Panduan Karya Ilmiah untuk Pembimbing dan Mahasiswa FKIP

Ketentuan Umum Publikasi Karya Ilmiah di Jurnal Online Universitas Terbuka 1. 2. 3. Merupakan ringkasan dari laporan PKP Artikel merupakan karya asli, bukan plagiat, dan belum pernah diterbitkan pada media lain. Artikel ditulis dengan bahasa Indonesia, dengan spesifikasi sebagai berikut.  ukuran kertas : A4  ketikan : 1,5 (satu setengah) spasi  jumlah halaman : Maksimal 30 halaman dalam 1 (satu) file (nomor halaman diletakkan di pinggir kanan halaman)  software : Manuskrip direkam dalam bentuk doc & docx, rtf, atau otd.  Tabel harus dibuat langsung dalam word processor (tabel standar) bukan konversi dari program excel atau yang lainnya

Setiap artikel disertai dengan abstrak dalam bahasa Indonesia (maksimal 200 kata) dan 3 kata kunci, ketikan 1 (satu) spasi. A. BAGIAN YANG DIUPLOAD     Judul (sama dengan judul laporan PKP, ketikan font Time New Roman, 14pt, bold, 1 spasi) Nama dan NIM Alamat Email Abstrak dalam bahasa Indonesia {(mencakup latar belakang, tujuan, pelaksanaan penelitian perbaikan pembelajaran, hasil, kesimpulan) maks 200 kata dengan 3 kata kunci, ketikan font Time New Roman, 11pt, italic, 1 (satu) spasi} Pendahuluan A. Latar Belakang Masalah 1. Identifikasi Masalah:  menjelaskan kondisi pembelajaran yang terjadi di kelasnya

I.

1

 Panduan Karya Ilmiah untuk Pembimbing dan Mahasiswa FKIP

menjelaskan pembelajaran yang diharapkan sesuai dengan pendapat ahli 2. Analisis Masalah 3. Alternatif dan prioritas pemecahan masalah B. Rumusan Masalah C. Tujuan Penelitian Perbaikan Pembelajaran/Kegiatan Pengembangan D. Manfaat Penelitian Perbaikan Pembelajaran/Kegiatan Pengembangan II. Kajian Pustaka III. Pelaksanaan Penelitian Perbaikan Pembelajaran A. Subjek, Tempat, dan Waktu Penelitian B. Desain Prosedur Perbaikan Pembelajaran/Kegiatan Pengembangan C. Teknik Analisis Data IV. Hasil dan Pembahasan A. Deskripsi Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran/Kegiatan Pengembangan B. Pembahasan Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran/Kegiatan Pengembangan V. Simpulan dan Saran Tindak Lanjut 1. Simpulan 2. Saran Tindak Lanjut Penulisan Daftar Pustaka ● Penulisan Daftar Pustaka: menggunakan American Psychological Association (APA) Style ● Buku: nama belakang, singkatan nama depan. (tahun). Judul. Nama tempat penerbitan: Penerbit. ● Periodicals/jurnal ilmiah: nama belakang, singkatan nama depan. (tahun). Judul artikel. Nama Periodicals, vol (nomor), nomor halaman.

2

New Jersey:Prentice Hall. & Nasoetion. A. (1995). sehingga harus dihindari. & Bower. dan pemikiran dari pengarang lain tanpa menyebutkan sumbernya. Jakarta: Universitas Terbuka Wardani. FKIP-UT. Bandung: Rosdakarya Tim FKIP. Penelitian Tindakan Kelas. Hilgard. Inc. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Ernest R. (1975). Dirjen Dikti. Dit. Jakarta: Universitas Terbuka. Menurut definisi “Plagiat merupakan perbuatan secara sengaja atau tidak sengaja dalam memperoleh atau mencoba memperoleh kredit atau nilai untuk suatu karya ilmiah. baik yang sengaja ataupun tidak sengaja. yang artinya mengakuinya sebagai hasil 3 . tanpa menyatakan sumber secara tepat dan memadai” (Permendiknas No 17 tahun 2010. N. Wihardit. Gordon H. Studi Kelayakan Program SP PGSD. dengan mengutip sebagian atau seluruh karya dan/atau karya ilmiah orang lain. 4 Edition. Secara umum plagiat adalah penggunaan atau peniruan yang mirip dengan aslinya atas kalimat. (1997). (2003). bahasa. th Syah. . (2000). kecuali catatan kaki yang memberikan elaborasi dapat diletakan pada halaman yang bersangkutan Contoh Susunan Daftar Pustaka Departemen Pendidikan Nasional. Alat Penilaian Kemampuan Guru (APKG). Standar kompetensi guru kelas SD-MI Program Pendidikan DII PGSD. K. (2002). Jakarta: Depdiknas. Pasal 1 Ayat 1). Catatan Khusus Plagiat merupakan pelanggaran yang serius di dunia akademik. Theories of Learning. I G. Jakarta: Universitas Terbuka. Muhibbin. K.Panduan Karya Ilmiah untuk Pembimbing dan Mahasiswa FKIP  ● Catatan kaki diletakkan di belakang naskah. P2TH-KT.

Bagi yang melakukan plagiat harus membuat artikel baru untuk memenuhi kewajiban publikasi ilmiah Anda. Tulisan yang terdeteksi sebagai plagiat tidak akan dimuat dalam publikasi Jurnal Online Universitas Terbuka. rumusan masalah)  Berkas RPP Prasiklus. RPP Perbaikan siklus 3 (bila diperlukan) untuk eksak/non eksak/tematik  Lembar observasi/Pengamatan Kinerja Guru  Jurnal pembimbingan Hasil pekerjaan siswa yang terbaik dan terburuk per siklus 4 . B. Universitas Terbuka akan melakukan uji deteksi plagiat melalui aplikasi komputer yang khusus disiapkan bagi Jurnal Online Universitas Terbuka. RPP Perbaikan siklus 1. analisis masalah. dan hal ini akan menghambat kelulusan Anda. Tindakan plagiat ini dapat dideteksi secara manual maupun melalui aplikasi komputer. Panduan Karya Ilmiah untuk Pembimbing dan Mahasiswa FKIP kerja/pemikiran asli dari penulis. RPP Perbaikan siklus 2. BAGIAN YANG TIDAK DIUPLOAD Halaman Judul Lembar Pengesahan Lembar Pernyataan Bebas Plagiat Kata Pengantar Daftar Isi Daftar Tabel Daftar Gambar Daftar Lampiran  Surat Kesediaan supervisor 2 sebagai pembimbing  Perencanaan PTK (identifikasi masalah. alternatif pemecahan masalah.

. Kompetensi Umum Mata kuliah : Mahasiswa dapat menyusun Karya ilmiah sesuai dengan panduan dan bidang ilmu yang dipelajari... Tugas Pembimbingan Karil 5 Model PembimRujukan bingan Karil 6 7 Ceramah Panduan dan Karya tanya Ilmiah jawab Contohcontoh Karil No 1 1 Kompetensi Khusus 2 Mahasiswa 1 mampu merumuskan permasalahan dan menggunakan teori yang relevan untuk menjawab atau menyelesaikan masalah Pokok Bahasan 3 Perumusan masalah dan kajian pustaka Sub Pokok Bahasan Pembimbingan ke 8 1*) 2 3 Mahasiswa 2 mampu menerapkan metode yang relevan untuk menjawab atau menyelesaikan masalah Mahasiswa 3 mampu menyusun draft Karil 4 1. menetapkan metode pembahasan yang relevan. Menetapkan topik 2. Pembahasan - Ceramah dan tanya jawab Panduan Karil Contohcontoh Karil 2*) Format. Mahasiswa mampu menggunakan teori yang relevan dengan masalah 5... Metode yang dan relevan Pembahasdengan an masalah 2.. Format penulisan 2. Contoh Karil Membuat draft Karil Ceramah dan tanya jawab Panduan Karil Contohcontoh Karil 3*) 5 .. melakukan kajian pustaka..Panduan Karya Ilmiah untuk Pembimbing dan Mahasiswa FKIP  RANCANGAN AKTIVITAS PEMBIMBINGAN (RAP)*) Judul/Kode Mata kuliah Deskripsi Mata kuliah : Karya Ilmiah (Karil)/... Mengidentifikasi permasalahan 3. Merumuskan masalah 4... : Karya Ilmiah adalah mata kuliah wajib tempuh sebelum mahasiswa dinyatakan lulus. melakukan pembahasan. Ketentuan Plagiasi 4. Sistematika 3. Sistematika dan ketentuan plagiasi 1. Merumuskan judul Metode 1... dan membuat kesimpulan.. Mata kuliah ini membahas tentang cara merumuskan masalah.

 Panduan Karya Ilmiah untuk Pembimbing dan Mahasiswa FKIP No 1 Kompetensi Khusus 2 Reviu 4 draf Pokok Bahasan 3 Draf Sub Pokok Bahasan 4 Draf Tugas Pembimbingan Karil 5 TUGAS Draf Model Pembimbingan Karil 6 Klinik Rujukan 7 Panduan Karil Contohcontoh Karil Panduan Karil Contohcontoh Karil Panduan Karil Contohcontoh Karil Panduan Karil Contohcontoh Karil Panduan Upload Pembimbingan ke 8 4*) 4 Reviu 5 draf 5 Draf Draf Draf Klinik 5**) Reviu 6 draf 6 Draf Draf Draf Klinik 6**) Draf 7 Final 7 Draf Final Draf Final Draf Final Klinik 7**) Upload 8 Karil***) 8 Karil Final siap upload Karil Final siap upload Mengupload Karil yang sudah mendapat persetujuan (approval) pembimbing Klinik 8**) Ket: *) Untuk Pembimbingan Karya Ilmiah Ulang. pembimbingan karya ilmiah dapat dilakukan pada pertemuan ke-5 s/d ke-8 pada saat pembuatan laporan PKP. sedangkan pertemuan ke-1 s/d ke-4 digunakan untuk pembimbingan praktek PKP ***) Upload sudah dapat dilakukan pada pertemuan ke-4 (empat) 6 . oleh karena jumlah pertemuan pembimbingan sebanyak 4x maka pertemuan 1-4 diisi untuk reviu draf karena mahasiswa sudah memperoleh teori tentang karya ilmiah pada saat mengikuti pembimbingan karya ilmiah I. Upload karya ilmiah sudah dapat dilakukan pada pertemuan ke-4 (empat) **) Untuk pembimbingan peserta karya ilmiah dari FKIP.

dan contoh Karil 20’ 7 . Mengidentifikasi permasalahan 3. Mahasiswa dapat menyusun Karil sesuai dengan panduan dan bidang ilmu yang dipelajari. LCD. Menetapkan topik 2. TAHAPAN Persiapan Pembimbingan   RINCIAN KEGIATAN Pembimbing mengkaji panduan Karil Pembimbing mempersiapkan contoh artikel dan pertanyaan untuk didiskusikan oleh mahasiswa Pembimbing menjelaskan materi apa saja yang akan dibahas selama 8 kali pertemuan MEDIA WAKTU - 2 Kegiatan Pendahuluan  Power point. Merumuskan masalah 4. Mahasiswa mampu merumuskan permasalahan dan menggunakan teori yang relevan untuk menjawab atau menyelesaikan masalah Pokok bahasan :  Perumusan Masalah  Kajian Pustaka Sub pokok bahasan: 1. Merumuskan judul 5.Panduan Karya Ilmiah untuk Pembimbing dan Mahasiswa FKIP  SATUAN ACARA PEMBIMBINGAN (SAP) Pembimbingan ke Kode / Mata Kuliah SKS Nama Pembimbing Kompetensi Umum Kompetensi Khusus : : : : : : 1 (satu) …………. Mahasiswa mampu menggunakan teori yang relevan untuk menjawab atau menyelesaikan masalah Model Pembimbingan : Penjelasan/ceramah dan Tanya Jawab TAHAPAN KEGIATAN PEMBIMBINGAN NO 1. Laptop. Panduan Karil./Karya Ilmiah (Karil) 0 (nol) sks ………………………………………….

 Panduan Karya Ilmiah untuk Pembimbing dan Mahasiswa FKIP NO TAHAPAN  RINCIAN KEGIATAN Pembimbing menjelaskan tentang strategi Pembimbingan pada kegiatan Pembimbingan I Tanya – jawab Pembimbing dan mahasiswa tentang kesiapan mahasiswa membaca panduan yang akan dibahas Pembimbing menjelaskan tentang hasil dari kegiatan Pembimbingan I Pembimbing mengarahkan mahasiswa untuk melibatkan diri dan aktif dalam kegiatan Pembimbingan I MEDIA WAKTU    Catatan : Mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya atau mengemukakan pendapat 3. dan contoh Karil 90’  Catatan : Mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya atau mengemukakan pendapat 8 . Laptop. Penyajian    Pembimbing menjelaskan cara menetapkan topik Pembimbing menjelaskan cara mengidentifikasi permasalahan Pembimbing menjelaskan cara merumuskan masalah Pembimbing menjelaskan cara menggunakan teori yang relevan untuk menjawab atau menyelesaikan masalah Pembimbing menjelaskan cara merumuskan judul Power point. LCD. Panduan Karil.

TAHAPAN Persiapan Pembimbingan  RINCIAN KEGIATAN Pembimbing mempersiapkan contoh artikel dan pertanyaan untuk didiskusikan oleh mahasiswa MEDIA WAKTU - 9 ..Panduan Karya Ilmiah untuk Pembimbing dan Mahasiswa FKIP  NO 4 TAHAPAN Penutup  RINCIAN KEGIATAN Pembimbing mengajak mahasiswa untuk merangkum hasil pembahasan Pembimbingan I Pembimbing menyampaikan materi pertemuan berikutnya MEDIA WAKTU 10’  SATUAN ACARA PEMBIMBINGAN (SAP) Pembimbingan ke Kode / Mata Kuliah SKS Nama Pembimbing Kompetensi Umum Kompetensi Khusus : : : : : : 2 (dua) …………. Mahasiswa mampu menerapkan metode yang relevan untuk menjawab atau menyelesaikan masalah Pokok bahasan :  Metode dan Pembahasan Sub pokok bahasan:  Metode yang relevan dengan masalah  Pembahasan Model Pembimbingan : Penjelasan/ceramah dan Tanya Jawab TAHAPAN KEGIATAN PEMBIMBINGAN NO 1./Karya Ilmiah (Karil) 0 (nol) sks ………………………………………… Mahasiswa dapat menyusun karya ilmiah sesuai dengan panduan dan bidang ilmu yang dipelajari.

dan contoh Karil 90’  Catatan : Mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya atau mengemukakan pendapat 10 . LCD. Laptop. LCD. dan contoh Karil WAKTU 20’    Catatan : Mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya atau mengemukakan pendapat 3 Penyajian  Pembimbing menjelaskan cara memilih dan menetapkan metode yang relevan untuk menjawab atau menyelesaikan masalah Pembimbing menjelaskan cara menerapkan metode dalam pembahasan Power point. Panduan Karil. Panduan Karil. Panduan Karya Ilmiah untuk Pembimbing dan Mahasiswa FKIP NO 2 TAHAPAN Kegiatan Pendahuluan  RINCIAN KEGIATAN Pembimbing menjelaskan tentang tujuan pembelajaran dari kegiatan Pembimbingan II Pembimbing menjelaskan tentang strategi Pembimbingan pada kegiatan Pembimbingan II Tanya – jawab Pembimbing dan mahasiswa tentang kesiapan mahasiswa membaca panduan yang akan dibahasPembimbing menjelaskan tentang hasil dari kegiatan Pembimbingan II Pembimbing mengarahkan mahasiswa untuk melibatkan diri dan aktif dalam kegiatan Pembimbingan II MEDIA Power point. Laptop.

/ Karya Ilmiah (Karil) 0 (nol) sks …………………………………………… Mahasiswa dapat menyusun karya ilmiah sesuai dengan panduan dan bidang ilmu yang dipelajari. Ketentuan Plagiasi 4. Sistematika 3.Panduan Karya Ilmiah untuk Pembimbing dan Mahasiswa FKIP  NO 4 TAHAPAN Penutup  RINCIAN KEGIATAN Pembimbing mengajak mahasiswa untuk merangkum hasil pembahasan Pembimbingan II Pembimbing menyampaikan materi pertemuan berikutnya MEDIA WAKTU 10’  SATUAN ACARA PEMBIMBINGAN (SAP) Pembimbingan ke Kode / Mata Kuliah SKS Nama Pembimbing Kompetensi Umum : : : : : 3 (tiga) …………. Contoh Karil Model Pembimbingan : Penjelasan/ceramah dan Tanya Jawab TAHAPAN KEGIATAN PEMBIMBINGAN NO 1. Format penulisan 2. Mahasiswa mampu menyusun draft karya ilmiah. Kompetensi Khusus : Pokok bahasan:  Format dan Sistematika Sub pokok bahasan: 1. TAHAPAN Persiapan Pembimbingan  RINCIAN KEGIATAN Pembimbing mempersiapkan contoh artikel dan pertanyaan untuk didiskusikan oleh mahasiswa MEDIA - WAKTU - 11 .

Panduan Karil. dan contoh Karil 90’ Catatan : Mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya atau mengemukakan pendapat 4 Penutup  Pembimbing mengajak mahasiswa untuk merangkum hasil pembahasan Pembimbingan III 10’ 12 . Penyajian     Pembimbing menjelaskan cara penulisan Karil berdasarkan Format Karil Pembimbing menjelaskan cara penulisan Sistematika karil. Laptop. Pembimbing menjelaskan ketentuan plagiasi Pembimbing memberikan gambaran contoh Karil Power point. Panduan Karil. Panduan Karya Ilmiah untuk Pembimbing dan Mahasiswa FKIP NO 2 TAHAPAN Kegiatan Pendahuluan  RINCIAN KEGIATAN Pembimbing menjelaskan tentang tujuan pembelajaran dari kegiatan Pembimbingan III Pembimbing menjelaskan tentang strategi Pembimbingan pada kegiatan Pembimbingan III Tanya – jawab Pembimbing dan mahasiswa tentang kesiapan mahasiswa membaca panduan yang akan dibahas Pembimbing menjelaskan tentang hasil dari kegiatan Pembimbingan III Pembimbing mengarahkan mahasiswa untuk melibatkan diri dan aktif dalam kegiatan Pembimbingan III MEDIA Power point. LCD. LCD. Laptop. dan contoh Karil WAKTU 20’     Catatan : Mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya atau mengemukakan pendapat 3.

TAHAPAN Persiapan Pembimbingan   2 Kegiatan Pendahuluan  RINCIAN KEGIATAN Pembimbing menyiapkan dokumen ketentuan tentang plagiasi Pembimbing menerima draft karil untuk di reviu Pembimbing menjelaskan tentang tujuan pembelajaran dari kegiatan Pembimbingan IV Pembimbing menjelaskan tentang strategi Pembimbingan pada kegiatan Pembimbingan IV MEDIA - WAKTU -  Power point./Karya Ilmiah (Karil) 0 (nol) sks ………………………………………… Mahasiswa dapat menyusun karya ilmiah sesuai dengan panduan dan bidang ilmu yang dipelajari. Laptop. dan contoh Karil 20’ 13 . Panduan Karil. LCD.. Mahasiswa mampu menyusun draf Karil Kompetensi Khusus : Pokok bahasan:  Draft -Karil Sub pokok bahasan:  Draf -Karil Model Pembimbingan : Penjelasan/ceramah dan Tanya Jawab TAHAPAN KEGIATAN PEMBIMBINGAN NO 1.Panduan Karya Ilmiah untuk Pembimbing dan Mahasiswa FKIP  NO TAHAPAN  RINCIAN KEGIATAN Pembimbing menyampaikan materi pertemuan berikutnya MEDIA WAKTU SATUAN ACARA PEMBIMBINGAN (SAP) Pembimbingan ke Kode / Mata Kuliah SKS Nama Pembimbing Kompetensi Umum : : : : : 4 (empat) ………….

Panduan Karil. LCD. Penyajian   Pembimbing mereviu draf karil mahasiswa Pembimbing mendiskusikan hasil reviu draf karil mahasiswa Power point. Panduan Karya Ilmiah untuk Pembimbing dan Mahasiswa FKIP NO TAHAPAN  RINCIAN KEGIATAN Tanya – jawab Pembimbing dan mahasiswa tentang kesiapan mahasiswa membaca panduan yang akan dibahas Pembimbing menjelaskan tentang hasil dari kegiatan Pembimbingan IV Pembimbing mengarahkan mahasiswa untuk melibatkan diri dan aktif dalam kegiatan Pembimbingan IV MEDIA WAKTU   Catatan : Mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya atau mengemukakan pendapat 3. Laptop. dan Pembimbing 90’ Catatan : Mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya atau mengemukakan pendapat dan mengunggah karya ilmiahnya ke aplikasi bagi yang sudah mendapat persetujuan unggah karya ilmiah dari pembimbing 4 Penutup  Pembimbing mengajak mahasiswa untuk merangkum hasil pembahasan Pembimbingan IV Pembimbing menyampaikan materi pertemuan berikutnya 10’  14 .

/Karya Ilmiah (Karil) 0 (nol) sks …………………………………………. Panduan Karil. TAHAPAN Persiapan Pembimbingan  RINCIAN KEGIATAN Pembimbing menyiapkan dokumen ketentuan tentang plagiasi Pembimbing menerima draft karil untuk di reviu Pembimbing menjelaskan tentang tujuan pembelajaran dari kegiatan Pembimbingan V Pembimbing menjelaskan tentang strategi Pembimbingan pada kegiatan Pembimbingan V Tanya – jawab Pembimbing dan mahasiswa tentang MEDIA - WAKTU -  2 Kegiatan Pendahuluan  Power point. LCD.Panduan Karya Ilmiah untuk Pembimbing dan Mahasiswa FKIP  SATUAN ACARA PEMBIMBINGAN (SAP) Pembimbingan ke Kode / Mata Kuliah SKS Nama Pembimbing Kompetensi Umum : : : : : 5 (lima) …………. dan contoh Karil 20’   15 . Laptop.. Mahasiswa dapat menyusun karya ilmiah sesuai dengan panduan dan bidang ilmu yang dipelajari. Mahasiswa mampu menyusun draf Karil Kompetensi Khusus : Pokok bahasan:  Draft Karil Sub pokok bahasan:  Draf Karil Model Pembimbingan : Penjelasan/ceramah dan Tanya Jawab TAHAPAN KEGIATAN PEMBIMBINGAN NO 1.

dan Pembimbing 90’ Catatan : Mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya atau mengemukakan pendapat dan mengunggah karya ilmiahnya ke aplikasi bagi yang sudah mendapat persetujuan unggah karya ilmiah dari pembimbing 4 Penutup  Pembimbing mengajak mahasiswa untuk merangkum hasil pembahasan Pembimbingan V Pembimbing menyampaikan materi pertemuan berikutnya 10’  16 . Panduan Karya Ilmiah untuk Pembimbing dan Mahasiswa FKIP NO TAHAPAN RINCIAN KEGIATAN kesiapan mahasiswa membaca panduan yang akan dibahas Pembimbing menjelaskan tentang hasil dari kegiatan Pembimbingan V Pembimbing mengarahkan mahasiswa untuk melibatkan diri dan aktif dalam kegiatan Pembimbingan V MEDIA WAKTU   Catatan : Mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya atau mengemukakan pendapat 3. LCD. Penyajian   Pembimbing mereviu draf karil mahasiswa Pembimbing mendiskusikan hasil reviu draf karil mahasiswa Power point. Panduan Karil. Laptop.

Kompetensi Khusus : Pokok bahasan:  Reviu draft karil Sub pokok bahasan:  Draf Karil Model Pembimbingan : Penjelasan/ceramah dan Tanya Jawab TAHAPAN KEGIATAN PEMBIMBINGAN NO 1.. Mahasiswa dapat menyusun karya ilmiah sesuai dengan panduan dan bidang ilmu yang dipelajari./Karya Ilmiah (Karil) 0 (nol) sks ………………………………………. Mahasiswa mampu menyusun draf karil. TAHAPAN Persiapan Pembimbingan Kegiatan Pendahuluan RINCIAN KEGIATAN Pembimbing menerima draft karil untuk di reviu  Pembimbing menjelaskan tentang tujuan pembelajaran dari kegiatan Pembimbingan VI Pembimbing menjelaskan tentang strategi Pembimbingan pada kegiatan Pembimbingan Tanya – jawab Pembimbing dan mahasiswa tentang kesiapan mahasiswa membaca panduan yang akan dibahas VI Pembimbing menjelaskan tentang hasil dari kegiatan Pembimbingan VI Pembimbing mengarahkan mahasiswa untuk melibatkan diri dan aktif dalam kegiatan Pembimbingan VI MEDIA Power point. dan contoh Karil WAKTU 20’     17 . LCD.Panduan Karya Ilmiah untuk Pembimbing dan Mahasiswa FKIP  SATUAN ACARA PEMBIMBINGAN (SAP) Pembimbingan ke Kode / Mata Kuliah SKS Nama Pembimbing Kompetensi Umum : : : : : 6 (enam) …………. Panduan Karil. 2. Laptop.

: Mahasiswa mampu menyusun Karil. Penutup  Pembimbing mengajak mahasiswa untuk merangkum hasil pembahasan Pembimbingan VI Pembimbing menyampaikan materi pertemuan berikutnya 10’  SATUAN ACARA PEMBIMBINGAN (SAP) Pembimbingan ke Kode / Mata Kuliah SKS Nama Pembimbing Kompetensi Umum Kompetensi Khusus Pokok bahasan:  Draft final Karil Sub pokok bahasan:  Draf final Karil : 7 (tujuh) : ………. Penyajian   Pembimbing mereviu draf karil mahasiswa Pembimbing mendiskusikan hasil reviu draf karil mahasiswa Power point.. dan Pembimbing 90’ Catatan : Mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya atau mengemukakan pendapat dan mengunggah karya ilmiahnya ke aplikasi bagi yang sudah mendapat persetujuan unggah karya ilmiah dari pembimbing 4. 18 . Laptop. LCD. Panduan Karya Ilmiah untuk Pembimbing dan Mahasiswa FKIP NO TAHAPAN RINCIAN KEGIATAN Catatan : Mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya atau mengemukakan pendapat MEDIA WAKTU 3./Karya Ilmiah (Karil) : 0 (nol) sks : ……………………………………… : Mahasiswa dapat menyusun karya ilmiah sesuai dengan panduan dan bidang ilmu yang dipelajari. Panduan Karil.

Panduan Karil.Panduan Karya Ilmiah untuk Pembimbing dan Mahasiswa FKIP  Model Pembimbingan : Penjelasan/ceramah dan Tanya Jawab TAHAPAN KEGIATAN PEMBIMBINGAN NO 1. Penyajian Catatan : Mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya atau mengemukakan pendapat  Pembimbing mereviu draf final karil mahasiswa  Pembimbing mendiskusikan hasil reviu draf final karil mahasiswa Catatan : Mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya atau mengemukakan Power point. LCD. dan contoh Karil 20’     3. Panduan Karil. TAHAPAN Persiapan Pembimbingan Kegiatan Pendahuluan  RINCIAN KEGIATAN Pembimbing menerima draft final karil untuk di reviu Pembimbing menjelaskan tentang tujuan pembelajaran dari kegiatan Pembimbingan VII Pembimbing menjelaskan tentang strategi Pembimbingan pada kegiatan Pembimbingan VII Tanya – jawab Pembimbing dan mahasiswa tentang kesiapan mahasiswa membaca panduan yang akan dibahas Pembimbing menjelaskan tentang hasil dari kegiatan Pembimbingan VII Pembimbing mengarahkan mahasiswa untuk melibatkan diri dan aktif dalam kegiatan Pembimbingan VII MEDIA WAKTU - 2. LCD. Laptop.  Power point. dan Pembimbing 90’ 19 . Laptop.

 Power point. Panduan Karil 20’ 20 . TAHAPAN Persiapan Pembimbingan Kegiatan Pendahuluan  RINCIAN KEGIATAN Pembimbing menerima karil final yang siap di upload oleh mahasiswa Pembimbing menjelaskan tentang tujuan pembelajaran MEDIA - WAKTU - 2. Laptop. LCD. Kompetensi Khusus Pokok bahasan:  Karil final siap upload Sub pokok bahasan:  Karil final siap upload Model Pembimbingan : Penjelasan/ceramah dan Tanya Jawab TAHAPAN KEGIATAN PEMBIMBINGAN NO 1./ Karya Ilmiah (Karil) : 0 (nol) sks : …………………………………………. : Mahasiswa mampu mengupload Karil. : Mahasiswa dapat menyusun karya ilmiah sesuai dengan panduan dan bidang ilmu yang dipelajari. Panduan Karya Ilmiah untuk Pembimbing dan Mahasiswa FKIP NO TAHAPAN RINCIAN KEGIATAN pendapat dan mengunggah karya ilmiahnya ke aplikasi bagi yang sudah mendapat persetujuan unggah karya ilmiah dari pembimbing  Pembimbing mengajak mahasiswa untuk merangkum hasil pembahasan Pembimbingan VII Pembimbing menyampaikan materi pertemuan berikutnya MEDIA WAKTU 4 Penutup 10’  SATUAN ACARA PEMBIMBINGAN (SAP) Pembimbingan ke Kode / Mata Kuliah SKS Nama Pembimbing Kompetensi Umum : 8 (delapan) : ………….

Panduan Karil. dan upload karil 90’ Catatan : Mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya atau mengemukakan pendapat dan mengunggah karya ilmiahnya ke aplikasi bagi yang sudah mendapat persetujuan unggah karya ilmiah dari pembimbing 21 . LCD.Panduan Karya Ilmiah untuk Pembimbing dan Mahasiswa FKIP  NO TAHAPAN  RINCIAN KEGIATAN dari kegiatan Pembimbingan VIII Pembimbing menjelaskan tentang strategi Pembimbingan pada kegiatan Pembimbingan VIII Tanya – jawab Pembimbing dan mahasiswa tentang kesiapan mahasiswa membaca panduan yang akan dibahas Pembimbing menjelaskan tentang hasil dari kegiatan Pembimbingan VIII Pembimbing mengarahkan mahasiswa untuk melibatkan diri dan aktif dalam kegiatan Pembimbingan VIII MEDIA WAKTU  20’   Catatan : Mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya atau mengemukakan pendapat 3. Laptop. Penyajian  Pembimbing mereviu karil final mahasiswa agar siap di upload Power point.

 Panduan Karya Ilmiah untuk Pembimbing dan Mahasiswa FKIP NO 4 TAHAPAN Penutup  RINCIAN KEGIATAN Pembimbing memberikan persetujuan (approval) terhadap Karil yang siap di upload MEDIA WAKTU 10’ 22 .

………. selaku pembimbing karya ilmiah dari mahasiswa: Nama : …………………………………………………………………… NIM : …………………………………………………………………. (Nama & Gelar) ……. Program Studi : ……………………………………………………………………. UPBJJ : …………………………………………………………………….. Demikian persetujuan ini kami berikan... Menyatakan bahwa karya ilmiah dari mahasiswa tersebut di atas dengan judul “………………………………………………………..Panduan Karya Ilmiah untuk Pembimbing dan Mahasiswa FKIP  PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH Kami yang bertanda tangan di bawah ini.” layak untuk diunggah ke aplikasi Karya Ilmiah Universitas Terbuka dengan telah memperhatikan ketentuan penulisan karya ilmiah sesuai panduan yang telah ditetapkan dan ketentuan anti plagiasi. Pembimbing ……………………………… Nama dan Gelar 23 .

PBIO. dan Moral AUD 18 Jurnal Pembelajaran MIPA 19 Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra 20 Jurnal Pembelajaran IPS 21 Jurnal Administrasi Publik dan Birokrasi 22 Jurnal Bisnis dan Manajemen Eksekutif 23 Jurnal Manajemen Perikanan dan Kelautan 24 Jurnal Pendidikan dan Keguruan PGSD PGSD PGPAUD PGPAUD PGPAUD PGPAUD PMAT. dan manajemen Akuntansi dan ADNI Matematika. PKIM. Ilmu Hukum. Panduan Karya Ilmiah untuk Pembimbing dan Mahasiswa FKIP JURNAL ONLINE UNIVERSITAS TERBUKA No. PEKO Magister Ilmu Administrasi Bidang Minat Administrasi Publik Magister Manajemen Magister Ilmu Kelautan Bidang Minat Manajemen Perikanan Magister Pendidikan 24 . PING PPKN. Biologi. Statistika. PFIS PINA. ITP Agribisnis PUST. PWKL. Emosional. Nama Jurnal Rumpun Bidang Studi/ Program Studi Ekonomi Pembangunan . BING IKOM. Sosiologi ADPU dan IPEM PGSD PGSD PGSD Jumlah Halaman Per Artikel 7 s/d 12 7 s/d 12 7 s/d 12 7 s/d 12 7 s/d 12 7 s/d 12 7 s/d 12 30 30 30 30 30 30 30 30 30 30 30 30 30 10 s/d 15 10 s/d 15 10 s/d 15 10 s/d 15 1 Jurnal Ekonomi dan Manajemen 2 Jurnal Akuntansi dan Bisnis 3 Jurnal Sains dan Teknologi 4 Jurnal Agribisnis dan Penyuluhan 5 Jurnal Bahasa dan Sastra 6 Jurnal Ilmu-ilmu Sosial dan Humaniora 7 Jurnal Birokrasi 8 Jurnal Pembelajaran IPA SD 9 Jurnal Pembelajaran IPS SD 10 Jurnal Pembelajaran Matematika SD 11 Jurnal Pembelajaran Bahasa Indonesia SD PGSD 12 Jurnal Pembelajaran Tematik SD 13 Jurnal Pembelajaran PKN SD 14 Jurnal Pengembangan Bahasa AUD 15 Jurnal Pengembangan Kognitif AUD 16 Jurnal Pengembangan Fisik Motorik AUD 17 Jurnal Pengembangan Sosial.

Panduan Karya Ilmiah untuk Pembimbing dan Mahasiswa FKIP  25 .

 Panduan Karya Ilmiah untuk Pembimbing dan Mahasiswa FKIP 26 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful