P. 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

|Views: 2|Likes:
Published by Yogie Sanjaya

More info:

Published by: Yogie Sanjaya on May 02, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/24/2014

pdf

text

original

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ELASTISITAS Sekolah : : Fisika : XI IPA / 1 :1

a

Mata Pelajaran Kelas / Semester Pertemuan ke

Jumlah Pertemuan : 5 x pertemuan (@2 x 45 menit) ================================================================ I. Standar Kompetensi

1. Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah II. Kompetensi Dasar

1.3. Menganalisis pengaruh gaya pada sifat elastis bahan. III. Indikator

1. Menjelaskan pengertian sifat elastis dari suatu benda. 2. Menghitung besar tegangan dan regangan dari suatu benda elastis. 3. Menggambarkan grafik hubungan tegangan dengan regangan 4. Menentukan batas hukum hukum Hooke, batas elastis, dan titik patah dari suatu benda elastis. 5. Menganalisis grafik tegangan sebagai fungsi dari regangan untuk menentukan modulus elastisitas suatu benda elastis. IV. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat menganalisis pengaruh gaya pada sifat elastis bahan melalui eksperimen. V. Materi Pembelajaran Modulus Elastisitas VI. Metode Pembelajaran Model Pembelajaran : Latihan Inkuiri (Inquiry Training Model) Pendekatan : Eksperimen, demonstrasi, diskusi, dan tanya jawab.

VII.

Sarana dan Sumber Belajar Sarana Belajar:

Jakarta: Erlangga 4. Guru memasuki kelas kemudian mengucapkan salam 2. Apa yang dimaksud dengan gaya dan gaya berat tersebut? Bagaimana cara menghitung besar gaya dan gaya berat tersebut? 4. 2. Karet gelang 2. Guru memeriksa kehadiran siswa dan memastikan siswa siap 2’ untuk belajar. Pendahuluan 1. Statif 3. Handayani. Alokasi Waktu 10 menit Langkah – langkah Pembelajaran Gaya adalah tarikan atau dorongan terhadap benda Alokasi Waktu . guru mengoreksi jawaban siswa. Lembar Kerja Siswa VIII. Fisika untuk SMA dan MA Kelas XI. Setelah siswa menjawab pertanyaan apersepsi. Penggaris 4. Jakarta : Pusat Perbukuan. Beban gantung Sumber belajar: 6 buah 6 set 6 buah 6 set 1. Kegiatan Pembelajaran Langkah – langkah Pembelajaran A. Departmen Pendidikan Nasional. Sri. 3. Fisika 2 untuk SMA Kelas XI. Kanginan. 2004.1. Fisika untuk SMA Kelas XI. 3. Marthen. 2009. Setya. Nurachmandani. Guru memberikan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan sebagai berikut: Kita tentu sudah mengenal mengenai gaya (F) dan gaya berat (w). Jakarta: Pusat Perbukuan. 2009. Departemen Pendidikan Nasional.

bermassa. Tetapi apabila beban dilepaskan maka panjang karet akan kembali ke ukuran semula. Ketika karet gelang diberi beban. Bagaimana apabila massa beban . guru memberikan pertanyaan sebagai berikut: a. maka karet akan memanjang. Guru menggali konsep awal siswa dengan memberikan demonstrasi sebagai berikut: Dari demonstrasi tersebut.Gaya berat adalah gaya gravitasional yang dilakukan oleh bumi kepada suatu benda bermassa. Cara menghitung gaya adalah dengan cara mengalikan massa 4’ benda dengan besar percepatan yang dilakukan oleh benda ( ) Cara menghitung berat benda adalah dengan mengalikan massa benda dengan besar percepatan gravitasi yang dialami benda tersebut ( ) Fase 1: Memberikan Situasi Masalah dan Menjelaskan Prosedur Latihan Inkuiri 5.

Fase 3: Mengumpulkan Data Melalui Eksperimen (Membuat dan Menguji Hipotesis). 6. Fase 2: Mengumpulkan Data – Verifikasi Masalah 4. 2. kemudian memberikan pertanyaan arahan yang membimbing. Guru membagi siswa menjadi enam kelompok. B. Ketika ada pertanyaan dari siswa. Siswa menelaah masalah yang diberikan dalam demonstrasi dengan arahan pertanyaan dalam LKS.data yang akan diambil dalam eksperimen dan menentukan alat – alat yang akan digunakan. Siswa menentukan data – data yang mendukung terhadap permasalah yang diberikan. Siswa menentukan data . Kegiatan Inti 1. guru berkeliling ke setiap kelompok untuk membimbing jalannya diskusi. guru hanya boleh menjawab dengan “ya” atau “tidak”. 5. 7. Langkah – langkah Pembelajaran 10’ 60 menit Alokasi Waktu Alokasi .ditambah ditambah. 7. 3. Guru membagikan LKS kepada setiap kelompok siswa. Guru menjelaskan prosedur belajar yang akan dilaksanakan (prosedur model latihan inkuiri) dan memberikan kesempatan 3’ kepada siswa untuk bertanya. Apakah semua benda memiliki tingkat elastisitas yang sama?Bagaimana cara kita mengetahui kemampuan elastisitas dari suatu benda (Modulus Young)? 6. Selama siswa diskusi. 8. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. apakah kondisi tersebut akan tetap berlaku? Langkah – langkah Pembelajaran b. Siswa membuat hipotesis dari permasalah yang diberikan. Guru memotivasi siswa agar tertarik untuk mengikuti proses 4’ pembelajaran.

15. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan saran dalam pelaksanaan inkuiri untuk kegiatan yang akan datang. Siswa diberikan kesempatan untuk mengkomunikasikan penjelasan yang telah didiskusikan. Guru memberikan refleksi terhadap materi yang baru selesai Alokasi Waktu 20 menit .Waktu 9. Guru mengarahkan siswa untuk menganalisis kegiatan inkuiri yang telah dilakukan. Siswa menghitung modulus elastisitas (modulus Young) dari grafik yang diperoleh. dan titik patah. 14. Siswa melakukan eksperimen untuk menguji hipotesis yang telah 22’ mereka buat. 17. Fase 5: Menganalisis Pola – pola Dari Proses Inkuiri. Siswa membuat grafik tegangan sebagai fungsi dari regangan. Guru membimbing diskusi kelas untuk menganalisis hasil penjelasan yang dikomunikasikan oleh semua kelompok siswa. Siswa berdiskusi untuk merumuskan penjelasan terhadap permasalahan yang diberikan. 18. 12. 5’ 20’ Langkah – langkah Pembelajaran C. Penutup 1. 10. 13. Siswa menganalisis grafik hubungan tegangan terhadap regangan untuk menentukan daerah keberlakuan hukum Hooke. Siswa menghitung nilai tegangan dan regangan berdasarkan data yang diperoleh dari hasil eksperimen 11. 16. batas elastisitas. Fase 4: Merumuskan Penjelasan.

= = Panjang Luas awal penampang benda benda ( (m) ) 5’ = Pertambahan panjang benda setelah diberikan gaya (m) . b. Tidak semua benda memiliki tingkat elastisitas yang sama tergantung dari modulus elastisitas yang merupakan karakteristik yang dimiliki oleh benda. maka modulus elastisitas yang dimiliki oleh benda akan berbeda – beda tergantung dari bahan penyusun benda tersebut. Jawaban konsep awal: a. dan pertambahan panjang benda setelah diberikan gaya. luas penampang benda. Ketika beban dilepaskan. Cara mengetahu modulus elastisitas (modulus Young) dari suatu benda adalah dengan cara mengukur gaya yang bekerja pada benda. Apabila beban yang diberikan menyebabkan batas elastis benda terlampaui maka panjang karet tidak akan kembali ke ukuran semula. Karena modulus elastisitas ini merupakan karakteristik dari benda. panjang karet akan kembali ke ukuran semula asalkan beban yang diberikan tidak menyebabkan batas elastis benda terlampaui.dilaksanakan kemudian memberikan penguatan terhadap materi yang masih kurang dikuasai oleh siswa. panjang awal benda. Kemudian menghitungnya dengan menggunakan persamaan: Langkah – langkah Pembelajaran Keterangan: E F l A = Modulus Young ( ) Alokasi Waktu = Gaya yang bekerja pada benda (N).

Nilai tes tertulis yang dilaksanakan pada akhir pembelajaran. 3.blogspot. Sikap siswa selama proses pembelajaran 2.com/2010/11/rencana-pelaksanaan-pembelajaranrpp. Aspek psikomotor siswa.html#ixzz1igT6WtWn Under Creative Commons License: Attribution . Guru menutup pelajaran kemudian mengucapkan salam. Guru memfasiliasi siswa untuk mengerjakan tes. 3.2. Read more: http://fisikasma-online. Penilaian 1. 15’ IX.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->