P. 1
3. Lembar Observasi Keterampilan Proses Sains Siswa

3. Lembar Observasi Keterampilan Proses Sains Siswa

|Views: 1,178|Likes:
jkn
jkn

More info:

Categories:Topics, Art & Design
Published by: Havid Noor Pamungkas on May 02, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/25/2015

pdf

text

original

LEMBAR OBSERVASI KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA Sekolah Kelas Semester Pokok Bahasan Petunjuk Pemberian Skor Beri

skor 1, 2, 3, 4 atau 5 sesuai dengan rambu-rambu deskripsi keterampilan proses sains yang dicapai siswa selama pembelajaran berlangsung. Kelompok 1 Nama Aspek Keterampilan Proses Sains siswa no ke: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11111 12 13 : SMA 2 KUDUS : X-10 : II : Listrik Dinamis

2

3

4

5

6 7

Tidak melakukan pengamatan skor 5 4 3 2 1 .Keterangan Aspek Keterampilan Proses Sains 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 = Mengamati = Menghitung = Mengukur = Mengklasifikasi = Mengkomunikasikan = Meramalkan = Membuat hipotesis = Merencanakan percobaan = Mengendalikan Variabel = Mencari hubungan ruang dan waktu = Menafsirkan data / intepretasi data = Menerapkan = Menyimpulkan RAMBU-RAMBU OBSERVASI KETERAMPILAN PROSES SAINS No 1 Keterampilan Proses Sains Mengobservasi / Mengamati Deskripsi Pencapaian .Pengamatan dilakukan tidak tepat dan tidak teliti .Pengamatan dilakukan dengan tepat tetapi kurang teliti .Pengamatan dilakukan dengan kurang tepat dan kurang teliti .Pengamatan dilakukan dengan tepat dan teliti .

Dapat melakukan perhitungan dan mengembangkan teknik berhitung sehingga dapat menemukan hasil dengan runtut.Dapat membandingkan yang di ukur dengan satuan tertentu dengan benar tapi kurang tepat . tetapi kurang benar dan kurang tepat . benar tetapi kurang tepat .Tidak Dapat melakukan perhitungan dan tidak mengembangkan teknik berhitung sehingga tidak dapat menemukan hasil dengan runtut.Dapat melakukan perhitungan dan mengembangkan teknik berhitung sehingga dapat menemukan hasil dengan runtut.Dapat mengelompokkan dan memperhatikan kekonsistenan data dengan benar dan tepat .Dapat membandingkan yang di ukur dengan satuan tertentu dengan benar dan tepat .2 Menghitung 3 Mengukur 4 Mengklasifikasikan . benar dan tepat .Tidak dapat membandingkan yang di ukur dengan satuan .Dapat melakukan perhitungan tetapi tidak dapat mengembangkan teknik berhitung sehingga tidak menemukan hasil dengan runtut.Dapat mengelompokkan dan memperhatikan kekonsistenan data dengan benar dan kurang tepat .Salah membandingkan yang di ukur dengan satuan tertentu .Dapat melakukan perhitungan dan mengembangkan teknik berhitung sehingga dapat menemukan hasil dengan runtut. benar dan tepat .Dapat mengelompokkan dan memperhatikan kekonsistenan data dengan kurang benar dan kurang tepat 5 4 3 2 1 5 4 3 2 1 5 4 3 .Dapat membandingkan yang di ukur dengan satuan tertentu dengan kurang benar dan kurang tepat . benar dan tepat .

Dapat mencatat data ke dalam tabel secara sistematis dengan jelas dan lengkap . kurang tepat dan lengkap .Salah dalam mengelompokkan dan memperhatikan kekonsistenan data . tapi kurang lengkap .Dapat mencatat data ke dalam tabel secara sistematis dengan jelas. tepat. tetapi tidak jelas dan tidak lengkap . dan dapat menduga ada akibat tertentu yang akan timbul karena ada factor tersebut tetapi kurang tepat.Dapat meramalkan apa yang terjadi dari suatu gejala beserta penjelasannya dengan kurang benar.Tidak dapat mencatat data ke dalam tabel secara sistematis dengan jelas dan lengkap .Dapat meramalkan apa yang terjadi dari suatu gejala beserta tetapi tidak dapat menjelaskan . tidak jelas dan tidak lengkap .5 Mengkomunikasi kan 6 Meramalkan 7 Membuat hipotesis .Dapat membuat dugaan yang dianggap benar mengenai adanya suatu faktor yang terdapat dalam satu situasi.Dapat meramalkan apa yang terjadi dari suatu gejala beserta penjelasannya dengan benar.Dapat mencatat data ke dalam tabel secara tidak sistematis. . dan dapat menduga ada akibat tertentu yang akan timbul karena ada factor tersebut secara tepat. 2 1 5 4 3 2 1 5 4 3 2 1 5 4 .Tidak mengelompokkan dan memperhatikan kekonsistenan data .Dapat meramalkan apa yang terjadi dari suatu gejala beserta penjelasannya dengan benar.Dapat membuat dugaan yang dianggap benar mengenai adanya suatu faktor yang terdapat dalam satu situasi.Tidak dapat meramalkan apa yang terjadi dari suatu gejala .Dapat mencatat data ke dalam tabel secara sistematis. tetapi kurang lengkap . tepat dan lengkap .

Dapat menentukan langkah-langkah percobaan. menentukan variabel control dan variabel bebas dan menentukan apa yang diamati diukur atau di tulis dengan benar namun kurang tepat . menentukan alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan. menentukan alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan.8 Merencanakan percobaan .Dapat menentukan langkah-langkah percobaan. tetapi tidak dapat menduga akan ada akibat tertentu yang akan timbul.Dapat membuat dugaan yang dianggap benar mengenai adanya suatu faktor yang terdapat dalam satu situasi.Sama sekali tidak dapat membuat dugaan yang dianggap benar mengenai adanya suatu faktor yang terdapat dalam satu situasi. tidak dapat menentukan variabel control dan variabel bebas.Tidak dapat membuat dugaan yang dianggap benar mengenai adanya suatu faktor yang terdapat dalam satu situasi. menentukan variabel control dan variabel bebas dan menentukan apa yang diamati diukur atau di tulis dengan benar dan tepat . . menentukan alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan. dan sama sekali tidak dapat menduga akibat tertentu yang dapat diduga akan timbul. . menentukan variabel control dan variabel bebas. menentukan alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan. dan tidak dapat menduga akibat tertentu yang akan timbul.Dapat menentukan langkah-langkah percobaan. dan menentukan apa yang diamati diukur atau di tulis dengan kurang benar dan kurang tepat . 3 2 1 5 4 3 2 .Dapat menentukan langkah-langkah percobaan. .

Dapat mengontrol variabel saja .Tidak dapat melihat hubungan ruang.Dapat mengontrol dan memperlakukan variabel secara benar dan tepat . tidak dapat membuat 1 5 4 3 2 1 5 10 Menghubungkan ruang/waktu 4 3 2 1 . tetapi tidak dapat membuat urutan dan mengukur waktu suatu kejadian . tidak dapat mengenal bentuk-bentuk. arah dan jarak. dapat mengenal bentuk-bentuk. dapat membuat urutan dan mengukur waktu suatu kejadian dengan benar dan tepat .Dapat melihat hubungan ruang.Dapat melihat hubungan ruang.Dapat melihat hubungan ruang. tidak dapat menentukan alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan. dapat mengenal bentuk-bentuk. arah dan jarak. arah dan jarak.Dapat melihat hubungan ruang.Tidak dapat mengontrol dan tidak bisa memperlakukan variabel secara benar dan tepat . arah dan jarak. dapat membuat urutan dan mengukur waktu suatu kejadian dengan benar namun kurang tepat .dan tidak dapat menentukan apa yang diamati diukur atau di tulis . tidak dapat membuat urutan dan mengukur waktu suatu kejadian . arah dan jarak.Dapat mengontrol dan memperlakukan variabel tetapi kurang benar dan kurang tepat . dapat mengenal bentuk-bentuk.Dapat mengontrol dan memperlakukan variabel secara benar namun kurang tepat .Tidak dapat menentukan langkahlangkah percobaan. tidak dapat mengenal bentuk-bentuk. tidak dapat menentukan variabel control dan variabel bebas dan menentukan apa yang diamati diukur atau di tulis 9 Mengendalikan variabel .

urutan dan mengukur waktu suatu kejadian 11 Menafsirkan data/ data intepretasi . dan dapat menyimpulkan sesuatu dari data yang didapat dengan benar dan tepat . tidak dapat dapat mengolah data hasil percobaan.Dapat mencatat data hasil percobaan/pengamatan. tidak dapat mengolah data hasil percobaan.Tidak dapat mencatat data hasil percobaan/pengamatan.Dapat menerapkan konsep yang telah dipelajari untuk memecahkan masalah tertentu dan menjelaskan suatu peristiwa baru dengan menggunakan konsep yang telah dimiliki dengan benar namun kurang tepat .Dapat mencatat data hasil percobaan/pengamatan.Dapat menerapkan konsep yang telah dipelajari untuk memecahkan masalah tertentu dan menjelaskan suatu peristiwa baru dengan menggunakan konsep yang telah dimiliki dengan benar dan tepat .Dapat mencatat data hasil percobaan/pengamatan. dapat mengolah data hasil percobaan. dapat mengolah data hasil percobaan. dan dapat menyimpulkan sesuatu dari data yang didapat dengan benar tetapi kurang tepat . tetapi tidak dapat menyimpulkan sesuatu dari data yang didapat . dan tidak dapat menyimpulkan sesuatu dari data yang didapat .Dapat mencatat data hasil percobaan/pengamatan. dan tidak dapat menyimpulkan sesuatu dari data yang didapat .Dapat menerapkan konsep yang telah dipelajari untuk memecahkan 5 4 3 2 1 12 Menerapkan 5 4 3 . dapat mengolah data hasil percobaan.

Salah dalam memenyimpulkan fakta. dan prinsip yang diketahui dengan benar dan tepat . konsep.Tidak dapat menerapkan konsep yang telah dipelajari untuk memecahkan masalah tertentu dan tidak dapat menjelaskan suatu peristiwa baru dengan menggunakan konsep yang telah dimiliki 13 Menyimpulkan . konsep. konsep. dan prinsip yang diketahui . dan prinsip yang diketahui dengan kurang benar dan kurang tepat .Tidak dapat memenyimpulkan fakta. dan prinsip yang diketahui 2 1 5 4 3 2 1 Kriteria penilaian keterampilan proses sains siswa: Persentase (%) Keterampilan Proses Sains Siswa Kriteria : .masalah tertentu dan menjelaskan suatu peristiwa baru dengan menggunakan konsep yang telah dimiliki .Dapat memenyimpulkan fakta. konsep.Dapat menerapkan konsep yang telah dipelajari untuk memecahkan masalah tertentu tetapi tidak dapat menjelaskan suatu peristiwa baru dengan menggunakan konsep yang telah dimiliki . konsep.Dapat memenyimpulkan fakta.Dapat memenyimpulkan fakta. dan prinsip yang diketahui dengan benar tetapi kurang tepat .

80% 40% .100% 60% .81% .59% 20% .19% : Sangat baik : Baik : Cukup : Rendah : Rendah sekali .39% 0% .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->