Proses Pembentukan

Proses Pembentukan & Pertumbuhan Tulang - Rangka manusia terbentuk pada akhir bulan kedua atau awal bulan ketiga

pada waktu perkembangan embrio. Tulang yang terbentuk mula-mula adalah tulang rawan (kartilago) yang berasal dari jaringan mesenkima (jaringan embrional). Sesudah kartilago terbentuk, rongga yang ada di dalamnya akan terisi oleh osteoblas.

Sel-sel osteoblas terbentuk secara konsentris iaitu dari dalam keluar. Setiap sel melingkari pembuluh darah dan serabut saraf yang membentuk sistem Havers. Substansi di sekitar tulang disebut matriks tulang, tersusun atas senyawa protein. Selanjutnya terjadi pengisian kapur dan fosfor sehingga matriks tulang menjadi keras. Pengerasan tulang disebut osifikasi. Osifikasi dibedakan menjadi 2 macam sebagai berikut. a. Osifikasi kondral yaitu pembentukan tulang dari tulang rawan. Terjadi pada tulang pipa dan tulang pendek. b. Osifikasi desmal yaitu pembentukan tulang dari membran jaringan mesenkim. Terjadi pada tulang pipih. Proses pertumbuhan tulang manusia dimulai sejak janin berusia delapan minggu sampai umur kurang lebih 25 tahun, bahkan lebih dari itu masih terjadi pembentukan tulang.

Perhatikan Gambar 4.12. Urutan proses pembentukan tulang (osifikasi) sebagai berikut. a. Tulang rawan pada embrio mengandung banyak osteoblas, terutama pada bagian tengah epifisis dan bagian tengah diafisis, serta pada jaringan ikat pembungkus tulang rawan. b. Osteosit terbentuk dari osteoblas, tersusun melingkar membentuk sistem Havers. Di tengah sistem Havers terdapat saluran Havers yang banyak mengandung pembuluh darah dan serabut saraf. c. Osteosit mensekresikan zat protein yang akan menjadi matriks tulang. Setelah mendapat tambahan

2 sendi antara skapula dan dada 86 sendi di hujung teratas 2 sendi antara tulang scapular 6 sambungan antara siku. Bagian cakraepifisis terus mengalami penulangan. atau tulang dari laluan orang-ramai. Oleh itu sesiapa yang mengagungkan Allah. 8 sendi antara pergelangan tangan 70 sendi antara tulang tangan . oleh itu ia harus memberi sedekah untuk setiap satu dari nya. d. Hamid Ahmad Hamid dalam bukunya “The Journey of Faith inside the Human Body”. f. mengesahkan terdapatnya 360 sendi pada tubuh manusia seperti yang disabdakan oleh Nabi SAW 1400 tahun yang lalu . disahihkan oleh Albani] Dr. atau duri. iaitu seperti berikut: 147 sendi di tulang belakang 25 sendi antara tulang belakang 72 sendi antara tulang dan tulang rusuk 50 sendi antara tulang bahagian luqaimat (lumbar?) 24 sendi di dada 2 sendi antara tulang sternum dan thoracic cage 18 sendi antara tulang dada dan tulang rusuk. e.” [HR Muslim] Buraida meriwayatkan bahawa dia mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Setiap orang mempunyai tiga ratus enam puluh sendi. bagian epifisis dan diafisis membentuk daerah antara yang tidak mengalami pengerasan. ia akan berjalan pada hari akhirat dengan mengeluarkan dirinya dari neraka.” Ditanyakan kepadanya: “Ya Rasulullah. “ [HR Abu Dawud. Di bagian tengah tulang pipa terdapat osteoblas yang merusak tulang sehingga tulang menjadi berongga kemudian rongga tersebut terisi oleh sumsum tulang. dan mengalih batu. dengan sendinya tiga ratus enam puluh. siapa yang mampu berbuat demikian?” Rasulullah SAW menjawab:“Kalian boleh menimbus kahak yang mungkin kalian temui di dalam masjid. duri. Selama terjadi penulangan. Jika kalian tidak mampu berbuat demikian. Penulangan bagian ini menyebabkan tulang memanjang. dan mencari pengampunan dari Allah. Bersyukur kepadaNya. solat dua rakaat Ad-Dhuha sudah mencukupi. dan mengajak kepada kebajikan dan melarang daripada kejahatan.senyawa kalsium dan fosfat tulang akan mengeras. disebut cakraepifisis. 2 sendi antara klavikula dan skapula (tulang belikat). Bagian ini berupa tulang rawan yang mengandung banyak osteoblas. memuji Allah. bertahlil. atau mengalihkan batu. atau tulang dari laluan orang ramai. „Aisyah RA meriwayatkan bahawasanya Rasulullah SAW bersabda: “Setiap manusia telah diciptakan dengannya tiga ratus enam puluh sendi.

sedangkan Dia adalah Maha Halus. lagi Maha Mengetahui?” ( Al-Mulk :14) “Dan tidaklah yang diucapkannya (Rasulullah SAW) itu menurut kemahuan hawa nafsunya.92 sendi di hujung terbawah 2 sendi pinggul 6 sendi antara tulang lutut 6 sambungan antara pergelangan kaki 74 sendi antara tulang kaki 11 sendi di pelvis 4 sendi antara vertebra tulang ekor (coccyx) 6 sendi antara tulang acetabulm 1 sendi sumphysis kemaluan Jumlah sendi 360 Fungsi sendi ini adalah bagi memudahkan pergerakan anggota –anggota di tubuh manusia. Pada zaman Nabi SAW adalah tidak mungkin bagi manusia untuk mengetahui bilangan sendi ini dengan ketepatan seperti itu. kerana sebahagian besar sendi ini halus saja dan berada pada kedudukan yang sangat sukar untuk dilihat. Allah SWT berfirman: “Apakah Dia (Allah) yang menciptakan itu tidak tahu. dan pada masa kini para saintis barat hanya mampu menganggarkan bilangan sendi di dalam tubuh manusia adalah di antara 250 hingga 350.” (An-Najm: 3-4) . Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya). Sendi-sendi halus ini tidak diketahui sebelum adanya kemajuan anatomi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful