Pelajaran

4

Akhlak Tercela

Membaca Al-Qur’an dan hafalan surah-surah pendek (pada setiap pembelajaran Pendidikan Agama Islam selama 5-10 menit).

Sumber: www.vivanews.com

Gambar 4.1 Bertengkar dan ingin menang sendiri adalah tindakan akhlak tercela yang dilarang agama.

Pendidikan Agama Islam Kelas VIII

43

Peta Konsep
Pengertian Ananiah
terdiri atas

Ananiah (Egois)

Contoh Perilaku Ananiah Menghindari Perilaku Ananiah Pengertian Gadab

terdiri atas

Gadab (Marah)

Contoh Perilaku Gadab Menghindari Perilaku Gadab Pengertian Hasad

meliputi

Perilaku Tercela

Hasad (Dengki)

terdiri atas

Contoh Perilaku Hasad Menghindari Perilaku Hasad Pengertian Gibah

Gibah (Menggunjing)

terdiri atas

Contoh Perilaku Gibah Menghindari Perilaku Gibah Pengertian Namimah

Namimah (Adu Domba)

terdiri atas

Contoh Perilaku Namimah Menghindari Perilaku Namimah

Kata Kunci
z z z

ananiah qadab hasad

z z z

gibah namimah perilaku tercela

44

Pendidikan Agama Islam Kelas VIII

Allah swt. memberi kebebasan kepada manusia untuk memilih perbuatan baik ataupun buruk. Allah swt. akan memberi pahala amal baik dan memberi siksa bagi pelaku perbuatan buruk. Nabi Muhammad saw. memberi tuntunan kepada kita untuk selalu berlaku baik dan menjauhi perilaku buruk. Seperti perilaku ananiah, gadab, hasad, gibah, dan namimah. Tahukah kalian tentang perilaku ananiah, gadab, hasad, gibah, dan namimah? Untuk mengetahuinya lebih lanjut marilah kita ikuti pembahasan berikut dengan saksama!

A.

Ananiah

1. Pengertian Ananiah
Ananiah berasal dari kata ana artinya ‘aku’. Ananiah berarti ‘keakuan’. Ananiah adalah sikap seseorang yang selalu cenderung memikirkan dirinya sendiri. Perilaku ananiah berarti perilaku seseorang yang selalu cenderung memikirkan dirinya sendiri. Istilah yang sama dengan pengertian ananiah adalah egoistis atau sikap mementingkan diri sendiri. Orang yang berperilaku ananiah memiliki ciri-ciri antara lain sebagai berikut: 1. 2. 3. 4. 5. 6. Sulit diajak berbagi rasa, suka semaunya sendiri, dan tidak mau memikirkan penderitaan orang lain. Memiliki perilaku yang cenderung tidak mengenal kompromi (dalam arti negatif). Memiliki perilaku cuek, masa bodoh, tidak mau tahu urusan orang. Memiliki perilaku yang selalu cenderung tidak mau rugi. Merasa dirinya paling hebat. Menilai sesuatu baik dan buruk, atau benar dan salah, menurut dirinya sendiri.

Perilaku ananiah akan melahirkan perilaku egosentris. Artinya mengutamakan kepentingan dirinya di atas kepentingan segalagalanya. Perilaku ananiah hanya melihat dengan sebelah mata.

Pendidikan Agama Islam Kelas VIII

45

Selain itu di TMII terdapat pula Al-Qur’an raksasa dan museum Islam. Hani mengajak kedua temannya untuk singgah di rumah saudaranya di dekat TMII. itulah salah satu contoh perilaku ananiah atau egois. Meta bangkit dari tempat duduknya dan dengan semaunya sendiri. Ketiganya berkreasi ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta dalam rangka mengisi liburan akhir tahun. 46 Pendidikan Agama Islam Kelas VIII . suasana yang semestinya menggembirakan. mereka berdiam diri tanpa banyak kata. ia menerima uluran tangan Hani dan kedua temannya itu dengan rasa malas dan enggan untuk menemuinya. dari cerita singkat di atas.2. Namun Meta tidak menyahut panggilan ibu dan tetap asyik bermain games serta cuek dengan kehadiran saudaranya itu. Nah. Dalam waktu singkat. Meta kurang mempedulikan kehadiran Hani dan kedua temannya itu. Mereka memilih TMII dengan harapan dapat melihat Indonesia lebih dekat lagi. Hani. Karena berkali-kali ibu dan bapaknya memanggil. demikian Meta menanggapi panggilan ibunya dengan menggerutu dan masih tetap bertahan di dalam kamar. mereka disambut oleh pak Kadir. Apakah kamu ingin meniru sifat Meta itu? Tentu jawabannya tidak. Ibu Kadir memanggil-manggil Meta agar keluarga menemui saudaranya yang datang dari Bandung itu. Ia asyik bermain games dengan Laptop di kamar tidurnya. Sesampainya di sana. isterinya dan seorang anak bungsunya. kamu dapat memahami sifat yang dimiliki Meta. Egois ini termasuk salah satu sifat tercela yang tidak disukai Rasulullah saw. Hani menyodorkan tangannya untuk berjabat tangan dengan Meta dan diikuti pula kedua temannya. sehingga timbul rasa cinta tanah air dan bangga sebagai bangsa Indonesia. Egois artinya perilaku yang didasarkan dorongan untuk kepentingan diri sendiri daripada memikirkan keuntungan orang lain. Contoh Perilaku Ananiah Perhatikan contoh perilaku ananiah berikut ini! Ida. Sedangkan Meta anak pertama pak Kadir tidak menampakkan diri. Tapi roman muka Meta kurang bersahabat sore itu. ia ngeloyor pergi dan masuk kembali ke kamar untuk meneruskan bermain games. ternyata justru seperti di pekuburan. yaitu mampu merasa bahwa dirinya dalam keadaan seperti orang lain. akhirnya Meta keluar kamar sambil bersungut-sungut keasyikannya merasa terganggu. bukan? Jadilah anak yang mempunyai sifat empati. Tari namanya. ”Datang bikin ganggu saja kesenangan orang”. dan Umi mereka satu kelas di SMP. Selesai rekreasi.

Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya. Dapat mendorong orang menjadi kikir. tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Ali Imran/3:159) Perilaku ananiah perlu kita hindari karena dapat berakibat buruk dalam diri seseorang. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar. Dibenci oleh banyak orang. mohonkanlah ampun bagi mereka. c. Karena itu maafkanlah mereka. Menghindari Perilaku Ananiah Kita harus menghindari perilaku ananiah. maka bertawakkallah kepada Allah. e. Akibat buruk yang ditimbulkan dari perilaku ananiah antara lain sebagai berikut: a. Kita membutuhkan orang lain. Hidupnya menjadi susah.3. Memiliki banyak musuh dan dikucilkan dari kehidupan masyarakat. Pendidikan Agama Islam Kelas VIII 47 . d. wa lau kunta fa§§an gal³§alqalbi lanfa««μ min ¥aulik(a). Perilaku tersebut sangat bertentangan dengan fitrah manusia. Kita tidak bisa hidup sendiri. Dapat merusak persaudaraan. orang yang kaya tidak bisa hidup dengan sendirinya tanpa membutuhkan orang lain. Misalnya.” ( QS. innall±ha yu¥ibbul-mutawakkil³n(a) Artinya: “Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. yaitu makhluk sosial. fa‘fu ‘anhum wastagfir lahum wa sy±wirhum fil-amr(i). b. dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad. fa i©± ‘azamta fa tawakkal ‘alall±h(i). Firman Allah Swt dalam Al Qur’an surah Ali Imran ayat 159 sebagai berikut : Fabim± ra¥matim minall±hi linta lahum.

Beberapa penyakit jasmani akan muncul pada diri seseorang. Orang yang gadab berupa kejengkelan yang mendalam dan dipendam terus menerus pada seseorang sehingga memuncak. dapat 48 Pendidikan Agama Islam Kelas VIII . Seseorang berperilaku gadab berarti memiliki akhlak mazmumah atau budi pekerti tercela. merasa direndahkan. Perilaku gadab ini dapat berupa kejengkelan terhadap diri sendiri atau kepada orang lain. dan Nabi Muhammad saw. mudah tersinggung. Gadab atau marah adalah melimpahkan suatu emosi terhadap orang lain sehingga gejolak perasaan berontak dalam dirinya terlepas dari kendali. Mengingat bahwa perilaku ananiah termasuk perilaku tercela yang dilarang oleh Allah swt. ingin menang sendiri. merasa dihina. Dan yang lebih parah lagi perilaku marah dan kejengkelan ini dapat menimbulkan berbagai penyakit. b. Menumbuhkan sikap sosial dan toleransi. Perilaku gadab yang dimiliki seseorang maka menunjukkan bahwa dirinya sakit royaninya. Penyakit jasmani yang biasa diderita oleh orang-orang yang hobinya suka gadab antara lain adalah penyakit stroke.Kita harus dapat menghindari perilaku ananiah. merasa jagoan. B. Gadab 1. a. Pengertian Gadab Gadab secara bahasa berarti ”marah”. c. biasanya diawali dari sakit rohaninya. dan kanker rahim. Seseorang berperilaku gadab dapat disebabkan karena kemauannya tidak dituruti. d. Mengingat bahwa kita adalah makhluk sosial. dapat berakibat stroke. Mengingat akan akibat negatif yang ditimbulkan dari perilaku ananiah. Penyakit rohani yang dimaksud dalam hal ini adalah gadab atau marah. Cara menghindari perilaku ananiah antara lain sebagai berikut. dan perbuatan-perbuatan yang menyakitkan lainnya. Perilaku gadab yang meledak dan sering kita lakukan terhadap anak atau orang tua atau orang lain. tidak dapat hidup sendiri tanpa ada bantuan orang lain. Kejengkelan terhadap diri sendiri maupun orang lain jika sampai memuncak akan berakibat sangat menakutkan. merasa dipermalukan tidak sepantasnya. jantung koroner.

Berkali-ali ibu dan bapaknya mengingatkan agar segera bangun karena waktu makan sahur hampir habis. waktu subuh tiba. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan”. bahwasanya Rasulullah saw bersabda:”Bukanlah kekuatan itu dengan kehebatan pukulan.a. Perilaku gadab bagi seorang wanita yang memuncak terhadap ibunya atau pasangan hidupnya dapat berakibat kanker rahim. Tentu saja Udin Pendidikan Agama Islam Kelas VIII 49 . Udin sayup-sayup mendengar suara imsaaak. (QS. dan tiap diingatkan hanya mengatakan nanti nanti nanti terus. dari arah masjid. Sahih Muslim. imsaaak. Firman Allah Swt : Wal-k±§im³nal-gai§a wal-‘±f³na ‘anin-n±s(i). namun ia tidak beranjak dari tempat tidurnya. tetapi kekuatan adalah barang siapa yang dapat mengendalikan dirinya saat marah. Islam menganjurkan agar orang mukmin bersedia memaafkan kesalahan saudaranya serta tidak mudah terpancing emosi. IV:2235) 2.berakibat jantung koroner. ia tetap saja molor. Akhirnya tiba waktu imsak di mana kita sudah harus mulai menahan makan dan minum karena telah tiba saatnya mulai berpuasa.” (HR. Muslim. Ali Imran/3:134) Rasulullah saw juga bersabda: Artinya: “Dari Abu Hurairah r. wall±hu yu¥ibbulmu¥sin³n(a) Artinya: “ dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. imsaaaak. Dasar anak. Contoh Perilaku Gadab Perhatikan contoh perilaku gadab berikut ini! Udin dibangunkan ibunya untuk segera makan sahur karena waktu imsak hampir tiba.

Ingat. Mengingat kerugian atau akibat buruk yang ditimbulkan dari sifat marah. dan sesungguhnya setan iu dijadikan dari api dan api akan mati dengan (disiram) air. Menimbulkan permusuhan antarsesama manusia dan dijauhi oleh banyak orang. Menghindari Perilaku Gadab Beberapa akibat negatif yang ditimbulkan dari perilaku gadab antara lain sebagai berikut. berarti ia tidak boleh lagi makan sahur. a. maka apabila marah seseorang di antara kamu berwudulah” ( H. Perilaku yang ditunjukkan Udin tersebut merupakan contoh gadab yaitu melimpahkan emosi kepada orang lain. Menimbulkan kerugian yang bersifat materi maupun nonmateri. Berperilaku sabar. Memaafkan kesalahan orang lain. c. sebaiknya Udin segera bangun dan menyadari keteledorannya karena berlarut-larut tidak segera bangun. c. ia juga menanis karena dengan datang imsak atau subuh. Selain marah. b. e. Adapun cara mengatasi perilaku gadab antara lain sebagai berikut: a. d. b. bahwa ketika seseorang sedang marah berarti sedang ada dalam kekuasaan setan. Rasulullah saw bersabda: Artinya Sesungguhnya marah itu dari setan. Hilangnya keseimbangan akal karena tertutup oleh emosinya atau nafsunya. d. Hidupnya tidak tenang.uring-uringan. Di mara kepada siapa saja yang ada di rumah itu.R. Ketika marah hendaklah segera berwudu karena setan akan menjahui kita. Abu Dawud) 50 Pendidikan Agama Islam Kelas VIII . 3.

Seorang muslim tidak diperbolehkan mendiamkan saudaranya lebih dari tiga hari. IV:2189) Pendidikan Agama Islam Kelas VIII 51 . Al-Falaq/113:5) Sabda Rasulullah saw. Firman Allah swt.” (H. Hasad akan menjadi penyakit masyarakat yang akan merusak persaudaraan.S. dan saling membelakangi. Hasad disebabkan adanya permusuhan. Ia berusaha supaya orang itu menjadi marah serta berharap agar kenikmatan itu terlepas darinya. Pengertian Hasad Hasad atau hasud menurut bahasa adalah iri hati atau dengki. hasad adalah merasa tidak senang melihat orang lain memperoleh kenikmatan.R. Muslim. Tetapi jadilah kamu sekalian itu hamba Allah yang bersaudara.” (Q. Sahih Muslim. Wa min syarri ¥±sidin i©± ¥asad(a) Artinya “Dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki.a. Hasad merupakan penyakit hati yang sangat berbahaya.C. saling menghasud. Artinya: Dari Anas bin Malik r. Hasad sulit diobati apabila telah merasuk kepada jiwa seseorang. Hasad 1. Menurut istilah. iri kepada sesuatu yang dimiliki seseorang atau saling bersaing tapi untuk menjatuhkan.bahwasanya Rasulullah saw bersabda: “Janganlah kamu sekalian saling membenci.

apabila belum bisa melampiaskan keinginan dan maksudnya. Sebagai anak muslim yang baik. Contoh Perilaku Hasad Perhatikan contoh perilaku hasad berikut ini! Ketika penerimaan rapor kenaikan kelas yang lalu. dan tidak mau menerima kebenaran. Mereka tahu bahwa Dude mempunyai notebook baru yang dibelikan ayahnya. Perbuatan hasud dapat menghapus amal kebajikan seseorang yang telah dilakukannya. b. Dude mendapatkan nilai yang bagus sehingga menjadi juara 1 di kelasnya. teman-temannya bermain ke rumah Dude. Perilaku yang dimiliki Titon seperti itu biasa disebut hasad. Akibat Perilaku Hasad Akibat buruk yang ditimbulkan dari perilaku hasad antara lain: a. Sebagai hadiahnya. Hasad mempunyai arti iri atau dengki terhadap kenikmatan yang diterima oleh orang lain. Dude dibelikan sebuah notebook untuk keperluan dalam menunjang belajarnya.2. 3. untuk Menimbulkan perasaan tertekan dan kegelisahan bagi pelakunya. Beberapa teman Dude merasa senang karena diizinkan untuk memakai notebook tersebut. Ia merasa iri terhadap Dude yang memiliki notebook baru. e. f. Merusak tali persaudaraan dan silaturahmi. g. Menimbulkan rasa dendam dan keinginan membalasnya bagi orang yang dirugikan. Ia pun membuat cerita bohong bahwa notebook milik Dude itu hasil korupsi ayahnya yang bekerja sebagai pegawai negeri. Berbeda denganTiton. Ayah dan ibunya pun bangga kepada Dude. tentunya kamu dapat menjauhkan diri dari sifat hasad ini karena termasuk sifat tercela. Dapat menyebabkan seseorang bersikap sombong atau takabur. Dude pun mengucap syukur Alhamdulillah berkat semangatnya yang rajin belajar disertai doa setelah melaksanakan salat lima waktu. c. Merusak keimanan seseorang dan semakin menjauhkan hubungannya dengan Allah swt. Suatu sore. akibatnya hubungan yang terbina baik menjadi retak atau terputus. 52 Pendidikan Agama Islam Kelas VIII . akhirnya ia menjadi juara. Hal ini dilakukan Titon karena rasa irinya terhadap Dude. Orang yang memiliki sifat hasad akan dibenci orang lain dan hidupnya tidak akan tenang dan tenteram. d.

Gibah termasuk perbuatan tercela yang memakan kebaikan. Contoh Perilaku Gibah Perhatikan contoh perilaku gibah berikut ini! Dalam agama Islam. baik kekurangan yang ada pada badan.R. Sahih Muslim.D. gibah termasuk perilaku yang tercela dan dilarang. bagaimana jika yang aku katakan itu (memang) terdapat pada saudaraku? Beliau menjawab: “Jika apa yang kamu katakan terdapat pada saudaramu maka kamu telah menggunjingnya (melakukan gibah) dan jika ia tidak terdapat padanya maka engkau telah berdusta atasnya. serta membuang-buang waktu secara sia-sia. nasab.” (H. IV:2219) 2. Pendidikan Agama Islam Kelas VIII 53 . Gibah 1. Ditanyakan. Gibah biasanya dalam bentuk membicarakan orang lain dengan hal yang tidak disenanginya bila ia mengetahuinya.a. yaitu engkau menyebut saudaramu dengan sesuatu yang dibencinya”. Beliau bersabda : Gibah. Muslim. katanya Rasulullah saw bersabda: “Tahukah kalian apakah gibah itu? Mereka menjawab : Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui”. mendatangkan keburukan. Dalam masalah ini Rasulullah saw bersabda: Artinya: Dari Abu Hurairah r. Pengertian Gibah G ibah atau menggunjing adalah membicarakan aib atau keburukan orang di depan orang lain.

kurang sabar. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Namun sayang. tidak pernah meninggalkan kewajibannya. rumah atau harta miliknya yang lain. dan sebagainya.” (QS. Menyebut kekurangannya yang ada pada badan seperti mengatakan ia pendek. jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan). hitam.”Saya kasihan terhadap teman kita yang selalu diremehkan ini. 54 Pendidikan Agama Islam Kelas VIII . Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang. tentu ia akan mendoakannya dalam kesendiriannya dan tidak mengatakan semacam itu. munafik dan lain-lain. Atau pada agamanya seperti mengatakan ia pembohong. fasik. karena sebagian dari purbasangka itu dosa. 3. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Bentuk gibah yang lain misalnya mengucapkan. Y± ayyuhal-la©³na ±manujtanibμ ka£³ram mina§-§ann(i). Kadang orang melakukan gibah dengan cara pujian dengan mengatakan. Oleh karenanya tentu mempunyai akibat negatif yang ditimbulkan. wattaqull±h(a). ia mempunyai perangai seperti kita. kurus.” Ia menyebut juga dirinya dengan maksud mencela orang lain dan mengisyaratkan dirinya termasuk golongan orangorang saleh yang selalu menjaga diri dari gibah. Saya berdoa kepada Allah agar dia tidak lagi diremehkan. ucapan maupun agama hingga pada pakaian.”Betapa baik orang itu. innall±ha taww±bur ra¥³m(un) Artinya: ”Hai orang-orang yang beriman. ayu¥ibbu a¥adukum ay ya’kula la¥ma akh³hi maitan fa karihtumμh(u). Jika ia menginginkan doa untuknya. Dan bertakwalah kepada Allah.” Ucapan semacam ini bukanlah doa.tabiat. Al-Hujurat: 12) . sebagaimana firman-Nya. Gibah adalah akhlak tercela yang dilarang oleh Allah swt. Menghindari Perilaku Gibah Gibah merupakan perilaku tercela. inna ba‘«a§§anni i¡muw wa l± tajassasμ wa l± yagtab ba‘«ukum ba‘«±(n).

2. membenci terhadap orang yang menggunjing. Perbuatan namimah dapat berupa mengutip suatu perkataan dengan tujuan untuk mengadu domba antara seseorang dengan si pembicara. selaku moderator. Namimah 1. Selanjutnya. dan sebagainya. E. Pak Hidayat selaku Ketua RT di kampungnya mendapat undangan rapat dari Bapak Kepala Desa untuk membahas rencana kegiatan ”bersih desa” dalam rangka mengikuti lomba desa bersih se-kabupaten. Tepat pukul 13. Pak Hidayat ditunjuk menjadi moderator dalam rapat tersebut. Rapat dibuka oleh Bapak Kepala Desa dengan menyampaikan tujuan diadakannya rapat tersebut.Cara menghindari perilaku gibah atau menggunjing tersebut adalah sebagai berikut. Terjadilah percekcokan karena adanya adu domba tersebut. Akibatnya sehingga orang yang dibicarakan tersebut tidak suka jika perilaku dirinya dibeberkan orang lain. Namimah dapat berbentuk tindakan membeberkan perkataan atau perbuatan seseorang yang berupa aib. Contoh Perilaku Namimah Perhatikan contoh perilaku namimah berikut ini! Siang itu Pak Hidayat menghadiri undangan rapat di Balai Desa. atau pendapatnya. 2. Pak Hidayat mempersilakan peserta rapat lainnya untuk mengajukan pertanyaan. Mengingat bahwa kita juga memiliki kekurangan karena tidak ada seorang pun yang tidak memiliki cela atau aib. saran. satu etnis dengan etnis yang lain.00 rapat dimulai. Pendidikan Agama Islam Kelas VIII 55 . Menyadari bahwa Allah swt. Adu domba antara satu orang dengan orang yang lain. Akhirnya orang tersebut marah dan berbalik tidak menerimanya. Pengertian Namimah Namimah atau mengadu domba adalah usaha atau perbuatan seseorang baik berupa ucapan atau perbuatan yang bertujuan untuk mengadu domba. 1. satu golongan dengan golongan yang lain.

Pak Rusdi mengusulkan agar semua anggota keluarga bersama-sama mengikuti kerja bakti. Bapak Kepala Desa mengambil jalan tengah dengan memutuskan berbagai pendapat tersebut.R. Al-Qalam/68:10-11) Perilaku namimah membawa kerugian di dunia juga orang yang melakukan akan mendapatkan siksaan di alam kubur dan di akhirat. mencela orang yang melakukan perbuatan namimah. Selain itu. Secara bijaksana. melewati dua kuburan. bahwa mengadu domba termasuk perbuatan tercela? Untuk itu. Tentunya kalian paham.” (QS. Lain lagi pendapat Pak Agus. bukan. karena cenderung mengadu domba warganya. sifat suka mengadu domba perlu dihindari demi tercipta kerukunan terhadap sesama. Yang satu tidak membersihkan air kencingnya dan yang lain berjalan untuk mengadu domba. Ia mengusulkan agar setiap keluarga ditarik iuran untuk membayar orang agar mau kerja bakti di lingkungan desanya. Artinya: “Sesungguhnya Rasulullah saw. 3. asy-Syaikhani) 56 Pendidikan Agama Islam Kelas VIII . Menghindari Perilaku Namimah Allah swt.Pak Komar mengusulkan agar setiap keluarga mewakilkan anggota keluarganya untuk mengikuti kerja bakti. Hamm±zim masysy±’im binam³m(in) Artinya: “Dan janganlah kamu ikuti setiap orang yang banyak bersumpah lagi hina. Sebagaimana sabda Rasulullah saw. yang kian kemari menghambur fitnah. yang banyak mencela. masih ada pendapat dan usulan lainnya yang berbeda-beda. sebagaimana firman-Nya: Wa l± tu¯i‘ kulla ¥all±fim mah³n(in). lalu Rasulullah bersabda penghuni kedua kuburan ini telah disiksa bukan karena melakukan dosa besar. Bapak Kepala Desa tidak ingin memihak pada salah satu pendapat warganya.” (H.

.. Contoh .... 2.............................. .... Berusaha mengingatkan agar tidak suka mengadu-domba. Akhlak Tercela Ananiyah Gadab Hasud Gibah Namimah Pendidikan Agama Islam Kelas VIII 57 ... Gadab adalah perasaan tidak senang karena dihina.. Membiasakan tidak berprasangka buruk terhadap orang lain.Cara agar kita terhindar dari perilaku namimah adalah sebagai berikut: a..... d...... Membiasakan tidak suka mencari-cari aib atau keburukan orang lain.. sesuai dengan petunjuk yang ada di dalamnya............ 4................. Kegiatan di Rumah z Lengkapilah tabel di bawah ini... ............. 5. Hasad adalah merasa tidak senang melihat orang lain memperoleh kenikmatan dan berusaha supaya orang itu menjadi marah serta berharap agar kenikmatan itu terlepas darinya.... ....... dipermalukan tidak sepantasnya......... .............. c....... Cara Menghindari ....... 4.... ........ 5......... dan perbuatan-perbuatan yang menyakitkan lainnya..... b............. 1........ No........................ .............. .............. Berusaha tidak mengikuti apa yang dikatakan orang yang suka namimah..... 3................. 2. Ananiah berarti perilaku seseorang yang selalu cenderung memikirkan dirinya sendiri... Gibah adalah membicarakan aib atau keburukan orang di depan orang lain.. Rangkuman 1.... 3..... .. Namimah adalah usaha atau perbuatan seseorang baik berupa ucapan atau perbuatan yang bertujuan untuk mengadu domba..

..Uji Kompetensi Kerjakan di buku tugasmu! I... mainan b. adalah pengertian dari ….. a. 4. menafkahkan hartanya baik di waktu lapang maupun sempit d.. namimah Seseorang yang suka membicarakan keburukan orang lain laksana orang yang suka memakan . bersikap cuek dan masa bodoh b. a. Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang paling benar! Berikut ini adalah ciri-ciri orang yang bertakwa menurut Surah Ali ‘Imran ayat 134-135. kecuali . teman c. 3. daging babi dan anjing Orang yang bersikap ananiah memiliki ciri-ciri antara lain sebagai berikut. a. kecuali .. hidupnya cenderung semaunya sendiri c. buku d. gadab b. mendirikan salat lima waktu Usaha seseorang untuk memengaruhi orang lain supaya tidak senang terhadap orang yang memperoleh karunia Allah swt. memaafkan kesalahan orang lain c. anugrah dari Allah swt. harta anak yatim b. ghibah c. a... dapat menahan nafsu amarah b. harta curian d. 5. a. daging bangkai saudaranya c. 2. hasud d. 1. 58 Pendidikan Agama Islam Kelas VIII . suka menolong orang Orang yang mempunyai sifat dengki tidak suka kalau temannya punya …. sulit diajak berbagi rasa d.

9. a.. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat! 1. individu d. namimah II.. hasad d. ghibah c. hidup c. 10.. gadab Lawan dari sifat ananiyah adalah …. 8.6. 3. Seseorang yang telah banyak melakukan amal saleh dapat terhapus pahalanya karena melakukan perbuatan . 5. 4. namimah Sikap selalu ingin menang sendiri disebut sifat…. gadab b. a. namimah Manusia diciptakan sebagai makhluk …. hasud d.. namimah b.. mulia 7. Sifat yang dimiliki seseorang karena mudah marah baik tersinggung atau tidak suka terhadap perbuatan orang lain karena dia memiliki sifat . a.. gadab c. hasud c. sosial b. Apakah sifat ananiyah itu? Tuliskan dalil tentang akibat perbuatan hasud! Tuliskan dalil tentang larangan buruk sangka! Sebutkan cara menghindari sifat marah! Sebutkan ciri-ciri orang yang memiliki sifat ananiyah! Pendidikan Agama Islam Kelas VIII 59 . ananiyah b. lapang dada b. marah d. marah d. hasud c. a. a. 2.

Apa yang terjadi pada orang-orang yang suka marah. Nama Sakit yang Diderita Keterangan 60 Pendidikan Agama Islam Kelas VIII . tuliskan pada daftar berikut ini! No.Penelitian Lakukan pengamatan terhadap orang-orang yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Hasilnya.

Pendidikan Agama Islam Kelas VIII 61 . Sumber: http://komposits.Pelajaran 5 Tata Cara Salat Sunah Membaca Al-Qur’an dan hafalan surah-surah pendek (pada setiap pembelajaran Pendidikan Agama Islam selama 5-10 menit). Dengan salat dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar.1 Salat yang dikerjakan umat Islam sebagai salah satu doa.wordpress.com Gambar 5.

Peta Konsep terdiri atas Pengertian Salat Sunah Rawatib Macam-macam Salat Sunah Rawatib macam-macam Muakkad Ketentuan Salat Sunah Rawatib Ghairu Muakkad meliputi Cara Melakukan Salat Sunah Rawatib Tata cara salat sunah Praktik Salat Sunah Rawatib Kata Kunci salat sunah z z z rawatib qabliyah ba’diyah z z muakad ghairu muakad 62 Pendidikan Agama Islam Kelas VIII .

e. Kekurangan itu antara lain dalam kekhusyu’an dan tumakninah yang kita lakukan. Salat sunah yang dilakukan sebelum dan sesudah melakukan salat wajib yang dinamakan salat rawatib. a. Salat sunah rawatib qabliyah adalah salat sunah yang dilaksanakan sebelum melaksanakan salat fardhu. Dua rakaat sesudah melaksanakan salat magrib. a. Magrib. 2. Salat sunah berguna sebagai melengkapi kekurangan pada salat wajib yang kita lakukan. d. Ketentuan Salat Sunah Rawatib 1. Isya’. Pendidikan Agama Islam Kelas VIII 63 . Salat sunah ba’diyah adalah salat sunah yang dilaksanakan sesudah salat fardhu. Adapun salat sunah tersebut sebagai berikut. Dua rakaat sesudah melaksanakan salat isya’. dan Subuh. Macam-Macam Salat Sunah Rawatib Salat rawatib ada 2 macam. Selain salat wajib tersebut Rasulullah memberikan banyak tuntunan tentang salat nawafil/salat sunah. Tahukah kalian tentang salat rawatib? Kapan dilaksanakan dan berapa jumlah rakaatnya ? Sekarang kita belajar bersama tentang salat rawatib! A. Hukum menjalankan salat rawatib ada dua macam. b. Dua rakaat sebelum melaksanakan salat subuh.Kita wajib melaksanakan salat lima waktu. c. Salat sunah ada yang dilakukan siang hari. Dua rakaat sesudah melaksanakan salat zuhur. Salat Rawatib Muakkad Salat sunah rawatib muakkad sunah yang selalu dikerjakan oleh Rasulullah saw. seperti salat Duha atau malam hari seperti salat Tahajud. Pengertian Salat Sunah Rawatib Salat sunah rawatib adalah salat sunah yang dilakukan sebelum dan sesudah salat fardu. Dua rakaat sebelum melaksanakan salat zuhur. Asar. yaitu muakad dan ghairu muakad. yaitu rawatib qabliyah dan rawatib ba’diyah. Salat sunah banyak jumlah dan jenisnya. yaitu Zuhur.

Dua rakaat sebelum dan sesudah melaksanakan salat zuhur. Praktik salat rawatib: 1. Berniat salat rawatib sebelum zuhur jika diucapkan: 64 Pendidikan Agama Islam Kelas VIII . 3. Salat Rawatib Gairu Muakkad Salat sunah rawatib gairu muakkad adalah salat sunah yang tidak selalu dikerjakan oleh Rasulullah saw. Bahkan Rasulullah tidak mengerjakan tetapi ketika melihat salah satu sahabat melakukan salat tersebut beliau tidak melarangnya. dua rakaat sesudahnya. ada 10 rakaat sunah rawatib yakni dua rakaat sebelum zuhur. dua rakaat sesudah isya’ dan dua rakaat sebelum subuh. (HR. dua rakaat sesudah magrib. Dengan demikian. Artinya : “Dari Ibnu Umar r. Dua rakaat sebelum melaksanakan salat magrib. d. Dua rakaat termasuk muakad dan dua rakaat termasuk gairu muakad.Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah saw. empat rakaat sebelumnya dan empat rakaat sesudahnya. c. al-Bukhari: 1109) b. Dua rakaat sebelum melaksanakan salat isya’. sunah Zuhur. berkata: Saya ingat dari perbuatan Nabi saw.a. Empat rakaat sebelum melaksanakan salat asar. b. Cara Melakukan Salat Sunah Rawatib Cara melakukan salat sunah rawatib sebagai berikut. Adapun salat tersebut sebagai berikut : a.

Artinya : “Saya niat salat sunah sesudah isya’ dua rakaat karena Allah”.Artinya: Aku berniat salat sunah sebelum zuhur dua rakaat menghadap kiblat karena Allah ta’ala. Dua rakaat sebelum isya’. 2. Pendidikan Agama Islam Kelas VIII 65 . yang berbeda hanya niatnya. Dua rakaat sesudah isya’. Salat rawatib dikerjakan dua rakaat-dua rakaat. 3. Apabila ingin melakukan salat yang lain dapat dilakukan hanya mengganti waktu salatnya dan jumlah rakaatnya. Praktik Salat Sunah Rawatib Salat sunah rawatib baik yang qabliyah maupun yang bakdiyah. 3. 5. B. 2. Salat rawatib dikerjakan secara sendirian (munfarid). maka praktik mengerjakannya adalah sebagai berikut: 1. Contoh niat salat sunah qabliyah. Artinya : “Saya niat salat sunah sebelum Isya’ dua rakaat karena Allah”. 4. Takbiratul ihram Salat dua rakaat seperti biasa Salam Kemudian salat zuhur 4 rakaat. Dilakukan sesudah azan dan sebelum iqamah untuk yang qabliyah dan sesudah salat fardu untuk yang bakdiyah. 5. Cara melaksanakannya sama seperti salat wajib hanya berbeda niatnya. 4. Gerakan pada bacaan dalam salat rawatib sama dengan gerakan dan bacaan dalam salat fardu.

Salat sunah rawatib gairu muakkad adalah salat sunah yang tidak selalu dikerjakan oleh Rasulullah saw. Jenis Salat Sunah Jumlah Rakaat Muakad/Gairu Muakad 66 Pendidikan Agama Islam Kelas VIII . Salat sunah rawatib muakkad adalah salat sunah yang selalu dikerjakan oleh Rasulullah saw. Siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok. atau bahkan Rasulullah tidak mengerjakan tetapi ketika melihat salah satu sahabat melakukan salat tersebut beliau tidak melarangnya Aktivitas di Sekolah Semua siswa menuju ke musalla/masjid sekolah. Guru memberikan pembenaran apabila ada kesalahan dan murid memerhatikan praktik salat dan pembetulan oleh guru.Rangkuman 1. Kreativitas di Rumah Isilah tabel berikut sesuai dengan kemampuanmu! No. Dalam hal ini siswa diperbolehkan melakukan pembetulan apabila mengetahui temannya melakukan kesalahan. dalam setiap kelompok menunjuk seorang siswa untuk mempraktikkan salat sunah rawatib. 2.

salat qabliyah d. dada c. 8. Jumlah seluruh rakaat yang hukumnya sunah gairu muakad dalam salat sunah rawatib ada . 8 d. Berilah tanda silang (x) huruf a. muakad Jumlah seluruh rakaat yang hukumnya sunah gairu muakad dalam salat sunah rawatib ada . 3.. c. a. tarawih 6. a. 5... a.Uji Kompetensi Kerjakan di buku tugasmu! I.. salat bakdiyah c. tasbih b. atau d pada jawaban yang paling benar! Ibadah salat sunah yang pelaksanaannya sangat dianjurkan disebut …. a. nafilah c. 12 Salat sehari semalam kita melakukan sebanyak …. salat mutlak b. ghairu muakad b. enam kali Niat tempatnya di …. 4. salat rawatib Empat rakaat sebelum salat asar termasuk salat sunah . 10 b. 6 c.. a. 10 b. 12 Salat sunah yang mengiringi salat fardu baik yang dikerjakan sebelum maupun sesudahnya dinamakan …. gairu muakkad d. jenazah c. a. 6 c. a. a... lisan d. Pendidikan Agama Islam Kelas VIII 67 . hati b. 8 d. sunah d. tasbih b. dua kali b. 1. ab’ad d. b. 7. pikiran 2.. witir Salat yang dapat menambal kekurangan pada salat wajib adalah salat …. muakkad c. empat kali d. lima kali c..

sunah c. jaiz 10. a. Melaksanakan salat setelah salat wajib hukumnya …. wajib d. Nama Salat Sunah yang Sering Dilakukan Keterangan 68 Pendidikan Agama Islam Kelas VIII . a. 4. mubah b. Salat sebelum salat Magrib hukumnya …. wajib d. Sebutkan keutamaan dari salat sunah rawatib! Jelaskan cara melakukan salat sunah rawatib secara singkat! Apakah fungsi salat sunah? Sebutkan salat yang termasuk dalam salat sunah rawatib gairu muakkad! Tuliskan niat salat sebelum zuhur! Penelitian Buatlah data. 5. mubah b. makruh II. siapa saja dari temanmu yang ingin melaksanakan salat sunah. 3. Hasilnya masukkan dalam tabel berikut ini! No. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat! 1.9. 2. sunah c.

Sumber : http://www.1 Agama Islam mengajarkan jika engkau salat sujudlah.com Gambar 6.Pelajaran 6 Macam-Macam Sujud Membaca Al-Qur’an dan hafalan surah pendek dengan tartil (dilaksanakan pada setiap awal pembelajaran pendidikan Agama Islam selama 5-10 menit). jika engkau mendapatkan nikmat syukurlah/sujud syukur.antarafoto. Pendidikan Agama Islam Kelas VIII 69 . Sujud merupakan tanda syukur atas nikmat yang diberikan.

Peta Konsep Pengertian Sujud Syukur terdiri atas Sujud Syukur Tata Cara Sujud Syukur Praktik Sujud Syukur meliputi Pengertian Sujud Sahwi terdiri atas Macam-Macam Sujud Sujud Sahwi Tata Cara Sujud Sahwi Praktik Sujud Sahwi Pengertian Sujud Tilawah terdiri atas Sujud Tilawah Tata Cara Sujud Tilawah Praktik Sujud Tilawah Kata Kunci z z z sujud syukur tilawah z z sahwi tata cara 70 Pendidikan Agama Islam Kelas VIII .

sesuatu yang menggembirakan atau kabar suka. beliau langsung sujud berterima kasih kepada Allah swt. Aku bersimpuh untuk mendapatkan ridaMu”. a. dia bersimpuh di hadapan Sang Khaliq. merendah. : Artinya: “Dari Abu Bakrah dari Nabi saw. yaitu senantiasa lemah lembut. sabdanya : “Sesungguhnya apabila datang kepada Nabi Muhammad saw. Tata Cara Sujud Syukur Cara melakukan sujud syukur sebagai berikut. Orang yang terbiasa bersujud seharusnya senantiasa mempunyai sifat yang terpuji. Sujud Syukur 1. ” (H. Melakukan sujud syukur hukumnya sunah sebagaimana sabda Rasulullah saw.Orang yang bersujud. Dia seolah-olah berkata: “Wahai Tuhanku! Sesungguhnya aku meletakkan wajahku di atas makhluk-Mu yang terhina. kemudian niat sujud syukur.. Pendidikan Agama Islam Kelas VIII 71 . Apabila dalam posisi berdiri hendaklah berniat sujud syukur diikuti takbir. dan lain-lain. Sujud tidak hanya pada ibadah salat saja. Dengan meletakkan muka sebagai tempat yang mulia di tanah sebagai sesuatu yang hina. Bagaimana melakukannya? Simak pelajaran berikut. Abu Dawud : 2393) 2. Pengertian Sujud Syukur Sujud syukur adalah sujud yang dilakukan karena mendapat anugerah dari Allah swt.R. yaitu tanah. tapi di luar salat pun ada. A.

72 Pendidikan Agama Islam Kelas VIII . ragu apakah rakaat yang telah dikerjakan itu baru 3 atau sudah 4 rakaat. Sebab-sebab dilakukannya sujud sahwi adalah: 1. takbir lagi dan duduk iftirasy kemudian memberi salam. 3.Artinya: “Aku bersujud kepada Tuhan yang menciptakan diriku dan membentuknya. Sujud Sahwi 1. Lupa membaca qunut pada salat Subuh bagi yang biasa membacanya. Apabila posisi kita sedang duduk. Ketinggalan atau lupa tasyahud awal. yaitu 3 rakaat. Kemudian menambah satu rakaat lagi dan mengerjakan sujud sahwi. Sujud sahwi hukumnya adalah sunah muakkad. rukun. caranya sama seperti di atas. Karena ragu-ragu tentang bilangan rakaat yang telah dikerjakan. Maka hendaklah ia menjadikan bilangan yang diyakini. yang membukakan pendengaran dan penglihatan dengan daya dan kekuasaan-Nya. atau sujud dikarenakan lupa. B. b. Misalnya.” Lalu bersujud satu kali dan membaca doanya. maka Mahasuci Allah pencipta yang paling baik. Sujud sahwi merupakan sujud di luar rukun salat dan dilakukan karena beberapa perbuatan salat yang terlupakan untuk dikerjakan. Pengertian Sujud Sahwi Sujud sahwi artinya sujud yang dilakukan karena lupa. 2. Kelebihan rakaat. hanya ketika akan bersujud posisi kita sudah duduk iftirasy. 4. Selanjutnya. Praktik Sujud Syukur Melaksanakan sujud syukur dengan cara sebagaimana di atas. 3.

3. Tata Cara Sujud Sahwi Adapun cara melakukan sujud sahwi sebagai berikut. maka beliau melakukan sujud. Praktik Sujud Sahwi Melaksanakan sujud sahwi sebagaimana cara-cara tersebut di atas. C. maka kami bersujud pula bersama-sama dengannya. Artinya : “Maha suci Allah yang tidak tidur dan tidak lupa” c. a. bersabda: Artinya: “Dari Ibnu Umar: Bahwa Nabi saw. kemudian mengucapkan salam. pernah membaca Al-Quran di hadapan kami. Selanjutnya. kemudian takbir dan duduk iftirasy. ketika beliau melalui ayat sajdah. Sujud Tilawah 1. Sewaktu sujud yang pertama membaca doa sujud sahwi. 2. Hukum melakukannya adalah sunah muakad.. kemudian membaca takbir dan sujud dua kali.R.” (H. Pengertian Sujud Tilawah Sujud tilawah adalah sujud yang disunahkan bagi orang yang membaca Al-Qur’an. b. Rasulullah saw. takbir lagi dan melakukan sujud kedua dan bacaannya.5. Muslim : 900) Pendidikan Agama Islam Kelas VIII 73 . Ketika sampai ayat sajdah maka dia disunahkan sujud tilawah. Karena kurang rakaatnya dalam salat yang dikerjakan sebab lupa. Sesudah melakukan tasyahud akhir.

(Q. c. Maryam/19 : 58) 74 Pendidikan Agama Islam Kelas VIII .S.S. kemudian bertakbir dan meneruskan salat kembali. Sujud sambil berdoa sebagai berikut.S. al-A’raf/7: 206) (Q. Adapun ayat tilawah sebagai berikut. al-Isra’/17 : 109) (Q. (Q.S. b.S.2. ar-Ra’ad/13 : 15) (Q. maka Mahasuci Allah pencipta yang paling baik.” Apabila ketika sujud dalam keadaan sujud maka setelah selesai. Tata Cara Sujud Tilawah Cara melakukan sujud tilawah di dalam salat adalah: a. an-Nahl/16 : 50) . Niat Membaca takbir. yang membukakan pendengaran dan penglihatan dengan daya dan kekuasaan-Nya. Artinya: “Aku bersujud kepada Tuhan yang menciptakan diriku dan membentuknya.

S. al-Insyiqaq/84 : 21) (Q. al-Alaq/96 : 19) 3. al-Hajj/22 : 18) .S. al-Furqan/25 : 60) (Q.S. (Q. al-Hajj/22 : 77)) .S. Fussilat/41 : 38) .S.S. Pendidikan Agama Islam Kelas VIII 75 .S.S.S. (Q. an-Najm/53 : 62) (Q. (Q. an-Naml/27 : 26) (Q.(Q. as-Sajdah/32 : 15) (Q.. Praktik Sujud Tilawah Melaksanakan praktik sujud Tilawah sebagaimana diatur dalam tata cara di atas.

ingatlah ayatayat tersebut ketika kalian membaca Al-Qur’an. Berilah tanda silang (x) huruf a. 76 Pendidikan Agama Islam Kelas VIII . Setiap siswa mempraktikkan setiap sujud dengan baik dan benar. Sujud tilawah adalah sujud yang disunahkan bagi orang yang membaca Al-Qur’an ketika sampai ayat sajdah. Tugas di Sekolah Praktik sujud Semua siswa menuju musalla sekolah. syukur c. sahwi b. tarawih 1. lakukan sujud tilawah ketika membacanya. Sujud syukur adalah sujud yang dilakukan karena mendapat anugerah dari Allah swt. 3. 2. Sujud sahwi artinya sujud yang dilakukan karena lupa. Uji Kompetensi Kerjakan di buku tugasmu! I. Guru mengamati jalannya praktik sujud tersebut. c.… a. Tugas di Rumah Tulislah kembali ayat sajdah dalam buku tugasmu. atau d pada jawaban yang paling benar! dibaca ketika sujud . tilawah d. b.Rangkuman 1.

a.. a. sahwi c. a.. 5. sahwi c. Sujud sahwi dilakukan sebanyak . dan sujud c. 4...... 8. mendengar atau membaca ayat sajdah d. rukuk. tilawah b. sahwi b. tarawih Melakukan sujud syukur hanya disunahkan pada waktu …. sujud terakhir dalam salat b. sembuh dari sakit keras Apabila kita mendapat nikmat dari Allah hendaknya bersyukur kepada Allah.. biasa Seseorang dapat melakukan sujud tilawah apabila …. syukur c.. terhindar dari musibah c. dua kali d. a. salat dan di luar salat c. tilawah b. empat kali Sujud yang dilakukan ketika membaca ayat sajdah dinamakan sujud . kecuali . kelebihan jumlah rakaat. ketinggalan atau lupa tasyahud awal b. syukur d. a. tilawah d. a. a. satu kali b. ragu-ragu tentang bilangan rakaat d.. tiga kali c... Pendidikan Agama Islam Kelas VIII 77 .2. syukur d. tarawih Berikut sebab-sebab dilakukan sujud sahwi. 6. 7. di dalam salat 3. di luar salat d.. melakukan salat secara benar dan tuma’ninah Sujud yang dapat dilakukan ketika salat dan di luar salat adalah sujud . kemudian melakukan sujud …. memperoleh rezeki b.

. Sujud sahwi dapat dilakukan . Seseorang dapat melakukan sujud tilawah apabila …. a. Mengapa kita disunahkan melakukan sujud syukur? Bagaimana cara melakukan sujud syukur? Bagaimana cara melakukan sujud tilawah dalam salat? Tuliskan doa sujud tilawah! Tuliskan doa sujud sahwi! 78 Pendidikan Agama Islam Kelas VIII . sebelum salam 10. memperoleh rezeki c.. di luar salat b. terhindar dari musibah b. sembuh dari sakit keras II. mendengar atau membaca ayat sajdah d. 3.. 4. akan salat d. Sujud sahwi artinya sujud yang dilakukan karena ada beberapa rukun salat yang terlupakan tidak dilaksanakan. 5. di dalam salat c. 2. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar! 1. a.9.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful