Membuat Label Undangan dengan Ms Word 2007 dan Ms.

Excel 2007
Published on August 24, 2010 by Hendra Hadiwijaya · 136 Comments Mungkin anda sering melihat sebuah label undangan yang berbentuk persegi panjang yang menempel di kertas undangan. Mungkin dalam benak anda sering bertanya-tanya bagaimana ya cara membuatnya? Itu sangat gampang kok, ikutin aja langkah-langkah berikut ini. Tapi di sini saya membuat data undangannya dari Ms. Excel karenan lebih sederhana.

Langkah 1 1. Buka Program Ms. Excel 2. Setelah itu, anda tulis dulu ya… nama-nama yang ingin di undang, seperti di bawah ini:

Langkah 2 . Setelah itu program Ms.3. Setelah itu jangan lupa di simpan. Excel nya close. dengan nama file “Data Undangan― 4.

seperti di bawah ini 2. langkah yang harus dilakukan adalah : 1. . Klik Options. Word.Kita akan membuat master label. Klik menu Mailings – Label. misalkan kita akan membuat master label dengan jenis Label 103. 3. Buka program Ms.

Klik New Label.    Label Name isilah sesuai dengan keinginan anda Top Margin diukur dari tepi kertas atas sampai ke tepi Label paling atas Side Margin dari tepi kertas sebelah kiri sampai ke tepi label paling kiri .4.

banyaknya label dalam satu kolom Page Size. diisi dengan banyaknya label dalam satu baris Number down. lebar ukuran kertas label Page Height. Klik Ok . Setelah semua terisi dengan benar. kemudian klik OK 6. tinggi ukuran kertas label 5. tinggi label dihitung dari tepi atas label sampai tepi bawah label. karena jika tidak sama maka hasil Print tidak akan pas) Page Width. sebaiknya anda pilih ukuran Custom (Catatan: diingat ukuran Page Size harus sama dengan Page pada pada Properties Printer Anda. Label Width. Number across.         Vertical Pitch dihitung dari tepi atas label baris pertama sampai ke tepi atas label baris kedua Horizontal Pitch dihitung dari tepi kiri label kolom pertama sampai ke tepi kiri label kolom kedua Label height. Untuk lebih mudahnya tinggi label ini biasanya tertera di bungkus label yang anda beli. lebar label dihitung dari tepi kiri label sampai tepi kanan label.

7. maka Ms. Setelah itu Save. Word akan membuka lembar baru seprti di bawah ini 8. (simpan dalam satu folder dengan data Ms. Excel yang telah kita buat tadi) . Klik New Document.

Langkah 3 1. 2. Klik Menu Mailling dan Klik Select Recipients dan Pilih Use Existing List. Buka File Excel (misalnya : Data Undangan) yang anda buat tadi – Klik Open .

Selanjutnya kita memasukan filed ke dalam table yang kita buat dengan cara kita klik Insert Merge Field . karena kita tadi menulis nama undangan di Sheet 1. . Maka tampil kotak dialog “Select Table―. klik Sheet 1$ – Ok 4.Kemudian klik Filed satu persatu sesuai dengan posisi yang diinginkan.3.

Klik Maillings – Rules – Next Record .5. Hal yang paling penting yang harus dilakukan adalah kita meletakan Next Record didepan filed nama selain di filed nama pada kolom pertama baris pertama. Setelah masuk semua maka hasilnya seperti dibawah ini: 6.

Sehingga seperti gambar berikut : 7. Untuk melihat hasil penggabungan data tadi dengan cara mengklik Ikon .

jika kita ingin mengeprint dari record ke record berapa. Klik Finish & Merge – Print Document…    All. . jika kita ingin mengeprint semua Current Record.Dan lihat hasilnya seperti ini : 8.to…. Untuk mengePrintnya….. jika kita hanya ingin mengeprint yang di tampilkan di record Form.

. karena jika tidak sama maka hasil Print tidak akan pas. Klik Ok · Catatan: jangan lupa ya… ukuran Page Size harus sama dengan Page pada pada Properties Printer Anda.9.