P. 1
BUDAYA POLITIK PAROKIAL

BUDAYA POLITIK PAROKIAL

|Views: 404|Likes:
parokial is one of many political situation in indonesia wich refer to a condition were the participation of politic in some comuninty is low basically it is because of the community is simply lack of education and they came from more rigid roots.
parokial is one of many political situation in indonesia wich refer to a condition were the participation of politic in some comuninty is low basically it is because of the community is simply lack of education and they came from more rigid roots.

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Alfianda Nugrah Hutama on May 02, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/30/2014

pdf

text

original

BUDAYA POLITIK PAROKIAL

PENGERTIAN BUDAYA

Kata budaya berasal dari Bahasa Saduri pendahulu atau leluhur mereka karena budaya bersifat turun-temurun dan diwariskan dari generasi ke generasi. Jika berbicara masalah budaya mungkin orang akan langsung mengkait-kaitkannya dengan adat istiadat atau kesenian. Padahal dari pengertian budaya saja sudah dapat kita ambil kesimpulan bahwa budaya adalah segala sesuatu yang berasal dari akal manusia termasuk agama, ilmu pengetahuan, taknologi, bangunan, dan bahasa.

sejarah. Politik pada dasarnya mempunyai ruang lingkup negara. politik disebut juga dengan siyasah yang berarti cerdik atau bijaksana. Sedangkan dalam Bahasa Arab. karena negara adalah lembaga politik tinggi yang mempengaruhi kehidupan masyarakat. kebijakan. asas. Politik juga mencakup ide.PENGERTIAN POLITIK Kata politik berasal dari Bahasa Yunani yaitu Polis yang berarti negara kota atau policy yang dalam Bahasa Inggris berarti kebijakan. dapat kita simpulkan bahwa politik selalu berkaitan dengan pengambilan keputusan. Dari beberapa pengertian tersebut. BUDAYA POLITIK MENURUT PARA AHLI . dan kelompok masyarakat. dan kekuasaan.

2. serta nilai-nilai yang menegaskan suatu situasi dimana tindakan politik dilakukan. Sidney Verba : Politik merupakan suuatu sistem kepercayaai empirik. berikut adalah beberapa pengertian budaya politik menurut para ahli :. Agar semakin jelas. Ball : Budaya politik merupakan suatu susunan yang terdiri atas sikap. simbolik. 1. kepercayaan. emosi.Dari pembahasan tentang pengertian budaya dan pengertian politik diatas. dan nilai-nilai masyarakat yang berhubungan dengan sistem dan isu politik. Alan R. . pasti kita sudah paham atau minimal sudah mempunyai sedikit gambaran mengenai apa itu budaya politik.

3. tahayul dan mitos. Mochtar Masoed : Budaya politik adalah sikap dan orientasi warga suatu negara terhadap kehidupan pemerintahan negara dan politik di negaranya. 4. dan cara standar untuk penilain aksi-aksi politik serta nilai-nilai yang menonjol bagi aksi politik. pengetahuan. 5. dengan indikator pokok menyangkut wawasan politik. bagaiman hubungan antara tujuan. adat istiadat. . Budaya politik tersebut memberi rasional untuk menolak atau menerima nilai-nilai dan norma lain. Robert Dahl : Budaya politik adalah aspek politik dari sistem nilai-nilai yang terdiri ide. Lucian Pye : Budaya politik terlebih pada aspek perkembangan politik di negara berkembang. Kesemuanya ini dikenal dan diakui sebagain besar masyarakat.

7. Rusadi Sumiputra : Budaya politik adalah pola tingkah laku individu dan orientasinya terhadap kehidupan politik yang dihayati oleh seluruh anggota sistem politik tersebut.6. pilihan. PAROKIAL . Marbun : Budaya politik adalah adalah sikap. dan orientasi politik warga negara terhadap sistem politik di negaranya dan yang dilaksanakan dalam masyarakatnya.

berburu. pilkada dan sebagainya. pilleg. ekonomi. Seorang kepala adat memimpin segala hal tak hanya politik ketika menjadi wakil masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya. pemimpin ekonomi ketika mempertahankan hidup (survival) keluarga dan warganya dengan bertani. Sebenarnya tak hanya masyarakat pedalaman. berkebun.Budaya politik parokial merupakan budaya politik yang terdapat dalam suatu masyarakat. Juga sebagai pemimpin budaya yang harus menjaga adat istiadat supaya tidak dipengaruhi oleh budaya lain yang dapat merusak kearifan local. tapi sekaligus menjadi pemimpin agama pada upacara upacara keagamaan. dimana masyarkat tersebut tidak memiliki partisipasi. bahkan tidak peduli sama sekali terhadap perkembangan politik negaranya. sehingga mereka cukup saja mewakilkan aspirasinya kepada kepala adat jika ada hal-hal yang berkaitan dengan event politik yang diselenggarakan oleh negara misalnya pemilu. masyarakat yang memiliki budaya politik ini lazimnya tinggal di pedalaman yang menutup diri terhadap perubahan social dan tidak mendapatkan pendidikan yang layak. tak menutup kemungkinan juga masyarakat perkotaan . dan sebagainya. misalnya pemimpin agama. budaya. Sebagaimana telah dijelaskan bahwa pendidikan yang rendah memicu budaya politik parochial semakin kuat tertanam dalam keyakinan masyarakat. Dalam budaya politik parochial terdapat integrasi antara pemimpin politik dengan pemimpin lainnya.

. sebab sifatnya desentralisir. meskipun pendidikannya relative lebih baik dan didukaung oleh sarana dan prasarana yang memadai untuk pendidikan politik. jabatan. Jika pada masyarakat pedalaman budaya politik parokial terjadi terjadi karena kurangnya pendidikan sehingga akses informasi terhadap pendidikan politik sangat minim. Jika ketua adat berhasil dirayu dengan uang. ketua adat menjadi pemimpin politik masyarakat sekitarnya. Itulah kekurangan yang mungkin sering dimanfaatkan oknum tertentu. Di pedalaman. maka pada masyarakat perkotaan justru sebaliknya. justru karena informasi dari media cetak dan elektronik seputar masalah politik Negara yang tak ada habisnya mengakibatkan masyarakat kota menjadi hilang harapan (hopeless) terhadap sistem politik yang sedang berjalan Budaya politik parokial rentan sekali dimanfaatkan.jika tingkat partisipasi politik minim bisa dikategorikan memiliki budaya politik yang sama dengan sebab yang berbeda. dan lain-lain lalu siap mengarahkan masyarakatnya untuk memilih seseorang atau suatu partai tanpa masyarakat ketahui terlebih dahulu.

dan manusiawi jauh dari politik uang “money politic”. pileg. sportif. pilkada dan sebagainya. primordial / kesukuan. dan intimidasi terhadap suatu partai politik dari hal ini diharapkan agar masyarakat yang berpendidikan namun telah putus asa karena labilnya suasana politik kembali memiliki harapan dengan berpartisipasi pada pemilu. . Di samping itu pemerintah menciptakan budaya politik yang kompetitif.TANGGUNG JAWAB PEMERINTAH Pemerintah memiliki tanggung jawab lebih dalam mengubah budaya politik parokial ini supaya tingkat partisipasi politik masyarakat dalam politik meningkat melalui peningkatan kualitas pendidikan yang merata ke semua wilayah Indonesia terutama daerah – daerah terpencil yang harus diprioritaskan.

Maka pada masyarakat perkotaan justru sebaliknya. meskipun pendidikannya relative lebih baik dan di dukung oleh sarana prasarana yang memadai untuk pendidikan politik.FAKTOR PENDIDIKAN YANG RENDAH Jika pada masyarakat pedalaman budaya politik parokial terjadi karena kurangnya pendidikan sehingga akses informasi terhadap pendidikan politik sangat minim. . Justru karena informasi dari media cetak dan elektronik seputar masalah politik Negara yang tak ada habisnya mengakibatkan masyarakat kota menjadi hilang harapan terhadap system politik yang sedang berjalan.

dan lain – lain lalu siap mengarahkan masyarakatnya untuk memilih seseorang atau suatu partai tanpa masyarakat ketahui terlebih dahulu itulah kekurangan yang mungkin sering dimanfaatkan oleh oknum tertentu MENGAPA PADA BUDAYA POLITIK PAROKIAL PARTISIPASI POLITIK BEGITU RENDAH ? Dalam budaya politik parokial terdapat integrasi antara pemimpin politik dengan pemimpin lainnya. untuk menyampaikan aspirasinya. jabatan.Budaya politik parokial rentan sekali dimanfaatkan sebab sifatnya desentralisir. jadi dapat di simpulkan bahwa hilangnya politik dalam budaya parokial dikarenakan pemimpin yang otoriter dan menghegemoni kepentingan . contohnya saja di pedalaman ketua adat yang menjadi pemimpin politik masyarakat sekitarnya jika ketua adatnya berhasil dirayu dengan uang. misalnya pemimpin agama. budaya.kepentingan rakyatnya dengan katan lain . Seorang kepala adat memimpin segala hal. ekonomi.

masyarakat tidak turut campur dalam pengambilan keputusan serta keputusan hanya berporos pada pemimpin / ketua suku saja. Modusnya mencairkan dana bantuan desa Rp 100 juta dari . yaitu kemungkinan terjadinya kecurangan DPD PDIP Jabar menuding pasangan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar melakukan money politic. di balik itu semua disinyalir ada indikasi-indikasi di lapangan. Namun. STUDI KASUS ADANYA INDIKASI BUDAYA POLITIK PAROKIAL DALAM PEMILIHAN GUBERNUR JAWA BARAT "Pilkada Jawa Barat memang berjalan baik.

Ada 45 desa yang sudah menerima bantuan dengan jumlah total Rp 4. Ahmad Heryawan menurutnya berkeliling ke sejumlah daerah dan menjanjikan memberikan bantuan itu. Seharusnya dana itu dicairkan paling cepat pada April.5 miliar." . sapaan akrabnya. dana dicairkan. ini dipertanyakan. Padahal Heryawan pernah menyatakan bantuan belum dicairkan. Tapi pencairan dana sudah dilakukan 13-22 Februari. Ia mensinyalir bantuan itu merupakan bentuk politik uang sebagai upaya memenangkan pilgub. Jalan Pelajar Pejuang. Dijelaskannya. "Dana yang masuk juga ada yang ke rekening pribadi. Tak lama kemudian. Pernyataan itu pernah disampaikan dalam debat kandidat. Rabu (27/2/2013). Pernyataan itu menurutnya dilontarkan dalam debat cagub yang ditayangkan TV One "Jadi tidak benar Gubernur menunda pencairan dana desa sampai setelah pilgub.APBD Jabar pada pertengahan Februari lalu. Hal itu dikatakan Ketua Plh DPD PDIP Jabar Tubagus Hasanudin dalam konferensi pers di Kantor DPD PDIP Jabar." kata TB.

Jumat (1/3/2013). Berbagai fakta lain sedang dikumpulkan sebagai bahan jika PDIP membawa masalah itu ke MK.detik. Saya pikir enggak ada masalah kalau soal program itu. 1 “PDIP Tuding Bantuan Desa Rp 100 Juta UpayaMoney Politic Aher” http://news.cetusnya.1 Sedangkan aher sendiri mengelak dengan berdalih "Tidak ada money politic. Kalau tundingannya terkait pencairan dana desa peradaban sebesar Rp100 juta/desa itu bukan money politic. saya tidak tahu tudingannya seperti apa. Cianjur." ucapnya. Beberapa perwakilan desa siap memberikan testimoni bahwa mereka sudah menerima dana bantuan desa. tapi itu program Pemprov Jawa Barat." katanya.com/bandung/read/2013/02/27/170427/2181367/486/pdiptuding-bantuan-desa-rp-100-juta-upaya-money-politic-aher. Menurutnya. "Bahkan ada cagub yang menjanjikan Rp500 juta / desa / tahun." kata Aher saat ditemui di Gurih 7. di akses pada 23 april 2013 . Jalan Pajajaran. sama Cirebon. hal seperti itu pasti dilakukan setiap calon gubernur saat berkampanye dalam menyampaikan visi dan misinya. Tapi PDIP belum menegaskan bakal ke MK atau tidak. "Tapi yang menyatakan siap memberikan testimoni baru dari Ciamis. Kota Bogor. Tasikmalaya. Bogor Utara.

sindonews. Tak lama kemudian. di akses pada 23 april 2013 . dana pun dicairkan.2 TUGAS I PENGERTIAN & IMPLEMENTASI BUDAYA POLITIK PAROKIAL DI INDONESIA 2 “Aher: Tudingan money politic PDIP sumir!” http://daerah.com/read/2013/03/01/28/723130/aher-tudingan-moneypolitic-pdip-sumir. PDIP mensinyalir bantuan itu merupakan bentuk politik uang sebagai upaya memenangkan pilgub. Dijelaskannya. DPD PDIP Jabar menuding pasangan Aher .Demiz melakukan money politic saat berkampanya dengan modus mencairkan dana bantuan desa Rp100 juta dari APBD Jabar pada pertengahan Februari lalu. Ahmad Heryawan menurutnya berkeliling ke sejumlah daerah yang terdiri dari berbagai desa terpencil dan menjanjikan memberikan bantuan itu.Seperti diberitakan.

H NIM: 093112350750054 HUBUNGAN INTERNASIONAL FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS NASIONAL JAKARTA 2012 .NAMA: ALFIANDA N.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->