MAKALAH PRAKTIKUM PENGANTAR EKONOMI PERTANIAN

“10 PRINSIP EKONOMI”

Oleh kelompok 2 :
1. Yulia Dwi Sartika 2. Edwin Panigoro 3. Guntur Respyan 4. Fakhri Ahmad 5. Tommy Kurniawan Subianto (0910480168) ( 105040207111013 ) ( 105040207111014 ) ( 105040207111015 ) ( 105040207111016 )

Kelas : K UNIVERSITAS BRAWIJAYA FAKULTAS PERTANIAN PROGRAM STUDI AGROEKOTEKNOLOGI MALANG 2012

pengangguran dan inflasi. Unit-unit ini mencakup konsumen. pekerja atau buruh. Sebaliknya makroekonomi. bukan hanya pada sektor produksi saja melainkan mencakup sangat luas. Ilmu ekonomi merupakan ilmu sosial yang mempelajari perilaku manusia dalam mengoptimalkan pengambilan keputusan atas alternatif pilihan terbaik pemanfaatan sumberdaya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya. didedikasikan untuk mempelajari perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan dan keinginannya yang tak terbatas. pemilik lahan. para penanam modal. seperti tingkat dan laju pertumbuhan produksi nasional. dan setiap individu atau entitas yang memainkan peranan dalam kinerja perekonomian. Ilmu ekonomi dibagi ke dalam dua cabang utama yaitu mikroekonomi dan makroekonomi. mengkaji perekonomian berdasarkan unit analisis agregat. 1.BAB I PENDAHULUAN 1. Kontradiksi antara kelangkaan sumberdaya dan ketidakterbatasan kebutuhan mengharuskan manusia sebagai Homo Economicus senantiasa bertindak dalam konteks optimalitas pilihan.1 Latar Belakang Ilmu ekonomi sebagai salah satu cabang ilmu sosial. dengan mengoptimalkan alternatif penggunaan sumberdaya yang langka.perusahaan atau unit bisnis.2 Tujuan  Mengetahui sepuluh prinsip ekonomi yang ada  Mengetahui contoh-contoh prinsip ekonomi  Memahami penerapan prinsip-prinsip ekonomi . Ekonomi pertanian sangatkah luas. suku bunga. Dari hal-hal tersebut diatas ada sepuluh prisnsip ekonomi yang ada saat ini dalam menghadapi perekonomian yang ada. Mikroekonomi mengkaji perilaku unit ekonomi individual.

M. J. Aliran yang terutama dipelopori oleh Adam Smith ini menekankan adanyainvisible hand dalam mengatur pembagian sumber daya. Perkembangan sejarah pemikiran ekonomi kemudian berlanjut dengan menghasilkan tokoh-tokoh seperti Alfred Marshall. Permasalahan tersebut kemudian menyebabkan timbulnya kelangkaan (Ingg: scarcity). Konsep invisble hand ini kemudian direpresentasikan sebagai mekanisme pasar melalui harga sebagai instrumen utamanya. Keynes mengajukan teori dalam bukunya General Theory of Employment. and Money yang menyatakan bahwa pasar tidak selalu mampu menciptakan keseimbangan. Sebagai penanding aliran klasik. atau "peraturan. Kata "ekonomi" sendiri berasal dari kata Yunani οἶκος (oikos) yang berarti "keluarga.BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas. Adam Smith sering disebut sebagai yang pertama mengembangkan ilmu ekonomi pada abad 18 sebagai satu cabang tersendiri dalam ilmu pengetahuan. Edmund Phelps." dan secara garis besar diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga." Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja. dan oleh karenanya peran pemerintah menjadi sangat dibatasi karena akan mengganggu proses ini. Secara garis besar. Interest. hukum. perkembangan aliran pemikiran dalam ilmu ekonomi diawali oleh apa yang disebut sebagai aliran klasik.1 Sejarah Ilmu Ekonomi Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. hingga peraih hadiah Nobel bidang Ekonomi tahun 2006. dan karena itu intervensi . Keynes. Aliran klasik mengalami kegagalannya setelah terjadi Depresi Besar tahun 1930-an yang menunjukkan bahwa pasar tidak mampu bereaksi terhadap gejolak di pasar saham. Karl Marx. aturan. rumah tangga" dan νόμος (nomos).

perdagangan internasional atas hasil pertanian. Sehingga ilmu ekonomi pertanian adalah bagian dari ilmu ekonomi umum yang mempelajari fenomena-fenomena dan persoalan-persoalan yang berhubungan dengan pertanian mikro maupun makro. new keynesian. Bagian ini kemudian bercabang menjadi dua yaitu ilmu ekonomi pertanian dengan cabang ilmu yang dipelajarinya tataniaga.  Kedua. Dua aliran ini kemudian saling "bertarung" dalam dunia ilmu ekonomi dan menghasilkan banyak varian dari keduanya seperti: new classical. . hukum dan hak pertanahan termasuk bidang-bidanng yang harus dipelajari dalam ekonomi pertanian. antara factor produksi dan hasil produksi dan antara beberapa hasil produksi dalam satu proses produksi (ekonomi pertanian mikro). merupakan salah satu bagian atau cabang dari ilmu pertanian. serta ilmu sosiologi pertanian.pemerintah harus dilakukan agar distribusi sumber daya mencapai sasarannya. neo klasik. yaitu bagian atau aspek-aspek social ekonomi dari persoalan-persoalan yang dipelajari oleh ilmu pertanian. monetarist.2 Ekonomi Pertanian Ekonomi pertanian adalah termasuk di dalam kelompok ilmu-ilmu kemasyarakatan (social sciences). maka analisa ekonomi perusahaan pengolahan hasil pertanian.3 Sifat Ekonomi Pertanian  Ilmu Ekonomi Pertanian berkembang dari dua segi pandang: Pertama. 2. bagi para mahasiswa fakultas ekonomi. kebijaksanaan pertanian. 2. ekonomi produksi pertanian dan lain-lain.  Cakupan Eknomi Pertanian adalah analisa ekonomi dari proses produksi dan hubungan social dalam produksi pertanian. Dengan pengertian yang demikian. yaitu ilmu yang mempelajari perilaku dan upaya serta hubungan antarmanusia. ilmu ekonomi pertanian mempunyai ciri dan tekanan yang berbeda. Sehingga ilmu ekonomi pertanian adalah ilmu ekonomi yang diterapkan pada bidang pertanian. hubungan antar factor-faktor produksi. dan lain sebagainya.

 Pasar Adalah Tempat Yang Baik Dalam Mengorganisasikan Kegiatan Ekonomi . Pada prinsip ini yang paling ditonjolkan adalah spesialisasi. kualitas bagus) yang dimiliki lalu menjualnya ke Negara lain yang tidak optimal produksinya dari barang tersebut dan barang produksi yang tidak bisa dihasilkan secara optimal maka Negara tersebutpun akan membeli dari Negara lain yang produksinya lebih optimal. Dari contoh di atas dapat disimpulkan bahawa perdagangan menguntungkan semua orang. Contohnya seseorang akan bekerja sessua porsi saat penghasilannya tetap. kemampuan produksi tinggi. Untuk itu kami hanya membahas tuju prinsip yang tersisa. meskipun sedikit keuntungan tersebut.  Perdagangan menguntungkan semua orang Melalui perdagangan semua pihak akan memperoleh kesempatan melakukan spesialisasi pada bidang yang paling dikuasainya sehingga output kegiatan produktif yang dilakukan lebih optimal. dan bagaimana sistem ekonomi yang berlangsung. Pada pertemuan pertama sudah dijelaskan tentang prinsip trade off. tetapi saat ada insentif maka ia akan bekerja secara ekstra dari sebelumnya. biaya opportunitas. Karena kita selalu membuat keputusan berdasarkan perbandingan antara biaya dan manfaat. contohnya yaitu suatu Negara akan memproduksi sesuai kemampuan yang paling optimal ( biaya produksi rendah.BAB III PEMBAHASAN Dalam melakukan kegiatan-kegiatan ekonomi kita harus mempertimbangkan sepuluh prinsip ekonomi sebelum melakukannya. maka perilaku kita akan berubah setiap perhitungan biaya dan manfaat tersebut berubah. dan prinsip marjinalitas. Sepuluh perinsip ini akan mempengaruhi pengambilan keputusan. bagaimana interaksi msyarakat satu sama lain.  Masyarakat bereaksi terhadap insentif Seseorang biasanya akan lebih “aktif” saat seseorang tersebut mendapatkan keuntungan tambahan dari apa yang ia kerjakan.

diamana banyak perusahaan yang bangkrut dan terjadi kegagalan pasar. yaitu kemampuan factor produksi dari suatu Negara. Harga mencerminkan nilai suatu barang bagi masyarakat dan biaya yang harus dibayar masyarakat untuk memproduksinya. Perusahaan dan rumah tangga saling berinteraksi di pasar. dimana harga dan kepentingan-kepentingan pribadi mempengruhi dan memandu keputusan-keputusan yang mereka buat. Jawabannya cukup sederhana.  Kebijakan ekonomi pemerintah ditujukan untuk mengoreksi kegagalan pasar Keadaan seperti ini adalah situasi di mana pasar gagal mengalokasikan sumberdaya yang relatif langka secara efisien. keputusan-keputusan dari suatu perencanaan yang terpusat. Air yang ada dan tercemar digunakan untuk keperluan sehari-hari. Sedangkan contoh pada bidang pertanian adalah terjadinya pencemaran yang dilakukan petani akibat penggunaan pestisida. Oleh karena semua pelaku ekonomi mengambil keputusan berdasarkan informasi harga. Sehingga pasar adalah tempat yang tepat untuk mengorganisasikannya. sebagian besar masyarakatnya . Seperti dalam kasus krisis perekonomian. digantikan oleh keputusan-keputusan dari jutaan perusahaan dan rumah tangga. pupuk kimia secara berlebihan yang mengakibatkan pencemaran air. atau pembelian/pengambil alihan sebuah perusahaan oleh pemerintah. dan menjaga kemampuan produksi sekaligus meminimalisir angka pengangguran dengan cara melakukan buyout.Dengan menggunakan jenis perekonomian pasar. dalam hal ini pasar tidak mampu mengatasi persoalan tersebut sehingga pemerintah perlu turun tangan dan menerapkan peraturan atau kebijakan tertentu. maka mekanisme harga merupakan sistem yang paling efektif dan efisien untuk mengalokasikan sumberdaya yang langka di antara para pelaku ekonomi tersebut.  Standar hidup masyarakat tergantung pada produktivitas Apa yang bisa menjelaskan perbedaan-perbedaan yang sangat besar antara satu standar hidup dengan standar hidup lainnya diberbagai Negara di dunia?. pemerintah dapat turun tangan dan menyelamatkan perusahaan tersebut dari kebangkrutan. Dinegara dimana para pekerjanya dapat menghasilakan barang dan jasa dalam jumlah besar per satu satuan waktu.

 Masyarakat menghadapi trade off antara inflasi dan pengangguran jangka pendek Tradeoff antara inflasi dan pengangguran sifatnya hanyalah sementara. Hubungannya yaitu tingkat pertumbuhan produktivitas suatu Negara menetukan tingkat pertumbuhan pendapatan rata-ratanya. Hal ini berarti lapangan kerja baru akan berkurang. Inflasi biasanya ditekan melalui pengurangan kuantitas uang. namun dapat berlangsung menahun. Jika uang berkurang. Begitu pula sebaliknya. sulitnya Pemerintah meredam lonjakan inflasi dikarenakan upaya menekan inflasi seringkali mengakibatkan peningkatan angka pengangguran. sehingga pengangguran akan bertambah. maka dana investasi dan produksi menyusut.  Tingkat harga dipengaruhi oleh kebijakan moneter Tingginya tingkat peredaran uang akibat dari tingginya produksi uang itu sendiri. menyebabkan nilai dari uang tersebut menjadi semakin kurang berharga yang berdampak pada terjadinya inflasi. Sehingga harga barang naik karena niali dari uang tersebut menurun. .hidup dalam standar hidup yang tinggi. Dilema atau trade off antara inflasi dan pengangguran ini dikenal sebagai konsep Kurva Philip.

3.2 Saran Untuk pemberian contoh-contoh dari prinsip ekonomi lebih diperbanyak lagi agar kami lebih bisa memahaminya. sering kali kita tidak menyadari bahwa kegiatan sehari-hari kita adalah termasuk salah satu kegiatan dari prinsip ekonomi yang ada.BAB III PENUTUP 3.1 Kesimpulan Dari penjelasan-penjelasan sepuluh prinsip ekonomi yang ada kita akan lebih memehami bagaimana situasi dan kondisi yang terjadi di pasar sehingga kita dapat menentukan keputusan yang tepat. Untuk sebab itu perlu kita pahami prinsip-prinsip ekonomi yang ada sehingga kita dapat menerapkannya dengan baik dalam kehidupan sehari-hari. Banyak contoh-contoh dari prisip ekonomi yang sering terjadi disekitar kita. .

http://ebookbrowse.http://www.co.google.blogspot.com/lmu-ekonomi/Wikipedia-bahasaIndonesia.DAFTAR PUSTAKA Anonymous.html Diakses 11 Maret 2012 Anonymous.htm Diakses tanggal 13 Maret 2012 Team Teaching Mata Kuliah PEP.2012.wikipedia.html Diakses tanggal 13 Maret 2012 Anonymous. Modul 1 dan 2 Pengantar Ekonomi Pertanian.com/10-prinsip-ekonomi-pdf-d279322181 Diakses tanggal 11 Maret 2012 Anonymous. UB.com/2009/12/sepuluh-prinsip ekonomi. http://farismf.ensiklopedia-bebas. 2011. Malang .http://www .id/pengertian-ekonom-pertanian.2012. FP.2012.2012.