KARYA TULIS

PENGARUH SIKAP MASYARAKAT DALAM MENJAGA KELESTARIAN AIR

Di susun Oleh

:

PRAYOGI RAGIL NOTOASIH

SMAN 1 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2012 / 2013

mulai dari pengertian sampai cara melestarikan air diperoleh dari berbagai sumber yang ada dengan penjelasan yang rinci . Karya tulis ini berisi materi uraian mengenai bagaimana masyarakat untuk menyikapi tentang kelestarian air. Samarinda. dan media lainnya yang artikelnya kami gunakan dalam penulisan karya tulis ini 2. Akhir kata. Saran dan kritik dari anda sangat kami harapkan.Semoga makalah ini dapat bermanfaat .demikianlah kata pengantar ini kami buat Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan. yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan Karya tulis yang berjudul “PENGARUH SIKAP MASYARAKAT DALAM MENJAGA KELESTARIAN AIR“ ini dengan baik.kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada : 1.KATA PENGANTAR Dengan mengucapkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT. Media massa. 29 Maret 2012 Penyusun v . Dalam kesempatan kali ini.Materinya pun disusun secara sistematis sehingga mudah dimengerti. Semua pihak yang telah memberi bantuan dan dukungan yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu.

HALAMAN PENGESAHAN Karya tulis ini dikerjakan dalam rangka tugas muatan local kelas X SMAN 1 Samarinda yang di susun Oleh 1. : Prayogi Ragil Notoasih Refki Reza Karya tulis ini sudah di teliti dan disahkan pada : Hari Tanggal : : Pembimbing …………………. 2.. vi .

.....2 Saran dan Kritik ……………………………………………………….vii  BAB I ( PENDAHULUAN )  1...…...1 Kesimpulan ……………………………………………. 12 vii ...…………… v  Halaman Pengesahan ……………………………………………………………… vi  Daftar isi …………………………………………………………….. 9  3........Daftar Isi  Halaman Judul  Kata Pengantar ………………………………………………………..2 Rumusan Masalah ……………………………………………………........10  Daftar Pustaka …………………………………………………………………....1 Latar Belakang ………………………………………………………… 1  1. 2  1................... 4  BAB IV ( KESIMPULAN DAN SARAN )  3.1 Metode ………………………………………………………………… 4  BAB III (HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN) …………………….3 Manfaat dan Tujuan …………………………………………………… 2  BAB II METODE PENELITIAN  2....…11  Biodata dan Daftar riwayat hidup …………………………………………………..

serta dengan peranan dan bimbingan dari orang tua. jika ada dan tidaknya peran orang tua. khususnya dalam kehidupan sehari-hari.3 Manfaat dan Tujuan Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk : 1. guru. masyarakat.2 Rumusan Masalah Permasalahan yang dikemukakan dalam karya tulis ini adalah problematika dalam lingkungan dan pergaulan remaja.kelompok remaja. Itu merupakan fakta yang ada saat ini dimana kita emua membutuhkan air dalam menjalani kehidupan hari-hari dan juga dalam tubuh kita sendiri sebagai manusia sebagian besar 1. Mengetahui seberapa kuat pengaruh dari orang tua. Menegetahui seberapa besar perbedaan sikap dan perilaku kelompok. Bagaimanakah hubungan antara para remaja. Hal-hal itu harus dapat dibuktikan dengan pemikiran yang benar dan tepat.1 Latar Belakang Masalah Air merupakan sumber kehidupan. tidak hanya bagi manusia. kekurangan air pada tubuh manusi bisa mneyebabkan dehidrasi karena ketahanan tubuh manusia sangat bergantung pada berbagai fungsi air sedangkan tubuh manusia belum mengembangkan suatu sistem penyimpanan air sebagai sistem penyimpanan lemak.BAB I PENDAHULUAN 1. 2. keluarga. guru. peran masyarakat. 1. dan media pendidikan dengan cara membandingkan anak satu dengan yang lain dengan perbedaan pada tipe lingkungan pergaulan anak-anak itu. untuk mengetahui mana yang menunjukkan hasil baik dan mana yang menunjukkan hasil yang buruk. atau media pendidikan akan membawa sikap dan perilaku dari remaja itu lebih baik ke depannya nanti ?”. makhluk hidup yang lain juga sangat membutuhkan air. dan media pendidikan dalam membentuk kepribadian para remaja. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : ”Apakah ada pengaruh dari pergaulan sekitar remaja dengan sikap dan perilaku remaja. Mengetahui seberapa kuat efek pergaulan dalam kehidupan para remaja. guru. masyarakat. 3. lingkungan dan pergaulan remaja. .

dan media pendidikan supaya lebih santai dan lebih benar dalam menyelesaikan berbagai permasalahan remaja saat ini. Memberi motivasi kepada orang tua. 2 Sedangkan Penulisan karya tulis ini juga bermanfaat untuk : 1. . Memberikan semangat baru dalam pendidikan pergaulan remaja. Memberikan rasa lebih berhati-hati dan lebih peduli dengan lingkungan pergaulannya. Memberikan rasa percaya diri dan keberanian bagi para remaja. 4. Memberikan pengetahuan yang lebih baru dan lebih luas tentang remaja.4. guru. 5. 2. Mengetahui cara-cara pencegahan dan penyebaran terhadap pengaruh pergaulan para remaja. termasuk di rumah dan di sekolah. 3. dan menyadarkan kepada anak dan anak didiknya. Memberikan informasi ke orang tua dan guru bahwa penelitian ini dapat digunakan untuk menyikapi. 5. menanggulangi. peran masyarakat.

. Teknik analisa data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah bersifat kualitatif. para orangtua hendaknya berkenan menerima remaja sebagaimana adanya. Kesalahan yang dilakukan sering menimbulkan kekhawatiran serta perasaan yang tidak menyenangkan bagi lingkungan dan orangtuanya. dan di belakang mengawasi segala tindak tanduk si remaja.1 Metode Teknik pengumpulan data yang penyusun pergunakan adalah dengan kajian literatur yaitu studi kepustakaan untuk mengumpulkan data dari buku dan internet. Oleh karena itu. tidak lebih hanyalah merupakan suatu proses wajar dalam hidup yang berkesinambungan dari tahap-tahap pertumbuhan yang harus dilalui oleh seorang manusia. Setiap masa pertumbuhan memiliki ciri-ciri tersendiri. Kesalahan yang diperbuat para remaja hanya akan menyenangkan teman sebayanya. Masa remaja sering menimbulkan kekhawatiran bagi para orangtua. Orangtua para remaja hendaknya justru menjadi pemberi teladan di depan. Demikian pula dengan masa remaja. Remaja adalah masa peralihan dari kanak-kanak ke dewasa. dan kemudian menjadi orangtua.3 BAB II METODE PENELITIAN 2. Hal ini karena mereka semua memang sama-sama masih dalam masa mencari identitas. di tengah membangkitkan semangat. dewasa. BAB III HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN Masa kanak-kanak. Jangan terlalu membesar-besarkan perbedaan. yaitu menguraikan data dengan kalimat logis dalam berbagai aspek dan melihat saling keterkaitannya. namun masih belum cukup matang untuk dapat dikatakan dewasa. Masa remaja sering menjadi pembahasan dalam banyak seminar. Masa remaja sering dianggap sebagai masa yang paling rawan dalam proses kehidupan ini. Para ahli Psikolog sependapat bahwa remaja adalah mereka yang berusia antara 13 tahun sampai dengan 18 tahun. masa ini adalah masa yang paling menyenangkan dalam hidupnya. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. remaja. Kesalahan-kesalahan yang menimbulkan kekesalan lingkungan inilah yang sering disebut sebagai kenakalan remaja. Seorang remaja sudah tidak lagi dapat dikatakan sebagai kanak-kanak. Mereka sedang mencari pola hidup yang paling sesuai baginya dan inipun sering dilakukan melalui metoda coba-coba walaupun melalui banyak kesalahan. Padahal bagi si remaja sendiri.

Mereka hanya mementingkan kepentingan sendiri atau golongan atau menuruti emosi atau juga mengandalkan ototnya saja. Mereka berpakaian yang nyeleneh atau aneh. akal sehat dan pikiran panjangnya pun tidak digunakan. bahkan terhadap orang tua. Peniruan Budaya Barat. anak muda mudah berperilaku seperti pergaulannya. masyarakat. Budaya Timur dan Indonesia pun mulai ditanggalkan dan hanya dianggap kuno. Narkoba 2. Sekarang. mereka ditawari narkoba gratis. Semua itu dikarenakan remaja sekarang mentalnya mudah turun. Keadaan itupun diperparah dengan mulai mengalirnya budaya barat yang mulai menutupi budaya timur yang sopan. Semua permasalahan itu contohnya : 1. Akhirnya pun akibat mereka terasa berat bagi keluarga. Membolos Sekolah 9. mereka langsung membeli obat terlarang itu dengan mahal. seperti halnya televisi atau internet. Apalagi di zaman serba modernisasi dan globalisasi. Perkataan Buruk dan Jorok 6. Ada juga mereka yang terjebak ke dunia narkoba. Penyakit HIV/AIDS 3.4 Berbagai masalah tentang masalah pergaulan remaja pada masa ini. Tawuran dan Perkelahian 7. seperti koran atau majalah. terutama di negara kita Indonesia. informasi tersebut makin menyebar ke seluruh pelosok dunia. Awalnya mereka hanya ditawari rokok. . dsb. Lalu. Setelah itu. dan lama-lama pun akan ketagihan. Merokok 8. bahkan negara sekalipun. Hamil di luar nikah 4. seperti tawuran antar siswa maupun mahasiswa. yang dikenal dengan baik budaya ketimuran kita yang terkenal mengerti akan sopan santun juga marak terjadi. dan media-media elektronik. Mereka mendapatkan uang itupun dari yang tidak halal. seperti mencuri uang orang tuanya. Makin banyak anak yang tidak punya sopan santun dan tata krama terhadap teman. Banyak yang datang ke klub malam dan diskotek untuk berfoya-foya. Mencuri 5. dan melalui media-media massa.

Faktor-faktor penyebab kenakalan : 1. Lingkungan keluarga yang kurang harmonis ataupecah. Ditambah lagi. dengan alasan menacari sesuatu yang mereka anggap bisa sebagai obat kurangnya kasih saying dari orang tuanya yang kurang memperhatikan mereka. berangkat pagi pulang malam dengan dalih mencari nafkah dan demi massa depan anak-anaknyasehingga tidak ada waktu untuk sekedar bercakap-cakap atau bercengkrama dengan anak-anak maupun anggota kelurga yang lainya. dan negara. korupsi. egoisme. Lingkungan masyarakat yang kurang menentubagi prospek kehidupan yang akan datang. harus malu dan berani memutar balikkan dengan hal yang berguna bagi bangsa. Bandar narkoba. Bisa juga karena memang mereka hidup di atas binaan orang-orang jahat (lingkungan preman. Kita sebagai remaja yang perannya sebagai penerus kejayaan bangsa Indonesia pun. Situasi (sekolah. perbedaan yang trelalu mencolok antara sikaya dan simiskin. lingkungan) yang menjemukan dan membosankan. 2. . Dalam pengertian ini hanya sebatas menjaga jarak dalam pergaulan. 4. Dari sinilah kemudian anak-anak akan mencari kesenangan di luar. perbedaan kultur. seperti masyarakat yang penuh spekulasi. terutama pengguna narkoba suntik. kurang kasih sayan sesama anggota keluarga. agama. gossip. jika para remaja salah dalam pergaulan (bergaul dengan orang-orang yang tidak bertanggung jawab) maka mereka akan meniru orang tersebut. dan inilah salah satu akibat dari pergaulan bebas. Tetapi tidak berarti anak remaja tidak di perbolehkan bergaul dengan orang lain. karena masing-masing sibuk dengan urusanya masing-masing. Sebagai contoh : Orang tua yang sibuk dengan pekerjaanya. Semua masalah itu akan menyebabkan image remaja menjadi buruk di mata masyarakat awam. Hal yang sama juga dapat terjadi pada orang yang berhubungan intim pra nikah dan gontaganti pasangan. kurang perhatian. perampok dan lain-lain).5 Akibatnya. 3. isu-isu negative. manipulasi. apabila terjadi hamil di luar nikah. ras dan adat. padahal tempat-tempat tersebut mestinya dapat merupakan factor penting untuk mencegah kenakalan bagi anak-anak (termasuk lingkungan yang kurang rekreatif. Salah pergaulan. para penggunanya pun rentan terkena penyakit HIV/AIDS. Akan tetapi banyak di antara mereka yang terperosok ke dalam dunia hitam.

yaitu: 1. Biarkanlah dia bergaul dengan teman yang sebaya. . Perlunya bimbingan kepribadian di sekolah. 3. contohnya: kita boleh saja membiarkan dia melakukan apa saja yang masih sewajarnya. seperti beribadah dan mengunjungi tempat ibadah sesuai dengan iman kepercayaannya. maka dia pun bisa terbawa gaya hidup yang mungkin seharusnya belum perlu dia jalani. 7. 2. Jangan pernah kita mencegah hobinya maupun kesempatan dia mengembangkan bakat yang dia sukai selama bersifat Positif.6 Saya juga ingin memberikan metode-metode dan tips-tips agar terhindar dari masalah pergaulan remaja. radio. yang hanya beda umur 2 atau 3 tahun baik lebih tua darinya. 6. 8. dan saya juga ingin mewujudkan para remaja memiliki rasa kepedulian terhadap lingkungan dan pergaulan mereka. dll. Anda sebagai orang tua harus menjadi tempat CURHAT yang nyaman untuk anak anda. sehingga anda dapat membimbing dia ketika ia sedang menghadapi masalah. internet. Karena apabila kita membiarkan dia bergaul dengan teman main yang sangat tidak sebaya dengannya. Karena dengan melarangnya dapat menggangu kepribadian dan kepercayaan dirinya. 4. Perlunya kasih sayang dan perhatian dari orang tua dalam hal apapun. yang gaya hidupnya sudah pasti berbeda. handphone. Kita perlu mendukung hobi yang dia inginkan selama itu masih positif untuk dia. Adanya pengawasan dari orang tua yang tidak mengekang. karena disanalah tempat anak lebih banyak menghabiskan waktunya selain di rumah. kita sebagai orangtua perlu memberitahu dia dampak dan akibat yang harus ditanggungnya bila dia terus melakukan hal yang sudah melewati batas tersebut. 5. Pengawasan yang perlu dan intensif terhadap media komunikasi seperti tv. dan apabila menurut pengawasan kita dia telah melewati batas yang sewajarnya. Perlunya pembelanjaran agama yang dilakukan sejak dini. Dan saya dapat memberikan beberapa tips untuk mengatasi dan mencegah kenakalan remaja.

Maka. setelah melakukan perbuatan yang baik dan berguna. Masalah pergaulan remaja juga dapat dijadikan sarana titik kebangkitan para remaja dengan cara melakukan kegiatan yang berguna bagi diri sendiri dan orang lain. guru. . Peran orang tua. dan lain sebagainya. guru. 3. Semua hal itu harus kita lawan dan basmi dari pikiran dan kehidupan kita. apabila pergaulan yang dilakukan oleh remaja bersifat jelek. Kesimpulan Dari uraian yang telah dikemukakan terdahulu dapat dinyatakan bahwa lingkungan pergaulan para remaja dapat membentuk kepribadian dan kelakuan remaja dengan sangat cepat. dia akan melakukan perilaku yang menyimpang. larangan. Timbulnya rasa peduli terhadap lingkungan dan pergaulan remaja. Peran dari orang tua. Hal itu ditambah lagi dengan adanya perkembangan teknologi pengiriman informasi yang makin pesat. teman sejati. rambu-rambu. karena lazim di dalam pergaulannya. karena wajar dilakukan di pergaulannya. atau handphone. dan masyarakat sangatlah dibutuhkan bagi remaja dalam bentuk contoh dan nasihat untuk menghadapi masalah pergaulan remaja. 4. Apabila pergaulan yang dilakukan remaja bersifat baik.7 BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN 3. Dengan kegiatan tersebut. dan masyarakat sangatlah dibutuhkan dalam penanggulangan masalah ini. 2. Lingkungan pergaulan dapat mengubah kepribadian para remaja. maka dapat membantu remaja dalam menyiapkan masa depannya. Remaja dengan lingkungan pergaulan yang baik lebih baik kepribadiannya daripada anak dengan lingkungan pergaulan yang jelek. sebagai kesimpulan khusus berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dar analisis data ialah 1. Akhirnya. melakukan penanaman hijau. Peran ini harus dijadikan pedoman hidup. televisi. Dan. maka dia akan terpengaruh oleh pergaulan itu. seperti mewakili sekolah masingmasing dalam perlombaan. seperti internet. teman. maka dia akan berkelakuan baik.1. dan contoh dengan baik dan berguna.

Semoga makalah ini nantinya bermanfaat untuk kita semua. dengan cara membekali diri dengan agama yang kuat dan wawasan yang luas. untuk itu mohon maaf. sekaligus kami berharap saran dan kritik yang membangu dari para pembaca semua. dan melaksanakan program-program latihan dan kegiatan untuk remaja. disertai dengan berbagai kegiatan yang berguna bagi diri sendiri dan bagi orang lain. agar dapat menumbuhkan rasa saling menyayangi antar sesama umat manusia. agar tidak mudah terjebak dan terpengaruh terhadap pergaulan remaja zaman sekarang. Kami pun dari Penulis menyadari bahwa karya tulis ini masih banyak kekurangannya.2 Saran dan Kritik Disarankan kepada para pembaca remaja. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga karya tulis ini dapat diselesaikan sesuai dengan waktunya. . saya ingin mengusulkan untuk selalu memberi contoh dan nasihat kepada para remaja.8 3. seperti karang taruna dan bakti sosial. Sedangkan kepada pembaca selain remaja.

BPK Gunung Mulia 1991. Singgih : Psikologi Remaja. D. http://id. Gunarsa. Antonius.9 DAFTAR PUSTAKA Drs. 2004.org/ dan dari berbagai sumber catatan pribadi . Jakarta. Petunjuk Praktis Menyusun Karya Tulis Ilmiah.wikipedia.

41 : 0541 735445 : 085251537301 : x9_prayogiragilnotoasih@yahoo. 35 No. Menjadi Duta Anak Kalimantan Timur 2.10 BIODATA Nama Tempat tanggal lahir Jenis kelamin Agama Alamat Rumah Nomor telepon Nomor HP E-mail Pendidikan Asal sekolah Nomor telepon sekolah Fax_Mail : Prayogi Ragil Notoasih : Samarinda. 28 April 1997 : Laki-Laki : Islam : Jalan Cendana Gang 12 RT.kota Samarinda 4. Juara LKBB Tingkat SMP se. LKBB Tingkat SMP se. Lomba Drum Band se-Provinsi : Jamiatul Muta’alimin : MIN 1 Samarinda : SMPN 4 Samarinda : SMAN 1 Samarinda . Lomba basket Tingkat SMP se.kota Samarinda Lomba yang pernah diikuti 1.kota Samarinda 3.com : SMA : SMAN 1 Samarinda : 0541 741305 : 200557 RIWAYAT HIDUP TK SD SMP SMA Prestasi yang pernah di dapat: 1. Lomba basket 3 on 3 Tingkat SMP se-kota Samarinda 2.

11 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful