GLOBALISASI

Globalisasi adalah keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan. bergantung. bahkan berpengaruh terhadap bidang-bidang lain seperti budaya dan agama. perjalanan. Negara-negara yang kuat dan kaya praktis akan mengendalikan ekonomi dunia dan negara-negara kecil makin tidak berdaya karena tidak mampu bersaing. Scholte melihat bahwa ada beberapa definisi yang dimaksudkan orang dengan globalisasi: . dan antar negara saling berinteraksi. sehingga bisa saja orang memiliki pandangan negatif atau curiga terhadapnya. globalisasi tidak lain adalah kapitalisme dalam bentuk yang paling mutakhir. terkait. Achmad Suparman menyatakan Globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri dari setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah Globalisasi belum memiliki definisi yang mapan. A. Globalisasi adalah suatu proses di mana antar individu. sehingga bergantung dari sisi mana orang melihatnya. yang maknanya ialah universal. dan memengaruhi satu sama lain yang melintasi batas negara Dalam banyak hal. atau proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain. budaya populer. atau proses sejarah. mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan ko-eksistensi dengan menyingkirkan batas-batas geografis. investasi. ada yang melihat globalisasi sebagai sebuah proyek yang diusung oleh negara-negara adikuasa. Ada yang memandangnya sebagai suatu proses sosial. Sebagian pihak sering menggunakan istilah globalisasi yang dikaitkan dengan berkurangnya peran negara atau batas-batas negara. ekonomi dan budaya masyarakat. kata "globalisasi" diambil dari kata global. kecuali sekedar definisi kerja (working definition). dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit. globalisasi cenderung berpengaruh besar terhadap perekonomian dunia. Sebab. Pengertian Menurut asal katanya. Dari sudut pandang ini. antar kelompok. Di sisi lain. globalisasi mempunyai banyak karakteristik yang sama dengan internasionalisasi sehingga k edua istilah ini sering dipertukarkan. Theodore Levitte merupakan orang yang pertama kali menggunakan istilah Globalisasi pada tahun 1985.

Westernisasi: Westernisasi adalah salah satu bentuk dari universalisasi dengan semakin menyebarnya pikiran dan budaya dari barat sehingga mengglobal. Dampak Globalisasi Dalam Bidang Ekonomi Globalisasi memberikan banyak pilihan dari produk yang kita inginkan yang tentunya disesuaika dengan kebutuhan dan harga yang kita mampu. maupun migrasi. lalu lintas devisa. bukan sekadar gabungan negara-negara. Pada pengertian yang kelima. masing-masing negara masih mempertahankan status ontologinya. Pada empat definisi pertama. Dampak-Dampak Globalisasi 1.kefatalan tersebut akan menjadi boomerang bagi produkproduk dalam negeri yang tentu saja akan kalah bersaing . Dalam hal ini masing-masing negara tetap mempertahankan identitasnya masing-masing. baik dari segi kualitas maupun harga yang kita inginkan. Universalisasi: Globalisasi juga digambarkan sebagai semakin tersebarnya hal material maupun imaterial ke seluruh dunia. Hal yang perlu dipertimbangkan dari dampak buruk globalisasi. • • • B. Globalisasi telah membawa masyarakat kota maupun masyarakat pedesaan menjadi masyarakat yang konsumerisme. Hubungan transplanetari dan suprateritorialitas: Arti kelima ini berbeda dengan keempat definisi di atas. misalnya hambatan tarif ekspor impor.• • Internasionalisasi: Globalisasi diartikan sebagai meningkatnya hubungan internasional. Liberalisasi: Globalisasi juga diartikan dengan semakin diturunkankan batas antar negara. namun menjadi semakin tergantung satu sama lain. baik dari segi . yaitu jika pencitraan (image) produk luar negeri selalu lebih baik dari produk dalam negeri akan berakibat fatal. Pengalaman di satu lokalitas dapat menjadi pengalaman seluruh dunia. dunia global memiliki status ontologi sendiri. yaitu kita dapat memperbandingkan harga sebuah sepatu dengan merek tertentu. Contohnya.

kualitas maupun kuantitas produk yang dihasilkan. . Bagaimana tidak. kita selalu tertinggal dari teknologi yang digunakan dibanding dari negara industri luar yang lebih maju. Belum lagi sumber daya manusia yang ratarata berkuaitas lebih rendah dari Negara-negara industri (Negara maju).

Dampak/Aspek Positif globalisasi di bidang sosial budaya. narkoba. Memperburuk prospek pertumbuhan ekonomi jangka panjang. yang melanda tidak hanya di kotakota besar saja. adanya perilaku yang menyimpang di dalam masyarakat seperti pergaulan bebas. Contoh kecil.Dampak / AspekPositif Globalisasi Ekonomi 1. Meningkatkan kemakmuran masyarakat dalam suatu negara 3. misalnya. 2. Tentu saja dampak positifnya seperti gaya hidup meniru orang barat dalam kedisiplinan. Produksi global dapat ditingkatkan 2. Menyediakan dana tambahan untuk pembangunan ekonomi Dampak/Aspek Negatif Globalisasi Ekonomi 1. bekerja lebih efektif dan efisien. Akibatnya banyak terjangkit penyakit seperti HIV yang banya ditemukan di Afrika. yang sekarang bahkan menjadiacuan untuk menggunakan waktu yang sebaik mungkin. Memperburuk neraca pembayaran 3. Sektor keuangan semakin tidak stabil 4. Akibat serbuan inforamasi yang mudah diakses keseluruh penjuru dunia. Dapat memperoleh lebih banyak modal dan teknologi yang lebih baik 5. Dampak Dalam Bidang Sosial Budaya Globalisasi telah banyak mengubah kebiasaan. Menghambat pertumbuhan sektor industri. bahkan dapat mengubah budaya suatu bangsa. Meluaskan pasar untuk produk dalam negeri 4.menghargai waktu. 1) Pola berpikir. pada gilirannya jika sebuah tayangn yang merusak tadi mempengaruhi sebuah kelompok bangsa. seperti merokok. maka akan menjadi sebuah budaya yang merusak. dan pergaulan bebas. yang dapat mempengaruhi pikiran penonton. 2. . teteapi juga sudah melingkupi seluruh pelosok desa.

2) Serta cara hidup yang baik maupun teknologi. suka membaca. bahkan semua terprogram. 4) Etos kerja yang tinggi. disiplin. mandiri. meneliti dan menulis. tanggungjawab. . 3) Komunikasi serta ilmu pengetahuan yang lebih maju dari negara lain. jujur. sportif. rasional.

Dalam bidang biologi dalam hal biotic. Senjata kimia dan biologis yang sangat mengerikan jika digunakan dalam pemusnahan manusia karena perang. paham mengenai suatu kenikmatan hidup sebagai nilai tertinggi.Dampak/Aspek Negatif globalisasi di bidang sosial budaya 1) Liberalisme akan tumbuh. DampakGlobalisasi Dalam Bidang Politik Globalisasi manusia dalam termasuk dalam dalam bidang Negara-negara dimungkinkan baik dalam maupun dalam membuat negeri bangsa lain dengan adanya kunjungan memudahkan berhubungan. 5) Budaya-budaya tradisional kita akan tergeger oleh budaya negra lain. banyak membantu kemjuan para petani memaksimalkan produk pertanian dan peternakan. yang tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila. perdagangan politik mampu kita dikenal oleh lebih baik. Hal trersebut memaksa manusia untuk memenuhi keinginan dan kenikmatan pribadi. 3. Selain dampak positif ada juga dampak negatifnya. seperti ketika manusia menemukan bahan peledak dan bom atom yang digunakan dalam peperangan. Hal-halyang seperti inilah yang seharusnya perlu kita hindari 4. 3) Rasa kekaluargaan yang akan berkurang dengan adanya jiwa individualis. 4) Kesenjangan social semakin tajam. Hal ini karena kerja sama. menjalin kerja sama diplomatic dengan lain. 2) Munculnya hedonisme. Dampak Dalam Bidang Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Arus globalisasi semakin cepat dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi.dengan dan komunikasi baik . Ditemukannya obat-obatan dan teknologi dalam kedokteran akan membantu banyak manusia dalam hal kemanusiaan.

dengan diterapkannya bahasa asing seperti bahasa Inggris dan bahasa Mandarin sebagai mata pelajaran wajib. dapat mempengaruhi kita untuk mengikutinya. Rakyat akan percaya terhadap penguasa yang menjalankan pemerintahannya. Masyarakat yang demokratis pun akan kritis terhadap jalannya pemerintahan. Dengan dimilikinya tenaga-tenaga kerja yang berkualitas. maupun praktek pemerintahan yang menyeleweng dari konstitusi. Dampak /Aspek positif di bidang politik dengan adanya globalisasi yaitu diantaranya pemerintah yang ada dilaksanakan secara transparan.langsung maupun tidak langsung. Sementara bila tidak mengikuti akan diaggap tidak aspirstif sehingga dapat megganggu kestabilan nasional. pertahanan dan ketahanan bahkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Untuk Indonesia hal ini tidak lain dimaksudkan agar tenaga kerja Indonesia dapat bersaing di dunia internasional dan menjawab berbagai tantangan globalisasi. jika sebuah Negara tidak mau terasing oleh masyarakat dunia. Dengan begitu akan ada check and balance. Padahal apa yang ada di luar negeri belum tentu sesuai dengan kehidupan dan tradisi bangsa kita. Pemerintah akan memperoleh legitimasi dari rakyatnya. baik itu berupa dampak positif atau negatif. Dengan adanya keterbukaan akan dapat dicegahnya praktek KKN untuk menuju pemerintahan yang bersih dan berwibawa. kita harus mau membuka diri supaya tidak tertinggal dalam hal apapun.. Selain itu sekolah-sekolah menengah hingga perguruan tinggi sudah banyak yang membuka kelas Internasional. Globalisasi memungkinkan untuk menjadikan Negaranegara yang lebih terbuka dengan ekonomi kita dan bahkan dalam hal ratifikasi-ratifikasi undang-undang tertentu. Dampak / Aspek negatif dengan adanya globalisasi yaitu mampu membuka cakrawala berpikir masyarakat secara global. Dengan adanya pemerintahan yang demokratis akan meningkatkan partisiasi rakyat dalam pemerintahan. tentunya akan membawa dampak positif tersendiri bagi Indonesia. sehingga dapat dihindari adanya penyalahgunaan kekuasaan. Dampak Globalisasi di Bidang Pendidikan Kemajuan globalisasi terutama ditandai dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya sangat berdampak bagi keberadaan aspek kehidupan khususnya dalam bidang pendidikan. demokratis dan penuh kebebebasan. Jadi. sehingga mampu masuk jajaran raksasa ekonomi dunia. Hal ini terlihat dengan adanya sekolahsekolah yang membuka kelas bilingual. mampu mempererat hubungan antara dua Negara atau lebih.Sesuatu yang diterapkan di luar negeri. Indonesia mampu memperbaiki kualitas ekonomi. Namun hal ini tentu sangat membutuhkan perpaduan antara . 5.

2. 4. Dunia pendidikan akan sangat tergantung pada teknologi. Globalisasi akan membawa dunia pendidikan Indonesia bisa bersaing dengan negara-negara lain. Salah satu kuncinya adalah dengan globalisasi pendidikan yang dipadukan dengan kekayaan budaya bangsa Indonesia khususnya dengan sumber daya manusianya. Dampak Positif globalisasi 1. Dunia pendidikan Indonesia bisa dikuasai oleh pemilik modal. Globalisasi dalam pendidikan akan menciptakan manusia yang profesional dan berstandar internasional dalam bidang pendidikan. Globalisasi akan melahirkan suatu golongan-golongan di dalam dunia pendidikan. Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet Dampak Negatif globalisasi 1. Bidang Informasi dan Komunikasi Dalam bidang informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat. 6. 2.kemampuan otak yang mumpuni dan keterampilan dasar yang tinggi. 3. Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris . Adanya perubahan struktur dan sistem pendidikan yang meningkatkan tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Semakin mudahnya akses informasi. Dampak Positif globalisasi : 1. 3. Akan semakin terkikisnya kebudayaan bangsa akibat masuknya budaya dari luar. 5. .Dampak Negatif globalisasi 1. Globalisasi akan menciptakan tenaga kerja yang berkualitas dan mampu bersaing. yang berdampak munculnya “tardisi serba instan”. 4.

Di era globalisasi ini peran pancasila tentulah sangat penting untuk tetap menjaga eksistensi kepribadian bangsa indonesia. Peningkatan interaksi cultural bidang fashion itu sendiri Dampak Negatif globalisasi 1. seperti contoh ekspor-impor ilegal. Meningkatnya masalah bersama. dsb 8. 2. Dampak Globalisasi di Bidang Mode Dampak Positif globalisasi 1. . masalah hak cipta. Pasar produksi pakaian akan saling bergantung di negara2 lainnya (ekspor-impor pakaian. 7. Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan pihak tertentu untuk tujuan tertentu. 2. Pancasila banyak memegang peranan yang sangat penting bagi kehidupan bangsa Indonesia. salah satunya adalah “Pancasila sebagai suatu sistem etika”.2.karena dengan adanya globalisasi batasan batasan diantara negara seakan tak terlihat. & akan mengalami perputaran mode. model pakaian bisa saja berubah mengikuti trend yang sedang terjadi.sehingga berbagai kebudayaan asing dapat masuk dengan mudah ke masyarakat. Dampak Globalisasi di Bidang Ideologi Ideologi negara Indonesia adalah ideology Pancasila yang berarti Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. dan hingga sekarang di era globalisasi. Perubahan mode pakaian itu sendiri. Ideologi Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan kesepakatan politik ketika negara Indonesia didirikan.Sebagai dasar negara tentulah pancasila harus menjadi acuan Negara dalam menghadapi tantangan global dunia yang terus berkembang. Negara Indonesia tetap berpegang teguh kepada pancasila sebagai dasar negara. memegang peranan penting dalam setiap aspek kehidupan masyarakat I ndonesia.

Kehadiran mal di kotakota besar menjanjikan kemudahan yang melengkapi fenomena yang menjungkirbalikkan peradaban tradisional ke peradaban modern. Dapat mencontoh tekad suatu negara lain dalam menentukan arah dan tujuan cita-cita suatu bangsa. 3. Penduduknya bersifat supel dan memiliki integritas tinggi. akan mempengaruhi kesehatan kita karena makanan cepat saja kurang sehat bagi kita. Dampak Positif globalisasi: 1. 9. 2. Tapi jika kita tidak dapat memfilter dengan baik sehingga hal-hal negatif dari dampak globalisasi dapat merusak moral bangsa dan eksistensi kebudayaan indonesia. donat. Meningkatkan pembangunan negara. seperti pizza. Jika kita sering mengonsumsi makanan cepat saji. Dampak Globalisasi di Bidang Makanan dan Minuman Beragam produk buatan industri pangan yang menguasai pasaran internasional dan sudah lama dik enal di Indonesia dikemas apik di berbagai supermarket dan toko swalayan. Demikian juga dengan menjamurnya berbagai restoran cepat saji (fast food) bermerek Barat. Adanya prinsip pasar bebas dalam ideologi yang represif. Menyebabkan keterpurukan bagi negara-negara lain yang tidak bisa menyeimbangkan arus globalisasi dan justru negara-negara maju tersebut melakukan eksploitasi untuk menyebarkan ajaran ideologi kapitalisme dan liberalisme. Dampak Negatif globalisasi: 1. Memperkaya cita rasa makanan di negara kita karena kita bisa memodifikasi makanan luar negeri menjadi cita rasa makanan kita. Kita bisa menikmati makanan mancanegara tanpa harus mengunjungi negara tersebut. Dampak Positif globalisasi 1. jika kita dapat memfilter dengan baik berbagai hal yang timbul dari dampak globalisasi tentunya globalisasi itu akan menjadi hal yang positif karena dapat menambah wawasan dan mempererat hubungan antar bangsa dan negara di dunia. 2. .Hal ini dapat memberikan dampak positif dan negatif bagi bangsa indonesia. Setiap negara akan terjadi akulturasi terhadap negara lain. ayam goreng. 2. 3. dan lain-lain. Dampak Negatif globalisasi 1.

Cepat dalam bepergian Dampak Negatif globalisasi 1. Pencemaraan udara 2. Banyak orang menjadi konsumtif 4. Fosil/Bahan generator habis dan tidak dapat diperbaharui .10. Dampak Globalisasi di Bidang Transportasi Dampak Positif globalisasi 1. Kemacetan 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful