Program Studi Pendidikan Fisika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

A. Tugas Pra Praktikum
1. Apa yang dimaksud dengan Gerbang Logika ? Jelaskan ! 2. Ada berapa jenis Gerbang Logika Dasar ? Sebutkan dan Jelaskan ! 3. Apa yang dimaksud dengan Gerbang Universal ? Sebutkan Gerbang Logika yang termasuk Gerbang Universal ! 4. Sebutkan macam-macam Gerbang Logika, jika ditinjau dari fungsinya dan sebutkan IC yang memiliki fungsi Gerbang Logika tersebut !

B. Tujuan
1. Mahasiswa dapat mengenal dan mengetahui jenis-jenis Gerbang Logika. 2. Mahasiswa dapat menentukan fungsi dari beberapa Gerbang Logika. 3. Mahasiswa dapat mengetahui dan menentukan jenis IC yang memiliki fungsi suatu Gerbang Logika. 4. Mahasiswa dapat lebih memahami konsep materi Logika Digital dalam perkuliahan Elektronika II.

C. Dasar Teori
Gerbang logika adalah dasar pembentukan sistem digital, dan gerbang logika itu sendiri hanya beroperasi dengan bilangan biner atau logika biner yaitu 0 dan 1. Dimana logika 0 berarti OFF dan logika 1 berarti ON, sama seperti pada prinsip logika di Matematika. Fungsi dari gerbang logika ini yaitu untuk menyatakan suatu proses pengambilan keputusan dalam sistem digital. Menurut pembentukannya gerbang logika dapat dibedakan menjadi 2 (dua) macam, yaitu : 1. Gerbang Logika Dasar, merupakan gerbang logika yang sangat dasar dan gerbang logika ini dapat membentu gerbang logika lain dengan menggabungkan beberapa fungsi dari gerbang logika dan hasilnya disebut dengan gerbang universal. Contoh gerbang logika dasar, yaitu : Gerbang Logika AND, Gerbang Logika OR, dan Gerbang Logika NOT (Inverter).

Gerbang Logika Pedoman Praktikum Elektronika II

01

Gerbang Logika NOT (Inverter). yaitu IC 7404. Gerbang Logika XOR (gerbang logika Expecialy OR. Gerbang Logika NOR (gabungan gerbang logika OR dan NOT). Contoh gerbang universal. berarti keluaran akan bernilai kebalikkan dari nilai keluaran gerbang logika AND sehingga keluaran akan bernilai logika 0 hanya jika kedua masukkan bernilai logika 1. Contoh IC yang memiliki fungsi gerbang ini. berarti keluaran akan bernilai kebalikkan dari nilai masukkan. dimana keluaran akan bernilai logika 1 jika hanya salah satu masukkan bernilai logika 1). Gerbang Logika NOR. yaitu IC 7408. merupakan fungsi gerbang logika yang dihasilkan dari gabungan beberapa gerbang logika dasar. 3. Contoh IC yang memiliki fungsi gerbang ini. Dari pernyataan tersebut. berarti keluaran akan bernilai kebalikkan dari nilai keluaran gerbang logika OR sehingga keluaran akan bernilai logika 1 hanya jika kedua Gerbang Logika Pedoman Praktikum Elektronika II 02 . berarti keluaran akan bernilai logika 0 hanya jika kedua masukkan bernilai logika 0. Contoh IC yang memiliki fungsi gerbang ini. yaitu IC 7400.Program Studi Pendidikan Fisika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2. Contoh IC yang memiliki fungsi gerbang ini. yaitu dimana keluaran akan bernilai logika 0 jika salah satu masukkannya bernilai logika 1). 2. Gerbang Logika AND. Gerbang Logika XNOR (gerbang logika yang berfungsi kebalikan dari gerbang logika XOR. 5. Gerbang Logika NAND. berarti keluaran akan bernilai logika 1 hanya jika kedua masukkan bernilai logika 1. dapat disimpulkan bahwa terdapat 7 macam gerbang logika yaitu : 1. Gerbang Universal. Gerbang Logika OR. 4. yaitu IC 7432. yaitu : Gerbang Logika NAND (gabungan gerbang logika AND dengan NOT).

7404. Alat dan Bahan 1. Gerbang Logika XOR. 1 buah. 7402. Percobaan 1 1. Gerbang logika ini biasa dijumpai di dalam IC Logika. IC (7400. E. 7. 7408. 1 buah. berarti keluaran akan bernilai kebalikkan dari nilai keluaran gerbang logika XOR sehingga keluaran akan bernilai logika 1 hanya jika kedua masukkan bernilai logika sama yaitu 0 dan 0 atau 1 dan 1. D. Contoh IC yang memiliki fungsi gerbang ini. Gerbang Logika Pedoman Praktikum Elektronika II 03 . Jumper 2 buah. 7432 dan 7486).Program Studi Pendidikan Fisika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta masukkan bernilai logika 0. 7. Catu daya 3.1. 8 buah. Langkah Kerja E. Siapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan untuk melakukan praktikum. Kabel Penguhubung dan Capit Buaya. Gerbang Logika XNOR. 8. yaitu IC 7486. berarti keluaran akan bernilai logika 1 jika hanya salah satu masukkan bernilai logika 1 dan keluaran akan bernilai logika 0 jika kedua masukkan bernilai logika sama yaitu 0 dan 0 atau 1 dan 1. 6. Project board 4. Saklar 3 kaki 2. yaitu IC 7402. bedanya jenis IC Logika dengan jenis IC yang lainnya yaitu dua angka di depannya pada nama IC tersebut yaitu pada IC logika selalu diawali dengan angka “74” lalu diikuti angka selanjutnya yang menunjukkan jenis fungsi gerbang logika yang terdapat di dalam IC tersebut. 1 buah. 1 buah. Contoh IC yang memiliki fungsi gerbang ini. Resistor 1000 Ω 6. LED 5.

Rangkailah semua alat dan bahan dengan menggunakan IC 7404. Jika menyala isikan 1 pada tabel keluaran dan jika mati isikan 0 pada tabel keluaran. 7400 Gambar 1. 2. rangkaian di percobaan sekarang cukup berbeda dari rangkaian di percobaan 1 yaitu pada kaki ke-2 IC langsung di hubungkan terhadap LED dan Resistor setelah itu diground-kan.Program Studi Pendidikan Fisika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2. Sehingga di rangkaian ini hanya terdapat 1 masukkan dan 1 keluaran serta hanya membutuhkan 1 saklar 3 kaki.1 lalu tuliskan apa yang diamati terhadap sinyal keluarannya (amati lampu LED). Gerbang Logika Pedoman Praktikum Elektronika II 04 .1 Rangkaian IC 7400 3. Tabel 1. Siapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan untuk melakukan praktikum. Rangkailah semua alat dan bahan seperti pada gambar di bawah ini dengan menggunakan IC 7400.2. Sedangkan kaki ke-3 IC d biarkan saja seperti kaki 4. Beri kesimpulan gerbang logika apa yang ditunjukkan gambar dan hasil dari tabel ? E. Percobaan 2 1.1 Keluaran IC 7400 S1 S2 Keluaran 0 0 0 1 1 0 1 1 4. Ubahlah nilai sinyal masukan sesuai tabel 1.

1 lalu tuliskan apa yang diamati terhadap sinyal keluarannya (amati lampu LED).3 Keluaran IC 7432 S1 S2 Keluaran 0 0 0 1 1 0 1 1 Gerbang Logika Pedoman Praktikum Elektronika II 05 . Siapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan untuk melakukan praktikum. 7432 Gambar 1. Jika menyala isikan 1 pada tabel keluaran dan jika mati isikan 0 pada tabel keluaran. Ubahlah nilai sinyal masukan sesuai tabel 1. Ubahlah nilai sinyal masukan sesuai tabel 1. Jika menyala isikan 1 pada tabel keluaran dan jika mati isikan 0 pada tabel keluaran. Percobaan 3 1. Rangkailah semua alat dan bahan seperti pada gambar di bawah ini dengan menggunakan IC 7432.3. 2. Beri kesimpulan gerbang logika apa yang ditunjukkan gambar dan hasil dari tabel ? E. Tabel 1.2 lalu tuliskan apa yang diamati terhadap sinyal keluarannya (amati lampu LED).2 Keluaran IC 7404 S1 Keluaran 0 1 4. Tabel 1.2 Rangkaian IC 7432 3.Program Studi Pendidikan Fisika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 3.

Program Studi Pendidikan Fisika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 4. Lakukan percobaan selanjutnya. Buatlah tabel kebenaran dari setiap percobaan. lalu beri kesimpulan dari hasil percobaan dan data tabel kebenaran untuk setiap IC ! Catatan : Gerbang Logika Pedoman Praktikum Elektronika II 06 . hanya dengan mengganti IC dengan jenis yang lain pada rangkaian di percobaan 3. Beri kesimpulan gerbang logika apa yang ditunjukkan gambar dan hasil dari tabel ? 5. Pasca Praktikum 1. F.