Ternyata Mudah Membuat Peta Dengan Arc View

Langkah-langkah berikut diasumsikan bahwa komputer anda sudah terinstal program Arc View 3.1/ 3.2x /3.3x. Apabila anda belum mempunyai program tersebut dapat di download di sini (versi arc View 3.3. untuk 32 bit / Windows Xp) dan ArcView 3.3. untuk yang 64 bit (windows 7) di sini. Tampilan awalnya sebagai berikut :

TAHAP PENGENALAN ARC VIEW
Pada tahap yang pertama ini, akan lebih mudah kalau anda saya beri contoh file hasil dari digitasi, silahkan unduh di sini, file ini bertipe shp merupakan digitasi salah satu kecamatan di Kabupaten Boyolali Jateng. Pembuatan peta dengan menggunakan program ArcView, mempunyai 2 hal penting, yaitu View dan LayOut. 1 peta terdiri dari 1 View dan 1 LayOut.

. terdiri dari 3 macam. maka akan muncul gambar sebagai berikut : 3. pastikan posisi cursor masih menyorot view Klik icon “Add theme” Carilah direktori dimana data yang sudah anda download tersebut berada. Klik theme "batas_line.Langkah I.shp" . Klik tanda kotak yang berada di dalam lingkaran merah. dan poligon untuk penggunaan lahan. Setelah itu cobalah memasukkan theme yang lainnya Theme di Arc View. 3. 4. - langkah awal : Panggil program arcview 3. tekan Ok 2. Misalnya titik untuk letak kantor. 2. garis untuk sungai dan jalan. Misalnya anda taruh di direktory D : Langkah berikutnya : 1. dan poligon (luasan). yaitu dot (titik). PENGENALAN VIEW 1. klik new. line (garis).3.

hingga muncul Pen Pallete Aturlah Ukuran. klik Apply pada legend editor. 4. hingga muncul legend editor. apabila udah selesai. berilah nama file-nya dan kemudian coba buka kembali. dan jenis. 3. Editing View doble klik di theme yang akan di edit. misalnya jalan_sdr dobel klik symbol. .Simpan pekerjaan anda. File yang dihasilkan ber-ekstensi apr II. 2. EDITING VIEW 1. Simpan file hasil di direktory data anda.

2. 4. klik Apply. Doble klik pada theme jalan.hingga muncul legend editor Ubah Legend type dari "Single Symbol" menjadi "Unique Value" Ubah Value Field pilih "ket" Maka theme jalan mempunyai 3 nilai yaitu jalan desa. jalan kabupaten dan jalan setapak.yang masing masing dapat dirubah warna dan ketebalannya 5. Untuk theme batas line Unique Valuenya berdasarkan "jenis" .Menggunakan “Unique Value” 1. apabila sudah selesai 6. 3.

akan muncul menu menurun . PENGENALAN LAYOUT 1. perhatikan tools frame yang muncul klik View Frame.III. 3. klik icon layout klik new sehingga muncul lembar lay out. 2. 4.

.

hingga muncul view frame properties      klik view 1 ubah scala menjadi "user specified scale" skala 100. Memasukkan peta. yaitu dg klik icon paling atas dari view frame 3. kemudian anda atur sesuai dengan kebutuhan. misalnya kita buat ukuran kertas a4 dengan orientasi kertas landscape. Map unit : meter dan Distance Unit : kilometer . batas atas 2.Sebelum anda memasukkan peta yang sudah dibuat di view. misalnya dari kiri atas kertas hingga kanan bawah (sesuai dg selera). pertama2 yang dilakukan adalah mengatur ukuran kertas yang akan digunakan. Drag mouse dimana peta akan diletakkan.5 2. Lay Out. page setup .000 ok peta akan muncul di lembar lay out Catatan : apabila skala otomatis 1 : 0. yaitu : 1. maka ubahlah view properties anda. dan batas yang lain 1.

3. 4. klik view frame untuk memasukkan legenda drag dimana legenda akan ditempatkan muncul legend frame properties klik view. OK MEMASUKKAN SKALA GRAFIS 1. 2.MEMASUKKAN LEGENDA 1. drag dimana arah utara akan ditempatkan muncul North Arrow Manager pilih arah orientasi OK . drag dimana skala grafis akan ditempatkan 2. 3. OK MEMASUKKAN ARAH UTARA 1. 2. klik view. 4. langkah2nya sama dg memasukkan peta. muncul scala bar properties 3.

. dan tentang input data (digitasi on screen). pada tahap ini saya cukupkan sekian Untuk tahab berikutnya akan dibahas lebih mendetail tentang setting Lay Out yang lebih baik.Kurang lebih hasilnya akan seperti ini : Demikian.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful