Nama: Febriyanti Rahmadini NPM: 160110100057

Tugas Biologi 1. Sebutkan paling sedikit 5 contoh hewan yang tergolong: a. herbivora b. carnivora c. omnivora d. ruminansia 2. Mengapa sistem pencernaan pada herbivora / ruminansia relatif lebih panjang daripada sistem pencernaan carnivora? 3. Sebutkan 3 tipe mulut pada serangga, berikan contoh serangganya masing-masing tiga!

4. Tuliskan rumus gigi anak-anak dan orang dewasa! 5. Jelaskan istilah-istilah ini: 1. safrozoik 2. safrofitik 3. simbiosis 4. parasit 5. polifagous 6. mikrofagous 7. remastikasi 8. regurgitasi 9. vomitus 10. Kanibalisme

rusa. Mulut menusuk dan menghisap Contoh: nyamuk. macan. kambing. sapi. dan domba 2. retikulum omasum. ayam. a. c. Herbivora: b. beruang. yaitu rumen. Mulut menggigit dan mengunyah Contoh: jangkrik. kumbang b. disini terjadi pencernaan protein dan polisakarida. a. kutu. Mulut menggigit dan menjilat Contoh: lebah. dan tupai kerbau. pada proses pencernaannya. kuda.babi. dan abomasum. Inilah yang menyebabkan saluran pencernaan pada herbivora/ruminansia relatif lebih panjang daripada carnivora.dan singa monyet. Karena pada ruminansia saluran pencernaannya melalui 4 macam lambung. makanan yang telah dikunyah dan masuk ke dalam salran pencernaan akan dikembalikan lagi ke mulut untuk dikunyah lagi dan barulah dicerna. Carnivora: c. walang sangit 4.rusa. Untuk proses pencernaannya dapat digambarkan sebagai berikut: Makanan (daun-daun) mulut kerongkongan rumen (sebagai tempat sementara bagi makanan yang tertelan. kupu-kupu. Selain itu. dan kambing anjing. buaya. Omnivora: d. belalang. gajah. serta fermentasi selulosa dan enzim selulase yang dihasilkan oleh bakteri dan protozoa tertentu retikulum (makanan dibentuk jadi bolus) mulut (dikunyah kembali) ditelan kembali omasum pencernaan secara kimiawi) usus sisa makanan yang berupa feses) abomasum (proses anus (pembuangan sisa- 3.Jawaban: 1. serigala. Gigi anak (gigi sulung) Maxilla . a. Ruminansia: jerapah.

M2 5 Kanan Kiri 5 M2 M1 4 C 3 I2 2 I1 1 I1 1 I2 2 C 3 M1 4 M2 5 4 M1 3 C 2 I2 I1 1 1 I1 2 I2 C 3 4 M1 M2 5 Ket. Gigi orang dewasa Maxilla M3 M2 M1 P2 P1 C M1 7 M2 8 Kanan Kiri 6 7 8 8 7 6 5 4 3 M3 8 7 6 5 4 3 2 I1 1 I2 I1 I2 C P1 P2 1 2 3 4 5 6 2 1 1 2 3 4 5 . I= Incisivus (gigi seri) C= Caninus (gigi taring) M= Molar (gigi geraham b.

fosfat. • Polifagus . nitrat. dan zat makanan lainnya memalui rantai makanan pengurai (dekomposer). • Parasit Suatu organisme yang hidup untuk mengambil sebagian atau seluruh kebutuhan makanannya serta mendapat perlindungan dari organisme lain tersebut baik untuk sementara atau menetap di dalam atau pada permukaan organisme lain. dengan akibat merugikan atau menguntungkan untuk paling sedikit satu dari organisme yang hidup bersama tersebut. • Simbiosia Hidup bersama secara permananen atau untuk jangka waktu lama antara dua anggota (simbian) dari dua jenis yang biasanya berbeda. pernting dalam proses daur ulang. Misalnya beberapa protozoa berflagela yang hidup bebas. Pada umumnya terdapat pada bakteri dan jamur yang menginangi pembusukan. I= Incisivus C: Caninus P= Premolar M= Molar 5. • Safrofitik Organisme yang mendapatkan bahan organik dalam bentuk larutan dari organisme mati atau organisme yang membusuk. dengan melibatkan sekresi enzim ekstra sel pada bahan-bahan tersebut serta diikuti dengan penyerapan hasil pencernaan. • Safrozik Hewan yang mengambil zat makanan dari memanfaatkan hasil pencernaan inang. dan parasitisme.M3 M2 M1 P2 P1 C M2 M3 I1 I2 I1 I2 C P1 P2 M1 Ket. Macam-macam simbiosisi antara lain mutualisme. menghasilkan karbondioksida. komensalisme.

• Kanibalisme Sebuah fenomena di mana satu makhluk hidup makan makhluk sejenis lainnya.dll. • Mikrofagus Berhubungan dengan organismme air yang mengumpulkan unsur/partikel makanan yang terdapat di air sebagai makanan (organisme yang makanannya terdiri dari partikel-partikel kecil). Terjadi pada binatang mamamah biak/ruminansia. seperti sapi. Misalkan anjing yang memakan anjing atau manusia yang memakan manusia. .Kelainan metabolisme berupa tingginya ritme rasa lapar yang harus dipuaskan dengan mengkonsumsi makanan atau memakan banyak jenis makanan (keadaan dimana mengalami lapar berlebihan atau ingin terus menerus (polifagia) ). Hal ini dapat terjadi sebagai reflek protektif untuk mengeluarkan bahan toksik dari dalam tubuh. • Vomitus Keluarnya isi lambung melalui mulut dan kadang melalui hidung (muntah) . • Regurgitasi Aliran terbalik dari makanan yang belum dicerna di dalam perut kembali ke esofagus dan mulut. kambing. • Remastikasi Proses mengunyah kembali makanan setelah masuk saluran cerna.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful