KONSEP DASAR KOMUNIKASI

Ns. Rosikhah Al-Maris, S.Kep

STIKES AL- ISLAM YOGYAKARTA

dipelihara dan diubah (Forsdale. dan diberi arti (Seiler. 1998) . sehingga dengan cara ini suatu sistem dapat didirikan.DEFINISI • Komunikasi adalah suatu proses memberikan signal menurut aturan tertentu. 1981) • Proses dimana simbol verbal dan nonverbal dikirimkan. diterima.

bahkan perilaku (Riant Nugroho. 2003) . 2004) • komunikasi tidak hanya menyampaikan informasi atau pesan saja. tetapi komunikasi dilakukan seorang dengan pihak lainnya dalam upaya membentuk suatu makna serta mengemban harapan-harapannya (Rosadi Ruslan.TUJUAN • menciptakan pemahaman bersama atau mengubah persepsi.

Supaya gagasan dapat diterima orang lain 4.TUJUAN 1. Menggerakkan orang lain untuk melakukan sesuatu (Widjaya. Menyampaikan sesuatu 2. Memahami orang lain 3. 2000) .

Gorden dalam Deddy Mulyana.FUNGSI 1. Komunikasi ekspresif 3. Komunikasi ritual 4. (2005:5-30) . Komunikasi Instrumen Wiiliam I. Komunikasi sosial 2.

Balikan /feedback . Pengirim pesan / sender 2. Penerima pesan / receiver 5.ELEMEN 1. Pesan / message 3. Saluran 4.

PROSES Encoding .

Sesuai dengan medan pengalaman audience atau penerima. sehingga memudahkan penerima didalam menerima isi pesan yang disampaikan .Kegiatan “encoding” dan “decoding” .Encoding adalah kegiatan yang berkaitan dengan pemilihan lambang-lambang yang akan digunakan dalam kegiatan komunikasi oleh komunikator Syarat Encoding : 1. Dapat mengungkapkan pesan yang akan disampaikan 2.

Kegiatan “encoding” dan “decoding” . dimana penerima berusaha menangkap makna pesan yang disampaikan melalui lambang-lambang yang digunakan komunikator dalam kegiatan encoding .Decoding adalah kegiatan dalam komunikasi yang dilaksanakan oleh penerima (audience).

Komunikasi tidak langsung: menggunakan alatdan meningkatkan jumlah sasaran . Berdasarkan proses a.BENTUK 1. Komunikasi langsung : tanpa alat b.

tidak rumit. Syarat komunikasi massa yang baik: .pesan disusun dengan jelas. dan tidak bertele-tele . Berdasarkan besarnya sasaran a.Membentuk kelompok khusus.BENTUK 2.Bahasa mudah dimengerti . umumnya tidak dikenal. misal: kelompok pendengar radio . Komunikasi massa: sasaran kelompok besar.Bentuk gambar baik .

bisa juga melalui telepon. Komunikasi kelompok : sasarannya sekelompok orang yang umumnya dapat dihitung dan dikenal. . b.BENTUK -> berdasarkan sasaran... Komunikasi perorangan: komunikasi dengan tatap muka.. Merupakan komunikasi langsung dan timbal balik. c.

Misal: radio b. Biasanya komunikasi kelompok dan perorangan merupakan komunikasi timbal balik. Komunikasi satu arah.BENTUK 3. Berdasarkan arah pesan a. . Komunikasi timbal balik.

Selaan dan kesempatan berbicara .Pemilihan kata sesuai .Waktu dan relevansi .Humor .Jelas dan ringkas .JENIS 1.Arti denotatif dan konotatif . Komunikasi verbal Syarat komunikasi verbal yang efektif: .

Sikap tubuh dan langkah .Metakomunikasi .JENIS 2.Penampilan personal . Komunikasi Non Verbal. teramati pada: .Ekspresi wajah .Intonasi (Nada suara) .Sentuhan .

P. St. A. Jakarta: tidak dipublikasikan • Potter. KOMUNIKASI KEPERAWATAN (Communication Games Aplication).SUMBER • Hamid.G.A & Perry.Y. Graha Ilmu . A.Louis: Mosby Year Book • Sya'diyah Hidayatus (2013). Edisi Pertama – Yogyakarta. Komunikasi Terapeutik. (1993) Fundamental of Nursing Concepts.S (1996). Thrd edition. Process and • Practice.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful