Kontrak Perkuliahan

Mata Kuliah Prog. Studi Kelas Hari/J a m Ruangan Tahun Ajaran Dosen Pemandu : : : : : : : IDI Kedokteran Kedokteran Umum Kamis / 10.00-11.40 2012/2013. Dr. H.M. Arfah Shiddiq, MA.

Deskripsi Mata Kuliah Islam untuk Disiplin Ilmu (IDI) merupakan konsekuensi dari suatu pendekatan yang melihat agama sebagai suatu sisten nilai dan norma. berupaya menyajikan ajaran Islam dengan disiplin ilmu kedokteran atau mengukur kebenaran ilmu kedokteran dengan tolok ukur agama Islam. IDI Kedokteran sebagai metode pembelajaran. . Sistem tersebut membentuk budaya & peradaban.II.

Membuktikan kebenaran agama dalam disiplin ilmu kedokteran. 3. Membenarkan formula ilmu kedokteran sebagai produk pemikiran yang sesuai dengan tata nilai dan norma agama. 2.Hakikat IDI Kedokteran 1. Merintis terciptanya konsep ilmiah dalam bidang kedokteran yang bersumber dari Alquran dan Assunnah. .

Langkah-Langkah Penyusunan IDI 1. Melakukan kerjasama tenaga medik/dokter dengan ulama. 2. Ulama memiliki wawasan tentang ilmu kedokteran dan tenaga medik menguasai agama. Mengkaji secara mendalam Alquran dan Assunnah yang terkait dengan disiplin ilmu kedokteran . 3.

. Agar peserta mata kuliah ini dapat memahami dan mengkaji IDI Kedokteran dan perkembangannya. Peserta mata kuliah ini diharapkan mampu memahami IDI Kedokteran dan menganalisis dari aspek medik dan Islam. 2.III. Standar Kompetensi 1. Tujuan A.

2. dan masyarakat. diharapkan mahasiswa memiliki wawasan tentang: 1. negara. agama. . Konsep Islam untuk disiplin ilmu kedokteran. IDI Kedokteran dan kontribusinya dalam membangun bangsa. Kompetensi Dasar Setelah mengikuti perkuliahan dan menyelesaikan tugas-tugas mandiri dan kelompok.IV.

Kuliah dengan metode ceramah dan tanya jawab. Orientasi topik B. Seminar kelas D. Evaluasi akhir . C. Strategi Perkuliahan A. Revisi makalah E.V.

MATERI / POKOK BAHASAN 1.VI. Pengantar 2. Ditinaju dari sudut kedokteran b. Dilihat dari sudut Islam . Khitanan a. Ruang lingkup IDI Kedokteran 3. Dilihat dari sudut Islam 4. Kelahiran Bayi a. Ditinjau dari sudut kedokteran b.

Aurat dilihat dari sudut Islam 7.Lanjutan 5. Ditinjau dari sudut kedokteran b. Pemeriksaan Medik oleh lawan jenis a. Ditinjau dari sudut kedokteran b. Perawatan Orang Sakit a. Dilihat dari sudut Islam 6. Menurut Islam . Aurat dilihat dari sudut kedokteran b. Kewajiban Orang Sakit a.

Lanjutan 8. Dilihat dari sudut Islam . Transfusi Darah a. Adab Merawat Orang sakit a. Menurut pandangan kedokteran b. Dilihat dari sudut Islam 9. Dilihat dari sudut kedokteran b. Transplantasi Organ Tubuh. a. Menurutpandangan Islam 10. Dilihat dari sudut Kedokteran b.

Sumpah dokter dan etika kedokteran b. Dilihat dari sudut kedokteran b. Sifat-sifat yang harus dimiliki Tenaga Medik dan Para Medik a. Inseminasi Buatan a. Dihat dari sudut Islam 13. Aborsi a. Sanksi pelanggaran Sumpah dokter dan Etika Kedokteran .Lanjutan 11. Dilihat dari sudut kedokteran b. Dilhat dari sudut Islam 12.

‫• وهللا ولي التوفيق والهدا يه‬ ‫• والسالم عليكم ورحمة هللا وبركا ته‬ .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful