P. 1
Pelayan Prima Di Indomaret

Pelayan Prima Di Indomaret

|Views: 459|Likes:
Published by Wildan Nova
pelayanan prima indomaret
pelayanan prima indomaret

More info:

Published by: Wildan Nova on Apr 30, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/04/2015

pdf

text

original

Nama : Wildan Nova Nurdani Kelas : AP 03

Kronologis : Pertama-tama saya membeli sebuah produk di indomaret didekat kantor saya bekerja. Nama tokonya adalah indomaret gedung permata kuningan Lt.B1 kav.9c jakarta selatan Saya membeli sebuah produk minuman.pada saat masuk ke toko tersebut SOP tidak berjalan sebagai mana mestinya dimana saat pengunjung datang crew toko(kasir/prumniaga/kepala toko) tidak ada yang menyapa dengan S3 (senyum.salam,sapa) sebagaimana telah ditentukan oleh SOP indomaret yang jelas jelas sudah dituliskan pada lembaran didepan meja kasir. Kemudian saya mencari minuman untuk menghilangkan rasa lemas saya.saya perhatikan banyak barang/produk yang tidak terusun rapi sabagai mana aturan yang berlaku.sebelumnya saya adalah mantan pegawai indomaret sekitar 2 tahun yang lalu saya bekerja sebagai merchendiser toko indomaret di daerah tanah baru,saya hafal betul aturan-aturan yang berlaku pada toko indomaret dimulai dari penataan toko,pelayanan pembeli dan perlakuan terhadap produk jualan. Selain penataan yang tidak sesuai prosedur barang terlihat tidak dirawat sebagai mana mestinya,seperti adanya debu,barang harus dibersihkan minimal seminggu sekali untuk rmenjaga barang dari debu-debu atau kotoran yang menempel pada kemasan produk. Kemudian,saya mencoba bertanya dimana letak produk minuman yang saya cari,salah satu pramuniaga menunjukan letak dengan mengantarkan saya.nilai plus untuk-

Pelayanan Prima

sapa(S3) tidak sesuai prosedur seperti mengucapkan "selamat siang.atau makanan ringan atau produk-produk yang sedang dipromosikan hanya ditawari pulsa saja.salin itu tidak ada barang yang ditawarkan seperti kue.Nama : Wildan Nova Nurdani Kelas : AP 03 pelayanan.setelah sampai dimeja kasir tak ada senyum.salam..mungkin kebiasaan toko tersebut tidak sesuai dengan SOP yang berlaku.seharusnya adalah "terimaksih sampai berbelanja kembali" seperti itulah sop sebagai wujud service excelent. Pelayanan Prima . Setelah semuanya selesai lekas saya membayar.ini saja belanjaan bapak?" Padahal letak toko yang berlokasi diperkantoran yang notabenya sangat mennjunjung keramah tamahan.bergegas untuk membayarnya dimeja kasir.setelah saya mendapatkan produk yang saya cari.setelah semua seleai hanya mendapatkan salam terimakasih.

apabila kita segera memberikan pelayanan dengan menawarkan bantuan untuk dapat memenuhi keinginannya. 4) Memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen dengan cepat. 3) Mendengarkan dan mencermati setiap keinginan konsumen.hal ini ditunjukan dari minimnya keramah-tamahan pelayanan toko terhadap pengunjung. Kesan pertama yang baik.kasir. Pelayanan Prima . ada yang bisa saya bantu?” 2) Memberikan pelayanan berdasarkan keinginan konsumen. 3) Bangga terhadap pekerjaan yang sedang digelutinya.pelayan toko harus harus cermat dalam memperhatikan keinginan dari setiap konsumen. dan ramah. “Selamat sore.sikap yang baik dapat terlihat dari bahasa tubuh. Attention(perhatian) perhatian kepada calon pembeli dirasa kurang kepada calon pembeli saat akan membeli barang barang dibutuhkannya seharusnya pelayanan toko baik pramuniaga.Nama : Wildan Nova Nurdani Kelas : AP 03 Pelayanan prima berdasarkan 3A Attitude(Sikap) Sikap yang ditunjukan pelayan toko menurut penulis biasa-biasa saja hanya pelayanan standar. Beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam memberikan perhatian yang maksimal adalah sebagai berikut: 1) Mengucapkan salam dan menawarkan bantuan. tepat. 4) Memberikan yang terbaik untuk perusahaannya. 2) Memiliki loyalitas terhadap perusahaan. dan tutur kata yang santun dalam menerima dan melayani tamu atau konsumen. Ibu…. Konsumen akan merasa puas. Beberapa sikap yang diharapkan hadir dalam diri para karyawan ketika menjalankan sebuah konsep pelayanan prima adalah: 1) Menjaga nama baik perusahaan. yang diberikan kepada konsumen. 5) Mengutamakan kepentingan konsumen.kepala toko ikut membangun pelayanan prima yang berbasis service excelent bukan service yang standar. akan dijadikan sebuah penilaian seberapa baik industri yang sedang kita jalankan.tidak sesuai dengan aturan perushaan yang mengharuskan pelayan toko harus menunjukan service excelent. ekspresi wajah.

4) Melakukan transaksi pembayaran sesuai pilihan konsumen. Sampai belanja kembali…” Pelayanan Prima .promosi hanya sebatas menawarkan pulsa saja. Adapun langkah langkah sederhana untuk mencapai service excelent : 1) Menawarkan bantuan 2) menawarkan keranjang agar calon pembeli tidak repot dengan jumlah produk yang akan dibeli 3) Membacakan kembali pemesanan konsumen untuk memastikan bahwa pilihan tersebut sudah benar-benar tepat. “Terimakasih.Nama : Wildan Nova Nurdani Kelas : AP 03 Action (tindakan) Untuk tindakan crew toko belum 100% menjalankan SOP yang berlaku seperti mempromosikan produk pelengkap. 5) Mengucapkan terimakasih diiringi senyum hangat dan ucapan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->