P. 1
observasi paud

observasi paud

|Views: 62|Likes:
Published by aeni_az_zahra

More info:

Published by: aeni_az_zahra on May 02, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/27/2013

pdf

text

original

HASIL OBSERVASI PAUD PENGEMBANGAN INSANI PROGRAM MINGGUAN RABU CERIA

Nama Guru : Bu Nurul, Bu Ayu, Bu dewi dan Bu Eva Kelas Hari : TKA dan TKB : Rabu, 24 April 2013 Aspek yang di nilai - Kedisiplinan Siswa - Kekompakan antar siswa - Pengarahan Guru ke siswa Hasil Observasi - Masih ada siswa yang datang terlambat - Hampir 50% gerakan olahraga siswa kurang kompak dan masih ada siswa yang diam saja tidak ikut senam. - Guru pada saat mengarahkan gerakan senam juga belum kompak, masih ada guru yang lupa gerakan senam nya. Guru masih kurang mengawasi anak – anak nya terutama pada saat bermain, anak – anak dibiarkan bermain sendiri tanpa ada pengawasan dari guru nya. Tidak ada instruksi yang jelas atau peringatan untuk berhati – hati bermain diluar kelas. kegiatan awal belajar sudah sesuai dengan RKH dan RPP, guru jelas sekali menjelaskan materi mulai dari mengenal “do re mi fa, dsb…” sehingga siswa pun cepat sekali untuk

No. Kegiatan 1. Olahraga Pagi

2.

Istirahat bermain

makan

dan -

- Pengawasan guru terhadap Siswa - Perhatian guru terhadap siswa

3.

Mengenal Angklung

alat

musik -

- Kegiatan awal belajar / Apersepsi - Kegiatan inti - Kegiatan akhir/penutup - RKH, RPP

. apalagi siswa tersebut sampai mencoba memainkan alat musik angklung dengan bersama-sama.Kegiatan awal belajar / Apersepsi . sehingga anak – anak pun mengikuti nya dengan senang dan semangat. RPP memahami materi tersebut.Kegiatan akhir/penutup .4.Kegiatan inti .RKH. Guru pada saat mengajari menari sangat kreatif dan semangat. Latihan Menari - .

Kegiatan Inti jam 09. 1. Pada saat guru memberikan penjelasan bagaimana cara membuat dan melipat layanglayang masih ada siswa yang tidak paham karena siswa tersebut memang agak kurang dalam segi kognitif dan motorik halus nya.makan sehat Dari hasil observasi ternyata . tapi menggunakan media yang lebih inovatif. dan menggunakan media yang sangat sederhana. Masih ada siswa yang belum hafal do’a harian dan surat-surat pendek. . Saran : Untuk kedepan proses pembelajaran di kelas menggunakan media dan alat peraga yang lebih kreatif lagi. spt : Kertas warna. 25 April 2013 Kegiatan Kegiatan awal sebelum masuk (Pembukaan) jam 08.00 – 10.HASIL OBSERVASI KBM PAUD PENGEMBANGAN INSANI Nama Guru : Bu Ayu Kelas Hari N o.Motorik halus pemahaman/pengetahuan apa . Guru tidak hanya menggunakan media yang sederhana. : TK A2 : Kamis. .00 – 11. Istirahat jam 10. .00 Aspek yang di nilai Hasil Observasi 2. masih ada siswa yang diam dan bengong pada saat membaca do’a dan surat pendek. lem dan pensil.00 (Materi praktek melipat layanglayang) 3. dan bendabenda apa saja yang ada di langit dengan metode bertanya jawab kepada siswa.00 - Hafalan do’a harian dan Seluruh siswa bersama-sama surat pendek 1-5 do’a dan menghafal do’a harian dan surat secara bersama-sama surat-surat pendek.00-09.Pengetahuan Kognitif Guru sudah bagus memberikan .Kedisiplinan setiap hari nya masih ada siswa yang membawa bekal makanan yang kurang menyehatkan.bahasa itu layang-layang. HVS.

Dari hasil observasi kelengkapan Administrasi pada saat mau mengajar sudah dilaksanakan. motorik halus.Mengingat kembali materi Yang sudah diberikan seperti : mie instan. Kelengkapan Administrasi guru (RKH. Display kelas tidak dilakukan karena alasan waktu dan ruangan kelas yang kurang nyaman. Display Udara Kelas dengan tema 6.padahal ternyata guru kelas sudah mengingatkan ke wali murid untuk mengurangi membawa makanan yang kurang menyehatkan. Saran : untuk kedepan display kelas dilakukan setelah KBM diganti setiap 2 minggu sekali sesuai tema. dan tidak usah terlalu banyak atau disesuaikan dengan kemampuan si anak.Kesesuaian RKH dengan Materi yang diajarkan .Metode dan media yang digunakan . di jatah seminggu satu kali untuk membawa mie instan atau makanan pengawet lainnya. metode dan 5. Dan dari hasil observasi ternyata hampir kurang dari 50% siswa tidak menghabiskan makanan bekal nya. lembar penilaian siswa dan absensi siswa). karena itu merupakan salah satu bentuk pendidikan anak untuk disiplin. Pada saat evaluasi guru mengingatkan kembali materi yang sudah diberikan. - . dan dalam hal ini guru kurang memberikan motivasi kepada siswa nya untuk menghabiskan makanan yang dibekal nya. snack chiky atau makanan pengawet lainnya. Evaluasi (Penutup&Do’a) - . antara RKH dan materi yang diajarkan dikelas sudah sesuai. Saran : Untuk kedepan pada saat parenting orang tua di berikan Pemahaman agar membawakan bekal untuk anak nya makanan yang menyehatkan. dan bahasa. seperti dari segi kognitif nya.4.

Guru kurang memberikan penghargaan pada siswa yang aktif menjawab. Penerapan PAIKEM - media yang digunakan juga sudah sesuai. senyum. inovatif. Observasi paud . Semangat. efektif dan aktif nya sudah. menyenangkan.7. sapa. salam pada saat pembelajaran 8. Belum dilaksanakan sepenuhnya. inovatif dan kreatif nya belum 100% dilaksanakan. tidak ada katakata pujian untuk penghargaan siswa yang lebih aktif. Saran : Untuk kedepan metode pembelajaran dikelas dibuat yang lebih semangat. dan kreatif lagi agar tidak monoton dan lebih bervariasi teknik mengajar nya.

1. Pada saat menyampaikan materi. Pada saat latihan menari.main tanpa di control dengan guru.. Guru kurang menjiwai sebagai pelatih tari sehingga tidak optimal mengajarkan ke siswa nya. Pada saat Senam pagi juga sama guru kurang semangat 6. 4. Pada saat jam pulang sekolah guru – guru belum . selama observasi guru baru hanya sebatas menyampaikan materi saja. guru masih membiarkan siswa bermain sendiri dengan teman – teman nya tanpa didampingi dengan guru kelas nya.. Pada saat latihan angklung juga guru kurang jelas menjelaskan bagaimana cara memainkan alat musik angklung. kurang semangat dan kurang memotivasi siswa nya untuk belajar.guru kurang ceria. yg penting materi sudah tersampaikan seluruh nya tidak ada yang terlewat. 5. sehingga siswa sulit untuk menghafal gerakan tarian. 3. guru kurang kreatif dalam menyampaikan materi. 2. sehingga siswa juga ga paham – paham di ajarin main angklung. Pada saat jam istirahat / bermain anak – anak masih tetap sama perlakuan nya. guru kurang jelas mengajari gerakan tarian.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->