SIKAP PANTANG MENYERAH DAN ULET

A. Jiwa kepemimpinan 1 . pengertian kepemimpinan Menurut sejarah kepemimpinan muncul pada abad 18. Ada beberapa pengertian kepemimpinan, antara lain : a. kelompok Kepemimpinan adalah pengaruh antar pribadi, dalam situasi tertentu dan langsung melalui proses komunikasi untuk mencapai satu atau beberapa tujuan tertentu (Tannebeum, Weschler and Nassarik ). b. Kepemimpinan adalah sikap pribadi yang memimpin pelaksanaan aktivitas untuk mencapai tujuan yag dinginkan. ( Shared Goal Hemhie; & Coons). c. Kepimpinan adalah suatu poses yang mempengaruhi aktivitas yang diatur untuk mencapai tujuan bersama ( Rauh & Behling ) 2. Tugas dan peran Kepimpinan Tugas dan peran seorang pemimpin antara lain : a. Sebagai pelaksana b. Sebagai Perencana c. Sebagai seorang ahli d. Mewakili kelompok dalam tindakkannya keluar e. Mengawasi hubungan antar anggota kelompok f. Bertindak sebagai wasit dan penengah g. Merupakan lambang dari kelompok h. Sebagai pencipta atau memiliki cita cita i. Bertindak sebagai seorang ayah j. Merupakan bagian dari kelompok k. Pemegang tanggung jawab dari karyawannya

Pemimpin harus berfikir secara analistis dan konseptual . Tugas dan peran seorang pemimpin adalah : a. h. Pemimpin penyeimbang pencapaian tujuan d. ( Ing ngarso asung tulodo ) b. e. d. Adil b. Mampu memberikan dukungan kepada oranglain ( Tut Wuri Handayani ) • Sedangkan menurut Hick ada delapan rangkaian peranan seorang pemimpin (leadership): a. Mampu memotivasi orang lain ( ing madyo mangun karso ) c.Sebagai wakil organisasi g. Memberikan sugesti Mendukung tercaoainya tujuan Sebagai katalisator Menciptakan rasa aman f.• Seorang pemimipin menurut Ki Hadjar Dewantara adalah seorang yang mampu untuk : a. mengadakan evaluasi untuk mencapai hasil yang baik c. menjalankan tugas . Pemimpin adalah tanggung jawab untuk menyusun tugas . • Sumber inspirasi Bersedia menghargai Menurut James A. Teladan kepada oranglain . c.F Stonen. Pemimpin bekerja keras dengan orang lain b.

jenis kepimpinan ada 3 . Terus belajar b. Berorientasi untuk melayani orang lain. pemimpin harus dapat menjadi seorang moderator (penengah) f. c. Gaya Kep ditetapkanemimpinan Otoriter Gaya kepimpinan otoriter adalah gaya pemimpin yang memusatkan segala keputusan dan kebijakan yang diambil dari dirinya sendiri secara penuh b. Sinergistik 4. bentuk bentuk tipe kepimpinan Pada dasarnya. Manajer adalah seorang moderator Konflik selalu terjadi pada setiap tim dan organisasi. Gaya Kepemimpinan Bebas . Oleh karena itu. yaitu : a.e. Pemimpin adalah politid dan diplomat g. Mempercayai orang lain e. Melihat hidup sebagi sebuah petualangan g. ciri ciri pemimpin Seorang yang memiliki jiwa kepimpinan yang baik akan terminat dari kondisi psikologinya dan fisiknya . c. Hidup seimbang f. Pemimpin yang berprinsip melihat kehidupan ini sebagai misi bukan karir . Gaya Kepemimpinan Demokratis Gaya kepemimpinan demokratis adalah gaya pemimpinan yangmemberikan wewenang secara luas kepada para bawahan. Seorang pemimpin harus dapat memecahkan masalah 3. yaitu : a. ukuran keberhasilanya adalah bagaimana bisa menolong dan melayani orang d.

Pemimpin jenis ini hanya terlibat dalam kuantittas yang kecil dimana para bawahannya yang secara aktif menunjukan dan menentukan tujuan dan penyelesaian maslah yang dihadapi B. Manajemen sebagai suatu seni (art) dan sebagai suatu ilmu pengetahuan (science) Berikut pngertian manajemen menurut para ahli : a. sedangkan menurut istilah manajemen mengandung tiga pengertian yaitu : a. pengarahan dan pengawasan daripada sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan b. Oey Liang Lee Manajemen adalah seni danilmu perencanaan perorganisaian . G. Pengertian Manajemen Manajemen diambil dari bahasa inggris yaiutu “manage” yang berarti mengurus . penyusunan . mengelola .R. Drs. Manajemen sebagai suatu proses b. MANAJEMEN 1. mengendalikan . Manajemen sebagai kolektivitas orang orang yang melakukan aktivitas manajemen c. mempipin . Hilman Manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan oranglain dan mengawasi usaha usaha untuk mencapai tujuab yang sama c. Terry . mengusahakan .

Tingkatkan Manajemen ( Manajemen level ) Tingkatan manajemen dalam oraganisai membagi tingkatan manajer menjadi 3 yakni : a. Manajer lini garis pertaman ( first line manager) b. Planning adalah proses menetapkan sasaran dan tindakan yang peru untuk mencapai sasaran dan tindakan yang perlu untuk mencapai sasaran b.Manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja. Fungsi Manajemen Fungsi fungsi manajemen adalag sebagai berikut : a. Directing atau commanding e. Forecasing 3. Manajer puncak ( top manager) . yangmelibatkan bimbngan atau pengarahan suatu kelompok orang orang kea rah tujuan tujuan organisasional 2. Reporting i. Stafiing j. Organizing adalah dua orang atau lebih yang bekerja sama dalam mencapai sasaram spesifik atau sejumlah sasaran c. Leading d. Coordinating g. Controlling h. Motivating f. Manajer menengah (middle manager) c.

Memiliki semangat untuk bekerja keras b. kuat dan tidaak mudah putus asa dalam mengelola kegiatan usahanya. Memiliki semangat yang tinggi d. Mendoron untunk mencari cara cara baru dalam menjalankan usaha . Memberi semangat dalam berwirausaha c. Pantang Menyerah dan Ulet 1. Self awareness ( sikap mawas diri) 2. Cretiative imagination ( berpikir mengarah ke depan ) • Manfaat adanya sikap kalau ingin maju bagi seorang wirausaha : a. Sabar dan tidak mudah putus asa e. Conscience (mempertajam suara hati ) 3. Memiliki keinginan untuk menjadi lebih baik Stephen Covey dalam bukunya yang berjudul First Thing’s First mengungkapkan empat sisi potensial yang dimiiki manusia untuk maju : 1. Independent will (pandangan yang independen ) 4. tangguh. Menimbulkan sikap optimis b. Seorang wirausahawan yang memiliki sikap pantang menyerah dan ulet dalam usahanya pada hakikatnya adalah seorang yang tidak menegenal lelah dalam berwirausaha jadi hakikat sikap pantang menyerah merupakan interaksi dari perilaku positif sebagai berikut : a. Pengertian dan Hakikat pantang menyerah Yang dimaksud pantang menyerah adalah sikap ulet.C. Selalu optimis dalam menjalani hidup c.

Bekerja penuh semangat . penuh semangat. Pengalaman Pengalaman erupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi keuletan. pengalaman. d. Wirausahawan yang meneliti . serta mempunyai cita cita yang tinggi demi kemajuan usahanya • Faktor yang memengaruhi keuletan tersenut antara lain : a. Faktor dengan penuh keyakinan. pendidikan dan kesanggupan dalam berwirausaha d. Lingkungan Lingkungan memiliki peran penting dalam pembinaan keuletan karena manusia cenderung akan menyesuaikan kebiasaan yang ada di lingkunganya. Menambahkan keberanian dalam berusaha . Pembawaan Manusia lahir memiliki sifat sifat bawaan dari orang tua nya b. bakat. minat. Pengertian Ulet Seorang wirausahan dikatakan ulet jika mempunyai kepribadian tangguh . tidak mudah putus asa. Bekerja dengan penuh ketekunan dan memiliki tekad yang terarah dalam berwiausaha c. pantang menyerah dan ulet dalam berwirausaha b. misalnya menanggung resiko • Faktor faktor yang dapat mendukung sikap kerja pantang menyerah dan ulet adalah a. kuat. penuh kegairahan dan penuh ketabahan dalam berwirausaha. Bekerja berdasarkan kemampuan.d. 2. Pendidikan dan Pelatihan Pendidikan dan pelatihan mempunyai arti penting dalam perkembangan bawaan seseorang c.

Karakteristik sikap pantang menyerah dan ulet Karakteristik seorang wirausaha yang baik dan perlu dikembangkan agar bisa menunjukkan sikap kerja pantang menyerah dan ulet yaitu : i) Kerja keras. Kepemimpinan dalam kerja pantang menyerah dan ulet f. Wirausahawan yang mempunyai komitmen untuk keberhasilan dan berkembangan dalam usaha akan termotivasi mewujudkan keinginannya • Keuletan akan didaptkan dengan beberapa tahapan latian yaitu : a. Bersikap optimis c. Selalu berinovasi d. e. raltif lebih ulet dibandingkan wirausahawan yang langsung menajdi pengusaha besar karena warisan atau rekomendasi pemerintah. Mencintai apa yang kita kerjakan b.karirnya dari usaha kecil menjadi pengusaha besar dengan pengalaman jatuh bangun . Tidak mudah menyerah dalam segala hambatan e. ulet dan disiplin ii) Mandiri dan realistis iii) Prestatif dan komitmen tinggi iv) Belajar dari pengalaman v) Berfikir positif dan bertanggung jawab vi) Memperhitungkan risiko usaha vii) viii) Kreatif dan inovatif Kerja efektif dan efisien ix) Merencanakan suatau sebelum bertindak . Motivasi Motivasi atau dorongan dapat menyebabkan seorang menjadiuet.

x) Mencari jalan keluar dari setiap permasalahan .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.