P. 1
Typhus Abdominalis.pp

Typhus Abdominalis.pp

|Views: 6|Likes:

More info:

Published by: setiawan_sukmadjayac on May 02, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/24/2013

pdf

text

original

TYPHUS ABDOMINALIS

Definisi  Typhus Abdominalis = Typhoid Fever adalah penyakit infeksi akut yang biasanya terdapat pada saluran pencernaan dengan gejala - Demam lebih dari satu minggu - Gangguan pada saluran pencernaan - Gangguan kesadaran

kemudian basil masuk kembali kedalam darah dan menyebar keseluruh tubuh .  . dapat menimbulkan tukak pada usus halus sehingga dapat terjadi perdarahan dan perforasi usus.  Patogenesis Basil diserap diusus halus.Etiologi Penyebabnya adalah Salmonella typhosa . melalui pembuluh limfe masuk keperedaran darah sampai di organ hati dan limfa . bacil gram negatif.

Demam : bersifat remiten Selama minggu pertama suhu badan berangsur meningkat setiap sorenya Biasanya suhu badan menurun pada pagi hari dan meningkat lagi pada sore dan malam hari Pada minggu kedua penderita terus berada dalam keadaan demam Pada minggu ketiga suhu badan berangsur angsur turun dan normal kembali pada akhir minggu ketiga .Gejala Klinik  Masa inkubasi 10 – 20 hari 1.

 2. Defekasi biasanya konstipasi. tremor lidah Pada abdomen perut kembung. hati dan limpa membesar. . Lidah terdapat selaput putih kotor. bibir kering dan pecah pecah. ujung dan tepi lidah kemerahan . Gangguan saluran pencernaan Pada mulut terdapat nafas berbau tidak sedap. kadang kadang diare.

 3. . kepala. Kesadaran menurun (apatis) seolah olah berkabut (typhus = kabut) Apatis sampai somnolen Pada akhir minggu ke satu terdapat roseola = bercak merah karena embolus basil dalam kapiler kulit pada punggung. anggota gerak.

 Pada Typhus dijumpai bradikardia relative : penambahan denyut nadi tidak sesuai dengan peninggian suhu. pada pasien dengan suhu 40 derajat celcius nadi umumnya 120-130 kali /menit. sedang pada typhoid nadinya 100 kali/menit . umumnya kenaikan suhu satu derajat celcius diikuti penambahan denyut nadi 10-15 kali /menit.

apatis. sedang tubuh kering. Jari tangan bergerak seperti memetik metik tanpa disadari .   Pada typhus juga terdapat tanda tanda Toksemia yaitu kedua pipi kemerahan Muka basah. pandangan jauh.

Gejala klinis  .Anemia .Laboratorium : Pemeriksaan darah tepi terdapat : .Diagnosa  .Leukopenia .Trombositopenia .Limfositosis relatif  .

.Pemeriksan Widal : pemeriksaan serologis yaitu reaksi aglutinasi antigen antibody .Biakan empedu. pada typhoid titer antigen O . Ditemukan kuman pada minggu pertama. sedang pada urine dan faeses positif pada minggu kedua dan ketiga. H bernilai 1/200 atau lebih. .   .

Perdarahan usus 4.Kolesistitis 3.Peritonitis.. . Perforasi usus 5 . Komplikasi 1. Meningitis 2.

  Therapi Istirahat. berbaring ditempat tidur selama demam sampai 2 minggu. selanjutnya boleh berdiri dan berjalan . seminggu kemudian boleh duduk .

dan tinggi protein  Bahan makanan tidak boleh mengandung banyak serat dan tidak merangsang dan tidak menimbulkan banyak gas  Obat Chloramphenicol .Diit : makanan harus mengandung cukup cairan . dosis 100 mg /Kg berat badan perhari selama 10 hari diberikan 4 kali sehari. kalori .  .

APENDISITIS ACUTE Yaitu peradangan akut dari appendix vermikularis dan merupakan penyebab yang umum dari abdomen acute.  Penyebab : penyumbatan lumen appendix yang diikuti oleh infeksi kuman  .

Fekalit ( faeses yang mengeras) dalam lumen appendix. . fekalit sering terjadi pada pasien dengan diet yang rendah serat.  .Striktur karena fibrosis akibat peradangan sebelumnya .Tumor (keganasan) .Penyebab : penyumbatan lumen appendix yang diikuti oleh infeksi kuman  Obstruksi (penyumbatan) disebabkan oleh : .Adanya benda asing (misal cacing) .Hiperplasia dari Folikel limfoid.

Nyeri perut.anoreksia. dimulai diepigastrium dan sekitar umbilikus .Gejala klinik  . nausea dan vomites  . Burney)  . kemudian berpindah dan menetap dikwadran kanan bawah ( Mc.

 sikap jalan agak terbongkok. Burney. bertambah nyeri pada waktu batuk. nyeri ketok pada daerah Mc. perbedaan suhu ketiak dan rectal lebih dari satu derajat celsius.demam . mengedan . nyeri lepas. bersin.  . fleksi sendi panggul kanan agak tertinggal pada pernafasan  nyeri tekan.

bila tungkai kiri digerakkan menjadi nyeri pada perut kanan Tanda Blumberg : nyeri lepas kontra lateral .   defence muskular Tanda Revsing : nyeri tekan kontra lateral.

kaki kanan diangkat (ekstensi) menjadi nyeri pada perut kanan karena regangan pada peritoneum. bila dilakukan fleksi pada sendi lutut dan panggul . terasa nyeri pada perut kanan bawah  Test Obturator kanan positif : rasa sakit diperut kanan bawah.  Tanda Pen Horn . dalam keadaan terlentang. tungkai atas kanan di endo rotasikan  .Tanda Psoas. bila dalam posisi terlentang testis kanan ditarik.

urine : terdapat sediment leukosit .Radiologis : Foto polos abdomen THERAPI : APPENDICTOM . hitung jenis bergeser kekiri  .Leukositosis.Laboratorium :  .

KOLERA • Adalah penyakit diare yang disertai muntah yang acute . disebabkan oleh Enterotoksin yang dihasilkan oleh kuman Vibrio kolera dalam usus halus • Etiologi • Kuman vibrio cholerae . kuman gram negative .

• Gejala klinis : • Masa inkubasi 2 – 6 hari • Diare encer dan berlimpah. tanpa didahului rasa mules dan tanpa disertai tenesmus .

cairan menyerupai cucian beras dan bila diendapkan mengeluarkan gumpalan putih. • muntah tanpa mual . tidak Berbau busuk (amis) tetapi menusuk. diare sering dan banyak.• Dalam waktu singkat tinja berubah menjadi cairan putih keruh.

triceps. biceps. • pasien berteriak nyeri karena kejang yang nyeri ini dapat disangka sebagai colic abdomen. dinding perut.• kejang otot yaitu otot betis. kejang ini karena kekurangan calsium dan klorida Gejala kolera karena kehilangan air dan elektrolit .

mata cekung.suara serak. tulang pipi menonjol. muka dengan mulut menyeringai karena bibir yang kering. pipi cekung. jari tangan dan kaki tampak kurus dengan lipatan kulit terutama diujung jari yang keriput (washer woman hand) • Therapi : . turgor kulit kurang. perut cekung.infuse cairan .tetraciclin 4 kali 500 mg .

PERITONITIS • Yaitu infeksi peritoneum. typhus. merupakan komplikasi dari appendicitis. • salpingitis. luka tembus abdomen .

• • • • • Gejala klinis : sakit perut (terus menerus) muntah . kaku. abdomen tegang. nyeri demam Leukositosis .

• • • • Therapi : Anti biotik penghisapan nanah Infus cairan .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->