POTENSIAL AKSI DAN POTENSIAL MEMBRAN

POTENSIAL AKSI DAN POTENSIAL MEMBRAN • • • • • • POTENSIAL AKSI PENGERTIAN PENYEBAB KOMPONEN MEKANISME POTENSIAL AKSI POTENSIAL MEMBRAN PENGERTIAN PROSES DIFUSI DAN TRANSPOR AKTIF .

• Semakin besar diameter akson semakin cepat penghantaran potensial aksi karena tahanan arus listrik berbanding terbalik dengan luas penampang penghantar arus tersebut. .POTENSIAL AKSI • Potensial aksi adalah aliran ionik positif dan negatif yang bergerak di membran sel.

• Pada saat ini kita dapat membagi sensasi menjadi dua.PENYEBAB POTENSIAL AKSI • Potensial aksi ditimbulkan oleh adanya sensasi yang dirasakan oleh tubuh. yaitu : A. General sense ini dapat dibagi menjadi 2 bagian yaitu : . General Sense Dimana reseptornya secara luas tersebar di tubuh.

keseimbangan. Special Sense • Lebih mengkhusus pada struktur maupun penempatan pada organ tubuh. Somatic sense Menyediakan informasi sensorik tentang tubuh dan lingkungan sekitar. rasa. B. . Yang termasuk dalam special sense adalah bau. suhu. 2. cahaya. Visceral sense Menyediakan informasi tentang keadaan organ internal. suara. dan nyeri. yang terutamanya nyeri dan tekanan. tekanan. yang termasuk dalamnya adalah sentuhan.1.

Kanal natrium bergerbang voltase Kanal ini sendiri memiliki 2 gerbang. dan gerbang inaktivasi yang letaknya dekat dengan sisi dalam kanal. .KOMPONEN POTENSIAL AKSI • Kanal-kanal yg berperan yaitu: 1. yaitu gerbang aktivasi yang berada dekat dengan sisi luar kanal.

Keadaan ini menyebabkan perubahan bentuk yang tiba-tiba pada gerbang aktivasi. Inilah yang disebut sebagai keadaan teraktivasi ..Gerbang aktivasi Ketika potensial membran istirahat. dan akhirnya mencapai suatu voltase (biasanya berkisar antara -70 dan -50 milivolt). yang membalikkan gerbang sepenuhnya hingga posisi terbuka yang maksimal.potensial akan meningkat dari -90 milivolt menjadi 0.

ion natrium tidak lagi dapat berdifusi melewati membran. Ketika gerbang inaktivasi telah tertutup. .Gerbang Inaktivasi Kenaikan voltase yang sama besarnya dengan yang membuka gerbang aktivasi juga akan menutup gerbang inaktivasi. Gerbang inaktivasi menutup dalam waktu seperbeberapa puluh ribu detik setelah gerbang aktivasi terbuka. Pada saat inilah potensial membran mulai pulih kembali ke keadaan istirahat..

2. Kanal kalium hany a terbuka secara bersamaan ketika kanal natrium mulai tertutup akibat inaktivasi. gerbang kanal ion kalium berada dalam keadaaan tertutup. Kanal kalium bergerbang voltase Selama keadaan istirahat. . dan ion kalium terhalangi untuk melewati kanal ini menuju keluar.

Tahap Istirahat Pada saat ini. potensial membrannya bersifat negatif dengan nilai sekitar -90 milivolt. karena selama tahap ini berlangsung. membran dapat dikatakan “terpolarisasi”. .MEKANISME POTENSIAL AKSI • Tahap-tahap potensial aksi adalah sebagai berikut: 1.

Hal ini menyebabkan kanal ion natrium terbuka dengan cepat dan sejumlah besar ion natrium yang bermuatan positif berdifusi masuk ke dalam akson. Keadaan membran yang awalnya terpolarisasi dengan nilai -90 milivolt secara cepat menjadi semakin positif. . Tahap Depolarisasi Pada tahap ini.2. membran secara tiba-tiba menjadi sangat permeabel terhadap ion natrium.

Tahap Repolarisasi Tahapan ini berlangsung setelah tahap depolarisasi berakhir. Berakhirnya tahap depolarisasi adalah ketika kanal ion natrium tertutup dengan cepat yang diikuti oleh pembukaan kanal ion kalium secara lambat.3. . dan membran menjadi lebih permeabel terhadap ion kalium.

. Tahap Hiperpolarisasi Setelah tahap repolarisasi berakhir.4. dikenal suatu kondisi yang disebut positive after potential. terjadi akibat lambatnya penutupan kanal ion K. Keadaan ini merupakan kondisi potensial membran yang lebih negatif dari kondisi istirahat.

• Proses yang berperan pada potensial membran adalah difusi dan transport aktif. .POTENSIAL MEMBRAN • Membran potensial merupakan potensial yang diakibatkan oleh adanya perbedaan muatan pada sisi dalam dan sisi luar membran sel.

DIFUSI • Difusi terjadi karena sifat membran sel yang semipermeabel. ion K cenderung berdifusi keluar sel sehingga mengurangi muatan positif didalam sel danmembentuk elektropositif di luar sel dan elektronegatif di dalam sel. . oleh karena konsentrasi dalam sel yang tinggi.

TRANSPOR AKTIF • Transport aktif terjadi karena adanya pompa Na dan K yang bersifat elektrogenik oleh karena lebih banyak mengeluarkan ion positif (3 ion Na akan keluar setiap 2 ion K masuk). . Kejadian ini menimbulkan gradien konsentrasi yang tinggi antara ion Na dan ion K untuk modal awal agar terjadi difusi.

biasanya sebesar -90 mV. Faktor yang berperan pada resting membran meliputi : · Potensial difusi K (-94 mV) · Potensial difusi Na (+64 mV) · Pompa Na-K (-4 mV) .Kondisi Potensial Membran • Resting membran potensial merupakan potensial membran saat sel saraf berada pada kondisi istirahat.