P. 1
Kuliah 1-Problem Sosial

Kuliah 1-Problem Sosial

|Views: 11|Likes:
Published by Eka Citra
Kuliah 1-Problem Sosial
Kuliah 1-Problem Sosial

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Eka Citra on May 02, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/10/2014

pdf

text

original

PROBLEM SOSIAL

Mata kuliah PROBLEM SOSIAL. sebelumnya dinamai PATOLOGI DAN REHABILITASI SOSIAL .

What‟s that? Patologi dan Rehabilitasi Sosial merupakan matakuliah yang mempelajari tentang bermacam-macam penyakit/patologi dan permasalahan sosial serta ragam upaya merehabilitasinya. .

menganalisis program rehabilitasi yang selama ini dilakukan oleh pemerintah. serta mampu merekomendasikan rancangan rehabilitasi sosial yang tepat.Melalui matakuliah ini. masyarakat. maupun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). mahasiswa diharapkan dapat menganalisis permasalahan sosial yang ada di masyarakat. .

Proses pembelajaran matakuliah PRS/Probsos ini dirancang agar mahasiswa dapat menguasai beberapa kompetensi dasar yaitu:  memahami kerangka teoritik patologi sosial dan rehabilitasi sosial mampu memetakan permasalahan sosial di masyarakat mampu menerapkan dasar-dasar teoritik untuk menelaah dinamika patologi sosial dalam masyarakat mampu membandingkan berbagai pendekatanpendekatan rehabilitasi sosial mampu merancang program rehabilitasi sosial     .

Concept Map PATOLOGI DAN REHABILITASI SOSIAL UP CAK MEN CAK UP MEN PATOLOGI SOSIAL REHABILITASI SOSIAL DIPETAKAN SECARA TEORITIS MELALUI SOCIAL PROBLEM MAPPING MACAM-MACAM PATOLOGI SOSIAL MACAM-MACAM REHABILITASI SOSIAL PLANNING COMPREHENSIVE REHABILITATION MENGHASILKAN RUMUSAN .

penyakit Logos : berbicara tentang. berhubungan secara timbal balik (=komuniti.  Sosial : tempat atau wadah pergaulan hidup antar manusia yang perwujudannya berupa kelompok manusia yang saling berinteraksi.PATOLOGI SOSIAL   Pathos : disease. ilmu  Patologi : ilmu yang membicarakan tentang penyakit: asal usul dan sifat-sifat penyakit. masyarakat) .

disebabkan oleh faktorfaktor sosial Ilmu tentang penyakit masyarakat Ilmu tentang asal usul dan sifat-sifat penyakit yang berhubungan dengan hakekat adanya manusia dalam hidup bermasyarakat .Patologi sosial :    ilmu tentang gejala-gejala sosial yang dianggap “sakit”.

dan hukum formal. solidaritas kekeluargaan. pola kesederhanaan. disiplin. hidup rukun bertetangga. kebaikan. hak milik. stabilitas local. . (Kartini Kartono). moral.Patologi sosial : Semua tingkah laku yang bertentangan dengan norma kebaikan.

Patologi sosial :  Adalah studi tentang pola dan proses sosial yang terbentuk karena kegagalan seseorang untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialnya dalam rangka mencapai tujuan hidupnya yang memungkinkan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya dan memenuhi kebutuhannya (Gillin and Gillin) .

Pro-Kontra penggunaan istilah PATOLOGI SOSIAL  KONTRA (Mabel A Elliot dan Francis A Meril)   Terlalu mengacu pada konsep biologis dan organis Secara apriori masyarakat dipandang dalam keadaan sakit  Memilih menggunakan terma Social Disorganization .

Queen dan Guener. JL GIllin dan JP GIllin)  Social problem hanya dapat dilihat dengan menganologikan didalamnya dengan kata pathology . PRO (Lawrence Guy Brown.

disintegrasi sosial Social maladjustment Sociopathic Abnormal Sociatri .Beberapa istilah lain untuk patologi sosial       Masalah sosial (Problem Sosial) Disorganisasi sosial.

dan merugikan orang banyak  . berbahaya. tidak dikehendaki.Problem sosial :  Semua bentuk tingkah laku yang melanggar atau memperkosa adat-istiadat masyarakat (dan adat istiadat tersebut diperlukan untuk menjamin kesejahteraan hidup bersama) Situasi sosial yang dianggap oleh sebagian besar warga masyarakat sebagai mengganggu.

Siapa yang berhak „menghakimi‟ peristiwa sosial tertentu sebagai gejala “patologis” atau sebagai “masalah sosial” ? .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->