OLEH: ISEU LAELASARI, S.

Pd

AMATI BEBERAPA GAMBAR BERIKUT

.

.

.

 APA YANG DAPAT KALIAN RASAKAN SEANDAINYA ADA DI TEMPAT TERSEBUT?  KOMPONEN APA SAJA YANG DAPAT KALIAN TEMUKAN?  ADAKAH KETERKAITAN SATU KOMPONEN DENGAN KOMPONEN LAINNYA? .

tumbuhan.APA ITU EKOSISTEM? EKOSISTEM  HUBUNGAN TIMBAL BALIK ANTARA MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA  KOMPONEN EKOSISTEM:  KOMPONEN BIOTIK (HIDUP)  manusia. topografi  . iklim. suhu. hewan. kelembaban. mikroorganisme  KOMPONEN ABIOTIK (TAK HIDUP)  air. Ph. tanah. salinitas. udara.

ORGANISASI KEHIDUPAN DALAM EKOSISTEM INDIVIDU  POPULASI  KOMUNITAS  EKOSISTEM  BIOMA  BIOSFER  .

dll .Individu / organisme “ merupakan MH tunggal yang seluruh aktivitas kehidupannya dilakukan secara otonomi”  Suatu individu dikatakan satu spesies apabila dapat melakukan perkawinan dan menghasilkan keturunan yang fertil (subur)  contoh: seekor kerbau. satu pohon mangga.

.

menggunakan SDA yang sama. dalam waktu yang sama dan terjadi interaksi”  suatu populasi memiliki kepadatan dan jarak antar individu dalam batas geografis tertentu Contoh: populasi Badak bercula satu di Ujung Kulon berjumlah 45 ekor .Populasi “ merupakan kumpulan individuindividu sejenis yang menempati luas wilayah yang sama.

.

padang rumput. hutan jati.Komunitas “ Merupakan interaksi dari berbagai populasi yang menempati habitat/ tempat yang sama dalam waktu yang sama ”  Komunitas dinamai berdasarkan vegetasi yang mendominasi contoh: komunitas hutan bakau. dll .

Komunitas Hutan Bakau .

Ekosistem “ Interaksi antara berbagai populasi penyusun komunitas dengan lingkungan abiotiknya” Contoh kajian biologi: .Ekosistem sawah .Ekosistem air tawar .Ekosistem laut .

Air Laut E. Air Tawar E.E. Sawah .

Stepa/ Padang Rumput. Savana. dan umumnya memiliki hewan khas dan tumbuhan khas”  Contoh: Bioma Tundara.Bioma “ Merupakan kumpulan berbagai ekosistem yang melingkupi wilayah yang luas. memiliki iklim tertentu. Taiga. Hutan Gugur. Hutan Hujan Tropis & Gurun .

Taiga Tundra Savana Stepa .

Gurun Hutan Hujan Tropis Hutan Gugur .

Biosfer “Kumpulan dari seluruh bioma  membentuk kesatuan lapisan kehidupan di bumi” .

BIOSFER .

HABITAT VS RELUNG/ NICHE/ NISIA HABITAT RELUNG DIMANA KAMU TINGGAL? PEKERJAAN KAMU APA? TEMPAT TINGGAL ORGANISME DI ALAM STATUS/ JABATAN FUNGSIONAL/ PEKERJAAN SUATU ORGANISME DI DALAM LINGKUNGAN .

bakteri hijau dan ungu)  KONSUMEN  organisme yang memanfaatkan bahan organik dari makhluk hidup lain sebagai sumber makanan (contoh: kambing.JENIS NICHE PRODUSEN  organisme yang dapat menyusun senyawa organik dari senyawa anorganik untuk menyediakan makanannya sendiri (contoh: tumbuhan. dll)  . srigala. ganggang. sapi. singa. marmut.

kluwing. teripang. lipan)  Dekomposer  organisme yang menguraikan/ mengubah partikel organik menjadi partikel anorganik (contoh: jamur dan bakteri)  .LANJUTAN Detritivor  organisme pemakan partikel-partikel organik/ detritus (contoh: cacing. siput.

SUKSESI
 proses

perubahan dalam suatu komunitas yang berlangsung secara bertahap dan menuju ke satu arah secara teratur  menuju pada komunitas klimaks  Komunitas klimaks: komunitas puncak yang sudah mencapai tingkat keseimbangan/ homeostasis

Mengapa suksesi dapat terjadi?
terjadi akibat adanya perubahan lingkungan fisik (secara alami atau buatan)  Terdapat 2 jenis suksesi: 1. Suksesi primer 2. Suksesi sekunder

Suksesi Primer
Terjadi jika komunitas asal mengalami kerusakan secara total (hilangnya komunitas asal secara total)  Terbentuk komunitas baru dengan komposisi yang berbeda dengan komunitas asal  Tahap : bencana alam  habitat rusak  vegetasi perintis (lichenes)  lumut dan paku  rumput  semak belukar  perdu  pohon

Contoh suksesi primer  Ekosistem krakatau yang musnah ketika gunung krakatau meletus. (dalam 50 tahun berikutnya baru mencapai klimaks kembali) .

.

SUKSESI SEKUNDER terjadi apabila komunitas asal mengalami kerusakan tapi tidak secara total  terbentuk komunitas baru yang sebagain penyusunnya berasal dari komunitas asal  Ditandai dengan adanya invasi organisme baru ke habitat baru dan diikuti dengan kolonisasi Contoh: kebakaran padang alang-alang. penebangan hutan  .

.

Tipe Ekosistem Aquatic Terestrial (darat) Air laut Hutan hujan tropis Hutan gugur Hutan Mangroove Buatan Air tawar Ekosistem sawah Lotik Lentik Air Bergerak Contoh: air terjun. sungai Air Diam Contoh: danau. kolam Padang rumput .

.

.

.

.

.

tidak ada penetrasi cahaya. cahaya matahari sampai ke dasar  ditemukan tumbuhan berakar  Zona limnetik  bagian perairan terbuka.ZONASI PADA AIR TAWAR Zona litoral  bagian perairan dangkal. (tidak ditemukan produsen)  . terdapat sedikit cahaya matahari sampai ke dasar  Zona profundal  daerah dasar yang gelap.

.

contoh: siput air . cacing. mengkaitkan tubuhnya pada batang/ tumbuhan air. contoh: serangga air Plankton  organisme yang terapung.Kelompok Organisme air tawar  Benthos  organisme yang hidup dan     menempel di dasar perairan. contoh: ikan Neuston  organisme yang berenang dipermukaan air. melayang-layang dalam air. udang kecil Nekton  organisme yang berenang bebas dalam air. contoh: kepiting. contoh: alga Perifiton  organisme yang menempel.

“parasit mengambil makanan dari inang” Jenis parasit berdasarkan tempat hidup : 1. Ektoparasit  parasit hidup di luar tubuh inang (contoh: benalu yang hidup pada suatu pohon) 2. 1 dirugikan). Endoparasit  parasit hidup di dalam tubuh inang (contoh: cacing pita yang hidup di dalam usus)  .INTERAKSI ANTARA KOMPONEN EKOSISTEM Parasitisme (1 untung.

Jenis parasit berdasarkan kebutuhan makanan Semi parasit : parasit yang mengambil makanan dari tubuh inangnya masih dalam bentuk zat anorganik (contoh: benalu yang mengambil air dan mineral dari inang. selanjutnya benali melakukan fotosintesis sendiri)  Parasit obligat : parasit yang menyerap langsung bahan organik dari inangnya (contoh: tali putri)  .

KOMENSALISME  (1 untung. anggrek dengan pohon inangnya . 1 tidak berpengaruh/ tidak diuntungkan. tidak dirugikan)  Contoh : hiu dan ikan remora.

contoh: flagellata yang hidup dalam saluran pencernaan rayap.MUTUALISME VS PROTOKOPRASI  hubungan Saling menguntungkan  Mutualisme (2 organisme yang saling berinteraksi tinggal bersama. E coli yang hidup dalam usus manusia)  Protokoprasi (2 organisme yang saling berinteraksi tetapi tidak tinggal bersama. contoh: serangga dengan tumbuhan berbunga) .

PREDASI VS KOMPETISI Predasi  Hubungan antara mangsa dan pemangsa antara satu spesies dengan spesies lainnya (contoh: kucing dengan tikus)  Kompetisi  persaingan antara organisme yang memiliki kebutuhan yang sama (makanan sama. lawan kawin sama. dll)  .

NETRALISME hubungan yang masih kurang jelas terlihat interaksinya (menguntungkan/ merugikan) meskipun berada dalam 1 tempat yang sama  CONTOH: kupu-kupu dengan belalang. kijang dengan tikus  .

ALLELOPATI/ ANTIBIOSIS Satu organisme menghambat pertumbuhan organisme lain  Contoh: antibiotik dalam kultur bakteri  .

RANTAI MAKANAN DAN JARINGJARING MAKANAN  Rantai makanan  proses perpindahan materi & energi melalui peristiwa makan dan dimakan yang berbentuk linear dari 1 tingkat trofik ke tingkat trofik lainnya Tkt trofik 1  trofik 2  trofik 3  trofik 4  trofik 5 .

M Detritus  jika mata rantai/ tingkat trofik 1 berupa sisa-sisa zat organik yang telah hancur/ detritus Contoh: daun lapuk  cacing  ayam  elang .R.R. M Perumput  jika mata rantai/ tingkat trofik 1 berupa produsen Contoh: rumput  belalang  ayam  elang .Jenis Rantai Makanan .

Jaring Makanan  Kumpulan/ gabungan beberapa rantai makanan  membentuk jaring makanan .

.

.

PIRAMIDA EKOLOGI  Merupakan diagram piramida yang dapat menggambarkan hubungan antara tingkat trofik satu dengan tingkat trofik lainnya secara kuantitatif pada suatu ekosistem  Organisme pada tingkat trofik rendah umumnya berjumlah lebih banyak  Semakin tinggi tingkat trofik jumlah individu semakin sedikit  Tingkat trofik terendah diisi oleh produsen. diikuti oleh herbivor. carnivor. dst .

.JENIS PIRAMIDA EKOLOGI Piramida Jumlah  Dibuat berdasarkan jumlah individu pada masing-masing tingkat trofik  Dapat menggambarkan kepadatan populasi pada masing-masing tingkat trofik 1.

.

.

Piramida Biomasa  Dibuat berdasarkan biomasa pada masing-masing tingkat trofik  Biomasa merupakan: total berat kering makhluk hidup yang diukur dalam suatu tempat dan waktu serta satuan tertentu .2.

.

3. Piramida Energi  Dibuat berdasarkan produktivitas pada masing-masing tingkat trofik dalam ekosistem  Produktivitas merupakan jumlah total energi yang dihasilkan dan dipindahkan dari tingkat trofik yang satu ke tingkat trofik lainnya .

PRODUKTIVITAS PRODUKTIVITAS PRIMER Laju penambatan energi yang dilakukan oleh organisme autotrof/ produsen (jumlah energi cahaya yang dirubah menjadi energi kimia selama periode waktu tertentu) PRODUKTIVITAS PRIMER KOTOR PRODUKTIVITAS SEKUNDER Laju penambatan energi yang dilakukan oleh organisme heterotrof/ konsumen PRODUKTIVITAS PRIMER BERSIH produktivitas primer kotor dikurangi energi yang digunakan produsen untuk respirasi total produktivitas primer yang disimpan dalam bentuk bahan organik .

.

.

SIKLUS BIOGEOKIMIA  Merupakan siklus bahan kimia dari komponen abiotik dalam ekosistem ke komponen biotik yang kemudian diuraikan menjadi mineral yang melibatkan peran mikroorganisme .

SIKLUS CARBON DAN OKSIGEN .

.

SIKLUS NIROGEN .

.

SIKLUS POSPOR .

.

.

SIKLUS AIR .