PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP REMAJA

BAB I PENDAHULUAN A) Latar Belakang Globalisasi merupakan suatu proses yang mencakup keseluruhan dalam berbagai bidang kehidupan sehingga tidak tampak lagi adanya batas-batas yang mengikat secara nyata, sehingga sulit untuk disaring atau dikontrol. Terjadinya perubahan nilai-nilai sosial pada masyarakat, sehingga memunculkan kelompok spesialis diluar negeri dari pada dinegaranya sendiri, seperti meniru gaya punk, cara bergaul. Hal ini yang mengakibatkan remaja sekarang sering meniru gaya orang luar negeri. Mereka beranggapan bias menjadi lebih menarik jika melakukan hal itu. Padahal semua itu salah besar. Mereka tidak menyadari akan dampak yang kan mereka terima jika mereka sampai salah jalan. Apalagi mereka yang mulai memasuki dunia remaja dimana merekasedang mencari jati diri. Masa remaja yang dimaksudkan merupakan periode transisi antara masa anak-anak dan masa dewasa. Batasan usianya tidak ditentukan dengan jelas, sehingga banyak ahli yang berbeda dalam penentuan rentang usianya. Namun, secara umum dapat dikatakan bahwa masa remaja berawal dari usia 12 sampai dengan akhir usia belasan ketika pertumbuhan fisik hampir lengkap. Salah satu pakar psikologi perkembangan Elizabeth B. Hurlock (1980) menyatakan bahwa masa remaja ini dimulai pada saat anak mulai matang secara seksual dan berakhir pada saat ia mencapai usia dewasa secara hukum. Masa remaja terbagi menjadi dua yaitu masa remaja awal dan masa remaja akhir. Masa remaja awal dimulai pada saat anak-anak mulai matang secara seksual yaitu pada usia 13 sampai dengan 17 tahun, sedangkan masa remaja akhir meliputi periode setelahnya sampai dengan 18 tahun, yaitu usia dimana seseorang dinyatakan dewasa secara hukum. Banyaknya permasalahan dan krisis yang terjadi pada masa remaja ini menjadikan

*mengetahui berapa besar pengaruh globalisasi terhadap remaja *dampak yg timbul (positif dan negative) *cara yang harus dilakukan untuk mengatasi hal tersebut BAB II KAJIAN PUSTAKA A. Proses Globalisasi Perkembangan yang paling menonjol dalam era globalisasi adalah globalisasi informasi. Pengertian Globalisasi Adapun konsep globalisasi menurut pendapat para ahli adalah : 1. Pada masa ini perubahan terjadi sangat drastis dan mengakibatkan terjadinya kondisi yang serba tanggung dan diwarnai oleh kondisi psikis yang belum mantap. Emanuel Ritcher Globalisasi adalah jaringan kerja global secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dan terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia. Friedman Globlisasi memiliki dimensi ideology dan teknlogi. B. 3. Thomas L. demikian juga dalam bidang sosial seperti gaya hidup. yang terjelma didalam kesadaran orang. sedangkan dimensi teknologi adalah teknologi informasi yang telah menyatukan dunia. selain dari pada itu periode ini pun dinilai sangat penting bahkan Erik Erikson (1998) menyatakan bahwa seluruh masa depan individu sangat tergantung pada penyelesaian krisis pada masa ini B)TUJUAN PENULIS. Dimensi teknologi yaitu kapitalisme dan pasar bebas. 2. Malcom Waters Globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting.banyak ahli dalam bidang psikologi perkembangan menyebutnya sebagai masa krisis. Serta hal ini dapat dipicu dari adanya penunjang arus informasi global melalui siaran televise baik langsung maupun tidak langsung. dapat menimbulkan rasa simpati .

dampak negative dibuku tulis B. C. BAB III PEMBAHASAN A. ¬ ¬ Usaha menciptakan pemerintahan yang transparan dan demokratis. ¬ ¬ .DAMPAK POSITIF a. seperti mandiri. serta menyegarkan dan memperluas makna pemahaman kebangsaan kita dengan mengurangi berbagai dampak negatif yang akan timbul dengan cara : Pembangunan kualitas manusia Indonesia melalui pendidikan.masyarakat namun bisa juga menimbulkan kesenjangan sosial. ¬ ¬ Pemberian ketrampilan hidup ( life skill) agar mampu menciptakan kreatifitas dan kemandirian.SOLUSI AGAR GLOBALISASI BEMANFAAT Globalisasi dewasa ini mengharuskan kita untuk bersikap arif dan mampu merumuskan serta mengaktualisasikan kembali nilai-nilai kebangsaan yang tangguh dalam beriteraksi terhadap tatanan dunia luar dengan tetap berpijak pada jadi diri. Sehingga terjadi dampak yang beragam terutama pada aspek sosial dampak positif nya kemajuan teknologi komunikasi dan informasi mempermudah manusia dalam berinteraksi dengan manusia lainnya. dan terbuka. sehingga memunculkan kelompok spesialis diluar negeri dari pada dinegaranya sendiri. Terjadinya perubahan nilai-nilai sosial pada masyarakat. karena globalisasi merupakan proses internasionalisasi seluruh tatanan masyarakan modern. ¬ ¬ Usaha selalu menumbuhkan wawasan kebangsaan dan identitas nasional. seperti meniru gaya punk. ¬ ¬ Usaha menumbuhkan bidaya dan sikap hidup global. cara bergaul. kreatif. Sedangkan dampak negatifnya. banyaknya nilai dan budaya masyarakat yang mengalami perubahan dengan cara meniru atau menerapkannya secara selektif. optimis. menghargai karya. Dampak Globalisasi Globalisasi telah menimbulkan dampak yang begitu besar dalam dimensi kehidupan manusia.dampak positif dibuku tulis b.

Selain itu perlu adanya kerjasama dari remaja itu sendiri. guru dan pihak-pihak lain yang terkait agar perkembangan remaja di bidang pendidikan dan bidang-bidang lainnya dapat dilalui secara terarah. sesuatu yang masih baru. Jaman era globalisasi sekarang ini banyak sekali hal yang menarik. maka kita pun harus bisa memilih yang terbaik. sehat dan bahagia. Apabila sudah ada yang terjerumus kedalam hal negative cepatlah sadar diri karena masih banyak kesempatan untuk merubah masa depan. jangan sampai terpengaruh hal negative. mengingat masa ini merupakan masa yang paling menentukan. Meskipun demikian adanya pemahaman yang baik serta penanganan yang tepat terhadap remaja merupakan faktor penting bagi keberhasilan remaja di kehidupan selanjutnya. Untuk cover agama . Maka kita sebagai remaja harus bisa membedakan mana kegiatan positif dan negative agar kita bisa mendapat manfaat yang bisa menunjang masa depan.Kesimpulan Masa remaja sebagai periode perkembangan yang paling penting bagi individu pada kenyataannya merupakan suatu periode yang sarat dengan perubahan dan rentan munculnya masalah. orang tua.BAB IV PENUTUP A.