P. 1
Manfaat Sinar GAMMA

Manfaat Sinar GAMMA

|Views: 110|Likes:
Published by Etty Maviet

More info:

Published by: Etty Maviet on Apr 30, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/21/2013

pdf

text

original

Manfaat sinar GAMMA

Manfaat sinar gamma untuk memmbunuh bakteri dan serangga dan memperpanjang umur
makanan. Bakteri dan serangga bersaing dengan manusia untuk memperoleh makanan. Manusia, bakteri, dan serangga sama-sama suka makan nasi, daging, sayur, dan susu. Sayangnya, bakteri sering mencuri makanan yang disimpan manusia. Yap, makanan yang disimpan jadi busuk dan beracun gara-gara dimakan bakteri dan serangga.

Sinar gamma berasal dari bahan radioaktif. Bahan radioaktif adalah bahan yang secara alami memancarkan energi. Pancaran energi radioaktif bermacam-macam. Ada yang berbentuk sinar X, sinar beta, dan sinar gamma. Pancaran bahan radioaktif dapat merusak sel tubuh makhluk hidup. Artinya, jika makhluk hidup kena pancaran sinar radioaktif terlalu lama, maka makhluk hidup bisa mati.Efek serta Akibat yang ditimbulkan oleh radiasi zat radioaktif pada manusia seperti berikut : Pusing-pusing, Nafsu makan berkurang atau hilang, Terjadi diare, Badan panas atau demam, Berat badan turun, Kanker darah atau leukimia, Meningkatnya denyut jantung atau nadi, Daya tahan tubuh berkurang sehingga mudah terserang penyakit akibat sel darah putih yang jumlahnya berkurang.
 Manfaat sinar X

Sinar x adalah bentuk radiasi elektromagneti,seperti cahaya,radiasi infrared,gelombang mikro dan gelombang radio. Foton sinar-x seribu kali lebih enerjik dibanding foton cahaya tampak. Sinar x dapat menembus benda-benda lunak seperti daging dan kulit tetapi tidak dapat menembus benda-benda keras seperti tulang,gigi dan logam. Adapun manfaat dan bahaya pada sinar ,manfaatnya yaitu bisa digunakan dalam ilmu kedokteran atau yang disebut dengan rontgen kegunaannya untuk melihat kodisi tulang,gigi dan organ dalam lainnya.

Kegunaan lain dari SINAR X adalah untuk mengambil gambar foto yang dikenal dengan radiograf,untuk memusnahkan sel-sel kanker, untuk mengesahkan sama ada suatu lukisan atau objek seni purba itu benar atau tiruan, untuk memeriksa barang-barang dan beg penumpang. Selain ada manfaatmya sinar-x pun mempunya efek yang berbahaya yaitu dapat memicu penyakit jantung maupun stroke, Sinar-X tersebut bila mengenai tubuh manusia akan menyebabkan jaringan kulit menjadi mengering, jaringan tulang akan keropos, dan sel telor perempuan akan mati, sehingga menyebabkan mandul,dapat menyebabkan leukemia. Adapun bahaya sinar-x bagi ibu hamil karena paparan sinar-x tersebut dapat menyebabkan si janin lahir cacat atau kemungkinan terjadinya kanker pada saat usia dewasa. Bayi dalam perut sangat sensitive terhadap sinar x karena sel-selnya masih dalam taraf pembelahan dan menjadi jaringan dan organ-organ yang berbeda.

Hanya dengan berjemur selama 5 menit di pagi hari. Vitamin D yang dibentuk melalui sinar matahari berfungsi meningkatkan penyerapan kalsium oleh tubuh sehingga memperbaiki komponen tulang dan mencegah penyakit rakhitis. Inframerah ditemukan secara tidak sengaja oleh Sir William Herschell. Radiasi inframerah memiliki jangkauan tiga "order" dan memiliki panjang gelombang antara 700 nm dan 1 mm. merah merupakan warna dari cahaya tampak dengan gelombang terpanjang. *Membantu membentuk dan memperbaiki tulang. Manfaat Sinar ULTRAVIOLET: *Sumber utama vitamin D. *Mengurangi kolesterol darah. Proses pembentukan vitamin D dimana mengubah kolesterol di dalam darah maka akan mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh kita. tetapi lebih pendek dari radiasi gelombang radio. namun lebih panjang dari sinar-X yang kecil. Sinar matahari membantu penyerapan glukosa ke dalam sel-sel tubuh yang merangsang glukosa menjadi glikogen sehingga secara langsung berperan menurunkan kadar gula darah dalam tubuh kita. Sinar ultraviolet ternyata membantu mengubah kolesterol yang tersimpan di kulit menjadi vitamin D. osteoporosis. *Mengurangi gula darah. tubuh kita mendapatkan 400 unit vitamin D. "bawah"). Manfaat sinar ULTRAVIOLET Sinar ultraviolet adalah radiasi elektromagnetis terhadap panjang gelombang yang lebih pendek dari daerah dengan sinar tampak. astronom kerajaan Inggris ketika ia sedang mengadakan penelitian mencari bahan penyaring optik yang akan digunakan untuk mengurangi kecerahan gambar matahari dalam tata surya teleskop . Namanya berarti "bawah merah" (dari bahasa Latin infra. dan osteomalacia  Manfaat sinar INFRA MERAH  Inframerah adalah radiasi elektromagnetik dari panjang gelombang lebih panjang dari cahaya tampak.

memperbaiki tekstur kulit dan mencegah rematik karena asam urat yang tinggi. Hal ini dapat mengurangi beban liver dan ginjal.Kegunaan Inframerah dalam kehidupan      Kesehatan : Mengaktifkan molekul air dalam tubuh Meningkatkan sirkulasi mikro Meningkatkan metabolisme tubuhjika sirkulasi mikro dalam tubuh meningkat. Mengembangkan Ph dalam tubuh. .Sinar inframerah dapat membersihkan darah. racun dapat dibuang dari tubuh kita melalui metabolisme.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->