MODUL II

PENGERTIAN VULKANOLOGI (ILMU GUNUNGAPI)

Mengapa harus ada Vulkanologi ?
„

Banyaknya letusan gunungapi dengan bencana alam yang ditimbulkannya Sejak jaman dulu, di lingkungan geologi gunungapi selalu padat penduduknya Jadi, di samping bencana juga terdapat sumber daya alam Tahun 1980an vulkanologi mengalami kemajuan pesat akibat letusan St. Helens Sebelumnya, letusanletusan-letusan besar gunungapi terrekam dalam sejarah, seperti letusan G. Tambora (1815), Krakatau (1883) dll Indonesia memiliki 500an gunungapi, 128 buah di antaranya aktif, sisanya tidak menunjukkan aktivitasnya sejak 100 tahun terakhir Organisasi seprofesi para ahli vulkanologi sedunia bernaung di bawah bawah IVCEI (International Volcanologists, Chemistrists and Earth Interior) Interior) Anggota organisasi seprofesi tersebut meliputi para ahli vulkanologi, vulkanologi, geokimia (kimia bumi) dan geofisika (Earth Interior)

„

„ „

„

„

„

„

1

000 36.3 Tanpa anomali −0.5 −0.4 Tanpa anomali ? Tanpa anomali −0.Letusan-letusan besar gunungapi di dunia yang banyak memakan korban jiwa (sumber: Oppenheimer (2003). hemishemis-phere (°C) ? ? ? −0. dan Smithsonian Global Volcanism Program. St. ILG: indeks letusan gunungapi) Erupsi Vesuvius Taupo Baekdu Kuwae Huaynaputina Tambora Krakatau Santamaría Katmai Mt.5 ? ~ ? ? ≈1400 > 71.000 23.000 2 57 > 2.600 7.000–13. Helens El Chichón Nevado del Ruiz Pinatubo tahun 79 181 969 1452 1600 1815 1883 1902 1912 1980 1982 1985 1991 Tinggi kolom letusan (km) ? 51 25 ? 46 43 25 34 32 19 32 27 34 ILG 7 7 6 –7 6 6 7 6 6 6 5 4 –5 3 6 N.8 −0.5 −0.000 1202 Korban 2 .

vulkanologi atau volkanologi Penyebutan harus secara konsisten „ „ „ „ „ 3 .Bencana letusan G. Berasal dari bahasa Italia yaitu kata “vulcano” vulcano” yang berarti Dewa Api (penjaga pada tubuh gunungapi) Dalam bahasa Belanda “vulkaan” vulkaan” yang berarti gunungapi Dalam bahasa Inggris: volkanologi berasal dari kata “volcanology” volcanology”. VOLKANOLOGI „ Kata Volcano (gunungapi) pertama kali berasal dari pulau kecil yang bernama Volcano. yaitu volcano (= gunungapi) dan logos (ilmu) Jadi: di Indonesia dapat menyebutnya ilmu gunungapi. Vesuvius pada 79 M telah meruntuhkan kota Pompeii. Sicily. yang terletak di Laut Mediterania. Stabei dan Herculaneum VULKANOLOGI VS.

Definisi Vulkanologi / Ilmu Gunungapi / Volkanologi „ „ „ Menurut Alzwar dkk (1988). keduanya. Lawu dll ---. meliputi asalasal-usul pembentukan magma di dalam bumi hingga kemunculannya di permukaan bumi dalam berbagai bentuk dan kegiatannya • Setiap magma yang muncul ke permukaan bumi adalah gunungapi KELEMAHAN definisi Alzwar dkk (1988) „ „ „ Jika gunungapi harus berbentuk timbulan.maka bukan termasuk gunungapi 4 . sehingga bahan batuan tersebut berakumulasi membentuk bukit atau gunung Menurut Bronto (2006): • Setiap proses alam yang berhubungan dengan kegiatan gunungapi. yang tersusun atas timbunan rempah gunungapi • Tempat dengan jenis dan kegiatan magma yang sedang berlangsung • Tempat keluarnya batuan leleran dan rempah lepas gunungapi dari dalam bumi Menurut MacDonald (1972): – Tempat / bukaan berasalnya batuan pijar (gas) dan umumnya keduanya. Merbabu. keluar ke permukaan bumi. gunungapi adalah: • Timbulan di permukaan bumi. Muria. maka tipe gunungapi perisai tidak termasuk di dalamnya Jika gunungapi tersebut adalah aktivitas magma yang sedang berlangsung. maka gunungapi yang telah mati (tidak aktif) tidak termasuk di dalamnya Kontroversi: morfologi kerucut gunungapi seperti Gunung Ungaran.

the present – Kini: banyak sekali singkapan batuan asal gunungapi yang proses pembentukannya tidak diketahui secara langsung --the past „ Dari mana asal batuan gunungapi tersebut? „ Dengan mengetahui kejadian gunungapi pada masa kini.berbentuk perisai – Gunungapi maar --.membentuk lembah yang kadang-kadang terisi air PRINSIP DAN TEORI DASAR PEMBELAJARAN VULKANOLOGI „ „ Prinsip “The present is the key to the past” past” – Kini: ribuan gunungapi tersebar di seluruh dunia dengan berbagai tatanan tektoniknya.proses geologi yang mengontrol pembentukan gunungapi 5 . maka tipe gunungapi ini tidak termasuk di dalamnya: – Gunungapi perisai --.KELEMAHAN definisi MacDonald dkk (1972) „ Jika gunungapi harus membentuk bukit/gunung. menghasilkan batuan asal gunungapi yang proses pembentukannya dapat kita lihat secara langsung --. maka dapat direknostruksi kejadian gunungapi pada masa lalu Teori Tektonik Lempeng --.

seperti serpihan-serpihan / lempengan-lempengan papan kayu yang terapung di atas perairan Mengapa kerak bumi mengapung? „ Susunan / Struktur Bagian Dalam Bumi 6 .Teori Tektonik Lempeng „ Tektonik lempeng (plate tectonics) adalah teori tentang lapisan kaku bagian terluar bumi (lithosphere) yang terpecah-pecah hingga menjadi lusinan lempeng yang satu sama lain saling bergerak.

garnet. oksida Magnesium dan SiO2 ARUS KONVEKSI YANG MENDASARI PERGERAKAN LEMPENG-LEMPENG • Kerak bumi bersifat kaku.4 9. Pada awalnya hanya ada lempeng benua Pangea Pengambangan tersebut memecah lempeng Pangea menjadi Gondwana dan Laurasia LempengLempeng-lempeng benua bergerak saling menjauh dan mendekat bertumbukan Hal itu menyebabkan lempenglempeng-lempeng benua pecah menjadi lempenglempenglempeng yang lebih kecil • • • • • Menyebabkan pelelehan sebagian lempeng dan melahirkan lempeng samudra samudra yang lebih tipis 7 .9 4.Material Penyusun Bagian Dalam Bumi dan Sifat-Sifatnya (sumber: Mason & Moore.2 Selubung (mantel) atas Selubung bawah Inti luar Inti dalam Total ketebalan 720 3.9 12. bijih nikel Ditemukan pada tipe batuan Batuan silisik Andesit.2 13. bijih nikel Fe+oksigen. 1982) Ketebalan Kerak bumi 30 Densitas (gr/cm3) Atas (top) 2.171 2.8 Bawah (bottom) 2.259 1221 6.371 4.4 5.1 Fe+oksigen. eklogit. sulfur.6 12. basalt pada bagian dasar Peridotit. piroksen Peroksit. spinel. olivin.4 2. sulfur. mengambang di atas mantel caircair-plastis.

ucsb. Aktivitas Gunungapi „ Proses pelelehan sebagian pada proses penunjaman tektonik lempeng menghasilkan magma Magma bersifat selalu bergerak Dalam tektonik lempeng: ada lempeng yang saling mendekat (gaya kompresi) dan saling menjauh (gaya ekstensi) Proses kompresi dan ekstensi membentuk rekahan dan rifting pada bagian lempeng yang lain Jika ada rekahan yang membuka hingga di permukaan.Tektonik Lempeng Vs.geol.edu/animations/quicktime/sm09mesozoicsubducti on.mov „ „ „ „ „ „ Sumber: ……………… 8 . maka akan dilalui magma Akumulasi aliran magma ke permukaan membangun tubuh gunungapi Untuk mekanisme pergerakannya: Kunjungi http://emvc.

Bagian-bagian pada tektonik lempeng „ „ „ „ „ „ „ „ „ Dua / lebih lempeng yang berbeda dan saling bertumbukan Batuan bancuh (melange) Volcanic arch (busur magmatik) dan gunungapi hotspots Zona pemekaran dan mid oceanic ridge basalts Transform fault Palung (trench) Tinggian (through) Cekungan muka busur (fore arch basin) Cekungan belakang busur (back arch basin) Skematika tatanan tektonik gunungapi busur kepulauan 9 .

RING OF FIRE (CINCIN API) „ Proses kompresi pada tektonik lempeng menghasilkan jalur penunjaman (subduksi) Subduksi membentuk pelelehan sebagian di sepanjang zona benni off membentuk magma Magma selanjutnya terakumulasi di bawah permukaan bumi di depan jalur subduksi Sebagian magma yang menjangkau sampai ke permukaan membentuk gugusan gunungapi Jalur di sepanjang zona subduksi dan jalur gunungapi disebut ring of fire (cincin api) „ „ „ „ 10 .

dan cepat: > 4 cm/th „ „ „ „ Pemekaran lantai samudra akibat gaya ekstensi menghasilkan gugusan gunungapi tengah samudra (mid oceanic ridges) 11 .GUGUSAN GUNUNGAPI PUNGGUNGAN TENGAH SAMUDRA (MID OCEANIC RIDGES) „ Proses ekstensi lempeng yang saling menjauh membentuk zona pemekaran di lantai samudra Magma yang muncul ke permukaan melalui zona pemekaran tersebut membentuk gugusan gunungapi Jalur gugusan gunungapi ini dapat dijumpai di tengah samudra Atlantik. Pasifik dan India Kecepatan pemekaran bervariasi tergantung dari posisinya di sepanjang punggungan dan lamanya pemekaran (waktu) Kecepatan pemekaran lambat : < 3 cm/th.

Salah satu contoh gugusan gunungapi hasil pemekaran lantai samudra di Iceland • Pada awalnya. lempeng Eurasia dan Amerika Utara bersatu sebagai lempeng Laurasia Lempeng Laurasia mekar hingga terbentuk celah. • • • Model Magmatisme (Vulkanisme) Oseanik: model konseptual asalasal-usul berbagai jenis magma oseanik dan reservoir asal magma 12 . memisahkan Eurasia di bagian timur dan Amerika Utara di bagian barat. 1978). Celah tersebut selanjutnya dilalui magma membentuk punggungan tengah samudra Atlantik (MidMid-Atlantic Ridge) Pemekaran di MidMid-Atlantic Ridge dimulai sejak 200 jtl dengan kecepatan 2.5 cm/th atau 25 km per juta tahun (Uyeda.

dan lava yang bersifat sangat alkalin 13 . tipe / kelompok batuan gunungapi dan keterdapatannya terhadap tatanan tektoniknya adalah: SiO2 ~50% ~60% ~65% Tipe Magma Mafik Intermediet Felsik (rendah Si) Felsik (tinggi Si) Batuan Gunungapi Basal Andesit Dasit Keterdapatan/ tatanan tektoniknya MOR Busur kepulauan dan busur magmatik dangkal Busur magmatik: lempeng benua dengan dapur magma tengah (B) Busur magmatik: segregasi pada lempeng benua dengan dapur magma dalam (A) ~70% Riolit Beberapa magma muncul sebagai batuan ultramafik. ultramafik. karbonatan.Afinitas tektonik seri batuan gunungapi Sifat-sifat Model tepian Jenis lempeng lempeng Seri konvergen divergen samudra benua batuan Alkalin Tholeitik Ca-Alkalin √ √ √ √ √ √ √ √ Didasarkan atas Kandungan SiO2 dalam magma.

amfibol.TIGA TIPE SERI MAGMATIK BATUAN GUNUNGAPI DIKONTROL OLEH TATANAN TEKTONIKNYA Seri magmatik Tipe Toleitik Norms Piroksen rendah Ca Magnetit Oksida FeFe-Ti Amfibol Sifat kimia Ortopiroksen Sebagai fenokris dan massa dasar Terbentuk di akhir Biasanya ilmenit Hanya berasal dari diferensiasi silika Mg > Ca (Mg untuk Ol. Ol. amfibol. kecuali dari magma primitif Ca > Mg (Ca pada augit. Melimpah. aegirin. OPX dan CPX) Ya Ya Tipe CaCa-alkalin Ortopiroksen Sebagai fenokris Terbentuk di awal Magnetit dan ilmenit Melimpah. amfibol. dll) dll) Tidak Ya Ya MOR Busur magmatik Busur kepulauan Ya 14 . titanit) titanit) Tidak Tidak Ya Tipe Alkalin Tanpa Ortopiroksen Jarang Bervariasi Bervariasi Dijumpai di semua jenis Ca+Na > Mg (Ca+Na pd CPX. augit. amfibol. aegirin.

2001. Academic Press. Hsü. in K. ed. Blackie. Winter. The Nature and Origin of Granite. London. Prentice Hall. 1993. Latihan Soal-Soal „ Jelaskan mengapa ada gunungapi di permukaan bumi! Apa pentingnya vulkanologi bagi manusia dan bagi perkembangan ilmu pengetahuan? Apa hubungan gunungapi dengan manusia? Apa hubungan gunungapi dan komponen fisik bumi? Apa hubungan gunungapi dan tektonika? Mengapa dalam perkumpulan / organisasi ahliahli-ahli vulkanologi sedunia. An Introduction to Igneous and Metamorphic Petrology. 25. 227-238. v. terdapat juga di dalamnya para ahli kimia dan interior bumi? „ „ „ „ „ 15 .. Journal. Geol. J. dan ekuivalensinya dengan batuan sedimen dan metamorf penciri zona tumbukan Pink: batuan beku dan metamorf yang berasal dari kerak bumi bagian dalam Magenta: magma granitik Abu-abu: penunjaman lempeng samudra Biru: korok gabro dan sumber magma basaltis Sumber: Pitcher. 1990. Barbarin. 1983. Pitcher.Rangkuman Pengelompokan Tatanan Tektonik dengan Tipe Batuan Gunungapi yang Dihasilkan „ „ „ „ „ Orange: batuan volkanik andesitik. p. Mountain Building Processes. London.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful