Makalah Geografi

DAFTAR ISI

Kata Pengantar.................................................... i Daftar isi............................................................... ii BAB I PENDAHULUAN................................... 1 1.1 1.2 1.3 Latar Belakang.......................................... 1 Tujuan........................................................ 2 Perumusan Masalah.................................. 3

BAB II PEMBAHASAN.................................... 4 BAB III PENUTUP........................................... 6 3.1 Kesimpulan.................................................. 7 3.2 Saran............................................................ 7

Air tanah dan permasalahannya

ii

Makalah ini disusun sebaik mungkin. Semoga Tuhan Yang Maha Esa membalas segala ilmu yang telah diberikan dengan tulus dan ikhlas. karena sebagai manusia tidak pernah luput dari kesalahan. penulis mohon maaf.Makalah Geografi Kata Pengantar Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya. agar dapat memberikan manfaat bagi pembaca pada umumnya. Penulis juga mengharapkan saran dan kritik yang membangun demi menyempurnakan isi makalah ini. penulis pada khususnya dan pihak lain yang berkepentingan. Terima kasih. sehingga penulis dapat meyusun makalah yang telah diberikan oleh Ibu Arisworo selaku guru geografi pada tanggal 26 Mei 2010. baik yang disengaja maupun tidak. Penulis Air tanah dan permasalahannya . Apabila ada kesalahan. Penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada pengampu yaitu Ibu Arisworo selaku guru geografi. Namun. penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan.

Makalah Geografi Air tanah dan permasalahannya i .

Sehubung dengan hal tersebut.Makalah Geografi BAB I 1.modern yang tidak sedikit meengubah strukte bumi da di dalamnya. Dilihat dari sisi tersebut kami merasa sungai dan permasalahan perlu dikaji lebih dalam.1 PENDAHULUAN Latar Belakang Perkembangan Sumber air di dalam bumi agar mampu memahami serta perubahan-perubahan dari yang kecil hingga besar ari kajian yang didalamnya. Air tanah dan permasalahannya 1 . Terebih saat ini Indonsia memasuki era globalisasi.siswa dalam pelajaran Geografi ini dituntut agar mampu memahami tentang sumber air yang ada di Bumi ini serta tahu akan pembahasan yang dikaji dalam materi ini.

kerikil. Hal ini tergantung pada tebal tipisnya lapisan permukaan di atasnya dan kedudukan lapisan air tanah tersebut. sehingga kemampuan untuk meneruskan air juga besar. sehingga aneka jenis tanaman turut memperbesar absorbsi terhadap air permukaan Air tanah dan permasalahannya . b. Berdasarkan jenis batuannya. dan kapur. Contoh lapisan kedap air : adalah geluh. mencerminkan kedalaman air tanah pada suatu tempat. Hal ini disebabkan oleh berikut ini. Kedalaman air tanah tidak sama pada setiap tempat. padas. Air hujan yang jatuh akan terus meresap ke bawah sampai berhenti di suatu tempat setelah tertahan oleh lapisan yang kedap air. lapisan tanah dibedakan menjadi seperti berikut. Contoh lapisan tak kedap air : pasir.  Pemanfaatan air tanah Banyak wilayah di Indonesia yang mempunyai kandungan air tanah yang potensial. a. Lapisan tak kedap atau tembus air (permeable) Pori lapisan ini sangat besar. sehingga kemampuan untuk meneruskan air juga kecil. lempung (tanah liat). Kedalaman air di sumur-sumur yang di gali. Besarnya populasinya tumbuh-tumbuhan menutup daratan c.Makalah Geografi BAB II PEMBAHASAN Air tanah Air tanah adalah bagian air yang berada dibawah lapisan tanah. Indonesia curah hujannya cukup tinggi b. a. Lapisan kedap atau tidak tembus air (impermeable) Pori-pori lapisan kedap air sangat kecil sekali. Sejak dulu Indonesia dikenal sebagai negara agraris. Permukaan yang merupakan bagian atas dari tubuh air disebut permukaan freatik.

a. Diadakan pelurusan sungai dan pengerukan sungai bagian dasar lembah pada musim kemarau. Penggunaan air tanah yang berlebihan oleh pengusaha oleh pengusaha untuk keperluan industri harus di cegah. karena berkaitan dengan membesarnya konsumsi air tanah. f. Menghindarkan pembuangan limbah terhadap air. b. jalan rusak. b. khususnya terhadap air tanah.  Usaha-usaha yang dilakukan untuk mengurangi resiko banjir a. d. maka perlu dicegah hal-hal seperti berikut. misalnya : rumah rusak. Upaya penghijauan dan penghutanan kembali wilayah gundul.  Beberapa dampak adanya banjir a.Makalah Geografi Untuk menjaga agar kelestarian air tanah di lingkungan kita tetap terjamin. Pembutan tanggul-tanggul dipinggir sungai. jembatan hancur. c. Daerah sawah yang tergenang air akan mengakibatkan gagal penen. karena akan mempercepat menurunnya volume air tanah. Pembuatan teras-teras dan guludan pada lahan miring. Mendatangkan kerugian bagi manusia. c. b. Pemanfaatan air tanah di daerah pantai harus menaati peraturan yang ditetapkan pemerintah. Perusakan hutan dan lahan penghijauan harus di cegah agar tidak menimbulkan ketimpangan tata air. c. Memperketat pelaksanaan analisis mengenai dampak lingkungan. baik limbah domestik maupun limbah industri. d. e. Kepadatan penduduk dan pemukiman yang berlebihan juga harus dicegah. Daerah pemukiman penduduk yang terkena banjir akan terjadi polusi air dapat menjadi media penyebaran penyakit perut dan kulit. Air tanah dan permasalahannya 4 .

Makalah Geografi e.2 Tujuan Alasan kami dalam pembuatan makalah ini adalah guna melengkapi tugas akhir Geografi dan juga untuk memahami lebih dalam akan Sumber air dan permasalahanya yang akan dibahas dalam makalah ini. Air tanah dan permasalahannya 5 . Pembuatan terusan saluran air. 1.hal ini sesuai dengan tugas yang diberikan dalam pembuatan makalah ini.

Apa pengertian dari Air tanah dan juga pembagiannya? 2.Makalah Geografi 1. Bagaimana pemanfaatan Air tanah .dan cara dalam menjaga kelestariannya? 3. Apa saja yang ditimbulkan akibat dari dampak banjir? Air tanah dan permasalahannya 3 2 .3 Perumusan Masalah Perumusan masalah dalam makalah ini ? 1.