TUGAS OBSERVASI PROSEDUR ADMINISTRASI SURAT MASUK/SURAT KELUAR/SISTEM ARSIP PT.

SURVEYOR INDONESIA

Kelompok 1.A : Meilani Yuliani Sri Susanti Ega Novita Sari Noni (22120030) Eva Nurmalasari Fransisca Anneke Paays Ulya Mulkiyah Kelas : 22.1A.01

Kata Pengantar Dengan mengucap Bismillahirahmannirrohim. guna untuk memenuhi nilai UAS ( Ujian Akhir Semester) semester 1. Makalah observasi ini masih jauh dari kesempurnaan sehingga kritik dan saran akan kami terima dengan lapang dada. serta syukur Alhamdulillah kehadapan Allah SWT yang telah memberikan taufik dan hidayahnya. Akhir kata tidak lupa kami ucapkan Terima Kasih kepada semua pihak yang tidak bisa kami ucapkan satu persatu yang telah membantu untuk menyusun makalah ini. sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah observasi. Semoga penulisan makalah observasi ini. Makalah ini ditulis untuk memenuhi tugas Administrasi Bisnis mengenai surat masuk/surat keluar/sistem arsip dan untuk memberitahukan kepada mahasiswa tentang surat masuk/surat keluar/sistem arsip pada PT. . Surveyor Indonesia. dapat memenuhi segala persyaratan yang telah di tetapkan. ada manfaatnya bagi pembaca yang ingin mempelajarinya. Kami berharap semoga makalah observasi ini dapat diterima dengan baik oleh semua mahasiswa dan dosen.

Ciri-ciri surat pribadi yaitu: 1.1 Pengertian Surat Surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain. surat dinas. maupun organisasi. Tidak menggunakan kop surat 2. dan gagasan. alat bukti tertulis. dan bahasanya. surat resmi. surat edaran. dan surat niaga apabila ditinjau dari segi bentuk. a. Surat dapat berupa korespondensi antara sesama teman atau keluarga. Surat pribadi Surat pribadi adalah surat yang digunakan untuk kepentingan pribadi. Semakin jauh tujuan pengiriman surat maka nilai yang tercantum di perangko harus semakin besar juga. bukti historis. misalnya undangan. alat pengingat. sesuai keinginan penulis 5. Fungsinya mencakup lima hal: sarana pemberitahuan. baik perseorangan. dan pedoman kerja. 2. Tidak ada nomor surat 3. Ciri-ciri surat resmi: . dan surat pemberitahuan. Penggunaan bahasa bebas.BAB II LANDASAN TEORI 2. dibutuhkan perangko dan amplop sebagai alat ganti bayar jasa pengiriman. Sedangkan apabila digolongkan berdasarkan berdasarkan pemakaiannya dapat dibagi menjadi tiga yaitu surat pribadi. instansi. isi. permintaan. Salam pembuka dan penutup bervariasi 4. Format surat bebas b. dan surat dinas. buah pikiran. Pada umumnya. Surat Resmi Surat resmi adalah surat yang digunakan untuk kepentingan resmi.2 Jenis Surat Surat secara umum digolongkan menjadi tiga yaitu surat pribadi.

Menggunakan kop surat apabila dikeluarkan organisasi 2.1.Ada nomor surat.Ada aturan format bakuBagian-bagian surat resmi: · Kepala/kop surat Kop surat terdiri dari: 1. berupa penyertaan/pemberitahuan kepada atasan tentang adanya suatu kegiatan . Logo instansi/lembaga 4· Nomor surat. ditulis dengan huruf kapital/huruf besar. tanggal. yakni urutan surat yang dikirimkan 5· Lampiran. · Penutup surat Penutup surat. dan sebagainya ditulis dengan huruf kecil. 2. Nama instansi/lembaga. terkecuali penulisan berdasarkan ejaan yang disempurnakan (EYD) haruslah menyesuaikan. berupa garis besar isi surat 6· Tanggal surat (penulisan di sebelah kanan sejajar dengan nomor surat) 7· Alamat yang dituju (jangan gunakan kata kepada) 8· Pembuka/salam pembuka (diakhiri tanda koma) 9· Isi surat Uraian isi berupa uraian hari. berisi: 1. lampiran. tanda tangan 4. dan perihal 3. berisi lembaran lain yang disertakan selain surat · Hal. nama (biasanya disertai nomor induk pegawai atau NIP) · Tembusan surat. ditulis dengan variasi huruf besar dan kecil 3. Alamat instansi/lembaga.Menyertakan cap atau stempel dari lembaga resmi 6. salam penutup 2. waktu.Penggunaan ragam bahasa resmi 5. tempat. jabatan 3.Menggunakan salam pembuka dan penutup yang lazim 4.

Fungsi dari surat dinas yaitu sebagai dokumen bukti tertulis. bukti sejarah atas perkembangan instansi. dan perihal 3.Surat Dinas Surat dinas digunakan untuk kepentingan pekerjaan formal seperti instansi dinas dan tugas kantor. Menggunakan kop surat dan instansi atau lembaga yang bersangkutan 2. Menggunakan bahasa baku atau ragam resmi 5. Format surat tertentu . Menggunakan cap atau stempel instansi atau kantor pembuat surat 6. Ciri-ciri surat dinas: 1. lampiran.c. Menggunakan nomor surat. alat pengingat berkaitan fungsinya dengan arsip. Menggunakan salam pembuka dan penutup yang baku 4. dan pedoman kerja dalam bentuk surat keputusan dan surat instruksi. Surat ini penting dalam pengelolaan administrasi dalam suatu instansi.

Hal/perihal 4. Isi surat 9. Alamat surat tujuan 7. Nomor surat 3. Kepala/Kop surat 2. Salam penutup 10. Lampiran 5.Keterangan : 1. Tanggal surat 6. Pengirim surat . Salam pembuka 8.

pengkajian. baik pemerintah pusat. minyak dan gas bumi. Sejak bulan April 1997. survei. Dengan rumusan misi yang baru. Kami terus melakukan inovasi jasa-jasa baru dengan dukungan teknologi sehingga memberi nilai tambah kepada pelanggan. kami memberikan beberapa layanan berupa pemeriksaan teknis. lingkungan.a VISI & MISI Visi Menjadi Perusahaan Independent Assurance Kelas Dunia Misi  Memberikan jasa yang berdasarkan standar dan regulasi . 3. penilaian pengawasan. pemerintah. auditing serta konsultasi. kami telah merumuskan misi sebagai perusahaan jasa surveyor dalam arti luas.SURVEYOR INDONESIA Surveyor Indonesia didirikan pada tanggal 1 Agustus 1991. pertanian serta manajemen outsourcing.2 Visi. menyediakan pelayanan baik di pasar dalam negeri maupun luar negeri. Badan Usaha Milik Negara. pemerintah daerah. dan perusahaan-perusahaan swasta. inspeksi dan konsultasi kepada pelanggan-pelanggan kami. Pada awalnya misi kami adalah untuk membantu Pemerintah Republik Indonesia dalam memperlancar aliran barang modal dan peralatan ke Indonesia dari seluruh dunia melalui jasa pemeriksaan pra-pengapalan yang bertaraf internasional. Melalui pengalaman di berbagai bidang. Jasa-jasa inovatif ini mempunyai manfaat yang sesuai dan memberi kontribusi yang strategis bagi kepentingan nasional dalam jangka panjang. Surveyor Indonesia berkantor pusat di Jakarta dan memiliki 6 kantor cabang dan beberapa unit wilayah kerja di seluruh Indonesia.2. sistem dan sertifikasi. Misi dan Nilai Perusahaan 3. mineral. kami telah membangun pengetahuan luas dalam proses bisnis yang membuat kami mampu memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan khusus dari pengguna jasa kami. pengembangan wilayah. Pasar yang kami layani mencakup berbagai bidang jasa termasuk industri. Kami telah banyak mengembangkan dan memberikan berbagai jasa survei.1 SEJARAH PT.BAB III PEMBAHASAN 3.

b NILAI-NILAI PERUSAHAAN Inovasi Menghasilkan solusi baru.2. penghargaan & sikap membantu . produk baru dan cara-cara yang lebih tepat dalam berusaha Kompeten Memiliki keahlian. penghargaan & sikap membantu Menghasilkan solusi baru. pengetahuan.  Melaksanakan jasa secara profesional dan berdaya saing untuk mendukung perdagangan global. perilaku dan sikap yang tepat untuk melaksanakan pekerjaan secara profesional Integritas Menyatakan yang sebenarnya secara tidak memihak Kepedulian Menunjukkan kepedulian. perilaku dan sikap yang tepat untuk melaksanakan pekerjaan secara profesional Integritas Menyatakan yang sebenarnya secara tidak memihak Kepedulian Menunjukkan kepedulian. produk baru dan cara-cara yang lebih tepat dalam berusaha Kompeten Memiliki keahlian. pengetahuan. Memberikan nilai tambah kepada pemangku kepentingan melalui penelitian yang berkualitas dan modal manusia yang berkompeten 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful