P. 1
Satuan Acara Penyuluhan Penyakit Kulit

Satuan Acara Penyuluhan Penyakit Kulit

|Views: 242|Likes:

More info:

Published by: Meyrila Anagnya Bulestari on May 02, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/30/2015

pdf

text

original

Satuan Acara Penyuluhan

Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan Topik Penularan : Keluarga Ny. E : : : :

: Penyakit Sistem Integumen : Penyakit Kulit Menular : Cara Perawatan dan Pencegahan

EGIATAN

ri

I. Tujuan Instruksional A. Tujuan Instruksional Umum (TIU): Setelah selesai mengikuti penyuluhan, peserta dapat mengenal masalah kesahatan pada Ny. E B. 1. 2. 3. 4. 5. 6. yang menderita penyakit kulit.

Tujuan Instruksional Khusus (TIK): Setelah selesai mengikuti penyuluhan, peserta dapat: Menyebutkan kembali masalah kesehatan yang terkait dengan penyakit kulit (yang sekarang diderita Ny. E) Menyebutkan kembali kemungkinan 3 penyebab Penyakit Kulit (yang sekarang diderita Ny. E) Menyebutkan kembali 3 tanda dan gejala Penyakit Kulit (yang sekarang diderita Ny. E) Menyebutkan kembali 3 cara upaya pencegahan terjadinya penularan penyakit kulit (yang sekarang diderita Ny. E) Menyebutkan kembali 3 dampak bila penyakit kulit (yang sekarang diderita Ny. E) tidak ditangani secara tepat. Menyebutkan kembali minimal 4 tindakan perawatan penyakit kulit (yang sekarang diderita Ny. E)

Menjawab pertanyaan peserta. Mengucapkan salam. d. Memberikan kesempatan pada peserta untuk bertanya tentang hal yang belum dipahaminya e. Menyampaikan tujuan penyuluhan a. Materi Terlampir III. Kegiatan No 1 Kegiatan Pembukaan 5 Menit Uraian Kegiatan Penyuluh a. Menanyakan kepada peserta pengetahuan tentang Penyakita. Menjawab b. c. perawatan dan upaya pencegahan penularan penyakit kulit yang diderita Ny E c. b. Menyimak c. Mendenga 2 Penyuluhan 30 Menit a. Mengucapkan salam a. Menyetuji c.II. Memberikan penjelasan tentang pengertian. Validasi kontrak c. Peserta b e. Metoda Ceramah dan Tanya Jawab IV. Peserta m 3. penyebab. cara penularan. Melakukan evaluasi b. Menyimak kulit yang dideritanya (pengertian. Penutup 3 Menit a. penyebab. Memberi reinforcement atas kemauan peserta mengungkapkan pemahamannya tentang Penyakit Kulit yang dideritanya kemauan untuk berbagi pengalaman. cara pencegahan dan perawatan) dan/pengalaman peserta tentang apa yang dirasakannya selama mengalami penyakit kulit seperti saat ini b. tanda dan gejala. Menjawab . Media Leaflet dan Lembar balik V. Menjawab b.Peserta m d. Menyimpulkan materi penyuluhan c.

E) ! Penyakit Kulit Definisi Suatu penyakit yang menyerang bagian kulit yang menutupi permukaan tubuh. Penyebab Penyakit ini disebabkan oleh :  Virus  Bakteri  Jamur  Reaksi Alergi  Kutu  Tungau Faktor Resiko Penyakit Kulit . 5. E)! Sebutkan kembali 3 tanda & gejala Penyakit Kulit (yang sekarang diderita Ny. 6. 2. dapat disebabkan oleh banyak sebab. 4. E)! Sebutkan kembali 3 cara upaya pencegahan terjadinya penularan penyakit kulit (yang sekarang diderita Ny. Sebutkan masalah kesehatan yang terkait dengan penyakit kulit (yang sekarang diderita Ny. E) ! Sebutkan kembali 3 dampak bila penyakit kulit (yang sekarang diderita Ny. 3. E) ! Sebutkan 3 penyebab Penyakit Kulit (yang sekarang diderita Ny.VI. Evaluasi 1. E) tidak ditangani secara tepat ! Sebutkan kembali minimal 4 tindakan perawatan penyakit kulit (yang sekarang diderita Ny.

selimut. handuk. .  Muncul bintik-bintik merah/ruam-ruam/bentol-bentol/bula-bula yang berisi cairan atau nanah pada kulit permukaan tubuh  Kadang disertai demam Kemungkinan cara penularan  Cara Penularan Langsung. baik pakaian. Kebersihan diri yang buruk  Daya tahan tubuh yang rendah  Genetik Tanda dan Gejala Penyakit kulit  Gatal-gatal yang bisa terjadi pada pagi. siang. Gangguam rasa nyaman gatal bertambah atau berlarut-larut. Karena semakin lama penyakit tersebut dibiarkan maka kemungkinan penderita kontak dengan orang lain lebih besar. menjadi handuk. Komplikasi Akibat Penyakit kulit yang tidak tertangani dengan baik 1. bila bula tersebut pecah maka kuman tersebut keluar dan jika penderita bersentuhan/bersinggungan dengan orang lain maka memungkinkan kuman tersebut pindah ke orang lain dan menulari orang tersebut. Kerusakan jaringan kulit. malam ataupun sepanjang hari. karena beberapa penyakit kulit menimbulkan luka yang memudahkan terjadinya infeksi. 3. ditularkan melalui perantara. 2. Pada pakaian. maupun sabun mandi yang dipakai oleh penderita. selimut.  Cara Penularan Tidak Langsung. Cairan/nanah yang terdapat pada bula mengandung kuman penyebab penyakit kulit. Meningkatkan risiko penularan kepada anggota keluarga lain yang sehat. maupun sabun mandi kuman memungkinkan perantara/tempat hidup sementara penyebab penyakit kulit tersebut. sentuhan/bersinggungan langsung dengan penderita.

. Lakukan kompres menggunakan rivanol pada daerah bekas bula yang pecah atau daerah yang bernanah.4. Bila terdapat bula yang berisi nanah/cairan yang pecah. bila gatal lebih baik diusapusap atau bisa juga direndam air hangat (tetapi harus dipastikan tidak ada luka/ bula-bula yang berisi cairan/nanah tidak pecah) 2. B. EGC: Jakarta. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah. 5. dan buang kapas pada tempat sampah (jangan dileytakkan disembarang tempat). edisi 8. 2002. 4.G. Dengan gangguan pemenuhan kebutuhan istirahat. S. dll. Pada area yang gatal dan terdapat luka/ bekas bula yang pecah hindari terkena air (bila di permukaan tubuh terdapat luka/ bekas bula yang pecah untuk sementara waktu jangan mandi) 3. volume 2. penderita menjadi letih. Tingkatkan kekebalan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan istirahat secara cukup. Masalah kesehatan kemungkinan bertambah. 5. gampang marah. segera keringkan menggunakan kapas. 6. Hindari menggaruk area yang gatal. Jaga kebersihan diri dan ganti pakaian sehari minimal sekali. daya tahan tubuh menurun. Sumber: Smeltzer. lesu. Dengan gatal-gatal yang terus terasa dapat mengganggu penderita dalam memenuhi kebutuhan istirahat/tidur.C & Bare. Cara Perawatan Penyakit Kulit Yang Cenderung Menular 1. Menimbulkan gangguan/hambatan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->