P. 1
Visi Satpol Pp

Visi Satpol Pp

|Views: 67|Likes:
ini adalah visi satpol pp atau satuan polisi pamong peraja barang siapa yang ingin masuk ke satpol harus menghapal ini
ini adalah visi satpol pp atau satuan polisi pamong peraja barang siapa yang ingin masuk ke satpol harus menghapal ini

More info:

Published by: Wisnu Perbangsa Setiadipura II on Apr 30, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $19.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

12/11/2013

$19.99

USD

pdf

text

original

VISI DAN MISI CALON KEPALA SATUAN POL PP KOTA BANDUNG

H. DADANG IRIANA, S.H., M.Si.

Tuntutan seperti itu hanyalah dapat diwujudkan oleh Pimpinan Satuan Pol PP dan aparat dibawahnya. maka lembaga yang mempunyai tugas pokok fungsi di bidang keamanan dan ketertiban kota seperti Satuan Polisi Pamong Praja mempunyai tugas yang sangat berat. Kondisi kota yang aman dan tertib tersebut merupakan harapan pokok masyarakat Bandung. makmur. serta selalu berlandaskan hukum yang berlaku. 2009PENDAHULUAN Kota Bandung sebagai sebuah kota memiliki fungsi yang beraneka mulai dari ibu kota Provinsi Jawa Barat. oleh karena itu perlu ditunjang oleh suatu kondisi kota yang aman dan tertib yang harus ditunjang sebuah komitmen yang tinggi dengan didasari rasa meiliki terhadap Kota yang aman dan tertib. nyaman. kota budaya. dalam bentuk Visi Kota Bandung Tahun 2008-2013. mampu bertindak tegas dan bersih dari KKN. . ramah. yang bisa berpikir komprehensif serta mengetahui tugas pokok dan fungsinya secara paripurna. Dalam rangka mendukung Visi Kota Bandung Tahun 2008-2013. yaitu Memantapkan Kota Bandung sebagai Kota Jasa yang Bermartabat.BANDUNG. Semua harapan tersebut telah diakomodir oleh Pemerintah Kota Bandung. yaitu harus mampu menjadikan kota Bandung sebagai kota yang aman dan tertib sesuai dengan kewenangannya. Dengan kedudukan dan fungsi tersebut maka Kota Bandung memiliki posisi strategis dan tetap terjaga stabilitasnya. kota pendidikan. dan sejahtera. serta kota jasa disamping itu penduduk Kota Bandung bermacam-macam karakter yang mengakibatkan beban Pemerintah Kota Bandung semakin berat. yang menginginkan kotanya menjadi kota metropolitan yang modern.

yang akan terlihat dengan kondisi kenyamanan bagi masyarakat untuk beraktivitas. Keberhasilan dalam pencapaian visi itu sangat tergantung kepada kemampuan unsur lembaga dan unsur pimpinan diatasnya dalam memaknai Visi Sat Pol PP Kota Bandung tersebut. dengan sendirinya merupakan salah satu komponen dalam mencapai Bandung sebagai kota jasa. maka diharapkan juga mempunyai visi yang dapat memberikan warna untuk lembaga tersebut. kebersihan dan keindahan kota. dalam kapasitas pribadi seorang pemimpin suatu lembaga. Hal itu sangat perlu karena pencapaian visi Sal Pol PP. dan menggambarkan dimensi kondisi lingkungan yang bersih. dengan mengedepankan perbaikan kinerja lembaga. dengan sendirinya merupakan visi yang harus mengacu kepada Visi Kota Bandung tahun 20082013. aman. Rumusan dari visi tersebut merupakan salah satu dasar gerak dan kegiatan dari Satuan Pol PP Kota Bandung.VISI SATUAN POL PP KOTA BANDUNG Visi Satuan Pol PP Kota Bandung. . selain rumusan tugas pokok dan fungsi lembaga sebagaimana tercantum dalam Peraturan Daerah tentang Pembentukan Satuan Pol PP Kota Bandung. Namun demikian. stabil. Dengan demikian secara formal Sat Pol PP Kota Bandung sudah memiliki rumusan visi yang menjadi milik dan harus mendapat dukungan dari segenap komponen Sat Pol PP Kota Bandung. Oleh karena itu maka figur yang akan mempimpin lembaga tersebut harus pula mempunyai pola kebijakan pengembangan lembaga. tertib. dan dinamis dalam menciptakan kondisi kesehatan lingkungan.

Hal di atas merupakan sebagian dari langkah dan tindakan pemantapan lembaga Sat Pol PP Kota Bandung. mempunyai visi sebagai berikut: .Berangkat dari kondisi yang dihadapi Kota Bandung dalam bidang keamanan dan ketertiban kota yang sangat kompleks. maka apabila saya diberikan kepercayaan untuk memimpin Sat Pol PP Kota Bandung. harus secara konsisten menegakan keamanan dan ketertiban: 1. maka perlu adanya fokus perhatian yang utama dan strategis dalam meletakan dasar-dasar kebijakan yang rasional tanpa terlepas dari visi yang telah ada. penegakan Peraturan Daerah secara konsisten dan tegas. serta melihat dan merasakan aspirasi serta persepsi masyarakat. dilihat dari karakter dan integritas moralnya. oleh karenanya maka perlu pula dilakukan pengembangan sumber daya menusia aparatur Sat Pol PP ditingkat kota. pengembangan peralatan penunjang pelaksanaan tufoksi Sat Pol PP. serta aparatur di tingkat kewilayahan. Dalam rangka mewujudkan harapan tersebut di atas. Berangkat dari kondisi saat ini dan isu-isu strategis pada masa yang akan datang. reaktualisasi. Dengan demikian maka Sat Pol PP ke depan. reorientasi dalam lembaga yang ada tersebut. menyangkut penertiban PKL di tujuh titik yang telah ditetapkan dengan tepat juga memberikan perhatian pada penertiban PKL di luar tujuh titik tersebut. maupun fisik dan keilmuannya. 2. di balik itu perlu pula dilakukan pemantapan meliputi revitalisasi. maka Sat Pol PP menuntut pemimpin yang dapat diandalkan. dan pengembangan kepemerintahan yang baik (good governance) di lembaga Sat Pol PP.

Meningkatkan penegakan hukum menuju Kota Bandung yang aman dan tertib dalam memantapkan Kota Bandung sebagai Kota Jasa Yang Bermartabat. yaitu Memantapkan Kota Bandung sebagai Kota Jasa yang Bermartabat. Visi tersebut diharapkan merupakan visi yang sejalan dan selaras dengan Visi Kota Bandung 2008-2013. .

akan dilandasi oleh landasan awal. melengkapi infrastruktur lembaga. 3. meningkatkan kemampuan layanan pemerintah dalam penegakan keamanan dan ketertiban sesuai dengan kewenangnya. Perumusan misi harus konsisten dengan visi yang telah ditetapkan dengan tidak lupa memperhatikan visi Kota Bandung yang akan menaunginya. Dengan dasar seperti itu maka dalam rangka penyusunan misi Sat Pol PP. yaitu untuk: 1.MISI SATUAN POL PP KOTA BANDUNG Menjabarkan rumusan visi menjadi misi terlebih dahulu harus dilakukan identifikasi permasalahan strategis yang ada di lingkungan lembaga itu sendiri. dengan tumpuan partisipasi serta ptentsi sumber daya dan kemampuan yang dimiliki Sat Pol PP. 2. yaitu sebagai berikut: 1. Dalam rangka merealisasikan visi yang telah ditetapkan. Dengan demikian maka dalam memantapkan visi lembaga Sat Pol PP Kota Bandung. 2. membangun komitmen sosial masyarakat dalam menciptakan kota yang aman dan tertib. maka misi yang akan dilaksanakan dalam masa mendatang. . sangat perlu kiranya misi yang dirumuskannya secara terukur dan rasional sehingga nantinya Pemimpin lembaga tersebut dapat mempertanggungjawabkannya. serta kondisi obyektif yang dihadapi dalam pelaksanaan tugas pokok fungsinya. Meningkatkan kesadaran masyarakat dalam bidang keamanan dan ketertiban kota. baik menyangkut sumber daya manusianya maupun perangkat kerasnya. Meningkatkan penertiban PKL di tujuh titik sehingga akhirnya lingkungan tersebut bebas dari PKL.

Kebersihan dan Keindahan. . akuntabel dan transparan. . .Peningkatan kepedulian dan kepekaan masyarakat terhadap lingkungan kota yang aman dan tertib.3. . masyarakat dalam peningkatan keamanan dan ketertiban Misi II : Meningkatkan penertiban PKL di tujuh titik sehingga akhirnya lingkungan tersebut bebas dari PKL. efisien. Tujuan :Terwujudnya masyarakat yang aman dan tertib. Sasaran : .Peningkatan penyuluhan hukum terutama Peraturan Daerah tentang Ketertiban.Peningkatan pemahaman masyarakat dalam bidang keamanan dan ketertiban. bersih dan berwibawa. Meningkatkan kinerja dan kapasitas seluruh aparat Sat Pol PP dalam penegakan hukum sesuai dengan kewenangannya sehingga efektif.Penyediaan insentif dan fasilitasi untuk keterlibatan kota. TUJUAN DAN SASARAN Misi I : Meningkatkan kesadaran masyarakat dalam bidang keamanan dan ketertiban kota.

Penyediaan insentif dan fasilitasi untuk keterlibatan masyarakat dalam penertiban PKL di tujuh titik. efisien. akuntabel dan transparan. bersih dan berwibawa.Tujuan :Terwujudnya bebas PKL di tujuh titik. Tujuan : Terwujudnya penegakan hukum yang tegas dan bersih .Peningkatan penertiban PKL di tujuh titik. akuntabel. bersih dan berwibawa Sasaran : . . Misi III : Meningkatkan kinerja dan kapasitas seluruh aparat Sat Pol PP dalam penegakan hukum sesuai dengan kewenangannya sehingga efektif. Sasaran : .Peningkatan insentif dan kesejahteraan pegawai. pendidikan dan pelatihan.Peningkatan pembinaan aparatur. Tujuan : Terwujudnya aparatur Sat Pol PP yang efektif. . transparan. efisien. .Penerapan Sanksi Biaya Paksa terhadap PKL di tujuh titik.

Sasaran : . . .Peningkatan kelengkapan prasarana dan sarana operasi. . .Penerapan pengawasan sebagai prinsip dasar dan kebutuhan dalam pelaksanaan tugas pokok fungsi lembaga.Perubahan aparatur motivasi dalam dan pola pikir konsep memahami penegakan hukum.Penguatan kerja sama penegakan hukum dengan lembaga yang ada di dalam dan di luar Pemerintah Kota Bandung.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->