Dinasti Shang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi, cari Dinasti Shāng (商) (1600—1046 SM) adalah dinasti yang mengantikan Dinasti Xià dalam sejarah Cina. Sekitar tahun 1600 SM, Dinasti Shāng didirikan oleh pemimpin suku Shāng, Tāng (汤/湯) setelah memusnahkan Dinasti Xià. Dinasti Shāng melewati masa pemerintahan sebanyak 17 generasi, 31 raja. Berkuasa selama 500-an tahun, sampai 20 Januari 1046 SM ditaklukkan oleh Zhōu Wǔwáng (周武王).

Daftar isi
    

1 Ringkasan Sejarah 2 Wilayah Kekuasaan 3 Pemerintahan 4 Kondisi Ekonomi 5 Kebudayaan dan ilmu pengetahuan

Ringkasan Sejarah
Akhir dari pemerintahan Dinasti Xià 夏, kekacauan dalam pemerintahan Dinasti Xià 夏 sendiri tidak pernah terkendali, ganguan dan serangan dari luar juga tidak pernah berhenti, setelah naik takhta, Jié 桀 juga tidak berusaha mengubah kondisi, malahan semakin lalim dan kejam, sehingga para bangsawan akhirnya mulai memberontak. Pada sekitar tahun 1600 SM, pemimpin dari suku Shāng 商, Tāng 汤/湯 bergabung dengan suku bangsa lainnya mengulingkan Dinasti Xià 夏, dan mendirikan Dinasti Shāng 商. Pada awalnya suku Shāng 商 ber-ibukota di Bò 亳 (sekarang Shāngqiū 商丘 Propinsi Hénán 河南), setelah mengalahkan Dinasti Xià 夏, memindahkan ibukota ke barat dan tetap disebut dengan nama Bò 亳 (sekarang Yǎnshī 偃师 Propinsi Hénán 河南). Setelah naik takhta, Tāng 汤/湯 memerintah dengan bijaksana terhadap rakyatnya, dengan bantuan dari menteri-menteri berbakat seperti Yīyǐn 伊尹 dan Zhòngyuán 仲虺, negara semakin kuat dan makmur. Setelah Tāng 汤/湯 meninggal, oleh karena putra sulungnya Dàdīng 大丁 mati muda, maka singgasana diwariskan kepada adik Dàdīng 大丁, Wàibǐng 外丙; setelah Wàibǐng 外丙 meninggal, digantikan oleh adiknya Zhòngrén 仲壬; dan setelah Zhòngrén 仲壬 meninggal, singgasana diwariskan kembali kepada putra dari Dàdīng 大丁, Tàijiǎ 太甲. Tahun ketiga pemerintahan Tàijiǎ 太甲, oleh karena memerintah dengan tidak benar dan tidak bermoral, Tàijiǎ 太甲 diasingkan oleh Yīyǐn 伊尹 ke istana Tónggōng 桐宫. Setelah tiga tahun tinggal di istana Tónggōng 桐宫, Tàijiǎ 太甲 merasa sangat menyesal, sehingga akhirnya Yīyǐn 伊尹 menjemput dan menyerahkan kembali kekuasaan kepadanya.

Pada mulanya, Dinasti Shāng 商 beberapa kali memindahkan ibukota-nya, sampai terakhir pada masa pemerintahan Pángēng 盘庚/盤庚, menetapkan ibukota di Yīn 殷 (sekarang Ānyáng 安阳/安陽 Propinsi Hénán 河南), sehingga Dinasti Shāng 商 sering juga disebut sebagai Dinasti Yīn殷. Setelah Pángēng 盘庚/盤庚 memindahkan ibukota ke Yīn 殷, ekonomi masyarakat Dinasti Shāng 商 mengalami perkembangan lebih maju lagi. Sampai kemudian masa pemerintahan Wǔdīng 武丁, Dinasti Shāng 商 melakukan banyak serangan ekpansi, menaklukkan banyak negara kecil disekitarnya, memperluas wilayah teritorialnya, sehingga Dinasti Shāng 商 mencapai puncak kejayaannya. Setelah Wǔdīng 武丁 meninggal, Dinasti Shāng 商 mulai mundur dan melemah. Raja terakhir Dinasti Shāng 商, Dìxīn 帝辛 atau Zhòuwáng 纣王/紂王 berhasil memajukan hubungan perekonomian dan kebudayaan dengan membuka hubungan dengan Cina bagian tenggara, perairan Sungai Huáihé 淮河 dan Chángjiāng 长江/長江; tetapi karena selalu terlibat dalam peperangan dan membangun istana dalam skala besar, yang sangat menguras dan menghabiskan sumber daya manusia maupun kekayaan rakyat, sehingga menimbulkan kekecewaan dalam hati rakyat. Zhōu Wǔwáng 周武王 mengerahkan 300 kereta perang, 3000 pasukan serangan depan, 4500 prajurit, dan bergabung dengan suku Qiāng 羌、Máo 茅/髳、Lú 卢/盧 dan sebagainya, serentak menyerang Zhòuwáng 纣王/紂王, dan berhasil menyerang sampai ibukota Dinasti Shāng 商, Cháogē 朝歌 (sekarang Kabupaten Qíxiàn 淇县, Kota Hèbì 鹤壁, Propinsi Hénán 河南). Pada saat itu pasukan Shāng 商 sedang berperang melawan suku bangsa kecil di timur laut, sehingga terpaksa memakai budak dan prajurit tahanan untuk menghadapi perang di daerah Mùyě 牧野, 70 lǐ 里 (satuan jarak) dari Cháogē 朝歌. Para budak tidak ingin berperang untuk raja Shāng Zhòuwáng 商纣王/商紂王 yang jahat dan lalim, sehingga pada saat-saat kritis, pasukan Shāng 商 tiba-tiba memutar arah, menyerang pasukan sendiri. Ternyata pasukan yang membelot adalah budak-budak dan prajurit tahanan yang sudah lama membenci Shāng Zhòuwáng 商纣王/商紂王. Pasukan Shāng 商 menjadi kacau dan dengan mudah dihancurkan. Setelah Pertempuran Mùyě 牧野, Shāng Zhòuwáng 商纣王/商紂王 yang sadar akan kekalahannya, tidak ingin pasukan Zhōu 周 merebut dan memiliki istana dan hartanya, ia memerintahkan bawahannya untuk mengumpulkan semua harta istana, dan membungkus diri dengan kain, berbaring diatas semua barang berharga tersebut, dengan api, membakar dan menghabisi hidupnya yang penuh dosa. Zhōu Wǔwáng 周武王 atas dukungan dari berbagai suku bangsa dan negara kecil, mendirikan Dinasti Zhōu 周, dinasti masyarakat budak ketiga di Cina. Setelah Dinasti Shāng 商 roboh, sisa keluarga penguasa Dinasti Shāng 商 yang selamat secara bersama menganti marga mereka dari Zǐ 子 menjadi nama dinasti mereka yang telah jatuh, Yīn 殷. Keluarga kerajaan yang selamat kemudian menjadi aristokrat dan sering membantu keperluan administrasi untuk pemerintah Dinasti Zhōu 周. Zhōu Chéngwáng 周成王 melalui mangkubuminya, yang merupakan pamannya sendiri, Zhōu Gōngdàn 周公旦,

menganugerahkan kepada saudara Shāng Zhòuwáng 商纣王/商紂王, Wéizǐ 微子 daerah bekas ibukota lama Dinasti Shāng商dan sekitarnya menjadi negara Sòng 宋. Negara Sòng 宋 dan keturunan Dinasti Shāng 商 masih meneruskan ritual kepada raja-raja Dinasti Shāng 商 yang meninggal dan bertahan sampai tahun 286sm. Antara legenda Korea and Cina menyatakan bahwa salah seorang pangeran Dinasti Shāng 商 yang tidak puas, bernama Jīzǐ 箕子 (Kija), menolak menyerahkan kekuasaannya kepada Dinasti Zhōu 周, memilih meninggalkan Cina dengan sisa tentaranya dan mendirikan Gija Joseon dekat Pyongyang sekarang yang menjadi salah satu dari awal negara Korea (Go-, Gija-, dan Wiman-Joseon). Meskipun demikian Jīzǐ 箕子jarang sekali disebut dalam sejarah, dan ada yang menganggap cerita kepergiannya ke Joseon hanyalah mistik.

Wilayah Kekuasaan
Daerah kekuasaan Dinasti Shāng 商; timur mencapai lautan, barat mencapai bagian barat propinsi Shǎnxī 陕西/陝西, timur laut mencapai propinsi Liáoníng 辽宁/遼寧, selatan hingga sekitar Jiāngnán江南 (tidak termasuk Propinsi Sìchuān 四川、Yúnnán 云南/雲南、Guìzhōu 贵州/貴州 dan daerah sekitar barat daya), dan merupakan salah satu kerajaan terbesar di dunia pada waktu itu, tetapi daerah pemerintahan utama masih di sekitar Zhōngyuán 中原. Mendirikan ibukota di Bò 亳 (sekarang Kabupaten Cáoxiàn 曹县/曹縣 Propinsi Shāndōng 山东/山東), dan beberapa kali pindah ibukota, terakhir Pángēng 盘庚/盤庚 memindahkan ibukota ke Yīn 殷 (sekarang Desa Xiǎotúncūn 小屯村, Ānyáng 安阳/安陽 Propinsi Hénán 河南), dan oleh karena itu, maka Dinasti Shāng 商 sering juga disebut sebagai Dinasti Yīn 殷.

Pemerintahan
Dinasti Shāng 商 menetapkan beberapa struktur kenegaraan yang lebih sempurna. Pemerintah pusat membentuk dua departemen penting yaitu departemen sekretariat urusan negara dan departemen tata hukum negara. Daerah-daerah diserahkan kepada para bangsawan, guna memperkuat pemeritahan didaerah, dan masih banyak pejabat dan pengawal istana. Sedangkan kekuasaan militer dan peralatan perang tetap ditangan keluarga kerajaan langsung, para negarawan juga menetapkan Xíngfá 刑罚/刑罰 (hukuman) dan Jiānyù 监狱/監獄 (penjara) yang sangat kejam. Selain itu, juga menggunakan kepercayaan agama untuk memperkokoh kekuasaan pemerintah, raja Dinasti Shāng 商 bahkan menyebut diri sendiri sebagai wakil dari Tuhan didunia ini, mengabungkan kekuasaan ketuhanan dan kekuasaan kerajaan.

Kondisi Ekonomi
Pertanian Dinasti Shāng 商 sudah lebih maju, sudah bisa menggunakan berbagai jenis tanaman untuk diciptakan menjadi arak, sudah sanggup menciptakan peralatan perunggu yang lebih rapi dan bagus serta sudah bisa membuat keramik putih atau porselin. Oleh karena sangat berkembangnya pertukaran barang, sehingga telah muncul kota pada awal peradaban

Pertempuran Muye . juga terdapat catatan tertulis tentang ilmu matematika dan medis. juga berhasil memelihara ternak gajah. Oleh karena perdagangan Dinasti Shāng 商 sangat maju. selain itu. dan merupakan kerajaan yang sangat makmur pada waktu itu. Dari hasil penemuan tulang ramalan (Jiǎgúwén 甲骨文) membuktikan perkembangan tulisan pada masa Dinasti Shāng 商 sudah mengalami suatu masa perkembangan yang cukup lama. muncul banyak alat musik dan seni tari. adalah berasal dari sebutan orang-orang di negara sekitarnya terhadap orang dari Dinasti Shāng 商. perdagangan juga sangat pesat. mulai dikembangkan kemampuan kerajinan besi.manusia. seperti Diāosù 雕塑 yang merupakan salah satu seni paling terkenal pada masyarakat perbudakan Dinasti Shāng 商. tanah pertanian lebih tertata dan teratur. cari 周 Zhou Kerajaan ← 1045 SM–256 SM → Wilayah pengaruh Zhou Barat (1050 SM–771 SM) Ibu kota Bahasa Agama Pemerintahan Sejarah . Pertanian adalah bagian paling penting dalam bidang ekonomi. Konfusianisme Feudalisme 1045 SM 256 SM . serta perkembangan seni musik juga sudah sangat tinggi. peternakan sangat makmur. hubungan dagang dengan negara disekitarnya juga sangat banyak. selain enam jenis ternak utama. Kebudayaan dan ilmu pengetahuan Pada zaman Dinasti Shāng 商. banyak penemuan baru dari ilmu perbintangan. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi. Shāngrén 商人 (pedagang). kerajinan keramik dan porselin. Luoyang Han Kuno Kepercayaan tradisional Cina. jenis pertanian juga lebih banyak. Astrologi dan tata hukum lebih maju dari zaman Dinasti Xià夏.Dibubarkan Haojing. sebutan pedagang dalam bahasa Cina. Dinasti Zhou Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Usaha pertenunan juga mengalami perkembangan . seperti ditemukannya planet Mars dan planet Venus.

dan penggunaan besi mulai diperkenalkan di Cina mulai zaman ini.2 Bangsawan keluarga Ji o 1. Shangdi. ekspansi Zhou pada awalnya adalah melalui penaklukan. berada di atas nenek moyang Shang.000.Perkiraan 273 SM .Populasi . Tian-Huang-Shangdi. Bangsawan keluarga Ji Dinasti Zhou didirikan oleh keluarga Ji (姬) beribukota di Hao (鎬. Secara berangsur-angsur Zhou memperluas budaya Shang sampai ke wilayah utara Sungai Panjang.3 Pembagian Dinasti Zhou Barat dan Zhou Timur o 1. dan pada waktu yang sama mendukung hak kekuasaan para penguasa sekarang dan masa depan. Daftar isi     1 Sejarah o 1. sekarang di sekitar Xi'an). Doktrin ini menjelaskan dan membenarkan kekalahan Dinasti Xia dan Shang. meneruskan corak budaya dan bahasa dari dinasti sebelumnya.4 Kemunduran o 1. .5 Pertanian 2 Daftar Raja Dinasti Zhou 3 Catatan bawah 4 Referensi Sejarah Mandat langit Sesuai tradisi feodal Cina.1 Mandat langit o 1. dimana para penguasa memerintah atas mandat dari langit.000 ±38. Bila mandat dari langit dicabut.000.Perkiraan 230 SM Mata uang ±30. Perintah langit ditetapkan oleh asumsi nenek moyang Zhou.221 SM) adalah dinasti terakhir sebelum Cina resmi disatukan di bawah Dinasti Qin.000 Koin tembaga Dinasti Zhou (Hanzi: 周朝. para penguasa Zhou mengantikan Dinasti Shang (Yin) dan mengesahkan aturan yang menetapkan mereka sebagai mandat langit. hanyu pinyin: Zhou Chao) (1066 SM . rakyat berhak menggulingkan penguasa tadi. Dinasti Zhou adalah dinasti yang bertahan paling lama dibandingkan dengan dinasti lainnya dalam sejarah Cina.

dengan hasil gandum dari pertengahan bujur sangkar diambil oleh pemerintah dan sisanya disimpan oleh petani. Kemudian. Sebagai contoh. setelah Raja You (周幽王) menggantikan ratunya dengan Selir Baosi. Pada tahun 771 SM. raja-raja Zhou yang kemudian berkuasa tidak memiliki kekuasaan yang nyata karena kekuasaan sebenarnya ada di tangan para bangsawan yang kuat. Pertanian Pertanian di Dinasti Zhou sangat intensif dan dalam banyak kesempatan diarahkan langsung oleh pemerintah. yang kemudian memberikan tanah mereka kepada budak mereka. Beberapa sektor manufactur penting selama periode ini termasuk kerajinan perunggu. serta Dinasti Zhou Timur (東周) dari tahun 770 SM sampai dengan tahun 221 SM. Mendekati penghujung Dinasti Zhou. Sima Qian di dalam karya tulisnya Catatan Sejarah Agung. Semua tanah pertanian dimiliki oleh para bangsawan. sejarawan Cina menetapkan tahun 841 SM sebagai tahun awal mula dari tahun pemerintahan Dinasti Zhou dalam sejarah Cina. Lü. Dinasti Zhou pecah menjadi beberapa negara kecil-kecil yang bertempur satu sama lainnya. Dan berdasarkan sejarahwan Cina terkenal. di mana kemudian diakhiri dengan penyatuan Cina di bawah Dinasti Qin. para bangsawan tidak meletakkan lagi eksistensi keluarga Ji sebagai simbol pemersatu kerajaan dan masing-masing mengangkat diri mereka sendiri sebagai raja. Pembagian Dinasti Zhou Barat dan Zhou Timur Oleh karena pemindahan ibukota ini. suatu lahan dibagi menjadi sembilan bujur sangkar dalam ukuran jing (巾). yang di integralkan dalam pembuatan senjata dan perkakas pertanian. antara – tahun 1122 SM. Setelah Raja Ping (周平王). ibukota diserang oleh kekuatan gabungan dari ayah ratu. Tahun permulaan Zhou Barat tetap masih dalam perdebatan. tepatnya ke Luoyang di propinsi Henan sekarang.Pada awalnya keluarga Ji mengendalikan negara Zhou secara terpusat. tahun 1027 SM atau tahun lain dalam ratusan tahun dari akhir abad ke-12 SM. Pada umumnya. pemerintah Zhou makin lemah dalam menjalankan pemerintahan. Dengan cara ini. Qin dan pangeran Shen. industri ini dikuasai oleh bangsawan yang mengarahkan material produksi. pemerintah bisa menyimpan surplus makanan dan mendistribusikan kembali pada waktu kelaparan atau panen tidak baik. Sekali lagi. Daftar Raja Dinasti Zhou . para sejarahwan kemudian membagi Dinasti Zhou menjadi Dinasti Zhou Barat (西周) dari akhir abad ke-10 SM sampai dengan tahun 771 SM. Zaman ini kemudian terkenal sebagai Zaman Negara-negara Berperang. Kemunduran Setelah perpecahan di pusat kekuasaan. Ji Yijiu (姬宜臼) dinaikkan menduduki tahta sebagai raja baru oleh para bangsawan dari negara Zheng. Zhou Timur dibagi lagi dalam dua zaman yaitu Zaman Musim Semi dan Gugur dan Zaman Negara-negara Berperang. pangeran Shen yang bersekutu dengan suku-suku asing. Ibukota negara kemudian terpaksa dipindahkan ke sebelah timur di tahun 722 SM. putra sang ratu.

Dinasti Qin Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Legalisme Monarki Shi Huangdi Qin Er Shi Li Si 221 SM .Penyatuan Xianyang Han Kuno Kepercayaan tradisional Cina. Di bawah adalah tabel daftar raja-raja penguasa Dinasti Zhou Barat dan Timur. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi. cari 秦 Qin Kekaisaran ← → 221 SM–206 SM ← → Kekaisaran Qin sekitar tahun 210 SM Ibu kota Bahasa Agama Pemerintahan Kaisar .210 SM–207 SM Menteri .Penguasa Dinasti Zhou masih bergelar raja (王). dikarenakan gelar kaisar (皇帝) baru diperkenalkan pada zaman Dinasti Qin.221 SM–203 SM Sejarah .221 SM–210 SM .

000 Koin tembaga Bagian dari seri Sejarah Cina Tiga Maharaja dan Lima Kaisar Dinasti Xia Dinasti Shang Dinasti Zhou Periode Musim Semi dan Musim Gugur Periode Negara Perang Dinasti Qin Dinasti Han Barat Dinasti Xin Dinasti Han Timur Tiga Negara/Kerajaan Dinasti Jin Enam Belas Negara Dinasti Selatan dan Utara Dinasti Sui Dinasti Tang Lima Dinasti dan Sepuluh Negara Dinasti Liao Dinasti Song Xia Barat Kekaisaran Jin .daratan Cina .Perkiraan 210 SM Mata uang 210 SM 206 SM ±40.Mangkatnya Qin Shi Huang .Ditaklukkan Liu Bang Populasi .000.

4 Menyatukan unit satuan o 1.3 Memusatkan kekuasaan o 1.2 Budaya 5 Hubungan Luar Negeri 6 Tokoh-tokoh terkenal Kronologi sejarah Penghujung Dinasti Zhou . dan menyebabkan kematian keduanya dan kematian dari kaisar kedua Dinasti Qin. Keduanya bertengkar. Pemberontakan muncul. Daftar isi       1 Kronologi sejarah o 1.5 Membangun Istana E Fang o 1. puteranya digantikan oleh dua penasihat kerajaan sebelumnya. dinasti ini telah membawa pengaruh besar untuk dinasti-dinasti berikutnya. dinasti ini tidak bertahan lama.6 Runtuhnya Dinasti Qin 2 Wilayah 3 Militer 4 Sosial Budaya dan Agama o 4. yang akhirnya mendirikan Dinasti Han. dan kepemimpinan yang lemah ini dilimpahkan kepada Letnan Chu.Dinasti Yuan Dinasti Ming Dinasti Qing Republik Cina (Taiwan) Republik Rakyat Cina sunting Dinasti Qin (Hanzi: 秦朝.2 Penyatuan daratan Cina o 1. Dinasti Qin terkenal sebagai dinasti yang pendek umurnya. dan nama China dari Eropa diyakini diambil dari dinasti ini. hanyu pinyin: Qin Chao) (221 SM . Meski terjadi keahkiran yang cepat. Dinasti ini juga adalah dinasti pertama yang mempersatukan suku bangsa beragam di Cina ke dalam entitas tunggal nasional Cina. Karena lemahnya kemiliteran. yang mengatur semua masalah administrasi di wilayah dinasti. namun meletakkan dasar-dasar kekaisaran yang kemudian akan diteruskan selama 2000 tahun oleh dinasti-dinasti setelahnya.206 SM) adalah satu dari tiga dinasti yang paling berpengaruh di Cina sepanjang sejarahnya.1 Sosial o 4.1 Penghujung Dinasti Zhou o 1. Setelah kematian kaisar yang pertama di 210 SM.

Raja Yingzheng (yang kemudian dikenal sebagai Qín Shǐ Huáng atau Qin Shihuang) dari Qin melakukan agresi militer terhadap kerajaan lainnya di Dinasti Zhou dan mempersatukan Cina di bawah satu pemerintahan terpusat. Bo Yi diceritakan pernah berjasa membantu Yu untuk meredakan banjir. Dari sinilah kerajaan Qin bermula. Ia kemudian menetapkan beberapa kebijakan pemerintahan yang memusatkan kekuasaan lebih lanjut di tangan kaisar. sedangkan 2 wakil perdana menteri masing-masing bertugas sebagai pelaksana militer dan pemeriksa (kontrol pemerintahan). Kaisar mempunyai kekuasaan absolut. Tahun 770 SM. yang bermakna Kaisar Pertama. Untuk itu. Ia kemudian digelari sebagai Shi Huangdi. Penyatuan daratan Cina Artikel utama Penaklukan enam negara oleh Negara Qin        230 SM: Penaklukan kerajaan Han 228 SM: Menyerang kerajaan Zhao 227 SM: Menyerang kerajaan Yan 225 SM: Penaklukan kerajaan Wei 224 SM: Penaklukan kerajaan Chu 222 SM: Penaklukan kerajaan Zhao dan Yan 221 SM: Penaklukan kerajaan Qi. Masa ini disebut sebagai Zaman Negara-negara Berperang karena puluhan negara besar-kecil saling bermusuhan dan kerap berperang untuk merebut wilayah dan pengaruh kekuasaan. Menteri utama terdiri dari perdana menteri dan 2 wakil perdana menteri. Berjasa untuk memelihara kuda kerajaan. Perdana menteri menjalankan pemerintahan. Kaisar Shun kemudian menganugrahkan marga Ying kepada Bo Yi. Ia merasa ia lebih berjasa daripada Tiga Penguasa (三皇) dan Lima Kaisar (五帝) dari Cina kuno. Pemerintahan pusat dijalankan oleh 3 menteri utama dan 9 menteri biasa. para menteri mempunyai hak untuk memberikan pandangan dan nasihat dalam penetapan kebijakan pemerintahan namun tidak punya hak untuk memutuskan kebijakan. Tahun 221 SM. Menyatukan unit satuan . Leluhur marga Ying.Dinasti Qin berawal dari kerajaan Qin yang dikuasai bangsawan bermarga Ying pada masa Dinasti Zhou. mempersatukan Cina Memusatkan kekuasaan Ying Zheng setelah mempersatukan Cina kemudian menciptakan gelar Huangdi yang merupakan gabungan dari Huang (皇) dan Di (帝). Raja Xiao lalu memberikan wilayah di Lembah Qin (sekarang di sekitar Tianshui. Gansu) untuk keturunan Bo Yi tadi. Xiang dari Qin berjasa di dalam mengawal Raja Ping dari Dinasti Zhou dan mendapat gelar bangsawan. Kerajaan Qin terbentuk dan kemudian menguasai wilayah Dinasti Zhou di sekitar Shaanxi. Salah satu keturunan Bo Yi kemudian mengabdi kepada Raja Xiao dari Dinasti Zhou. Huangdi sendiri secara harfiah berarti penguasa dan kaisar tak tertandingi.

Fu Su. aksara diseragamkan. Qin Shihuang juga memerintahkan perbaikan dan pembangunan tembok besar yang sebelumnya telah dibangun pada masa Dinasti Zhou untuk menahan serangan dari bangsa Xiongnu di utara. Qin Shihuang membangun Istana E Fang di Gunung Li yang pada saat merupakan istana terbesar dan termegah dalam sejarah Cina. Runtuhnya Dinasti Qin Sepeninggal Qin Shihuang. Zhao Gao berkomplot bersama Hu Hai dan Li Si memalsukan surat wasiat Qin Shihuang untuk mewariskan tahta kepada Hu Hai serta memerintahkan eksekusi mati atas anak sulungnya. Pemberontakan besar-besaran kemudian dipimpin oleh Xiang Yu dan Liu Bang. Du Mu dari Dinasti Tang mengisahkan bahwa istana ini kemudian dibumi-hanguskan oleh Xiang Yu setelah berhasil menggulingkan Dinasti Qin.Di masa ini juga. Namun sebenarnya dalam sejarah resmi. tidak ada catatan mengenai terbakarnya istana ini. Bulan Juli 209 SM. peperangan pecah antara Liu Bang dan Xiang Yu yang kemudian dimenangkan oleh Liu Bang dan mendirikan Dinasti Han yang akan berkuasa selama 400 tahun. Hu Hai sendiri adalah seorang kaisar yang lalim dan tidak cakap. Wilayah . demi menonjolkan wibawa dan kekuasaannya. Bahkan jarak antara sumbu roda kereta kuda disamakan untuk memudahkan pembangunan jalan antar prefektur. Membangun Istana E Fang Setelah mempersatukan Cina. panjang. Ini menyebabkan ia tak dapat menahan pemberontakan di daerah-daerah. berbagai aspek kehidupan seperti satuan berat. unit mata uang. Setelah Dinasti Qin runtuh. 2 pejabat kekaisaran. Hu Hai lalu naik tahta dengan gelar Kaisar Qin Kedua. Chen Sheng dan Wu Guang memberontak.

dia dibunuh secara tidak langsung oleh Qin Shi Huang dengan dipaksa minum anggur . pemerintah Qin melakukan transmigrasi besar-besaran dari daerah padat ke daerah-daerah tidak berpenghuni yang baru ditaklukkan. Di zaman ini. Di penghujung Dinasti Qin. bahwa Kaisar Qin adalah anak dari Lu Buwei. Dinasti Qin menerapkan pembagian wilayah daerah terpusat. Setelah mempersatukan Cina. Anak yang telah dewasa diharuskan membentuk rumah tangga baru yang terpisah. Selain transmigrasi oleh negara. wilayah selatan Cina untuk pertama kalinya dimasukkan sebagai wilayah Cina. Lu Buwei (吕不韦).Pada akhirnya. Militer Sosial Budaya dan Agama Sosial Dinasti Qin menciptakan kebijakan pencatatan rumah tangga untuk pertama kalinya di Cina. Ini dilakukan untuk mendukung pembangunan di wilayah-wilayah yang masih belum tersentuh oleh pembangunan. Ada kontroversi mengenai garis keturunan dari Kaisar Qin. perdana menteri Qin dan wali Qin Shihuang ketika ia naik tahta dalam usia muda. seseorang tidak diperbolehkan berpindah-pindah sesuka hati mereka tanpa izin pemerintah.Peta pengaruh Dinasti Qin Dinasti Qin mewarisi wilayah Dinasti Zhou sebelumnya ditambah dengan ekspansi wilayah ke wilayah selatan sampai ke tepi Laut Cina Selatan. Orang yang berjasa dalam mendidik Qin Shihuang menjadi seorang kaisar yang bertangan besi. pemain opera di kota Handan (wilayah kerajaan Zhao) yang sudah hamil. Zhao Ji. Dalam satu rumah tangga tidak diperbolehkan adanya 2 pria yang mempunyai kemampuan bekerja. yang berbeda dari Dinasti Zhou yang menerapkan sistem feodalisme. Dinasti Qin membagi wilayahnya ke dalam 36 daerah administrasi (prefektur) yang kemudian dibagi-bagi lagi menjadi daerah yang lebih kecil. Qin Shihuang lalu melakukan beberapa reformasi seperti penyatuan aksara menggunakan karakter Xiaozhuan (小篆) yang dikisahkan diciptakan oleh Li Si. sejarahwan umumnya beranggapan bahwa kebudayaan negara Qin masih terbelakang dibandingkan dengan negara-negara lainnya di pesisir. Budaya Di akhir Zaman Negara-negara Berperang. kepada Raja Qin (Ying Yiren/raja sebelum Qin Shi Huang). Di masa ini pula. pemerintah daerah bertambah sampai 46 prefektur. Hubungan Luar Negeri Tokoh-tokoh terkenal 1. dimana Lu Buwei menyerahkan istrinya.

Sebenarnya. itulah alasan mengapa Fu Su. Orangnya cerdas. berhasil menggagalkan penyerangan negeri Qin.(Kaisar Qin takut Lu Bu Wei direkrut oleh 6 negara lainnya. jenderal besar dari negeri Zhao. 6. yang seharusnya menjadi penerus Qin Shi Huang. Qin Shi Huang sendiri menganggap Fu Su hatinya terlalu lunak dan lemah. dan Li si menjawab. padahal Bu Wei sendiri sudah memutuskan pensiun. "tidak akan ada lagi Dinasti Qin". 2. termasuk perselingkuhannya dengan ibu suri. dia ditunjuk sebagai perdana menteri. pemain opera di Handan yang dekat dengan ibu suri Zhao (ibu Ying Zheng). putra mahkota kekaisaran Qin.Dia bertanya. sementara Fu Su dihukum mati). murid dari Xun Zi. Ada suatu peristiwa dimana dia bekerja sama dengan pejabat tertentu untuk membuat surat permohonan pembagian kekuasaan kepada kaisar Qin. 5. sementara Zhao Gao takut ingin Huhai naik tahta sehingga dengan demikian statusnya ikut terangkat. akhirnya dia mati bunuh diri. dengan alasan diperbantukan ke ibu suri. Zhao Gao (赵高). Meng Tian (蒙恬). kasim dari Kaisar Qin. Li Si takut dipenggal karena Fu Su tidak menyukai Li Si.namun agak pengecut. namun karena takut dia membuat satu surat lagi yang isinya bertentangan dengan surat pertama. mereka mengatur sedemikian rupa sehingga Huhai. termasuk peperangan di utara melawan Mongolia. Setelah negeri Zhao kalah. Fu Su (扶苏). lalu ia mengakui pada Ying Zheng mengenai segalanya tentang perselingkuhan dengan ibusuri dan rahasia mengenai Lu Buwei adalah ayah biologis Ying Zheng. Lao Ai (嫪毐). Dinasti Han Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Sayangnya. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa . sang putra mahkota membencinya. tapi ada suatu peristiwa dimana dia dan Li Si saling berbicara setelah menerima mandat palsu (Isinya Pangeran Kedua yang menjadi penerus tahta. Negara Qin mengirim mata-matanya ke Zhao untuk menghasut Raja Zhao sehingga menyingkirkan Li dari jabatan komandan tertinggi. Orangnya lumayan cerdas. namanya diabadikan menjadi nama suatu tempat. direkrut oleh Lu Buwei sebagai guru untuk Kaisar Qin/Ying Zheng. Setelah Lu Buwei tiada. Fu Su bermaksud menjadikannya perdana menteri jika naik takhta. jenderal kesayangan Qin Shi Huang. menjadi kaisar berikutnya. padahal mandat kaisar Qin sebelum mangkat bahwa Fu Su seharusnya menjadi penerus kekaisaran Qin. Lao Ai punya niat tersembunyi.beracun. Li Mu (李牧). bagaimana masa depan kekaisaran Qin ke depannya. Pemberontakannya gagal dan ia tertangkap. yang masih muda dan intelektualnya lebih rendah dari putra mahkota Fu Su. Dia melakukan pemberontakan pada saat Ying Zheng mengetahui skandal perselingkuhannya dengan ibusuri Zhao. 7. putra ke-26 Qin Shihuang. Sebenarnya dia bisa melakukan kudeta kekuasaan. yang kemudian dipromosikan oleh Lu Buwei menjadi menteri. Ia turut dipaksa bunuh diri bersama Fu Su. 4. tapi "penjilat". Dia dan Li Si melakukan suatu konspirasi besar mengenai penerus kaisar Qin. lebih mendukung kaisar Qin. 3. berjasa besar dalam penaklukan 6 kerajaan. Qin Shi Huang sendiri sangat terkesan dengan kegagahan Li Mu. Li Si (李斯). Li dibunuh tidak lama setelah dicabut dari jabatannya oleh orang-orang suruhan Raja Zhao.

196) Xuchang (196–220) Bahasa Agama Pemerintahan Kaisar .189–192 . Mulai berkuasa atas Cina . Konfusianisme.Pendirian .Pertempuran Gaixia.208–220 . Kepercayaan tradisional Cina Monarki Liu Bang Xiao He Cao Can Dong Zhuo Cao Cao Cao Pi 206 SM 202 SM 9–23 .220 Sejarah . cari 漢 Han Kekaisaran 206 SM–220 Wilayah Dinasti Han di tahun 87 SM (coklat) dengan pos militer (titik merah) dan protektorat (titik hijau) Chang'an (206 SM–9.206–193 SM -– . 190–195) Ibu kota Luoyang (25–190.Interupsi Dinasti Han Han Kuno Taoisme.202–195 SM Menteri .Langsung ke: navigasi.

.Digantikan oleh 220 Cao Wei Koin tembaga Mata uang Bagian dari seri Sejarah Cina Tiga Maharaja dan Lima Kaisar Dinasti Xia Dinasti Shang Dinasti Zhou Periode Musim Semi dan Musim Gugur Periode Negara Perang Dinasti Qin Dinasti Han Barat Dinasti Xin Dinasti Han Timur Tiga Negara/Kerajaan Dinasti Jin Enam Belas Negara Dinasti Selatan dan Utara Dinasti Sui Dinasti Tang Lima Dinasti dan Sepuluh Negara Dinasti Liao Dinasti Song Xia Barat Kekaisaran Jin Dinasti Yuan Dinasti Ming Dinasti Qing Republik Cina (Taiwan) Republik Rakyat Cina .

Dinasti ini adalah yang meletakkan dasar-dasar nasionalitas Cina mewarisi penyatuan Cina dari dinasti sebelumnya.220) adalah satu dari tiga dinasti yang paling berpengaruh di Cina sepanjang sejarahnya. Pada saat yang sama. hanyu pinyin: Han Chao) (206 SM . Dinasti Qin.220). Wilayah .[1] Daftar isi         1 Kronologi Kaisar 2 Wilayah 3 Struktur Pemerintahan 4 Sosial Budaya dan Agama 5 Hubungan Luar Negeri 6 Tokoh-tokoh Terkenal 7 Lihat pula 8 Referensi Kronologi Kaisar Ada 13 kaisar yang memimpin Dinasti Han Barat (206 SM . jumlah penduduk Dinasti Han diperkirakan mencapai 70 juta jiwa.sunting Peta pengaruh Dinasti Han Dinasti Han (Hanzi: 漢朝. dan karena pengaruhnya yang besar.8) dan 13 kaisar memimpin Dinasti Han Timur (23 . Pada tahun 1 SM. Xiang Yu. seorang petani yang memenangkan perang saudara dengan saingannya. Dinasti Han sendiri didirikan oleh Liu Bang. etnis-etnis mayoritas di Cina sekarang ini menyebut mereka orang Han (biarpun mungkin nenek moyang mereka bukan dari etnis Han). merupakan 28 persen populasi dunia. Dinasti Han merupakan salah satu dinasti terkuat di Cina. populasi di anak benua India sekitar 46 juta. Antara tahun 8 sampai dengan tahun 23 ada sebuah Dinasti Xin yang menjadi batas daripada Dinasti Han Barat dan Timur. Eropa 35 juta dan Afrika Utara 14 juta.

Pemberontakan itu berhasil dikarenakan dibantu juga oleh keluarga kerajaan. kemudian Liu Bang menggabungkan negeri-negeri lain di Cina dan mendirikan dinasti Han.Setelah mengalahkan negeri Chu. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi. Vietnam. Liu Bang (kaisar Gao) membagi negara menjadi beberapa negara bagian feodal dengan maksud untuk memuaskan para pemimpin negeri yang bergabung dengannya saat perang Chu-Han. ajaran Konfusius dan Taoisme berkembang pesat. cari 晉 Jin Kekaisaran ← → 265–420 ← → . Sosial Budaya dan Agama Pada masa dinasti Han. Karena di masa pemerintahan Wang Mang dianggap tidak berhasil. Hubungan Luar Negeri Dinasti Han melakukan perdagangan dan meluaskan budayanya ke negara Korea. dan mendirikan kembali dinasti Han (atau yang dikenal dengan Han Timur) Wang Mang = pemberontak yang pada akhirnya berhasil menggulingkan pemerintahan dinasti Han Barat. Dinasti Jin (265-420) Dari Wikipedia bahasa Indonesia. muncullah Pemberontakan Alis Merah. yang mana di masa pemerintahannya itu. Wang Mang membuat Dinasti Xin. ia membuat kebijakan yang memberatkan keluarga kerajaan dan rakyatnya. karena menganggap keluarga kerajaan Liu sudah tidak mempunyai kuasa mandat langit lagi. Struktur Pemerintahan Pada awalnya. dan Asia Tengah. walaupun dia berencana akan menyingkirkan mereka setelah Liu Bang menggabungkan dan mengkonsolidir pasukannya menjadi kekuatan penuh. Tokoh-tokoh Terkenal    Liu Bang = pendiri dinasti Han dan kaisar pertama dinasti Han Barat Liu Xiu = seorang anggota kerajaan Liu yang berhasil menggulingkan dinasti Xin. Mongolia. Sehingga.

Kepercayaan tradisional Cina Monarki 265 280 317 420 ±22.000 Koin tembaga Bagian dari seri Sejarah Cina Tiga Maharaja dan Lima Kaisar .Pendirian .Perkiraan 290 Mata uang Luoyang (265–311) Chang'an (312–316) Jiankang (317–420) Han Kuno Buddhisme. Konfusianisme.Penyatuan kembali daratan Cina oleh Jin .620.Wilayah berwarna kuning menunjukkan wilayah Jin pada tahun 280 Ibu kota Bahasa Agama Pemerintahan Sejarah . Taoisme.Abdikasi kepada Liu Song Populasi .Jin mengungsi ke selatan Sungai Huai .

hanyu pinyin : Jin Chao) (265 .Dinasti Xia Dinasti Shang Dinasti Zhou Periode Musim Semi dan Musim Gugur Periode Negara Perang Dinasti Qin Dinasti Han Barat Dinasti Xin Dinasti Han Timur Tiga Negara/Kerajaan Dinasti Jin Enam Belas Negara Dinasti Selatan dan Utara Dinasti Sui Dinasti Tang Lima Dinasti dan Sepuluh Negara Dinasti Liao Dinasti Song Xia Barat Kekaisaran Jin Dinasti Yuan Dinasti Ming Dinasti Qing Republik Cina (Taiwan) Republik Rakyat Cina sunting Dinasti Jin (Hanzi : 晉朝. Dinasti Jin bercikal bakal dari Negara Cao Wei yang kemudian dikudeta oleh keluarga Sima dari keluarga Cao.420) adalah dinasti yang mempersatukan Cina setelah terpecah menjadi tiga negara pada Zaman Tiga Negara pasca Dinasti Han. Daftar isi   1 Kronologi Sejarah 2 Militer .

korupsi. Pemberontakan Wu Hu diikuti. pangeran berbagai kekaisaran berusaha merebut kekuasaan dalam Perang menghancurkan Delapan Pangeran. dan awal dari Jin Timur dan periode 16 Negara. Setelah munculnya kaisar Jin kedua. Henan). tetapi konflik internal. sementara utara dihuni oleh berbagai suku nomaden. berakhirlah dinasti Wei dan mulai dinasti Jin (sebagai Kaisar Wu). Pada 265. di mana sejumlah besar pengungsi melarikan diri ke selatan. cari Bagian dari seri Sejarah Cina Tiga Maharaja dan Lima Kaisar Dinasti Xia Dinasti Shang Dinasti Zhou Periode Musim Semi dan Musim Gugur Periode Negara Perang Dinasti Qin Dinasti Han Barat . Kaisar Hui. Dinasti Sui Dari Wikipedia bahasa Indonesia.    3 Sosial Budaya dan Agama 4 Hubungan Luar Negeri 5 Tokoh-tokoh Terkenal 6 Lihat pula Kronologi Sejarah Keluarga Sima awalnya tunduk kepada dinasti Wei. dan kekacauan politik dinasti cepat melemah. Pada 280. Dia bernama dinasti setelah keadaan Jin dari Periode Musim Semi dan Gugur yang pernah menguasai daerah rumah keluarga Sima's Wen di Henei (sekarang Daerah Wen. tetapi pengaruh marga dan kekuasaan tumbuh sangat besar setelah insiden di kuburan Gaoping pada 249. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi. Jin Wu menaklukkan Timur dan China yang bersatu. Sima Yan memaksa kaisar Cao Huan Wei untuk turun takhta kepadanya. Hal ini menandai berakhirnya Dinasti Jin Barat di tahun 316 ketika dewan Jin diungsikan ke wilayah selatan Sungai Huai. dan unifikasi hanya berlangsung sepuluh tahun.

Dinasti ini mempersatukan Cina yang terpecah belah pada Zaman Enam Belas Negara sebelumnya. Dinasti Tang Dari Wikipedia bahasa Indonesia.Dinasti Xin Dinasti Han Timur Tiga Negara/Kerajaan Dinasti Jin Enam Belas Negara Dinasti Selatan dan Utara Dinasti Sui Dinasti Tang Lima Dinasti dan Sepuluh Negara Dinasti Liao Dinasti Song Xia Barat Kekaisaran Jin Dinasti Yuan Dinasti Ming Dinasti Qing Republik Cina (Taiwan) Republik Rakyat Cina sunting Dinasti Sui (Hanzi: 隋朝. ensiklopedia bebas Langsung ke: navigasi. cari 唐 Tang Kekaisaran . Li Yuan. Dinasti ini cukup pendek karena hanya 2 kaisar yang benarbenar memerintah. Terusan besar dibangun pada masa dinasti ini. merebut kekuasaan dan mendirikan dinasti Tang. Kaisar-kaisar berikutnya hanyalah kaisar boneka yang dipasang oleh para jenderal dan penguasa militer sebelum akhirnya mereka sendiri mendirikan dinastinya sendiri. hanyu pinyin: Sui Chao) (581 .618) adalah sebuah dinasti yang menjadi peletak dasar bagi kejayaan Dinasti Tang sesudahnya. kaisar dinasti Sui yang kedua. sepupu Yang Guang.

Konfusianisme.3 Maret 705) ketika Kaisar wanita Wu Zetian merebut takhta kekuasaan.Zhu Quanzhong mengambilalih kekuasaan.Didirikan kembali . Tao.← 618–907 → Cina di bawah Dinasti Tang tahun 700 Chang'an Ibu kota (618–904) Luoyang (904–907) Bahasa Agama Pemerintahan Sejarah . Kepercayaan tradisional Cina Monarki 18 Juni 618 16 Oktober 690 3 Maret 705 4 Juni 907 Koin Cina dan Uang kertas Cina Dinasti Tang digantikan oleh Dinasti Zhou kedua (16 Oktober 690 . akhir pemerintahan Tang Mata uang Bahasa Cina Pertengahan Buddha.Li Yuan merebut takhta Dinasti Sui .Dibubarkan oleh Wu Zetian . .

Bagian dari seri Sejarah Cina Tiga Maharaja dan Lima Kaisar Dinasti Xia Dinasti Shang Dinasti Zhou Periode Musim Semi dan Musim Gugur Periode Negara Perang Dinasti Qin Dinasti Han Barat Dinasti Xin Dinasti Han Timur Tiga Negara/Kerajaan Dinasti Jin Enam Belas Negara Dinasti Selatan dan Utara Dinasti Sui Dinasti Tang Lima Dinasti dan Sepuluh Negara Dinasti Liao Dinasti Song Xia Barat Kekaisaran Jin Dinasti Yuan Dinasti Ming Dinasti Qing Republik Cina (Taiwan) Republik Rakyat Cina sunting .

didirikan oleh keluarga Li. Nama Tang sendiri berasal dari nama kuno daerah Jin (晉) yang sekarang menunjuk kepada provinsi Shanxi. . ada masa 15 tahun di mana Kaisar Wu Zetian memaklumatkan Dinasti Zhou kedua.Peta wilayah pengaruh Dinasti Tang Dinasti Tang (Hanzi: 唐朝.1 Berdirinya Dinasti Tang o 1. hanyu pinyin: Tang Chao) (618 .2 Pemerintahan Zhenguan 2 Pranala Luar 3 Referensi 4 Lihat pula Sejarah Berdirinya Dinasti Tang Artikel utama untuk bagian ini adalah: Masa Transisi Sui-Tang Penghujung Dinasti Sui. Li Yuan (李淵) mendirikan dinasti ini pada tahun 618 dan menetapkan Chang'an sebagai ibukota dinasti ini. Daftar isi     1 Sejarah o 1. Kaisar Wu Zetian merupakan kaisar wanita satu-satunya di dalam sejarah kekaisaran Cina. Dinasti Tang menggantikan Dinasti Sui yang berumur pendek. Di tengah masa kejayaan dinasti ini.907) adalah satu dari tiga dinasti yang paling berpengaruh di Cina sepanjang sejarahnya. Kaisar Yang yang lalim dan usaha agresi ke Koguryo gagal untuk ketiga kalinya menyebabkan pemberontakan berkobar di seluruh negeri.

Li Yuan kemudian mendirikan Dinasti Tang dan mengangkat diri sebagai kaisar dengan gelar Kaisar Tang Gaozu.Tahun 617. Li Shimin dan putrinya. Ia kemudian mengangkat Yang You sebagai kaisar dengan gelar Kaisar Gong dari Sui dan mengangkat diri sebagai perdana menteri. Li Xuanba mati muda sedangkan Li Yuanji digelari sebagai Pangeran Qi. Dinasti Song Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Kaisar Yang terbunuh di Jiangdu pada bulan Maret 618. cari 宋 Song Kekaisaran ← 960–1279 → . Sesaat kemudian ia memaklumkan dirinya sebagai Pangeran Tang. Li Jiancheng. penguasa Taiyuan (sekarang Taiyuan. persaingan dan perseteruan antara Li Jiancheng dan Li Shimin mencuat ke permukaan. Pada tahun 626. Li Yuan memaksa Kaisar Gong turun tahta dan menyerahkan kekuasaan kepadanya. Li Xuanba dan Li Yuanji. Putri Pingyang untuk menaklukkan Cina utara yang waktu itu masih dikuasai oleh para pemimpin pemberontak dan suku-suku barbar. pecah insiden Gerbang Xuanwu yang dimana Li Jiancheng dan Li Yuanji dibunuh oleh Li Shimin. Pemerintahan Zhenguan Setelah Dinasti Tang berhasil menaklukkan para pemimpin pemberontak pasca runtuhnya Sui dan suku-suku barbar di utara Cina. Li Shimin. Li Yuan berhasil merebut ibukota Sui. Li Shimin diangkat sebagai Pangeran Qin. ensiklopedia bebas Langsung ke: navigasi. Shanxi). Setelah berdirinya Dinasti Tang. Kaisar Gaozu memerintahkan putranya Li Jiancheng. Daxing. 2 bulan kemudian. Li Jiancheng sebagai anak sulung ditunjuk sebagai putra mahkota. Ibukota Tang ditetapkan di Daxing. yang kemudian diganti namanya menjadi Chang'an. Kaisar Gaozu memiliki 4 putra dewasa. Saat iu. Li Yuan kemudian turun tahta dan bertindak sebagai Taishang Huang (mantan kaisar). Li Yuan melancarkan pemberontakan dan pada bulan November tahun itu pula.

Fan Zhongyan. Han Tuozhou.Pertempuran Yamen. berakhirnya Dinasti Song 960 1127 1276 1279 . Sima Guang.Song Utara pada tahun 1111 Bianjing (汴京) Ibu kota Bahasa (960–1127) Lin'an (臨安) (1127–1276) Agama Pemerintahan Kaisar .960–976 Menteri -– -– -– Mandarin Buddhisme.Zhao Kuangyin menggulingkan Dinasti Zhou Akhir .Insiden Jingkang . Kepercayaan tradisional Cina Monarki Kaisar Taizu Cai Jing. Taoisme. Li Fang. Sejarah .Penyerahan Lin'an . Qin Hui. Konfusianisme.

pinyin: Sòng Cháo. Möngke Khan. Cina kemudian disatukan kembali di bawah Dinasti Yuan (1271–1368). Pada masa periode ini. atau karakter lain selain dari karakter yang dimaksud. Koin tembaga Artikel ini memuat teks berbahasa Tionghoa. tentara Kubilai Khan berhasil menaklukkan dinasti Song pada tahun 1279. 960–1127). Koin Cina. dinasti Song mengembangkan teknologi militer yang menggunakan bubuk mesiu. Pertumbuhan ini didukung oleh perluasan kultivasi padi di Cina tengah dan selatan. Wade-Giles: Sung Ch'ao) adalah salah satu dinasti yang memerintah di Cina antara tahun 960 sampai dengan tahun 1279 sebelum Cina diinvasi oleh bangsa Mongol. Saudara lelakinya.000.[2] Setelah peperangan sporadis selama dua dasawarsa.[1][4] Sensus Dinasti Song Utara mencatat populasi sekitar 50 juta.[3] Populasi Cina meningkat dua kali lipat semasa abad ke-10 dan ke-11. Dinasti Song (bahasa Tionghoa: 宋朝. Dinasti Song dibagi ke dalam dua periode berbeda.Perkiraan 1041 Mata uang ±100. Dinasti ini merupakan pemerintahan pertama di dunia yang mencetak uang kertas dan merupakan dinasti Cina pertama yang mendirikan angkatan laut. Pada tahun 1234. Huizi. Song Utara dan Song Selatan. Tanpa dukungan multibahasa. Dinasti ini menggantikan periode Lima Dinasti dan Sepuluh Negara dan setelah kejatuhannya digantikan oleh Dinasti Yuan. Kubilai Khan dinyatakan sebagai Kaisar Cina.[5] Pertumbuhan populasi yang dramatis ini memacu revolusi ekonomi Cina pramodern. ekonomi Dinasti Song tidaklah jatuh karena 60 persen populasi Cina berada di daerah kekuasaan Song Selatan dan mayoritas daerah kekuasaannya merupakan tanah pertanian yang produktif. meninggal pada tahun 1259 dalam penyerangan ke sebuah kota di Chongqing.Populasi . dan surplus produksi bahan pangan. Dinasti Jin ditaklukkan oleh bangsa Mongol.[1] Dinasti Song Selatan meningkatkan kekuatan angkatan lautnya untuk mempertahankan daerah maritim dinasti Song. tanda kotak. diperkirakan bahwa Dinasti Song Utara berpopulasi sekitar 100 juta jiwa. 1127–1279) merujuk pada periode setelah dinasti Song kehilangan kontrol atas Cina Utara yang direbut oleh Dinasti Jin. Kublai Khan kemudian dinyatakan sebagai Khan yang baru. walaupun klaim ini hanya diakui oleh sebagian bangsa Mongol di bagian Barat. Khan keempat kekaisaran Mongol. Song Selatan (bahasa Tionghoa: 南宋. Untuk mendesak Jin dan bangsa Mongol. Dalam periode pemerintahan dinasti ini pula. Data ini diperoleh dari sumber catatan Dua Puluh Empat Sejarah (bahasa Tionghoa: 二十四史). Anda mungkin akan melihat tanda tanya. Semasa periode Song Utara (bahasa Tionghoa: 北宋. untuk pertama kalinya bubuk mesiu digunakan dalam peperangan dan kompas digunakan untuk menentukan arah utara. Namun. ibukota Song terletak di kota Bianjing (sekarang Kaifeng) dan dinasti ini mengontrol kebanyakan daerah Cina dalam (daerah suku Han bermayoritas).000 Jiaozi. Angka ini menyamai populasi Cina pada saat Dinasti Han dan Dinasti Tang. penggunaan bibit beras cepat panen dari Asia selatan dan tenggara. Populasi yang meningkat ini merupakan salah satu . pemerintahan Song mundur ke selatan Sungai Yangtze dan mendirikan ibukota di Lin'an (sekarang Hangzhou). Pada tahun 1271. Walaupun Dinasti Song telah kehilangan kontrol atas daerah asal kelahiran kebudayaan Cina yang berpusat di sekitar Sungai Kuning.

dan astronomi o 4. dan ilmu forensik o 2. dan perdagangan 4 Teknologi.5 Makanan dan pakaian 3 Ekonomi. matematika. institusi ini menjadi lebih menonjol pada periode Song.7 Teknik struktural dan arsitektur o 4.1 Ujian pegawai negeri sipil dan Shenshi (紳士) o 2. Walaupun institusi seperti ujian pegawai sipil telah ada sejak masa Dinasti Sui.1 Peperangan mesiu o 4. Hal inilah yang menjadi faktor utama bergesernya elit bangsawan menjadi elit birokrat. Populasi yang besar ini juga meningkatkan pentingnya peranan para bangsawan rendah dalam menjalankan administrasi pemerintahan tingkat bawah. sastra. dan teknik o 4.penyebab lepasnya secara perlahan peranan pemerintah pusat dalam mengatur ekonomi pasar.6 Teknik hidrolik dan nautika o 4. sains. Teknologi. Kehidupan sosial semasa Dinasti Song cukup vibran.2 Pengukuran jarak dan navigasi mekanis o 4.2 Hukum.3 Polymath.4 Matematika dan kartografi o 4. Elit-elit sosial saling berkumpul untuk memamerkan dan memperdagangkan karya-karya seni berharga. Daftar isi          1 Sejarah o 1. dan ilmu teknik pra-modern berkembang dengan pesat pada masa Dinasti Song. Penyebaran ilmu dan literatur didorong oleh penemuan teknik percetakan blok kayu yang telah ada dan penemuan percetakan bergerak pada abad ke-11. filsafat. dan di kota-kota terdapat daerah perempatan hiburan yang semarak.8 Arkeologi 5 Lihat pula 6 Catatan kaki 7 Referensi 8 Bacaan lanjut 9 Pranala luar Sejarah Informasi lebih lanjut: Daftar Kaisar Dinasti Song . masyarakat saling berkumpul dalam festival-festival publik dan klub-klub privat. industri. penemuan. dan filsafat o 2.4 Seni. sains.5 Percetakan tipe penggerak o 4.1 Song Utara o 1. keadilan.3 Militer dan metode peperangan o 2.2 Song Selatan 2 Masyarakat dan kebudayaan o 2.

Di Kaifeng. . ia mendirikan pemerintahan pusat yang kuat.Bagian dari seri Sejarah Cina Tiga Maharaja dan Lima Kaisar Dinasti Xia Dinasti Shang Dinasti Zhou Periode Musim Semi dan Musim Gugur Periode Negara Perang Dinasti Qin Dinasti Han Barat Dinasti Xin Dinasti Han Timur Tiga Negara/Kerajaan Dinasti Jin Enam Belas Negara Dinasti Selatan dan Utara Dinasti Sui Dinasti Tang Lima Dinasti dan Sepuluh Negara Dinasti Liao Dinasti Song Xia Barat Kekaisaran Jin Dinasti Yuan Dinasti Ming Dinasti Qing Republik Cina (Taiwan) Republik Rakyat Cina sunting Song Utara Kaisar Song Taizu (memerintah 960–976) menyatukan Cina dengan menaklukkan berbagai daerah-daerah kekuasaan semasa pemerintahannya danb mengakhiri pergolakan periode Lima Dinasti dan Sepuluh Negara.

Ia menjaga stabilitas administrasi negara dengan mempromosikan sistem ujian pegawai sipil dalam menunjuk pejabat-pejabat birokrat.[15] Terdapat pula perang yang signifikan melawan Dinasti Lý dari Vietnam dari tahun 1075 sampai dengan tahun 1077 dikarenakan sengketa wilayah perbatasan dan diputusnya hubungan dagang dengan kerajaan Đại Việt.[17] Oleh karena kerugian besar yang ditanggung oleh kedua belah pihak.[8][9][10][11].[18] . walaupun pembayaran upeti ini tidak memberikan dampak yang besar bagi ekonomi Song karena bangsa Khitan sangat bergantung pada impor barang dari Dinasti Song. Fatimiyah di Mesir. daerah kekuasaan Khitan yang dianggap sebagai bagian dari Cina. Bangsa Cina kemudian dipaksa membayar upeti kepada bangsa Khitan. ia juga memulai berbagai proyek-proyek yang bertujuan menjamin efisiensi komunikasi di seluruh kerajaan. komandan Song Guo Kui (1022–1088) kemudian membalas dengan menyerang balik sampai sejauh Thăng Long (sekarang Hanoi). Hal ini berhenti pada tahun 1005 dengan ditandatanganinya perjanjian Shanyuan.[14] Namun. Dinasti Song secara bergantian terlibat dalam peperangan dan hubungan diplomasi dengan bangsa Khitan dari Dinasti Liao di Timur Laut dan bangsa Tangut dari Dinasti Xia Barat di Barat Laut.[7] Kaisar Song Taizu (memerintah 960–976) dalam sebuah lukisan potret istana Kerajaan Song memiliki hubungan diplomatik dengan kerajaan Chola di India. Dari awal sejak didirikannya oleh Taizu. tentara Song berhasil didesak oleh tentara Liao yang terlibat dalam kampanye perang agresif selama bertahuntahun di daerah utara Song. yang juga seorang cendekiawan dan negarawan. Kemenangan ini mencapai puncaknya di bawah arahan Jenderal Shen Kuo (1031–1095).[12] Namun. Selain itu.[13] Dinasti Song berhasil memenangkan beberapa peperangan dengan bangsa Tangut pada awal abad ke11. operasi militer ini pada akhirnya gagal oleh karena salah seorang rival Shen tidak mematuhi perintah langsung dan daerah yang berhasil direbut dari Xia Barat pada akhirnya lepas. Daerah-daerah yang berhasil direbut oleh Song dan Lý kemudian dikembalikan ke pihak masing-masing bersama dengan para tahanan perang pada tahun 1082. dan kerajaan-kerjaan mitra dagang lainnya. Komandan Lý Thường Kiệt (1019–1105) kemudian menawarkan perjanjian damai dan mengizinkan kedua belah pihak mundur dari peperangan. Salah satu proyek tersebut adalah pembuatan peta tiap-tiap provinsi dan kota-kota kerajaan secara mendetail dan kesemuannya dikumpulkan menjadi satu atlas yang besar. Dinasti Song menggunakan kekuatan militer dalam usahanya menumpas Dinasti Liao dan merebut kembali Enam belas Prefektur. Sriwijaya.[6] Ia juga mendorong inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi dengan mendukung berbagai karya-karya ilmiah seperti pembuatan menara jam astronomi yang dibuat oleh insinyur Zhang Sixun.[16] Setelah tentara Lý berhasil memberikan kerusakan parah dalam serangannya di Guangxi.

Tentara Song yang tersisa kemudian bergabung di bawah perintah Kaisar Gaozong (1127–1162) yang mengangkat dirinya sebagai Kaisar. Penaklukan Cina utara oleh bangsa Jurchen dan berpindahnya ibukota dari Kaifeng ke Lin'an merupakan garis pemisah Dinasti Song Utara dengan Dinasti Song Selatan.[22] Pejabat Song Tong Guan (1054– 1126) menganjurkan Kaisar Huizong (1100–1125) membentuk aliansi dengan bangsa Jurchen dan melakukan operasi militer bersama untuk menaklukkan Dinasti Liao pada tahun 1125. Bangsa Jurchen yang merupakan suku taklukkan Kerajaan Liao memberontak dan mendirikan kerajaan mereka sendiri. . pendapat. Reformasi ini meliputi reformasi pajak tanah. yakni Dinasti Jin (1115–1234). meningkatkan gaji para pegawai rendah. pendirian monopoli pemerintah.[20] Salah satu korban persaingan politik yang terkenal ini adalah negawaran dan penyair Su Shi (1037–1101). dukungan terhadap milisi-milisi lokal. para pejabat saingan akan diturunkan jabatannya secara paksa dan diasingkan ke tempat-tempat terpencil di kerajaan. Wang mengimplementasikan sejumlah reformasi yang disebut sebagai Kebijakan Baru. buruknya prestasi dan lemahnya kekuatan militer tentara Song terlihat oleh bangsa Jurchen dan dengan segera mereka keluar dari aliansi dengan Song. Untuk menyelesaikan apa yang ia lihat sebagai korupsi dan kelalaian negara. dan kebanyakan anggota istana. dan menginisiasi program sponsor yang mengizinkan masyarakat luas mendapatkan pendidikan.[19] Setelah Fan dipaksa turun dari jabatannya. Kanselir Fan Zhongyan (989–1052) yang merupakan seorang idealis. mendapatkan pukulan politik yang besar ketika ia berusaha melakukan reformasi dalam memperbaiki sistem perekrutan pejebat. Bangsa Jurchen kemudian menyerang daerah Song pada tahun 1125 dan 1127. Wang Anshi mengkritik habis-habisan sistem pendidikan dan birokrasi negara.Sebuah bantal yang berasal dari Dinasti Song Utara abad ke-12 Selama abad ke-11. peristiwa besar yang terjadi di Kerajaan Liao pada akhirnya mendapatkan perhatian Kerajaan Song. dan pembuatan standar baru dalam ujian kerajaan. Ia dipenjarakan dan pada akhirnya diasingkan oleh karena mengkritik kebijakan reformasi Wang. Kelompok Kebijakan Baru Wang Anshi ditentang oleh golongan 'Konservatif' yang dipimpin oleh sejarahwan dan Kanselir Sima Guang (1019–1086). Wang Anshi (1021–1086) menjadi kanselir baru istana.[20] Manakala politik istana Song terpecah dan terfokus pada masalah internal. bangsa Jurchen bukan hanya dapat merebut ibukota Song di Kaifeng.[20] Reformasi ini menimbulkan perpecahan politik dalam istana kerajaan. namun juga menawan Kaisar Huizong yang telah mengundurkan diri.[21] Seketika salah satu golongan menjadi mayoritas dalam kementerian istana. dan kebijakan para menteri pejabat dalam menangani ekonomi dan masyarakat Song yang kompleks. Pada penyerangan tahun 1127.[22] Kejadian ini terjadi pada tahun Jinkang (bahasa Tionghoa: 靖康) dan dikenal sebagai peristiwa Penghinaan Jinkang (bahasa Tionghoa: 靖康之恥). Dinasti Song kemudian mundur ke selatan Sungai Yangtze dan mendirikan ibukota baru di Lin'an (sekarang Hangzhou). Namun. penggantinya Qinzong. Dengan dukungan Kaisar Shenzong (1067–1085). persaingan politik yang sengit kemudian memecah belah anggotaanggota istana kerajaan oleh karena perbedaan pendekatan.

pembangunan menara api dan gudang pelabuhan untuk mendukung perdagangan maritim luar negeri dan pelabuhan laut internasional seperti Quanzhou.[26][27] Dinasti Song oleh karenanya mendirikan angkatan laut permanen pertama Cina pada tahun 1132. Samudera Hindia. Kerajaan Song menjadi siap untuk menghadapi tentara laut Jin di Sungai Yangtze pada tahun 1161. dan Xiamen. (907–1125) Song Selatan Song Selatan pada tahun 1142 Walaupun telah melemah dan didesak ke selatan. pada Pertempuran Tangdao dan Pertempuran Caishi. dan Laut Merah. perbaikan pelabuhan. Dinasti Song Selatan berhasil meningkatkan ekonomi dan mempertahankan eksistensinya melawan Dinasti Jin. yang menyokong aktivitas perdagangan Cina. angkatan laut Song menggunakan kapal perang yang diperlengkapi trebuset untuk melemparkan bom mesiu. Provinsi Shanxi. Pemerintah Song juga mensponsori proyek-proyek besar seperti pembuatan kapal.[25] dengan markas besarnya di Dinghai. Dinasti Song Selatan memiliki perwira-perwira militer seperti Yue Fei dan Han Shizhong.Patung pahatan Guan Yin dari Dinasti Liao. adalah perlu untuk mendirikan angkatan laut resmi.000 orang . Cina.[23][24][25] Untuk melindungi dan mendukung kapal-kapal yang melayari Laut Cina Timur dan Laut Kuning (menuju Korea dan Jepang).[28] Walaupun armada Jin terdiri dari 70. Guangzhou. Asia Tenggara. Dalam pertempuran ini.[28] Dengan adanya angkatan laut permanen.

[35] Dinasti Jin kemudian dipaksa untuk tunduk dan membayar upeti kepara bangsa Mongol sebagai negara taklukan (vassal).[40] Kubilai telah bersiap-siap untuk menyerang Ezhou. Walaupun Hulagu beraliansi dengan Kublai Khan. namun meninggal pada tanggal 11 Agustus semasa pertempuran di Chongqing. bangsa Mongol melihatnya sebagai pemberontakan.[28] Pemerintah Song menyita sebagian tanah yang dimiliki oleh para bangsawan untuk meningkatkan pemasukan yang digunakan untuk membiayai proyek ini.000 tentara laut. kekuatan angkatan laut sangat ditekankan. tentaranya tidak dapat membantu serangan melawan Song oleh karena adanya perang dengan Ulus Jochi. namun perang saudara dengan saudaranya Ariq Böke (saingannya dalam merebut takhta Khan Mongol) memaksa Kubilai memindahkan sebagian besar tentaranya kembali ke utara.[39] Kubilai terus melakukan serangan terhadap Song dan berhasil mendapatkan daerah pangkalan di tepi sungai selatan Yangtze.[36] Di bawah kepemimpinan Ögedei Khan (memerintah 1229–1241). Luoyang dan Chang'an pada saat keruntuhan Dinasti Jin.dalam 600 kapal perang.[34] Patung Bodhisatwa yang sedang duduk dari Dinasti Jin (1115–1234) Walaupun Dinasti Song berhasil menahan serang Jin. sedangkan tentara Song hanya terdiri dari 3. Namun hal ini tidak menghentikan persiapan defensif Song. tentara Song diperintahkan oleh Kanselir Jia Sidao untuk melakukan .[38] Kematian Möngke dan berlarut-larutnya krisis kepemimpinan membuat Hulagu Khan menarik mundur sebagian besar tentara Mongol dari Timur Tengah.[30] Sejak saat itu. Satu abad setelahnya. Hal ini kemudian menyebabkan ketidakpuasan dan hilangnya kesetiaan para tokoh-tokoh terkemuka dalam masyarakat Song. Dinasti Jin dan Dinasti Xia Barat ditaklukkan oleh tentara Mongol. angkatan laut Song telah meningkat drastis mencapai 52. dan Kievan Rus' di Rusia. Khalifah Abbasiyah di Timur Tengah. Tanpa keberadaan Kubilai.[31][32][33] Permasalahan finansial juga diperparah oleh banyaknya orang kaya yang menggunakan koneksi pemerintahan untuk mendapatkan status bebas pajak. Bangsa Mongol yang dipimpin oleh Jenghis Khan (memerintah 1206–1227) pada awalnya menyerang Dinasti Jin pada tahun 1205 dan 1209 dalam serangan mendadak di sepanjang perbatasannya. Pernah suatu kali bangsa Mongol beraliansi dengan Song. Ketika Jin memindahkan ibukotanya secara tiba-tiba dari Beijing ke Kaifeng. Pada tahun 1211.[29] tentara Dinasti Song berhasil memenangkan kedua pertempuran ini oleh karena daya rusak bom yang kuat dan serangan cepat kapal berdayung roda. namun aliansi ini pecah setelah Song merebut kembali ibukota terdahulu Kaifeng.000 orang dalam 120 kapal perang. ancaman besar lainnya muncul di daerah utara Dinasti Jin. tentara Mongol dalam skala besar dikerahkan untuk menginvasi Jin. Pemimpin Mongol Möngke Khan memimpin sebuah operasi militer melawan Song pada tahun 1259.[36][37] Bangsa Mongol juga menginvasi Korea.

Pada tahun 1275. kebanyakan daerah kekuasaan Song telah direbut oleh tentara Yuan. ketika Kubilai memenangkan pertempuran di Sichuan. namun pada akhirnya ia diasingkan ke Tibet dan menjadi pertapa.[47] Walaupun wanita berstatus lebih rendah daripada pria (sesuai dengan etika Konfusius).000 tentara Song di bawah Kanselir Jia Sidao dikalahkan oleh Jenderal Bayan.[43] Pada tahun 1276. dan memegang kekuasaan yang besar di rumah dan di bisnis usaha kecil mereka sendiri.[42] Dari tahun 1268 sampai dengan 1273. yang masih berumur 11 tahun melakukan bunuh diri bersama-sama dengan pejabat Lu Xiufu (陆秀夫)[44] dan 800 anggota kerajaan. Kubilai memblokade Sungai Yangtze dan menggempur Xiangyang.[41] Terdapat sedikit bentrokan di perbatasan sampai dengan tahun 1265.serangan dan berhasil memaksa mundur tentara Mongol ke tepi sungai utara Yangtze. dan secara alami para wanita mendapatkan banyak hak-hak . Kaisar Song Bing.[1] Dinasti Song juga memiliki layanan pos di seluruh negeri yang meniru model Dinasti Han. terdapat pula banyak sekolah dan kuil yang memberikan pelayanan pendidikan dan keagamaan. Gaya lukisan seperti ini sangat populer pada periode Dinasti Song Selatan Zaman pemerintahan Dinasti Song merupakan periode organisasi sosial dan administrasi yang maju dan rumit.[1][46] Masyarakat menikmati berbagai hiburan di kota-kota dan bergabung ke dalam berbagai klub-klub sosial. Selain itu. Di bawah perintah Kubilai. meliputi pendirian rumah pensiunan.[1] Pemerintah Song mendukung bermacam-macam program kesejahteraan sosial. mereka menikmati banyak hak-hak sosial dan hukum. Beberapa kota terbesar di dunia pada saat itu berada di Cina. dan pemakaman bagi orang miskin. tentara Yuan yang dipimpin oleh Jenderal Zhang Hongfan pada akhirnya berhasil mengakhiri perlawanan Song. Sistem pelayanan pos ini memperlancar komunikasi di seluruh kerajaan. keluarga kerajaan terdahulu Song dibiarkan hidup dan Kaisar Song Gongdi yang sebelumnya telah digulingkan diturunkan statusnya menjadi bangsawan Ying (Ying Guogong 瀛國公). dengan Kaifeng dan Hangzhou berpenduduk lebih dari satu juta jiwa. Seiring dengan semakin sejahteranya masyarakat Song. 300. para orang tua pengantin perempuan memberikan mas kawin yang semakin besar pula untuk perkawinannya.[45] Masyarakat dan kebudayaan Sebuah lukisan abad ke-12 yang memperlihatkan cabang pohon bunga melati. klinik umum.[37] Pada pertempuran Yamen di Delta Sungai Mutiara pada tahun 1279. Penguasa terakhir Song.[42] Kublai secara resmi mendeklarasikan berdirinya Dinasti Yuan pada tahun 1271. Penggempuran ini merupakan halangan terakhirnya dalam menginvasi daerah lembah aliran Sungai Yangtze.

[50][51] Sebagai contohnya. Tansen Sen menyatakan bahwa lebih banyak Bhikkhu dari India yang berkunjung ke Cina semasa Dinasti Song daripada semasa Dinasti Tang (618–907). Ujian pegawai negeri sipil dan Shenshi (紳士) . pendongeng. klub pecinta kuda. klub kolektor barang seni dan antik. dan merupakan hal yang umum bagi para wanita untuk mendidik anak laki-lakinya.[1] Drama teater juga sangat populer dikalangan elit dan masyarakat umum. ibu seorang jenderal.[58][59] Empat teater drama terbesar di Kaifeng dapat menampung hingga beberapa ribu penonton per teater. dan perjamuan besar. berbagai agama-agama asing juga masuk ke Cina. dan klub musik. Buddhisme. agama memiliki peranan yang penting terhadap kehidupan seharihari masyarakat Cina dan literatur-literatur bertopik spiritual sangatlah populer. klub penyair. dan tempat-tempat untuk berelaksasi seperti rumah teh. beserta roh-roh leluhur disembah dengan memberikan sesajian. pemain akrobat.[48] Para wanita juga memiliki status yang setara dengan para pria dalam hal mewarisi harta keluarga[49] Terdapat banyak wanitawanita terdidik yang terkenal dari Dinasti Song.hukum baru dalam kepemilikan tanah dan harta keluarga.[1][56][57] Masyarakat berpartisipasi dalam klub-klub sosial dalam jumlah yang besar. dan Kepercayaan tradisional Tionghoa. mliputi klub minum teh.[52] Dewadewi Taoisme. Yahudi Kaifeng. dan negarawan Shen Kuo mengajari Shen Kuo dasar-dasar strategi perang.[60] Terdapat pula permainan catur igo dan xiangqi yang dimainkan di rumah untuk melewatkan waktu senggang. penyanyi dan pemusik. aktor teater.[51] Terdapat pula penulis dan penyair wanita yang terkenal seperti Li Qingzhao (1084–1151). pelacur. Terdapat pula dalang boneka. penjinak ular. walaupun bahasa yang dituturkan oleh aktor di panggung adalah bahasa Cina klasik dan bukanlah bahasa Cina sehari-hari. dan bangsa Persia yang beragama Maniisme. Bangsa-bangsa asing yang ada di Cina pada saat itu meliputi bangsa Timur Tengah yang beragama muslim. restoran. ilmuwan. klub makanan eksotik. diplomat.[54][55] Masyarakat Song terlibat dalam kehidupan rumah tangga dan sosial yang vibran dan menikmati berbagai jenis festival publik seperti festival Lampion dan festival Qingming. Terdapat perempatan-perempatan hiburan di kota-kota besar yang menyediakan hiburan sepanjang malam.[48] Sebuah kaligrafi karya Huang Tingjian (1045–1105) Pada periode Dinasti Song. penelan pedang.[53] Dengan banyaknya pendatang asing yang berkunjung ke Cina untuk berdagang ataupun berimigrasi tinggal di sana.

Sistem pegawai sipil ini dilembagakan dalam skala kecil semasa Dinasti Sui dan Tang. mobilitas sosial. Edward A.Sebuah lukisan Cina abad ke-11 Semasa periode Dinasti Song. Kracke.[63][64][65] Robert Hartwell dan Robert P. sistem ini menjadi satu-satunya cara pengangkatan para pejabat dalam pemerintahan. kedua kelompok elit tersebut perlahan-lahan menghilang dan digantikan oleh berbagai keluarga Shenshi (紳士). terdapat perhatian dan tekanan yang lebih luas terhadap sistem perekrutan pegawai sipil yang didasarkan pada ujian kerajaan. dan perilaku para pejabat yang menjadi kurang aristokratik dan menjadi lebih birokratik pada transisi periode Tang ke Song. Sudō Yoshiyuki. dan perkawinan untuk mengamankan posisi jabatan.000 peserta pada awal abad ke-11 menjadi 400.[67] Pada akhir abad ke-11. Hymes mengkritik model hipotesis ini dengan menyatakan bahwa model ini terlalu menekankan pada peran keluarga inti manakala mengabaikan peranan keluarga jauh dan realitas demografi Song pada saat itu. Hal ini bertujuan untuk menyeleksi orang-orang yang paling pantas dalam pemerintahan.[68] .[63] Salah satu kritik terhadap sistem ini datang dari seorang pejabat dan penyair yang terkenal Su Shi.[61] Meluasnya teknologi percetakan membantu penyeberaluasan ajaran-ajaran Konfusius dan mendidik lebih banyak kandidat ujian yang memenuhi syarat.[63] Berdasarkan statistik Dinasti Song. yaitu kelompok elit yang memiliki hubungan dengan Kaisar dan kelompok elit profesional yang menggunkan status klan. ataupun cicit dari salah seorang pejabat di kerajaanya.000 peserta pada akhir abad ke-13 setiap tahunnya.[66] Pada awal berdirinya dinasti.[64][65] Banyak pula masyarakat yang merasa terampas haknya oleh apa yang mereka pandang sebagai sistem birokrasi yang memfavoritkan masyarakat kelas pemilik tanah yang dapat membiayai pendidikan dengan mudah. dan Ho Ping-ti mendukung hipotesis bahwa tidak ada jaminan seseorang akan mendapatkan kedudukan jabatan yang setara dengan orang tuanya hanya karena ia merupakan anak. yakni bahwa terdapat sejumlah besar pria pada tiap-tiap generasi yang tidak memiliki anak lelaki yang bertahan hidup.[62] Sistem ujian pegawai sipil ini mengizinkan meritokrasi. kebiasaan. namun memasuki periode Song. seiring dengan berubahnya identitas. koneksi keluarga.[62] Hal ini dapat terlihat pada jumlah peserta ujian yang meningkat dari 30. Su sendiri pun merupakan produk sistem tersebut. cucu. jabatanjabatan pemerintahan secara disproporsional dipegang oleh dua kelompok elit sosial. Namun. dan kesetaraan yang lebih luas.

[71] Terbatasnya peranan pejabat-pejabat pemerintahan ini berbeda dengan peran pejabat pada periode awal Dinasti Tang (618–907). keadilan.[69] Golongan shenshi berbeda dari masyarakat lain karena hasrat intelektual dan pengoleksian barang kuno mereka.menyisihkan sedikit sekali pendapatan negara untuk membiayai sekolah-sekolah tingkat prefektur (州-zhou) dan kabupaten (縣-xian). guru. yang menjadi anggota golongan sosial elit ini adalah para kandidat ujian.[70] Orang-orang yang terpelajar ini mengawasi urusan-urusan daerah lokal dan mensponsori fasilitas-fasilitas yang diperlukan oleh komunitas lokal yang diawasi. golongan Shenshi (紳士) mengambil alih tugas-tugas pemerintahan pada tingkat terbawah.[72][73][74] sementara rumah-rumah tuan tanah yang penting menarik perhatian berbagai macam orang istana.Berbagai peralatan keramik dari Zhejiang abad ke-13 Roda berputar. tetap banyak pejabat dan ahli yang berdagang lewat agen perantara. termasuk pengrajin.[76] Hukum. namun. Pembiayaan sekolah-sekolah tersebut didapatkan dari pembiayaan privat.000 pejabat aktif semasa periode Song). pemerintah melepaskan peranannya dalam meregulasi perdagangan dan sebaliknya bergantung pada anggota shenshi untuk mengerjakan tugastugas yang diperlukan dalam komunitas lokal. sebuah lukisan yang dilukis oleh artis Song Utara Wang Juzheng Oleh karena pertumbuhan populasi Cina yang meningkat drastis dan jumlah pengangkatan pejabat yang terbatas (sekitar 20. dan ilmu forensik . Pada zaman Dinasti Song.[75] Meski diremehkan oleh pejabat elit yang lulus ujian. para pengajar.[69] Sebagai contohnya. dan pejabat-pejabat yang telah pensiun. di mana pemerintah secara ketat meregulasi pasar dan pemerintahan daerah. Hakim-hakim lokal yang diutus oleh pemerintah ke suatu daerah juga bergantung pada kerjasama dengan beberapa ataupun banyak kalangan elit shenshi daerah tersebut. seniman.[69] Selain para pejabat yang diangkat oleh pemerintah.[56] Pejabat dan ahli akan dianggap remeh oleh rekannya jika ia mencoba mencari uang selain dari gaji resminya. perdagangan tetap menjadi salah satu unsur yang penting dalam budaya dan masyarakat Song. pemerintah Song -kecuali pada masa pemerintahan Kaisar Song Huizong. para peserta ujian yang telah lulus tapi belum diangkat. dan penghibur.

bermoral. diracuni.[79] Akibat mahalnya biaya pengadilan serta pemenjaraan langsung bagi orang yang bersalah. karya ini mungkin mendorong ketertarikan akan otopsi setelah kematian di Cina selama abad ke12. jenderal terkenal Yue Fei (1103–1142) merupakan orang kedua dari kiri. dan tetap menjadi dasar hukum tradisional Cina hingga era modern. rakyat Song lebih suka menyelesaikan sengketa tanpa melibatkan pengadilan. hakim resmi yang mengawal kasus pengadilan tidak hanya harus menguasai hukum tertulis.[77] Penegak hukum daerah bertugas menegakkan hukum dan menjaga ketertiban di kota dan kadang-kadang mengawasi pedesaan. bunuh diri.[77][79] Terdakwa yang dibawa ke pengadilan karena kejahatan kriminal atau sipil tidak dipandang tak bersalah hingga bukti menunjukkan yang sebaliknya. yang kadang mengakibatkan berkurangnya efektivitas dalam perang. Undang-undang dari masa Dinasti Tang masih banyak dipertahankan pada masa Dinasti Song. dll) suatu mayat dan membuktikan apakah kematian diakibatkan oleh pembunuhan. tetapi juga mengangkat moralitas dalam masyarakat.[83] Militer dan metode peperangan "Empat jenderal Zhongxing" yang dilukis oleh Liu Songnian (1174–1224). dan tidak pernah gagal menerapkan asas-asasnya. yang tidak memiliki kuasa akan angkatan bersenjata . Dewan Militer Song Utara dijalankan oleh seorang kanselir. Militer Song diatur sedemikian rupa agar tak dapat mengancam kekuasaan kaisar.[77] Hakim seperti Bao Qingtian (999–1062) harus menjadi hakim yang jujur.[79] Meng Xi Bi Tan karya Shen Kuo mengkritik kepercayaan anatomi tradisional Cina (misalnya. ditenggelamkan. atau kecelakaan. Hakim Song bertugas menentukan siapa yang bersalah dan menjatuhkan hukuman yang tepat (seringkali hukuman pukulan rotan). sementara sang penuduh sendiri juga sangat dicurigai oleh hakim.[78] Sementara itu.[80][81] Dokter dan hakim yang bernama Song Ci (1186–1249) menulis karya yang memelopori ilmu forensik di Cina yang mampu menentukan sebab kematian (dicekik.Sebuah lukisan Cina dari abad ke-12.[82] Song Ci menekankan perilaku koroner (pejabat yang memeriksa sebab kematian) yang tepat dan pencatatan proses penentuan sebab kematian oleh juru tulis resmi. Shen Kuo berpendapat bahwa hanya ada dua katup tenggorokan dan bukan tiga).

seperti yang dicantumkan oleh teks sejarah Song Shi (disusun tahun 1345). tentara diuji berdasarkan kemampuan penggunaan senjata dan atletik.[95] sementara perahu roda kayu dianggap sebagai perahu tempur yang sangat penting untuk memenangkan pertempuran laut.[91] Kavaleri Song menggunakan berbagai macam senjata. dan ganjur api yang melontarkan ledakan api dari mesiu dan peluru shrapnel.[90] Pemerintah gencar mensponsori rancangan busur silang baru yang mampu menjangkau jarak yang lebih jauh. pedang.[98] Namun.[88] Pada puncaknya. dan filsafat . selama peperangan melawan Tang Selatan.[86]) Walaupun tentara dipandang rendah oleh para pejabat.[99][100] Selain itu. seperti halberd. Risalah tersebut merupakan buku pertama yang mencantumkan formula untuk mesiu. angkatan laut Song menerapkan taktik seperti melindungi jembatan ponton yang besar di Sungai Yangtze untuk mengamankan pergerakan tentara dan persediaan. yang masingmasing bertanggung jawab kepada kaisar. dan korps gajah perang tidak lagi digunakan sebagai divisi reguler dalam angkatan bersenjata Cina. sastra.[97] Terdapat 347 risalah militer yang ditulis pada masa Dinasti Song.[89][90] Pembusur silang dipisah dari infantri reguler dan ditempatkan dalam satuan mereka sendiri karena merupakan penembak yang efektif dalam menghadapi serangan kavaleri.[101] Seni. tombak. Angkatan bersenjata kekaisaran dibagi di antara tiga marsekal. dan Han Shizhong. dan juga instruksi untuk merawat dan memperbaiki komponen dan peralatan yang digunakan.000 tentara. kompi yang terdiri dari dua peleton. Karena kaisar jarang memimpin kampanye militer secara langsung.[94] Di Dinasti Song terdapat beberapa kapal besar yang mampu mengangkut 1.[87] mereka bisa memperoleh status dan martabat dengan menjadi perwira militer berpangkat tinggi yang telah memenangkan berbagai pertempuran. panah api besar yang ditembak oleh pemanah silang Dinasti Song berhasil membinasakan korps gajah perang Han Selatan. Wujing Zongyao juga menyajikan rincian dan gambaran pelempar api pompa piston ganda. hanya sedikit risalah yang masih bertahan. dan seringkali dijatuhkan atau bakhan dihukum mati (seperti Li Gang.[20] yang dibagi menjadi peleton berisi 50 tentara.[84] Jenderal yang berhasil seringkali dianggap sebagai ancaman bagi otoritas kekaisaran.[95][96] Dalam pertempuran pada 23 Januari 971.[90] Angkatan laut Song berperan penting dalam konsolidasi kekaisaran pada abad ke-10.[92] Strategi dan pelatihan militer dianggap sebagai ilmu yang dapat dipelajari dan disempurnakan. terdapat satu juta tentara di Dinasti Song.kekaisaran. dan satu batalion yang berisi 500 tentara. Han Selatan berhasil dintundukkan. sementara pembusur silang juga sangat penting saat menjadi penembak runduk jarak jauh.[85] Yue Fei.[97] Berkat kemenangan ini. panah. kesatuan komando agak kurang.[93] Tentara dilatih agar mampu mengikuti sinyal untuk bergerak maju saat panji dilambaikan dan berhenti saat bel dan drum dibunyikan. seperti Wujing Zongyao yang ditulis pada tahun 1044.

Seni seperti melukis. pada masa Dinasti Song gaya baru yang telah matang yang disebut "risalah perihal suatu tempat" atau fangzhi menggantikan gaya lama "panduan peta" atau tujing. Seni visual pada masa Dinasti Song mengalami kemajuan dengan adanya perkembangan baru dalam lukisan lanskap dan potret. Contoh pelukis istana yang sangat terhormat adalah Zhang Zeduan (1085–1145).Patung kayu Bodhisatwa dari masa Dinasti Song (960–1279). Su Shi sendiri unik karena menulis esai perjalanan harian dengan gaya penulisan persuasif untuk mendukung suatu argumen filosofis.[19] Sastra dan persajakan mengalami kemajuan karena kepopulerannya yang terus meningkat dan dikembangkannya gaya puisi ci.[105] Potret pendeta Buddha Zen Wuzhun Shifan yang dilukis pada tahun 1238.4 juta aksara Cina. dan menulis kaligrafi merupakan waktu luang bagi golongan shenshi.[102] Penyair dan negarawan Su Shi dan rekannya Mi Fu (1051–1107) gemar mengoleksi barang antik.000 volume yang mengandung 9. seperti historiografi dan risalah teknik. Volumevolume ensiklopedia disusun. dan seringkali meminjam atau membeli seni untuk dipelajari dan disalin. 177). penulis kaligrafi. Contohnya adalah teks sejarah universal Zizhi Tongjian yang disusun menjadi 1. Kaisar Huizong juga merupakan seniman dan pelindung seni yang terkenal. dan pencerita.[104] Istana kaisar dipenuhi dengan pelukis.[103] Meskipun gaya direktori geografis lokal sudah ada di Cina semenjak abad ke-1. berpuisi. Proyek seni ini merupakan langkah diplomatik untuk Dinasti Jin agar ibunda Kaisar dibebaskan. . Kaisar Gaozong melancarkan proyek seni besar-besaran yang dikenal dengan nama Hujia Shiba Pai (Delapan Belas Lagu Suling Pengembara) yang didasarkan dari kisah kehidupan Cai Wenji (b. penyair. yang melukis lukisan panorama Qingming Shanghe Tu (Di Sepanjang Sungai Selama Festival Qingming). Aliran sastra perjalanan juga menjadi populer berkat tulisan Fan Chengda (1126–1193) dan Su Shi.

dengan warna yang terbatas pada hitam dan putih.[106] Konsep universalisme etika dalam Buddha Mahayana memengaruhi Fan Zhongyan dan Wang Anshi. pengaruh Buddhisme Cina telah memudar. Buddhisme juga menuai kritikan dan bahkan cibiran. Namun. Namun. Baki ini berasal dari abad ke-12 atau awal abad ke-13. Mazhab Zhu Xi) di Jepang dan Jujahak (주자학) di Korea. tentara. penjelasan dan penekanan Zhu terhadap Empat Buku sebagai pengenalan Konfusianisme menjadi dasar doktrin Neo-Konfusianisme. juga akan mengalami kebangkitan pada masa Dinasti Yuan. Makanan penduduk dalam kelas bawah adalah nasi. makanan yang dimakan dan pakaian dan dikenakan ditentukan oleh status dan kelas sosial. Di Dinasti Song. Empat Buku dan penjelasan Zhu Xi menjadi persyaratan standar bagi orang yang ingin lulus ujian pegawai negeri. yang telah memasuki Cina pada masa Dinasti Tang. pengaruh Buddhisme tampak pula dalam berbagai lukisan seperti Pencucian Luohan karya Lin Tinggui. Tidak hanya itu. Sementara itu. dan pedagang. sekte Nestorianisme dalam Kekristenan. meskipun pedagang kaya mungkin akan memilih untuk mengenakan pakaian yang berhias bunga dan blus lelaki yang mencapai pinggang.[109] Buddhism tidak akan mengalami kebangkitan yang sesungguhnya dalam masyarakat Cina hingga Dinasti Yuan Mongol berkuasa.[106] Karya filosofis Cheng Yi sendiri pada gilirannya memengaruhi Zhu Xi. pengrajin. Meskipun penulisannya tidak diterima oleh rekan kontemporernya. Buddhisme sangat memengaruhi pergerakan NeoKonfusianisme yang dipimpin oleh Cheng Yi (1033–1107) dand Zhu Xi (1130–1200).[108] Negara-negara Asia Timur seperti Jepang dan Korea juga menerapkan ajaran Zhu Xi.[113] Pakaian untuk para pejabat ditentukan dari sistem kedudukan hierarki sosial. dan ikan yang digarami.[111][111] pakaian mereka terbuat dari serat rami atau kapas. namun pengaruhnya dalam dunia seni dan amal biara masih terasa. babi.[112] Celana dikenakan oleh petani. aturan pakaian berdasarkan kedudukan ini tidak ditegakkan secara ketat seperti pada masa awal Dinasti Song. seiring berlalunya waktu. Pada tahun 1241. saat Kublai Khan mendukung Buddhisme Tibet dan Drogön Chögyal Phagpa sebagai lama. yang dikenal dengan nama Shushigaku (朱子学.[110] Makanan dan pakaian Baki makanan berukiran emas yang menggambarkan dua burung berekor panjang dan Paeoniaceae.Dalam dunia filsafat. Negarawan dan sejarawan Ouyang Xiu (1007–1072) menyebut agama tersebut sebagai "kutukan" yang hanya bisa disembuhkan dengan menghapuskannya dari budaya Cina dan menggantikannya dengan Konfusianisme.[114] Setiap pejabat dapat menunjukkan status yang diperolehnya dengan . atas sokongan Kaisar Lizong.[107] sementara metafisika Buddha sangat berdampak bagi doktrin pra-NeoKonfusianisme Cheng Yi.

[20][125] Industri swasta dan pemerintah sama-sama penting dalam memenuhi kebutuhan rakyat Song. memerlukan barang. seperti udang. jus pir. pimento. partridge.mengenakan jubah sutra tradisional yang berwarna beda dan menggantung di sekitar kaki. luak. minyak nabati. jahe. sementara pakaian laki-laki di sebelah kanan. dan masih banyak lagi. Mereka dapat memilih berbagai macam daging. dan karnaval.[124][126] . daging sapi jarang dimakan karena diperlukan untuk mengangkut. minuman jahe dan madu. burung francolin. dan jaket dengan lengan panjang atau pendek. Ekonomi Dinasti Song merupakan salah satu yang paling sejahtera dan maju pada abad pertengahan. tiram. dan cuka. dan perdagangan Lukisan Zhang Zeduan (1085–1145) yang berjudul Qingming Shanghe Tu (Di Sepanjang Sungai Selama Festival Qingming. jus pepaya. dan pemerintah harus berurusan dengan serikat tersebut saat membebani pajak. pir. sementara perempuan dari keluarga kaya dapat mengenakan selendang ungu di sekitar pundak mereka. blus yang mencapai kaki. garam. rubah. plum. rok. sementara orang miskin dapat memakan anjing jika perlu (namun bukan bagian dari makanan sehari-hari). kelinci. penutup kepala jenis tertentu. burung puyuh. kepiting. minyak wijen.[20][125] Pengrajin dan pedagang membentuk serikat. atau bahkan korset bergaya tertentu yang menunjukkan kepejabatannya. angsa.[117][119][122][123] Ekonomi.[116] Ada banyak menu restoran dan kedai dan entrée untuk pesta. lada Sichuan.[124] Keluarga pedagang dan bisnis swasta yang penting diperbolehkan menguasai industri yang tidak dimonopoli pemerintah.[115] Perempuan di Dinasti Song mengenakan pakaian panjang. industri. festival. aprikot. perjamuan.[116] Pakaian perempuan dikencangkan di sebelah kiri.[117] yang terdiri dari makanan yang mewah dan beragam macam untuk penduduk dari kelas atas.[121] Rakyat Song juga mengonsumsi kurma. jujube. dan menetapkan upah minimum pekerja dan harga barang. ayam pegar. kerang. dan anjing tidak dimakan oleh orang kaya. Dinasti Song menanamkan modalnya dalam perseroan terbatas dan perahu layar saat keuntungan dari perdagangan luar negeri dan domestik di sepanjang Terusan Besar Cina dan Sungai Yangtze diperoleh. produk susu tidak tersedia. kismis. jus leci. kecap. rusa.[118][119][120] Dalam budaya Cina.

[130] Kemajuan paling penting dalam ekonomi Song adalah diprakarsarainya percetakan uang kertas. pada tahun 1175.[128] Sebagian besar besi tersebut dimanfaatkan untuk membuat senjata dan mempersenjatau pasukan. dunia Islam. Mereka menanamkan modal dari sepuluh hingga ratusan deret uang. Industri besi ditekuni oleh wiraswasta yang memiliki peleburan mereka sendiri dan pemerintah. Perdagangan besi di Cina semakin diperkuat dengan pembangunan terusan baru yang membantu pengiriman barang besi dari pusat produksi ke pasar besar di ibukota. orang asing juga memengaruhi ekonomi Cina. dunia Hindu. 'Orang di sepanjang pantai mengenal dengan baik pedagang yang berdagang di luar negeri. Sungai Indus.[66] Teknologi. Tengah: Mangkuk Song Utara atau Selatan. dan berperan penting dalam ekspor-impor. dan Anqi. menurut sejarawan Ebrey. beludru.[127] Ekonomi Song mampu memproduksi lebih dari seratus juta kilogram (bernilai sekitar dua ratus juta pound) besi setiap tahunnya. pabrik di Hangzhou tercatat mempekerjakan lebih dari seribu pekerja dalam satu hari. banyak orang Muslim dari Asia Barat dan Tengah yang datang ke Cina untuk berdagang... Misalnya. dan Efrat (kini Irak). Al-Idrisi dari Maroko pada tahun 1154 menulis kegagahan kapal pedagang Cina di Samudra Hindia dan perjalanan tahunan mereka yang membawa besi. sementara beberapa di antaranya bahkan ditunjuk sebagai pejabat yang bertugas mengawasi urusan ekonomi.[131] Jumlah orang yang dipekerjakan dalam pabrik tersebut besar. Walthall.. yang disebut Jiaozi. pemerintah mendirikan beberapa pabrik di kota Huizhou. baik karena mereka adalah rekan sebangsa atau merupakan kenalan pribadi. porselen.[27] Sebaliknya.[Mereka memberikan para pedagang tersebut] uang untuk membeli dan membawa kembali barang asing. Kanan: Model miniatur lumbung dari Song Selatan. dan teknik . Hangzhou.[55][132] Perdagangan dengan Pasifik Selatan. Seorang pengamat memperhatikan bahwa hasrat untuk menanamkan modal di bidang perdagangan luar negeri telah menyebabkan arus keluar uang tembaga.[130] Untuk mencetak uang kertas.[131] Kekuatan ekonomi Dinasti Song sangat memengaruhi oleh ekonomi asing.[133] Namun.Kiri: Vas Song Utara.[128] Penggundulan hutan besarbesaran di Cina berhasil dihentikan dengan adanya inovasi penggunaan batu bara daripada arang di tempat peleburan pada abad ke-11. dan Afrika Timur memperkaya para pedagang dan memacu pertumbuhan industri pembangunan kapal di Fujian. Untuk mengurangi risiko kerugian. Chengdu. Ia menulis. terdapat pula risiko dalam melakukan perdagangan luar negeri yang jauh. pedang. dan Palais: Penanam modal [Dinasti Song] biasanya menanamkan modalnya di banyak kapal. sains. sutra. dan masing-masing kapal memiliki banyak penanam modal.[129] Pendapatan tahunan Song dalam bentuk mata uang logam tembaga pada tahun 1085 tercatat sebesar enam miliar koin. dan berbagai macam tekstik ke tempat seperti Aden (Yemen). dan seringkali memperoleh keuntungan beberapa ratus persen'. namun beberapa juga digunakan untuk menghasilkan barang yang diminta oleh pasar.

dan astronomi .[140] Sebaliknya. meriam.[145] Alat yang awalnya ditemukan oleh Ma Jun pada abad ke-3 ini menggabungkan gigi diferensial yang membuat figur yang dimuat di atas kereta untuk selalu mengarah ke selatan. dan ranjau darat. granat eksplosif. penemuan. dan Timur Tengah. pada masa awal bubuk mesiu. dan satuan jarak li ditandai dengan alarm drum atau bel.[135][136][137][138][139] Manuskrip Wujing Zongyao pada tahun 1044 merupakan buku pertama dalam sejarah yang menyajikan bahan bubuk mesiu dan pemanfaatannya sebagai berbagai macam bom.[146] Polymath.[134] Saat berperang melawan Mongol.[141] Pada abad ke-14. termasuk perkembangan pelempar api awal.[134] Peperangan mesiu Kemajuan dalam teknologi senjata yang dipicu oleh bubuk mesiu. saat negara harus mengukur jarak yang ditempuh di kekaisaran.[142] Odometer Cina berbentuk dokar. yang banyak dikutip dalam teks sejarah Song Shi (disusun tahun 1345). Trebuset semacam ini digunakan untuk melemparkan bom.Ilustrasi sebuah trebuset di manuskrip Wujing Zongyao pada tahun 1044. Xugaohou bahwa kota Qingzhou sedang memproduksi satu hingga dua ribu bom berselubung besi setiap bulannya. senjata api dan meriam juga dapat ditemui di Eropa. bangsa Mongol mempekerjakan tentara Cina utara dan menggunakan jenis mesiu yang sama untuk melawan Song. orang Cina menggunakan alat odometer.[143] Spesifikasi odometer pada abad ke-11 ditulis oleh Kepala Bendahara Lu Daolong. Pengukuran jarak dan navigasi mekanis Semenjak masa Dinasti Han. senjata api. memampukan Dinasti Song untuk mengusir musuh mereka hingga kejatuhannya pada abad ke13.[144] Pada masa Dinasti Song. pada tahun 1259 pejabat Li Zengbo menulis dalam karyanya Kezhai Zagao. dan mengirim sepuluh hingga dua puluh ribu bom tersebut ke Xiangyang dan Yingzhou. Gigi dalamnya berfungsi dari gerak rotasi roda. odometer dipadu dengan alat mekanik kuno lainnya yang disebut kereta yang mengarah ke selatan. India.

[149][150] Shen membuat teori bahwa iklim berubah secara bertahap seiring dengan berjalannya waktu. Peta bintang tersebut menampilkan proyeksi silindris yang mirip dengan proyeksi Mercator. yang mendeskripsikan secara detail menara jam astronomis setinggi 12 m berkekuatan hidrolik yang dibangun di Kaifeng. dan masih banyak lagi. Di menara jam Su juga terdapat roda gigi yang berputar dengan 133 manikin pendongkrak jam yang diatur untuk berputar sementara memukuli gong.[154] Shen juga memperbaiki rancangan alat astronomi seperti tabung pengamatan yang memampukan Shen Kuo untuk memperbaiki posisi bintang kutub (yang telah bergeser). dengan beberapa konsep di dalamnya sesuai dengan geomorfologi modern. menara jam Su Song memanfaatkan rantai. geologi. Menara jam tersebut menggunakan alat astronomis besar seperti armilla dan globe yang digerakkan oleh mekanisme pelarian yang bekerja berselang. mekanika. botani. Ia menemukan jam air baru yang lebih akurat dalam mengukur waktu.[159] Di bukunya.[156][157] Selain itu. kedokteran.Diagram menara jam astronomis di Kaifeng di buku Su Song yang ditulis pada tahun 1092 dan dicetak pada tahun 1094.[155] Lebih lagi.[155] Su Song dikenal karena risalah horologinya yang ditulis pada tahun 1092. astronomi. optik.[160][161] Matematika dan kartografi . bel. dan menempatkan lempengan pengumuman. Tokoh polymath seperti negarawan Shen Kuo dan Su Song (1020–1101) merupakan lambang kemajuan dalam berbagai macam bidang ilmu. arkeologi. Shen Kuo membuat jam hidrolik. seperti biologi. horologi. matematika. kartografi.[153] Ia melakukan percobaan optik dengan menggunakan camera obscura beberapa dekade sebelum Ibn al-Haytham melakukannya. Su menerbitkan atlas lima peta bintang. kritik seni. mineralogi. zoologi.[73][147][148] Shen Kuo merupakan orang pertama yang memahami deklinasi magnetik utara sesungguhnya saat sedang bereksperimen dengan sebuah kompas.[158] yang juga dipakai untuk sepeda.[151][152] Ia membuat teori pembentukan tanah. dan drum.

yang menampilkan Cina Barat tanpa sistem grid (yang merupakan ciri peta Cina yang dibuat secara profesional). dan skala diterapkan dalam peta.[169][170] Peta kuadrat dari tahun 1137 yang terukir di blok batu mengikuti skala grid seragam sebesar 100 li untuk setiap grid. Shen Kuo membuat peta relief terangkat. rumus Heron. 1202–1261) adalah orang pertama yang memperkenalkan lambang nol dalam matematika Cina. dan menggunakan koefisien negatif 'x' dalam persamaan kuadrat. mencantumkan bukti teoretis untuk dalil parallelogram Euklides.[167][168] Dengan mengikuti tradisi panjang. sementara petanya yang lain menyajikan skala 1:900. administratif.[171] Lebih lagi.Yu Ji Tu atau Peta Jalur Yu Gong yang diukir di batu pada tahun 1137. meskipun konsep tersebut sudah dideskripsikan oleh Jia Xian pada tahun 1100.[162] Yang Hui juga menulis aturan untuk membentuk susunan kombinasi dalam segi empat ajaib.[163] Semasa dengan Yang. dan dapat memetakan pantai dan sungai di Cina hingga India secara akurat.[172] Meskipun pembuat direktori geografis sudah ada semenjak tahun 52 pada masa Dinasti Han dan telah disertai dengan peta ilustratif (Cina: tujing) semenjak masa Dinasti Sui. Ada banyak kemajuan dalam matematika Cina pada masa Dinasti Song. Buku yang diterbitkan pada tahun 1261 oleh matematikawan Yang Hui (c.[164] sebelumnya hanya ruang kosong yang digunakan.[165] Ia juga dikenal akan karyanya tentang teorema sisa. dan militer. petunjuk perjalanan berilustrasi lebih banyak beredar pada masa Dinasti Song. dan penentuan titik balik matahari musim dingin. Karya besar Qin adalah Shushu Chiuchang (Risalah Matematika dalam Enam Bab) yang diterbitkan pada tahun 1247. 1238–1298) menyajikan ilustrasi segitiga Pascal versi Cina. yang bermanfaat untuk bidang politik. Qin Jiushao (c.[166] namun berkat Pei Xiu (224–271) konsep ketinggian topografis. acuan grid.[173] Percetakan tipe penggerak . Peta Cina paling awal berasal dari abad ke-4. Geometri merupakan ilmu yang penting dalam kartografi.000. peta terrain tertua di dunia berasal dari ensiklopedia Yang Jia pada tahun 1155.

000 karakter tipe penggerak dalam bentuk perunggu.020 volume ensiklopedia Gujin Tushu Jicheng (Koleksi Lengkap Ilustrasi dan Penulisan dari Masa Paling Awal hingga Sekarang) pada tahun 1725.[179] Pelindung percetakan yang kaya dari Dinasti Ming Hua Sui (1439–1513) membuat tipe penggerak logam Cina pertama (menggunakan perunggu) pada tahun 1490. mesin cetak Eropa menggantikan metode tipe penggerak Cina.[160][161] Atlas langit Su Song merupakan yang tertua dalam bentuk tercetak. Pejabat Dinasti Yuan Wang Zhen (fl.[174] Percetakan tipe penggerak dipelopori oleh seniman Bi Sheng (990–1051). dan secara hati-hati dipelihara. dan juga biaya percetakan besar-besaran lebih murah daripada menyalin satu per satu dengan tulisan tangan.[62][66] Dengan semakin meluasnya percetakan pada periode Song. mobilitas sosial pun meningkat dan orang terdidik dan ahli menjadi semakin banyak. baru pada masa Dinasti Qing proyek percetakan besar-besaran mulai menggunakan percetakan tipe penggerak. yang memerlukan pembuatan 250. jumlah ahli berkembang pesat dari abad ke-11 hingga 13. seperti percetakan enam puluh enam salinan 5. namun percetakan tipe penggerak masih tetap digunakan dan terus diperbaiki pada periode berikutnya. 1290–1333) menerapkan proses penyusunan huruf yang lebih cepat.[180] Pada tahun 1638. Teknik hidrolik dan nautika . menampilkan proyeksi silindris yang mirip dengan proyeksi Mercator dan posisi bintang kutub yang telah dibenarkan berkat pengamatan astronomi Shen Kuo.[176][177] Tipe penggerak menyempurnakan penggunaan metode percetakan blok kayu yang sudah menyebar.[175][176] Koleksi rupa huruf Bi Sheng diturunkan ke salah satu keponakan Shen Kuo. sementara percetakan blok kayu masih digunakan jarang-jarang untuk alasan estetis.[182] Pada abad ke-19.[62][178] Tipe penggerak yang ditemukan oleh Bi Sheng pada akhirnya dikalahkan oleh percetakan blok kayu karena batasan sistem penulisan aksara Cina. dan mencoba menggunakan tipe penggerak timah-logam. mengganti perangkat karakter tipe penggerak tanah liat Bi dengan kayu. surat kabar Beijing mengganti proses percetakan mereka dari kayu menjadi tipe penggerak.Salah satu peta bintang dalam Xin Yi Xiang Fa Yao karya Su Song yang diterbitkan tahun 1092. yang pertama kali dideskripsikan oleh ilmuwan dan negarawan Shen Kuo dalam karyanya Meng Xi Bi Tan (Esai Kolam Mimpi) pada tahun 1088. Kemajuan dalam bidang percetakan ini sangat membantu bidang pendidikan dan pejabat karena lebih banyak buku yang dapat diproduksi dengan lebih cepat.[181] Namun.

palang dimanfaatkan untuk memperkuat kapal. teknik hidrolik dan teknologi nautika mengalami kemajuan yang signifikan. Selain itu. Teknik struktural dan arsitektur Pagoda Lingxiao setinggi 42-m (140 kaki) di Zhengding. .[187] Salah satu inovasi nautika paling penting pada masa Dinasti Song adalah diperkenalkannya kompas magnetik untuk navigasi di laut. orang Cina pada abad ke-11 telah menemukan cara untuk memanfaatkan galangan kering untuk memperbaiki kapal.[187] David Graff dan Robin Higham menyatakan bahwa cara ini "lebih dapat diandalkan" dalam menjangkarkan kapal. sistem pound lock ditemukan. dan juga oleh Zhu Yu dalam karyanya Pembicaraan Meja Pingzhou yang diterbitkan pada tahun 1119. Hal ini membantu mengamankan lalu lintas terusan. Hebei. sehingga permukaan air dapat dinaikkan atau diturunkan untuk bagian terusan tertentu. yang dibangun pada tahun 1045.[183] Pada masa Dinasti Song. konsep yang dipelopori pada tahun 984 oleh Qiao Weiyo. Pada abad ke-10.[187] Rakyat Song juga menyusun jangkar dalam pola sirkular daripada satu arah saja.Rencana dan tampak samping pound lock terusan.[169] Kompas magnetik pertama kali ditulis oleh Shen Kui dalam Esai Kolam Mimpinya pada tahun 1088. Pada periode Song.[186] Di galangan tersebut. orang Cina telah menemukan cara untuk mengangkat dan menurunkan kemudi secara mekanis agar kapal dapat mengarungi perairan dengan berbagai macam kedalaman.[184] Inovasi kompartemen sekat (bulkhead) kedap air membantu kapal agar tidak tenggelam saat lambungnya rusak. tongkang besar juga dapat lewat.[66][185] Apabila kapal rusak.[187] Kemudi yang dipasang di buritan sudah ada semenjak masa Dinasti Han pada abad ke-1.

pengrajin. kuil leluhur dan kuil Buddha. apartemen istana. salah satu sekolah teknik yang bergengsi terletak di Fujian dan dikepalai oleh Cai Xiang (1012–1067) . beberapa jembatan panjangnya mencapai 1220 m. Pengarang seperti Yu Hao (abad ke-10) dan Shen Kuo (abad ke-11) menulis buku yang menguraikan tata letak arsitektur. penggergajian. pengecatan. Proyek bangunan besar-besaran didukung oleh pemerintah. Pagoda tertinggi yang dibangun Song adalah Pagoda Liaodi di Hebei yang dibangun pada tahun 1055.[195] Pemerintah juga mengawasi pembangunan kantor pemerintahan. tembok. yang menerbitkan Yingzao Fashi (Risalah Metode Arsitektur) pada tahun 1103. perbentengan. serta menyajikan rumus mortar dalam pertukangan batu. pembataan. dan teknik struktural.[194] Permainan di Kolam Jinming.Arsitektur pada masa Dinasti Song mencapai kemutakhiran baru.[193] Ia juga menguraikan satuan pengukuran dan dimensional standar untuk semua komponen bangunan yang dideskripsikan dan digambarkan di bukunya. mengembangkan karya Yu Hao dan menyusun kode bangunan standar yang digunakan oleh badan pemerintah dan pengrajin di seluruh kekaisaran. Salah satu yang terkenal adalah Pagoda Besi yang dibangun pada tahun 1049 pada masa Song Utara dan Pagoda Liuhe yang dibangun pada tahun 1165 pada masa Song Selatan. yang menggambarkan kota Kaifeng.[189] Arsitek Li Jie (1065–1110). Li menuliskan ilustrasi detail mengenai komponen arsitektur dan penampang bangunan. bangunan kayu besar dan kecil.[197] Seni Song yang menggambarkan cityscape dan bangunan lain membantu ahli modern untuk merekonstruksi dan memahami arsitektur Song. Ilustrasi tersebut menampilkan penggunaan corbel. seperti didirikannya pagoda Buddha dan pembangunan jembatan besar. lukisan oleh Zhang Zeduan.[191][192] Dalam bukunya. dekorasi.[190] Ia menyampaikan metode standar konstruksi.[188] Shen Kuo juga menyimpan dimensi dan satuan pengukuran Yu untuk berbagai jenis bangunan. Sementara itu. bangunan batu. lengan cantilever. biasanya dari ayah pengrajin ke anaknya. Shen Kuo menyimpan dialog tertulis Yu Hao yang mendeskripsikan isu teknis seperti topangan miring yang dibangun di menara pagoda untuk menahan angin. dan cukup lebar untuk menampung dua jalur. dan insinyur tidak dipandang profesional seperti pejabat. desain. pembuatan genteng. Pagoda yang didirikan kebanyakan tingginya melebihi sepuluh tingkat. ukiran kayu. perbentengan kota. Sekolah teknik struktural dan arsitektur pernah berdiri pada masa Dinasti Song. pengubinan. bangunan bambu.[196] Pekerjaan sebagai arsitek. penggalian. pada masa Song Utara. serta mortise dan tenon. Artis Dinasti Song seperti Li Cheng. Pengetahuan arsitektur telah diturunkan secara lisan selama ribuan tahun di Cina. ketrampilan. Fan . tukang kayu. dengan tinggi 84 m. dan penggunaan parit.

"[202] Sejarawan R. dan tembok kota. Ia mengatakan bahwa lebih penting bagi seorang seniman untuk menangkap sudut pandang holistik suatu lanskap daripada berfokus kepada sudut dan pojok bangunan.[199] Pejabat juga berhasil menemukan wadah perunggu kuno yang dibuat pada masa Dinasti Shang (1600–1046 SM) ydan mengandung aksara Shang.Kuan. ahli Song menemukan kuil kuno Wu Liang (78151). seorang ahli dari Dinasti Han.ukiran di batu dan perunggu dibuat pada saat suatu peristiwa berlangsung dan dapat dipercaya tanpa syarat.[198] Arkeologi Pejabat pada masa Dinasti Song gemar memperoleh barang peninggalan kuno dari situs-situs arkeologi untuk memulihkan penggunaan wadah kuno dalam upacara kenegaraan. Shen mengkritik karya pelukis Li Cheng karena gagal menerapkan asas "melihat yang kecil dari sudut pandang besar" dalam menggambarkan bangunan.[198] Misalnya. seperti wadah ini. Walaupun banyak yang tertarik kepada arkeologi hanya untuk upacara kenegaraan.[201] Perihal ketakterandalan teks sejarah yang ditulis setelah suatu peristiwa berlangsung. praktik ini dikritik oleh Shen Kuo dalam karyanya pada tahun 1088. paviliun. pejabat Zhao Mingcheng (1081–1129) menyatakan ". Guo Xi. Ilmuwan dan negarawan Shen Kuo dikenal karena kritiknya terhadap arsitektur. pagoda. Ia juga mendeskripsikan senjata kuno seperti alat bidik pada busur silang. Zhang Zeduan.[73] Pada abad ke-11.C. Ahli pada masa Dinasti Song mengklaim telah mengumpulkan barang kuno dari masa Dinasti Shang. Ouyang Xiu (1007–1072) menyusun katalog analitis untuk rubbing batu dan perunggu yang memelopori gagasan dalam epigrafi dan arkeologi. dan maka perbedaan [dengan teks sejarah] dapat ditemukan.[199] Akan tetapi. Rudolph menyatakan bahwa kekhawatiran Zhao mengenai sumber kontemporer untuk penanggalan yang akurat itu sejalan dengan . balai.[200] Beberapa mencoba untuk membuat kembali wadah perunggu tersebut dengan menggunakan imajinasi belaka. Ia menentang gagasan rekannya bahwa barang peninggalan kuno dibuat oleh "tetua bijak" terkenal atau oleh aristokrat kuno. Kaisar Huizong. dan Ma Lin melukis bangunan dan juga citra kota yang menampilkan jembatan. Shen menyatakan kerajinan tangan dan wadah yang ditemukan dibuat oleh pengrajin dan orang biasa. beberapa rekan Shen juga memiliki cara pandang yang sama dengannya.. Shen menggunakan teks kuno dan model armilari yang ada untuk membuat benda berdasarkan standar kuno..[199] Sementara itu. mereka menghasilkan rubbing untuk ukiran yang mendekorasi tembok makamnya agar dapat dianalisis di tempat lain.[199] Ia juga tidak menyetujui pemanfaatan benda arkeologis untuk ritual kenegaraan karena Shen mengambil pendekatan interdisipliner terhadap arkeologi dan juga menekankan pembelajaraan fungsionalitasnya dan penyelidikan proses pembuatan benda tersebut. Shen Kuo masih melontarkan lebih banyak kritik.

Kepercayaan tradisional Cina . Konfusianisme.[203] Sementara itu.keprihatinan sejarawan Jerman Leopold von Ranke (1795–1886). Shangdu Bahasa Mongol Mandarin Buddhisme (Cina dan Tibet). Taoisme. yang ia dapati sangat tidak akurat sehingga ia harus "menahan tawa. cari 大元 Dai Ön Ulus Yuan Raya Khanat Kekaisaran Mongol ← → 1271–1368 ← → Wilayah pengaruh Dinasti Yuan di tahun 1294 Ibu kota Bahasa Agama Dadu (sekarang Beijing). ahli Song Hong Mai (1123– 1202) mengkritik katalog arkeologis Bogutu karena "tidak masuk akal".[202] dan hal tersebut memang ditekankan oleh banyak ahli Song."[205] Hong Mai menuduh bahwa hal tersebu Dinasti Yuan Dari Wikipedia bahasa Indonesia.[204] Hong Mai memperoleh wadah kuno dari Dinasti Kuno dan membandingkannya dengan deskripsi di katalog. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi.

1333–1370 Era bersejarah .405.000 km² (5.1260–1294 .128 Mayoritas uang kertas.818.Penaklukan Dinasti Song Selatan .430 mi²) sekitar 62.Jatuhnya Dadu Luas .Pemerintahan Kaisar .Perkiraan 1293 Mata uang Monarki dengan hak pilih terbatas Kublai Khan Ukhaatu Khan Abad pertengahan 18 Desember 1271 19 Maret 1276 14 September 1368 14.000.Sekitar 1310 Populasi .Pendirian . dengan uang koin dalam jumlah kecil Bagian dari seri Sejarah Cina Tiga Maharaja dan Lima Kaisar Dinasti Xia Dinasti Shang Dinasti Zhou Periode Musim Semi dan Musim Gugur Periode Negara Perang Dinasti Qin Dinasti Han Barat Dinasti Xin Dinasti Han Timur Tiga Negara/Kerajaan Dinasti Jin Enam Belas Negara Dinasti Selatan dan .

ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi. Jenghiz Khan sebagai kaisar pertama Dinasti Yuan. cucu dari Jenghiz Khan yang mendirikan kekaisaran terbesar dalam sejarah dunia. Dinasti Ming Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Dinasti asing berarti dinasti yang bukan didirikan oleh orang Han karena di zaman dulu. Dinasti ini didirikan oleh Kublai Khan. cari 大明 Ming Raya Kekaisaran . Bahasa Mongol: Dai Ön Yeke Mongghul Ulus) (1271 .Utara Dinasti Sui Dinasti Tang Lima Dinasti dan Sepuluh Negara Dinasti Liao Dinasti Song Xia Barat Kekaisaran Jin Dinasti Yuan Dinasti Ming Dinasti Qing Republik Cina (Taiwan) Republik Rakyat Cina sunting Dinasti Yuan (Hanzi: 元朝. hanyu pinyin: yuan chao. Walaupun Kublai Khan secara de-facto adalah pendiri Dinasti Yuan.1368) adalah satu dari dua dinasti asing di Cina (yang lainnya adalah dinasti Qing). Han adalah satu-satunya yang dianggap mewakili entitas China. namun ia menempatkan kakeknya.

Konfusianisme. Taoisme.→ ← 1368–1644 → Dinasti Ming pada masa pemerintahan Kaisar Yongle Nanjing Ibu kota (1368-1421) Beijing (1421-1644) Bahasa Mandarin Buddhisme. Kepercayaan tradisional Cina Monarki Agama Pemerintahan Kaisar .1627-1644 Kaisar Hongwu Kaisar Chongzhen .1368-1398 .

Menteri .1368-1375 . kertas uang ¹ Didasarkan atas perkiraan C.000 Koin.000.Perkiraan 1644 Mata uang 72. Peers dalam buku Late Imperial Chinese Armies: 1520-1840 .000 km² (2.Jatuhnya Beijing ke 6 Juni 1644 tangan Li Zicheng .Didirikan di Nanjing .1450 6.509.Runtuhnya Ming Selatan Luas .700.1625-1627 Sejarah .664 mi²) April 1662 Populasi .1572-1582 .J.000 65.000¹ 150.Perkiraan 1400 .Perkiraan 1600 .Perkiraan 1393 .000.500.Insiden Jingnan 23 Januari 1368 Juli 1399 Liu Ji Yan Song Tan Lun Zhang Juzheng Ye Xianggao Zhu Guozhen .000¹ 100.1568-1573 .-1568 .000.1621-1625 .

Bagian dari seri Sejarah Cina Tiga Maharaja dan Lima Kaisar Dinasti Xia Dinasti Shang Dinasti Zhou Periode Musim Semi dan Musim Gugur Periode Negara Perang Dinasti Qin Dinasti Han Barat Dinasti Xin Dinasti Han Timur Tiga Negara/Kerajaan Dinasti Jin Enam Belas Negara Dinasti Selatan dan Utara Dinasti Sui Dinasti Tang Lima Dinasti dan Sepuluh Negara Dinasti Liao Dinasti Song Xia Barat Kekaisaran Jin Dinasti Yuan Dinasti Ming Dinasti Qing Republik Cina (Taiwan) .

1 Pemerintahan Hongwu  1. kekuatan ini dikenal sebagai Ming Selatan. Beijing jatuh ke tangan pemberontak yang dipimpin oleh Li Zicheng. Di penghujung Dinasti Ming. Ia juga melalukan pembangunan ekonomi.3 Era kejayaan Yongle  1. Zhu Yuanzhang. Dà Míng Guó). Daftar isi  1 Kronologi sejarah o 1.1 Invasi Mongol . Dinasti ini adalah dinasti bangsa Han yang terakhir memerintah setelah Dinasti Song. hanyu pinyin: ming chao) (1368 . Awal Dinasti Ming ditandai dengan masa-masa ketenangan dan kemakmuran di bawah Kaisar Hongwu.2.1. dengan ibukotanya di Yingtian (sekarang Nanjing) sebelum putranya. Setelah Beijing dikuasai oleh suku Manchu. Ming Selatan kemudian berhasil dihancurkan oleh Kaisar Kangxi pada tahun 1683.2.1. Zhu Yuanzhang berhasil mengusir bangsa Mongol kembali ke utara dan menghancurkan Dinasti Yuan yang mereka dirikan.000. mereka kemudian mendirikan Dinasti Qing yang menandai runtuhnya Dinasti Ming. Dalam sejarah.650.Republik Rakyat Cina sunting Dinasti Ming (Hanzi: 明朝. Ia mendirikan dinasti Ming (大明國.000 kepala keluarga atau 65. Kaisar Hongwu melakukan reformasi pada sistem pemerintahan dan birokrasi dengan membentuk organ birokrasi baru yang saling mengimbangi untuk mencegah munculnya lembaga pemerintah yang mempunyai wewenang terlalu besar.2 Insiden Jingnan  1.1 Awal berdiri  1. menghentikan segala ekspedisi militer untuk memberi rakyat waktu dan ketenangan untuk melakukan tanggung jawab mereka di bidang masing-masing.4 Pemerintahan Renxuan o 1. pemberontakan marak di seluruh negara dan pada puncaknya. Zhu Di.2. Kebijakan ini berhasil ditandai dengan peningkatan jumlah populasi sampai dengan 10. Kekalahan ini menyebabkan Chongzhen menggantungkan dirinya di bukit di belakang Kota Terlarang.2 Pemberontakan petani  1.3.2.1644) adalah dinasti satu dari dua dinasti yang didirikan oleh pemberontakan petani sepanjang sejarah Cina. Sisa-sisa kekuatan yang setia kepada Dinasti Ming kemudian mengungsi ke selatan Cina dan meneruskan perlawanan secara terpisah.3 Berdirinya Dinasti Ming o 1.1. yang menjadi kaisar ke-3 memindahkan ibukota ke Shuntian (sekarang Beijing). Li yang bersengketa dengan Wu Sangui menangkapi keluarganya di Beijing menyebabkan Wu memutuskan untuk menyerah kepada suku Manchu yang kemudian menaklukkan Li Zicheng dan menguasai Beijing pada tahun 1644. Pada tahun 1368. Yingtian kemudian berganti nama menjadi Nanjing (ibukota selatan).3 Era pertengahan (1436-1573)  1.1 Penghujung Dinasti Yuan  1.000 jiwa pada tahun 1393.2 Masa kejayaan awal (1368-1436)  1.

Penghujung Dinasti Yuan juga ditandai dengan pemerintahan yang korup. Pemberontakan ini dikenal dengan Pemberontakan Serban Merah yang meletus pada bulan Mei 1351.3. Perekonomian ambruk dan bencana kelaparan merebak di mana-mana. Sungai Kuning meluap menyebabkan banjir besar. Tahun berikutnya. Diskriminasi kekaisaran terhadap suku Han yang mayoritas sangat kentara dengan pembagian kasta yang didasarkan atas etnisitas. Yingtian inilah yang kemudian menjadi ibukota yang baru setelah Dinasti Ming berdiri. dengan kekuatannya sendiri. Suku Han dialokasikan di dua kasta terendah pada zaman tersebut. Tahun 1351. Jasa Zhu kemudian menarik perhatian Guo yang akhirnya menikahkan putri angkatnya kepada Zhu. Pemberontakan petani Hiperinflasi dan ketidakpuasan atas kerja paksa menanggulangi bencana banjir Sungai Kuning menyebabkan pecahnya pemberontakan petani secara massal.1 Pembagian administrasi 3 Lihat pula 4 Referensi Kronologi sejarah Awal berdiri Penghujung Dinasti Yuan Dinasti Yuan adalah dinasti yang didirikan oleh bangsa Mongol yang dianggap sebagai bangsa asing oleh suku Han.2 Restorasi Kaisar Zhengtong 2 Wilayah o 2. Kekaisaran kemudian memerintahkan seluruh ratusan ribu petani dan tentara untuk memperbaiki bendungan Sungau Kuning. ia berhasil menaklukkan Jiqing (sekarang Nanjing. Berdirinya Dinasti Ming Zhu Yuanzhang kemudian memutuskan untuk berbasis di Yingtian untuk memusatkan kekuatan demi mempersatukan daratan Cina. situasi Zhu di wilayah Yingtian . Pada saat ini. Setelahnya. Kerja paksa ini menyebabkan ketidakpuasan rakyat mencapai puncaknya. Pada awalnya. Guo Zixing memimpin pemberontakan dan berhasil menguasai wilayah Haozhou (sekarang Kabupaten Fengyang. Zhu kemudian meninggalkan Haozhou dan memperkuat diri sendiri. pajak dan inflasi yang tinggi.    1. Hal ini diperparah dengan tingkah laku bangsawan Mongol yang sewenangwenang. Bencana ini memperparah kondisi perekonomian yang telah sangat kacau. Anhui). Zhu Yuanzhang ikut berpartisipasi dan berjasa dalam beberapa pertempuran. Kekaisaran kemudian mengganti mata uang yang telah beredar sejak zaman Kublai Khan dengan mata uang baru. Tahun 1356. Mata uang baru ini kemudian dicetak dalam jumlah besar sehingga menyebabkan hiperinflasi. Jiangsu) dan mengganti nama menjadi Yingtian.

Kemudian ia menerima nasihat Zhu Sheng untuk memperkuat pertahanan dan memusatkan perhatian pada perbaikan logistik dan tidak terlalu gegabah untuk mengangkat diri sendiri menjadi raja. Pada tahun itu juga. Chen Youliang pada tahun 1360. Zhu Yuanzhang mengangkat diri sebagai kaisar pada tahun 1368. meringankan pajak dan beban petani dan menghukum berat para pejabat yang korup. Hu Weiyong. ia terkenal sebagai kaisar yang kerap menjatuhkan hukuman kepada para menterinya. Dalam waktu tiga tahun. Di antaranya dengan mengembalikan gerak roda perekonomian. Lan Yu dan Chen Ning. Dalam tahun yang sama. hampir seluruh pejabat kekaisaran yang berjasa dalam pendirian Dinasti Ming kecuali Tang He dihukum mati oleh Kaisar Hongwu. memulai sejarah Dinasti Ming selama 300 tahun ke depan. Ia kemudian berhasil memukul mundur pasukan Chen ke Jiangzhou. Suku Mongol kemudian berhasil diusir kembali ke padang rumput Mongol. melakukan reformasi birokrasi Dinasti Yuan. Ia menetapkan Hongwu sebagai tahun pemerintahan sehingga ia dikenal juga sebagai Kaisar Hongwu. Setelah ini. Zhu juga menghancurkan kekuatan Fang Guozhen yang pada saat itu menguasai wilayah pesisir Zhejiang. Kebijakan ini menyebabkan Zhu dapat memperkuat dirinya dalam waktu singkat. Tahun 1367. Kaisar Hongwu juga . Pada akhirnya. Ibukota Yuan. Zhu berhasil menaklukkan Zhang Shicheng. Ia takut pejabat kekaisaran menyalahgunakan wewenang dan kekuasaan mereka untuk kepentingan diri sendiri yang pada akhirnya dapat mengancam dan membahayakan kekuasaannya. Zhu Liangxiang. Kaisar Hongwu menaklukan pemberontak Ming Yuzhen di Sichuan pada tahun 1371. Dalam pada itu. Setelah keberhasilan ini. Kaisar Hongwu melaksanakan kebijakan untuk menenangkan rakyat.sangat tidak strategi buat mengumpulkan kekuatan dalam waktu singkat. Kaisar Hongwu juga merupakan kaisar yang penuh kecurigaan terhadap para menterinya. pemberontak lainnya dan menguasai Pingjiang (sekarang Suzhou. Dadu berhasil dikuasai dan dibumi-hanguskan atas perintah Kaisar Hongwu. Ia kemudian menyerang kekuatan pemberontak lainnya. Pada menteri terkenal yang dibunuh antara lain adalah Liau Yongzhong. Sepuluh tahun kemudian. wilayah pesisir sebelah timur Yingtian. Zhu berhasil menghancurkan kekuatan Chen. Kekaisaran Yuan yang saat itu telah melemah tidak dapat menghambat tentara Ming yang saat itu bermoral tinggi karena kemenangan demi kemenangan. Masa ini dikenal sebagai pemerintahan Hongwu dalam sejarah. Masa kejayaan awal (1368-1436) Pemerintahan Hongwu Artikel utama untuk bagian ini adalah: Era Hongwu Setelah berhasil mendirikan Dinasti Ming. hancurnya kekuatan Raja Liang dari Dinasti Yuan di Yunnan mengukuhkan penyatuan Cina daratan di bawah Dinasti Ming. Jiangsu). Li Wenzhong. Setelah berhasil menghancurkan Dinasti Yuan. Kaisar Hongwu melakukan ekspedisi ke utara untuk mempersatukan Cina.

namun akhirnya berhasil dimenangkan oleh Zhu Di pada tahun 1402. Zhu Di yang selanjutnya menjadi Kaisar Yongle.membentuk badan intelijen yang selanjutnya makin mengukuhkan kekuasaan absolut di tangannya. Zhu Di akhirnya melakukan penyerangan ke ibukota Nanjing pada tahun 1399 atas saran dari penasihatnya Yao Guangxiao. Beiping kemudian berganti nama menjadi Beijing. Raja Yan. Zhu Di lalu naik tahta dengan gelar Chengzu. Pada tahun 1406. Zhu Yunwen sendiri adalah anak dari Zhu Biao. istana kekaisaran dibangun di Beiping (sekarang Beijing) dan menggunakan Beiping sebagai basis untuk melakukan ekspedisi ke Mongolia. Annam (sekarang Vietnam) berhasil ditaklukkan dan kemudian menjadi protektorat Ming. Kaisar Jianwen. Qi Tai melakukan pembersihan lawan-lawan politiknya yang masingmasing memiliki kekuatan sendiri di seluruh negeri. Sampai pada tahun 1422. . anak sulung Zhu yang mati muda sebelum sempat naik tahta. Lima raja berhasil diturunkan dari tahta dan menjalani hukuman sebagai rakyat biasa. anak dari mendiang Kaisar Hongwu. Era kejayaan Yongle Artikel utama untuk bagian ini adalah: Era kejayaan Yongle Di masa pemerintahan Kaisar Yongle. Perang saudara pecah antara Kaisar Jianwen dan Zhu Di. Lawan politik yang dimaksud adalah para raja yang sebenarnya masih merupakan pamannya sendiri. mempunyai kekuatan paling besar kemudian melakukan kudeta saat mendengar bahwa kekuatannya akan menjadi target pembersihan selanjutnya oleh Kaisar Jianwen. Zhu Di adalah anak keempat dari Kaisar Hongwu. Kaisar Yongle juga memimpin ekspedisi ke utara untuk memukul mundur bangsa Mongol ke Asia Tengah demi mencegah ancaman dari mereka. Kaisar Hongwu wafat dan digantikan oleh Kaisar Jianwen. Zhu Yunwen adalah cucu tertua dari Zhu Yuanzhang. Tahun 1405. menetapkan era pemerintahan sebagai Yongle sehingga dikenal juga sebagai Kaisar Yongle. Kaisar Jianwen hilang dan tidak diketahui nasibnya setelah insiden berdarah ini. Ming mengalami masa kejayaan awal. Ekspedisi militer dilakukan oleh Kaisar Yongle untuk mempertahankan kejayaan ini. Tahun 1398. pembangunan dan perkembangan Beiping sangat pesat dan Kaisar Yongle kemudian menitahkan untuk memindahkan ibukota dari Nanjing ke Beiping. Insiden Jingnan Artikel utama untuk bagian ini adalah: Insiden Jingnan Insiden Jingnan adalah peristiwa kudeta berdarah karena perebutan tahta kekaisaran antara Kaisar Jianwen dan Raja Yan. Kaisar Yongle juga memerintahkan Zheng He untuk memimpin ekspedisi maritim ke lautan selatan. Kaisar Jianwen atas nasihat menterinya. Tujuh kali ekspedisi melayari lautan sampai ke Madagaskar.

di balik masa kejayaan ini. Setelah Kaisar Hongxi mangkat. Ekspedisi ini menjadi ekspedisi terakhir bagi Zheng He karena ia kemudian meninggal di Guli.Masa pemerintahan Yongle ditandai dengan kedamaian dan kemajuan yang pesat di seluruh negeri. . Dalam catatan sejarah. Kaisar Xuande merasakan bahwa pengiriman upeti dari negara-negara protektorat Ming menyusut. Ia juga mempromosikan produksi rakyat demi perkembangan ekonomi. Era pertengahan (1436-1573) Invasi Mongol Pada tahun 1435. Kaisar Yongle bukanlah seorang kaisar yang pengasih. sebuah kota di pesisir India. Oleh karenanya. Malangnya. meringankan hukuman penjara dan melakukan penghematan di banyak bidang. Namun. Zhu Gaochi. Walaupun ada berbagai kekurangan di atas. Era ini dikenal sebagai pemerintahan Renxuan (仁宣之治) diambil dari gelar kedua kaisar yang memerintah. Pemerintahan Renxuan Setelah Kaisar Yongle wafat pada tahun 1424. ia meninggal tahun berikutnya dalam usia 48 tahun. Zhu Qizhen naik tahta dengan gelar Yingzong dan era tahun Zhengtong. ditandai dengan peristiwa penjatuhan hukuman mati sepuluh kerabat kepada Fang Xiaoru. Kaisar Xuande juga dijuluki sebagai kaisar jangkrik karena ia sangat gemar memelihara dan berlaga jangkrik. Masa pemerintahan Kaisar Xuande diwarnai dengan campur tangan kasim dalam keputusan kekaisaran yang dilarang sejak masa pemerintahan Kaisar Hongwu. Walau era pemerintahannya sangat pendek. Kaisar Yongle wafat pada tahun 1424 dan digantikan oleh anaknya. Pada tahun 1431. anaknya Zhu Zhanji meneruskan tahta kekaisaran dan kebijakan yang ditinggalkan sang ayah. Beberapa lukisannya menjadi lukisan ternama dalam sejarah Cina. ia memerintahkan Zheng He untuk mempersiapkan ekspedisi maritim ketujuh. Hukuman yang dijatuhkan kepada lawan politik dan oposisi tidak berkurang. Ini merupakan peristiwa satu-satunya di dalam sejarah Cina yang biasanya hanya membunuh sampai sembilan kerabat. masa ini dikenal sebagai era kejayaan Yongle (永樂勝世). mengampuni banyak tawanan politik. Hal ini menyebabkan para menteri dan kasim di istana berlomba-lomba untuk memberikan hadiah jangkrik kepada sang kaisar. namun pada masa ini rakyat Ming mengalami kehidupan yang relatif aman dan tenteram. Era pemerintahan diganti menjadi Hongxi. Zhengtong dan Tianshun setelah restorasi tahta kekaisaran. Ia bertahta sebagai Kaisar Xuande dan terkenal akan kemahirannya dalam seni lukis. Kaisar Zhengtong adalah satu-satunya kaisar dinasti Ming yang memerintah dengan dua era pemerintahan. namun Kaisar Hongxi melakukan banyak keputusan yang penting di antaranya menghentikan ekspedisi maritim Zheng He dan ekspedisi militer. Renzong dan Xuanzong. anak sulungnya Zhu Gaochi naik tahta menggantikannya sebagai kaisar.

Wang secara terang-terangan melanggar peraturan Kaisar Hongwu bahwa kasim tidak diperbolehkan untuk mencampuri urusan kenegaraan. Restorasi Kaisar Zhengtong Kaisar Zhengtong yang dilepaskan oleh Esen Khan kemudian pulang ke Beijing. Dalam pertempuran di kastil Tumu ini.Masa pemerintahan Kaisar Zhengtong diwarnai dengan penyalahgunaan wewenang oleh kasim ternama. Esen Khan kemudian mundur bersama pasukannya dengan membawa Kaisar Zhengtong sebagai tawanan. Setelah kabar bahwa insiden ini sampai ke Beijing. Zhu Qiyu untuk meneruskan tahta kekaisaran demi kelanjutan dinasti. Wang Zhen lalu memaksa Kaisar Zhengtong untuk memimpin langsung 500. Seiring dengan ini. Namun kebenaran peristiwa ini tidak diakui oleh sejarah resmi kekaisaran. Yu Qian kemudian memimpin pasukan Ming keluar Beijing dan memukul mundur pasukan Oirat. kekuatan suku Oirat di Asia Tengah makin meningkat. pengawal kekaisaran yang tidak puas akan tindak tanduk Wang. kepulangannya ini tidak disambut gembira oleh Kaisar Jingtai. Kaisar Zhengtong berhasil ditawan oleh Esen Khan. Esen Khan dari Oirat menginvasi Beijing. dikatakan bahwa Wang tewas karena dibunuh oleh jenderal Fan Zhong. Yu Qian yang kemudian menyarankan supaya adik dari Kaisar Zhengtong. Wang Zhen. Esen Khan sampai ke Beijing namun tidak berhasil menguasai Beijing karena pertahanan kota yang relatif kuat karena strategi pertahanan Yu Qian. sang adik yang bertahta menggantikannya selama menjadi tawanan. Wang adalah seorang guru kekaisaran yang kemudian dikebiri untuk menjadi kasim di dalam istana. sedangkan Wang tewas dalam pertempuran. menteri-menteri kuatir akan keselamatan mereka bila Beijing jatuh ke tangan Oirat mengusulkan untuk memindahkan ibukota ke Nanjing dan menyerahkan Beijing. ia mengambil rute jalan yang lebih jauh sehingga menyebabkan pasukan Oirat berhasil mengejar pasukan Ming sesampai Kastil Tumu. Malangnya. Zhu kemudian naik tahta dengan gelar Daizong dan era pemerintahan Jingtai. namun menyusun strategi pertahanan yang lebih kuat dan selanjutnya mengusir pasukan Oirat lebih jauh ke utara. Kuatir kampung halamannya akan luluh lantak setelah dilewati pasukan Ming. Selama kurun waktu tujuh tahun dengan latar belakang sebagai kasim kesayangan kaisar. Dalam beberapa catatan sejarah tidak resmi. Mendengar kekalahan ini. Namun usulan ini ditolak oleh salah seorang menteri. Wang Zhen lalu takut untuk meneruskan pertempuran melawan Mongol dan memerintahkan seluruh pasukan untuk mundur. Peristiwa ini dikenal sebagai Insiden Tumu dalam catatan sejarah. tindak-tanduknya yang korup semakin merajalela. Pada tahun 1449. Esen Khan memperlakukan Kaisar Zhengtong dengan baik dan kemudian melepaskannya setelah merasa bahwa tidak ada gunanya lagi menawan sang kaisar pada tahun 1450. Karena pasukan ini tidak terlatih dan juga bermoral rendah menyebabkan garis depan dapat dikalahkan oleh pasukan Mongol.000 tentara keluar dari Beijing untuk menahan serangan Mongol. Yu Qian tidak menghiraukan tawaran damai dari Esen Khan sebagai tebusan atas Kaisar Zhengtong. .

Lebih jauh. Wilayah Pembagian administrasi Peta Dinasti Ming pada tahun 1580 Di awal berdirinya Dinasti Ming. Yingzong bertahta kembali sebagai kaisar dengan era tahun Tianshun. Sepeninggal Zhu Jianji. Sebaliknya. Kaisar Hongwu meneruskan administrasi dari dinasti sebelumnya. Zhu Jianji yang tak lama kemudian meninggal karena sakit. malah menjatuhkannya sebagai tahanan rumah di Istana Selatan. Kaisar Jingtai memberikan gelar Maha Kaisar. namun kemudian melakukan reformasi untuk membatasi wewenang pejabat daerah. Kaisar Jingtai sakit parah dan beberapa menteri merencanakan kudeta untuk merestorasi Yingzong sebagai kaisar. Kaisar Jingtai yang tidak mempunyai putra lainnya tidak juga mengembalikan kedudukan Zhu Jianshen sebagai putra mahkota. Pada tahun 1457. Dinasti Ming Selatan . namun ia tidak keluar menyambut Kaisar Zhengtong di gerbang kota. di antaranya Yu Qian. Kaisar Jingtai kemudian diturunkan kedudukannya menjadi raja dan meninggal sebulan kemudian.Walaupun atas saran para menteri. Zhu Jianshen yang sebelumnya adalah putra mahkota dicabut gelarnya dan digantikan oleh anak Kaisar Jingtai. Kudeta ini menyebabkan beberapa menteri yang setia kepada Jingtai dijatuh hukuman mati.

ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi. Taoisme.Kematian Kaisar Dingwu pada tahun 6 Juni 1664 1664 Koin.Didirikan di 19 Juni 1644 Nanjing . Kepercayaan tradisional Cina Monarki Kaisar Hongguang (Kaisar pertama) Kaisar Dingwu (Kaisar terakhir) Sejarah . kertas uang Mata uang Bagian dari seri Sejarah Cina Tiga Maharaja dan . cari 南明 Dinasti Ming Selatan Kekaisaran 1644–1664 → Ibu kota Bahasa Agama Pemerintahan Kaisar .Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Konfusianisme.1644-1645 .1646-1664 Tidak disebutkan Mandarin Buddhisme.

Lima Kaisar Dinasti Xia Dinasti Shang Dinasti Zhou Periode Musim Semi dan Musim Gugur Periode Negara Perang Dinasti Qin Dinasti Han Barat Dinasti Xin Dinasti Han Timur Tiga Negara/Kerajaan Dinasti Jin Enam Belas Negara Dinasti Selatan dan Utara Dinasti Sui Dinasti Tang Lima Dinasti dan Sepuluh Negara Dinasti Liao Dinasti Song Xia Barat Kekaisaran Jin Dinasti Yuan Dinasti Ming Dinasti Qing Republik Cina (Taiwan) Republik Rakyat Cina sunting Dinasti Ming Selatan (Chinese: 南明. Sisa . dan kemudian oleh bangsa Manchu. Dinasti Qing. pinyin: Nán Míng) merujuk kepada rejim kelompok yang setia kepada Dinasti Ming yang berdomisili di wilayah Cina selatan dari tahun 1644 sampai 1664 setelah jatuhnya Dinasti Ming dan dikuasainya kota Beijing oleh pemberontak Li Zicheng. setelah menerobos dinding kota Beijing. Kaisar Chongzhen bunuh diri pada hari berikutnya untuk menghindari penghinaan oleh para pemberontak. Pada tanggal 24 April 1644. pasukan pemberontak Li Zicheng memproklamasikan berdirinya Dinasti Shun.sisa keluarga .

Dinasti Qing yang telah menguasai bagian timur laut di luar Shanhaiguan dan juga sebagian besar suku .1 Awal Berdiri o 1. yang dipimpin oleh Li Zicheng berpusat pada bagian utara Sungai Huai. Bangsa Manchu. Ketika Pangeran Fu tiba di sekitar Nanjing dari Henan. Daftar isi   1 Kronologi Sejarah o 1. sebelah selatan dari Sungai Yangtze. pengadilan memutuskan pengambil alihan pemerintahan akan diberikan kepada Zhu Yousong. Pangeran Fu memasuki kota Nanjing. Shi Kefa meyakinkan para anggota kerajaan lainnya untuk menerima pentakhtaan itu.sisa kekuatan Dinasti Ming yang bisa bertahan di sebelah selatan Sungai Huai. yang telah hadir di Nanjing dua hari lebih awal dengan armada perang yang besar. bekas ibukota Ming. para pejabat berpendapat bahwa terlalu awal untuk menentukan Kaisar baru. Pejabat tertinggi di Nanjing segera mengadakan rapat darurat untuk mendiskusikan bagaimana menghadapi krisis. Karena pewaris tahta kerajaan belum jelas diketahui pada waktu itu. dimana dia menerima lencana dan tanda penguasa yang baru. Akan tetapi sebagian besar pejabat berpendapat bahwa seorang figur dari keluarga kerajaan sangat diperlukan untuk menyatukan simpatisan Ming di daerah selatan.2 Koxinga o 1. Alhasil. dia mendapatkan dukungan militer dan politik dari Ma Shiying (馬士英)dan Shi Kefa. Karena takut akan berhadapan dengan Ma Shiying dan pendukung lain Pangeran. Zhang Xianzhong membentuk rezim barat (Chinese : 大西) menguasai provinsi Sichuan. Pada tanggal 5 Juni. "Sejarah Ming" yang ditulis pada abad ke-18 pada masa Dinasti Qing menyalahkan Ma Shiying tidak . Pangeran Fu yang merupakan pewaris berikutnya setelah kematian putera Kaisar Chongzhen.kerajaan Ming dan para pejabat mencari perlindungan di bagian Cina selatan dan bergabung kembali di sekitar kota Nanjing. hari berikutnya dia menerima gelar "Pelindung Negara" (監國) dan pada tanggal 7 Juni dia pindah ke istana kerajaan. Pangeran Fu mulai berpikir untuk menjadi seorang Kaisar.3 Jatuhnya Dinasti 2 Referensi Kronologi Sejarah Awal Berdiri Berita tentang bunuh diri Kaisar Chongzhen membuat kepanikan massal ketika sampai di kota Nanjing pada pertengahan Mei 1644.suku Mongol. Mendapat dukungan dari beberapa pejabat kerajaan. Pada awal Juni 1644. diantaranya :     Dinasti Shun. lebih kurang satu tahun lamanya. muncul empat kelompok kekuatan. Sisa . Akhirnya diputuskanlah tahun kamariah berikutnya akan menjadi tahun pertama era Kaisar Hongguang (弘光) Era Hongguang hanya berlangsung singkat. Pangeran Fu secara resmi bertahta sebagai Kaisar pada tanggal 19 Juni 1644 dibawah perlindungan Ma Shiying.

Pada hari kesembilan. dengan anggapan bahwa populasi anti-Qing terbanyak berada disana. dekat Pulau Yangsan. menyisakan pasukan kecil untuk menjaga markasnya. Ketika pasukan Koxinga bergabung dengan Zhang Huanyan di Sungai Yangtze. bulan kedelapan ekspedisi Koxinga.000 pasukan militer dan tenggelamnya 40 kapal perang. haus kekuasaan dan kekayaan serta haus akan balas dendam pribadinya yang menyebabkan jatuhnya pemerintahan Hongguang. Ruian. . Koxinga memilih kota Nanjing. Koxinga memotong rantai besi dengan kapak dan membakar rakit kayu musuh. Zhang Guo Gong (漳国公). salah satu Kaisar Dinasti Ming Selatan. dan membangun rakit kayu dilengkapi dengan pasukan dan meriam. Pasukan militer Koxinga melalui Zhejiang. mempersiapkan kembali pasukan dan menunggu waktu yang tepat untuk menyerang. Pinyang. Perjuangan Hongguang dilanjutkan oleh Pangeran lain dari keluarga kerajaan. yang dulunya menjadi pilihan Kaisar Hongwu untuk dijadikan ibukota negara.memiliki wawasan luas. berkolaborasi dengan komandan militer lainnya yaitu Zhang Huanyan. Wenzhou dan Zhousan. Pada bulan kelima. Gubernur Qing. pertahanan pasukan Qing melemah dan akhirnya Koxinga dengan cepat sampai di Nanjing. yang lebih dikenal dengan nama Koxinga. dianugerahi gelar Wei Yuan Hou (威远候). Quanzhou dan Zhengjiang dengan menempatkan rantai besi yang panjang di sepanjang sungai. Pada tahun ke-11 pemerintahan Yongli. tahun ke-12 pemerintahan Yongli. Gunung Fu. kota Xiamen.000 pasukan dan 290 kapal perang untuk menyerang Nanjing. dan Yan Ping Wang (延平王) oleh Kaisar Yongli. berbagai komandan militer anti-Qing berkumpul di Fujian untuk mendiskusikan target ekspedisi militer ke wilayah utara. menyebabkan kematian 8. Koxinga memimpin 100. serta kerusakan pada kapal perang lainnya. memerintahkan peningkatan kekuatan pertahanan di sekeliling Pulau Chongmin. Koxinga memerintahkan untuk menunda perjalanan dan memperbaiki kapal perang. sebuah angin topan membawa kerugian besar bagi armada perang. Koxinga Patung Koxinga Zheng Chenggong.

Pada akhirnya perhimpunan ini berkembang menjadi sebuah organisasi kriminal pada masa sekarang ini yang terkenal dengan sebutan Triad. Setelah menderita kekalahan yang memalukan di Nanjing. Pangeran Tang yang lain. Pangeran Tang. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi. yaitu memulihkan kembali Dinasti Ming. Jatuhnya Dinasti Faktor utama kehancuran Dinasti Ming Selatan adalah tidak kompaknya para pangeran keluarga kerajaan yang haus kekuasaan dan mementingkan diri sendiri. dimana menjadi pukulan terbesar bagi gerakan anti-Qing olehnya. Pangeran Lu. yaitu Kaisar Dingwu pada masa pemerintahan Kaisar Kangxi. Koxinga memutuskan untuk mundur dan kembali ke Xiamen. Para pangeran yang berjuang untuk memulihkan Dinasti Ming diantaranya adalah Pangeran Fu. Sisa . Kaisar . Walaupun tujuannya adalah sama. salah satu yang terkenal adalah "Perhimpunan Surga dan Bumi" yang dibentuk pada tahun 1654. cari 大清 Qing Raya Kekaisaran ← 1644–1912 ← → Bendera (1890–1912) Lagu kebangsaan Gong Jin'ou (1911) . Referensi Dinasti Qing Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Pangeran Luh. Pangeran Gui dan Pangeran Han.sisa simpatisan Ming tetap melanjutkan perjuangan sampai jatuhnya Dinasti Qing pada tahun 1912. jatuhnya Dinasti ditandai dengan wafatnya Kaisar terakhir Ming Selatan.Sayangnya Koxinga terperangkap oleh jebakan dan kepungan Pasukan Qing. Pangeran Huai. kaisar ketiga Dinasti Qing. Sejarawan Cina menyimpulkan pertempuran Nanjing merupakan momen terpenting dalam kehidupan Koxinga. beberapa Jenderal bawahan Koxinga gugur dalam pertempuran.kaisar Dinasti Ming Selatan berkuasa dalam waktu yang relatif singkat.

Wilayah kekuasaan Qing Raya di tahun 1820

Shengjing Ibu kota
(1636–1644)

Beijing
(1644–1912)

Bahasa Pemerintahan Kaisar - 1626–1643 - 1908–1912 Perdana Menteri - 1911 - 1911–1912 Sejarah - Pengubahan nama dari Jin Akhir menjadi Qing Raya - Penaklukan Beijing - Penyatuan seluruh daratan Cina - Revolusi Xinhai Populasi - Perkiraan 1740 - Perkiraan 1776 - Perkiraan 1790 - Perkiraan 1812 - Perkiraan 1820 Mata uang

Mandarin Bahasa Manchu Monarki Huang Taiji Kaisar Xuantong Yikuang Yuan Shikai

1636

1644 1662 12 Februari 1912 140.000.000 311.500.000 300.000.000 360.000.000 383.100.000 Yuan, Koin Cina

Kekaisaran Qing

Negara

Cina

Keluarga induk

Gelar

Kaisar

Pendiri

Nurhaci

Penguasa akhir

Kaisar Xuantong (Pǔyí)

Penguasa saat ini

Hengzhen

Tahun berdiri

1644

Turun tahta

1912

Etnis

Manchu

Bagian dari seri Sejarah Cina
Tiga Maharaja dan Lima Kaisar Dinasti Xia Dinasti Shang Dinasti Zhou Periode Musim Semi

dan Musim Gugur Periode Negara Perang Dinasti Qin Dinasti Han Barat Dinasti Xin Dinasti Han Timur Tiga Negara/Kerajaan Dinasti Jin Enam Belas Negara Dinasti Selatan dan Utara Dinasti Sui Dinasti Tang Lima Dinasti dan Sepuluh Negara Dinasti Liao Dinasti Song Xia Barat Kekaisaran Jin Dinasti Yuan Dinasti Ming Dinasti Qing Republik Cina (Taiwan) Republik Rakyat Cina
sunting

Peta pengaruh Dinasti Qing

4 Pemberontakan dan Imperialisme Barat o 1.3 Masa Keemasan o 1. Aisin Gioro Nurhachi (Pinyin: Aixīnjuéluó Nǔ'ěrhāchì 爱新觉罗努尔哈赤努/愛新覺羅努爾哈赤) menyatukan clan-clan suku Jurchen (sebutan sebelum diubah menjadi Manchu) dan mendirikan dinasti Jin akhir (Hou Jin) pada tahun 1609 di yang sekarang adalah wilayah timur laut Cina. Pinyin: dàqīng diguó) dan juga nama bangsanya dari Jurchen menjadi Manchu.1 Pembentukan Negara Jin o 1. Huangtaiji mengubah nama negaranya dari 'Jin' (secara harfiah berarti emas) menjadi 'Qing' (secara harfiah artinya murni) sehingga naman negaranya Kekaisaran Qing Agung (Hanzi: 大清帝国/大清帝國. bersama-sama dengan Ji'erhalang.6 Jatuhnya Dinasti 2 Wilayah 3 Sosial Budaya dan Agama 4 Hubungan Luar Negeri 5 Referensi 6 Tokoh-tokoh Terkenal 7 Lihat pula Sejarah Pembentukan Negara Jin Setelah melepaskan diri dari pengaruh Dinasti Ming yang kian melemah. Dinasti ini didirikan oleh orang Manchuria dari klan Aisin Gioro (Hanyu Pinyin: Aixinjueluo).5 Pemerintahan di balik tirai o 1. hanyu pinyin: Qīng Chao) (1644 . Aixinjueluo Fulin naik tahta menjadi Kaisar negara Qing raya dengan gelar Kaisar Shunzhi sementara pamannya Pangeran Rui. Jatuhnya dinasti Ming . dikenal juga sebagai Dinasti Manchu dan adalah satu dari dua dinasti asing yang memerintah di Cina setelah dinasti Yuan Mongol dan juga adalah dinasti yang terakhir di Cina. Anaknya yang ke-sembilan. Nurhachi menjadi Kaisar dan Khan dari Negara Jin sampai ia meninggal setelah terluka dalam peperangan dengan dinasti Ming yang dipimpin jendral Yuan Chonghuan. Daftar isi        1 Sejarah o 1.Dinasti Qing (Hanzi: 清朝. Anaknya yang ke-empat Huangtaiji naik tahta menjadi Khan agung negara Jin yang baru (setelah diisukan menyingkirkan saudara2nya yang layak menjadi kandidat Khan). Ia meninggal sebelum bangsa Manchu benar-benar menguasai seluruh Cina.1911). kemudian mengadopsi tata cara pemerintahan dinasti sebelumnya serta meleburkan diri ke dalam entitas Cina itu sendiri.Duo'ergun sebagai Wali Negara karena kaisar masih berumur 4 tahun saat itu.2 Jatuhnya dinasti Ming o 1. Asing dalam arti adalah sebuah dinasti pemerintahan non-Han yang dianggap sebagai entitas Cina di zaman dulu.

Bendera Qing Raya pada tahun 1888 Keadaan negara Ming saat itu kacau balau terutama setelah gerombolan pemberontak yang dipimpin Li Zicheng berhasil memasuki dan merebut ibukota, Beijing. Kaisar dinasti Ming yang terakhir, Chongzhen bunuh diri dengan gantung diri setelah membunuh seluruh keluarga kerajaan untuk menghindari tertangkap oleh para pemberontak. Dinasti Ming pun secara resmi berakhir. Li Zicheng mendirikan dinasti Shun dengan Xi'an sebagai ibukota. Wu Sangui, jendral dinasti Ming yang menjaga gerbang Shanhai menolak bergabung dengan Li Zicheng dan meminta bantuan bangsa Manchu di bawah pimpinan pangeran wali Duo'ergun. Kesempatan ini diambil oleh pasukan-pasukan delapan bendera dinasti Qing untuk mengambil alih Beijing dan bergerak ke selatan. Jendral Wu Sangui membuka gerbang tembok besar dan pasukan delapan bendera dinasti Qing berhasil merebut Beijing dari Li Zicheng. Pada tahun 1644 pangeran Duo'ergun menyatakan dinasti Qing dengan kaisarnya Shunzhi menjadi pengganti dan pewaris dinasti Ming dan mandat langit telah beralih dari dinasti Ming kepada dinasti Qing. Dengan bantuan jendral-jendral dinasti Ming yang membelot ke dinasti Qing seperti Wu Sangui, Hong Chengchou, Kong Youde, Shang Kexi, Shi Lang dan lain-lain, pasukan delapan bendera bangsa Manchu bergerak ke selatan menghabisi sisa-sisa dinasti Ming yang mendirikan tahta baru di selatan ('dinasti Ming selatan'). Baru pada tahun 1664 dinasti Qing benar-benar telah mengambil alih seluruh daratan Cina. Di bawah pemerintahan Kaisar Kangxi, pulau Taiwan akhirnya berhasil direbut dari sisa pasukan yang setia kepada dinasti Ming pada tahun 1683. Dinasti Qing terkenal dengan kebijakannya yang tidak populer di kalangan bangsa Han dengan memaksa mereka menuruti cara berpakaian dan gaya rambut bangsa Manchu. Gaya rambut bangsa Manchu yang mencukur rambut bagian depan dan mengepang rambut bagian belakang dianggap penghinaan oleh bangsa Han, yang menganggap rambut adalah turunan yang didapatkan dari leluhur. Di zaman tersebut, bagi orang Han yang tidak mematuhi peraturan ini akan menghadapi hukuman penggal. Satu istilah yang populer di zaman tersebut adalah ingin kepala, potong rambut; ingin rambut, potong kepala. Di bidang pemerintahan, dinasti Qing mengadopsi cara-cara dari dinasti Ming terutama anutan Konghucu. Walaupun pada awalnya pembauran antara bangsa Han dan Man dilarang demi untuk mempertahankan budaya dan ciri bangsa Manchu, pada akhir abad ke 19 bangsa Manchu sudah sangat membaur dengan bangsa Han dan kehilangan banyak identitas mereka, contohnya bahasa Manchu yang lama kelamaan digantikan hampir sepenuhnya dengan bahasa Mandarin, bahkan dalam lingkungan keluarga kerajaan.

Masa Keemasan
Dinasti Qing mencapai puncaknya pada masa pemerintahan Kaisar Kangxi (memerintah 1662 - 1722), Yongzheng (1723 - 1735) dan Qianlong (1735 - 1796).

Pada tahun 1661 kaisar Shunzhi meninggal pada usia 24 tahun dan digantikan oleh putra keempatnya, Aixinjueluo Xuanyue sebagai Kaisar Kangxi. Pada masa awal pemerintahannya, Kaisar Kangxi dibantu oleh 4 Mentri Wali dan dibina oleh neneknya, Ibusuri Xiaozhuang. Pada tahun 1669, Kaisar Kangxi berhasil menggagalkan rencana salah satu Mentri Walinya, Aobai yang ingin memberontak. Ia juga berhasil meredam Pemberontakan Tiga Raja Muda (salah satunya adalah Wu Sangui, yang diberi wilayah dan gelar pangeran karena jasanya) dan pemberontakan suku-suku dari Mongolia. Taiwan yang dikuasai keluarga Zheng yang setia pada dinasti Ming, berhasil dikuasai pada tahun 1683. Perjanjian perbatasan dengan Rusia juga dibuat tahun 1689. Sepeninggal Kaisar Kangxi pada tahun 1722, putranya yang keempat pangeran Yong (terlahir Aixinjueluo Yinzhen) naik tahta sebagai Yongzheng. Pemerintahannya diwarnai dengan sengketa antara pangeran, yang merasa naiknya Kaisar Yongzheng adalah rekayasa. Kaisar Yongzheng dikenal sebagai kaisar yang pekerja keras. Pada masa pemerintahannya ekonomi negara Qing menguat. Pangeran Bao (Aixinjueluo Hongli) menggantikan ayahnya dengan era Qianlong pada tahun 1735. Pada masa pemerintahannya wilayah Qing Raya diperluas oleh kesuksesan Kampanyekampanye Militernya yang dikenal sebagai Sepuluh Kampanye Besar. Sayangnya masa-masa akhir pemerintahannya tercemar oleh praktek korupsi oleh para pejabat, salah satunya oleh menteri kesayangannya Heshen. Demi menunjukkan baktinya pada kakeknya kaisar Kangxi, kaisar Qianlong turun tahta sebelum lamanya memerintah menyamai kaisar Kangxi dan menyerahkan tahta pada putranya yang kelimabelas Pangeran Jia (Aixinjueluo Yongyan). Pangeran Jia menjadi Kaisar Jiaqing dan ia sendiri menjadi kaisar emeritus (Taishanghuang) tetapi tetap memegang kendali pemerintahan sampai meninggal. Sepeninggal ayahnya, Kaisar Jiaqing kemudian mengeksekusi Heshen dengan tuduhan korupsi dan menyita kekayaannya. Korupsi yang mulai merajalela dalam pemerintahan pada masa akhir kaisar Qianlong, menandakan mulai melemahnya dinasti Qing.

Pemberontakan dan Imperialisme Barat
Kehadiran bangsa barat pada awal abad 18 mengerogoti kekuasaan bangsa Manchu. Berbagai pemberontakan suku Han yang berniat menggulingkan dinasti Qing dan memulihkan dinasti Ming terjadi dalam berbagai skala. Namun salah satu pemberontakan besar adalah pemberontakan Taiping yang menjadikan Nanjing sebagai ibukota. Perang Candu yang diakhiri dengan kekalahan juga membawa ketidakpuasan di kalangan bangsa Han terhadap bangsa Manchu. Perang Candu I, 1838 berujung pada kekalahan dinasti Qing yang memalukan pada tahun 1842. Perjanjian Nanjing berdampak pada diserahkannya Hong Kong kepada Inggris dan dibukanya pelabuhan-pelabuhan Cina pada bangsa barat.

Pemerintahan di balik tirai
Setelah kekalahan Cina dalam perang Sino-Jepang (1894-1895) Kaisar Guangxu (memerintah 1875 - 1908) akhirnya memutuskan untuk melakukan pembaharuan / reformasi. Reformasi Seratus Hari tahun 1898 yang disokong oleh kaisar Guangxu banyak ditentang oleh kalangan konservatif. Dibawah pimpinan Ibu Suri Cixi (janda kaisar Xianfeng, ibu

angkat kaisar Guangxu), mereka mengadakan kudeta yang mengakibatkan dilucutinya kekuasaan kaisar Guangxu. Yuan Shikai, panglima militer yang tadinya diminta bantuan militernya oleh Kaisar Guangxu, memilih untuk memihak Ibu Suri Cixi sehingga menimbulkan dendam yang dalam pada kaisar Guangxu terhadapnya. Mulai saat itu, Ibu Suri Cixi yang sudah berhenti menjadi wali kaisar Guangxu kembali berkuasa dan reformasi pun terhenti. Pada tahun 1901 Ibu Suri Cixi mendukung pemberontakan Boxer untuk mengusir bangsa barat dan menyatakan perang terhadap 8 negara asing. Gabungan delapan negara berhasil merebut Beijing sehingga Ibu Suri dan Kaisar dan keluarga kerajaan harus lari ke Xi'an. Walaupun gabungan delapan negara pada awalnya menghendaki Ibu Suri Cixi dihukum mati, berkat diplomasi dari Li Hongzhang (panglima tentara Beiyang, yang sepeninggalnya menyerahkan tentara Beiyang di bawah pimpinan Yuan Shikai) ia selamat walaupun Cina harus membayar ganti rugi yang sangat besar. Sekembalinya ke Beijing, Ibu Suri Cixi akhirnya setuju dengan reformasi, walaupun terlambat. Pihak kekaisaran Qing mengumumkan bahwa kekaisaran akan secara bertahap diubah menjadi monarki konstitusional, namun pihak nasionalis menganggap pemerintah Qing tidak mempunyai itikad baik untuk mengimplementasikannya.

Jatuhnya Dinasti

Yuan Shikai Pada tahun 1908 Kaisar Guangxu dan Ibu Suri Cixi wafat pada saat yang bersamaan dan tahta diserahkan kepada keponakan kaisar Guangxu, Aixinjueluo Puyi yang berumur 3 tahun dengan ayahnya Pangeran Chun sebagai pangeran wali. Pangeran Chun berniat membunuh Yuan Shikai sesuai wasiat kaisar Guangxu namun digagalkan oleh Zhang Zhidong dengan alasan membunuh Yuan dapat mengakibatkan pemberontakan tentara Beiyang. Karena kekuatan militer tentara Beiyang yang dipimpin Yuan Shikai cukup besar, Yuan dipanggil lagi untuk memerangi kekuatan nasionalis di selatan yang dipimpin oleh Dr. Sun Yat Sen. Pemberontakan di Wuchang pada 10 Oktober 1911 berhasil dan diikuti dengan didirikannya Republik Cina di selatan dengan Nanjing sebagai ibukota dan Sun Yat Sen (Sun Zhongshan) sebagai kepala sementara. Sejak saat itu berbagai propinsi di selatan menyatakan lepas dari dinasti Qing untuk bergabung dengan republik.

walaupun hanya akan dihormati seperti layaknya Kaisar negara asing.Yuan menyingkirkan pangeran Chun dan membuat kabinet yang isinya adalah kroni-kroninya dengan Yuan sendiri sebagai Perdana Menteri. Namun Yuan berhubungan dengan Sun untuk kepentingan pribadinya. Pemerintah Dinasti Qing berkali-kali menuntut agresor Ketsaran Rusia menarik diri dari wilayah Tiongkok. Wilayah Wilayah kekuasaan Dinasti Qing Luas wilayah Dinasti Qing pada masa puncaknya pernah mencpai 12 juta kilometer persegi. Kaisar Kangxi memerintahkan tentara Dinasti Qing dua kali menyerbu pasukan Ketsaran Rusia di Yaksa. Pihak republik berjanji untuk membiarkan kaisar Puyi tetap menempati sebagian kota terlarang dan mempertahankan gelar Kaisar. yaitu Perjanjian Nibuchu. wakil-wakil Tiongkok dan Rusia mengadakan perundingan di Nichersink. Dan secara resmi menandatangani perjanjian perbatasan pertama. Tahun 1689. Pada waktu tentara Dinasti Qing menyerbu masuk ke pedalaman. Pada tahun 1912 Yuan Shikai memaksa Ibu Suri Longyu (janda kaisar Guangxu) untuk menurunkan maklumat turun tahtanya kaisar Xuantong / Puyi. Sun setuju untuk menyerahkan tampuk kepresidenan untuk Yuan bila ia setuju untuk memaksa Kaisar Xuantong (Puyi) turun tahta. Pada akhir abad ke-16. pasukan Ketsaran Rusia dengan menggunakan kesempatan itu menduduki Yaksa dan Nibuchu. Sosial Budaya dan Agama . Dinasti Qing pun berakhir pada 12 Februari 1912. Ketentaraan Rusia terpaksa menyetujui mengadakan perundingan untuk menyelesaikan masalah perbatasan sektor timur Tiongkok-Rusia. Ketsaran Rusia mengadakan ekspansi ke timur. Tahun 1685 dan 1686.

Selain itu. yang mana kebudayaan tersebut mengikuti kebudayaan masyarakat Manchu. Mereka menggunting semua rambut di bagian depan kepala dan menjadikan rambut di bagian belakang kepala sebagai tocang yang panjang. bangunan yang dibina dengan seni bina Cina dengan barat juga telah digunakan di Cina. Bangunan Agama Budhha Tibet yang bergaya unik telah banyak digunakan dalam period tersebut. gerbang yang paling megah ialah Gerbang Zhengyang di dalam kota. Beijing. Di dalam kota terdapat 20 buah gerbang yang tinggi dan megah. Akan tetapi hal tersebut menjadi sebuah perdebatan. pembinaan Cina juga telah menggunakan kaca dari luar negara. yang mana bangsa mereka sangatlah menjunjung atau menganggap bahwa rambut adalah suatu turunan dari leluhur yang memang patut untuk dilestarikan. Hanzou Dalam periode tersebut. Pada periode akhir Dinasti Qing. contohnya adalah bangunan Kuil Yonghe dan beberapa kuil agama Budha Tibet yang digunakan di Chengde. sehingga raja Dinasti Qing telah membina besar-besaran taman diraja antaranya Taman Yuanmingyuan dan Taman Yihe. Mereka telah menciptakan seni bangunan yang beraneka ragam. Provinsi Hebei Cina. Istana diraja Dinasti Ming telah digunakan terus oleh Raja Dinasti Qing. pemerintahan Qing pada umumnya mewarisi tradisi dari Dinasti Ming. . karena hal tersebut sangatlah menghina bangsa Han. ibunegara Dinasti Qing telah memelihara pada asasnya keadaan asalnya daripada Dinasti Ming. Dalam hal arsitektur. Bahkan bangunan kuil telah mereka perbarui. Rumah seorang pedagang Qing. yang mana mereka beranggapan bahwa bangunan adalah sesuatu hal yang penting dalam teknologi pembinaan dan kemegahannya.Gaya rambut kepang pria Qing (taucang) Dalam pemerintahan Dinasti Qing mempunyai kebudayaan yang unik. rumah penduduk yang bergaya bebas dan beraneka ragam telah banyak digunakan. Masyarakat Manchu memiliki gaya rambut yang istimewa.

di antaranya pemberontakan Balianjiao mengakhiri masa emas pemerintahan Dinasti Qing. Dinasti Qing sangat terisolasi karena cenderung menutup diri. Setelah masa pertengahan. Setelah dirapikan. Hubungan Luar Negeri Pada masa Dinasti Qing. pemerintah tetap menjunjung kebijakan pengembangan pertanian sebagai kebijakan pokoknya. cari Artikel ini perlu dirapikan agar memenuhi standar Wikipedia Merapikan artikel bisa berupa membagi artikel ke dalam paragraf atau wikifikasi artikel. tapi dalam hubungan dengan luar negeri. contohnya bahasa Manchu yang lama kelamaan digantikan hampir sepenuhnya dengan bahasa Mandarin. Dinasti Xià Dari Wikipedia bahasa Indonesia. juga digantikan dengan pakaian gaya Manchu. Walaupun pada awalnya pembauran antara bangsa Han dan Man dilarang demi untuk mempertahankan budaya dan ciri bangsa Manchu. Dan apabila ada rakyat Cina yang tidak menggunakannya maka akan dikenakan hukuman. sementara itu perjuangan pemberontakan juga kerap kali terjadi. bahkan dalam lingkungan keluarga kerajaan. pada akhir abad ke 19 bangsa Manchu sudah sangat membaur dengan bangsa Han dan kehilangan banyak identitas mereka. Dan hukuman bagi yang tidak mematuhi undang-undang itu adalah hukuman mati. tolong hapus pesan ini. Bagian dari seri Sejarah Cina Tiga Maharaja dan Lima Kaisar Dinasti Xia Dinasti Shang Dinasti Zhou Periode Musim Semi dan Musim Gugur Periode Negara Perang . Bahkan pakaian Cina tradisional atau yang sering disebut Hanfu.Dinasti Qing juga mengadopsi cara-cara dari dinasti Ming terutama anutan Konghucu. ensiklopedia bebas (Dialihkan dari Dinasti Xia) Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi. Budaya tersebut harus diikuti oleh rakyat Cina. yaitu Qipao (pakaian akar panji panji) dan Tangzhuang. berbagai kontradiksi masyarakat Dinasti Qing mulai meruncing.

tergantung perbedaan pendapat tentang Yǔ dianggap sebagai raja Dinasti Xià atau pemimpin gabungan suku). Catatan sejarah paling awal ditemukan dalam buku sejarah Shàngshū yang mengatakan bahwa Dinasti Xià memiliki puluhan ribu negara upeti. Yǔ mewariskan singgasana kepada anaknya Qǐ. yang menganti cara terdahulu. 16 raja (atau 14 generasi. . dan para sejarawan dari aliran ajaran Marxisme di Cina daratan menetapkan Dinasti Xià sebagai sebuah negara budak.Dinasti Qin Dinasti Han Barat Dinasti Xin Dinasti Han Timur Tiga Negara/Kerajaan Dinasti Jin Enam Belas Negara Dinasti Selatan dan Utara Dinasti Sui Dinasti Tang Lima Dinasti dan Sepuluh Negara Dinasti Liao Dinasti Song Xia Barat Kekaisaran Jin Dinasti Yuan Dinasti Ming Dinasti Qing Republik Cina (Taiwan) Republik Rakyat Cina sunting Dinasti Xià (Hanzi: 夏 Indonesia: Sia} merupakan dinasti pertama yang tercatat dalam buku sejarah Cina. sehingga secara umum menganggap Dinasti Xià adalah sebuah negara yang terbentuk dari gabungan berbagai suku bangsa.[rujukan?] Menurut catatan buku sejarah. Chánràngzhìdù (mewariskan singgasana kepada orang bijaksana atau yang berkemampuan Bahasa Inggris en:Elective Law) menjadi Shìxízhì (mewariskan singgasana dari ayah kepada anak atau kepada orang yang mempunyai hubungan darah atau keluarga dekat. sekitar 400 tahun. yang kemudian dimusnahkan oleh Dinasti Shang. Dinasti Xià secara keseluruhan diwariskan sebanyak 13 generasi. 17 raja. Dinasti Xià adalah negara yang didirikan oleh putra dari Yǔ yaitu Qǐ.

Gǔn mengendalikan banjir selama 9 tahun tetapi akhirnya dinyatakan gagal. Suku Xià mulai berkembang sekitar zaman Kaisar Zhuanxu pada zaman legenda Cina kuno.Daftar isi     1 Xià dalam Literatur o 1. Ini membuktikan bahwa suku Xià awalnya aktif di sekitar daerah Chóng. Banyak catatan literatur Cina kuno mencatat keberadaan suku Xià pada masa Kaisar Zhuānxù. sering terjadi perang untuk memperebutkan kekuasaan sebagai pemimpin dari gabungan suku antara suku Xià dengan suku-suku di sekitarnya.2 Yu o 1. Pada akhirnya. Dalam Shàngshū Hóngfàn dan Guóyǔ Lǔyǔ terdapat catatan tentang Gǔnzhànghóngshuǐ. Gǔn Dalam catatan literatur Cina kuno. yang akhirnya gagal. dan digelar sebagai Chóngbó Gǔn. sebelum berdirinya Dinasti Xià.1 Gǔn o 1. Pada waktu itu Huánghé (Sungai Kuning) meluap. Dari catatan-catatan literatur tersebut menunjukkan bahwa suku Xià kemungkinan besar adalah salah satu dari keturunan Zhuānxù. Kemudian Yǔ mengantikan Gǔn sebagai Chóngbó Yǔ. Untuk menghadapi banjir. sudah banyak suku yang tidak puas dengannya. Menurut catatan Shàngshū Yáodiǎn. yang menceritakan bahwa cara Gǔn mengendalikan banjir adalah dengan menggunakan tanah dan kayu untuk membendung air.4 Tàikāng Kehilangan Kerajaan o 1. dan Gǔn dipilih oleh Sìyuè (Empat Prefektur) menjadi pemimpin dari pekerjaan mengendalikan banjir tersebut. dia dihukum mati di Yǔshān (Gunung Yu).6 Pertengahan Periode o 1. tidak setuju mengangkat Gǔn sebagai pemimpin dari pekerjaan mengendalikan banjir. tetapi ada catatan literatur lain yang mengatakan Yǔ adalah cucu generasi ke-5 dari Zhuānxù. setelah Gǔn gagal dalam mengendalikan banjir. . Xiàběnjì dan Dàdàilǐjì Dìxì mengatakan Yǔ adalah cucu dari Zhuānxù.3 Qi o 1.8 Jie 2 Keturunan 3 Wilayah kekuasaan 4 Daftar penguasa dinasti Xia Xià dalam Literatur Menurut cataran literatur kuno Cina. Penyebab dari kegagalan Gǔn kemungkinan besar karena dia kurang mampu mempersatukan orang dari berbagai suku. Dalam Guóyǔ Zhōuyǔ diceritakan bahwa Gǔn sebagai pemimpin dari suku Xià dianugerahkan daerah Chóng.7 Akhir Periode o 1. Diduga bahwa pada waktu Gǔn menjabat sebagai pemimpin dari pekerjaan pengendalian banjir. pada mulanya Yao oleh karena sifat Gǔn yang suka saling menyalahkan dan membeda-bedakan suku. dan ini juga mungkin merupakan salah satu dari kegagalan Gǔn dalam mengendalikan banjir selama 9 tahun. Gǔn adalah salah satu tokoh suku Xià yang paling awal terdapat catatannya. banyak suku membentuk gabungan suku untuk menghadapi banjir. Di antaranya Shiji.5 Masa kejayaan Shǎokāng o 1.

dan sekali lagi menyerang suku Sānmiáo (pada waktu itu suku di Zhōngyuán (pusat daratan Cina) sering berperang dengan suku Sānmiáo). guna menunjukkan penghargaan Yǔ terhadap tradisi Chánràng. Dalam catatan Shǐjì Xiàběnjì tercatat waktu Yǔ mengendalikan banjir. tiga kali melewati pintu rumahnya tetapi tidak pernah masuk – dengan alasan reuni dengan keluarga akan menghabiskan banyak waktu dan pikiran dari tugasnya mengendalikan banjir. tetapi tetap harus mempertimbangkan tradisi Chánràng. ini juga membuktikan pengendalian ekonomi suku Xià terhadap suku-suku lain disekitarnya. secara besar mempersatukan orang dari berbagai suku. maka akan mewariskan singgasana kepada putranya Qǐ. Walaupun Yǔ ingin mempertahankan kekuasaan pemerintahan dalam suku Xià sendiri. dan ini mungkin juga merupakan salah satu faktor dari bersatu berbagai suku. Kemudian Yǔ memilih Yì dari suku Dōngyí yang tidak begitu berpengaruh menjadi ahli waris. Shùn menyerahkan tugas mengendalikan banjir kepada Yǔ. Yǔ pada mulanya mengangkat Gāotáo dari suku Yǒuyǎnshì yang memiliki reputasi tinggi sebagai ahli warisnya. Dalam Mòzǐ Fēigōng diceritakan bahwa setelah Yǔ berhasil menaklukkan suku Sānmiáo. Oleh karena Yǔ berhasil mengendalikan banjir dan mengembangkan pertanian. Yǔ pernah mengadakan pertemuan persekutuan antar suku di Túshān (Gunung Du). Dalam catatan literatur kuno juga sering diceritakan nafsu Yǔ atas kekuasaan pada usia tuanya.Yu Yǔ adalah putra dari Gǔn. Dalam Zuǒzhuàn (walau mungkin terlalu dibesar-besarkan) dikatakan terdapat puluhan ribu negara upeti menghadiri pertemuan persekutuan di Túshān. namun kemudian Qǐ membunuh Yì dan . malahan dengan dukungan masyarakat. sehingga kekuatan suku Xià menjadi kuat. Yǔ memperbaiki cara ayahnya mengendalikan banjir. menjadi pemimpin dari gabungan berbagai suku. Yǔ berharap jika kelak Yì tidak mendapat dukungan dari masyarakat. Shùn mewariskan singgasana kepada Yǔ. Yì sebenarnya sempat naik takhta. Kegigihan dan ketekunannya dalam melaksanakan tugas mendapat penghargaan dari banyak kalangan. Tetapi Gāotáo lebih tua dari Yǔ. sehingga belum sempat mewarisi singgasana sudah meninggal. bekerja keras. dengan demikian boleh diperkirakan betapa besarnya pengaruh suku Xià pada waktu itu. dan malahan mendukung putra dari Yǔ. berhasil mengkokohkan kekuatan kerajaan. Menyusul dengan semakin kuatnya kekuasaan gabungan suku bangsa dengan suku Xià yang merupakan keturunan dari suku Húangdì sebagai inti kekuatan. Qǐ mendapatkan kedudukan sebagai pemimpin (tetapi menurut Zhúshūjìnián. malahan tetap menghormati Shun. sehingga akhirnya berhasil mengendalikan banjir. Yǔ mengusir suku Sānmiáo kedaerah perairan Dānjiāng dan Hànshuǐ. Yǔ bukan hanya tidak menunjukkan rasa dendam. Qi Setelah Yǔ meninggal. waktu pertemuan datang terlambat dan dihukum mati oleh Yǔ. Pada suatu pertemuan antar suku di Huìjī. sehingga ia menerapkan suatu siasat yang efektif. Ini membuktikan bahwa suku Xià pada awal pengukuhan kekuasaannya telah muncul sifat monarki atas kekuasaan. suku Xià sudah menjadi suku yang sangat penting diperairan Huánghé pada waktu itu. Pada waktu itu banyak suku yang tidak mendukung Yì. Kemudian Shùn mengutus Yǔ untuk menyerang suku Sānmiáo. Qǐ. hubungan ekonomi berbagai daerah juga semakin kuat. pemimpin suku Fángfēngshì. dan mendapatkan kepercayaan dari Shùn. Dalam catatan sejarah kuno sering terdapat catatan tentang Yǔ menentukan pembayaran upeti sesuai dengan jarak negara-negara upetinya. Yì sama sekali tidak mendapatkan kedudukannya.

Selain kekacauan dalam suku Xià sendiri. sehingga suku Tàihào dan Shǎohào dari Dōngyí mengambil kesempatan menyerang ke barat. [[Zhòngkāng] sebagai raja. Selama masa pemerintahan Qǐ. akhirnya Yì dibunuh oleh Qǐ. yang juga merupakan dasar dari terbentuknnya Tiānzǐlùn (teori putra langit). Kemudian juga terdapat banyak suku yang masih menganut cara Chánràng (bawahan terkuat menjadi penerus kekuasaan) tidak puas dengan kekuasaan Qǐ. Qǐ menyebut kedudukan kekuasaannya sebagai Gōngxíngtiān (melaksanakan mandat langit). putranya Wǔguān sering melakukan pemberontakan. Hánfēizǐ Shuōyí mengatakan Wǔguān adalah seorang yang Hàiguóshāngmínbàifǎ (merugikan negara. dalam hal jumlah pasukan jauh lebih unggul. tetapi mengangkat adik dari Tàikāng. menyakiti rakyat. setiap hari pergi berburu. tidak mengurusi pemerintahan. Yì sama seperti dengan Tàikāng. tetapi mulai dari Qǐ diubah menjadi Xià sesuai dengan nama kerajaannya. Tetapi setelah mendapat kekuasaan. dan melakukan perkawinan dengan orang setempat. Kemenangan kedua dari Qǐ membuktikan bahwa prinsip dalam masyarakat di Zhōngyuán telah berubah dari tradisi Chánràngzhì menjadi Shìxízhì. Sedangkan Tàikāng melarikan diri kebawah naungan Zhēnxúnshì. sehingga Qǐ berhasil naik takhta sebagai raja. sehingga akhirnya berhasil mengalahkan Yǒuhùshì. dan di daerah Gān (sekarang selatan dari Hùxiàn provinsi Shaanxi) melakukan pertempuran sengit. Yì dengan dukungan dari rakyat Xià berhasil mendapatkan kekuasaan atas pemerintahan Dinasti Xià. mengerahkan pasukan menyerang mereka dan mendapatkan kemenangan. anaknya Xiàng mengantikannya. Tidak lama kemudian Xiàng lari kebawah naungan Zhēnxúnshì dan Zhēnguànshì yang mendukung Dinasti Xià. selama masa pemerintahannya.merebut kekuasaan). Qióngshí (sekarang selatan Luoyang. Diantaranya Yǒuhéshì dan Yǒuxīshì yang bertanggung jawab atas astronomi secara terang-terangan menentang. Yì memimpin pasukan Dōngyí pindah kedaerah milik Yǒuxiàshì. dengan gelar Xiàhòu Qǐ. menjalin hubungan yang baik. Dan pada waktu yang bersamaan. Yì dengan alasan merusak tata astronomi dan sia-sia pada jabatannya. memimpin pasukan gabungannya menyerang Qǐ. Dan ini oleh kebanyakkan sejarawan dianggap sebagai awal dari dinasti pertama di Cina yang menerapkan cara Shìxízhì (Putra tertua merupakan ahli waris Kekan) . dan membentuk suku Yǒuqióngshì. Tàikāng hanya tahu hidup foya-foya. Tetapi sebenarnya seluruh kekuasaan dan keputusan berada ditangan Yì. Dalam catatan Lǚshìchūnqiū Wùgōng menganggap bahwa busur panah adalah diciptakan oleh Yì. kekuatan suku Xià menjadi lemah. Qǐ tidak lagi menggunakan Bó sebagai gelar kebesaran dan diganti menjadi Hòu.Dinasti Xià. Setelah Zhòngkāng meninggal. tidak lagi mengurusi urusan negara. Suku Xià pada mulanya bermarga Sì. Qǐ memiliki dukungan dari masyarakat di Zhōngyuán. suku Xià juga sering melakukan peperangan dengan suku Dōngyí. Pemimpin dari suku Yǒuhùshì yang tinggal disekitar daerah sekarang Guānzhōng provinsi Shǎnxī. Tàikāng Kehilangan Kerajaan Setelah Qǐ meninggal. provinsi Hénán). sehingga akhirnya dibunuh. Pemimpin suku Dōngyí merupakan seorang jagoan memanah yang bernama Yì. Akhirnya Yì menjadi penguasa tunggal Dinasti Xià. Sebelum perang. putranya Tàikāng meneruskan singgasana. Setelah melalui perang selama beberapa tahun. guna untuk memperkuat kekuasaan gabungan antar suku bangsa disekitarnya. Hal ini menimbulkan rasa tidak puas dari banyak suku lainnya. Yì setelah mendapat kekuasaan tidak mengangkat diri sendiri sebagai raja. Ia . merusak hukum). Sehingga Yì memimpin pasukan gabungan dengan suku Dōngyí menyerang Qǐ.

Wilayah Dinasti Xià juga pada masa pemerintahan Zhù meluas sampai kedaerah pesisir Dōnghǎi (sekarang Huánghǎi). ia memindahkan ibukota dari Yuán (sekarang Jǐyuán.memecat menteri-menteri setia seperti Wǔluó . hanya ada dua anak perempuan.di depan namanya). Jiāo. Ia menghadiahkan daerah Lúnyì kepada Shǎokāng. ia juga mendapatkan barang keramat. Sampai suatu hari.yaitu nama tengah . provinsi Hénán) ke Lǎoqiū (sekarang utara dari Kāifēngxiàn. Ia mulai mengumpulkan sisa-sisa pasukan Dinasti Xià.memimpin sisa pasukan suku Zhēnguànshì dan Zhēnxúnshì bergabung dengan Shǎokāng dan mengalahkan pengkhianat Hánzhuó lalu mengangkat Shǎokāng sebagai raja Dinasti Xià. sehingga Shǎokāng dapat memakai Lúnyì sebagai markasnya. Lóngyǔ.Jepang: Bijuu). provinsi Hénán). Menurut catatan Guóyǔ Lǔyǔ menganggap Zhù secara keseluruhan mewarisi karier dari Yǔ. dan malahan memakai Hánzhuó yang diusir dari suku Bómíngshì. dan Shǎokāng sama bernama Kāng. Hánzhuó mengumpulkan komplotannya. Mín pada waktu itu telah hamil. dan mengutus putranya Zhù memusnahkan Yì (kakak Jiāo) di daerah Gē. Zhù mengantikan kedudukan raja. . Hánzhuó menganugerahkan daerah Gē kepada putranya Yì. boleh dikatakan merupakan masa paling makmur dan maju dari Dinasti Xià. mulai ditambahkan tanda generasi . Pertengahan Periode Putra Shǎokāng. Masa kejayaan Shǎokāng Shǎokāng setelah dewasa. bekas menteri Dinasti Xià. Selama masa pemerintahan Zhù. Shǎokāng terpaksa lari dan bersembunyi di suku Yǒuyúshì (keturunan dari Shùn).setelah mendengar kabar bahwa Shǎokāng ingin merebut kembali kekuasaan Dinasti Xià . dari lubang tembok. agar tidak membingungkan. Istri Xiang. Bókùn. Jiāo mengutus orang ke suku Yǒuréngshì untuk membunuhnya. sehingga suku Yǒuqióngshì dari kaum Dōngyí yang menguasai Zhōngyuán sebanyak 3 generasi dan ratusan tahun akhirnya musnah. Shǎokāng juga berhasil memusnahkan Jiāo (putra Hánzhuó) di daerah Guò. Pemimpin dari Yǒuyúshì pada waktu itu tidak ada anak laki-laki. ia mengambil kesempatan waktu Yì pergi berburu. Jiāo memimpin pasukannya memusnahkan Zhēnxúnshì dan Zhēnguànshì yang mendukung Dinasti Xià. yang dalam sejarah disebut sebagai Shǎokāngzhōngxìng (masa kejayaan Shǎokāng). dan bersembunyi di rumah ibunya di suku Yǒuréngshì. bekerja sebagai pengurus peternakan suku Yǒuréngshì. Shǎokāng berhasil merebut kembali kekuasaan Dinasti Xià. Orang Xià juga sangat menghargai dan menghormati Zhù. Ia juga mengutus orang untuk menyerang suku Yí di daerah pesisir pantai timur (sekarang bagian barat provinsi Shāndōng. untuk persiapan merebut kembali kekuasaan Dinasti Xià. Ia menempatkan mata-mata di pasukan Jiāo. dan membagikan tugas masing-masing. ia berhasil melarikan diri dari serangan Jiāo. Setelah merampas kekuasaan dari Yì. dan tidak lama kemudian melahirkan Shǎokāng (Tàikāng. membunuh Xiàng yang bersembunyi di Zhēnxún. Pada waktu itu. Dari Tàikāng kehilangan kekuasaan sampai Shǎokāngzhōngxìng menunjukkan keberhasilan suku Huáxià menaklukkan suku-suku disekitar Zhōngyuán (terutama suku Dōngyí). sehingga sangat sayang kepada Shǎokāng. Mǐ yang bersembunyi di suku Yǒugéshì . bagian timur provinsi Ānhuī dan sekitar provinsi Jiāngsū). Jiǔwěihú (serigala sembilan ekor . sehingga kekuasaannya semakin besar. akibatnya ketahuan oleh Jiāo tempat keberadaannya. dan menganugerahkan daerah Liáo kepada putranya yang lain. Ia berkonsentrasi mengembangkan peralatan perang dan perlengkapan prajurit. untuk memperkokoh kekuasaan di timur. Pada saat itu. membunuh Yì dan seluruh keluarganya. membentuk pasukannya sendiri. Ia mengerti ketidak puasan suku Yí di timur terhadap Dinasti Xià. Zhòngkāng.

semua pernah mengalami nasib yang sama. Dan pada waktu itu. Jìn naik takhta tidak lama. Yúyí. digantikan oleh putranya Xiè. ia mulai melakukan anugerah tempat dan gelar kepada negara-negara upeti. Setelah Gāo meninggal. dalam catatan literatur juga diceritakan Jié salah memakai orang dalam pemerintahannya. Sembilan suku Yí (Jiǔyí): Quǎnyí. Fāngyí. kemudian dilepas. suku Dōngyí dan suku Huáxià hidup dalam damai. gejolak dalam kerajaan sendiri tidak pernah berhenti. Setelah Kǒngjiǎ meninggal. menyerang dan mengalahkan pemimpin suku Shāng yang bernama Tāng. Shìyínluàn (urusan negara menjadi kacau). Pada periode ini. putranya Bùjiàng mengantikan. hubungan antara suku dan negara upeti dengan Dinasti Xià sudah retak. Setelah Xiè meninggal. Selama masa pemerintahan Jié. Suku Shāng bermarga Zǐ yang aktif di daerah barat daya provinsi Shāndōng. maka ia mengalihkan perhatiannya ke barat. Kǒngjiǎ yang naik takhta. Akhir Periode Setelah Bùjiàng meninggal. keributan dalam istana kerajaan juga semakin parah. tetapi dirampas oleh Jié di Luó. Huái. Selama periode ini. . Pada masa pemerintahan Xiè. Huángyí. putranya Jìn mengantikannya. Tāng dipenjarakan di Xiàtái (ada yang mengatakan Diàotái). Ia mengubah tradisi Dinasti Xià yang sembahyang terhadap leluhur. Selain hubungan luar Dinasti Xià yang semakin memburuk.Pada masa pemerintahan putra dari Zhù. digantikan oleh putranya Fā. Dan ini merupakan permulaan dari Zhūhóuzhì (sistem feodal) Cina beberapa abad kemudian. putra dari Bùjiàng. Ini mungkin karena pembauran antara suku Dōngyí dan suku Huáxià udah sangat tinggi. Setelah Máng meninggal. Dalam Shǐjì Xiàběnjì dikatakan Kǒngjiǎ adalah seorang yang Hàofāngguǐshén (suka meniru dewa dan hantu). meninggal karena sakit. Xuányí. Bùjiàng sempat beberapa kali memimpin pasukannya menyerang Jiǔyuàn di barat. putranya Jié mengantikannya. Jie Setelah Fā meninggal. mulai menitik-beratkan sembahyang kepada langit. Guóyǔ Jínyǔ mencatatkan suku Yǒushīshì. Fēngyí. Dalam catatan literatur kuno dikatakan bahwa Jié sangat hidung belang. dan Yángyí yang tinggal di daerah perairan Huáihé (Sungai Huai) dan Sìshuǐ sering datang menyembah dan menyerahkan upeti. Suku dan negara yang membayar upeti kepada Dinasti Xià semakin berkurang sehingga Jié sering menyerang suku dan negara upeti yang tidak taat kepada Dinasti Xià. kemenakannya. Seranganserangan yang dilakukan oleh Jié juga membuat marah beberapa suku yang cukup kuat dan berpengaruh. hubungan antara suku Dōngyí dan suku Huáxià terus berkembang. pada waktu Dinasti Xià yang sedang mengalami kekacauan mulai berkembang dan maju. Di antaranya selir dari Mòxǐshì terlebih dahulu sudah terikat perkawinan dengan Yīyǐn. Suku Yǒumínshì (keturunan Shùn) oleh karena tidak menuruti kemauan Jié sehingga dimusnahkan. Setelah Jiōng meninggal. Jié juga dengan alasan suku Shāng tidak patuh. digantikan oleh putranya Máng. Báiyí. adiknya Jiōng mengantikannya. digantikan oleh putranya Gāo. Setelah Huái meninggal. suku Dōngyí pada umumnya sudah membaur dengan suku Huáxià. Zhúshūjìnián mencatatkan suku Mínshānshì dan Mòxǐshì. Mulai dari masa pemerintahan Kǒngjiǎ sampai Lǚgǔi (Xià Jié). sehingga Yīyǐn dalam amarahnya pergi bergabung dengan Shāng Tāng. pasti memilih perempuan dari suku tersebut yang ia sukai. tetapi hubungan antara suku Dōngyí dan suku Huáxià masih baik. setiap kali setelah mengalahkan suatu suku. hubungan antara Dinasti Xià dengan suku dan negara upetinya memburuk. Chìyí. kemudian dibawa pulang ke istana untuk dijadikan selir. Banyak suku dan negara upeti mulai tidak puas dengan pemerintahan Dinasti Xià.

provinsi Shānxī).Gunung Li (ada yang mengatakan Géshān . dengan ciri-ciri seperti: 1. tinggal bersama Mòxǐshì. Dinasti Xià. sampai perairan Chángjiāng (Sungai Jang). Zhuóxín (sekarang barat laut Dēngfēng. Sekali lagi Jié mengalami kekalahan. Di luar wilayah suku Xià sendiri. Dalam Shǐjì Xiōngnúlièzhuàn tercatat "Xiōngnú. Ānyi (sekarang barat laut Xiàxiàn. provinsi Henan). pemimpin dari suku lain diatas wilayah sendiri. dan berbaur dengan masyarakat setempat. pemimpin dari suku Shāng. Sekitar akhir abad ke 17 SM. sebagai tanda saling menghormati. leluhurnya adalah keturunan dari raja Xià (yaitu Yǒuxiàshì)". utara sampai provinsi Héběi. Dinasti pertama dalam sejarah Cina dengan kekuasaan Shìxízhì. Kūn. Akhirnya Jié melarikan diri ke Náncháo(sekarang Cháoxiàn. provinsi Anhui) dan meninggal di sana. terhadap raja Dinasti Xià. provinsi Shanxi) dan dikejar oleh Tāng. Wilayah kekuasaan Wilayah kekuasaan Dinasti Xià dari barat mulai dari barat provinsi Hénán dan selatan provinsi Shānxī. Xūnzhōu (atau Xūnyù) mengawini selir dari Jié. dan inilah yang kemudian dikenal dengan sebutan suku Xiōngnú. Jié lari ke Míngtiáo (sekarang pertengahan provinsi Hénán .Jié hanya tahu berfoya-foya untuk diri sendiri. Wú. Setelah Pertempuran Míngtiáo. tidak memedulikan penderitaan rakyat. Struktur negara Dinasti Xià adalah berasal dari gabungan suku. Kuòdìpǔ secara lebih jelas menyatakan "Putranya (yang dimaksud putra dari Jié). dan terakhir di Cānghuáng berperang dengan Jié. selama 471 tahun (menurut Zhúshūjìnián). dan atas dukungan dari suku-suku dan negara upeti. Tāng memimpin pasukan gabungan dari berbagai suku dan negara upeti menyerang Jié dan memusnahkan suku-suku yang membela Dinasti Xià: Wéi. Dinasti Xià digulingkan. pindah ke padang luar di utara. sisa keturunannya masih bermukim di Zhōngyuán. awal abad ke-16 SM musnah. 16 raja. dan diasingkan oleh Tāng ke Lìshān . Pada waktu itu kekuasaan Dinasti Xià merambah sampai bagian selatan dan utara Huánghé (Sungai Huang). Perang besar-besaran terjadi di Míngtiáo. provinsi Hénán). Kelompok utara masuk ke dataran Mongol.Gunung Ke). Wilayah yang diperintah langsung oleh negara adalah wilayah dalam suku sendiri. di Háo mengelar diri sebagai Wáng (raja). Keturunan Setelah Dinasti Xià musnah. hidup beternak dan berpindah-pindah (yang dimaksud adalah kaum suku pengembala di padang rumput utara) yang oleh orang Cina disebut sebagai Xiōngnú". Shandong dan Héběi. Kekuatan Tāng sangat besar. selatan mulai dari provinsi Húběi. Jié membawa banyak keturunan Dinasti Xià dari Lìshān pindah ke Náncháo di selatan. mereka hanya bernaung di bawah kerajaan dan membayar upeti. memiliki kekuasaan pemerintahan yang mandiri. Akhirnya ia akalah di daerah suku Yǒusōngshì. timur sampai perbatasan tiga provinsi Hénán. yang diwariskan sebanyak 13 generasi (buku sejarah Shìběn mencatat 12 generasi). Gù. pada akhir abad ke-17 SM. Jié tidak sanggup bertahan sambil melarikan diri dan berperang.versi lain mengatakan sekarang merupakan Ānyi. Ada dua kelompok masing-masing pindah ke selatan dan utara. . ini adalah kelompok selatan. Ibukota Dinasti Xià antara lain: Yángchéng (sekarang timur dari Dēngfēng.

dimana struktur pemerintahan negara mengutamakan demokrasi suku dari pada monarki raj ejarah Cina Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Wilayah yang dikuasai oleh berbagai dinasti serta negara modern di sepanjang sejarah Cina. yaitu monarki dan demokrasi. ensiklopedia bebas Langsung ke: navigasi. Dalam struktur kekuasaan dan pemerintahan.2. Bagian dari seri Sejarah Cina Tiga Maharaja dan Lima Kaisar Dinasti Xia Dinasti Shang Dinasti Zhou Periode Musim Semi dan Musim Gugur Periode Negara Perang Dinasti Qin Dinasti Han Barat Dinasti Xin . Untuk sejarah daratan Cina modern. lihat Sejarah Republik Rakyat Cina. ada dua cara. cari Artikel ini berisi tentang sejarah Cina sebelum 1 Oktober 1949 .

Pandangan konvensional terhadap sejarah Cina adalah bahwa Cina merupakan suatu negara yang mengalami pergantian antara periode persatuan dan perpecahan politis yang kadangkadang dikuasai oleh orang-orang asing. yang sebagian besar terasimiliasi ke dalam populasi Suku Han. Sejarah tertulis Cina dimulai sejak Dinasti Shang (k. Dari penemuan arkeologi dan antropologi. Pergantian dinasti dalam sejarah Cina telah mengembangkan suatu sistem birokrasi yang memungkinkan Kaisar Cina memiliki kendali langsung terhadap wilayah yang luas. Peradaban Cina berawal dari berbagai negara kota di sepanjang lembah Sungai Kuning pada zaman Neolitikum. yang menciptakan Periode Negara Perang.7 juta tahun yang lalu. Pada tahun 221 SM. yang dibawa oleh . daerah Cina telah didiami oleh manusia purba sejak 1. dan filsafat Cina berkembang pada zaman Dinasti Zhou (1045 SM hingga 256 SM) yang melanjutkan Dinasti Shang.[2] Budaya. Pengaruh budaya dan politik dari berbagai wilayah di Asia. Dinasti Zhou terpecah menjadi beberapa negara kota. Dinasti ini merupakan dinasti yang paling lama berkuasa dan pada zaman dinasti inilah tulisan Cina modern mulai berkembang. 1750 SM .[1] Cangkang kura-kura dengan tulisan Cina kuno yang berasal dari Dinasti Shang memiliki penanggalan radiokarbon hingga 1500 SM. Qin Shi Huang menyatukan berbagai kerajaan ini dan mendirikan kekaisaran pertama Cina.1045 SM).Dinasti Han Timur Tiga Negara/Kerajaan Dinasti Jin Enam Belas Negara Dinasti Selatan dan Utara Dinasti Sui Dinasti Tang Lima Dinasti dan Sepuluh Negara Dinasti Liao Dinasti Song Xia Barat Kekaisaran Jin Dinasti Yuan Dinasti Ming Dinasti Qing Republik Cina (Taiwan) Republik Rakyat Cina sunting Sejarah Cina adalah salah satu sejarah kebudayaan tertua di dunia. sastra.

2 Dinasti Shang (1600 SM-1046 SM) o 2. serta Xia Barat (960-1279) o 3. dan asimilasi yang bergantian.8 Lima Dinasti dan Sepuluh Negara (907–960) o 3. provinsi Guangxi [5].1 Dinasti Xia (2100 SM-1600 SM) o 2. Situs arkeologi Xihoudu di provinsi Shanxi menunjukkan catatan paling awal penggunaan api oleh Homo erectus.2 Dinasti Han (206 SM–220) o 3. Daftar isi        1 Prasejarah o 1. Liao. . Kajian menunjukkan bahwa peralatan batu yang ditemukan di situs Xiaochangliang telah berumur 1.12 Dinasti Qing (1644–1911) 4 Zaman modern o 4.1 Dinasti Qin (221 SM–206 SM) o 3. Spesimen Homo erectus paling terkenal yang ditemukan di Cina adalah Manusia Peking yang ditemukan pada tahun 1965. yang berumur 1.2 Neolitik 2 Zaman kuno o 2.4 Periode Musim Semi dan Musim Gugur (722 SM-476 SM) o 2. lebih dari satu juta tahun yang lalu [3].7 Dinasti Tang (618–907) o 3. Tiga pecahan tembikar yang berasal dari 16500 dan 19000 SM ditemukan di Gua Liyuzui di Liuzhou. Ekskavasi di Yuanmou dan Lantian menunjukkan pemukiman yang lebih lampau.2 Republik Rakyat Cina 5 Bacaan lanjutan 6 Catatan kaki 7 Pranala luar Prasejarah Paleolitik Homo erectus telah mendiami daerah yang sekarang dikenal sebagai Cina sejak zaman Paleolitik. menyatu untuk membentuk budaya Cina modern.1 Republik Cina o 4.11 Dinasti Ming (1368–1644) o 3.5 Periode Negara Perang (476 SM-221 SM) 3 Zaman kekaisaran o 3.4 Dinasti Jin dan Enam Belas Negara (280-420) o 3.36 juta tahun [4]. ekspansi.gelombang imigrasi.3 Dinasti Zhou (1046 SM–256 SM) o 2. Jin.3 Zaman Tiga Negara (220–280) o 3.5 Dinasti Utara dan Selatan (420–589) o 3.27 juta tahun yang lalu [3].1 Paleolitik o 1.9 Dinasti Song.10 Dinasti Yuan (1279–1368) o 3.6 Dinasti Sui (589–618) o 3.

[11] Sejarah awal Cina dibuat rumit oleh kurangnya tulisan pada periode ini dan dokumendokumen pada masa sesudahnya yang mencampurkan fakta dan fiksi pada zaman ini. ditemukan 3. serta pengerajin dan pengelola [9]. Sungai Kuning dinamakan demikian disebabkan terdapatnya debu sedimen (loess) yang bertumpuk di tepi sungai dan tanah sekitarnya.Neolitik Tembikar Neolitik Cina. Xi'an [10]. Bukti-bukti awal pertanian milet memiliki penanggalan radiokarbon sekitar 7000 SM [7]. Henan berhasil diekskavasi pada tahun 1977 [8]. Zaman kuno Dinasti Xia (2100 SM-1600 SM) Wilayah kekuasaan Xia Artikel utama untuk bagian ini adalah: Dinasti Xia Lihat pula: Proyek Kronologi Xia Shang Zhou . lembah Sungai Kuning mulai berkembang menjadi pusat kebudayaan dengan penemuan arkeologis signifikan ditemukan di Banpo. yang kemudian setelah terbenam di sungai menimbulkan warna yang kekuning-kuningan pada air sungai tersebut.172 lukisan gua berasal dari 6000-5000 SM yang mirip dengan karakter-karakter awal yang dikonfirmasi sebagai tulisan Cina [12][13]. Di Damaidi di Ningxia. menumbuhkan kebudayaan Jiahu. Kebudayaan Peiligang di Xinzheng. Dengan berkembangnya pertanian. penduduk Cina bercocok tanam milet. muncul peningkatan populasi.000 SM [6]. Pada 7000 SM. Pada akhir Neolitikum. Zaman Neolitik di Cina dapat dilacak hingga 10. kemampuan menyimpan dan mendistribusikan hasil panen. Kebudayaan Yangshao yang muncul belakangan dilanjutkan dengan kebudayaan Longshan pada sekitar 2500 SM.

orang Cina mulai menggunakan tulang orakel untuk memprediksi masa depan.[22] Hipotesa terkuat ialah telah terjadinya ko-eksistensi antara Anyang yang diperintah oleh Dinasti Shang. Dinasti Shang diperintah 31 orang raja. Masyarakat Cina masa ini mempercayai banyak dewa.[17][18] Dinasti Shang (1600 SM-1046 SM) Artikel utama untuk bagian ini adalah: Dinasti Shang Dinasti Shang menurut sumber tradisional adalah dinasti pertama Cina. serta dewa tertinggi yang dinamakan ShangTi. Sebagian besar arkeolog sekarang menghubungkan Dinasti Xia dengan hasil-hasil ekskavasi di Erlitou. Informasi langsung tentang dinasti ini berasal dari inskripsi pada artefak perunggu dan tulang orakel. Bukti keberadaan Dinasti Shang periode awal (k. sedangkan menurut Sejarah Bambu adalah antara 1556 SM dan 1046 SM. yang terbagi menjadi dua periode.Dinasti Xia adalah dinasti pertama yang diceritakan dalam catatan sejarah seperti Catatan Sejarah Agung dan Sejarah Bambu. dinasti ini berkuasa antara 1766 SM dan 1122 SM. provinsi Henan.[16] Menurut kronogi tradisional berdasarkan perhitungan Liu Xin. dinasti ini berkuasa antara 2205 SM sampai 1766 SM. 1600-1300 SM) berasal dari penemuan-penemuan di Erlitou.[15] yang berupa temuan perunggu leburan dari sekitar tahun 2000 SM. antara lain dewa-dewa cuaca dan langit. berasal dari kumpulan besar tulisan pada tulang orakel. Temuan arkeologi memberikan bukti keberadaan Dinasti Shang sekitar 1600-1046 SM. Hasil dari Proyek Kronologi Xia Shang Zhou pemerintah Republik Rakyat Cina pada tahun 1996 menyimpulkan bahwa dinasti ini memerintah antara 1600 SM sampai 1046 SM. pemerintahan dinasti ini adalah antara 1989 SM dan 1558 SM. setelah meninggal akan menjadi seperti dewa pula dan layak disembah.[19] dari sembilan ibukota lainnya. diduga adalah bentuk pendahulu dari aksara moderen Cina. Menurut Proyek Kronologi Xia Shang Zhou yang diselenggarakan oleh pemerintah Republik Rakyat Cina pada tahun 1996.[19] Sedangkan bukti keberadaan Dinasti Shang periode kedua (k. dengan pemukiman-pemukiman berbudaya lain di wilayah yang sekarang dikenal sebagai "Cina sebenarnya" (China proper).[1][14] Dinasti ini didirikan oleh Yu yang Agung. Menurut kronologi berdasarkan perhitungan Liu Xin. Dinasti Zhou (1046 SM–256 SM) . dinasti ini berkuasa antara 2070 SM hingga 1600 SM.[19] serta dari Catatan Sejarah Agung (Shiji) karya Sima Qian. Para ilmuwan Barat cenderung ragu-ragu untuk menghubungkan berbagai permukiman yang sezaman dengan pemukiman Anyang sebagai bagian dari dinasti Shang. Para arkeolog mengkonfirmasikan bahwa kota Anyang di provinsi Henan adalah ibukota terakhir Dinasti Shang. Zhengzhou dan Shangcheng. sedangkan menurut Sejarah Bambu. Beragam tanda-tanda yang terdapat pada tembikar dan kulit kerang yang ditemukan pada periode ini. sejak Raja Tang sampai dengan Raja Zhou sebagai raja terakhir.[20] Mereka juga percaya bahwa nenek moyang mereka. 1300–1046 SM) atau periode Yin (殷). termasuk orang tua dan kakeknenek mereka.[21] Sekitar tahun 1500 SM.

Invasi dari barat laut. namun kemudian terjadi serangkaian ekpansi ke arah lembah Sungai Yangtze. Pada zaman ini.[23] dan konsep ini seterusnya berpengaruh pada hampir setiap pergantian dinasti di Cina. di sebelah barat Shang. dari Zaman Musim Semi dan Gugur. misalnya .Bejana ritual (You). ini menjadi awal dari migrasi-migrasi penduduk selanjutnya dari utara ke selatan. dari zaman Dinasti Zhou Barat. yang diberi nama berdasarkan karya sastra Chun Qiu (Musim Semi dan Gugur). Dinasti ini mulai tumbuh dari lembah Sungai Kuning. Periode Musim Semi dan Musim Gugur (722 SM-476 SM) Artikel utama untuk bagian ini adalah: Periode Musim Semi dan Musim Gugur Pada sekitar abad ke-8 SM. Pada masa Dinasti Zhou mulailah dikenal konsep "Mandat Langit" sebagai legitimasi pergantian kekuasaan. berhasil mengalahkan Shang pada Pertempuran Muye. Bejana pu berdesain naga. Ibukota Zhou awalnya berada di wilayah barat. Dalam sejarah Cina. Penguasa Zhou. Wu Wang. pimpinan militer lokal yang digunakan Zhou mulai menunjukkan kekuasaannya dan berlomba-lomba memperoleh hegemoni. terjadi desentralisasi kekuasaan pada Periode Musim Semi dan Musim Gugur. yaitu dekat kota Xi'an moderen sekarang. Artikel utama untuk bagian ini adalah: Dinasti Zhou Dinasti Zhou adalah dinasti terlama berkuasa dalam sejarah Cina yang menurut Proyek Kronologi Xia Shang Zhou berkuasa antara 1046 SM hingga 256 SM.

daerah tetangga dari negara-negara yang berperang juga ditaklukkan dan menjadi wilayah baru. yaitu penamaan yang diambil dari nama karya sejarah Zhan Guo Ce (Strategi Negara Berperang).[25] Periode saat negara-negara saling berperang hingga penyatuan seluruh Cina oleh Dinasti Qin pada tahun 221 SM. dengan penguasa setempat memegang kekuasaan politik penuh dan kadang menggunakan gelar kehormatan bagi dirinya. Seratus Aliran Pemikiran dari filsafat Cina berkembang pada zaman ini. antara lain Sichuan dan Liaoning. dikenal dengan nama "Periode Negara Perang". namun ia hanya seorang pemimpin nominal yang tidak memiliki kekuasaan yang nyata. tujuh negara terkemuka bertahan pada akhir abad ke-5 SM. yang kemudian diatur di bawah sistem administrasi lokal baru berupa commandery dan prefektur (郡县/郡县). Legalisme. dan Guangxi pada 214 SM.oleh Qin. Ratusan negara bermunculan. Zaman kekaisaran Dinasti Qin (221 SM–206 SM) Artikel utama untuk bagian ini adalah: Dinasti Qin Qin Shi Huang . Meskipun saat itu masih terdapat raja dari Dinasti Zhou sampai 256 SM.[24] Periode Negara Perang (476 SM-221 SM) Artikel utama untuk bagian ini adalah: Periode Negara Perang Setelah berbagai konsolidasi politik. memaksa Zhou untuk memindahkan ibu kotanya ke timur. Pada masa itu. Guangdong. berikut juga beberapa gerakan intelektual berpengaruh seperti Konfusianisme. Ini menandai fase kedua Dinasti Zhou: Zhou Timur. dan Mohisme. yaitu ke Luoyang. serta melakukan ekspansi ke wilayah-wilayah Zhejiang. Taoisme. Negara Qin berhasil menyatukan ketujuh negara yang ada. Fujian. beberapa di antaranya hanya seluas satu desa.

Dinasti Qin. Jenderal Ban Chao dari Dinasti Han bahkan memperluas penaklukannya melintasi pegunungan Pamir sampi ke Laut Kaspia. Ningxia. dan yang kedua pada tahun 284.9) dan Dinasti Han Timur (23 . penyatuan undang-undang hukum. Hal tersebut menyebabkan terbukanya untuk pertama kali perdagangan antara Cina dan Eropa.220) yang dipisahkan oleh periode pendek Dinasti Xin (9 .23). Zaman kekuasaan Dinasti Han terbagi menjadi dua periode yaitu Dinasti Han Barat (206 SM . melalui Jalur Sutra. saat itu mengalami penyeragaman demi menjamin berkembangnya sistem perdagangan yang baik di seluruh kekaisaran.Dinasti Qin berhasil menyatukan Cina yang terpecah menjadi beberapa kerajaan pada Periode Negara Perang melalui serangkaian penaklukan terhadap kerajaan-kerajaan lain. seorang petani yang memimpin pemberontakan rakyat dan meruntuhkan dinasti sebelumnya.[25] Qin Shi Huang dinobatkan menjadi kaisar pertama Cina bersatu pada tahun tersebut. Secara umum periode ini . dan Qinghai. antara termasuk terbentuknya konsep pemerintahan terpusat. dan mata uang bersama seluruh Cina. dengan demikian merebut wilayah-wilayah Gansu. Beberapa kontribusi besar Dinasti Qin.[27] Kedutaan pertama dari Kekaisaran Romawi tercatat pada sumber-sumber Cina pertama kali dibuka (melalui jalur laut) pada tahun 166. Bahkan hal-hal yang mendasar seperti panjangnya as roda untuk gerobak dagang. Dinasti ini terkenal mengawali pembangunan Tembok Besar Cina yang belakangan diselesaikan oleh Dinasti Ming serta peninggalan Terakota di makam Qin Shi Huang. satuan pengukuran. Artikel utama untuk bagian ini adalah: Dinasti Han Dinasti Han didirikan oleh Liu Bang. Kaisar Wu (Han Wudi 漢武帝/汉武帝) berhasil mengeratkan persatuan dan memperluas kekaisaran Cina dengan mendesak bangsa Xiongnu (sering disamakan dengan bangsa Hun) ke arah stepa-stepa Mongolia Dalam. dengan penaklukan terakhir adalah terhadap kerajaan Qi pada sekitar tahun 221 SM. abad ke-2 SM. Zaman Tiga Negara (220–280) Artikel utama untuk bagian ini adalah: Zaman Tiga Negara Zaman Tiga Negara (Wei. Wu. pada tahun 206 SM.[26] Dinasti Han (206 SM–220) Lentera minyak Dinasti Han. setelah berlalunya masa-masa kesengsaraan pada Zaman Musim Semi dan Gugur. dan Shu) adalah suatu periode perpecahan Cina yang berlangsung setelah hilangnya kekuasaan de facto Dinasti Han. diterapkannya bahasa tertulis.

Dinasti Utara dan Selatan (420–589) Artikel utama untuk bagian ini adalah: Dinasti Utara dan Selatan .469). provinsi Henan. kelompok etnis di luar suku Han (Wu Hu) masih menguasai sebagian besar wilayah pada awal abad ke-4 dan menyebabkan migrasi besar-besaran suku Han ke selatan Sungai Yangtze. walau banyak sejarawan Cina yang menganggap bahwa periode ini berlangsung sejak Pemberontakan Serban Kuning (184). Patung Bodhisattva dari batu kapur. Dinasti Jin dan Enam Belas Negara (280-420) Artikel utama untuk bagian ini adalah: Dinasti Jin (265-420) dan Zaman Enam Belas Negara Cina berhasil dipersatukan sementara pada tahun 280 oleh Dinasti Jin.dianggap berlangsung sejak pendirian Wei (220) hingga penaklukan Wu oleh Dinasti Jin (280). Bagian utara Cina terpecah menjadi negara-negara kecil yang membentuk suatu era turbulen yang dikenal dengan Zaman Enam Belas Negara (304 . Dinasti Qi Utara. Meskipun demikian. 570 Masehi.

lima dinasti (Liang. Dinasti Jin (11151234). Zaman ini merupakan masa perang saudara dan perpecahan politik. Lima Dinasti dan Sepuluh Negara (907–960) Artikel utama untuk bagian ini adalah: Zaman Lima Dinasti dan Sepuluh Negara Antara tahun 907 sampai 960. serta penyebaran Agama Buddha dan Taoisme. Shaanxi. Periode kekuasaan dinasti ini antara lain ditandai dengan pembangunan Terusan Besar Cina dan pembentukan banyak lembaga pemerintahan yang nantinya akan diadopsi oleh Dinasti Tang. Dinasti Song (960-1279) yang beribu kota di Kaifeng menguasai sebagian besar Cina dan mengawali suatu periode kesejahteraan ekonomi.Menyusul keruntuhan Dinasti Jin Timur pada tahun 420. dan Shu Akhir) berkuasa di selatan dan barat Cina. . Li Yuan naik tahta dan memulai era Dinasti Tang yang menggantikan Dinasti Sui. Dinasti Sui (589–618) Artikel utama untuk bagian ini adalah: Dinasti Sui Setelah hampir empat abad perpecahan. Chu. dan Ningxia dikuasai oleh Dinasti Xia Barat antara tahun 1032 hingga 1227. Dinasti Tang mulai mengalami kemunduran karena munculnya pemberontakan-pemberontakan. Dinasti Tang (618–907) Artikel utama untuk bagian ini adalah: Dinasti Tang Pada 18 Juni 618. Dinasti Liao. Liao. kemajuan teknologi. Han. Tang Selatan. Sementara itu. Wilayah Manchuria (sekarang dikenal dengan Mongolia) dikuasai oleh Dinasti Liao (907-1125) yang selanjutnya digantikan oleh Dinasti Jin (1115-1234). Jin. sepuluh negara kecil lain (Wu. Tang. walaupun juga merupakan masa berkembangnya seni dan budaya. terhadap Dinasti Chen di selatan. Zaman ini merupakan masa kemakmuran dan perkembangan seni dan teknologi Cina. wilayah barat laut Cina yang sekarang dikenal dengan provinsi-provinsi Gansu. serta Xia Barat (960-1279) Artikel utama untuk bagian ini adalah: Dinasti Song. Dinasti Song. terjadi suatu periode perpecahan politik yang dikenal sebagai Zaman Lima Dinasti dan Sepuluh Negara. Pada masa yang cukup singkat ini. Cina dikuasai oleh beberapa dinasti. Pada saat yang bersamaan. Nanping. Jin. Pada tahun 960. Agama Buddha menjadi agama utama yang dianut oleh keluarga kerajaan serta rakyat kebanyakan. Cina memasuki era Dinasti Utara dan Selatan. Han Utara. Shu Awal. Han Selatan. pendiri Dinasti Sui. Wuyue. dan Xia Barat Antara tahun 960 hingga 1279. dan Zhou) secara bergantian menguasai jantung wilayah kerajaan lama di utara Cina. Sejak sekitar tahun 860. Min. sejak runtuhnya Dinasti Tang sampai berkuasanya Dinasti Song. Dinasti Sui berhasil mempersatukan kembali Cina pada tahun 589 dengan penaklukan Yang Jian.

terjadi penentangan yang cukup kuat terhadap kekuasaan asing ini di kalangan masyarakat. Sentimen ini. ditambah sering timbulnya bencana alam sejak 1340-an. pendiri Dinasti Yuan Artikel utama untuk bagian ini adalah: Dinasti Yuan Antara tahun 1279 hingga tahun 1368. dan bahkan sampai berhasil menawan Kaisar Zhengtong di Tumu. laporan dari dinasti-dinasti Cina memperkirakan terdapat sekitar 120 juta penduduk. Dinasti ini adalah dinasti pertama yang memerintah seluruh Cina dari ibu kota Beijing.Dinasti Yuan (1279–1368) Kublai Khan.[28] Demikian pula pada pemerintahan Dinasti Yuan terjadi epidemi abad ke-14 berupa wabah penyakit pes (Kematian Hitam). Kekaisaran Dinasti Ming juga menghadapi serangan bajak laut Jepang di sepanjang garis pantai tenggara Cina. dan diperkirakan telah menewaskan 30% populasi Cina saat itu. Zhu Yuanzhang dari suku Han mendirikan Dinasti Ming setelah berhasil mengusir Dinasti Yuan pada tahun 1368. akhirnya menimbulkan pemberontakan petani yang menumbangkan kekuasaan Dinasti Yuan. namun setelah penaklukan selesai secara menyeluruh pada tahun 1279. Tahun 1542. Tahun 1449. Esen Tayisi dari bangsa Mongol Oirat melakukan penyerangan ke wilayah Cina utara. Altan Khan memimpin bangsa Mongol terus-menerus mengganggu perbatasan utara Cina. Cina dikuasai oleh Dinasti Yuan yang berasal dari Mongolia dan didirikan oleh Kublai Khan. Sebelum invasi bangsa Mongol.[31] peranan Jenderal Qi Jiguang sangat penting dalam mengalahkan serangan bajak laut . Dinasti ini menguasai Cina setelah berhasil meruntuhkan Dinasti Jin di utara sebelum bergerak ke selatan dan mengakhiri kekuasaan Dinasti Song.[29][30] Dinasti Ming (1368–1644) Artikel utama untuk bagian ini adalah: Dinasti Ming Sepanjang masa kekuasaan Dinasti Yuan. dan pada tahun 1550 ia berhasil menyerang sampai ke pinggiran kota Beijing. sensus tahun 1300 menyebutkan bahwa terdapat 60 juta penduduk.

Setelah empat belas tahun. dan Jepang.000 penduduk. sebagai usaha perlindungan bagi Cina atas invasi dari bangsa-bangsa asing. sesungguhnya sebagian besar tembok yang terlihat saat ini adalah yang telah dibangun atau diperbaiki oleh Dinasti Ming.[32] Bangsa Manchu kemudian mengadopsi nilai-nilai Konfusianisme dalam pemerintahan mereka. sepertiga wilayah Cina sempat jatuh dalam kekuasaan Taiping Tianguo. 1644–1911) didirikan menyusul kekalahan Dinasti Ming. suatu gerakan keagamaan kuasi-Kristen yang dipimpin Hong Xiuquan yang menyebut dirinya "Raja Langit". serta meriammeriam ditempatkan di sepanjang sisinya. Perancis. Selama masa Dinasti Ming. Suatu gempa bumi terdasyat di dunia. Kematian yang terjadi selama 15 tahun pemberontakan tersebut diperkirakan mencapai 20 juta penduduk. Bangunan bata dan granit telah diperluas. Pada Pemberontakan Taiping (1851–1864). yang terjadi pada masa pemerintahan Kaisar Jiajing. barulah pemberontakan tersebut berhasil dipadamkan. tentara Taiping dihancurkan dalam Perang Nanking Ketiga tahun 1864.[33] . gempa bumi Shaanxi tahun 1556. menara pengawas dirancang-ulang. oleh suku Manchu (滿族,满族) dari sebelah timur laut Cina pada tahun 1644. Rusia. Dinasti Qing (1644–1911) Kartun politik Perancis. Diperkirakan sekitar 25 juta penduduk tewas dalam periode penaklukan Manchu atas Dinasti Ming (1616-1644). diperkirakan telah menewaskan sekitar 830.tersebut. Dinasti ini merupakan dinasti feodal terakhir yang memerintah Cina. pembangunan terakhir Tembok Besar Cina selesai dilaksanakan. akhir 1890-an. Jerman. sebagaimana tradisi yang dilaksanakan oleh pemerintahan dinasti-dinasti pribumi Cina sebelumnya. dinasti terakhir Han Cina. Kue melambangkan Cina dibagi-bagi antara Inggris. Meskipun pembangunannya telah dimulai pada masa sebelumnya. Artikel utama untuk bagian ini adalah: Dinasti Qing Dinasti Qing (清朝.

Sementara itu. yaitu Perang Suku Punti-Hakka. Perbudakan di Cina dihapuskan pada tahun 1910. Sebulan setelahnya. kaisar terakhir Qing. Partai Komunis Cina (PKC) yang berhaluan komunis mulai juga menancapkan pengaruhnya dan menjadi pesaing utama Kuomintang yang menimbulkan Perang Saudara Cina. Kedua partai Cina ini secara nominal sempat bersatu dalam menghadapi pendudukan Jepang yang dimulai tahun 1937.[35] Pada tahun 1928. Republik Cina didirikan dengan Sun Yat-sen sebagai presiden pertamanya. permusuhan KMT dan .Beberapa pemberontakan yang memakan korban jiwa dan harta yang lebih besar kemudian terjadi. Kaisar Xuantong turun tahta. Mengikuti kekalahan Jepang tahun 1945. Pemberontakan Minoritas Hui. pada 12 Maret 1912. Pada tanggal 12 Februari 1912. menyusul Revolusi Xinhai. membuat timbulnya revolusi yang terinspirasi oleh ide-ide Sun Yat-sen untuk menghapuskan sistem kerajaan dan menerapkan sistem republik di Cina. sebagian besar Cina dipersatukan di bawah Kuomintang (KMT) oleh Chiang Kai-shek. Zaman modern Republik Cina Sun Yat-sen. pemberontakanpemberontakan tersebut dan perjanjian tidak adil yang berhasil dipaksakan oleh kekuatan imperialis asing terhadap Dinasti Qing. dan Pemberontakan Boxer. yaitu selama Perang Sino-Jepang (1937-1945) yang merupakan bagian Perang Dunia II. presiden pertama Republik Cina Artikel utama untuk bagian ini adalah: Sejarah Republik Cina Rasa frustrasi karena penolakan Dinasti Qing untuk melakukan reformasi serta karena kelemahan Cina terhadap negara-negara lain.[34] Dalam banyak hal. Pemberontakan Panthay. merupakan tanda-tanda ketidakmampuan Dinasti Qing dalam menghadapi tantangan-tantangan baru yang muncul di abad ke-19. setelah konflik berkepanjangan antara panglima-panglima perang yang terjadi antara 1916-1928. Pemberontakan Nien.

dan terakhir adalah periode di bawah generasi pemerintahan keempat. Di akhir Perang Dunia II tahun 1945 sebagai bagian dari penyerahan kekuasaan Jepang. cari Sun Yat-sen 孫文 / 孫中山 / 孫逸仙 Presiden Republik Cina Sementara Masa jabatan 1 Januari 1912 – 1 April 1912 . setelah hampir pastinya kemenangan Partai Komunis Cina dari Kuomintang pada Perang Saudara Cina. Periode sejarah RRC secara umum dibagi menjadi empat periode: transformasi sosialis (1949-1976) di bawah Mao Zedong. pasukan Jepang di Taiwan menyerah kepada pasukan Republik Cina di bawah Chiang Kaishek yang memegang kendali atas Taiwan. Sun Yat-sen) Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi. Mao Zedong memproklamirkan Republik Rakyat Cina (RRC) di Tiananmen. Sampai sekarang.PKC berlanjut kembali setelah usaha-usaha rekonsiliasi dan negosiasi gagal mencapai kesepakatan. Artikel utama untuk bagian ini adalah: Sejarah Republik Rakyat Cina Pada tanggal 1 Oktober 1949. antara 2002 hingga saat ini.[37] Republik Rakyat Cina Bendera RRC. reformasi ekonomi (1976-1989) di bawah Deng Xiaoping. pertumbuhan ekonomi (1989-2002) di bawah Jiang Zemin. pemerintah yang memerintah Taiwan masih menggunakan nama resmi "Republik Cina" walaupun secara umum dikenal dengan nama "Taiwan".[36] Konflik antara partai-partai Cina yang dimulai sejak 1927 berakhir secara tak resmi dengan pengunduran diri Kuomintang ke Taiwan pada tahun 1949 dan menjadikan Partai Komunis Cina sebagai penguasa tunggal di Cina daratan. Sun Yat-sen Dari Wikipedia bahasa Indonesia. (Lihat: Perang Saudara Cina). ensiklopedia bebas (Dialihkan dari Dr.

Penulis Kristen[1] Sun Yat-Sen (Hanzi: 孫逸仙. lahir 12 November 1866 – meninggal 12 Maret 1925 pada umur 58 tahun) adalah seorang pemimpin kunci revolusi Cina dan diakui secara luas sebagai Bapak Negara Cina Modern. Cina selanjutnya menjadi Republik Cina pada tahun 1911 yang didirikan oleh Sun Yat-sen. menjadi pejabat presiden pada tahun 1912. dan presiden pada tahun 1923-1925. sehingga kaisar harus meletakkan jabatannya. Pada waktu itu. Cina Republik Cina Kuomintang (KMT) Lu Muzhen (1885-1915) Soong Ching-ling (1915-1925) Hong Kong College of Medicine for Chinese Dokter. tetapi dapat diredam. Politikus. Chiang Kai-shek. Secara keseluruhan. ia meninggal di Cina. terpilih menjadi presiden. Cina diperintah oleh seorang kaisar yang memerintah seolah-olah seperti dewa. Revolusioner. Guangdong. salah seorang pengikutnya. Pada tahun 1925. baik di Cina Daratan maupun Taiwan. Ia juga pendiri partai tertua dalam sejarah modern Cina. Pinyin: Sūn Yì-xian.Wakil Presiden Digantikan oleh Lahir Meninggal Kebangsaan Partai politik Suami/istri Alma mater Pekerjaan Agama Li Yuanhong (1 Januari-1 April 1912) Yuan Shikai (presiden pertama) Informasi pribadi 12 November 1866 Xiangshan. Sun Yat-sen yakin bahwa Cina perlu ditata dengan cara yang baru melalui revolusi. Tiga tahun kemudian. Daftar isi     1 Penghargaan 2 Lihat pula 3 Pranala luar 4 Referensi Penghargaan . ia memimpin suatu pemberontakan di Kanton. Kuomintang (KMT). ia memimpin sebelas kali revolusi terhadap Dinasti Qing dan akhirnya berhasil menumbangkan kekaisaran. Cina 12 Maret 1925 (umur 58) Beijing. Pada tahun 1895.

dan pembentukan pemerintahan republik. demokrasi dan kesejahteraan rakyat.Dengan adanya hubungan baik antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Cina. koneksi-koneksi luar negerinya yang memberikan bantuan seperti dari pemerintah Jepang tahun 1897. namun semangat nasionalisme dan gerakan revolusioner mulai tumbuh di masyarakat Cina terutama di perantauan. Ia sangat berpengaruh dalam sejarah Cina modern. Indonesia. Namanya terkenal di dunia internasional setelah ditahan oleh kedutaan Cina di London tahun 1896. mengabadikan nama Dr. Sun Yat Sen menjadi salah satu nama jalan di Kota Medan. Walaupun usahanya ini gagal. Dinasti Manchu tidak mampu membendung gelombang pemberontak sehingga awal tahun 1912 Dr Sun Yat Sen terpilih menjadi presiden sementara RRC yang baru . Para intelektual Cina di perantauan juga memberikan dukungan penuh sehingga tahun 1905 ia segera mendirikan T`ung meng Hui (Liga Revolusioner gabungan) yang memberjuangkan tiga visi yaitu nasionalisme. Gerakan Sun Yat Sen ini akhirnya membuahkan hasil pada bulom Oktober 1911. iografi Dr. Setelah kekalahan Cina dalam perang Cina-Jepang tahun 1894-1895 Sun Yat Sen kembali ke Hongkong merancang pemberontakan Guangzhou. Selama 16 tahun berikutnya ia banyak berkelana mempelajari secara intensif pemikiran politik dan ekonomi barat dan membangun arah politik dan ekonomi negerinya. anak seorang petani miskin yang merantau ke Honolulu Hawai Amerika Serikat mengikuti kakak lelakinya untuk menempuh pendidikan. Dr Sut Yat Sen memutuskan meninggalkan dunia medis dan kembali ke Hawai mendirikan organisasi pergerakan untuk menjatuhkan penguasa Manchu. moral maupun politik dari dunia internasional. maka pemerintahan Kota Medan. Dr Sut Yat Sangat terkenal karena ia merupakan tokoh nasional Cina yang berjuang untuk persatuan nasional Cina. Sun Yat Sen . Langkah ini disebabkan kegundahannya melihat kemerosotan Cina pada masa dinasti Qing yang sangat korup. Sut Yat Sen kembali ke Cina tahun 1883. Sun Yat Sen anyak mendapat dukungan secara finansial. Banyak kolega. kemudian pindah ke Hongkong untuk menempuh pendidikan kedokteran hingga lulus tahun 1892.Tokoh Nasionalis Cina Dr Sun Yat Sen Lahir 12 November 1866 di Guang dong Cina. pembangunan ekonomi.

Ambisi Yuan dalam kekuasaan tercium gelagatnya oleh Sut Yat Sen. Namun untuk menghindari perang saudara. . Dr Sun Yat Sen kemudian mengubah organisasinya menjadi partai politik Kuomintang dan tahun 1917 ia membentuk pemerintahan sendiri di Guangzhou untuk menandingi sisa-sisa penerus Yuan di Beijing. ia kemudian mengundurkan diri dan menyerahkan jabatan kepada Yuan Shikai. sehingga ia segera melancarkan perlawanan hingga menjatuhkannya dari kursi kekuasaan tahun 1916. Pada tahun 1923-1924 ia membentuk aliansi sementara dengan kelompok komunis hingga terbentuklah Kongres Nasional pertama (KMT) dan partai komunis menjadi salah satu anggotanya. Ia segera memperkuat militer dan menerima bantuan dari Uni Soviet untuk memperkuat pemerintahannya.didirikan. mantan menteri pada masa kekaisaran.

.

pekerja. Setelah ia wafat tanggal 12 Maret 1925.Sejak tahun 1923 hingga kematiannya ia tercatat sebagai kepala pemerintahan KMT yang diubahnya sesuai dengan sistem Uni Soviet. . Basis massa Sun Yat Sen terutama di Guangzhou berasal dari kelompok pelajar. perjuangannya diteruskan oleh Chiang Kai Shek yang akhirnya berhasil menyatukan Cina. rakyat bawah. Namun Chiang Kai Shek akhirnya juga tersingkir ke Taiwan setelah meletusnya perang saudara antara kelompok nasionalis dengan komunis. dan tentara. Di akhir-akhir hidupnya ia senantiasa berjuang untuk persatuan Cina dengan membujuk berbagai tokoh faksi untuk meninggalkan ambisi pribadi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful