Gerakan Pemuda

Organisasi Lokal dan Regional Pemuda

Pada bulan September 1914, Perkumpulan Pasundan didirikan di Jakarta yang bertujuan mempertinggi derajat kesopanan, kecerdasan, memperluas kesempatan kerja dan penghidupan masyarakat. Beberapa pemimpinnya adalah R. Kosasih Surakusumah, R. Otto Kusuma, dan Bupati Serang R.A.A. Jayadiningrat. Orang-orang Ambon di Jawa mendirikan organisasi mereka pada tahun 1908. dr. Tehupeirot memberikan beasiswa untuk anak-anak Ambon Di Semarang, A. J. Patty mendirikan Sarekat Ambon yang radikal dan ingin memperjuangkan pemerintahan berparlemen. Kedudukan organisasinya dipindah ke Surabaya karena pada tanggal 9 Mei 1920 Patty dibuang ke Bangka. Di Jakarta aksi yang lebih radikal dibawakan oleh Thupeiri dengan mendirikan Molukus Plitiek Verbond pada tahun 1929 yang minta pemerintahan sendiri meskipun masih bergabung dengan Kerajaan Belanda. Persatuan Minahasa dibawah pimpinan dr. Tumbelaka dan dr. G.S.S Ratulangi didirikan di Jakarta pada tanggal 16 Agustus 1927. sebagaimana lazimnya ada pihak yang berselisih pendapat yang kemudian mendirikan Sarekat Celebes pada tahun 1930. Di Semarang didirikan Rukun Minahasa pada tahun 1912. Organisasi ini diketuai oleh J.H. Pangemanan yang banyak mendapat pengaruh ISDV dan hendak bekerja sama dengan pemerintah. Untuk mengimbangi Timors Verbond yang didirikan di Makasar pada tahun 1921 yang bersikap kiri, lahirlah Perserikatan Timor. Sarekat Madura didirikan di Surabaya pada tahun 1920 dan ada juga Sarekat Madura yang didirikan pada tahun 1925 dibawah Zainal. Sarekat Sumatera dibawah pimpinan Sutan Mohamad Zain menolak komunisme dan menentang pemerintah kolonial. Baru pada tahun 1927, organisasi ini mulai aktif untuk memikirkan perwakilan rakyat yang demokratis dan peningkatan kesejahteraan rakyat Sumatera. Cabang-cabang Sarekat Sumatera ada di Jakarta, Bandung, Sukabumi, Surabaya dan kemudian organisasi ini bergabung dengan PPPKI. Pada tahun 1930 Sarekat Sumatera menolak campur tangan polisi yang terlalu keras dengan mengadakan penyelidikan di rumah-rumah pemimpin.

Organisasi Pemuda dan Kepanduan

Munculnya Gerakan Pemuda Sejak berdirinya organisasi pergerakan pemuda maka mulailah terpikirkan adanya regenerasi pimpinan, baik untuk pimpinan laki-laki maupun wanita. Timbulnya pergerakan pemuda jelas menunjukan kaderisasi pimpinan yang sewaktuwaktu dibutuhkan sehingga tidak terjadi kekosongan pimpinan dan organisasi dapat berjalan terus sebagai organisasi bawahan dari induknya dapat dipastikan organisasi itu mengikuti ideologi induknya. Ciri lain yang dapat disebutkan adalah adanya ciri

Diantara anggota Jong Java yang mempunyai prinsip keislaman yang kuat keluar dari Jong Java. Pengurusnya antara lain Moh. Pada tahun 1918. Mereka mendirikan Jong Islamieten Bond dengan tujuan memajukan pengetahuan Islam. Pada tanggal 26 – 28 Oktober 1928 diselenggarakan Kongres Pemuda II yang memadukan semua organisasi pemuda menjadi satu kekuatan nasional. Berikut ini adalah daftar beberapa organisasi perkumpulan pemuda di Indonesia : 1.regionalisme yang dibawa oleh organisasi itu sebagai perkumpulan kedaerahan yang kemudian terjun ke lapangan sosial politik. Kongres yang diselenggarakan tahun 1925 – 1927 dibahas mengenai agama Islam. dan beberapa orang pemuda lainnya. Pada tanggal 9 Desember 1927 di Jakarta berdiri organisasi murid-murid dari Sumatera yang bernama Jong Sumatera Bond dengan tujuan memperkokoh ikatan sesama murid Sumatera dan sekaligus mengembangkan kebudayaan Sumatera. Pada tahun 1926 dalam kongres Jong Java di Solo secara nyata dalam anggaran dasarnya disebutkan ingin menghidupkan rasa persatuan dengan seluruh bangsa Indonesia. Kedudukan wanita. kebangsaan berdasarkan Islam dan lain-lain. Budi Utomo / Boedi Oetomo . Perpaduan beberapa organisasi dipandang sebagai kekuatan besar dalam menentukan setiap langkah politik dan hal ini telah direalisasikan oleh M. Yamin. kerjasama dengan semua organisasi pemuda guna membentuk keindonesiaan. Pad atahun 1929 Jong Java dibubarkan dan diganti dengan Indonesia Muda yang bertujuan menempuh orientasi nasionalisme yang sebenarnya. Selanjutnya disusul Jong Minahasa dan Jong Celebes. Kadarman. Pada tahun 1927 berdiri sebuah organisasi pemuda dan berjuang menuju persatuan Indonesia. Perkumpulan pemuda yang pertama berdiri adalah Tri Koro Dharmo.Sejarah Pra Kemerdekaan RI Sebelum Indonesia merdeka. Satiman Wiryosanjoyo. Kerjasama ini menghidupkan rasa persatuan dengan seluruh bangsa Indonesia. Tahun 1928 terjadilah fusi dengan PPI. milisi dan pergerakan rakyat pada umumnya. Tabrani dalam Kongres Pemuda di Jakarta pada bulan Mei 1926. yang berdiri atas petunjuk Budi Utomo pada tanggal 7 Maret 1915 di Jakarta oleh dr. hidup secara Islam dan persatuan Islam serta anggotanya terbuka bagi semua orang Islam di Indonesia. Perkembangan Gerakan Muda Perkembangan perkumpulan pemuda mengikuti jejak organisasi politik yang bertujuan mencapai kemerdekaan Indonesia. Sunardi. Sejarah Awal Perkumpulan Organisasi Gerakan Pemuda Indonesia . organisasi ini berubah menjadi Jong Java dengan orientasinya lebih luas serta mencakup Jawa Raya. negara kita memiliki berbagai organisasi kepemudaan yang beranggotakan para pemuda-pemudi Indonesia baik yang bersifat nasional maupun kedaerahan.

7. 3. Trikoro Dharmo / Tri Koro Dharmo Trikoro Dharmo adalah sebuah perkumpulan pemuda yang berasal dari Jawa pada tahun 1915 di gedung kebangkitan nasional. Organisasi Perkumpulan Daerah Setelah muncul jong jawa dan jong sumatra bond. dan lain sebagainya. jong ambon. Indonesia Muda Indonesia Muda adalah organisasi nasional yang lahir karena dorongan Sumpah Pemuda pada tahun 1930 sebagai peleburan banyak organisasi pemuda daerah / lokal. 6. Organisasi ini kemudian mengubah nama menjadi Jong Jawa pada kongres di Solo. Pemuda Indonesia membuat kongres di mana pada kongres yang kedua menghasilkan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928. Yamin. . Beberapa toko terkenal dari organisasi ini yaitu seperti M.Budu Utomo berdiri pada tahun 1908 yang pada awal mula berdirinya merupakan organisasi pelajar yang ruang lingkupnya masih kedaerahan. 2. Hatta dsan M. maka bermunculanlah organisasi lokal kedaerahan lain seperti jong celebes. jong minahasa. Arti definisi / pengertian dari tri koro dharmo adalah Tiga Tujuan Mulia. 4. Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia Organisasi yang satu ini berdiri pada tahun 1925 yang diprakarsa oleh mahasiswa Jakarta dan Bandung dengan tujuan untuk Kemerdekaan Indonesia. namun pada perkembangannya berubah menjadi organisasi perkumpulan pemuda nasional. Jong Indonesia Perkumpulan pemuda dan pemudi ini didirikan pada tahun 1927 di Bandung di mana kemudian organisasi ini diubah menjadi Pemuda Indonesia untuk yang berjenis kelamin laki-laki dan Putri Indonesia bagi yang perempuan. Jong Sumatra Bond (Persatuan Pemuda Sumatra) Organisasi oni berdiri pada tahun 1917 yang memiliki tujuan untuk mempererat hubungan antar pelajar yang berasal dari sumatera. 5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful