SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN ‘AISYIYAH BANDUNG PRODI D III KEBIDANAN

Jl. K. H Ahmad Dahlan Dalam No 6 Bandung 40264 Telp.( 022)7312423. Email: mwac.aisyiyah_bdg@yahoo.com

DAFTAR TILIK KETRAMPILAN PEMERIKSAAN INSPEKSI VISUAL ASAM ASETAT Petunjuk Penilaian: (Agar tertib Administrasi, mohon data- data diisi lengkap dan berikan tanda tangan dan nama lengkap) 1. Isilah dengan lengkap semua data- data pada kolom yang tersedia dibawah ini 2. Isilah penilaian dengan mengisi score bobot yang sudah ditentukan pada kolom yang tidak diwarnai (kolom yang polos) 3. Peniklaian dilakukan secara objektif sesuai dengan hasil pengamatan berdasarkan langkah kerja sesuai dengan daftar tilik Kriteria Penilaian: Score Kriteria Keterangan 0 T/S Tidak dikerjakan 1 Perlu Perbaikan Langkah atau tugas tidak dikerjakan dengan benar atau tidak sesuai dengan urutan(jika harus berurutan) 2 Mampu Langkah atau tugas dikerjakan dengan benar dan berurutan( jika harus berurutan), tetapi peserta secara efisien tidak ada kemajuan dari langkahke langkah 3 Mahir Langkah atua tugas dikerjakan dengan benar sesuai dengan urutan (jika harus berurutan) Peserta Ujian:
NO 1 2 3 4 5 6 NIM Nama Mahasiswa

Langkah Kerja: No I. 1 LANGKAH KERJA 1 Persiapan alat/tempat Menyiapkan alat yang diperlukan a. Sarung tangan / Handscoen b. Spekulum cocor bebek/graves c. Tampon tang d. Kom kecil e. Lidi kapas f. Asam asetat 3-5% dalam botol 2 NILAI 3 4 5 6

dan pertumbuhan mudah berdarah. spekulum dipegang oleh tangan kanan. Waskom berisi larutan klorin 0. IVA positif yaitu ditemukan bercak putih (aceto white epithelium). Putar kembali spekulum 45° kebawah sehingga menjadi melintang dalam vagina kemudian didorong masuk lebih dalam ke arah forniks posterior sampai ke puncak vagina c. ganti dengan tangan kiri yang memegang spekulum Memasukkan lidi kapas yang telah diberi asam asetat 3-5% ke dalam vagina sampai menyentuh porsio Mengoleskan lidi kapas ke seluruh permukaan porsio. Gunakan handscoen steril Melakukan vulva hygiene dengan kapas DTT Masukkan spekulum ke dalam vagina a. atau kelainan jinak lainnya seperti polip serviks c. Kelompok ini yang menjadi sasaran temuan screening kanker serviks dengan metode IVA karena temuan ini mengarah pada diagnosis serviks prakanker.2 3 4 5 6 7 8 g. Tangan kiri membuka labia minora. artinya tidak ada tanda atau gejala kanker mulut rahim atau serviks normal berbentuk licin.5% i. pertumbuhan seperti bunga kol. lihat hasilnya a. bentuk porsio normal. b. d. Lampu sorot k. Selimut j. dalam keadaan tertutup kemudian masukkan ujungnya ke dalam introitus vagina dengan posisi miring. Lakukan informed consent Cuci tangan 7 langkah dengan sabun dan bilas di bawah air mengalir kemudian keringkan Persilahkan pasien menanggalkan celana dalam dan membuka pakaian bawah. Tempat sampah medis dan non medis Beri penjelasan pada ibu atas tindakan yang akan dilakukan. kemudian atur posisi litotomi di meja gynekologi Atur lampu sorot ke arah vagina ibu. b. IVA kanker serviks. IVA radang. Membersihkan porsio dengan kasa steril menggunakan tampon tang 9 10 11 . Kunci spekulum dengan mengencangkan bautnya kemudian e. IVA negatif. artinya serviks dengan radang (servisitis). merah muda. Kapas DTT dalam kom h. Buka spekulum pada tangkainya secara perlahanlahan dan atur sampai porsio terlihat dengan jelas d.

5% Mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir Beritahu hasilnya dan beritahu rencana selanjutnya dengan jelas dan lengkap JUMLAH SCORE NILAI=(JUMLAH SCORE/45)X 100 Nama Mahasiswa Critical Point CATATAN PERIHAL MAHASISWI: No 1 2 3 4 5 6 Bandung.12 13 14 15 Mengeluarkan spekulum dari vagina Merapikan ibu dan merendam alat dalam larutan klorin 0. 2013 ---------------------------------Penguji .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful