Bab I

1.1 Latar Belakang

Pendahuluan

Gedung akomodasi sangat penting dan sangat besar pengaruhnya bagi manusia. Karena Gedung akomodasi adalah tempat untuk berlindung dan berteduh dari bahaya luarSeperti : cuaca hujan dan panas, gedung akomodasi berfungsi sebagai aktifitas sehari-hari. Oleh karena itu, Gedung akomodasi yang direncanakan ini, dapat memenuhi persyaratan-persyaratan untuk kenyamanan, ketenangan,dan keindahan. Dengan menggabugkan masukan-masukan yang didapat dari pengetahuan, pengalaman dan juga masukan-masukan yang didapat selama waktu disekolah maupun di peguruan tinggi. Di dalam pembangunan gedung akomodasi ada juga yang lebih penting dalam membangunnya, yaitu rencana anggaran biaya. Rencana Anggaran Biaya sangat berperan besar dalam pekerjaan konstruksi, karena dapat mengatur pembiayaan, mengukur produktivitas kerja, menghitung perpajakan, asuransi, serta maksud - maksud evaluasi penting lainnya. Perkiraan biaya memegang peranan penting dalam penyelengaraan proyek. Pada taraf pertama dipergunakan untuk mengetahui berapa besar biaya yang diperlukan untuk membangun proyek atau investasi, selanjutnya memiliki fungsi dengan spectrum yang amatluas yaitu merencanakan dan mengendalikan sumber daya seperti material, tenaga kerja, pelayanan maupun waktu. Meskipun kegunaannya sama, namun untuk masingmasing organisasi perserta proyek penekanannya berbeda-beda. Bagi pemilik, angka yang menunjukan jumlah perkiraan biaya akan menjadi salah satu patokan untuk menentukan kelanjutan investasi. Untuk kontraktor, keuntungan financial yang akan diperoleh tergantung kepada seberapa jauh ke cakapannya membuat perkiraan biaya, bila penawaran harga yang diajukan didalam proses lelang terlalau besar, kemungkinan besar kontraktor yang bersangkuatan mengalami kekalahan. Sebaliknya bila memenangkan lelang dengan harga yang terlalu rendah, akan mengalami kesulitan dibelakang hari. Sedangkan untuk konsultan, angka tersebut diajukan kepada pemilik sebagai ususlan jumlah biaya terbaik untuk berbagai keguanaan sesuai perkembangan proyek dan sampai derajat tertentu, kredibilitasnya terkait dengan kebenaran atau ketepatan angka-angka yang diusulkan . Dalam pendirian sebuah bangunan, penjadwalan proyek merupakan salah satu aspek penting yang harus diperhatikan. Fungsi dari penjadwalan proyek ada beberapa hal antara lain memperoleh gambaran mengenai kemampuan potensial dari suatu proyek, menganalisa biaya proyek, mengalokasikan sumber daya manusia dan material secara

Untuk menghasilkan efesiensi dan efektifitas proyek. . Sebagai dasar kontrak antara owner dengan pelaksana. 1.2 Identifikasi Masalah Identifikasi masalah pada penjadwalan dan perhitungan rencana anggaran biaya pada proyek pembangunan Gedung akomodasi3 lantai sebagai berikut :      Penjadwalan pelaksanaan proyek Rencana kerja dan syarat-syarat ( RKS ) Bangunan yang direncanakan memerlukan rencana anggran biaya ( RAB ). Meniminalisir kendala-kendala / keterlambatan yang terjadi pada proyek.efektif dan efisien serta mengatur batas pengerjaan proyek agar tidak melebihi waktu yang ditentukan.3 Batasan Masalah Mengingat luasnya ruang lingkup permasalahan dan keterbatasan pengetahuan penulis.4      Tujuan Penulisan Mengetahui biaya untuk membangun Gedung akomodasi 3 lantai. Mengetahui kapan selesainya proyek sesuai jadwal yang telah ditentukan.pokok pemasalahan yang akan diangkat yaitu :    Penjadwalan pelaksanan proyek dengan kurva s Rencana Kerja dan syarat – syarat ( RKS ) Perhitungan rencana anggran biaya dengan analisa SNI 1. maka penulis membatasi masalah yang nantinya akan dijadikan bahan acuan pembahasan tersebut: Pokok. Mengambar desain yang baik dan detail sangat diperlukan dalam menghitung rencana anggran biaya ( RAB ) Harga material dana latter diri perkerjaan sesuai analisa SNI 2011 1.

1.7 Sistematika Penulisan .  Observasi Lapangan Dengan cara meninjau langsung ke lapangan dan mendatangi pihak-pihak yang terkait dengan pekerjaan yang dilaksanakan untuk mendapatkan data yang akurat.5   Manfaat Penulisan Untuk mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah dipelajari selama perkuliahan. Pengumpulan dilakukan melalui perpustakaan atau pun instansi –instansi pemerintah yang terkait  Studi Literatur Penulis mencari buku panduan / literature yang akan digunakan untuk menyusun landasan teori penulisan tugas akhir ini. 1. Upah. karena akan menjadi patokan dalam menentukan harga barang dan lain sebagainya. sesuai dengan judul yang diangkat.1. seperti mendatangi Dinas Pekerjaan Umum ( DPU ) kota balikpapan untuk medapatkan Data Standarisasi Harga Bahan. yang dimana Standarisasi Harga tersebut sangat penting sekali dalam menyusun Rencana Anggaran Biaya. dan Alat tahun 2011.  Interview / Wawancara Penulis bertanya langsung pada sumber-sumber yang lebih berpengalaman dan kompeten. refrensi pedoman bagi masyarakat dalam membangun. Bagi masyarakat yang dalam membangun sebuah gedung akomodasi 3 lantai.6  Metodologi Penulisan Metode yang digunakan dalam penyusunan tugas akhir ini adalah : Studi pustaka Studi pustaka dilakukan untuk pengumpulan data sekunder dan landasan teori dengan mengambil data literatur yang relevan maupun standar yang diperlukan dalam perencanaan penjadwalan dan biaya bangunan.  Browsing Internet Penulis mencari data atau bahan yang sesuai dengan judul yang diangkat dari internet.

LAMPIRAN Berisikan gambar detail dari struktur gedung tersebut . BAB IV PEMBAHASAN Bab ini membahasa masalah yang akan dijelaskan. manfaat penilisan. batasan masalah.Tugas akhir ini disusun berdasarkan sistematika penulisan yang sesuai dengan panduan yang ada. identifikasi masalah. DAFTAR PUSTAKA Memuat daftar buku-buku penunjang sebagai referensi yang dipakai penulis dalam penyusunan tugas akhir. meliputi : volume. BAB II DASAR TEORI Bab ini berisi mengenai landasan teori dari rencana anggaran biaya yang meliputi uraian pengertian secara umum beserta macam-macam dari rencana anggaran biaya dan pelaksanaan jadwal dengan kurva s. tujuan penulisan. BAB III DATA LAPANGAN Bab ini berisikan data umum proyek. rencana anggaran biaya. BAB V PENUTUP Bab ini mengemukakan kesimpulan dan saran. dan sistematika penulisan. metode penyusunan. Kesimpulan yang ditarik dari hasil pembahasan dan saran-saran yang diajukan untuk mengatasi masalah yang dihadapi. yaitu: BAB I PENDAHULUAN Bab ini menjelaskan latar belakang. data pendukung beserta bagan alur perhitungan dari pencana anggaran biaya dan rencana kerja dan syarat-syarat. rekapitulasi dan kurva s.