Makalah Bahasa Indonesia

KALIMAT AKTIF DAN KALIMAT PASIF

Disusun Oleh:  Devie Oktaviany (1103101010235)  Khairun Nisa (1103101010133)  M Yafi Zhafran (1103101010192)

Universitas Syiah Kuala
2011/2012

atau (!)). Kata kerja bentuk pasif biasanya berimbuhan ter-. Kalimat dilihat dari peran subjeknya dibedakan menjadi 2. klausa atau kombinasi unsur-unsur tersebut yang minimal memiliki subjek dan predikat. Subjek (S) dalam kalimat aktif melakukan aktifitas. subjek (bara api) berperan sebagai sesuatu yang dikenai hal atau tindakan tidak sengaja terinjak. Contoh: Toni memukul ismail. subjek dalam kalimat pasif berperan menjadi penderita. dan kean. kalimat di atas termasuk kalimat aktif.Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif Kalimat dapat diartikan sebagai urutan kata. Kata kerja aktif ini biasanya berimbuhan meN. S P O Dalam kalimat diatas.). subjek (Toni) berperan sebagai pelaku suatu kegiatan. Dengan kata lain. yaitu memukul. diawali dengan huruf kapital dan diakhiri dengan intonasi final (diakhiri denga tanda (. baik itu disengaja ataupun tidak. hal ini membawa konsekuensi predikat (P) dalam kalimat aktif harus diisi oleh kata kerja aktif. Karena subjeknya berperan menjadi penderita.dan ber-. . frase. di-. predikatnya harus diisi oleh kata kerja bentuk pasif. Contoh: Bara api itu terinjak ayah. yaitu kalimat aktif dan pasif. 1. (?). Kalimat Aktif adalah kalimat yang subjeknya melakukan suatu hal atau kegiatan. 2. S P O Dalam kalimat diatas. oleh karenanya. serta membentuk suatu kesatuan makna. Kalimat Pasif adalah kalimat yang subjeknya dikenai suatu hal atau tindakan.

yakni kalimat aktif yang predikatnya memerlukan objek. Predikatnya berawalan me. (5) Kakak telah kawin dua tahun yang lalu. Helsa Situmorang membaca buku. Berdasarkan hubungan antara predikat dengan objeknya. Predikatnya tergolong kata kerja aus. (2) Supaya sistem pencernaan kita sehat. S P O K b. setiap pagi kita perlu minum air putih. (4) Pak Menteri akan datang malam ini. misalnya yang terjadi pada kata makan dan minum. a. (1) Usahanya hanva bermodalkan kejujuran dan keberanian. predikat kalimat itu berupa kata kerja yang berawalan me(N)dan ber-. (Helsa sebagai pelaku) 2. (3) Saya akan pergi sekarang juga. S P Pel. Kalimat aktif semitransitif.Kalimat Aktif Kalimat aktif adalah kalimat yang predikatnya melakukan suatu pekerjaan. Ciri penting yang menandai kalimat aktif. tidak sedikit kalimat aktif yang predikatnya tidak disertai kedua imbuhan tersebut. . yakni kalimat yang predikatnya memerlukan pelengkap. Subjeknya sebagai pelaku. 3.atau ber-. Ciri-ciri : 1. S P O (2) Narapidana itu sudah mencuri ayam milik Pak Lurah dua kali. Namun demikian. Contoh: (1) Pengembangan industri nasional bergantung pada mutu SDM-nya. Contoh : (1) Bu Lurah sedang asyik makan tape. S P Pel. Kalimat aktif (transitif). (1) Pemerintah tengah mengembangkan industri mobil nasional. kalimat aktif dapat dibagi kedalam empat kelompok.

Kalimat aktif intransitif. Predikatnya berawalan di-. Contoh: (l) Ibu memasak di dapur. disusul oleh kata kerja yang kehilangan awalan). S P O Pel.atau ter-.ter-kan. atau .c. (2) Ayah membelanjai ibu pakaian. 3. . S P O Pel. Ciri-ciri : 1. Kaliraat aktif dwitransitif. d. Contoh: (1) Kakak meminjami kawannya sebuah novel. S P Ket. Contoh: (1) Pameran itu akan dibuka oleh Pak Bupati. yakni kalimat yang predikatnya tidak memerlukan objek ataupun pelengkap. Predikatnya berupa predikat persona (kata ganti orang. Subjeknya sebagai penderita. (4) Makalah ini harus kami tulis kembali. (2) Ani bernyanyi S P Kalimat Pasif Kalimat Pasif adalah kalimat yang subjeknya dikenai pekerjaan. ter-. ditandai oleh predikatnya yang berawalan di. (2) Ali terkejut mendengar kematian sahabatnya. Kalima aktif. (5) Pemimpin itu harus segera diganti karena sikapnya yang korup. yakni kalimat yang memerlukan objek dan pelengkap secara sekalius. 2. (3) Soal-soal itu sedang mereka kerjakan. antara lain.

Rumahnya terkunci dari dalam sehingga Tono tidak bisa masuk. (pasif) Anisa membuatkan Yudi nasi goreng. (aktif) Masalah kami tidak pernah mereka tanyakan. (pasif) Kamu tidak boleh memaksa orang itu. (aktif) Orang itu tidak boleh kamu paksa. (aktif) Yudi dibuatkan (oleh) Anisa nasi goreng. (aktif) PR ini belum aku kerjakan. Pasif di- Contoh : Ibu membeli buku. (pasif) PR ini belum kukerjakan. (pasif) 3. (pasif) Yudi dibuatkan nasi goreng oleh Anisa (pasif) 2. . Penumpang itu terlempar ke luar. Pasif ter- Contoh : Arman terjatuh dari atas pohon. (pasif) Mereka tidak pernah menanyakan masalah kami. (pasif) Orang itu tidak boleh kau paksa.Bentuk-bentuk pasif 1. Pasif PP Contoh : Aku belum mengerjakan PR ini. Buku dibeli (oleh) Ibu. Dompetku tertinggal di kamar.

aku kedinginan ketika pulang malam kemarin sehingga aku sakit. mungkin dompetku tercopet di dalam bis. Malam minggu yang lalu.dan pasif ke-an   Kemarin aku kecopetan. Pasif ke-an Contoh :    Pagi ini aku ketinggalan bis sekolah sehingga aku harus naik ojek ke sekolah.  Perbedaan pasif di.4. kau masuk saja! Novelku dibuang oleh adikku.dan pasif terDia dipukul oleh kakaknya. Kepala Bapak sakit karena kejatuhan tangga. Partai ABG kemasukan orang-orang yang haus kekuasaan. Perbedaan pasif ter.  . Dia terpukul oleh kakaknya. Padahal partai itu termasuk partai 5 besar. kami kehabisan tiket konser Kris Dayanti sehingga kami tidak bisa menonton konser itu. Pintu rumahku tidak dikunci oleh ibu. Pintu rumahku tidak terkunci. Novelku terbuang oleh adikku. Bagaimana perasaan orang tua yang kehilangan anaknya? Pasti mereka sedih sekali. Tangga itu terjatuh karena terdorong oleh adik yang sedang bermain di sampingnya. Karena tidak memakai jaket.

juga dirasakan dan diakui oleh event organizer atau penyelenggara pameran. Bisnis properti yang saat ini sedang mengalami masa booming. Pohon tua itu ditebang oleh ayah 2. ditutup dulu jendelanya. jangan lupa sampahnya dibakar! Adiknya dijaga ya! 4. untuk menghaluskan perintah (tidak terlihat memerintah secara langsung) Contoh : Yen. Dipakai untuk menulis judul berita atau bacaan Contoh : “Ditemukan Mayat di sawah” “Presiden didemo mahasiswa se-Indonesia” “Seorang pengusaha terbunuh di jalan” . Instruksi Contoh : Setelah dicuci bersih lalu kentang direbus kira-kira 10 menit. bunga itu diletakkan di pojok ruangan. terutama di Yogyakarta. Sebaiknya. 5. Dalam kalimat berita yang dipakai dalam bacaan surat kabar atau ilmu pengetahuan Contoh : Harus diakui pula bahwa timbulnya perumahan baru di daerah pasti akan berdampak pada naiknya harga tanah di kawasan itu.Pemakaian Kalimat Pasif 1. Dalam kalimat perintah informal. Har. 3. Untuk menegaskan objek penderita Contoh : Ali dan Hasan dimarahi ibu guru.

Daftar Pustaka .