P. 1
MAKALAH PANCASILA

MAKALAH PANCASILA

|Views: 4|Likes:
Published by Sheila Soraya

More info:

Published by: Sheila Soraya on Apr 29, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/20/2014

pdf

text

original

MAKALAH PANCASILA

DAMPAK PASAR MODERN TERHADAP PASAR TRADISIONAL

Disusun oleh Andy Salsabil Choliq 110810201142 PCL 55

KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan hidayah Nya dapat menyelesaikan penulisan ini yang berjudul “Dampak Pasar Modern Terhadap Pasar Tradisional” Penulisan makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas MKU (Mata Kuliah Umum) Pancasila untuk mengerti atau mencari dampak pasar modern terhadap pasar tradisional dan memperdalam pemahaman kita terhadap kegiatan pasar yang terjadi saat ini .

DAFTAR ISI Halaman KATA PENGANTAR DAFTAR ISI Bab II Pendahuluan Bab II Latar Belakang Rumusan Masalah Tujuan Manfaat Bab III Data Identitas Data Penjualan Pertanyaan Bab IV Kesimpulan i iii 1 1 2 2 2 2 3 4 4 4 5 6 6 .

Bab I Pendahuluan Makalah ini saya buat untuk memnuhi kewajiban sebagai mahasiswa yang ingin mengetahui permasalahan yang terjadi di pasar saat ini yang diakibatkan adanya pasar modern yang semakin marak di lingkungan sekitar sehingga membuat dampak dampak positif ataupun negatif terhadap pasar tradisional Dengan mulai banyaknya pasar modern didaerah sekitar kita ini bisa bisa menghabiskan atau menindas para penjual di pasar tradisional.tetapi pasar tradisonal juga tidak mudah ditinggal oleh pembeli dan pelanggan langganan yang tidak bisa hilang karena adanya pasar tradisional .

1 Latar Belakang Latar belakan g dari makalah ini ialah pengkonversian pasar modern terhadap pasar tradisional yang terjadi di lingkungan sekitar.Bab II 2. 2. mengapa itu bisa terjadi .3 Tujuan Tujuan dari penulisan ini ialah agar kita mengetahaui konflik yang terjadi dipasar saat ini dengan mulai banyak nya pasar modern di mana mana yang bisa mengganggu kinerja pasar tradisonal. seperti mulai berkurangnya para pedagang di pasar tradisional karena mulai marak dan banyak nya pasar modern saat ini. serta bagaimana itu bisa terjadi Jadi dengan adanya pasar modern saat ini secara tidak langsung akan terjadi dampak dampak positif ataupun negatif terhadap pasar tradisional yang sudah lama berdiri terlebih dahulu sebelum pasar modern terbentuk.Karena dengan banyak nya pasar modern saat ini secara tidak langsung membuat para pedagang di pasar tradisional saat ini resah sebab mulai berkurangnya pelanggan mereka yang lebih memilih pasar modern daripada pasar tradisional yang disebabkan pasar modern yang lebih efisien dan efektif apalagi saat ini pasar modern sudah mulai mudah dijangkau .2 Rumusan Masalah Apa yang membuat pasar modern ini bisa berdampak terhadap pasar tradisional?Banyk sekali masalah masalah yang bisa kita bahas di makalah ini. 2.Apa yang sedang terjadi di psaran .

2.4 Manfaat Manfaat dari penulisan makalah ini agar kita bisa meninjau baik dan buruk nya dengan adanya pasar modern saat ini dan kita bisa melihat baik kah atu buruk kah pasar modern tersebut .

000/kilo ayam @ 3000/plastik kulit ayam @ 5000/ons ceker ayam @ 12000/ons rempelo ati 2 3 Nb :   Penghitungan dalam 7 hari Penjualan dari jam 5pagi – 13siang .Trunojoyo 3.1 Data Identitas Nama Penjual Jenis Jualan Wilayah Jualan : Mbak Mamiek : Ayam potong : Pasar Kepatihan Jln.Bab III 3.000/kilo ayam @ 3000/plastik kulit ayam @ 5000/ons ceker ayam @ 12000/ons rempelo ati @ 24.2 Data Penjualan NO 1 KETERANGAN 19 kilo ayam + 2 kilo kulit ayam + 3 kilo ceker ayam + 4 kilo rempelo ati 15 kilo ayan + 1 kilo kulit ayam + 3 kilo rempelo ati + 2 kilo ceker ayam HARI 4 JUMLAH HARGA @ 24.

1. dan efektif bila ada nya pasar modern walau agak mahal sih tapi tidak apa apa . Beberapa tempat-tempat makan memesan ceker + rempelo ati 3. bagian-bagian ayam tertentu saja 2. Rata – rata pembeli membeli per kilo . efisien . setengah kilo . Beberapa orang saja yang suka membeli kulit ayam seperti rumah produksi keripik kulit 3.3 Pertanyaan ( ? ) Bagaimana menurut anda pengaruh dengan adanya pasar modern terhadap pasar tradisional? Pedagang tradisional Pembeli : sangat mengganggu pendapatan saya setiap hari : lebih higienis .

1 Kesimpulan Dari penjelasan dan penulisan diatas ini saya dapat menyimpulkan beberapa kesimpulan ialah :   Pasar modern sangat berdampak terhadap penjualan para pedagang tradisional di pasar tradisional Dampak positif adanya pasar modern ialah pembeli dapat membeli bahan bahan sehari hari seperti sandang pangan lebih mudah dan lebih efisien karena pasar modern lebih mudah dijangkau oleh para pembeli walaupun harga barang di pasar modern lebihm mahal tetapi pembeli memilih efesien dan efektif karena kesibukan mereka yang sangat padat sehingga dibutuhkan waktu yang cepat Dampak negatif adanya pasar modern ialah penghasilan para pedagang tradisional sedikit berkurang dikarenakan para pembeli terkadang lebih memilih kemudahan dan wilayah yang lebih mudah dijangkau dan efisien Dengan keaadan seperti ini saat menghawatirkan karena bisa bisa pedagang tradisional mengalami gulung tikar karena mulai berkurang nya pendapatan setiap harinya Bisa menyebabkan tinbuk banyaknya pengangguran dimana mana karena kebangkrutan yang terjadi bisa menghilangkan mata pencaharian Tetapi dengan semakin banyak nya pasar modern bisa membuka lapangan kerja baru bagi beberapa orang Jadi pasar modern sangat berdampak terhadap pasar tradisional tapi menimbulkan dampak positif dan dampak negatif tersendiri terhadap kedua belah pihak      .Bab IV 4.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->