Oleh : Lutfi Ramadhanti Pangkalan : SMA N 1 BOBOTSARI

memang hampir sama dengan kemah petualang.Cara berkemah dalam pramuka. dan diatur oleh Pembina yang bertanggung jawab atas semua kegiatan serta dapat memberi pelajaran tentang bermasyarakat. namun dalam berkemah kepramukaan mempunyai suatu jadwal dan kegiatan yang formal. .

Kita akan menemukan hal-hal yang baru. Mempraktek kan sistem kerukunan 4. 3. yang akan mempertebal percaya pada diri pribadi. . Mempercakap diri dalam melaksanakan ajaran-ajaran pramuka. Mengagumi alam ciptaan Tuhan 2.1. Dapat mengenal alam dan kawan dari dekat 5.

2.Mempunyai pemandangan yang bagus.Cukup banyak air untuk keperluan mandi. pasar tanahlapangan. 4. dan minum.Tempat itu harus aman.Tidak terlalu jauh dari desa/kampong. dan untuk keperluan dapur 3. 5. dan jalan besar.Ada tempat yang teduh untuk masak dan banyak bahan bakar kayu.nayman dan tak ada binatang buas. .  1.

beras. dan minyak. 1. kapak. baterai. korek api. dll. 2. tali.Tenda.Tas obat-obatan. pisau. dan patok. kopi. Kompas. 3.Perkakas masak : ceret. .Sabun. bumbu-bumbu dapur. dll 4. kecap.lilin. panci. buku catatan. wajan. Koran bekas. teh. tongkat. gula. ember.

dan sopan santun 5. kerapihan. masak dll ) 3. 1.Selalu memegang teguh disiplin.Lapor  kepada pejabat/ kepala kampong terdekat 2 Bekerja menurut tugasnya masing-masing ( mandirikan tenda. supaya disana kita mendapatkan banyak teman untuk bersosialisasi 4.Harus segera kembali sebelum petang sekitar .Berkenalan dengan penduduk sekitar dan teman-teman yang belum kita kenal.

1. Tiap pagi tenda harus dibuka supaya udara segar masuk 5. Selalu memperhatikan cuaca. Dalam musim hujan : tenda harus rangkap dua 2. Jangan berkemah dihutan yang tidak ada sinar 6. Galilah aliran air di samping tenda agar air tidak masuk kedalam tenda 4. Koran-koran yang di tempel diatas tenda dapat menaha air hujan 3. .

TERIMAKASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful