cendekia (Dalam bahasa Indonesia) adalah layanan search untuk jurnal. Anda tidak perlu memiliki akun tertentu untuk mengunduh dan membaca jurnal.edu Academia. Saran terakhir saya. essay . Copy saja tiap jurnal yang tertera di daftar pustaka dan paste-kan ke mesin pencari anda untuk mendapatkan jurnal bertema sama. paper yang ada di Google Scholar. Jika anda beruntung memperoleh sebuah jurnal hingga daftar pustakanya. ketik saja "vitamin C+PDF".edu adalah salah satu website yang banyak direkomendasikan oleh para akademisi untuk mencari referensi jurnal dan paper.doc . karena sebagian besar jurnal berformat PDF coba masukkan "+PDF" dibelakang judul jurnal yang inginkan saat mencari jurnal yang anda inginkan.pdf dan lainnya.