INTERNET, INTRANET, EXTRANET

Menjelaskan : - Internet Penjelasan Internet. Sejarah Internet. - Intranet Penjelasan Intranet. Keuntungan dan Kerugian Intranet. - Extranet Penjelasan Extranet. Keuntungan dan Kerugian Extranet.

. Jadi. Informasi dan layana yang ada di internet disediakan oleh komputer swervwer. sedangkan komputer client hanya dapat mengakses informasi atau layanan di komputer server tersebut.Internet Istilah internet sendiri merupakan singkatan dari interconnected networking yang berarti jaringanjaringan komputwer yang saling terhubung. internet adalah gabungan jaringan komputer di seluruh dunia yang membentuk suatu sistem jaringan informasi global. ada dua tipe komputer. Di internet. lebih jelasnya. yaitu komputer server (server computer) dan komputer client (client computer ).

dan menyebabkan ARPANET kewalahan menghadapinya. yang sekarang ini lebih dikenal dengan sebutan "Internet" . Tujuan awal didirikannya proyek tersebut adalah untuk keperluan pertahanan AS dibidang militer. ARPANET hanya menghubungkan 4 buah situs yaitu : Standford Research Institute • University of California • Santa Barbara • University of Utah Dimana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969. Dan gabungan dari kedua jaringan di atas dikenal dengan sebutan ARPA Internet. membuat sistem jaringan komputer yang terbesar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat. Dan secara umum ARPANET di kenalkan pada bulan Oktober 1972.MILNET : Untuk keperluan militer. Pada waktu itu departemen pertahanan AS. Awal mula. Setelah diperkenalkan secara umum.Sejarah Singkat Internet di Dunia Berawal pada penghujung tahun 60-an ( 1969 ). denga jarak yang tak terhingga.ARPANET : Untuk keperluan non militer. makin banyak universitasuniversitas yang ingin bergabung. sebuah Departemen Pertahanan Amerika ( Departement of Deffense ( DoD ) dengan proyek ARPAnya yang disebut"ARPANET" (Advanced Research Project Agency Network) yang mendemonstrasikan bagaimana melalui komputer kita dapat berkomunikasi melalui jaringan telepon. Akhirnya ARPANET di pecah menjadi dua bagian yaitu : . yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan. .

Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange). . berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.yaitujaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier).Pengertian Exstranet (Eksranet). Extranet(Eksranet). mitra (partner). penjual (vendor). Aplikasi yang dapat digunakan untuk extranet adalah lotus notes. Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. pelanggan dan lain-lain.

status cek & kirim E. Dapat bertukar data bervolume besar dan dapat digunakan untuk jaringan kerjasama.Fungsi Ekstranet Sering digunakan perusahaan untuk kegiatan bisnis.mail. Keamanan data tetap terjaga karena data yang bisa dilihat hanya sebagian saja. Web-browser. E-mail. Komponen ekstranet : Protokol TCP / IP. Eksternal mitra bisnis & Tele-commuting karyawan pesanan tempat. .

seperti waktu yang dikurangi untuk pasar dan biaya melakukan bisnis. lebih dari apa yang diperlukan untuk mendapatkan intranet atau situs Web dan berjalan. mungkin sebanding dengan keamanan-biaya. server Web dan pengembangan.Keuntungan dan Kerugian Exstranet  Kelebihan dari extranet Manfaat extranet. dukungan yang berkelanjutan dan pemeliharaan. warisan integrasi sistem. .  Kerugian ekstranet Extranet memerlukan sejumlah besar IS waktu dan energi. dan akses cepat ke informasi mitra. yang mungkin menempatkannya di bagian bawah dari kelompok IS to-do list.

dokumen.INTRANET Intranet merupakan jaringan sistem informasi internal suatu perusahaan atau organisasi yang prinsip kerjanya sama dengan internet . dan sarana diskusi internal yang tertutup. Biasanya intranet digunakan untuk membagi kalender/jadwal kegiatan. Akses intranet memerlukan identifikasi penggunaan password sehingga hanya dapat diakses oleh anggota organisasi atau kariawan perusahaan tersebut. tak dapat diakses oleh pihak luar sehingga cukup lama. .

organisasi/perusahaan dapat memberikan informasi yang lebih lengkap kepada para anggota/kariyawan di mana anggota/kariyawan dapat mengakses informasi yang sesuai untuk mereka sekaligus. Keuntungan : 1. data pelatihan. kebijakan organisasi/perusahaan . 4. baik secara vertikan (bawahan. 3. serta mengakswes database yang diperlukan. Komunikasi : Intranet memberikan fasilitas yang memungkinkan komunikasi efektif di dalam sebuah organisasi. Produktivitas Kerja : Intranet membantu pengguna untuk menwemukan informasi secara cepat. Sistem Publikasi web memungkinkan data-data organisasi/perusahaan diakses secara mudah. . Dan masih banyak lainya. data keuntungan.atasan) maupun horizontal (antaraanggota/jariayan). Efisiensi Waktu : Dengan intranet. 2. misalnya pendoman anggota/kariyawan.

2. Diperlukan pelatihan (training) untuk mendidik anggota/kariyawan untuk menggunakan intranet. 3. Dalam perkembangan interaksi ada juga kemungkinan untuk mengirimkan hal-hal yang kurang sesuai (kasar/kurang sopan). Diperlukan tenaga ahli untuk membangun dan mengembangkan intranet di sebuah organisasi/perusaahaan. . Kerungian : 1. 4. Informasi yang salah atautidak sesuai dapat juga beredar melalui intranet sehingga mengurangi efektivitasnya.