HEWAN LANGKA DI INDONESIA 1.

Orang Utan (latin : Pongo Pygmaeus) Ciri khas hewan langka ini ialah mempunyai rambut yang begitu panjang dibandingkan jenis kera lain. Buah-buahan adalah makanan utama dan juga kesukaannya. Di indonesia, wilayah penyebarannya adalah dataran rendah juga hutan hujan tropis di pulau Kalimantan.

Orang Utan 2. Badak Bercula Satu (latin : Rhinoceras Sundaicus) Adalah salah satu hewan langka khas indonesia. Walau sekarang sudah tidak banyak, hanya sekitar 50 ekor saja dapat ditemukan di hutan ujung kulon. Merupakan hewan herbivora pemakan daun-daunan.

Badak Bercula Satu (Rhinoceras Sundaicus)

3. Badak bercula Dua (latin : Dicerorhinus Sumatrensis) Hampir mirip dengan badak bercula satu. Badak bercula Dua (Dicerorhinus Sumatrensis) 4. Mamalia kecil dan beberapa jenis serangga adalah makanan kesukaannya. hanya cula dibagian depan yang berjumlah dua. Musang Cangkok (Prionodon Linsang) . Musang Congkok (latin : Prionodon Linsang) Dengan berat mencapai 5 kg dan mempunyai panjang sekitar 71 cm hewan ini cukup gesit untuk memanjat pepohonan. Di temukan di wilayah pegunungan Aceh dan Sumatera Barat. Hanya ditemukan di wilayah Sumatera.

Perangkap pasif yang dihasilkan di ujung daun memerangkap dan mencerna serangga kecil. Nepenthes sangat fleksibel dan mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi pertumbuhan yang berbeda. Mangga Kasturi (Mangifera casturi) Mangga Kasturi (Mangifera casturi) Mangifera casturi (juga disebut Mangga Kalimantan atau Mangga Kasturi) adalah jenis tanaman dalam keluarga Anacardiaceae. Tergantung pada tempatnya tinggal banyak kebutuhan Nepenthes dapat dipenuhi dengan cara beradaptasi dengan lingkungan tempatnya tumbuh. . Kantong Semar (Nepenthes Sp) Kantong Semar (Nepenthes Sp) Tumbuh merambat dengan tinggi mencapai 12 kaki atau sekitar 4 m. Tumbuhan langka ini endemik atau hanya ada di Indonesia. tetapi sekarang dianggap punah di alam liar.TUMBUHAN LANGKA DI INDONESIA 1. sering dengan bintik-bintik terang atau merah gelap atau ungu. Warna hijau terang. 2.

Tanaman ini ditemukan di Indonesia. Joseph Arnold sebagai penemu bunga. Diameter bunga ketika sedang mekar bisa mencapai 1 meter dengan berat sekitar 11 kilogram. terutama bagian selatan (Bengkulu. sehingga Bengkulu dikenal di dunia sebagai The Land of Rafflesia atau Bumi Rafflesia. Lubuk Tapi. Rafflesia patma. terancam statusnya akibat penggundulan hutan yang dahsyat. bersama-sama dengan anggota genus Rafflesia yang lainnya. Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan daerah konservasi utama spesies ini. 4. Jambi. Joseph Arnold yang menemukan bunga raksasa ini pertama kali. . Malaysia. Rafflesia Arnoldi Padma Raksasa (Rafflesia arnoldii) merupakan tumbuhan parasit obligat yang terkenal karena memiliki bunga berukuran sangat besar. dan Sumatera Selatan). dan Thailand. Tengkawang atau Meranti Merah (Shorea singkawang) Tengkawang atau Meranti Merah (Shorea singkawang) Shorea singkawang (juga disebut Dark Red Meranti atau Meranti Merah) adalah jenis tumbuhan dalam keluarga Dipterocarpaceae. Bunga merupakan parasit tidak berakar. Joseph Arnold sendiri saat itu tengah mengikuti ekspedisi yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles. Ia tumbuh di jaringan tumbuhan merambat (liana) Tetrastigma dan tidak memiliki daun sehingga tidak mampu berfotosintesis.3. Tanaman ini terancam oleh hilangnya habitat. Di Pulau Jawa tumbuh hanya satu jenis patma parasit. dan tidak bertangkai. Jadi penamaan bunga Rafflesia arnoldii didasarkan dari gabungan nama pemimpin ekspedisi dan Dr. Seorang pemandu yang bekerja pada Dr. Dr. Jenis ini. bahkan merupakan bunga terbesar di dunia. tidak berdaun. Tumbuhan ini endemik di Pulau Sumatera. Kabupaten Bengkulu Selatan. Penamaan bunga raksasa ini tidak terlepas oleh sejarah penemuannya pertama kali pada tahun 1818 di hutan tropis Bengkulu (Sumatera) di suatu tempat dekat Sungai Manna.

Persentase pembuahan sangat kecil. karena bunga jantan dan bunga betina sangat jarang bisa mekar bersamaan dalam satu minggu.Bunga Rafflesia Arnoldi menghisap unsur anorganik dan organik dari tanaman inang Tetrastigma. (Wikipedia) . berisi benang sari atau putik bergantung pada jenis kelamin bunga. Di dasar bunga terdapat bagian seperti piringan berduri. Hewan penyerbuk adalah lalat yang tertarik dengan bau busuk yang dikeluarkan bunga. Bunga hanya berumur sekitar satu minggu (5-7 hari) dan setelah itu layu dan mati. jantan atau betina. Bunga mempunyai lima daun mahkota yang mengelilingi bagian yang terlihat seperti mulut gentong. itu pun kalau ada lalat yang datang membuahi. Satu-satunya bagian yang bisa disebut sebagai "tanaman" adalah jaringan yang tumbuh di tumbuhan merambat Tetrastigma.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful