Laporan penelitian kecambah kacang hijau

Oleh :

Kelompok Leopard Anggota: - Heru Akbar T. - Maulana Roby S. - Tika Runifah - Yosella Karwindha Kelas : XII IPA1

SMA PEMBANGUNAN LABORATORIUM UNP T.A 2011/2012

air aquades. akar berserabut banyak.7 1. Batang panjang.8 Tinggi rata-rata tumbuhan(cm) 10 tetes(Aqua) 15 tetes(PAM) 30 tetes(Selokan) KET Tunas keluar.Bab I Pendahuluan  Rumusan Masalah Bagaimana pengaruh macam-macam air terhadap pertumbuhan batang kecambah kacang hijau ?  Judul Penelitian Pengaruh macam-macam air terhadap pertumbuhan batang kecambah kacang hijau. Tunas memanjang.3 1.12 6.7 23 23.  Variabel Bebas Macam-macam air seperti .28 4.5 11. 3. akar kecil.2 8.2 1.8 15 22. akar kecil. 1.  Hipotesis Macam-macam air berpengaruh terhadap pertumbuhan batang kecambah kacang hijau.Pengolahan Data Hari 1. daun mulai tumbuh. daun tumbuh dan melebar. Tunas memanjang menjadi batang. 1. 9.48 2.62 5. 0. air PAM. Akar panjang dan . tdk ada daun. air selokan.  Variabel terikat Kacang hijau Bab II Data Hasil Penelitian A.7 12.

Batang kokoh dan tegak.  Begitu juga dengan biji yang ditetesi air PAM dan selokan yang mulai tumbuh pada hari kedua. pada air selokan daun menguncup sedangkan pada air PAM & mineral. mulai tumbuh pada hari kedua. tidak Batang lebih Batang pendek terlalu panjang.5 cm/hari. Itu karena adanya kaporit di dalam air PAM yang membantu pertumbuhan batang kecambah sehingga menjadi tinggi.berserabut banyak. kokoh.  Pada kacang hijau yang ditetesi oleh air aqua sebanyak 10 tetes.  Kecambah yang cepat tumbuh adalah yang ditetesi oleh air PAM. kacang hijau yang ditetesi oleh air PAM lebih tinggi batang kecambahnya daripada yang lain. Warna daun hijau Warna daun hijau Warna daun kuning Bab III Kesimpulan Jadi. tegak Warna daun agak kecoklatan Batang kokoh.  Kecepatan tumbuh pada masing-masing batang kecambah ±0. tegak dan daunnya mengembang. panjang dari kecambah dari air aqua dan selokan. Ciri-ciri tanaman Aqua PAM Selokan Akar berserabut Daun mengembang Daun tidak banyak mengembang Daun mengembang Batang kokoh. daun mengembang dan kotiledon mulai mengecil. B. .

fosfor. 2. dan maksimum yang berbeda-beda untuk tumbuh dan berkembang. sulfur. 4. karbon. Kelembapan Udara dan tanah yang lembap berpengaruh baik terhadap pertumbuhan tumbuhan. zat besi (Fe). optimum. boron. Suhu Setiap tumbuhan memiliki suhu minimum. dan magnesium. maka juga berdampak pada tumbuhnya batang kecambah. dan membantu perkecambahan biji. ! Fungsi air bagi tumbuhan Air termasuk senyawa utama yang sangat dibutuhkan tumbuhan. kalsium.  Mengapa biji harus direndam terlebih dahulu 1 hari. nitrogen. ! Faktor luar yang juga mempengaruhi pertumbuhan kecambah 1. seng. kalium. mengaktifkan reaksi kimia atau reaksi enzimatik. Batangnya bengkok. 3. klorin. magnesium. Cahaya Berpengaruh terhadap fotosintesis. Makanan Makanan atau nutrien yang dibutuhkan tumbuh dapat dibagi dua macam yaitu yang dibutuhkan dalam jumlah besar (makroelemen) dan yang dibutukan dalam jumlah kecil (mikroelemen). Makroelemen terdiri atas. oksigen. menjaga kelembapan. Karena air yang digunakan kotor. Kecambah yang ditetesi air selokan sedikit lebih tinggi dari kecambah dengan tetesan air aqua. lebih pendek batangnya. merangsang pembungaan tumbuhan tertentu. Daunnya menjadi kuncup dan berwaran kecoklatan. molibdenum. Tetapi batangnya kokoh dan tegak. Air berfungsi antara lain untuk fotosintesis. 1 malam ? .Sedangkan kecambah yang ditetesi air aqua. tembaga. Sedangkan mikroelemen terdiri atas. dan nikel.

. Pada perkecambahan epigeal. kotiledon berada di atas tanah. Contohnya : kacang kapri b.  Tipe-tipe kecambah a. Perkecambahan Hipogeal Terjadi pertumbuhan memanjang dari epikotil yang menyebabkan plumula (pucuk sepasang daun) keluar menembus kulit biji dan muncul di atas tanah. Contohnya : kacang hijau dan kacang tanah.Agar air dapat diserap oleh kacang hijau terlebih dahulu. kotiledon tetap di dalam tanah. Perkecambahan Epigeal Hipokotil (bagian bawah/pangkal) tumbuh memanjang akibatnya kotiledon dan plumula terdorong ke permukaan tanah. dengan itu akan tumbuh tunas kecambah kecil.