Silabus Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester I

Oleh: Ema Romayah, S.S.

Kompetensi Dasar

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

Materi Pembelaja ran Cerita anak

Penilaian

Alokasi Waktu 5 x 35 menit

Mendengarkan
Mengidentifikasi tokoh, watak, latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan    Menulis hal penting/pokok dari suatu teks yang dibacakan     Siswa mampu menentukan tokoh dalam cerita yang didengar. Siswa mampu menentukan watak dalam cerita yang didengar. Siswa mampu menentukan latar dari cerita yang didengar. Siswa mampu mendengarkan pembacaan teks. Siswa mampu menulis hal-hal penting atau pokok dari teks. Siswa mampu mendengarkan pembacaan berita. Siswa mampu menuliskan kesimpulan isi berita.        Menentukan tokoh dalam cerita yang didengar Menentukan watak dalam cerita yang didengar Menentukan latar dari cerita yang didengar Mendengarkan pembacaan teks dengan seksama. Menulis hal-hal penting atau pokok dari teks yang dibacakan, Mendengarkan pembacaan berita yang dibacakan oleh teman. Menulis kesimpulan isi berita Tes tertulis Tes lisan

Isi teks

Tes tertulis

5 x 35 menit

Menyimpulkan isi berita yang didengar dari radio atau televisi

Pembacaa n berita

Tes tertulis

5 x 35 menit

Berbicara
Menyampaikan pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahan yang     Siswa mampu menyampaikan informasi kepada teman-temannya. Siswa mampu menyampaikan informasi dengan singkat dan jelas.   Menyampaikan informasi kepada teman-temannya Menyampaikan informasi dengan singkat, jelas dengan tidak mengurangi isi pokok informasi Pesan Tes lisan 5 x 35 menit

Siswa mampu menyatakan kritik.   Membaca laporan hasil pengamatan Menceritakan kembali hasil laporan Laporan Tes lisan Tes tertulis Tes lisan Tes tertulis 5 x 35 menit 5 x 35 menit Menanggapi informasi dari  kolom/rubrik khusus (majalah. Membaca teks Tes lisan Tes tertulis 2 x 35 menit Menulis . koran. dan lain-lain)   Menemukan makna tersirat suatu teks melalui membaca intensif   Siswa mampu membaca sekilas  kolom dalam majalah. Siswa mampu memahami naskah pidato.runtut. Tanggapan Tes lisan 5 x 35 menit Berpidato Tes lisan 10 x 35 menit Membaca Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/ kunjungan   Siswa mampu membaca laporan hasil pengamatan. baik dan benar Menanggapi (mengkritik/memuji) sesuatu hal disertai alasan dengan menggunakan bahasa yang santun Berpidato atau Presentasi untuk berbagai keperluan (acara perpisahan.   Informasi Membaca sekilas kolom dari majalah dalam Menulis informasi dalam beberapa majalah kalimat Memberikan saran terkait dengan teks dari kolom khusus Mencatat ide pokok tiap paragraf Mengajukan pertanyaan sesuai dengan isi teks. jelas dengan tidak mengurangi isi pokok informasi Membuat pernyataan setuju Menyatakan kritik Memahami naskah pidato Berpidaton di depan kelas dengan lafal dan intonasi yang tepat. Perayaan ulang tahun dan lain-lain) dengan lafal.  Siswa mampu memberikan saran terkait dengan teks dari kolom khusus. Siswa mampu menceritakan kembali hasil laporan. Siswa mampu mengajukan pertanyaan. dan sikap yang tepat      Siswa mampu membuat pernyataan setuju. Siswa mampu mencatat ide pokok tiap paragraf.  Siswa mampu menulis informasi dalam beberapa kalimat. Siswa mampu membuat pernyataan pujian. intonasi. Siswa mampu berpidato di depan kelas.      Menyampaikan informasi dengan singkat.

pengarang. dan jumlah halaman buku. Siswa mampu menyusun teks percakapan. daftar riwayat hidup.   Meng isi formulir riwayat hidup Mengubah daftar riwayat hidup dalam bentuk narasi Menentukan unsur intrinsic karya sastra (dongeng) Menuliskan pokok-pokok isi teks. Surat resmi Tes tertulis 2 x 35 menit  Isi Buku Tes tertulis 2 x 35 menit . Siswa mampu menentukan tema atau topik percakapan. pengarang. Siswa mampu menuliskan ciri-ciri surat resmi. Menuliskan pokok-pokok isi teks ke dalam bentuk ringkasan.      Menuliskan ciri-ciri surat resmi Menulis surat resmi sesuai dengan orang yang dituju Mengetahui judul. Menuliskan pokok-pokok isi teks ke dalam bentuk ringkasan. Memahami isi puisi Aiawa mwmbaca buku dongeng dan menentukan unsure intrinsiknya Siswa mampu menuliskan pokokpokok isi teks. dan lain-lain) dengan benar Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau didengar   Siswa mampu mengisi formulir. Menentukan tema atau topik percakapan. Siswa mampu mengubah daftar riwayat hidup ke dalam bentuk cerita atau narasi. Menyusun teks percakapan dengan menggunakan ejaan yang benar. wesel pos. Siswa mampu menuliskan pokokpokok isi teks ke dalam bentuk ringkasan. Formulir Tes tertulis 5 x 35 menit       Dongeng Laporan Tes tertulis 5 x 35 menit Menyusun percakapan tentang berbagai topik dengan memerhatikan penggunaan ejaan Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memerhatikan makna puisi Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau didengar                Percakapa n Tes tertulis 5 x 35 menit Puisi Tes tertulis 5 x 35 menit Dongeng Laporan Tes tertulis 5 x 35 menit Menulis surat resmi dengan memerhatikan pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju Melaporkan isi buku yang dibaca (judul. Siswa mampu memahami isi puisi.Mengisi formulir (pendaftaran. Siswa mampu mengubah puisi ke dalam bentuk prosa. Siswa mampu menuliskan pokokpokok isi teks ke dalam bentuk ringkasan. Siswa mampu menulis surat resmi sesuai dengan orang yang dituju. Aiawa mwmbaca buku dongeng dan menentukan unsure intrinsiknya Siswa mampu menuliskan pokokpokok isi teks. Memahami isi puisi Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa Menentukan unsur intrinsic karya sastra (dongeng) Menuliskan pokok-pokok isi teks. Siswa mengetahui judul. kartu pos. dan jumlah halaman buku. kartu anggota. pengarang.

diskusi. Internet.jumlah halaman. . ceramah. Bina Bahasa dan Sastra Indonesia (Penerbit: Erlangga) 4. artikel. dan movie screening Pada akhir semester setiap peserta didik harus membaca minimal 2 buku sastra dan 1 buku nonsastra. Referensi Utama: 1.com 3. (individu/kelompok) lisan maupun tertulis. Buku Sekolah Elektronik Bahasa Indonesia Kelas 6 (BSNP) 2.  Mengungkapkan isi buku dengan kalimat yang runtut. Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 6 (Penerbit: Intan Pariwara) Referensi Tambahan: 1. berbagai majalah. penugasan. Proyek ini bersifat individu. Setiap peserta didik harus membuat laporan bacaan dari buku yang dibacanya sebagai proyek dalam satu semester. tanya jawab. surat kabar. Gemar Berbahasa Indonesia 6 (Penerbit: Tiga Serangkai) 5. Aku Cinta Bahasa Indonesia 6 (Penerbit: Tiga Serangkai) 2. Bentuk dan teknis pelaksanaan pembuatan laporan bacaan tersebut akan ditentukan kemudian. Bahasa Indonesia 6 (Penerbit: Intan Pariwara) 6. dan informasi dari media elektronik Metode Pembelajaran Brainstorming. http://www.saibani. Saya Senang Berbahasa Indonesia 6 (Penerbit: Erlangga) 3. dan  isi)dengan kalimat yang runtut Siswa mampu mengungkapkan isi buku. Buku-buku Soal Latihan UASBN 9. Kamus Besar Bahasa Indonesia 7.r.ema. Buku Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia 8.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful